GKI Minta Klarifikasi Walikota Soal Gereja Yasmin

3 03 2010

Bermacam cara dan taktik dilakukan agar gereja tidak berdiri. Tapi kasus ini cukup unik, tuduhan memalsukan tanda tangan terbukti di pengadilan hanya fitnah belaka. Tapi Walikota tampaknya lebih patuh kepada ormas daripada Hukum.

Peraturan SKB 3 Menteri jelas berpotensi memunculkan konflik. Mengapa SKB ini terus dipertahankan? Atau ada tujuan menyulitkan minoritas untuk mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara? Atau haruskah SKB 3 menteri ini kami laksanakan di lingkungan non muslim? Apapun jawabannya jelas sekali ada ketidakadilan yang terjadi.
==================================================

Bogor (ANTARA News) – Pihak Gereja Kristen Indonesia (GKI) akan meminta klarifikasi dari walikota Bogor terkait pencabutan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk pembangunan Gereja Yasmin yang pernah dikeluarkan Pemkot Bogor pada 2006.

“Kami akan meminta penjelasan dari walikota soal pencabutan itu karena keputusan pengadilan sudah memenangkan kami,” kata pimpinan proyek pembangunan GKI Yasmin Thomas Wadudara di Bogor, Selasa.

Menurut Thomas Wadudara, keputusan PTUN Bandung perihal pembangunan gereja tersebut merupakan sebuah kekuatan hukum yang mutlak dan harus dihormati seluruh pihak.

Apalagi dalam pengadilan juga sudah diperiksa soal surat-surat pernyataan tidak keberatan dari warga yang belakang ini dikabarkan ada pemalsuan, katanya.

Ia menduga ada tekanan-tekanan pihak tertentu yang mempunyai kepentingan politik sehingga pembangunan rumah ibadah itu tidak bisa terlaksana.

“Seharusnya jika sudah ada keputusan pengadilan, semuanya harus mentaati,” kata Thomas ketika ditemui saat berjaga di depan lokasi gereja yang akan dibangun tersebut.

Di lokasi gereja yang terletak di Jl KH Abdullah bin Nuh nomor 31 Taman Yasmin, Kelurahan Curug Mekar, Bogor Barat itu tidak terlihat kegiatan pembangunan. Di atas lahan seluas sekitar 1.700 meter persegi itu hanya tampak kerangka atap baja.

Sejumlah aparat kepolisian juga tampak berjaga-jaga di sekitar lokasi tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan adanya aksi unjuk rasa terkait pembangunan gereja tersebut.

Sebelumnya, Senin (1/3), ratusan massa Hisbut Thahrir Indonesia (HTI) Cabang Bogor mendatangi gedung Balai Kota Bogor untuk memprotes pembangunan Gereja Kriten Indonesia (GKI) Yasmin yang dinilai melanggar hukum karena diduga memanipulasi tandatangan warga setempat untuk mendapatkan izin membangun bangunan (IMB).

Aksi ini dilakukan massa HTI sebagai tindak lanjut dikeluarkannya surat pencabutan IMB oleh Pemkot yang ditandatangani oleh Wali Kota Bogor.

“Pemerintah harus mengawal surat pembatalan rekomendasi jangan sampai pembangunan gereja berlanjut setelah keluarnya surat pencabutan rekomendasi pembangunan gereja tersebut,” ujar Rokim Abdul Karim, koodinator aksi HTI Cabang Bogor

Sementara itu, Asisten Tata Praja Kota Bogor Ade Syarif Hidayat menyebutkan bahwa surat pencabutan rekomendasi pembangunan gereja Yasmin telah dilayangkan pada tanggal 25 Februari 2010.

Menurutnya, surat pencabutan rekomendasi IMB tersebut dikeluarkan berdasarkan rekomendasi Wali Kota Bogor Nomor 601/389-Pem tanggal 15 Februari 2006.

Dalam rekomendasi pembangunan gereja poin 12 menyebutkan; apabila pemohon tidak memenuhi segala ketentuan yang telah ditetapkan dan apabila dalam pelaksanaan pembangunan dan kegiatan Gereja Kriten Indonesia Jabar seluas 1.720 meter persegi menimbulkan keresahan masyarakat maka rekomendasi ini batal dengan sendirinya dan segala seriko menjadi tanggung jawab pemohon.
(T004/B010)

sumber

Lihat postingan dulu


Aksi

Information

19 responses

3 03 2010
Fery

Pertamax.

mana nih komen2 lipservice & gak nyambungnya? kok tumben sepi? sudah pada sadar dari agama damai dan toleran

4 03 2010
mr. sectiocadaveris

mungkin mereka sdh merasa kalau doktrin mereka ga mempan di sini, jadinya pindah ke forum lain untuk melancarkan aksinya🙂

4 03 2010
supini sofia siahaan

Gereja tidak hanya di artikan sebagai GEDUNG ato RUMAH saja, GEREJA adalah DIRI KITA SENDIRI. persekutuan bisa kita lakukan di mana saja, mari kita bersekutu dalam jumlah kecil, 12 orang misalnya. jika persekutuan uda mulai bertambah anggotanya, mari para anggota membuat persekutuan masing2, sehingga jam doa dan sharing lebih bisa maksimal daripada persekutuan dalam jumlah besar. tidak perlu ibadah dengan macam2 cara yang mengganggu ketentraman lingkungan, mari fokuskan pada JAM DOA SYAFAAT,. dan penginjilan ke orang2 yang belum mengenal TUHAN YESUS. GEREJA adalah TUBUH kita sendiri. God bless YOU🙂

4 03 2010
jelasnggak

Sembayang di rumah ngga boleh. Kata mereka itu dilarang.

Mau mendirikan bangunan gereja biar tidak menggangu penduduk setempat, itu juga dilarang.

Lalu kita harus sembayang dimana ya….?

Atau mungkin maunya semua kristiani tidak usah sembayang …. gitu…?

kalau tidak sembayang, nanti kelakuan kristiani pada bejat.

Anehnya, berlaku bejat kok dilarang juga…

wah…???

Susahnya jadi orang kristen di indonesia..

Kalau gitu semua orang kristen suruh masuk islam saja lahh..

Tapi anehnya, wanita kristen pasti menolak masuk islam,.. takut di poligami….

wah….???

kok larinya malah ke poligami sih….?????

Ah.. udah ah…. nanti ada yang tersinggung lagi…

5 03 2010
jephman

“persekutuan bisa kita lakukan di mana saja, mari kita bersekutu dalam jumlah kecil, 12 orang misalnya. ”

itu masalahnya ito. Persekutuan sekecil ini macam partangiangan, bahkan latihan koor pun tak luput dari larangan mereka.

8 03 2010
Naraja

Masih lebih baik jadi atheis daripada memilih “ITU”!

8 03 2010
Fery

“…dan kegiatan Gereja Kriten Indonesia Jabar seluas 1.720 meter persegi menimbulkan keresahan masyarakat maka rekomendasi ini batal dengan sendirinya…”

Kalau masyarakat resah karena ada diskotik & panti pijat itu wajar. Tapi kalau ada rumah ibadah jadi resah ini lucu,

kemungkinan sumber masalah ada 2 : rumah ibadahnya memang meresahkan, masyarakatnya memang suka resah sendiri

1. Kalau karena rumah ibadah, itu tidak mungkin, karena gereja itu BELUM BERDIRI dan belum melakukan perbuatan apapun buat bikin resah. Jd keresahan tidak ditimbulkan oleh gereja itu.

2. Karena masyarakatnya sendiri yg resah.
perlu diselidiki krn apa mrk resah, karena ada gereja lain yg bikin resah (pengalaman)? krn ada provokator atau krn masyarakatnya sendiri yg gak mau menerima alias tidak pluralis/toleran.

apapun jawabannya, tetap saja aneh krn resah ada rumah ibadah. Kecuali rumah ibadah itu pakai speaker kenceng dari subuh sampai malam 5x sehari teriak2, kalau jumat siang suka menghina agama lain, kalau hari raya minta ampun bau kambingnya…itu baru bisa bikin resah.
ini kenapa yg gak begitu kok bikin resah ya??????

12 03 2010
Gabe Simanjuntak

Taman Yasmin itu salah satu perumahan Elite di Kota Bogor, yang isinya adalah saudara kita keturunan tionghoa dan banyak pula dari pribumi yang beragama kristen, meskipun ada saudara yang beragama islam disitu setau saya mereka bukan orang yang tidak berpendidikan seperti si Hizboth Tai Ihur itu….
Dan kalopun ada gereja berdiri, mereka pasti tidak keberatan…….itu sih akal2an orang yang sirik aja karena mereka tidak mampu bangun tempat ibadah kalo tidak ngemis di pinggir jalan……..

AMDG

12 03 2010
mr. sectiocadaveris

ngemis di pinggir jalan, pake kotak akuwa atau jaring (emang mau nangkep ikan ya?? hehehe) plus toa lagu2 nassid dgn suara trebel mentok
pernah sekali waktu saya kasihin duit seribuan, mereka bilang makasih plus semoga pahala dibalas oleh awloh (bla bla bla)… padahal besok2nya gereja kita yang diserang sama mereka…ya amfunnn, ni orang ga tau diri banget yah, hehehe

12 03 2010
Sujarwo Tedjo

@ Jelasnggak

Untuk spt kaum kafirun sampeyan ini… memang pantes utk dikutuk.. Selalu membikin gara2 di dunia maya . Dasar semprul

14 03 2010
guedanelo

kutuk mengutuk kebiasaan nabi palsu… muballah itu tanda nabi gak percaya diri…

16 03 2010
juan

bener banget. saya tinggal di deket situ, dari dulu selalu saja ada masalah dengan pembengunan gereja ini. tak tahulah apa sebenarnya yang diinginkan orang-orang disini ini…

29 06 2010
Fitri

Ah, awalnya emang nulis artikel ini cuma buat cari simpati dan minta belas kasihan. Setelah itu pasti hinaan dan caci maki yang di keluarkan.

16 09 2010
Kunyuk

Kalian itu minoritas yang gak tau diri
Udahlah hidup menumpang di negeri ini … bikin macam2 pulak
Kalau bukan karna kalian, sudah dari dulu negeriku merdeka
Kampret =

2 04 2011
SUDHARTO

PEMALSUAN BUKAN PIHAK GEREJA
Pemalsuan tandatangan warga oleh Ketua RT pak Karta waktu itu didorong oleh Lurahnya waktu itu Agus Ateng dan staf (Saminu, Baban & Adi) bersama Ketua LPM Surono Gs dkk(Budi, dasuki & H.Soheh). Jadi Karta Cuma korban, sedangkan pelakunya adalah Oknum2 yang tersebut di atas, tapi mereka malah Bebas tak tersentuh hukum, padahal Komisi dan uang pelicin telah mereka terima. ADILKAH

2 04 2011
Gumay Dolok

PENDEKATAN EMOSI BUKAN JALAN KELUAR
CARI AKAR MASALAHNYA DULU
Kalo mau jujur, Lurah Curug Mekar Bpk. Agus Ateng waktu itu bersama LPM Surono GS dkk yaitu Dasuki, Budi, H.Soheh, adalah biang keladi soal gereja Yasmin itu. Proses Oknum itu, dari sana baru bisa tau kenapa Kasus ini muncul. Oknum2 itulah yang jadi sumber petaka dan konflik ini.

2 04 2011
JHON AMPERA

JANGAN SALAHKAN WARGA CURUG MEKAR
TAPI SALAHKAN PENGURUS LPMNYA YANG PENUH JANJI:
Pengakuan warga tentang Izin Gereja yang katanya terjadi pemalsuan tandatangan warga adalah betul dan dilakukan oleh Ketua Rt-nya pak Karta waktu itu. Tapi adanya pertemuan warga dengan pihak gereja karena difasilitasi oleh Ketua LPM SURONO Gs dkk waktu itu, seperti A.Dasuki, Budi, H.Soheh, termasuk Lurahnya Agus Ateng. Semua oknum itu yg seharusnya digelandang ke Polisi untuk berterus terang, agar pihak lain yang tidak salah jangan dikorbankan. STOP PENIPUAN & BOHONG

21 10 2011
muhammad Rasyid

Sesunguhnya kalian akan mengetahui kebenarannya nanti…
berfikirlah secara rasional…

Mudah-mudahan kalian mendapat hidayah…! ya kaum kafirin , bukalah hati mu,,, Allahu akbar!!!

21 10 2011
muhammad Rasyid

Hai Laknatulllah,,, Neraka tempat kembalimu..!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: