Gereja HKBP Pondok Timur Diserbu Massa

3 03 2010

Saya sudah sering melihat warga yang menggunakan rumahnya untuk shalat. Kenapa yang ini tidak boleh? Rumah tinggal yang dijadikan gereja dalam kasus ini sudah jelas hanya sementara menunggu lokasi gereja yang entah kapan terealisasi alias keluar ijinnya.

Sejak kapan juga warga begitu membenci rumah tinggal dijadikan rumah ibadah? Sementara ribuan rumah tinggal lain berubah fungsi jadi mushala, tempat usaha, kandang ternak, pabrik, tempat main Play Station, tempat biliar bahkan sampai panti pijat.
===============================================

JAKARTA–MI: Untuk kesekian kali proses ibadah ratusan jemaat gereja huria kristen batak protestan (HKBP) Pondok Timur Indah (PTI) terganggu oleh aksi protes massa.

Dua dari tiga jadwal kebaktian terpaksa dihentikan. Gereja yang beralamat di Jalan Puyu Raya No.14 Perumahan Pondok Timur Indah, RW15, Kelurahan/Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi memiliki jadwal kebaktian pukul 06.00, 08.00 dan 10.00 WIB.

“Dari tiga jadwal itu hanya kebaktian pukul 06.00 WIB saja yang bisa dilaksanakan sebab ditengah perjalanan ibadah ratusan massa telah berkumpul didepan gereja,” ujar Pendeta Gereja HKBP PTI Luspida Simanjuntak, Minggu (28/2).

Pantauan Media Indonesia, sekitar pukul 07.30 WIB, sedikitnya 300 massa menyambangi gereja guna meminta pengembalian fungsi rumah tinggal. Massa juga meneriakan ketegasan pemerintah setempat yang terkesan lamban memproses kasus demikian.

“Pemerintah tidak tegas.. rumah tinggal jangan dijadikan tempat ibadah. Kembalikan fungsi bangunan,” teriak salah seorang massa.

Tujuan kedatangan massa ini terkait janji Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang akan menyelesaikan persoalan. Pemerintah berjanji akan memindahkan lokasi ibadah ketempat layak namun hingga saat ini lokasi baru untuk menampung jemaat HKBP PTI belum terealisasi.

Luspida menambahkan pihak musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) Mustika Jaya mendatangi pengurus gereja dan meminta penghentian ibadah untuk sementara waktu. “Alasan muspika keadaan tidak kondusif.”

Lebih jauh, kata dia, jemaat yang ibadah pukul 06.00 WIB pulang dengan kawalan petugas polisi sementara jemaat yang berniat ibadah pukul 08.00 WIB dan pukul 10.00 WIB hanya berkumpul didalam gereja tanpa melakukan kegiatan sebagaimana biasanya. Jemaat hanya berdiam sambil berdoa bersama.

“Muspika berjanji besok (hari ini) pihak gereja bertemu Walikota Bekasi guna membahas penyelesaian persoalan,” kata Luspida.

Menjelang tengah hari massa yang datang dengan berbekal alat pengeras suara dan ornamen bertuliskan menentang rumah ibadah dijadikan gereja akhirnya membubarkan diri. Kepulangan massa setelah mendapat penjelasan dari perwakilan muspika.

Pekan lalu Kepala Satuan Intelijen Polres Metro Bekasi Komisaris Wibisono menjelaskan HKBP PTI seharusnya disegel Dinas P2B (Penataan dan Pengawasan Bangunan) pada Jumat (12/2). “Pensegelan diundur setelah terjadi rapat dilingkup Muspika Mustika Jaya. Keputusan itu tertuang dalam surat resmi Dinas P2B,” katanya.

Atas dasar kebijakan tersebut, lanjut dia, pensegelan diundur hingga dua minggu kedepan dengan syarat mencari lokasi baru semisal rumah toko (Ruko) atau tempat lain yang notabene bukan rumah tinggal.

Namun karena kebijakan dan solusi pemerintah belum terlaksana, jemaat tetap beribadah sementara massa datang dan berupaya menggagalkan proses kebaktian. (GE/OL-02)

Sumber


Aksi

Information

93 responses

3 03 2010
Fery

waiting moslems to be out of topic :p

3 03 2010
naraja

Manfaat terbesar “berita” ini sebenarnya justru kepada orang Kristen, mana tahu ada pembaca yang memiliki akses ke Perserikatan Bangsa-Bangsa agar mengadukan hal ini. Karena Pemerintah RI tak mampu menghentikannya, ya sekalian mengundang Negara lain untuk “ikut campur”!

Horas bagi jemaat yang dibubarkan Tuhan beserta kita.

http://www.bataica.com

4 03 2010
mr. sectiocadaveris

hmm..mau bikin kebaktian sekali seminggu aja kok susah ya.

4 03 2010
supini sofia siahaan

DIA bukan berasal dari dunia ini, dan DIA akan PASTI di tolak. kita sebagai pengikutNYA juga akan di TOLAK, jadi itu sudah hal yang akan kita hadapi dalam dunia ini. TETAPLAH berdoa dan kerjakan panggilan pelayanan masing-masing menurut talenta masing2. Ingatlah.. Peperangan kita bukan melawan darah dan daging tetapi melawan kuasa kuasa kegelapan, jadi marilah tetap berdoa mengusir roh roh jahat dalam NAMA YESUS. BE STRONG my friends ^_^

4 03 2010
jelasnggak

Di bekasi ada danau ngga sih…?

Bikin aja gereja ter-apung yang mau berdoa naik ke perahu saja.

Biar muslim protes di pinggir danau..ha haha hawakakakaka

Lucu juga membayangkan kelakuan muslim indonesia ini.

8 03 2010
Naraja

Itu juga yang kita sayangkan dari pihak “kita”. Pada umumnya gereja yang jadi korban juga HKBP, tapi apa reaksi Ephorus? (Mungkin tidur di ‘istananya”, Maaf!) Akibatnya, gereja jadi bulan-bulanan terus. Bukankah kaum kriminal mestinya ada kekuatan melawannya. Sekali lagi, kalau kekuatan itu tidak dari Indonesia ini, ya sekalian Sidang Umum PBB!

8 03 2010
Robinson A. Sihotang

@ Naraja

Pada umumnya gereja yang jadi korban juga HKBP, tapi apa reaksi Ephorus? (Mungkin tidur di ‘istananya”, Maaf!)

.
.
Anda jgn terlalu skeptis gitu kawan … (hati2 jikalau berkomentar)
Pihak dewan gereja di Pearaja telah mensikapin semua yg terjadi ini ttg pembakaran gereja khususnya HKBP. Semua pihak disana sudah mulai menyusun draft ttg rencana perlindungan gereja dan jemaat dilinkungan HKBP di Indonesia
Mari bangunkan diri kita ini sendiri menjadi Laskar Kristen yg tidak cengeng dan hanya tahu mengeluh saja.
.
.
Ada kalanya kita dibiarkan Kristus mengalami penistaan dan penyiksaan itu untuk melihat DIA akan menyelesaikannya dgn Dahsyat.

11 03 2010
Willy

Ngapai Lae….? Serahkan aja pada Kristus. Krn PBB juga nggak berkutik. Di amerika yg mayoritas Kristen aja ada gereja yg di bakar….so, itu sdh dituliskan di Alkitab. Skrg tergantung kita, mampu kah kita bertahan? Dengan tekanan2 yg ada skrg?

11 03 2010
Gilbert manik

Memang sedih bgt jg marah,pas qt lg kebaktian ada ribut2 di luar,pas qt lihat ada yg demo protes.tp ga papa,ini rencana Tuhan.salut u/ Pdt.LUSPIDA

7 04 2010
arles manik

Syalom Elohim!,
Maafkan mereka Tuhan yg tidak menyadari perbuatannya!, Kebaktian diluar hari Minggu lazim/wajar dilaksanakan hampir sama dengan pengajian dirumah-rumah yg dilaksanakan Muslim, jadi tidak ada unsur mengganggu ketertiban umum disana.
Persoalam Islam vs Kristen ibarat persoalan kakak beradik yg sdh ada sejak Nabi Abraham/Ibrahim dari Zazirah Arab yg keturunannya terus juga bergolak. Bagaimana perilaku orang-orang Arab di Dunia?, sayangnya org Melayu, Batak, Jawa dll justru
Merasa lebih Arab lagi, sehingga rela menindas saudara-saudaranya, inilah yang dikatakan orang yg berpikiran kerdil.

8 04 2010
arles manik

Syalom Elohim!,
Maafkan mereka Tuhan yg tidak menyadari perbuatannya!, Kebaktian diluar hari Minggu lazim/wajar dilaksanakan, hampir sama dengan pengajian dirumah-rumah yg dilaksanakan umat Muslim, jadi tidak ada unsur mengganggu ketertiban umum disana.
Persoalam Islam vs Kristen ibarat persoalan kakak dan adik yg sdh ada sejak Nabi Abraham/Ibrahim di Zazirah Arab yg keturunannya terus juga bergolak. Bagaimana perilaku orang-orang Arab di Dunia?, sayangnya org Melayu, Batak, Jawa dll justru
Merasa lebih Arab lagi, sehingga rela menindas saudara-saudaranya, inilah yang dikatakan orang yg berpikiran kerdil. Kalau kejahatan dibalas dengan kejahatan!, apa jadinya!.

29 06 2010
Fitri

Awalnya nulis cari simpati terus ujung-ujungnya memang berniat menghina.

29 06 2010
borusasada

@Fitri

Itu bukan menghina menurutku, Bu Fit. Tapi pada kenyataannya, memang begitu. Bukankah lebih baik mendobrak tempat lokalisasi daripada merusak rumah ibadah???

29 06 2010
Fitri

Kalau tidak menghina maka salahkanlah orangnya jangan salahkan agamanya. Paham?!

30 06 2010
borusasada

@Fitri

Nah lho.. Untuk kesekian kali q baca artikel di atas. Tapi ga da kata “agama xxx” atau kalimat yang menyebutkan agama tertentu sebagai pelaku pengrusakan. Bisa kasih tunjuk bagian mana yang menyalahkan agama yang ibu maksud?

“… salahkan orangnya…”
Apakah itu mengandung makna bahwa ibu juga menyalahkan mereka-mereka yang membongkar rumah ibadah (dalam hal ini gereja) dan tidak menyetujui cara mereka itu?

30 06 2010
Fitri

Kenapa yang disinggung cuma Islam? Nggak liat apa tulisan di artikel paragraf pertama dan komentar yang bermunculan selalu menyalahkan Islam. Salahkan orangnya dan jangan salahkan agamanya!! Sudah paham?! Belum tanya lagi!!

30 06 2010
borusasada

@Fitri

“Saya sudah sering melihat warga yang menggunakan rumahnya untuk shalat. Kenapa yang ini tidak boleh? ”

==> Yg itu maksudnya, Bu? Shalat itu berarti ibadah, Bu. Mungkin dalam agama ibu digunakan istilah shalat. Dalam agama kita digunakan istilah ibadah (atau kebaktian). Jadi, kenapa ketika rumah ibu dijadikan tempat shalat bisa, tapi ketika agama lain yang menggunakan rumahnya jadi tempat ibadah tidak bisa?

Nah, dr kalimat diatas, yang mana ada unsur menghina agama ibu?
Itu pertanyaan, Bu. Pertanyaan yang meminta jawaban yang bijak dari ibu. Apa reaksi ibu ketika rumah ibu dijadikan tempat shalat tapi dilarang?

Akan selalu ada pertanyaan, Bu. Tapi jawabnya jangan pake marah, ya. Nanti saya malas nanya lagi..🙂

Salam hangat, Bu..

30 06 2010
borusasada

@Naraja

Benar yang dikatakan Tulang R.A Sihotang itu, ito. Hati-hatilah kalau berkomentar. Tahukah ito? Banyak perpecahan terjadi hanya karena komentar pedas yang belum tentu benar..

30 06 2010
Fitri

terus kenapa cuma yang Islam yang dipermasalahkan? itu maksud saya!!! Paham?! Yang buddha, konghucu juga ibadah di rumah kok!!! Kenapa selalu Islam yang jadi sasaran!!! Salahkan orangnya!!!

30 06 2010
borusasada

@Fitri

Wadohhh… Kayak gw ga bisa “paham” aja deh..

“Yang buddha, konghucu juga ibadah di rumah kok!!! Kenapa selalu Islam yang jadi sasaran!!! ”

==> emang siapa yang jadikan rumah Islam jadi sasaran? Justru karena agama lain juga ibadah di rumah, tapi kenapa cuma rumah orang Kristen yang didatangi massa? Kenapa mereka ga datangi aja rumah agama yang lain klu menganggap hal itu salah? Plus, mereka juga mesti datangi rumah orang2 yang seagama dengan mereka yang menjadikan rumahnya tempat ibadah atau shalat. Termasuk rumah ibu juga kalau ibu menjadikan rumah ibu jadi tempat ibadah ibu. Rumah ibu tuh perlu juga dijambangi massa. Bagaimana?

“terus kenapa cuma yang Islam yang dipermasalahkan? Salahkan orangnya..”
==> Kita memang menyalahkan orangnya, Bu. Saya kira artikel diatas tidak menyalahkan agama tertentu sebagai pelaku. Jadi, kenapa ibu bisa bilang, “kenapa cuma Islam yang dipermasalahkan?” Apa karena kata “shalat” itu? Saya kan sudah bilang, shalat itu ibadah. Klu rumah ibu bisa jadi tempat shalat, kenapa rumah agama lain tidak bisa jadi tempat shalat (ibadah) mereka?

Ibu paham ga sih??

30 06 2010
Fitri

Loh…situ nggak paham juga apa maksud saya? Setiap ada permasalhan gereja di tutup, di gusur, di bakar atau apapun pasti selalu Islam yang jadi sasaran!!! Bukan Buddha, Kong hu cu atau yang lainnya!!! Kenapa nggak ditulis aja semacam pura, klenteng atau lainnya yang berubah jadi tempat ibadah!! Jangan islam terus yang dikambinghitamkan!! Paham Kau!!!

30 06 2010
Fanya

@Borusasada,

fanya setuju dgn komen kak Fitri yg mengatakan :

1. “…… salahkanlah orangnya jangan salahkan agamanya….!”
Kalimat tsb adalah statement yg sangat cerdas, mendasar dan universal.

2. “Kenapa yang disinggung cuma Islam? Nggak liat apa tulisan di artikel paragraf pertama dan komentar yang bermunculan selalu menyalahkan Islam. Salahkan orangnya dan jangan salahkan agamanya!!

Pengantar artikel yg berbunyi: Saya sudah sering melihat warga yang menggunakan rumahnya untuk shalat. Kenapa yang ini tidak boleh? Rumah tinggal yang dijadikan gereja (SHALAT adalah bhs Arab sedangkan dlm bhs indonesia adalah SALAT yg dlm KBBI didefinisikan: sa·lat n Isl rukun Islam kedua, berupa ibadah kpd Allah Swt., wajib dilakukan oleh setiap muslim mukalaf, dng syarat, rukun, dan bacaan tertentu, dimulai dng takbir dan diakhiri dng salam; ; jelas menunjukkan bhw sejak awal selain dimaksudkan sbg naskah berita faktual, artikel tsb memang sarat dgn nuansa memojokkan pihak Islam terkait kasus penolakan keberadaan Gereja di lokasi tsb (itu kalau penulis dan anda mau bersikap jujur lho).

Fakta tsb jelas terlihat dari reaksi dan komen-komen yg muncul a.l.:

Fery : “waiting moslems to be out of topic”.
JE: “Biar muslim protes di pinggir danau..ha haha hawakakakaka
Lucu juga membayangkan kelakuan muslim indonesia ini.”
Naraja : “Bukankah kaum kriminal mestinya ada kekuatan melawannya”. (Naraja dgn jelas menyatakan bhw mereka yg demo menentang keberadaan gereja dlm artikel tsb adalah KAUM KRIMINAL)……

Borusasada menyangkal artikel tsb diarahkan kdp umat Islam, what a ridiculous denial…..!
Perlu dipahami bahwa dlm Kamus Besar Bahasa Indonesia jelas didefinisikan bhw
mus·lim,/b> [n] penganut agama ISLAM!
Demikian pula padanan Gereja adalah Mesjid, Kapel adalah Mushala dan Kebaktian Minggu adalah Shalat Jum’at.

Sebagai tambahan pengetahuan buat anda, Shalat Jum’at TIDAK di diadakan di rumah. Bahkan Mesjid pun baru dapat menjadi tempat ibadah shalat Jum’at setelah memperoleh ijin dari Pemda dan KUA setempat stlh memenuhi berbagai persyaratan yg ditentukan (silahkan cek ke KUA)!

Please be honest dan hargailah upaya Om Parhobass yg tak henti meyakinkan kami bahwa umat Kristiani yg berada didalam Kristus senantiasa jujur dan penuh KASIH ???

salam

30 06 2010
cerdas

@FITRIA NINGSIH

Loh…situ nggak paham juga apa maksud saya? Setiap ada permasalhan gereja di tutup, di gusur, di bakar atau apapun pasti selalu Islam yang jadi sasaran!!!
.
.
.
bukan Islam yang jadi sasaran, tapi memang ISLAM LAH PELAKUNYA!!!! emang ada budha hindu konghucu atheist yang bakar gereja??? GAK ADA KHAN!! CUMA ISLAM YANG TANGANNYA KEGATELAN BAKAR GEREJA ORANG. PAHAM KAUU!!

30 06 2010
cerdas

Salahkan orangnya!!!
.
.
.
SALAHKAN ORANGNYA —–> ORANGNYA BERTERIAK: allahu akbarrrr!!! Islam agama yang benar di mata owloh !! Kristen kafir harus dibinasakan!!!
(sambil ngacung2in parang dan sabit dan clurit)

30 06 2010
Fitri

@Cerdas

Kau itu tak paham – paham! Salahkan orangnya jangan agamanya! Kau itu sudah memfitnah semua orang yang beragama Islam! Saya Islam tapi saya tak pernah sekalipun menyentuh gereja apalagi membakar atau menggusurnya! Hati-hati kau kalau omong! Aku sudah tak segan lagi melaporkan kau ke polisi!

30 06 2010
Fitri

Dasar kristenisasi berkedok penipuan!

30 06 2010
parhobass

@fitri
si fitri muka seribu atau siapa neh?

maaf nanya doang

30 06 2010
parhobass

@lae Sihotang

lamboknai ate-ate mambege komen ni lae bah

tiba2 saja saya “berlayar” di sini, spertinya topik “komplain” di sebalah cocok kali di baca lae Naraja di atas,…

salam

30 06 2010
parhobass

lae jeph,

kubuka link Kriten Korea-mu, ada tulisan korea yang bisa saya baca di situ, yaitu huruf dengan transliterasi kira2 demikian
hane-ang seio…. artinya welcome…

hehehe iseng ajah

30 06 2010
lovepassword

Melihat ada apa gerangan yang terjadi ….

30 06 2010
lovepassword

Kamu itu memang rada pemalu Par, mau ngomong saja malu-malu…Kalo kamu kasih link kan iya makin jelas :

http://hakadosh.wordpress.com/2010/06/27/komplain/

He he he..

SALAM Deh…

30 06 2010
mr. sectiocadaveris

wah masih rame juga di sini😀

30 06 2010
Fitri

Saya nggak tau tuh Om Par, siapa yang pakai nama dan email saya.

1 07 2010
jephman

ah yg bener bu Fitri? kalo gitu saya spam aja ya?

1 07 2010
parhobass

heheheh

ngga mau ngasih sebenarnya, hanya stelah membaca koment Naraja, kayaknya koq tepat topik kita di sebelah..

itu sahaja

1 07 2010
Fitri

Kalau gitu buat bedain mana fitri asli dan aspal, saya komennya pake bahasa banjar saja. Gimana?😀

2 07 2010
borusasada

Good morning Indonesia..

@Fanya
“..Demikian pula padanan Gereja adalah Mesjid, Kapel adalah Mushala dan Kebaktian Minggu adalah Shalat Jum’at..”
Seperti Mbak sudah memadankannya, Saya juga memadankan hal itu ke bu Fitri bahwa Shalat itu sama dengan Kebaktian/Ibadah. Perlu saya katakan kepada mbak, kegiatan semacam “Penelahaan Alkitab” (di daerahku dikenal dengan sebutan “partangiangan”) yang diadakan di rumah bagi kami itu juga ibadah.
Artikel: Rumah tinggal yang dijadikan gereja dalam kasus ini sudah jelas hanya sementara menunggu lokasi gereja yang entah kapan terealisasi alias keluar ijinnya.
==> Nah, apakah hal itu pun salah menurut Mbak? …”hanya sementara..” Mbak.

“Sebagai tambahan pengetahuan buat anda.. Shalat Jum’at TIDAK diadakan di rumah..”
==> Saya tidak bilang bahwa bu Fitri atau mbak ngadaian Shalat Jumat di rumah. Saya hanya bilang bagaimana kalau rumah ibu bisa jadi tempat shalat ibu, kenapa rumah kita tidak bisa jadi tempat ibadah? Emang kalau Ibu Fitri ama Mbak Fanya, ga shalat di rumah juga? shalat lima waktu di mana, Mbak? Bisa di rumah juga kan? Itu apa ga ibadah juga buat mbak?

Komentar dari Bu Fitri: “Yang buddha, konghucu juga ibadah di rumah kok!!! Kenapa selalu Islam yang jadi sasaran!!!’
==> Menurut mbak Fanya, nyambung ga kalimat pertama dengan kalimat terakhir?😉

“…… salahkanlah orangnya jangan salahkan agamanya….!”
==> Baca lagi, mbak jawaban saya. Yang pasti saya tidak menyebut agama mbak.

“..Borusasada menyangkal artikel tsb diarahkan kdp umat Islam..”
==> Jika mbak merasa bahwa artikel itu “juga” ditujukan kepada mbak, maka saya minta tolong supaya mbak membantu kita yang Kristen ini biar bisa tenang mengadakan ibadah di negeri kita ini. Negeri yang terkenal dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika.” Dan juga terkenal dengan UUD 1945 Pasal 29 ayat 2. Yang terakhir, terkenal dengan Pancasila, dan yang menjadi urutan pertama adalah “Ketuhanan Yang Maha Esa” dan ditutup dengan “Keadilan Sosial Bagi SELURUH Rakyat Indonesia.”

“..hargailah upaya Om Parhobass yg tak henti meyakinkan kami bahwa umat Kristiani yg berada didalam Kristus senantiasa jujur dan penuh KASIH ???..”
==> Thanks, sudah mengingatkan. Saya juga berharap, mbak punya KASIH yang Mbak maksud.
Ingatkan juga Bu Fitri, biar ga selalu bilang “paham KAU??” Hihihi.. Dah berapa kali lho, mbak..

Salam hangat, mbak..😉

2 07 2010
Batak Portugal

Cuma pecundang yang mempertahankan prinsip di atas nama orang lain. teruslah jadi pecundang!

2 07 2010
borusasada

@Ito mr.sectiocadaveris

Selalu rame ito. Gelar tikar lah kita? Asa binaen kopi..😆

3 07 2010
mr. sectiocadaveris

yaelah ini orang maen polisi aje.
hahaha😀

4 07 2010
hh

mangnye Orang batak itu keturunan Portugal ya? Mana linknya?

4 07 2010
Adi Putra Turnip

Salam Damai…
Yesus Memberkati

5 07 2010
borusasada

@Tulang HH

Seingatku, Batak Portugal pernah membuat nick name-nya as “Batak Yahudi.” (Klu ga salah q baca komentar2 ito itu di Artikel “Yesus tidak pernah disalib?”). Trus Inang Fitri komentar tentang nama itu sebagai pernyataan bahwa Batak memang keturunan Yahudi. Jadinya, Batak Yahudi mengganti namanya “Batak Portugal.” Biar dibilang orang Batak itu asalnya dari Portugal. Adong2 saja..😉

5 07 2010
lovepassword

Batak itu keturunan ayah sama ibunya… Masak gicu saja gak tahu sih…

5 07 2010
Fitri

😀😆

Batak Portugal itu sebenarnya malu pakai nama Batak Yahudi gara – gara aku tuliskan link kalau Batak keturunan Yahudi. Makanya dia ganti nama.🙂

5 07 2010
hh

na mangalesengi si putri do au. hape tong dang diantusi.

6 07 2010
borusasada

@Tulang HH

Suman do antong dang diantusi ibana i, Tulang. Ai hubereng alusna di toru. Boha molo hudok tu si Batak Portugal i asa dibaen goarna gabe Batak Kalimantan? Ala sian luat i do inanta naso mangantusi i marasal. Asa lam kompak nasida na dua.. 😉

8 08 2010
Moses Joseph

@fitri
MEMANG ISLAM KOK SATU2 NYA AGAMA YG GAK BISA TOLERAN DG AGAMA LAIN!!COBA ENTE KE ARAB MANA BOLEH BANGUN GEREJA/KLENTENG/PURA DISANA?KALO PINDAH AGAMA DARI ISLAM HUKUMANNYA DIPENGGAL!! INILAH KEMUNAFIKAN ISLAM KALO KE BARAT MEREKA BANGUN MESJID DG BEBAS TAPI DI ARAB/NEGARA MUSLIM BANGUN GEREJA/TEMPAT IBADAH LAIN DIBATASI, BTW ENTE BILANG KRISTENISASI,APA GAK SALAH? ENTE PUNYA MESJID BEBAS DIBANGUN DI WILAYAH KRISTEN,EH ANE PUNYA GEREJA PAS MAU DIBANGUN DI TEMPAT ENTE DILARANG!! DASAR TERORIS!! SODARA2 GAK USAH DEBAT SAMA TERORIS CAPEEK!!

9 08 2010
Heaven

@fitri:
mba saya mau nanya ke mba sendiri skarang..
kembali lagi ke artikel di atas ya mba??
menurut mba..hal tersebut terpuji ga??
kalau terpuji sebutkan alasannya..kalau ngga,,bisa ga itu dibilang cerminan apa yang agama mba ajarkan???
kalau saya boleh buka pendapat tentang FPI
menurut saya organisasi tersebut terlalu anarkis dan selalu mengatas namakan MUSLIM..
saya turut prhatin atas hal tersebut…karena tiap melakukan anarkis..selalu saja mengatakan MUSLIM..
saya yakin diagama MUSLIM pasti tidak diajarkan anarkis…
jadi menurut saya tolong para oknum tindak tegas dengan yang namanya FPI
mereka bertuliskan FRONT PEMBELA ISLAM..tapi malah mencoreng nama ISLAM..
itu menurut saya..
apabila ada salah kata dan menyinggung..mohon maaf ya…

salam damai smua GOD BLESS US…

10 08 2010
jephman

@ Heaven
Kalo ditanya begitu hampir pasti jawabannya : Tidak. Tapi lihatlah blognya mbak Fitri.😛
Begitu juga dengan muslim lainnya. Mulut berkata tdak setuju, tapi hanya dimulut. Mana ada yang mau bantu. Lha kan haram hukumnya bantu kafir mendirikan tempat ibadah.

Salam

10 08 2010
Fery

wakakakak dasar katrok katrok

10 08 2010
mr. sectiocadaveris

Pada tanggal 8 Agustus 2010 kemarin, kembali saudara2 kita Jemaat HKBP Pondok Timur Indah Bekasi diserang oleh sekelompok muslim (yaitu FPI, FUI dan warga kampung) yang tidak senang dgn keberadaan gereja tsb. Mereka membentuk barisan, menerobos barikade polisi, membubarkan kebaktian secara paksa. Bahkan mereka memukuli para jemaat yang sedang beribadah. 8 dari 10 korban adalah ibu-ibu, termasuk Pdt. Luspida br. Simanjuntak.

Saat ini mereka telah mengadukan kasus ini ke Markas Besar RI dan komnas Ham.

Marilah kita mendukung dan mendoakan saudara2 kita Jemaat HKBP PTI agar senantiasa dikuatkan dalam iman pencobaan, dan kepada mereka (muslim) yang melakukan penyerangan agar diampuni dan dicurahkan Roh Kudus agar mau menerima kehadiran Kristus.
Dan gereja semakin bertumbuh berakar di tempat tersebut. Banyak orang akan menerima berkat.

Support for HKBP PTI Bekasi

10 08 2010
herma

hanya orang yang kafir mengantakan orang lain kafir…… mendirikan tempat ibadah kok ditakutin…… kami paling benci kekerasan….. tapi ornag yang suka de kekerasan hatinya tidak pernah merasa menang…

10 08 2010
peter

bangun tempat pelacuran aja biar org islam di lingkungan situ tambah senang lht wanita telanjang….

11 08 2010
Fitria

Bukannya situ juga sama saja.

Mulut berkata Kristen agama penuh kasih. Tapi ketika pertama kali saya ke blog ini, selalu saja menjelek-jelekkan agama Islam.

Diberi penjelasan pun juga tidak mau terima dan tetap memaksakan bahwa islam bukan agama damai.

Saya memang tidak setuju ada yang melarang orang lain beribadah, tapi saya ini cuma orang biasa dan jauh dari kota Bekasi. Yang tinggal di Bekasi saja, cuma diam tanpa bisa berbuat apa-apa. Apalagi kalau meminta belas kasihan dari perempuan seperti saya, apa yang bisa saya perbuat?

Dengan sesama muslim pun di blog saya juga sering bertengkar, lihat saja di blog K@barnet. Komentar saya di blokir oleh adminnya karena saya tidak setuju atas beberapa artikelnya, seperti @artikel Jasad Dumaltin Berbau Wangi, @Anak Durhaka menjadi ular berkepala anjing, serta banyak artikel-artikel mengatasnamakan Islam tapi isinya sesat.

Tanyalah @jelasnggak, lovepaswword, ketika saya pernah menyatakan tidak setuju untuk poligami. Ini sudah lama terjadi dan banyak muslim yang membenci saya dan mencap saya muslim liberal.

Mungkin mesti tunggu saya jadi Presiden dulu, baru deh saya usahakan untuk membantu.

Salam.

11 08 2010
Fitri

Bukannya situ juga sama saja.

Mulut berkata Kristen agama penuh kasih. Tapi ketika pertama kali saya ke blog ini, selalu saja menjelek-jelekkan agama Islam.

Diberi penjelasan pun juga tidak mau terima dan tetap memaksakan bahwa islam bukan agama damai.

Saya memang tidak setuju ada yang melarang orang lain beribadah, tapi saya ini cuma orang biasa dan jauh dari kota Bekasi. Yang tinggal di Bekasi saja, cuma diam tanpa bisa berbuat apa-apa. Apalagi kalau meminta belas kasihan dari perempuan seperti saya, apa yang bisa saya perbuat?

Dengan sesama muslim pun di blog saya juga sering bertengkar, lihat saja di blog K@barnet. Komentar saya di blokir oleh adminnya karena saya tidak setuju atas beberapa artikelnya, seperti @artikel Jasad Dumaltin Berbau Wangi, @Anak Durhaka menjadi ular berkepala anjing, serta banyak artikel-artikel mengatasnamakan Islam tapi isinya sesat.

Tanyalah @jelasnggak, lovepaswword, ketika saya pernah menyatakan tidak setuju untuk poligami. Ini sudah lama terjadi dan banyak muslim yang membenci saya dan mencap saya muslim liberal.

Mungkin mesti tunggu saya jadi Presiden dulu, baru deh saya usahakan untuk membantu. (just kidding)

Salam.

11 08 2010
Fitri

@ Heaven

Saya tidak pernah setuju dengan FPI ataupun mendukung FPI.

Saya jauh dari kota Bekasi dan di daerah saya pun tidak ada ormas Islam bernama FPI.

11 08 2010
Fitri

@ Moses

Arab wilayahnya terbagi – bagi dalam beberapa negara bagian. Di beberapa negara bagian juga berdiri gereja. Kalau klenteng ataupun pura tidak ada, itu dikarenakan tidak ada penganut Hindu maupun Kong hu cu disana.

Lebih jelasnya tanyakan saja pada pemerintah Arab, karena saya tidak pernah ke Arab dan bukan orang Arab.

Salam.

11 08 2010
Fitri

@ borurasada

Nyebut – nyebut Kalimantan, apa maksudnya?

11 08 2010
fanya

@ Kak Fitri

Borusasada sang putri tunggal bilang gimana kalu minta “Batak Portugal” mengganti nick-name jadi “Batak Kalimantan” haja, kaitu kaleee…

11 08 2010
Fitri

Oh……begitu.

11 08 2010
borusasada

@Fitri

Bukan apa-apa, Bu. Spt yg dblg Fanya, bgmn klu Batak Portugal itu ganti nama jd Batak Kalimantan, biar dekat dg Ibu. Itu saja maksud saya, tiada yang lain.
.
.
.
@Fanya

Namaloan ho nian inang, bahh.. Bisuk ma dainang da, jalo marroha songon darapati ate.

Huhutna i, ba selamat menunaikan ibadah puasa ma di hamu padua. Anggiat lam tamba bisukmuna mandalani ariari ni ngolu na ni lehon ni Debata tu hamu.

Tangianghon hamu nang pamarentanta on, asa marbisuk nang nasida. Ate inang da..

-Horas, Salam, Mabuhai-

11 08 2010
Fitri

Jangan panggil saya Ibu lah…….saya masih muda.
😀

11 08 2010
borusasada

🙂
Ya wess deh. Saya panggil nama saja? Atau panggil Kakak/Adek? Umurnya dah berapa sih?

11 08 2010
Fitri

24 tahun, bulan oktober masuk ke 25 tahun.
😀

11 08 2010
fanya

@borusasada

Terimakasih kembali inang, selamat menimba ilmu di negeri jiran, sudah mandai baloot belum?
Bagaimana inang melihat trend merpati philipina? konon menurut bisik2 Om-om, mereka umumnya jinak, jinak dan jinaaakkk sekali…. hihihi. Hati2 sotung tarjolbung loh jangan terbawa gaya hidup merpati Philipina yg bijak…sana, bijak …sini, bijak situ… hiihhh gawat!

Salam

11 08 2010
borusasada

@Fanya

Bagas na i parbinotoanmu ate, Inang taringot tu angka merpati (sahat tu merpati ni negeri di luar ni Indonesia pe boi do diboto ho aha na masa).

Dang apala huantusi Inang, aha lapatanni “baloot.” Ai aha do i?

Saleleng dison, dang hea do pe hubereng habang merpati (darapati). Jadi, dang apala huboto jinak do merpati na nidokmi manang na maol do tangkupon.

Ba tahe, dungi sian “bisik2 Om-om” do nimmu dapot mu i? Uweeee tahe, Inang. Tangi na i ho poang tu hata ni Om-om. Molo pe hata “konon” pangheonmu mandok na binotom, gabe sungkunsungkun do au molo hudok tung bagas parbinotoanmu (ba santabi ma jo di hamu ate Inang, dang sala ra au mandok i. Ai ido na hutangkup sian pandohanmi. Molo sala na hudok, marpanganju ma ham, jala tumangkas ma pasahat hamu hatamuna tu joloan on).

Alai dohononhu do mauliate di singotsingot mi Inang. Ho pe ate Inang, manatmanat mangalangka di hutamuna da, sotung tarjolbung tu hata ni Om-om na nidokmi.
Botima

-Horas-

11 08 2010
Fanya

@Borusasada

Baloot (Balut) itu makanan khas Philipina, yaitu rebus telur bebek yg hampir jadi anak bebek didalamnya setelah dierami ayam. Biasanya telur-telur itu diberi tanda sesuai usia pengeraman telur misal 10, 15, atau 18 . Selanjutnya telur-telur yang sudah susah payah dierami oleh ayam itu, dicuci bersih dan kemudian direbus hingga matang.

Bagi kebanyakan orang Filipina, balut merupakan salah satu makanan favorit karena rasanya yg menurut para Pinoy sungguh sedap, sensasional, dan kaya gizi, mineral, dan vitamin.

Seminggu y.l. Om fanya melawat ke Manila & Davao City. Beliau ceritera ttg (burung) dara yg umumnya “jinak-jinak merpati”, sementara di Filipina konon “jinak-jinak-dan jinaaakk sekali”…. gitu loh.

fanya sendiri belum pernah melawat ke Filipina.

Salam

12 08 2010
borusasada

@Fanya

Oh, molo Balut do nanaeng dohononmu, tingkos ma i. Na didok ho do Baloot da inang. Gabe dang huantusi. (Ga mudeng ninna hamu).

Oh, jadi Om mu do hape mandok i tu ho?

Aha do lapatanni pandohanmon, Inang? Didok Om mu taringot tu (burung) dara yg “jinak2 merpati.” (Burung) dara ni ise do jinak didok Om mu? Na di Filipina do? Ai didok ho muse hata “konon” di Filipina. Jadi dang apala tangkas niantusan. Annon gabe sala pangantusionnami. (Manang na adong do (burung) dara piaraan na boi gabe sample-di hata Indonesia-?). Antar hira ima Inang. Unang sala mangantusi hami da bo.

-Horas-

12 08 2010
fanya

@Borusasada

Tentang “darapati” Filipina tsb Om-ku dengar dari koleganya di Manila. Katanya, kalau dara2 Indonesia paling2 “jinak-jinak merpati” maka darapati Manila adalah “jinak-jinak dan sangat jinaakk” jadi gampang menclok-sana menclok-sini… gicu loh.

Om fanya bilang mungkin semua itu tak lepas dari gaya hidup Pinoy yg cenderung bebas, atau dampak pergaulan dengan tentara2 amerika a.l. di Olongapo, Angeles, Clark, dan Subic Bay yg eksis hingga kira2 tahun 1995 meski pangkalan militernya resmi ditutup tahun 1991.

Jadi walau bagaimana ada baiknya inang berhati-hati jangan sampai terpengaruh gaya hidup bebas para Pinoy dan para kabayan.

Salam

12 08 2010
borusasada

@Fanya

Bah, songon na rundut huida. Sian dongan tu dongan tu dongan tu dongan muse. Ganjang na i be tutu pardalanan ni hata i ate, Inang.

Anyway, olo Inang.. Mauliate di singotsingot ni Inang. Tangiang ma sitangiangan ma hita tutu. Sahat ma tabe tu angka dongan na menunaikan ibada puasa.

-Horas-

13 08 2010
hotma linda

bertobatlah fitri, neraka apa surga itu bergantung pada pilihan kita, nyata-nyata kok umat islam yg begitu, lihat tuh fotonya, gak buta khan?

13 08 2010
hotma linda

mbak fitri, lapor aja, paling dimintai uang 5000 buat upah ngetik laporan, gak punya 5000? kasian deh lo

13 08 2010
hotma linda

cobah deh google batak, pasti kaget, ada suku di daerah bekas soviet dgn nama batak, dan mengalami tragedi dibakar dlm rumah ibadahnya pd tahun 1700an

15 08 2010
Adi

Pak Yg mlakukan penyerangan di pti adalah warga setempat
yg ga setuju karna ijin yg digunakan adalah MANIPULASI wajar ja warga ngamuk karna wilayah nya dilangkahi dgn semena2 mengganggu bgt !

Dan bukan fui atau pun ormas lain,tp warga setempat yg bkin pagar betis

tlng dikaji ulang informasi yg anda dapat ya agar tdk terdeskiminasikn fui and agama islam dmata masyarakat,jgn hanya promosi agama sendiri tanpa keju2ran . Apa agama anda diajarkan bohong ?

Mf bkn nyindir tp saya pngen tanya aja,

18 08 2010
Fitri

@ hotma

Sudah aku laporkan kok. Daripada situ cuma bisa kasihan dan bagi uang 5 ribu.

18 08 2010
Fitri

@ hotma

Yang melakukan memang orang yang beragama Islam, tapi tidak semua Islam begitu. Jangan memfitnah orang lain demi mendapat pengikut baru!

18 08 2010
Alex

Pemerintah menganak tirikan dan selalu menomor dua kan Kristen
Mendiskriminasi kristen
Mengekang dikristen
Baik di agama, sosial hidup, dalam mencari nafkah, politik, kebebasan, jabatan pemerintah dan lain2.

Tapi yakinlah saudara2ku ” lebih bahaya nya klo Tuhan yang menghukum mereka” dibandingkan pada kita. terbukti Indonesia selalu kena musibah, miskin dan sengsara

Jadi pada ajaran Tuhan Yesus kepada kita

18 08 2010
Alex

Pemerintah menganak tirikan dan selalu menomor dua kan Kristen
Mendiskriminasi kristen
Mengekang dikristen
Baik di agama, sosial hidup, dalam mencari nafkah, politik, kebebasan, jabatan pemerintah dan lain2.

Tapi yakinlah saudara2ku ” lebih bahaya nya klo Tuhan yang menghukum mereka” dari pada kita yang membalas, jadi jgn membalas kebodohan tindakan mereka. terbukti Indonesia selalu kena musibah alam, miskin dan sengsara, krisis, melarat dll

Jadi pada ajaran Tuhan Yesus kepada kita Jgn dendam dan balas dengan kasih biar lah Tuhan yang bertindak dan klo itu yang mereka perbuat brarti mereka membuat Tuhan marah dan mereka akan menerima resikonya.

18 08 2010
Alex

Oalah….
Pemerintah menganak tirikan dan selalu menomor dua kan Kristen
Mendiskriminasi kristen
Mengekang dikristen
Baik di agama, sosial hidup, dalam mencari nafkah, politik, kebebasan, jabatan pemerintah dan lain2.

Tapi yakinlah saudara2ku ” lebih bahaya nya klo Tuhan yang menghukum mereka” dari pada kita yang membalas, jadi jgn membalas kebodohan tindakan mereka. terbukti Indonesia selalu kena musibah alam, miskin dan sengsara, krisis, melarat dll

Jadi pada ajaran Tuhan Yesus kepada kita Jgn dendam dan balas dengan kasih biar lah Tuhan yang bertindak dan klo itu yang mereka perbuat brarti mereka membuat Tuhan marah dan mereka akan menerima resikonya.

30 08 2010
anak siappudan

Fitri: Mbak, bilang salah kan orangnya???>.. agamany juga bisa disalahkan?…
karena agama diajarkan untuk kebaikan… nich malah kejahatan yang diajarkan…!

ingat mbak, hanya Tuhan Yesus Kristus yang Hidup, karena Yesus kekal selamanya..!
kita Liat saja, ketika datang Hari Penghakiman Yesuslah Yang datang…

Yesus datang bukan Untuk menolong lagi, tetapi untuk menghakimi orang-orang yang Menghujat Yesus dan Menghujat Anak-Anaknya( Manusia yang Percaya kepadanya)…

Kita bisa kesorga hanya melalui Yesus, Yesus berkata: Akulah Jalan kebenaran dan HIdup…

Yohanes 3: 18. Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

semoga Hidup Mbak Fitri di Penuhi oleh Roh kudus, dan mengaku bahwa Yesus adalah Juruslamat, dan kamu akan melayaninya…

gbu

14 09 2010
naga sakti

Bu Fitri kamu bego atau buta ya…kan yang melakukan demo itu siapa dulu, kan muslim. kita umat Kristen tidak pernah kok mempermasalahkan rumah jadi tempat ibadah. umat muslim beribadah dirumah(sholat) gak ada yang larang kok, kan itu permasalahannya, kebetulan yang melakukan pelarangan itu ya umat muslim….gimana ibu ini???udah faham sekarang???makanya sering nonton berita jangan cuman nonton dangdut atau sinetron….!!!

16 09 2010
nael

pelaku nya aja berteriak allah huakbar,,,,
ya jelas itu mislim masa agama lain,,,
gimana toh

16 09 2010
nael

DI TANAH BATAK BANYAK BERDIRI MESJID,,,,TAPI ORANG BATAK TAK PERNAH MENGGAGU MESJID,,,,,KALU GA PERCAYA KUNJUNGI AJA DANAU TOBA,,,

18 09 2010
sammy

emang nih agama Kristen warisan anjing penjajah selalu n dimana-mana bikin rusuh, udah nyembah manusia (Yesuss itu kan manusia)…mungkin nanti si pendeta gila Terry Jones pula yang disembah…emang orang Kristen tuh pada gila semua…pain sih berdebat sama orang gila…ntar ikut-ikutan jadi gila lagiii….

23 09 2010
naga sakti

LAGIAN NGANPAIN LADENIN ANAK KECIL SPERTI FITRI, DIA AJA JAUH DARI PULAU JAWA, JADI WALAUPUN DIJELASIN GAK BAKAL NGERTI2….!!!

24 09 2010
naga sakti

@adi: kata siapa….udah jelas2 ormas fui dan fpi propokatornya, jangan berdalih lagi dah udah tertangkap kok, komandan fpi Bekasi malah mereka saling lempar… terus siapa lagi pelakunya klo gak ada propokatornya dari fui dan fpi??selama dua puluh tahun berdiri Gereja kok baru sekarang protesnya ada apa???? kan sanGAT licik tuh warga..Tapi kok mesjid gak pernah dipermasallahkan yah walapun gak ada surat izin?

1 10 2010
hasan

Ga usah terlalu diekspos terlalu dalam n kita jangan gara-gara kelompok minoritas dikekang akhirnya kita ga jadi berkat. Soalnya, mo kita cari perlindungan/pembelaan dari pihak manapun di negara indonesia ini kita ga kan dapat. So, kita minta aja perlindungan n pembelaan dari Hakim Agung nan Adil, Yesus Kristus. Lagi pula dah tertulis ko dengan jelas di Alkitab, bahwa anak-anak-Nya di utus kedunia ini seperti domba ditengah-tengah serigala. Nah, tuk itu mari kita semakin meneguhkan iman kita dengan semakin tekun tuk mengenal Dia disetiap saat.

27 03 2013
KH. Sulaiman Zachawerus: Gerombolan Kristen Membuat Kisruh » ARUNALS

[…] Gerombolan Kristen ini dengan sengaja menciprati seorang takmir masjid dengan air yang  berarti pem…dianggap seperti setan. […]

16 09 2013
Christopher

I am regular reader, how arre you everybody?
This paragraph posted at this web page is in fact good.

24 11 2013
Muhammad SAW

Saya dulu muslim dan ayah saya seorang Haji dan bunda hajjah; akan tetapi seiring dgn waktu kami semua meninggalkan agama islam dan sekarang sudah Jemaat Gereja sudah terhidung 6 tahun, selama jadi muslim tidak ada kebaikan-kebaikan yang mendasar dalam ajaran Islam ini. Anarkis, poligami, radikal, merasa paling benar, tidak kooperatif hal ini lah yang membuat kami sekeluarga meninggalkan islam. Dan paling mendasar lagi dalam ajaran islam ini tidak ada keselamatan bahkan seorang muhammad saja masih perlu didoakan supaya dia mendapatkan derajat disisi Allah.

Bahkan belakangan ini saya dan ayah berfikir bahwa muhammad tersebut tak ubahnya seorang mucikari yang berusaha melegalkan praktik poligami.

18 07 2014
RIZKI OKTOPRIADI

laknatullah buat yang menghina Nabi muhammad SAW, jangan membakar peperangan dengan menghina nabi kami….

10 08 2014
sungguh memalukan orang batak satu ini

dasar batak provokator hahahahaha yang bisanya berkoar di balik laptop ntah di lapo tuak jadi error tuh otaknya kebanyakan tuak isi otaknya jadi ngawur hahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: