Lagi di Bekasi Gereja Didemo

15 01 2010

BEKASI (Pos Kota)-Ratusan warga Kampung Jejalen Desa Jejalen Jaya, Kecamatan Tambun Utara, unjuk rasa di depan bangunan tempat ibadah di RT 01/09, Minggu pagi sekitar pukul 08:00.

Aksi ini sempat membuat jemaat Gereja HKBP Filadelfia, kaget saat akan mengikuti kebaktian. Beruntung aparat Polres Metro Bekasi Kabupaten yang dipimpin Kombes Heri Wibowo, Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri Cikarang, Dandim Bekasi, Camat Bekasi Utara Bekasi segera datang.

“Kami minta kegiatan dihentikan karena belum ada izin dari warga dan pemerintah,” ujar Somad, satu warga yang berharap pengelola HKBP Filadelfia memahami. Aparat bersama tokoh masyarakat dan Pemkab Bekasi mencoba mencari jalan tengah namun tidak berhasil.

Akhirnya atas saran Kapolres, ibadah jemaat dipindahkan ke aula Desa Jejalen Jaya dengan pengawalan pasukan polisi. Hingga siang tadi polisi masih berjaga-jaga di lokasi Desa Jejale n Jaya.

Sebelumnya di Harapan Indah gereja malah dibakar. (saban/B)

Sumber : Poskota

=======================================================

Tadinya saya terpikir, bagaimana kalau semua masjid di kampung saya, dan daerah-daerah lain yang mayoritas non muslim seperti Papua, Bali, Pedalaman Kalimantan, NTT, Sulawesi Tengah & Utara, Maluku dll menerapkan peraturan itu, bahwa setiap masjid harus meminta ijin penduduk setempat? Saya jadi teringat perkataan Tuhan Yesus :

“Maka kata Yesus kepadanya: “Masukkan pedang itu kembali ke dalam sarungnya, sebab barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang.” (Matius 26:52)

Membalas darah dengan darah, hanya membuat saya sama dengan mereka. Lantas teringat pula, peringatan Tuhan Yesus sendiri di Akhir Zaman :

“Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.

Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku,

dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.

Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.

Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.

Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.” ( Mat 24 : 8 – 14)


Aksi

Information

165 responses

15 01 2010
Willy

Memang gemas kali melihat tingkah mereka. Tapi yg lucunya tokoh2 Islam menghujat pelaku penyerangan gereja di Malaysia. Tapi gereja2 yg diserang di Indonesia mereka tidak pernah komentari. Mereka sok jadi pahlawan. Mereka itu ibarat spt pepatah yang mengatakan Gajah di seberang bisa mrk lihat tapi balok di matanya mrk tidak lihat…..

15 01 2010
Fitri

Tadinya saya terpikir, bagaimana kalau semua masjid di kampung saya, dan daerah-daerah lain yang mayoritas non muslim seperti Papua, Bali, Pedalaman Kalimantan, NTT, Sulawesi Tengah & Utara, Maluku dll menerapkan peraturan itu, bahwa setiap masjid harus meminta ijin penduduk setempat?

Itu sih tergantung siapa bupatinya, siapa masyarakatnya. Ini ada link yang bagus, kalau masuk moderasi tolong dikeuarkan.

http://www.kadnet.info/web/index.php?option=com_content&view=article&id=1264:kutai-barat-yang-alami-dan-indah-sekolaq-darat

Suku dayak jumlah populasi ada 95% yang menganut protestan dan katolik, sedang sisanya 5% adalah muslim.

Kalau dikatakan kristen merasa terganggu dengar suara adzan, jelas tidak karena adzan jarang terdengar karena lokasi masjid sangat jauh.

15 01 2010
Emanuel Setio Dewo

Waduh…

15 01 2010
Fitri

Saya copas kesaksian saya

Fitri said
December 11, 2009 at 6:40 am

Saya nggak termasuk seperti mas adi dan boni ya?😆

Orang tua saya, keduanya muslim sih. Tapi tetangga banyak yang kristen. Tiap hari lihat anjing tetangga lewat depan rumah sayah🙂

Kalau ke rumah teman sering ketemu pendeta.

Kalau jalan ke Barong Tongkok pasti ketemu babi lewat jalan raya.

Suara masjid tak terdengar.

Banyak sekali cobaannya.
Reply

*
حَنِيفًا said
December 11, 2009 at 6:54 am

@Tuan Putri
Ingat kisah Rasulullah saat selesai pembebasan kota Mekkah ?!
Ketika itu semua pampasan sisa-sisa perang dengan bani Quraisy di kembalikan kepada pemiliknya semua oleh Nabi Muhammad s.a.w, lalu penduduk Yathrib (Al Madinah) banyak yang uring-uringan dan protes kepada Rasul.

Pdd. Yathrib : “Yaa Rasulullah, mengapa kau berikan semua hasil jerih payah kita, apakah karena engkau akan melupakan kami setelah berjuang sekian lama dan engkau (baca: Rasulullah) lebih mencintai tempat asalmu?!

Rasulullah: “Hai Saudara Ibuku (penduduk Yathrib), jika kamu inginkan harta benda silahkan ambil semuanya… namun jika kalian ingin ridho Allah dan RasulNya maka ikutilah aku (baca: Rasulullah) karena sesungguhnya aku akan menyertaimu ke Yathrib, Bagaimana ?!”

Pdd. Yathrib : Maka menangislah mereka, ternyata Rasulullah lebih memilih tinggal di Madinah (Yathrib) sampai akhir hayatnya.

Renungken:
Maksute kira-kira semakin susah kita beribadah maka semakin besar pula nilai-nilainya

Wassalam, Haniifa
Reply
o
boni said
December 11, 2009 at 7:03 am

Benar Orang Yang ber-Iman memang tantangannya besar…!!!!…Kalau tidak ada tantangan maka Imannya tidak bisa Di-ukur atau di nilai…
o
Fitri said
December 11, 2009 at 7:19 am

Memang banyak cobaannya. Syukur-syukur saya tetap Islam. Terhitung semenjak tahun 2001, saya tinggal di Melak sekitar bulan Mei semenjak saya lulus SMP dan akan melanjutkan ke SMA.

Saya ingat ketika itu semasa SMA, saya sering mendengar lagu-lagu pujian yang di nyanyikan teman-teman saya baik di sekolah maupun di rumah teman saya.

Benar-benar di situ iman saya di uji oleh Allah. Bahkan kalau ada pendeta yang datang.

Walaupun saya tidak pernah diajak meninggalkan Islam, tapi saya selalu melihat ajaran Kristen di mana-mana.
o
حَنِيفًا said
December 11, 2009 at 7:23 am

@Kang Boni & @Tuan Putri
Subhanallah.

15 01 2010
Fery

“Kalau dikatakan kristen merasa terganggu dengar suara adzan, jelas tidak karena adzan jarang terdengar karena lokasi masjid sangat jauh.”

Burung Fifit berbunyi

Yg bahas suara azan siapa bu Fit?

WAKAKAK

15 01 2010
Fery

*garuk-garuk* kepala

Apa hubungannya ya???

15 01 2010
borusibarani

Sedih juga , tapi just smile🙂
Hikmat yang paling agung dari semua ini adalah : mereka bukan sekedar membakar gereja, tapi mereka sedang membantu gereja dan orang kristen menjadi SAKSI HIDUP atas ajaran YESUS. semakin mereka beringas semakin banyak orang tahu tentang ajaran yang penuh KASIH, dan mereka menjadi SAKSI atas AJARANNYA yang beringas.

Karena dari tindakan dan ucapan lah orang akan di nilai. Kalau tindakan A dan ucapan B, apa kata dunia?

syallom

15 01 2010
jephman

“Fitri said
December 11, 2009 at 6:40 am
Saya nggak termasuk seperti mas adi dan boni ya?😆
Orang tua saya, keduanya muslim sih. Tapi tetangga banyak yang kristen. Tiap hari lihat anjing tetangga lewat depan rumah sayah🙂
Kalau ke rumah teman sering ketemu pendeta.
Kalau jalan ke Barong Tongkok pasti ketemu babi lewat jalan raya.
Suara masjid tak terdengar.
Banyak sekali cobaannya.

Saya pikir kisah bu Fitri ini salah satu contoh mengapa seorang muslim selalu merasa tertekan jika menjadi minoritas, banyaknya aturan yang membuat muslim terkurung dalam “penjara” yang dibuatnya sendiri dan kalau sudah menjadi mayoritas ingin merdeka dari “penjara”nya itu mengubah lingkungan tempat mereka tinggal menjadi sesuai dengan keinginan dan nilai2 mereka sendiri. Yang berbeda dengan nilai2 mereka silahkan angkat kaki….dalam kasus ini dilarang beribadah/mendirikan gereja

Sebagai orang kristen saya juga heran melihat orang dengan bangga dapat “biji”nya (skrotum) kambing setiap kurban, atau jijik melihat seorang laki-laki gaek tua punya 3 istri yg umurnya cocok untuk jadi anaknya, atau merasa jengkel dengar kotbah di masjid mengatakan hal yg tidak benar ttg Kekristenan dan agama lain, tapi saya tidak mengganggapnya cobaan, seperti halnya perasaan “cobaan” bu Fitri melihat seekor anjing/babi lewat didepan rumah di kisah diatas

saya hanya melihatnya sebagai PERBEDAAN seperti salah satu warna pelangi yg hanya indah jika berwarna-warni…dan tidak menjadi berguna/indah jika hanya ada satu warna saja

Lebih heran lagi jika ada yg tertekan oleh warna-warni pelangi, justru karena PenciptaNya tidak ingin pelangi berwarna-warni

Salam

15 01 2010
Fitri

Kalau boleh tau kotbah di masjid apa saja yang di dengar sampai ada kata-kata yang menjelekkan kristen?

Maksud copas komentar saya di atas adalah ambil hikmahnya. Semakin sulit kita beribadah maka semakin besar nilai pahalanya di hadapan Tuhan. Saya tidak tertekan tinggal di lingkungan yang mayoritas kristen, tapi hal itu sempat membuat saya krisis iman. Dan saya tidak menyalahkan mereka.

Saya sama sekali tak ada keinginan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Syariah Islam. Justru saya anggap itu cobaan buat saya.

15 01 2010
parhutahuta

Hanya masalah ijinlah yang membuat gereja2 dihancurkan dan dilarang berdiri. Untuk masalah Ijin gereja, saya mau bertanya:
1. Tidak adakah sedikit kemurahan hati dari teman2 islam / warga sekitar gereja untuk membantu perijinan gereja tersebut, supaya tidak jadi persoalan?
2. Haruskah diusir orang yang sedang beribadah jika memang tidak ada ijin gedungnya?
3. Haruskah gedungnya langsung dihancurkan?karena gedung itu kan milik masyarakat juga, bukan milik perorangan.

Hanya untuk contoh saja, bukti yang juga menunjukkan bahwa teman2 umat islam memang benci kepada umat kristiani.

bukan hanya di malaysia maupun di bekasi, di surabaya juga terlihat dari keputusan sebuah forum islami yang melarang seorang nasrani memerankan peran seorang muslimah (khusus untuk orang nasrani loh, karna nasrani aja yg tertulis).

Sumber : http://surabaya.detik.com/read/2010/01/15/124710/1279179/475/foto-pre-wedding-dinyatakan-haram-karena-dinilai-maksiat

Jumat, 15/01/2010 12:47 WIB
Foto Pre Wedding Dinyatakan Haram karena Dinilai Maksiat
Samsul Hadi – detikSurabaya

Kediri – Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri (FMP3) se Jawa Timur resmi mengakhiri kegiatan bahtsul masail pada Kamis (14/1/2010) malam kemarin. Hasilnya, 6 rumusan haram dihasilkan pada sejumlah permasalahan yang mengemuka di tengah masyarakat.

Pada Komisi A yang dipimpin ustadz Muhammad Tohari Muslim membuat rumusan haram untuk pekerjaan ojek untuk seorang wanita. Hal ini dilatarbelakangi pada pemikiran sulitnya menghindar dari kemungkinan terjadinya perbuatan maksiat.

“Menjadi tukang ojek bagi wanita tidak diperbolehkan karena sulitnya menghindar dari hal-hal yang diharamkan seperti tasyabbuh dan hal-hal yang menimbulkan fitnah,” ungkap Tohari, dalam release yang dalam release yang diterima detiksurabaya.com pada Jumat (15/1/2010).

Masih pada bahasan ojek, kegiatan tersebut juga diharamkan bagi wanita untuk menggunakannya bepergian ke tempat ziarah, pasar dan majelis ta’lim. Rumusan ini dibuat dengan catatan apabila penggunaan jasa ojek oleh wanita dibarengi dengan ha-hal yang bisa mengakibatkan kemaksiatan, diantaranya bersentuhan kulit, menampakkan aurat dan berduaan dengan pengendara ojek di tempat yang sangat sepi.

Untuk Komisi B yang dipimpin ustadz Daru Azka, menyimpulkan rumusan haram pada kaitan penampilan, khususnya rambut. Rebonding bagi wanita single dinyatakan haram, karena dianggap dapat mengundang terjadinya maksiat. Sementara gaya rambut rasta, punk dan pengecatan dengan menggunakan warna merah dan kuning juga dinyatakan haram.

“Pewarnaan pada zaman kanjeng nabi sangat disarankan karena untuk membedakan mana muslimin dan mana yahudi. Tapi sekarang kami melihat sudah terjadi pergeseran tujuan, sehingga pewarnaan bisa menimbulkan pemikiran orang nakal bagi setiap orang melakukannya,” papar Darul.

Sedangkan pada Komisi C, rumusan haram dibuat untuk 2 hal, yaitu peran sebagai orang nasrani untuk aktris muslimah dan pembuatan foto pre wedding.

Untuk peran aktris muslimah sebagai orang nasrani diharamkan dengan catatan, hal tersebut dilakukan dengan maksud dan tujuan nyata menistakan agamanya, yang ditunjukkan melalui ucapan dan perbuatan yang mendukung, diantaranya menghina Nabi Muhammad SAW dan menginjak-injak kitab suci Al Qur’an.

“Aktris memang dituntut maksimak dalam berperan, sehingga sulit membedakan mana yang dilakukan dengan tujuan penistaan jelas dan mana yang tidak. Untuk membedakannya jelas dengan menggunakan niat yang mendasari peran si aktris, karena dia sendiri yang mengetahuinya,” ujar perumus Komisi C, ustadz Mudha’imulloh Azza.

Sementara, untuk pembuatan foto pre wedding diharamkan juga untuk 2 hal, yaitu bagi pasangan mempelai dan fotografer yang melakukannya. Untuk mempelai diharamkan apabila dalam pembuatan foto dilakukan dengan dibarengi adanya ikhtilat (percampuran laki-laki dan perempuan), kholwat (berduaan) dan kasyful aurat (membuka aurat). Sementara pekerjaan fotografer pre wedding juga diharamkan karena dianggap menunjukkan sikap rela dengan kemaksiatan.

Terpisah, juru bicara forum bahtsul masa’il FMP3 se Jawa Timur, Muhammad Nabiel Haroen, dalam keterangannya menegaskan setiap rumusan yang dihasilkan bersifat tidak mengikat. Penerapannya dikembalikan ke masyarakat, dengan tanggung jawab juga ditanggung masing-masing pribadi.

“Intinya kami membuat rumusan untuk saran, bukan fatwa. Yang mempercayai kami anjurkan menjalankannya, bagi yang tidak sebisa mungkin bisa memahaminya dan bersaha menjalankannya,” pungkas Nabiel.

Untuk pelaksanaan bahtsul masa’il FMP3 kali ini merupakan yang ke XII dan digelar bertepatan dengan jelang perayaan 1 abad Pondok Pesantren Lirboyo. Kegiatan ini diikuti 248 perwakilan dari 46 pondok pesantren putri se Jawa Timur.
(bdh/bdh)

15 01 2010
parhutahuta

Masalah ijinlah yang membuat gereja2 dihancurkan dan dilarang berdiri. Untuk masalah Ijin gereja, saya mau bertanya:
1. Tidak adakah sedikit kemurahan hati dari teman2 islam / warga sekitar gereja untuk membantu perijinan gereja tersebut, supaya tidak jadi persoalan?
2. Haruskah diusir orang yang sedang beribadah jika memang tidak ada ijin gedungnya?
3. Haruskah gedungnya langsung dihancurkan?karena gedung itu kan milik masyarakat juga, bukan milik perorangan.

Salam

15 01 2010
Fery

Bagimu itu cobaan, bagi muslim lain halangan yang harus dihancurkan coba bayangkan masjidmu dilarang berdiri dan kamu sedang solat disuruh bubar. Tapi itu tidak terjadi disana kan? Kami tidak menganggap itu cobaan karena itu memang sudah diberitahukan Tuhan kami….masalah kotbah di masjid, jelas saja masjidmu gak berani, lha disana mayoritas sopo tohhh??? ingat ga curhatmu diatas??? Kamu memang gak mau Indonesia jadi negara islam, tp itu bukan berarti Islam tidak mngharuskan muslim meneggak syariah toh?

15 01 2010
r_tobing

setuju

15 01 2010
borusibarani

di Kristen tdk mengenal “pahala”, kita tdk perlu bersusah payah atau menyakiti diri sendiri biar kelihatan menderita hanya untuk mendapat pahala. Yang baik dan buruk sudah di ajarkan, lakukanlah itu. intinya tidak perlu menderita dan neko-neko hanya untuk membuat Tuhan senang.

Mbak fitrie hanya menilai dari sisi islam, karena pihak islam yang membakar gereja kristen maka mbak bisa mengatakan ” ambil hikmahnya, semakin kalian sulit semakin kalian mendapat pahala”.

Kalau saya balik, kristen membakar masjid dengan alasan yang sama di Bekasi. apakah dengan lapang mbak fitri / muslim akan mengatakan ” Allahu akbar, dengan di bakarnya masjid ini semoga saya mendapat pahala karena ibadah saya semakin sulit!”.
atau
Apakah muslim akan membakar balik gereja dengan alasan diancam/diganggu terlebih dahulu (seperti kisah perang Muhammad di Al’quran?)

Ini hanya bincang-bincang, semoga mbak fitri nggak mengamuk dan berbelok arah. Karena mbak fitri beda dengan yang lainnya…

15 01 2010
Parhusip Martonggo

Sekali lagi saya tegaskan; “MEMANG BEGITULAH ISLAM, KALAU TIDAK BEGITU BUKAN ISLAM NAMANYA!”

Paham saudara-saudara sebangsa dan setanah air sekalian???
🙂

15 01 2010
SAUT BOANGMANALU

Terimakasih Tulisannya. Ikuti Juga Semua Tentang Pakpak dan Update Berita Pakpak di http://boeangsaoet.wordpress.com

16 01 2010
GABENAMORA

haaa……ha…..aku sarankan seluruh….yg membaca KARTUN BATAK , JANGAN PERNAH MEMBACA komentar sdri.kita FITRI….dia mengulas seperti ngobrol ama ORANG TULI…..mau dibicarakan tidak bisa mendengar…mau bicara tdk bisa bicara…..akhirnya bikin….org sewot….kwkwkwkwkwkwkwkkw JBU sister….

16 01 2010
Lambang

Pak Jephman,

Mau ikutan berbagi masalah pembakaran gereja itu.

Kasus semacam ini, bentrokan antara mayoritas dan minoritas sudah sering terjadi di manapun di dunia ini. Yang majoritas menjadi sewenang-wenang, sedangkan yang minoritas menuntut persamaan hak. Ini kondisi sosial yang umum dan tidak bisa dipungkiri lagi, walaupun itu salah.

Kasus sebaliknya juga terjadi di Amerika. Di sana muslim minoritas kesulitan mendapatkan tempat wudhu dan setelah pihak kampus menyetujui ternyata golongan mayoritas kemudian demo tidak setuju.

Jadi harapan saya semoga selalu sabar dan tabah dalam menghadapi berbagai perlakuan sewenang-wenang dari kelompok mayoritas. Teman saya yang berwajah arab dan berkumis (tanpa jenggot) juga harus menjalani pemeriksaan super ketat di bandara Amerika. Mau ngga mau dia juga harus sabar dan tabah menghadapi perlakuan seperti itu. Perjalanan peradaban memang telah membuat manusia terkotak-kotak dalam berbagai status sosial, ekonomi, budaya dan agama.

Dalam perenungan saya, terkadang saya berpikir kenapa semua pain and suffering ini diijinkan oleh The Real God (bukan persepsi tentang Tuhan yang disebut dalam berbagai kitab). Saya juga merenungi kenapa pula tidak ada satupun do’a yang bisa dikabulkan seketika kecuali hanya pada kisah legenda. Saya menduga bahwa selama ini manusia telah salah mengambil konsep Ketuhanan. Saya menduga selama ini kita telah salah memaknai Tuhan sebagaimana yang tertulis dalam kitab suci baik secara tersurat maupun tersirat. Dan saya sering juga bertanya-tanya dalam hati, apa yang sedang dilakukan Tuhan pada saat ini. Hanya mengawasi dan membiarkan semua kejadian ini berlangsung? Analogi sederhana saja, kalau ada orang berantem pasti kita akan berusaha untuk memisahkannya. Lalu, kenapa tidak dilakukan?

Oiya pak Jeph, kalau kita mengaitkan semua ini dengan hukum kesimbangan alam, kita pasti bisa maklum bahwa enerji positif akan sama banyaknya dengan enerji negatif yang ada di alam semesta ini. Jadi terlalu naif kalau berharap bahwa isi dunia ini bisa menjadi damai, tenteram dan sejahtera. Harus ada mangsa dan pemangsa. Dan sayangnya tuduhan pemangsa ini sering dialamatkan kepada sebagian pemeluk agama tertentu. Untungnya saya merasa bukan mahluk pemangsa. Mudah-mudahan. Swer.

God Bless Us!

16 01 2010
borusibarani

@Mas Lambang
Pemikiran yang cukup sederhana sebenarnya, bahwa ada pertentangan antara minoritas dan mayoritas/yang kaya dgn yang msikin dsb, memang sudah terjadi sejak dulu sampai detik ini. Dan akan sedikit dianggap wajar bila ada alasan yang rasional yang menyebabkan terjadi pertentangan, misalnya untuk membela diri. dan kenapa orang berwajag arab sekarang merasa terdiskriminasi di USA tentunya kita semua tahu history yang melatar belakangi yaitu 11 sep 2001. Bila tdk ada alasan yang melatar belakangi atau alasan itu di buat-buat barulah itu benar-benar salah dan ngawur…

masalah pandangan anda terhadap The Real God, 100% hak anda. Menurut saya Dia sudah memberi bekal yang cukup kepada manusia untuk di lepas di dunia, yaitu :
1. Akal, Pikiran dan hati Nurani (Karena itulah kita di ciptakan ‘serupa” denganNya)
2. Kitab dan Ajarannya melalui Nabi-nabinya.

Kenapa saya tempatkan akal, pikiran dan nurani No. 1?
karena kita diciptakan”serupa” denganNya, maka setiap ajaran yang kita terima harus sesuai dengan Akal, pikiran dan hati Nurani kita. kalau ajarannya tdk sesuai dengan hati nurani, akal dan pikiran manusia maka perlu dipertanyakan apakah ajaran itu dari Dia?

hasilnya :
kita tahu mana yang baik dan salah, kita tahu harus berbuat apa ketika menyakiti orang lain dan kita tahu harus berbuat apa ketika disakiti orang lain.

Apakah dia tidak tahu kalau kita tdk sempurna?
Sangat Tahu, karena itulah dia menyediakan dan mengajarkan tentang pengampunan dan kasih.

Sedikitpun Dia tidak pernah mengijinkan atau tersenyum ketika melihat ciptaannya saling berkelahi, tapi dia kecewa dan menangis sampai detik ini.Sejak Adam dan Hawa mengkhianati kepercayaanNya. (Bayangkan seandainya Adam dan Hawa menuruti perintahNya)

Saya sakin The Real God anda entah bagaimana caranya memberitahu, pasti juga sudah mengajarkan yang baik, larangan dan perintah yang harus di lakukan. Tinggal anda menggunakan akal, pikiran dan nurani anda untuk menjalankan.. mau menuruti atau melanggar atau di ubah sesuai kondisi anda.. Terserah. (Kecuali The Real God anda beda dengan persepsi saya tentang The Real God).

Apakah anda yakin, dengan di kabulkannya setiap doa secara langsung akan membuat manusia lebih baik?, Apa dasarnya manusia berdoa? Alasan manusia berdoa , menurut saya : 80% adalah untuk kepentingannya sendiri dan 10% adalah untuk kepentingan orang lain yang masih terkait dengan keuntungan kita, 10% nya adalah untuk orang lain yang mungkin belum di kenalnya, dll.

Jadi kalau hanya untuk melerai saja, The Real God harus datang , untuk apa? Toh manusia sebenarnya bisa melakukan dan mencegahnya.. tapi manusia tdk mau kan?. JADI Bukan karena manusia nya yang tdk bisa.
Sisi KETIDAKPATUHAN inilah yang di wariskan oleh Adam dan Hawa sampai sekarang (mungkin sebagian dari dosa warisan),

label mangsa dan pemangsa akan terjadi dengan sendirinya, setelah mereka sendiri membuktikan pemangsa/dimangsa. Ayam akan di sebut pemangsa olet ulat karena memang ayam suka memangsa ulat…

syalom

16 01 2010
16 01 2010
16 01 2010
hh

Jadi harapan saya semoga selalu sabar dan tabah dalam menghadapi berbagai perlakuan sewenang-wenang dari kelompok mayoritas.

=>Harapan anda itu telah menjadi pondasi yang kokoh dalam kekristenan; akan tetap sabar dan tabah menghadapi itu semua. Disamping kesabaran itu juga tetap mendoakan agar pihak yang bertidak sewenang-wenang itu dapat menyadari bahwa tindakan seperti itu adalah suatu tindakan yang salah. Hal mendoakan itu adalah bentuk tanggungjawab di dalam mengasihi sesama, supaya sesama itu tidak hanyut dalam tindakan yang salah.

Kesalahan terbesar adalah bila melakukan sesuatu yang salah itu dianggap tidak merupakan kesalahan.

Jadi, mas lambang selain mengharapkan kesabaran dan ketabahan dari pihak yang ditindas, juga harus mengupayakan agar tindakan penindasan juga harus dihentikan. Jangan pernah menganggap hal itu sebagai dua sisi energi yang harus seimbang. Sesuatu yang positiplah yang harus kita utamakan.

salam

16 01 2010
Lambang

Yth Pak hh,

Mengenai “harus mengupayakan agar tindakan penindasan juga harus dihentikan” itu jelas sulit dilakukan oleh orang-orang yang sepemahaman dengan saya. Saya setuju dengan konsep pluralisme yang banyak juga dianut oleh muslim di Mesir dan Turki. Tapi bagaimana pendapat mayoritas muslim tentang pluralisme ini? Bapak bisa lihat sendiri bagaimana pertentangan antara kaum Islam Liberal (yang pluralis) dengan Islam Kaffah (murni) atau Islam Fundamental. Lalu Bapak bisa amati juga pertentangan antara Syi’ah dan Sunni. Begitu juga antara Islam Kaffah dengan Islam Radikal. Termasuk juga pertentangan antara yang merasa sudah tinggi pengetahuannya dengan yang dianggap masih tingkatan dasar.

Golongan seperti saya ini (pluralis, kontemporer) adalah golongan minoritas dalam Islam. Seandainya saya ikutan bersuara untuk menentang pembakaran gereja itu, pasti saya akan disikat oleh muslim aliran keras. Entah disebut kafir, musyrik, murtad, perusak aqidah dan lain-lain. Bapak bisa amati sendiri beberapa komen di blog yang saling serang dan saling maki-maki antar sesama Islam.

Oleh karena itu, yang saya lakukan juga tidak berbeda dengan yang Bapak lakukan, berdoa agar umat Islam bisa lebih menghargai keragaman perbedaan, bisa lebih mementingkan kemanusiaan dan bisa lebih empati kepada sesama. Banyak yang tidak menyadari bahwa berbuat baik kepada sesama itu adalah pembuka jalan menuju Tuhan.

Saya setuju bahwa dalam kehidupan ini kita harus selalu mengutamakan sisi positifnya. Belajar dari peradaban umat manusia, sisi negatif selalu akan mengimbangi sisi positif ini. Makin banyak orang arif, maka akan semakin banyak pula orang bejat. Sepertinya itu sudah hukum keseimbangan alam.

Saya salut dengan orang-orang di Denmark, Jepang atau Selandia Baru (hanya baca dari media, belum pernah kesana). Tiga negara itu adalah negara dengan jumlah atheis terbanyak, tetapi dari hasil survey Lembaga Pew, itu adalah negara yang paling nyaman dan damai untuk dihuni. Kerja polisi di Selandia Baru hanya membantu membetulkan antena TV atau mencarikan anjing yang lepas. Kejahatan sangat minim. Apakah itu bisa terjadi karena tingkat ekonominya sudah mapan, saya kurang tahu.

Untuk Pak/Bu borusibarani:

The Real God bagi semua manusia pasti sama. Yang beda kan hanya bayangannya tentang Tuhan. Tuhan yang ada dalam persepsi. Ini yang beda. Dan ini yang sering diperdebatkan antar agama karena acuannya hanya dari kitab suci yang memiliki kelemahan dan keunggulan masing-masing.

Mengenai pertanyaan “Apakah anda yakin, dengan di kabulkannya setiap doa secara langsung akan membuat manusia lebih baik?”. Pengabulan d’oa seketika itu hanyalah untuk membuktikan bahwa Dia itu benar-benar ada. Bukan untuk membuat manusia lebih baik. Justru karena Dia selalu berdiam diri itulah maka setiap manusia akan bermain dengan persepsinya sendiri. Seandainya Dia bisa mengabulkan seketika, maka manusia akan mempunyai tolok ukur empiris kapan sebuah do’a bisa dikabulkan dan kapan tidak. Manusia akan berusaha menjadi baik agar do’anya bisa dikabulkan. Yah, tapi itu haya renungan pribadi saja koq, bukan untuk dibahas.

Jadi mau diperbaiki seperti apapun, kebaikan dan kejahatan di dunia ini pasti akan berlangsung terus sampai akhir jaman. Sejarah peradaban sudah membuktikan hal itu. Tentu saja kita harus berusaha agar berbuat sebaik mungkin. Berusaha agar bermanfaat bagi orang lain dan tidak menjadi ancaman bagi orang lain.

Salam.

17 01 2010
Fitri

@Mas Lambang
Kebetulan akhir-akhir ini aku sering bertengkar juga dengan beberapa muslim aliran keras. Seperti Raden di Kabarnet, Penghibur di Mutiara Langit, kalau dengan Shahil dan Hikmatun masih ada hubungan silaturahmi yang cukup baik. Mayoritas muslim di Malaysia sangat mempermasalahkan penggunaan nama Allah, dan saya sudah beberapa kali di undang untuk ikut berkomen di blog Malaysia.

Memang ada pernah pula saya mempertanyakan suatu hal tentang Syiah dan Suni, lalu salah satu muslim aliran keras mengirim email pada saya agar tidak membahas Syiah dan Suni.

Yang di ceritakan mas Lambang memang benar, kalau muslim pluralis atau liberal yang tak setuju, bisa-bisa kami pun juga akan di ancam. Terkadang ada pula suatu kecemasan yang saya alami ketika membahas poligami atau wanita tak berjilbab.

17 01 2010
hh

Terimakasih pak Lambang,
berguna bagi orang lain dan tidak menjadi ancaman, adalah bentuk sesungguhnya mengasihi Tuhan. Bagaimana kita bisa bilang mengasihi Tuhan kalau tidak mengasihi sesama?

salam

17 01 2010
Barakuda

kyknya, “pelindung” kalian gk bsa ngebalas lah, soalnya kan dia nyangkut disalib… Haha
dah batak, kristen pulak’..hahaha

17 01 2010
lovepassword

Saya tidak yakin garis keras itu mayoritas Mas lambang. Kalo yang jadi mayoritas dimana2 itu garis keras dalam agama masing2 , dunia ini sudah jadi neraka. Dunia kita sekarang walaupun ada sisi jelek kan yah masih jauh kalo dibandingkan gambaran neraka.

Banyak teman yang walaupun kesannya keras tetap saja tidak akan membenarkan pembakaran terhadap tempat ibadah agama lain, ngebom, dsb. Ada yang pro aktif membantu bahkan termasuk di malaysia, tetapi tentu saja tidak bisa kemudian digeneralisasi karena yang membakar muslim kemudian bahkan muslim yang notabene ikut mengamankan gereja tidak dianggap atau bahkan ikut dijadikan terdakwa. Masalahnya adalah masing2 pihak lebay dan tidak bisa melihat masalah secara proporsional. Generalisasi bertebaran dimana-mana.

17 01 2010
Lambang

Mas LP,

Ada Koreksi sedikit dari saya. Saya ngga pernah mengatakan bahwa Islam garis keras itu mayoritas. Tapi kalau ada Islam lain yang nyleneh, maka yang bereaksi duluan pasti Islam garis keras ini. Dan jumlah mereka sedikit (minortias), tapi cukup signifikan untuk merusak dunia.

Garis keras itu ada macam-macam. Yang paling ektrim ya suicide-bomber itu. Ada yang keras semacam FPI. Ada yang sedikit keras seperti yang suka menyalahkan Islam lain yang ngga kaffah atau yang ngga sepaham.

Saya setuju sekali dengan pendapat banyak muslim yang tidak membenarkan pembakaran terhadap tempat ibadah agama lain, ngebom, dsb. Masalahnya adalah mereka tidak berani bicara dan kemudian demo di Monas menentang pembakaran gereja. Termasuk saya juga takut untuk demo seperti itu karena itu sama saja mendeklarasikan perang dengan FPI.

17 01 2010
Lambang

Yang memang begitulah kenyataan yang ada di Indonesia. Debat agama di blog memang sama sekali ngga ada manfaatnya. Kalau ada yang mau tanya tentang agama sebetulnya bisa lewat email ke orang-orang yang dianggap mampu untuk menjelaskan. Tidak perlu ditampilkan di blog. Anggaplah ada ratusan orang yang setuju dengan pendapat kita di blog bukan berarti bahwa itulah kebenaran yang sejati. Selain buang-buang waktu, bisa menyebabkan orang lain tidak nyaman, dan enerji negatif ini akan berakibat buruk bagi perkembangan diri kita.

Muslim Malaysia itu ya rada antik juga. Masalah nama panggilan saja koq diributkan. Apa mungkin dianggap merek dagang atau domain name ya. Semuanya masih bersumber dari Ibrahim, jadi wajar kalau panggilan kepada Tuhannya juga sama. Ada cerita bahwa di beberapa negara sana, muslim malah diijinkan sholat Jum’at di sisi luar gereja karena tidak ada mesjid di sana. Kebersamaan seperti ini yang seharusnya diperjuangkan.

17 01 2010
Maren Kitatau

Hi Brat!

Yah, hal ini adalah rong duing.
Di balik rong duing ada demen bihain degan.
Kita harus deg-degan pd demen bihain degan itu.
Begitu pikir tiganya Brat … heheh!

Salam Damai!

18 01 2010
jephman

Pak Lambang, saya yakin Pak lambang bisa membedakan penolakan TEMPAT WUDLU tidaklah sama dengan PEMBAKARAN GEREJA. Saya yakin bapak bisa membedakan kesetarafan kasus ini jika mau dilihat sebagai analogi/contoh.

Itu jauh berbeda pak. Apakah disana pernah terjadi orang shalat dibubarkan paksa? Atau pernah terjadi penolakan pembangunan masjid? Lihat dulu kasus ini : https://jephman.wordpress.com/2008/12/03/ketika-gereja-jadi-tempat-sholat/

Lagipula setahu saya kasus yg bapak sebutkan itu dikarenakan minoritas mengambil tempat yg disediakan untuk semua orang tidak membedakan agama (seperti kita ketahui, tempat wudlu itu dibedakan laki/perempuan) ini sangat seksis bagi mereka, lagi pula ini sekolah umum bagi mereka bukan sekolah khusus agama tertentu, jadi jelas diprotes. Lain halnya jika anda membangun tempat wudlu di madrasah di amerika, saya yakin gak bakalan ada yang protes.

Jadi maksud saya begini : kalau gerejanya dibangun di sekolah dasar umum/negeri misalnya, tentu itu menyalahi peraturan. Lain halnya jika gereja itu dibangun ditanah milik sendiri. Lain pula kasusnya jika masjid yang dibangun di sekolah umum, tentu beda lagi kasusnya.

Apakah itu termasuk hukum keseimbangan alam pak?😛

Salam!

18 01 2010
Lambang

Pak Jeph,

Yang saya ekspose di komen itu adalah masalah bentrokan / konflik antara mayoritas dan minoritas. Bukan masalah hasil akhirnya lebih parah mana. Jelas pembakaran gereja lebih parah.

Jadi kasus di Amerika itu begini.
Muslim kalau wudhu di wastafel karena tidak ada tempat wudhu. Ini kan kesannya nggilani, kaki naik ke wastafel, olah karena itu pimpinan Univ sepakat untuk membuatkan tempat wudhu khusus. Mahasiswa dan masyarakat protes karena pembuatan tempat wudhu itu menggunakan biaya negara dan pada kenyataannya nanti hanya digunakan oleh sekitar 5% siswa. Saya hanya memberikan contoh konflik di Amerika dimana pihak mayoritas menggunakan kekuatannya untuk menekan minoritas. Kebetulan kasusnya dipicu oleh hal-hal yang ada hubungannya dengan ritual agama. Ini bukan analogi tapi hanya contoh, karena kalau analogi harus mencari kasus yang sangat mirip.

Nah, hubungannya dengan keseimbangan alam itu, kebaikan dan kejahatan selalu berbagi porsi sesuai dengan kondisi lingkungan dan tidak terbatas hanya pada masalah agama saja. Bisa masalah politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain. Porsinya bisa 10-90, atau 90-10, atau lain lagi. Tapi kalau ditotal seluruh bumi ya harusnya nol supaya hukum keseimbangan alam tercapai. Sayangnya saya belum pernah survey soal yang ini, baru hipotesa saja yang tampaknya terbukti dari sejarah peradaban manusia.🙂

18 01 2010
Willy

Saya pernah tinggal di Banda Aceh. Kebetulan rumah saya dekat mesjid. Nah ketika menjelang Natal dari mesjid terdengar suara mengajak umat islam agar tidak mengucapkan selamat Natal dan Tahun baru buat umat Kristen, karena haram. Tapi syukur pada Tuhan, tetangga2 kami yang muslim tidak terpengaruh dengan ajakan tersebut. Malah mereka beramai2 datang ke rumah kami dan juga makan. Mereka tau krn kami tdk akan mencelakakan mereka dengan memberi makanan yg haram. Krn yang buat kue natal dan tahun baru kami tetangga2 org islam juga, so, mrk dengan sukacita merayakan Natal dan tahun Baru bersama2. Kenapa begitu..? Karena kasih Kristus itu kami salurkan buat mrk.

18 01 2010
jephman

Kalau begitu pak Lambang, buat apa Pak lambang mengambil contoh tempat wudlu itu, jika memang tidak setaraf dan tidak mirip?
Jangan naif pak Lambang. Mengeneralisir masalah hanya membuat pak Lambang buta.

Saya juga tidak mengerti keseimbangan alam yang bapak maksud. Apakah suruhan Allah “penggalah kafir dan potonglah ujung2 jari mereka” merupakan solusi ilahi islamiyah agar keseimbangan alam itu tercapai?

Dan sangkut pautnya dengan masalah diatas, apakah menurut bapak, masjid yang dibangun disekolah umum/negeri itu termasuk menyalahi keseimbangan alam apa tidak?

Salam!🙂

18 01 2010
Fitri
18 01 2010
18 01 2010
Fery

“Yang memang begitulah kenyataan yang ada di Indonesia. Debat agama di blog memang sama sekali ngga ada manfaatnya. Kalau ada yang mau tanya tentang agama sebetulnya bisa lewat email ke orang-orang yang dianggap mampu untuk menjelaskan. Tidak perlu ditampilkan di blog. Anggaplah ada ratusan orang yang setuju dengan pendapat kita di blog bukan berarti bahwa itulah kebenaran yang sejati. Selain buang-buang waktu, bisa menyebabkan orang lain tidak nyaman, dan enerji negatif ini akan berakibat buruk bagi perkembangan diri kita.”

–> perasaan gak ada yg ngajak debat tuh. kalian aja yg muslim nyelonong masuk, marah2, caci maki, ngomong kotor disini. postingan di blog ini jelas utk mengcounter ucapan muslim yg bilang islam itu serba baik. Padahal bukti bertebaran bhw Islam itu juga mengajarkan permusuhan dan pembunuhan.

18 01 2010
borusibarani

@Barakuda
dah batak, kristen pulak’..hahaha

–> hahaha.. Biarpun Pelindung kami nyangkut di salib, tapi berkatNya selalu menyertai kami anak-anaknya…
Contohnya : software dan hardware yang anda pakai ide buatan orang kristen lho… itulah kelebihan orang kristen, diberkati kepintaran untuk kepentingan umat.. (katanya mbak fitri orang batak ada keturunan Yahudi gitu )

18 01 2010
lovepassword

Lha yang perlu dipertanyakan itu apa kerjaannya aparat negara ? gitu lho ?🙂

19 01 2010
Barakuda

Awalnya aku ikut disini kan karena kalian mempermasalahkan dan menghina bln puasa, trus klo agama kalian tidak mau dihina, y jangan ngehina agama org.. Kan kalian yg duluan..

19 01 2010
jephman

Bisa ditunjukan dimana “mempermasalahkan dan menghina bln puasa” ?

19 01 2010
Gala_ren

@fitri

Kalau boleh tau kotbah di masjid apa saja yang di dengar sampai ada kata-kata yang menjelekkan kristen?

>>betul2 tidak tahu atau pura2 tidak tahu??
karena km pernah bilang tdk pernah solat jum’at karena perempuan tidak boleh solat jum’at, maka saya anggap tdk tahu..

bgni fit..
saya jg mau kesaksian..

saya punya sahabat seorang muslim..
dia orang yang taat, pekerjaan ibunya mengajar mengaji..
dia sblm dtmpt yg skrng(tak usah disebut), sering solat jum’at..
tp bgtu dtmpt yg skrng, dia bingung mencari masjid utk solat.
Dia jujur cerita sama saya..
“kalau khotbah jum’at disini isinya menjelek-jelekkan agama yang lain..
saya tidak suka..”

seperti itu..
yah..ini contoh saja.

19 01 2010
Fitri

Lupa lupa ingat.

Lupa lagi syairnya.

19 01 2010
Fitri

@Gala-ren
Untuk apa saya berbohong. Perempuan memang tidak diwajibkan mengikuti shalat Jumat. Ada banyak aturan dalam shalat, jadi tidak sembarangan.

Kalau masjid di sini nggak ada khutbah menjelekkan agama lain, kan udah di pasang pengeras suara jadi isi khutbahnya terdengar.

Justru saya curiga kenapa gereja kalian tidak dipasang pengeras suara, jangan-jangan isi khutbahnya…hmm

19 01 2010
Fitri

Ah akhirnya ada juga orang Batak yang bangga mengakui nenek moyangnya dahulu adalah dari Yahudi.

Berkat Yahudi lah, Yesus disalib untuk menebus dosa-dosamu sehingga nubuatan itu terpenuhi.

19 01 2010
Gala_ren

di gereja jg pakai pengeras koq..
ttp spy semua jemaat bisa mendengar dengan jelas..
bkn spy orang lain dengar..tapi klo orang lain dengar pun itu bagus..

isi khotbahnya spt ini:

jemaat yang dikasihi Tuhan..
Yesus mengajarkan kita untuk mengasihi musuhmu dan berdoa bagi mereka yang menganiaya kamu..

begitu mbak fitri..🙂

19 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Willy

Nah ketika menjelang Natal dari mesjid terdengar suara mengajak umat islam agar tidak mengucapkan selamat Natal dan Tahun baru buat umat Kristen, karena haram.

>> Sebenarnya .. pengucapan selamat Natal dari kami itu kpd kaum Kristiani adalah haram… krn aqidah kita sudah jelas sangat berbeda sekali. Hanya sebagai manusia yang berahlak kita tetap dapat bertegur sapa tanpa harus mengucapkan perkataan itu. Istri saya yg kedua adalah seorang mualaf juga tetapi tetap mengunjungin keluarganya sbg kewajiban anak kpd sanak saudaranya. Tetapi adakalanya juga untuk memelihara adat timur dan keluhuran didalam bangsa Indonesia ini saya juga sesekali mengucapkan kata-kata tsb.

19 01 2010
jelasnggak

Waaahh.. puayah tenan …

Mau doa di rumah………..

Dilarang….

Mau bikin gereja supaya bisa berdoa di sana…..

Dilarang juga…..

Maunya apa sih…?

.
..
.

Mau bikin gereja di hutan……

Kitanya yang takut….

sebab takutnya nanti ada monyet yang beragama islam yang juga akan merasa terganggu…
(kalau manusia terganggu oleh kristen, paling2 gerejanya di bakar… tapi kalau monyet yang terganggu…. ??? ………Gyyyiiiiiiiiiii….AA… bisa susyah itu ..)

19 01 2010
lovepassword

Yang lebih antik lagi ada usulan gini : Pada sebagian daerah Malaysia, kata Allah diijinkan dipakai bersama, pada daerah lain dilarang. Lha logika ini lebih aneh lagi.

Kemungkinan UMNO lagi stress suaranya turun terus berusaha menarik simpati Islam, padahal PAS yang notabene partai Islam di Malaysia juga tidak mempermasalahkan hal itu. Analisaku sih : Paling banter ya suara UMNO malah terus turun. Pemilih Islam tetap memilih PAS sementara pendukung UMNO minggat atau golput.

19 01 2010
lovepassword

Kalo ada monyet yang istrinya kamu ganggu yah mungkin saja kamu bakal dicakar.🙂
See You

20 01 2010
hh

Istrti mo nyetor uang kali, mas LP, atau mo nyetir camry. Hahahaha.

20 01 2010
Barakuda

@ jephman :
y tentu saja bsa.. Dri kartun kau itu dan dari koment kalian itu lah yg jelasnya.. Kalian kan mempermasalahkan penggunaan toa di masjid,dll..Laen kali, di blog ini ngebahas tentang agama kalian aja, gk usah ngebahas agama org lain..ok.ok.ok

20 01 2010
Barakuda

@ jelasnggak :
Di hutan itu juga ada babi beragama kristen looo..

20 01 2010
Fery

@ barakodok
jadi yg postingan “mempermasalahkan dan menghina bln puasa” itu mana dok?

“Kalian kan mempermasalahkan penggunaan toa di masjid,dll”
– Bodoh bener ini makhluk, itu kartun dibikin buat muslim yg suka nutup gereja krn dibilang berisik, pdahal mesjid yg pake toa gak ada yg komplain.

“Laen kali, di blog ini ngebahas tentang agama kalian aja, gk usah ngebahas agama org lain..ok.ok.ok”
– jangan ngebahas? ngomong sama al quran ente. Yg sibuk ngebahas agama orang lain itu agamamu

20 01 2010
Fitri

Waduh, ini komentar-komentar kenapa jadi begini? Mau lihat aku ngamuk lagi, ya?

20 01 2010
r_tobing

heran ya, yang diharamkan adalah hal2 sepele yg gak substansial… pantes aja bangsa kita susah maju… coba yang diharamkan: korupsi, menunggak pajak, mangkir kerja, bolos sekolah, budaya terlambat, pasti negara kita maju.

20 01 2010
Fitri

Oh, hanya karna aku Islam jadi semua kristen pada rame nih nuduh semua pengikut Islam termasuk saya adalah:

1. Fitri bakar gereja
2. Fitri melarang dan tidak memberi izin bangun gereja
3. Fitri melegalkan fatwa haram untuk kasus foto pra wedding
4. Fitri tukang ngebom
5. Fitri tukang menggal kepala
6. Dan seterusnya.

Hebat!

Sampai kapanpun nasrani takkan senang pada muslim sebelum murtad.

Inilah ajaran kasih yang selalu di bicarakan.

20 01 2010
Fery

Ah jangan banyak omong bu Fitri, coba jawab yang diblogmu itu loh :
http://kerajaanagama.wordpress.com/2009/10/23/penjelasan-surah-an-nisa/#comment-1776

20 01 2010
r_tobing

kesian amat ya mbak…

20 01 2010
borusibarani

@barakuda
“Laen kali, di blog ini ngebahas tentang agama kalian aja, gk usah ngebahas agama org lain..ok.ok.ok”

–> brani nggak ngomong seperti diatas di blognya kristexpose, kerajaanagama, dll?
–> masih untung kami cuma ngebahas agama lain, bukan membakar tempat ibadah agama lain…
:))

20 01 2010
Fitri

@Fery
Halah, situ sendiri saja masih suka bohong. Siang jadi Fery Kristus, kalau malam jadi Wawan Syiah. Mending tanggapi sendiri menurut paham Syiahmu itu.

20 01 2010
Fitri

@borusibarani
Kenapa? Mau melaporkan blogku? Silakan.
Memangnya ada apa sih dengan isi blogku? Kok sentimen banget ya? Pengen menekan tapi tak mau di tekan.

20 01 2010
pangopu

Ah akhirnya ada juga orang Batak yang bangga mengakui nenek moyangnya dahulu adalah dari Yahudi.
===>>y setidaknya org Batak percaya nenek moyangnya masih manusia kn mba??

Berkat Yahudi lah, Yesus disalib untuk menebus dosa-dosamu sehingga nubuatan itu terpenuhi.
===>>mbak msh blm mngerti rupanya….seandainya Yesus hidup di zamanNya berada di kaltim,psti org2 kaltim yg mnyalibkan Yesus…ato seklipun org2 tdak ada pada masa itu,saya yakin Dia sendiri yg memakukan paku ke tanganNya….
itulah bukti kasih sayangNya bagiku n bagi mba fitri..supaya dosa kita dihapuskan:-)
..
jadi bukan krna org yahudi,…

salam,

20 01 2010
r_tobing

yah ni orang lagi satu

20 01 2010
r_tobing

@fitri
“Ah akhirnya ada juga orang Batak yang bangga mengakui nenek moyangnya dahulu adalah dari Yahudi…”
>>>kaya’nya boru sibarani di atas ga ada bilang dia bangga nenek moyangnya Yahudi. dia cuma bilang kalau KATA MBAK FITRI orang batak ada keturunan Yahudi gitu.

(jangan mabok dong mbak waktu baca komen orang lain😀 )

20 01 2010
borusibarani

@Lpassword
Yah, prihatin juga kalau masalahnya seperti itu. Semoga nggak ada korban lain yang akan di korbankan lagi.. cukup 8 gereja saja..

20 01 2010
Fitri

Yah bagus. Inilah sifat asli kristen. Kasih hanya untuk sesama Kristen. Kalau untuk Islam, wah habis lah dimaki, diejek, dihina.

20 01 2010
borusibarani

lho…lho.. ono opo to mbak?
kok nesu-nesu, sing sabar…
aku njaluk ngapura yen wis gawe gelo atimu…

Ohhh, apa gara-gara saya sebutin “kerajaanagama” untuk Barakuda?
wah, maaf pisan ya mbak, benar-benar maaf kalau mb tersinggung.
Maksud saya, mau saya sampaikan ke Barakuda bahwa banyak blog yang membahas agama lain ( kristen membahas islam, islam membahas kristen dll) , silahkan komment juga di blog tersebut.
Nah di ingatan saya yang terlintas adalah punya mbak fitri , karena terkenal🙂.

tapi kalau mbak fitri nggak berkenan, nanti saya revice.
jangan marah-mara dunk mbak… cepat tua lho

syalom

20 01 2010
C

“Mahasiswa dan masyarakat protes karena pembuatan tempat wudhu itu menggunakan biaya negara dan pada kenyataannya nanti hanya digunakan oleh sekitar 5% siswa”
Logis sekali kalau mereka protes toh..

Lah disini, udah biaya ngebangun pake biaya sendiri, ngga pake jurus minta-minta di tengah jalan, tanah juga pastilah tanah sendiri, hasilnya ngga cuma diprotes.. dibakar pula hehehe.. ironis ya..🙂

20 01 2010
borusibarani

“Pengen menekan tapi tak mau di tekan”

saya perhatikan mbak suka sekali menggunakan kalimat di atas.

Bukannya saya tidak mau di tekan , Masalahnya, saya pribadi tdk tahu:
1. Siapa yang menekan saya?
2. Dalam hal apa saya ditekan?
3. Oleh siapa saya di tekan?
4. kapan saya ditekan?
5. bagaimana caranya saya ditekan.
(kaya 4W +H)😉

Mungkin kalau mbak bisa lebih jelas, akan sama-sama enak. saya nggak bingung (dikira menekan) , mbak juga nggak tertekan (mengira saya nggak mau di tekan) …🙂

22 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Jephman

lae…
Karena gbr pedang dan bom di atas , Fitri, Barakuda sudah kasuk kusuk di infotaiment… marbete-bete spt Iin Puspa (inang inang Pusat pasar)
Sudah banyak ngomongnya GOSIP disana sini . Gosip (makin diGosok makin Sip)
.
.
Jadi coba ganti lae dulu gbr pedangmu itu dgn Pisang dan Bom mu itu dgn gbr Teletabis. Kita lihat dulu apalagi koment si Fitri duileh itu…
Ok ma da lae …

Kalau jadi pesta nikahmu , undang tulang ya Fit ??
.
Fit …
We love u Fuuuuulllll

22 01 2010
dira

Ngawur.. Wong isi blog ini menjelek-jelekkan agama orang kok. “Kasih” kentut itu namanya…

22 01 2010
r_tobing

padahal gambar pedang dan bom itu artinya kita melawan terorisme (titik). kita tidak ada mengaitkan2 dgn agama tertentu. jadi kalau ada yang merasa itu ada kaitannya dengan agama tertentu berarti…??

22 01 2010
borusibarani

Berarti agama tertentu tersebut pernah terkait. Begitu nggak ito?
masalahnya yang tidak terkait pun memaksa ikut terkait, nanti kalau sudah terkait teriak-teriak kalau tdk terkait dan minta jangan dikaitkan, dengan alasan tidak semuanya terkait. kalau sudah di turuti untuk tidak di kaitkan teriak lagi memaksa jangan di kaitkan (padahal memang tidak pernah di kaitkan).. bingung ya..

hahaha..ngelantur banget jawabannya ya…

22 01 2010
r_tobing

😀
ayo ayo…jawaban ngelantur itu ciri khas ‘siapa’ anak2…?? yang tahu tunjuk tangan… 😀

22 01 2010
lovepassword

Ehem Ehem…Hi Hi Hi

Wah ada anak perawan digodain para penyamun.🙂

22 01 2010
hh

Neng Fiet,
apa benar Fery itu adalah Wawansyah? Kalau ya, darimana dia peroleh ilmu tentang agama syah itu?

@Lae Fery,
apa benar apa yang dituduhkan neng Fiet tersebut?

salam

23 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Mister Love

What do u mean ” anak perawan digodain penyamun ” … hehehe
.
.
tuh Borusibarani adalah seorang wanita yg sudah menikah ?
tuh Rodrymikhael adalah pemuda kedokteran intelek dan pemberani ?
.
nah .. cuman Fitri yg belum menikah , jadi yg penyamunnya siapa ?
hehehe ..

23 01 2010
lovepassword

Ya yang merasa saja. Hi Hi Hi. Ngapain malahan kamu yang protes duluan🙂 Coba kita tanya pada forum : Yang pengin berperan jadi penyamun silahkan tunjuk jari .

Tuh kan pada tunjuk jari semua.🙂 Kamu ikutan ndaftar sinetron gak ?

Kalo kamu pantesnya dapet peran jadi guru . Pake kacamata gitu terus ngajar puisi .🙂

23 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Love

Bah… jadi guru Puisi ??? hehehe
Kalo dulu sewaktu kecil saya sering dapat deklamasi lho mas…
Nah, apakah sama puisi dgn deklamasi …
.
.

Deklamasiku waktu msh kocik dulu begini

Disini dosa disana dosa
dimana mana ada dosa
Yang mengatakan ini dosa
Yang membaca ini juga dosa …
.
Kalo ompungku serentak menjawab AMEEN.
Nah kalo sekarang orang menjawab Capek DEEhhh

23 01 2010
r_tobing

ngga nyambung… capcai deh

23 01 2010
Fitri

Lihat di sini,
http://haniifa.wordpress.com/2010/01/19/the-imams/

Wawansyah tak bisa membaca tulisan Arab dan tak berani mengucapkan kalimat syahadat karena nggak pengen murtad dari kristen.

23 01 2010
Fitri

Ya, silakan. Yang dengki, yang sirik, yang dendam, yang benci, dst. Ntah besok apalagi ejekannya.

23 01 2010
rtobing

Wawansyah tak bisa membaca tulisan Arab dan tak berani mengucapkan kalimat syahadat karena nggak pengen murtad dari kristen.
>>> cuma krn itu aja mbak maka si wawansyah dianggap kristen? wakakakakakkk🙂
(nb: kalau cuma kalimat itu sy juga bisa ngucapin plus artinya, lha wong setiap hari dengar apalagi sore2 ada di TV, tapi bukan berarti saya… wkwkwkw)

23 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Fitri

.
.

Tuh merajuk lagi kan …..
.
Pahamin aja deh ..apapun yg kita lakukan …
Yang penting … Teh Botol Sosro ….
Tul ndak hehehehe

.
.
Kita tidak bermusuhan ya dek Fit..
kan tulang sayang amamu …
yok kita tooossss dulu ..

23 01 2010
Lumba_lumba

Ngomong2 masalah penyamun, konon ketika muhammad baru mendeklarasikan islam/atau menegakkan islam, dia merekrut penyamun2 setempat, dan kemudian mereka berjihad bak penyamun untuk merampok saudagar2 dan menawarkan islam ganti nyawa.

Nah, yg merasa penyamun, tau ceritanya ga?

23 01 2010
lovepassword

Capcay kuah apa capjay goreng , mas dokter ?

23 01 2010
lovepassword

Mulai lagi deh. Lama-lama kamu bisa kukasih ikan teri biar kenyang.🙂

23 01 2010
Maren Kitatau

Teri mana mengenyangkan LOP!
Teri itu menggelikan menurutku.

Sering setelah makan dgn teri, lalu minum dan kumur-mumur, eh, sejam kemudian biji mata teri keluar dari celah-celah gigi, ku gigit “tek-tek”, ehm, serasa mata ikan biasa yg seperti biji plastik itu.

Salam!

24 01 2010
Lumba_lumba

Ga papa kali mas lov, ku kan pengen tau kisah lengkapnya aja, ya kalau ga ada yg tau nanti deh kita cari tau lagi.

Ngomong2 masalah teri (nih ngomong2 lagi nih mas lov) memang muhammad waktu menjalankan misinya sbg penyamun menegakkan islam selalu menawarkan ikan teri dgn 2 cara:

1. TERI-ma islam dan ucapkan kalimat syahadat atau,
2. TERI-akan allahhuakbar dan kepala menggelinding. Ihhh sereeeem…

Nah, mas love punya teri yang mana mas?

24 01 2010
Maren Kitatau

Kenapa ya, seseorang disebut kelas teri,
Dan seseorang lain disebut kelas kakap,
Dan yg lebih gaek dari itu disebut buaya?

Salam Damai!

24 01 2010
r_tobing

teri medan enak lho mas LP😀
dicampur kacang tanah lalu digoreng pake sambel,
dimakan pakai nasi putih dan sayur daun ubi, rasanya maknyuss
wkwkwkw

24 01 2010
jelasnggak

Tambahan.

Dan pada waktu malam hari yang dingin,.. Muhammad sering

TERI-ngat akan istri dari anak anggkatnya
:mrgreen:

24 01 2010
jelasnggak

Mungkin begini.

Teri itu kecil dan lemah, perlambang seorang anak kecil wanita di bawah umur.

Kakap itu besar, perlambang orang lelaki dewasa….

sedangkan Buaya itu besar sekali, maka diperlambangkan sebagai kakek tua umur 53 ke atas…

24 01 2010
Maren Kitatau

Ah! Kau bikin ngiilir aku aja kau Bing!
Lauk teri campur kacang itu enak emang.

Tapi pernah aku dapat bagian,
Jumlah ikan terinya cuman 22 ekor
Dan kacangnya cuman ada tiga butir,
Ah, ku sebut lah lauk ku itu teri main bola,
Supaya tak kecewa berat pd pembagian itu.

Salam Damai!

24 01 2010
Maren Kitatau

Hoho!
Apa lagi teri Medan ya Lae.
Mungil-mungil dan putih-putih dan gurih.
Tak ada pun durinya, tak spt kakap apa lagi buaya!

Salam Damai!

24 01 2010
Lumba_lumba

Hwahahaha…mas jel bisa aja TERI-nya, gara2 ikan terinya mas love, jadi TERI-ngat juga gw postingannya mbak Fitri diatas.
Kalau neng Fitri itu ngamuk kek gimana sih? Apa dia…:
1. TERI-ak allahhuakbar seperti FPI
2. TERI-ma sponsor Taliban untuk berjihad main petasan
3. TERI-nspirasi lagi ngobok2 IP & Lokasi kafir

atau kek gimana ya?

24 01 2010
Fitri

Oh, ya. Bagus. Terima kasih atas hinaan dan ejekannya. Apa perlu saya tutup blog biar puas.

24 01 2010
lovepassword

Kamu itu makan teri apa makan kingkong ? Pake acara biji mata keluar segala. Lha terinya ya milih yang kecil-kecil , plus dimasak dulu yang enak. Yang garing gitu lho. Jangan kenyal kenyol nggak karuan.🙂

24 01 2010
lovepassword

Santai saja Mbak Pit Pit, situasi aman terkendali. Hi Hi Hi. kalo penyamun kerjaannya nggodain cewek kan ya rada wajar.

@Robinson Agus Sihotang : Bener nggak ?

Yang lain nggak usah nyamber iya, makan dulu teri kalian satu-satu.

24 01 2010
lovepassword

Kalo itu aku setuju, teri medan itu lumayan terkenal lho …

24 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Lumba-lumba dan JelasNggak

Saya harap anda tidak perlu memberi komentar seperti itu. Berilah komentar yg senantiasa memberi damai dan pencerahan bagi setiap yg membaca pendapat anda!!

Salam Kasih

24 01 2010
hh

Setuju dengan pak Robinson,

I Timotius 4:16; 5:1,2
Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Janganlah engkau keras terhadap orang yang tua, melainkan tegorlah dia sebagai bapa,. Tegorlah orang orang muda sebagai saudaramu, perempuan-perempuan tua sebagai ibu dan perempuan-perempuan muda sebagai adikmu dengan penuh kemurnian.

salam

24 01 2010
hh

Mas LOP,
aku suka ikan teri yang paling gede, kalo digoreng baunya menyengat, tetangga suka komplen, tapi kalo dah di sambal kering dibubuhi asam bagong, wuihhhhhhhh, maknyusssssssss, rasanya nendang banget dah.

24 01 2010
Fitri

Mas love,

Pikiranku lagi nggak enak. Makanya komenku jadi antik di blog hakadosh.

24 01 2010
hh

kenapa juga ya,
negara yang lambang negaranya dari hewan, gak ada satu negarapun yang bikin cacing?, atau kecoa? semuanya hewan hewan yang gagah berani!
bahkan garuda yang ketajaman matanya melebihi elang bald, yang dari cengkeraman kakinya sulit lepas Bhinna Eka Tunggal Ika E Pluribus Umum.

salam

24 01 2010
Maren Kitatau

Aku setuju juga dgn Lae ku na dua i!

Tuhan telah bekerja menciptakan kita—karya ciptaan akhir yg mengawali kerja selanjutnya. Mari kita bekerja bersamaNya agar selalu sesuai dengan teladanNya. Dari Salomo aku banyak mendapat pelajaran hidup untuk mengerti kata-kata yang bermakna, untuk menerima didikan yang menjadikan pandai, untuk mencari kebenaran, keadilan dan kejujuran, untuk memberikan kecerdasan kepada orang yang tak berpengalaman, dan untuk memberi pengetahuan serta kebijaksanaan kepada orang muda–baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan–untuk mengerti amsal dan perumpamaan, perkataan dan teka-teki orang bijak.

Bekerja keras, berpikir waras dan dgn hati yg lembut akan memperoleh sokongan dari banyak pihak yg merelakan diri mewujudkan setiap gagasan. Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa. Orang yang bermalas-malas dalam pekerjaannya sudah menjadi saudara dari si perusak. Orang-orang bebal akan sulit memperoleh pekerjaan, karena barang siapa yang mempekerjakan orang bebal dan orang-orang yang lewat adalah seperti pemanah yang melukai tiap orang.

Salam Damai!

24 01 2010
CosmicBoy

RAS & hh,

Maap kawan, saya pikir semua org bert/j terhadap postingnya…emangnya loe punya hubungan apa2 dengan pak Jell dan lomba2…apakah pola debat mereka harus menurut seperti kemahuan anda.

Udahlah, jangan kita mempamerkan kesalehan kita disini.

Bagi saya, selagi kita semua menjaga batas2 kita sebagai org Kristen dengan tidak menulis kata2 porno dan kotor itu sah2 saja…mau keras, ngpp itu, mau meledak, silakan, mau menyindir, silakan, mau memperingatkan, silakan, semua itukan salah satu teknik ilmu berdiskusi….TAPI JANGAN PAMER KESALEHAN, ITU MUNAFIK NAMANYA.

24 01 2010
CosmicBoy

@ RAS,

Inget, kamu juga pernah dihardik oleh Mbak Fitri karena mengolok2kannya…so please ya…jangan bawa2 nama org lain…Pak Jell dan lomba2 ada cara dan pola debat masing2, jangan disamakan dengan yg lain. Masing2 juga punya tahapan iman…jangan disamakan dengan kamu…saya tau kamu saleh!

24 01 2010
r_tobing

tambahan: kareana buaya punya sifat gonta-ganti pasangan (tukang kawin) tanpa kenal musim, makanya org yang udah tua (plus gatel) dijulukin buaya… wkwkw🙂

24 01 2010
r_tobing

capcay pake teri aja lah,..mas LP kan juragan teri di sini🙂

24 01 2010
jelasnggak

Tambahan lagi.

Buaya juga di tenggarai memiliki kekuatan setara dengan 30 manusia lelaki dalam hal hubungan seksual.

Hebat banget buaya itu ya..

24 01 2010
r_tobing

yaelah padahal ikan teri cuma segede upil tapi masih bisa ketahuan yang mana biji matanya…wkwkwkwkw😀

24 01 2010
r_tobing

wah masih sempat ngitungin jumlah teri dan kacangnya ya pak..kalau saya sih langsung maen sikat aja, yang penting maknyuss
wkwkwkw🙂

24 01 2010
r_tobing

“Apa perlu saya tutup blog biar puas.”
>>>aduh mbak gitu aja langsung nutup blog. biasanya orang ngeblog kan untuk menuangkan kreativitasnya. jadi kalau cuma krn komen yang kurang berkenan maka mbak fiet langsung nutup blog, berarti kreativitas mbak fiet bisa dikekang dengan sangat mudah… dimana idealismenya??🙂

25 01 2010
tanobato

Kita bawa sajalah dalam do’a, karena Tuhan pasti punya rencana yang paling indah buat jemaat di Filadelfia. Juga saudara-saudara Katolik di Harapan Indah. Tak usah membalas dengan aksi brutal, karena kalau ikut-ikutan seperti itu apalah beda kita dengan mereka yang tidak mengenal kasih? Sebaliknya, semakin benci mereka, semakin kita tunjukkan kasih kita melalui perbuatan yang nyata.

Tuhan masih bekerja, koq … dan Beliau tidak pernah mau dibela, karena tidak perlu … lha wong Beliau lebih berkuasa daripada manusia-manusia yang merasa dirinya super, koq … Betul, betul, betul …

25 01 2010
Fery

Gak tuh om. Tahupun enggak.bu Fitri dkk in memang agak oon WKWKWkk karena IP adress sama langsung main cap orangnya sama. Lha wong aku kerja di warnet tho😛

25 01 2010
Fitri

Kok jadi gini?

25 01 2010
Fitri

Tapi Wawan juga enggak bisa baca-tulis Arab. Begitu lho.

25 01 2010
Fitri

Bohong itu dosa lho. Jangan mentang-mentang dosamu sudah ditebus yesus jadi seenaknya membohongi kami. Yang jadi masalah kenapa wawan pernah memakai nama dan emailmu? Begitu lho.

25 01 2010
Fitri

@hh

Wawan cuma bisa copas artikel doang.

25 01 2010
Fery

Sudah saya jelaskan bu, kok nanya lagi? apa susahnya ngetik : Fery, email : Fery@yahoo.com, http://

banyak data2 seperti itu

Kalaupun MISALNYA saya orang yg sama dengan Wawan (padahal enggak lho!) memangnya kenapa sih?

Apa sih yg dibikin si Wawan ini sehingga hatimu terluka bu Fitri?

25 01 2010
Fery

Saya dulu waktu SD tidak ada pelajaran agama Kristen di sekolah (kekurangan guru agama kristen) jadi belajar agama Islam. Lalu disuruh guru agamanya nyebutkan kalimat syahadat : La Illahaiallah, Muhamadarasullah. Gak apa2 tuh. Gak jadi murtad saya biarpun masih kecil. Karena sy tahu sy cuma menghapalnya supaya ada nilai di rapor. Bukan mengimaninya.
Tiap pagi saya baca alfatihah sebelum belajar, krn memang disuruh gurunya, pernah disuruh menghafal doa2, belajar rukun Islam dll. Gak masalah tuh. Padahal itu sekolah dasar negeri lho!

Coba kalau sekolah kristen begitu? Pernah dengar gak bu RUU SISDIKNAS? PAdahal itu sekolah yang jelas2 namanya sekolah Kristen. Apa ada di Madrasah menyediakan guru/pelajaran agama lain?

Weleh2 kok jadi ngelantur
MAksud saya gak masalah kalo cuma menyebut kalimat syahadat. Masalahnya beriman apa tidak wkt menyebutkannya. Itu bukan bukti seseorang beragama islam apa gak. Bisa aja cuma nyebeut2 (spt saya) tapi gak murtad tho?

25 01 2010
Lumba_lumba

To all:
Tanpa mengurangi rasa hormat kepada setiap pengunjung blok, bukanlah maksud kami merendahkan, apalagi menghina (siapapun itu). dan tidak ada rasanya isi dari kalimat kami yang menyebabkan seseorang merasa telah direndahkan, apalagi terhina. Tetapi adalah benar; bahwa kami menggunakan kalimat-kalimat sindiran untuk menyampaikan didikan dan pengajaran, sebab kami percaya bahwa: forum ini menjunjung tinggi kebebasan berpendapat.

Bertolak dari pemahaman ini, adalah bijak menurut kami menyampaikan teguran yang mendidik pada kalimat-kalimat sindiran tersebut, sebab orang bijak berkata:

Siapamengindahkan didikan, menuju jalan kehidupan, tetapi siapa mengabaikan teguran, tersesat.
Siapa mencintai didikan, mencintai pengetahuan. Tetapi siapa membenci teguran, adalah dungu.
Didikan yang keras adalah bagi orang yang meninggalkan jalan yang benar, dan siapa benci kepada teguran akan mati.
Orang yang mengarahkan telinga kepada teguran yang membawa kepada kehidupan akan tinggal ditengah-tengah orang bijak.
Lebih baik teguran yang nyata-nyata daripada kasih yang tersembunyi.

Namun, jika kalimat-kalimat kami ternyata telah membuat seseorang merasa tidak nyaman dihati, maka kami hanya perlu menegaskan bahwa:
Apa yang kami tulis, tidak jauh dari kehidupan nyata, disekeliling kita, berdasarkan pengamatan bertahun-tahun atas fakta yang ada disekeliling kita.

Adapun mengenai KASIH dihati kami (yang sudah sering merasakan kekecewaan) dari mereka (muslim), saya pribadi, tidak pernah meragukannya. Sebab sebelum mereka memaafkan kita, kitapun sudah terlebihdahulu memaafkan mereka atas tindakan2 mereka yang:
1. Membakar dan merusak tempat ibadah non muslim
2. Membunuh “kafir” dengan bom bunuh diri seperti di: Bali, JW. Marriot, Mega Kuningan, Gereja di Malam Natal dlsb
3. Merusak rumah kdiaman dan tempat usaha “kafir” setiap bulan ramadhan
4. Menolak dan mempersulit izin pembangunan tempat ibadah non muslim
5. Menghina ajaran kristen di hampir seluruh situs-situs mereka di internet,
dan lain-lain lagi, lagi dan lagi.

Namun, terimakasih atas nasehat anda, salam hormat semuanya, dan maaf atas ketidaknyamanan ini.

Lumba_lumba.

25 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Lumba-lumba,

Saya bersukacita dgn motivasi anda dalam menegur mereka dalam hal itu. Karena saya juga melakukannya agar spy kita tidak tersandung akan label yg mereka selalu katakan pd kita bhw Kristen itu “KASIH” . Sekalipun jikalau memang semua yg saya katakan itu membuat sakit hati semua para sahabat Kristiani tetapi percayalah niat saya hanya menunjukkan siapa Kristus itu melalui ucapan para pengikutNya. Sehingga mereka dapat datang kpd kita dalam persekutuan sama dgn kita yakni bersekutu dgn Allah Bapa dan AnakNya Yesus Kristus.

@ CosmicBoy

1 Korintus 13:1
Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.

.
.
Sdr Cosmic terkasih ….. hehehehe
Lebih bagus anda tidak menganggap saya seorang sahabat jikalau maksud dan harapan Kristus spt yg saya ketahui tidak tercapai dan tdk menjangkau hati spt sahabat kita Fitri , Love dan Hanifa. Saya sudah pernah katakan kpd anda bhw tiga yg terbesar dalam perjalanan hidupmu bersama Tuhan , yakni Iman, Pengharapan dan Kasih. Tetapi Hanifa , Wedul , Fitri , Lovepasword hanya menertawakan iman itu, dan menganggap sepi pengharapanmu itu, tetapi kita dapat bungkamkan mereka semua dgn kasih dgn melalui tulisan, ucapan yg keluar dr hati serupa Kristus karena hanya itu yg dapat mereka lihat sesuai ukuran duniawi ini. Anda tidak usah kuatir dgn iman saya karena kita tetap bersaudara dlm iman yg sama. Hanya saya ingatkan kpd anda bhw yg kita hadapin adalah peperangan roh… bukan peperangan daging dan fisik. Penganiayaan dan penghancuran kaum Kristiani adalah bagian dari peperangan roh itu sekalipun hati ini penuh kesesakan melihat gereja dibakar, gbr Tuhan Yesus dihina habis2an dan atribut keKristenan dicibir habis.

Salam Kasih

25 01 2010
Fitri

Kamu kan si Wawan. Masa enggak tau permasalahannya?

Sebagai wawan, kamu kan selalu mencoba memurtadkan umat Islam menjadi Syiah.

25 01 2010
Fitri

Tuh kan.

Yang benar nih:

* Kalimat pertama :

Asyhadu An-Laa Ilâha Illallâh
artinya : Saya bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah

* Kalimat kedua :

wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullâh
artinya: dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw adalah Rasul / utusan Allah.

25 01 2010
hh

ini nih, Neng Fiet kembali mengatakan sesuatu yang tidak dimengerti………..

kapan majunya pikiranmu Neng Fiet?

Neng Fiet, Yang ditebus oleh Yesus adalah dari Hukuman Kematian Kekal.

Karena dosa mengakibatkan manusia kehilangan Kehidupan kekal dan akan mengalami kematian kekal……… Yesus menebus manusia itu dengan Jalan: Ia menderika Kematian itu untuk menggantikan manusia mengalaminya…….Sehingga barang siapa yang menerima penebusan itu tidak lagi akan mengalami kematian kekal, melainkan beroleh kembali kehidupan kekal. DPL, Manusia yang menerima penebusan itu dan meninggalkan segala kebiasaan jahat akan hidup kekal sebagaimana Tuhan adalah kekal.

Tetapi…..bila manusia itu tetap berbuat dosa, PENEBUSAN ITU TIDAK BERLAKU BAGINYA.

Saya harap anda mau membaca ini dengan baik dan tidak mengulang lagi kata kata diatask, karena tidak ada seorangpun yang ditebus untuk bebas bebuat dosa seenak udel. DIHADAPAN KEMAHASUCIAN TUHAN TIDAK BOLEH ADA DOSA. TITIK.

salam

25 01 2010
Fitri

Saya kurang mengerti bahasa kiasan.

Yang saya tambah tak mengerti kenapa Yesus yang harus mati untuk menebus dosa manusia. Apakah ada kata-kata Yesus bahwa dia datang untuk menebus dosa manusia?

Dalam islam, penyaliban Yesus itu terjadi karena muridnya Yudas yang berkhianat bukan karena ingin menebus dosa.

25 01 2010
r_tobing

“Yang saya tambah tak mengerti kenapa Yesus yang harus mati untuk menebus dosa manusia.”
>>>sederhana saja mbak fiet. karena Allah tidak mau manusia (yaitu seperti saya atau mbak fiet!) yang harus mati/dikorbankan demi membayar semua dosa2…
Tuhan ingin agar semua manusia ciptaanNya tetap hidup dalam kasihNya, maka daripada itu Ia sendirilah yang turun menjadi manusia (dalam wujud Yesus) untuk menebus dosa2 itu…
nah setelah ditebus, maka pilihan ada di tangan kita sekarang: terima Yesus yang sudah menebus dosa manusia, atau tidak??? konsekuensi masing2 pilihan jelas.
kalau orang pinter pasti jawab: ya, terima. selesai.

25 01 2010
r_tobing

“penyaliban Yesus itu terjadi karena muridnya Yudas yang berkhianat bukan karena ingin menebus dosa.”
>>>tidakkah mbak fiet berpikir mengapa Yudas berkhianat pada Yesus?? karena ada campur tangan Tuhan Allah di dalamnya!! Tuhan Allah ingin penebusan dosa itu terjadi melalui keajaiban penyaliban, dan hal itu difasilitasi oleh pengkhianatan Yudas sehingga Yesus diserahkan dan disalib demi menebus dosa2 umat manusia.

25 01 2010
CosmicBoy

@ RAS,

Saya rasa tulisan lomba2 diatas sangat jelas.

Itulah maksud saya juga.

Saya tidak pernah menggunakan ayat2 Al-Kitab utk ‘meluruskan’ spt kamu…masih inget ketika Mbak Fitri ngga senang dengan tulisan kamu (yg menurutnya kasar) tapi saya tidak membawa2 Firman Tuhan karena saya tau kamu sendiri bert/j kepada Tuhan dalam setiap arguments kamu, benar atau salah.

Salam.

25 01 2010
lovepassword

Nggak usah esmosi cah…

Sabar..ya sabar….🙂

25 01 2010
lovepassword

Nggak usah terlalu dipikir. Situasi aman damai tentram terkendali.🙂 Toh aku juga masih sering jalan-jalan di sini. Hi Hi Hi

25 01 2010
lovepassword

Siapamengindahkan didikan, menuju jalan kehidupan, tetapi siapa mengabaikan teguran, tersesat.
Siapa mencintai didikan, mencintai pengetahuan. Tetapi siapa membenci teguran, adalah dungu.
Didikan yang keras adalah bagi orang yang meninggalkan jalan yang benar, dan siapa benci kepada teguran akan mati.
Orang yang mengarahkan telinga kepada teguran yang membawa kepada kehidupan akan tinggal ditengah-tengah orang bijak.
Lebih baik teguran yang nyata-nyata daripada kasih yang tersembunyi.

===> Itulah. Banyak orang yang merasa layak jadi pendidik rupanya. Hik Hik Hik … Mungkin itu juga ayat2 favorit ahli Taurat dan orang2 Farisi yang digampar Yesus bolak balik. Ayat yang dihibahkan untuk orang lain. Wuih wih…wih …keren.🙂 bos .

25 01 2010
Maren Kitatau

Mana moderatornya nih LOP,
Back to left top lah,
“Lagi di Bekasi Gereja Didemo”

Salam Damai!
NB:
Usul, gunakan aku dan kau
Dari pada sahaya dan anda
Apa lagi lu gua! Cing!

25 01 2010
Lumba_lumba

Mas love, jika anda mau lebih teliti, maka ayat (sebenarnya bukan ayat sih) tingkah laku orang2 jahudi yang katanya sesuai dgn taurat musa itu, adalah apa yang dilestarikan islam sampai detik ini. Jadi, kalau saya terjemahkan:

Islam itu adalah ibarat kuburan yang dilabur indah. Luarnya kelihatan bersih, tapi dalamnya penuh tulang – belulang dan bau busuk.

Contoh kebiasaan para parisi itu adalah:
1. Berdoa panjang2 pake toa bahkan dipinggir jalan
2. Puasa
3. Sunat
4. Zakat yg punya kotak disegala tempat dll.

Untuk itu, Yesus punya jawaban; atas semuanya yg sudah diselewengkan orang parisi dan ahli taurat.

Anda sudah tahu, kalau islam hanyalah KEBOHONGAN, allah swt adalah bohong2an, muhammad adalah nabi gadungan. Ajaran islam, sebagian besar bersumber dari orang parisi dan ahli taurat tsb.

25 01 2010
lovepassword

Bagaimana kalo daku dan dikau ?
Hik Hik Hik

25 01 2010
lovepassword

Jika kehidupan keagamaanmu tidak lebih benar daripada mereka, kamu tidak akan masuk ke kerajaan surga. Hi Hi Hi.

Apa salahnya tingkah laku yang sesuai Taurat Musa ?🙂 Lha memangnya Musa menerima Taurat dari siapa ? Aneh aneh saja ni anak…Hi Hi Hi

Salam Wahai Lumba-lumba terkasih.

GBUU

25 01 2010
lovepassword

Sip Markusip pokoknya deh…

25 01 2010
lovepassword

Kalo dinda dan kakanda gimana Maren ?🙂

25 01 2010
Maren Kitatau

Bagiku nih,
Islam itu harus ada.
Terlepas benar atau salah.

Tak ada Islam,
Jesus terlupakan.
Islam saksi terdekat.
Islam bukti tervalid dan terintens

Thanks God for all!
Itu saja LOP

Salam Damai!

25 01 2010
Maren Kitatau

Pulen bahasamu LOP!

25 01 2010
Maren Kitatau

@CB

Betul jelas,
Dan mungkin juga terlalu jelas hingga menyilaukan.
Bahasa rohani tidak cukup hanya baik dan benar,
Kurasa harus juga lah memerdekakan.

Gitu menurutku Bro!

Salam Damai!

25 01 2010
Maren Kitatau

Soalnya cacing keduluan digunakan utk kita-kita yg cacingan.
Cecoa nungging juga ada, babi lo ada, bajingan, buaya yg dikadalin ada, cicak kejepit pintu, ular kepala dua, lintah darat nafsu badak ada, wah banyak kali pun sak sapi dan kerbau.

Burung,
Cuma satu yg kutau utk sifat kita,
Membeo

Salam Damai!

26 01 2010
Lumba_lumba

Mas love, ga ada yang salah. Yang salah itu jika: lain dimulut lain dihati.
Salam.

26 01 2010
pangopu

mas2 n abang2….mohon maaf sebelumnya,
bukan PAMER KESALEHAN mgkn ya….tp mencoba menjawab dengan lembut dan sabar…
saya mngikiti perkmbangan blog2 muslim/kristen….ktka mnjawab mereka aja, dngn penuh kasih yg lemah lembut ,mereka tetap memandg itu krg baik,aplg djwab kasar n keras…..hmmm

oh y,emg berdiskusi c… tp ummny tujuannya hnya ‘mencri’ kesalahan bukan mncari kebenaran..

mohon dipertimbangkan,
kita org Kristen🙂 salam,

26 01 2010
lovepassword

Coba kalo dari kemarin yang kamu omongkan gini, aku sudah langsung setuju.🙂

Bukan pelaksanaan ajaran agama yang harus diprotes : puasa , berdoa , salahnya dimana ? Yang salah itu kalo sok jagoan sok jadi polisi menghakimi orang lain padahal kelakukannya masih amit-amit .

Ngakunya mendidik padahal masih butuh dididik bahkan lebih parah lagi tidak terdidik. Lha itu memang masalah.

Karena itulah ahli Taurat yang sok jagoan itu digampar Yesus bolak balik. Bukan keagamaan mereka yang disalahkan tetapi tingkah laku sok preman sok benernya itu yang minta ampun. Berhati-hatilah membedakan dua hal itu.

Tidak ada yang perlu diprotes dari kesalehan beragama. yang perlu diprotes itu tingkah laku sok saleh selalu sok mengadili orang lain padahal aslinya yah masih geblek, berdiri saja masih goyang-goyang nggak karuan .

SALAM

28 01 2010
Lumba_lumba

Betul sekali mas love, anda ternyata pintar sekali menganalisa kasus. Dan kita lihat, itulah yang dilakukan islam sekarang melalui alquran, hadis dan sunah nabi. Hal itu, menjadikan muslim menjadi manusia2 munafik. Makanya Yesus berkata: mulut bangsa ini memuji Tuhan, tetapi perintah yg dijalankannya adalah perintah manusia.

Salam pencerahan mas love.

28 01 2010
hh

Memang, mas LP ini,
cakupan pengetahuannya pun luas,
ayat Alkitabpun dikuasainya.

28 01 2010
lovepassword

Masalah munafik itu nggak ada urusannya sama Islam, Kristen atau lainnya. Munafik ya munafik saja. Misalnya nyumbang pameran nyumbangnya seupil tapi dibesar-besarkan segunung lha itu munafik.

Makanya Yesus berkata: mulut bangsa ini memuji Tuhan, tetapi perintah yg dijalankannya adalah perintah manusia. ===> Belajarlah Kitab Suci lebih pinteran dikit. yang kamu posting itu babar blas nggak ada hubungannya sama Islam. Kamu senengnya maksa ih. Yesus ngomong apa, kamu pelintir seenak udelmu. Padahal apa hubungannya ?😀

Bangsa ini disitu artinya apaan sih menurutmu ? Mbok ya jangan mengarang indah yah..

SALAM

30 01 2010
satu

@ mas Lumba

>>Makanya Yesus berkata: mulut bangsa ini memuji Tuhan, tetapi perintah yg dijalankannya adalah perintah manusia.

jo

Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: “Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.”(Matius 6:23)

ternyata betul yaaa…………
kenyataan yaaa……

ternyata Yesuspun tau kalau umatnya hanya mengakui Tuhan itu “dimulut saja!”

makanya yang dijalankan itu perintah Tuhan mas, bukan perintah manusia !!!

yang dipikirkan itu yang dipikian Allah, bukan yang dipikirkan manusia.

tapi sepertinya semua umat Kristen disini berpikiran memang yang dipikirkan manusia……….. (karena Alkitab yang dikutip, jadi peruntukannya bagi yang mempergunakannya sebagai pedoman dalam kehidupan beragamanya)

hati2 mas, nanti disuruh “enyah !” sama Yesus…………

2 02 2010
jephman

@ Satu

Makanya Yesus berkata: mulut bangsa ini memuji Tuhan, tetapi perintah yg dijalankannya adalah perintah manusia.” <– Ini ayat Yesus berbicara kepada orang Farisi dan ahli Taurat. Baca ayat 1nya: " Kemudian datanglah beberapa orang Farisi dan ahli Taurat dari Yerusalem kepada Yesus dan berkata:

Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: “Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.”(Matius 6:23)” <– ini Yesus sedang memarahi Petrus yang tidak mengerti.

Itu dua kejadian yang berbeda tapi anda sambungkan sehingga sepertinya Yesus sedang memarahi umatnya.

Salam!

3 02 2010
Sujarwo Tedjo

@ pak tua sableng ..

Memangnya sampeyan ngertos opo Yesus itu ??
Dalam Islam Nabi Isa Almasih AS itu pembawa damai dan Nabi yg sangat dimuliakan dan dipuji oleh junjungan kami Rasulluloh Muhammad SAW.
Tapi sampeyan malah mengajak org2 Kristen membenci kami ?? Waras opo mene sing wes sampeyan nih ??? Di ajak berdialog ttg beliau tapi selalu menjawab penggallah kepala .. potong ujung-ujung jari tangannya … ndak nyambung ???

3 02 2010
lovepassword

Lha itulah , ayat nggak ada hubungannya disambung-sambungkan. Hi Hi Hi

Pantes dari hari kehari kehidupan beragama negeri ini semakin kacau beliau . Whaduh … Satu ayat dipotong nggak ada hubungannya babar blas eh malah dipakai nyambit agama lain. ( garuk garuk kepala )

Heran aku, mutu pendidikan agama-agama saat ini entah sampai separah apa. Sampai dalam debat antar agama yang keluar malahan pendapat antik-antik yang bahkan dalam internal agama masing-masing bisa ditertawakan ayam itu. Mana dimana-mana korupsi juga jalan terus plus lintas agama lagi. Hik Hik .

Duh tobil tobil anak kadal. Jadi bingung aku.
Kalo kemarin2 Mas Lambang memposting di blognya kehidupan paling sejahtera itu di negara2 ateis yah apa nggak malu yah agama-agama.

Memang aneh…

3 02 2010
satu

@ lae Jephman

Hueuehueheueuh…………..

jangan dilihat tulisannya lae, lihat maknanya…..

“Makanya Yesus berkata: mulut bangsa ini memuji Tuhan, tetapi perintah yg dijalankannya adalah perintah manusia.”

tidakkah dalam realita, ada manusia seperti ini ?
(apapun agamanya)
yang bukannya memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia ?

maknanya lae, bukan tulisannya…………

salam

4 02 2010
jephman

@ Satu

“tidakkah dalam realita, ada manusia seperti ini ?”
>> Oh banyak lae. Salah satu realita itu ya pelarangan orang beribadah, dari macam2 alasan sampai bakar dan bom gereja pun dilakukan

19 07 2010
Jabon

di indonesia udah ada aturan-aturan untuk apapun, jadi kegiatan apapun asal tidak menyimpang harusnya kita hormati

11 08 2010
Fuck islam

harusnya para umat muslim sadar.. kenapa semua cobaan tsunami terjadi di aceh (mayoritas muslim) dan gempa padang (mayoritas muslim) itu adalah dua kota di indonesia yang menerapkan syariat islam😀

karna ulah mereka itu sndiri!!
islam agama perang,, terorr selalu dimana mana!!
zaman sriwijaya (buddha) hidup damai dan tenang
zaman majapahit (hindu) hidup damai dan tenang!!
zaman kerajaan islam ((hahahahahancurr leburr ))

sadarlah kalian!!!

kita mah orang pinter mana bisa diboonin arab😀

1 04 2011
rian brown

kalo mau ngomong ya ngomong aja, ga usah nambahin kalo kasih kristus kami salurkan kepada mereka,,,

urus dulu tuh kitab kalian yang ga orisinil,,,,,,,,

1 04 2011
rian brown

tuhan kalian pake KB ya????kok anaknya cuma satu????ada tuahn bapak, tuhan ibu, ada yesus. atau masih banyak yang lainnya?dosa kok bisa dibayar pake baptis,,,,,,,,bayar pake duit,ada tiket masuk surga lagi,,,,,,,,,,,

1 04 2011
rian brown

ia,,,,dibohongin ya mas,,,,lebih parah kalian yang dibohongi kitab dengan ratusan bahasa dan sudah tidak orisinil,,,urus aja tuh tuhan loe yang lagi nyangkut disalib,,,,dia pengen jongkok,pengen main kelereng

1 04 2011
rian brown

kamu sudah menghina rasulku.
uruslah tuhan kalian yang banyak itu, yang membentuk suatu keluarga,,,,mungkin pil KBnya habis,,,bisa2 nanti yesus punya adik baru,,,namanya yusas,yasis, dan yosos. pikir donk de pikir,,,,,,gitu aja kok repot. punya akal kok buat zinah doank,,,,,,,,,,,

20 12 2012
Cristiano Uzumaki

yang membuat agama itu benar atau salah sebenarnya adalah sifat dan perbuatan dari penganutnya, semua agama tu sama2 mengajar yang baik skrang tergantung dari para penganutnya, oce
so, jgn pernah merasa bahwa agama anda benar dan agama orang lain salah….
kan enak apabila kerukunan antar umat beragama tercipta, smoga smuanya dapat memahami ajarannya masing2 tanpa menjelek2kan ajaran lain….

Tuhan Yesus Memberkati kita semua….

10 02 2013
Anonim

Kalian Islam Bajingan,, Banyak Bacot Doang,,Lu Di Suku Dayak Gua Gantung Hati Kalian,,Islam Di Sini Sembayang Ngk Boleh Berisik Klau Hari Jumat,,Islam Jago Keroyokan 1+1=0 NOL BESAR O

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: