Gereja Katolik Maafkan Majalah Al-Islam

10 03 2010

Bagaimana jika yang terjadi sebaliknya ya? Yakin bukan hanya gereja yang dibakar, pasti banyak tubuh bergelimpangan tanpa kepala. Beginilah kalau ajaran mengandung kebencian terhadap penganut agama lain, sampai jaman modern begini kecurigaan terus menerus dipelihara, akhirnya kejeblos di lubang sendiri
===================================================
VIVAnews – Pengelola majalah Al-Islam di Malaysia, Jumat 5 Maret 2010, meminta maaf kepada umat Katolik di negara itu. Pasalnya, mereka membiarkan dua orang reporter ikut ibadah di suatu gereja Katolik, termasuk ikut menerima sakramen ekaristi dengan memakan roti suci pemberian uskup.

Seperti dituturkan laman harian The Star, peristiwa itu terjadi tahun lalu. Dua reporter Al-Islam saat itu tengah melakukan peliputan untuk berita khusus bertema “Tinjauan Al-Islam Dalam Gereja: Mencari Kesahihan Remaja Melayu Murtad.”

Liputan majalah yang terbit pada Mei 2009 itu untuk mencari tahu dugaan perbuatan murtad di kalangan remaja dengan pindah ke agama lain. Namun, entah apa motifnya, dua wartawan Al-Islam memutuskan berpura-pura sebagai umat Katolik dan berbadah di Gereja St. Anthony di Puduraya, Kuala Lumpur.

Menurut The Star, dua reporter itu juga mengaku ikut menerima Hosti (roti kecil perlambang tubuh Yesus Kristus) dalam ibadah Sakramen Ekaristi, yang hanya boleh dikonsumsi oleh umat yang telah dibaptis dan telah dinyatakan bersungguh mengikuti ajaran Katolik.

Roti yang sudah dimakan kemudian mereka muntahkan dan dua reporter itu pun sempat memfoto roti itu. Padahal umat Katolik pantang memuntahkan Hosti yang sudah dimakan.

Laporan investigasi yang mereka tulis untuk majalah Al-Islam itu menyimpulkan bahwa tidak ada bukti praktik kemurtadan. Namun perbuatan yang mereka lakukan selama di gereja itu mendapat kritik dari kalangan rohaniwan Katolik.

Merasa tidak enak atas perbuatan dua reporternya, pengelola Majalah Al-Islam minta maaf. “Majalah Al-Islam meminta maaf terkait dengan publikasi artikel itu. Kami tidak pernah bermaksud menghina agama Kristen, apalagi sampai mengganggu atau melanggar ke rumah ibadah,” demikian pernyataan Al-Islam seperti yang dimuat di laman penerbitnya, Utusan Karya, yang juga dimuat di laman The Straits Times.

“Kedua reporter yang terlibat juga telah menyatakan maaf karena tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan dalam penugasan mereka telah menyinggung perasaan umat Kristen. Al-Islam berharap kejadian demikian tidak lagi terulang,” demikian pernyataan tiga paragraf itu.

Sementara itu, Uskup Agung Kuala Lumpur, Tan Sri Murphy Pakiam, Kamis lalu menyatakan pihaknya tidak akan mengajukan gugatan hukum atas Al-Islam maupun kepada reporternya bila mereka melayangkan permintaan maaf secara terbuka.

Murphy sendiri puas atas pernyataan maaf dari pihak-pihak yang terkait. “Kami menerima permintaan maaf sembari mengulurkan tangan kami dalam damai. Komunitas Katolik kini merasa tenang atas permintaan maaf itu. Kiranya Tuhan memberkati negara ini,” tutur Murphy.

Sedangkan Jaksa Agung Tan Sri Abdul Gani Patail menyatakan tidak akan mengusut peristiwa itu dan menyatakan bahwa kedua reporter “tidak tahu pentingnya roti itu.” Sumber
===================================================
Jadi ingat ayat ini :

Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu.
( Mat 5:11-12)


Aksi

Information

65 responses

10 03 2010
borusibarani

ya ampun.. sampai segitunya untuk membuktikan adanya pemurtadan, padahal ternyata nggak ada…

yach , penonton harap maklum

10 03 2010
mr. sectiocadaveris

ya, tindakan memaafkan itu merupakan salah satu sikap luhur umat Kristiani, tidak menebar dengki amarah apalagi peperangan
syaloom🙂

10 03 2010
lovepassword

Reportase investigasi itu kan bagian dari tugas wartawan🙂
Hanya saja dua wartawan itu tidak dibekali pemahaman yang baik tentang agama lain.
Roti dimakan dimuntahkan kok difoto dimuat di majalah. Ya ediotor sama wartawannya ya perlu belajar lagi itu. Apalagi model gitu kan juga bukan budaya malaysia yang relatif normanya rada sama dengan Indonesia.
Tapi setidaknya mereka kan jujur memaparkan apa yang mereka lihat. Kalian harus mengapresiasi itu dong.🙂

Hi Hi Hi

SALAM

11 03 2010
jephman

iya pak love. Itu tugas wartawan ya? kukira tugas polisi atau detektif.
Kebayang kalo wartawannya majalah Kristen melakukan hal yang sama dalam masjid….hiiiiiiiiiii tatut
apresiasi pada kejujuran diatas kekurangajaran? weleh…dimaafkan saja cukup pak. Sebagai bonus kita doakan agar mendapat hidayah dari Tuhan Yesus Kristus

11 03 2010
LOL

benar lae, mungkin kalo yang melakukan itu wartawan kristen mungkin apa yang terjadi ya..????
sepertinya bisa jadi perang agama ya..

beda memang ya sikapadan keputusan yang kita ambil…
salut dan bangga sekali aku dengan keputusan yang diambill uskup itu…. dari sini kita bisa menunjukkan jati diri yang sebenarnya…

mauliate

11 03 2010
Willy

Kalo sempat wartawan Kristen melakukan spt itu…… Bisa2 umat muslim sedunia mengamuk…….

11 03 2010
hahaha

dasar kristen… Atas dasar apa kalian mengataka islam mengajarkan kebencian? Apa kalian tidak lupa kasus slobodan miloscevic? Dia kan org kristen, lalu mengapa dia tetap membantai umat islam di serbia jika kristen memang mengajarkan ‘cinta kasih’???

11 03 2010
hahaha

jika agama kalian memang benar, lantas mengapa the dark ages bisa terjadi??? Kan waktu itu kekuasaan dogma gereja di no.1 kan, mengapa yg terjadi malah kesuraman dunia
?? Bukti nyata jika agama kalian sesat..

12 03 2010
jephman

Saya sering sekali mendapatkan jawaban seperti ini dari muslim. kenapa ya? Sejarah ada justru supaya kita bisa belajar dan memperbaiki. The Dark Ages terjadi karena banyak hal, salah satunya karena agama mencampuri segala hal bahkan sampai kehidupan pribadi dan hak asasi. Kalau itu jadi bukti agama kristen sesat, kenapa justru ada agama mau mengikuti The Dark Ages menjadikan negara berdasarkan agama?

12 03 2010
jephman

Wah tanya sama dia pak. Jangan tanya sama saya.

12 03 2010
Gabe Simanjuntak

Sebagai warga Katolik saya memaafkan perbuatan mereka, Ya Allah ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.

12 03 2010
borusibarani

@hahaha
Atas dasar apa kalian mengataka islam mengajarkan kebencian?
~ dasarnya adalah kitabnya Islam sendiri.. coba baca baik-baik dan perhatikan ada atau tidak ayat-ayat yang mengajarkan kebencian kepada kaum yahudi, kafir atau nasrani?

Apa kalian tidak lupa kasus slobodan miloscevic? Dia kan org kristen, lalu mengapa dia tetap membantai umat islam di serbia jika kristen memang mengajarkan ‘cinta kasih’???
~Tidak lupa, Dia memang kristen dan membunuh umat islam. Tapi dia sudah mendapat hukumannya. karena terbukti bersalah, dia di hukum oleh dunia international. apakah karena dia kristen kemudian perbuatannya baik dan orang kristen lantas membelanya?
Siapa bilang kalo orang kristen baik semua ? Belum tentu. Ajaran Kristen baik, tapi yang menjalankan manusia.. belum tentu sempurna.

Kalo saya bilang 70% yang di korupsi di Indonesia adalah orang Islam, padahal islam mengharamkan orang mengambil riba/ keuntungan yang bukan haknya? ajarannya yg salah atau orangnya ?

12 03 2010
supini sofia siahaan

saya salut kepada pengelola majalah al-islam dan reporternya yang telah meminta maaf. saya juga salut kepada pemimpin GEREJA yang telah memaafkan mereka. memaafkan dan di maafkan adalah bukti cinta kasih yang nyata dalam hidup ini. biarkan dunia melihat bahwa TUHAN YESUS itu KASIH, tidak perlu berdebat akan sesuatu yang tidak penting. mari lakukan tugas pelayanan masing-masing mewartakan KABAR KESELAMATAN itu dengan bijaksana. Syalom ^_^

13 03 2010
lovepassword

Ini baru kalimat keren …SIP deh.

13 03 2010
lovepassword

Yang namanya memaafkan itu tidak disambi sama ngedumel ya….

Kalo memaafkan sambil ngedumel itu namanya memaafkan di bibir saja. Gictu saja kok perlu diajari lho….

13 03 2010
mr. sectiocadaveris

lebih sip lagi kalau semua bisa kaya gini, ga cuma kristen/katolik doang😀

13 03 2010
Arif

Hanya ingin tahu aja… andaikata kejadiannya terbalik, dua wartawan Kristen masuk masjid, berpura-pura menjadi Muslim, melakukan sesuatu yang tidak semestinya di dalam masjid, menulis reportase mereka di majalan Kristen bahwa tidak ada orang Kristen yang jadi mualaf, menyadari kesalahannya lalu meminta maaf kepada semua kaum Muslim di seluruh dunia, kira-kira mereka dimaafkan nggak ya…???

13 03 2010
c

Lama-lama blog ini ngga ada kartun batak-nya… gantilah judul blognya kalau begitu..

13 03 2010
si-jeng

hebat eeuy…
ternyata bapak ini tau byk ttg islam ya…smg Allah SWT memberikan hidayahnya kepada dirimyu….
hehehe….

13 03 2010
CY

BAGIMU AGAMAMU, BAGIKU AGAMAKU…
AKU CINTA ALLAH SWT, NABI DAN ROSULKU, BESERTA QITAB SUCI AL-QUR’AN SEBAGAI PEDOMAN HIDUPKU ^-^

13 03 2010
lihien

bukan masalah curiga atau mencurigai…tapi itu memang sudah tugas seorang reporter untuk mencari berita…yang jadi masalah si reporternya yang tidak dibekali pengetahuan tentang Hosti tersebut…
Namun kesalahan tersebut sudah diklarifikasi (pihak majalah telah memohon maaf dan pihak gereja pun dengan lapang dada memaafkan)
Sungguh indah bila dunia ini hidup berdampingan semua umat beragama

13 03 2010
lovepassword

yah namanya manusia. Selalu ada Kristen yang waras, baik, dsb tetapi yah ada juga yang rada sableng, kebanyakan makan duren. Kepalanya pusing terus banyak ngedumel.

Wajarlah itu. Lha tentu saja itu juga ada dalam banyak agama lain.

14 03 2010
jephman

ah, selingan dulu lae, kan banyak berita penting nih yg tidak pernah disebarluaskan

14 03 2010
jephman

iya pak. Kenapa ya kristen selalu dicurigai?🙂

14 03 2010
guedanelo

agama gak percaya diri begini akibatnya… maka timbul dalam hati rasa CURIGA!

14 03 2010
guedanelo

@CY

itu ayat muncul di mekah, sewaktu muhammad masih pecundang, tidak kah kau tau setelah berkuasa di medinah, allah swt tuhan muhammad sudah membatalkan ayat itu dgn ayat perang? tuhan muhammad plin plan hehehehehe

15 03 2010
malona

“Pohon yang baik akan menghasilkan buah-buah yang baik pula”.
Itulah yang dilakukan oleh Amang Pastur.
Salut….

15 03 2010
arnold

.tuhan yesus ??
.siapa yg menciptakan yesus ??
.tuhan di peranakan atau tidak ??

.sedangkan yesus di peranakan..
.ckckckc…
.siapa yg sebenarnya memberi hidayah ?

15 03 2010
pooh

yayaya……..ga percaya diri ya ??
ehh…trus ada agama yang minta di ijinkan menggunakan nama ” Allah” sebagai tuhannya di malay itu agama yang ga jelas donk ?? padahal ga ada di satupun kitabsuci agama tsb yg menggunakan kata”Allah” kecuali di indon,wkwkwk…itu sih bukannya ga percaya diri lagi….tapi ga punya harga diri om………..wkwkwkwkwk……….

15 03 2010
pooh

maaf, kalau yang salah diikuti ya bisa jadi gelap semua….makanya ikutlah yang terang benderang dan jelas tanpa ada yang ditutupi……….
(lha anda tau yang sesat kenapa diikuti,hehehehe……)

NB :
kalau yang anda maksud KRISTEN adalah agamanya nya Nabi ISA.AS /YESUS itu adalah kebenaran yg disembunyikan
kalau yang anda maksud KRISTEN adalah PAULISME yang dibawa oleh PAULUS/SAULUS yang jelas-2 adalah kakitangan orang ROMA pembantai UMMAT YESUS….wah perlu banyak belajar lagi nih,lae, hehehehe………

15 03 2010
Ahmad

Ada orang b’tanya, “agama Islam hanya cocok utk orang2 tropis ya?” Yang di tanya heran, dan balik b’tanya, “kenapa anda b’kesimpulan demikian?” Karena Islam b’patokan pada matahari tropis” maksud anda? Tukas orang yg ditanya. Di jwb lagi, coba lihat, sholat subuh, adalah saat matahari mau terbit. Sholat Dzuhur stlh matahari di atas kepala. Sholat Ashar stlh matahari condong ke barat. Maghrib stlh matahari t’benam. Dan Isya’nya stlh langit gelap. Bukankah itu p’gerakan matahari tropis? Matahari di daerah subtropis_bermusim 4_tdk demikian p’gerakannya. Matahari bisa t’lihat hanya 1 jam saja, pa lagi di daerah ekstrim, matahari bisa tdk terbit b’bulan2, alias malam terus. Mgkn ini bisa jadi bahan diskusi, siapa tau kita ditmptkan Allah b’dakwah di daerah demikian bagaimana sholatnya?

16 03 2010
lovepassword

Nggak usah terlalu paranoid gitu dong. Semuanya saja nggak usah paranoid🙂

16 03 2010
mr. sectiocadaveris

siapa yg paranoid.?

16 03 2010
mr. sectiocadaveris

jgn lihat orangnya doang, tapi lihat ajaran agamanya juga om. kalau udah diajarin bagus2 tapi masih sableng ya itu salahnya dia, beda kalau dari hulu udah diajarin yg gak bener😀

16 03 2010
mr. sectiocadaveris

alasan klasik buat ngeles😀

16 03 2010
si togol

emangnya ada yang mau investigasi ke mesjid? haha… kalo cia entahlah ya.. kalo wartawan majalah kristen pasti ogah

16 03 2010
si togol

lalap
sai maos
holan ni
dang adong kamus mu na imbaru?
tuhor ma tu gramedia
kamus besar bahasa batak
hahaha

16 03 2010
si togol

nah kalo ini aku agak beda . itu tergantung siapa yang minoritas. kalok di india, ya muslim ama nasrani dicurigai ama si hindu. di amrik islam dicurigai kristen dan yahudi. di indonesia , malaysia dan negara mayoritas islam otomatis yang dicurigai kristen..

emang ga enak jadi minoritas ini, tapi cemanalah, hidup memikul salib,,,

Lanjutkan lae komik2 mu, mantap2…

17 03 2010
jephman

kenapa lari ke masalah Ketuhanan ya?🙂
pak Arnold menambah daftar muslim yg selalu OOT
kalau ada masalah di Islam larinya ke kristen🙂

17 03 2010
jephman

mungkin belajar diskusi gak Out Of Topic dulu pak😛

17 03 2010
jephman

wah gak paranoid pak Love, itu memang selalu ada diotak mereka. Lihat aja komen2 disini, Pak Love pasang telinga tiap Jumat siang, baca tulisan2 dlsb, semuanya memang bersumber dari 1 sumber : Alquran.

herannya cuma Pak Love yang murtadin & atheis yg berpikir begitu🙂 simpati pada agama lama ya pak Love? hehehe

17 03 2010
mr. sectiocadaveris

tipikal muslim newbie😀

17 03 2010
mr. sectiocadaveris

tapi perlu jg amang kartun bataknya itu…molo boi na marhata batak, asa lao jo angka halak ion on nanggo satokkin pe…😀

17 03 2010
lovepassword

Paranoid itu merasa diri terus2 an di curigai, merasa seluruh dunia berkomplot menghancurkan, dsb . Ada kaleng jatuh kesamber kucing lewat terus merasa disatroni gerombolan perampok. Ya intinya saya rasa semuanya pahamlah.

Pak Love pasang telinga tiap Jumat siang, baca tulisan2 dlsb, semuanya memang bersumber dari 1 sumber : Alquran. ===> Mau sumbernya apa , tafsir penulisnya kan ada dalam tulisan itu. Lha yang menafsirkan antik2 kan juga bukan teman-teman muslim saja , cara menafsirkan yang aneh2 itu bukan monopoli salah satu agama.

herannya cuma Pak Love yang murtadin & atheis yg berpikir begitu🙂 simpati pada agama lama ya pak Love? hehehe ===> Aku kelihatan kayak ateis yah ? Hi hi hi. Daeng fattah dan Adit bisa ngakak bahagia kalo ketambahan manusia antik satu lagi .😀 Dua hari yang lalu ada yang manggil aku kyai , kemarin2nya lagi aku malah disangka dukun, dipanggil suhu . Hi Hi hi … Keren juga .

Masalah ateis itu urusan ateis , nggak usah aneh-aneh🙂 Saya masih belum terlalu minat jadi ateis kamu nggak usah kuatir… 😀 . Kalo agnostis ya masih lumayanlah.🙂

Tapi gini yah ngedumel kamu itu dari sisi sosiologis ada benarnya : Dalam cukup banyak kasus orang yang pindah agama , entah dari agama apa ke apa atau dari agama ke ateis atau apaan kek, biasanya memang galak-galak.

Di satu sisi dia mungkin jadi jijik atau dipaksa jijik oleh keadaan terhadap agama lamanya atau ideologi lamanya . Atau mungkin alam bawah sadarnya memaksanya perlu melakukan itu sebagai pelampiasan dendam terhdap agama yang sekarang dibencinya. Atau terpaksa secara mental atau keadaan untuk menunjukkan kontribusinya terhadap agama atau kepercayaan barunya. Karena pindahan mungkin rada merasa tidak/belum dipercaya jadi dia berusaha membuktikan diri supaya dipercaya. Itu memang ada benarnya.

Jadi kadang-kadang memang kamu rada pinter juga ya…
Sip deh, kadang kamu itu rada antik. Tapi kadang kelihatan pinternya.

SALAM Mister jephman.

17 03 2010
lovepassword

Bukan siapa2 . Cuma saran : jangan paranoid gitu lho. Kan sarannya buat semua🙂

17 03 2010
lovepassword

kamu itu sok tahu juga ternyata Pak Dokter 🙂 bisa-bisanya ngomong dari hilir sampai hulu.

17 03 2010
mr. sectiocadaveris

wakakak…saya curiga mr.lovepassword ini ga ngerti sama sekali yg saya maksud..lihat aja, dia ngomongnya dari hilir ke hulu (terbalik)..pdhl sy sengaja bilang “hulu” krn ada maksudnya… tapi krn dia ga ngerti, maka dia bilang saya yang “sok tahu”…selamat berkubang dlm lumpur,mister😀

18 03 2010
jephman

Waduh judes amat Pak Love, hmmm lg datang bulan ya😛

Tenang aja Pak Love, saya gak paranoid kok. Saya gak pernah merasa seluruh dunia berkomplot menghancurkan. Spt yg pak Love tulis sendiri, ya semua orang pahamlah, siapa yg suka merasa dipojokan kalau kaleng kesamber kucing. hehehe

Mengenai penafsiran, itu memang betul pak. Kekristenan pun pernah mengalami hal spt itu. Makanya Yesuspun menegaskannya di Perjanjian Baru.

Masalah bapak agnostik kek, mau jadi ateis kek, memang gak jadi kekuatiran saya kok. Bapak mau ke nirwana kek, mau dilayani bidadari bahenol 72 orang juga gak jadi masalah. Itu pilihan bapak. Capek2 amat, masih buuuaaaanyak janda2 dan anak terlantar..eh..jd mirip dai sejuta umat.

Masalah saya cuma rada pinter itu memang betul pak.😛

Salam!

18 03 2010
Gala_ren

hahahaa..
betul sekali

18 03 2010
Arif

Mereka nggak minta ijin, mereka sudah menggunakannya tapi dilarang, padahal itu bukan bahasa Malayu. Di Arab sana orang Kristen juga pakai kata Allah. Mengapa orang Malayu merasa diri lebih berhak memiliki kata ini?

18 03 2010
lovepassword

Apanya yang judes yah ? Wah kamu jangan diskriminatif gitu dong.

Apa hubungannya judes sama datang bulan.😀

Ibu-ibu, mbak-mbak – bagaimana kalo kita elus-elus saja ubun-ubun manusia satu ini … hi hi hi.

Kalo kamu nyamber aku okelah, tapi jangan kaitkan judes dan datang bulan. Itu menghina perempuan. Nggak bagus itu. Dimarahi ibumu entar lho cah….

Masalah saya cuma rada pinter itu memang betul pak.😛 ===> Yah kamu rada pinter-pinter itu kan kadang-kadang. Kadang2 lainnya lagi bisa saja kamu mendadak super pinter atau sama sekali tidak pinter. Tapi umumnya sih pinter. Sayang kamu terlalu banyak mengumbar esmosi . Esmosi itu bukan cuma dalam tindakan lho, dalam ucapan juga. Kelihatan kalo kamu rada gak proporsional pikiranmu kadang-kadang. Sekali lagi kadang-kadang. Nggak selalu juga sih. Hi Hi Hi

Salam Mister Jephman
GBU

19 03 2010
jephman

ya memang kalo kategori rada-rada dari pak Love itu memang begitu. Rada-rada atau kadang-kadang, gak selalu, atau gak proporsional itu manusiawi sekali. Kalo super pinter seperti bapak, memang agak jarang ditemukan.
Tapi, ngomong-ngomong apa hubungannya ya “rada-rada atau kadang-kadang, gak selalu, atau gak proporsional” dgn ke-paranoi-an?🙂

27 03 2010
agus

Kejadian itu kian menyadarkan umat Katolik akan Kasih itu lebih utama daripada Pedang.
Perlu kita cermati juga mereka yang membuat cerita Film, sinetron dll. sering menggambarkan ketika Setan kepanasan mendengar ayat ayat quran dilantunkan, padahal kalau kita lihat lebih dalam akan nampak sekali mereka yang ” kepanasan ” ketika ada umat yang dekat dengan Tuhan, kemudian bertingkah polah bagaimana mengalahkan daya tarik Tuhan kepada umatNya.
Itulah Hebatnya para setan yang telah menguasai manusia melalui Agama tertentu.
Salam,

11 04 2010
tuak i fitri...

tuak on ma jo….
ikhon denggan do hita..
biasa di..
na ujui halak yahudi hian pe songoni do….
ale hita paima ma..parroni Tuhan ta i padua halion..
hita haburjuhon ma di portibion.
ido didok ni Tuhan i…
amin…..

12 04 2010
lovepassword

Hi Hi Hi, emangnya harus ada hubungannya iya ???

13 04 2010
purwanto

mas LP engga pernah perhatiin kalo misalnya sister atau istrinya lagi dapet alias datang bulan jadi gampang marah2 ya?..

21 04 2010
Mhd. Daud

Blo’on loe terorist…

26 04 2010
mohemmek_saw

wah banyak pengikut-pengikut saya disini :malu:

6 11 2010
Reflon

Buat s’muay,Ingatlah akan ayat ini “Akulah pintu;barang siapa masuk melalui Aku,ia akan selamat dan dia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.(yoh 10:9)
Syalom…!!!

18 11 2010
Dokar

Hmm…
Saya kira kalo wartawan majalah kristen melakukan hal yang sama di dalam mesjid, yang jelas melakukannya tanpa niat dan tanpa wudhu..
Trus di masjid sholat..
Hmm…
Pgn liad..

Wuekeke..

Peace..

27 12 2010
bajoel

saya bangga jadi org kristen yg sll meneladani ajaran yesus kristus.
semoga banyak orang yg mendapat hidayah, sehingga org2 non-kristen bisa kembali kejalan yg benar….yaitu jalan melalui yesus kristus.
karena hanya melalui DIAlah kita sampai kepada BAPA.

13 02 2012
surip

Haaaaa anda terlalu naif, memng banyak orang islam selalu mengaitkan agama dengan politik, hingga pikiran mereka seperti muhamad, bahwa agama dan politik tidak bisa dipisah , politik jahat dan kotor berarti islam jahat dan kotor, cobalah anda bijak dikit, bedakan antara negara dan agama , politik mencapai sesuatu tanpaa pandang bulu , yg berontak bantai,nah memang bayak yg berontak ya islam maka bukan hanya dinegara bosnia aja, islam dibantai dan membrontak,,,, sedangkan palestina adalah orang asli palestina bukanlah arab palestina sekarang makanya cari tahu siapakah penduduk asli negara tersebut haaaa mengerti ora belegu

17 02 2012
Iman

ANAK yesus, kok ngedumel.
Kalau buat statistik kejahatan; agama kristenlah yang paling banyak membuat kerusakan dan pembantaian.
ingat perang dunia dik..

8 12 2013
Anonim

Orang kristen tu yg begoo..
tuhan x sendiri di salip..
Trus skrng d’bkin patung…
G pke baju lgi..
Apa g marah tuh tuhan d’bkinin patung g pke baju..??
sgala ada wafat x yesus..
Trus da kenaikan yesus…
Manl fakta x udah meninggal ato blum tuh yesus..??
Bego amaaatt..
Amat z g bogo”

18 08 2014
Anonim

Berbahagiala kamu, jika karena AKU kamu dicela dan dianiaya dan kpdmu difitnakan segala yg jahat..
Bersukacitala dan bergembirala,karena upahmu besar di sorga,sebab telah demikian juga telah dianiaya nabi—nabi
yg sebelum kamu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: