GPS Ilahi

23 12 2009


Aksi

Information

141 responses

23 12 2009
Fery

Selamat Natal! Tuhan Memberkati!

23 12 2009
parsoban

hahahaha….integrated GPS on the sky;)
made by GOD

mantab bang!
Selamat Natal ma di huta sude….kiranya Damai n Kasih Kristus melimpahi hati kita:)

23 12 2009
Gala_ren

tak ada tandingannya euy..

hahaha…

@parsoban..
macacih..
jadi kita sokongan beli hp yang ada GPSna itu???
hehehe…

23 12 2009
Fitri

Merry Christmas and Happy New Year 2010. Siapapun Tuhan yang disembah atau agama apapun yang di peluk, aku tetap menghormati kepercayaan kalian.

Salam.

23 12 2009
Fery

Oh mbak fitri…co cuwiit….
(udah pindah jadi islam liberal mbak?

23 12 2009
rodrymikhael

selamat natal, buat semuanya…. Tuhan Yesus memberkati kita…syaloom🙂

23 12 2009
Jeha Rajagukguk

Wuiihhhhh…mantap kali Lae ini, smart gitu loh.
Hanya 1 diantara 100.000 mungkin yang memikirkan seperti lae….horas…mantap……Selamat Natal…GBU

23 12 2009
lovepassword

GPS jaman dulu emang keren-keren. Mungkin juga karena yang membaca GPS juga hebat. Coba anak jaman sekarang, biarpun diajari Fisika, belum tentu bisa membedakan arah dengan membaca posisi bintang

24 12 2009
Fitri

@Fery
Maksudnya apa? Dari dulu sebelum kenal internet, aku biasa ucapin natal kok. Apa salahnya? Kalau aku nggak ucapin, kalian nuduh Islam nggak toleransi. Sudah aku beri ucapan kok tanggapannya gitu?

24 12 2009
Lumba_lumba

Mbak fitri, itu berarti kamu belum kaffah dalam Islam. Islam tidak mengajarkan toleransi.

Tetapi karena banyak muslim yang sebenarnya masih memiliki nurani, maka muncullah sebutan muslim liberal. Tetapi sepintar apapun muslim memoles Islam supaya kelihatan baik, namun karena paham ini pada intinya sesat, maka kesesatan itu tetap akan muncul kepermukaan.

Selamat Natal teman2, semoga KASIH YESUS menyertai kita semua. TUHAN YESUS BAIK KEPADA SEMUA ORANG, maka mari kita berbuat baik kepada semua orang.

25 12 2009
hh

selamat natal juga, kawan. Tuhan memberkati kita semua.

25 12 2009
rodrymikhael

makasih mbak fitri. tapi kalau boleh saran, lain kali cukup ucapkan Merry Christmas & Happy New Year saja, tidak usah pakai tambahan/embel2 di belakang. ok ok

25 12 2009
lovepassword

Kamu itu dikasih selamat Natal malah khotbah. Hi Hi Hi …Yang menentukan kaffah atau nggak, emangnya kamu. ( Garuk garuk kepala) Hi Hi Hi.

Sudah deh. Selamat Natal
GBU

25 12 2009
jephman

Selamat Natal juga bu Fitri…eh gak merayakan ya?😛 hmmm…terima kasih saja ya bu Fitri…Tuhan Yesus memberkati dan mengasihi bu Fitri sekeluarga..

Btw, semoga ucapan selamatnya bukan lipservice semata nih, hehehe😀

25 12 2009
Fitri

@rodrymikhael
Salah ya, kalau pakai embel-embel? Ya udah, kalau gitu. Terserah saja deh.

@lumba-lumba
Maksudnya apa? Yang nentukan kan Tuhan. Di sebelah saya cerita tentang masa lalu saya sebagian, tapi nggak percaya kan? Atau anda tahu kebenaran tapi anda tutupi kan? Bukan rahasia lagi kalau kebanyakan kristen di ajarkan dogma-dogma untuk menyebut Islam adalah sesat. Bahkan para pendeta dan pastur pun juga sebenarnya tau akan kebenaran, tapi di tutupi supaya dombanya tidak berkurang.

25 12 2009
Fitri

Tentu saja aku nggak merayakan, karena 25 Des bukan tanggal kelahiran Yesus makanya umat Islam tidak boleh ikut merayakan. Orang pertama yang ku kasi ucapan selamat natal adalah Cosmic Boy, yang ke dua adalah jelasnggak. Nah, di sini adalah yang ke tiga. Ucapan ini tulus dan tak ada maksud apapun. Biar bagaimanapun Yesus adalah Nabi Isa Almasih yang di kenal umat Islam.

26 12 2009
Lumba_lumba

Ya bang love dan mbak Fitri, terimakasih ya, semoga Kasih Yesus menyertai kalian juga.

Mbak Fitri, tidak ada di dalam ajaran kristen diajarkan dokma untuk menyebut Islam adalah sesat. Dan kebenaran tidak akan pernah bisa ditutupi.

Jika kami non muslim mengatakan sesuatu yg bertentangan dgn muslim, itu murni dari mempelajari Islam, mengamati apa yang terjadi dikehidupan nyata, bukan klaim kosong semata.
Maafkan kami yg telah jujur berbicara ttg Islam, sebab kamipun telah memaafkan kalian yg sering membuat kami menderita.

Salam dan selamat natal juga.

26 12 2009
gabenamora

Selamat NATAL semua…I LOVE U FULL……….

26 12 2009
gandhim

Selamat Natal buat ampara Jephanya dan semua pembaca blog ini. Tuhan memberkati.

27 12 2009
Fitri

@lumba-lumba
Apakah komentarku membuatmu menderita? Soal itu nggak usah di tutupi lagi. Aku dulu enggak percaya tentang dogma-dogma yang ditanamkan untuk menyebut Islam adalah sesat. Tapi aku sekarang percaya kalau pada dasarnya kalian di ajarkan untuk membenci semua pengikut Islam, walaupun dia tak bersalah.

27 12 2009
Lumba_lumba

Mbak Fitri, aku jadi sedih membaca jawabanmu, padahal kamu mengaku punya banyak teman yang kristiani. Tidakkah mbak bisa melihat mereka? Adakah mereka membenci muslim?

Dengan mengajarkan: kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu; apakah kristen telah diajarkan untuk membenci muslim?

Mohon mbak Fitri tidak berburuk sangka. Tetapi lihatlah dunia ini secara proforsional. Jika kami membenci Islam, itu karena faktanya islam itu sesat. Tetapi kami tidak membenci muslim, karena muslim juga manusia yang menjadi korban Islam.

Semoga anda melihat dengan bijak. Salam Natal.

27 12 2009
rodrymikhael

Salah ya, kalau pakai embel-embel? Ya udah, kalau gitu. Terserah saja deh.
>>>bukan salah mbak, hanya aneh aja… di mana2 orang ngucapin selamat itu sambil ngasih wishes (harapan), bukan pernyataaan yang kesannya “menunjukkan perbedaan antarumat beragama”. ok ok

27 12 2009
Nokia

Lae, angkat dong topik ini, dasar orang Indonesia tidak tau diri, di luar sana bilang toleransi, disini Gereja hancur di bikin oleh yang mengaku agama damai. Di sono ngotot bikin menara azan, dasar ga tau diri, bikin berisik aja. Sudah tau itu waktu azan adalah waktu si iblis bekerja.

http://internasional.kompas.com/read/xml/2009/12/27/1331239/Indonesia.Siapkan.Petisi.Tolak.Referendum.Menara.Masjid

Waktu Kegiatan di bumi
00.00-01.30 Kehadiran Lucifer
01.35-04.30 Kepenuhan hadirat Allah, Roh Kudus dan malikat- malaikatNya.
04.30-05.30 Kehadiran roh-roh jahat ; para tukang sihir kembali ke rumah masing-masing.
05.30-06.30 Waktu netral
06.30-08.00 Kepenuhan kehadiran para malaikat Allah
09.00-10.00 Kepenuhan hadirat Roh Kudus
11.30-13.00 Kehadiran iblis dan malaikat-malaikatnya
14.00-16.00 Kepenuhan hadirat Allah, Roh Kudus dan para malaikat Allah
17.00-20.00 Kehadiran kejahatan yang membawa penyakit, kesialan, kutuk, kegiatan tukang sihir secara kuat
20.00-21.00 Waktu netral
22.00-00.00 Waktu kegelapan yang kuat dari kuasa-kuas

Untuk pemeluk agama damai, pelajari kesaksian Mukendi, siapa yang kalian sembah itu, karena dia lebih tau, karena sudah memasuki dunia kegelapan, jadi tau jam-jam kalian beirik di mesjid itu. Bukan FITNAH, ini REALITA.

Download aja disini, wahai pemeluk agama damai……..Gratis, dapat tambahan ilmu lagi, jadi tahu deh siapa yang kalian teriakan ketika waktu di mesjid itu berisik.

http://www.salib.net/Downloads/get=9/mirror=15.html

Kalau di kami sudah di peringatkan, bahwa iblis itu senang mengaku sebagai malaikat TERANG, maka nya Muhammad itu dari awal nya sudah tertipu oleh iblis di gue hiro di Arab sana, kasian amat ya dia, kena tipu iblis.

Itu semua rancangan lucifer, bagaimana cara nya agar manusia tersesat. Ilmu marketing dia pakai. Mengaku injil asli ada sama mereka. Logika saja kawan, barang asli dan palsu itu, yang keluar duluan itu yang mana?

Dari jaman Muhammad pembawa damai saja (kata nya) itu selisih waktu 600 tahun lebih. Malah hampir 700 tahun. Sedangkan di pasar elektronik di glodok saja tidak perlu waktu lama untuk mencontek barang asli.

Ini sampai ratusan tahun lagi. Yang datang mengaku malakait jibril (gabriel). Jadi para pengikut agama damai yang di bawa oleh Muhammad, ketika menghadap yang kuasa, akan berkata : Muhammad, kenapa kita ada di dalam api yang panas ini?

Yang bersangkutan saja tidak bisa menjawab. Jangan kan menjawab, tahu orang nya saja seperti apa muka nabi pembawa damai itu saja tidak bisa. Maka nya sampai sekarang pengikut nya tidak tau seperti apa wujud muka nabi pembawa damai itu. Bayangkan jika semua orang tau nabi tersebut, maka jutaan orang, bahkan miliaran orang akan menghujat dia karena membawa ke jalan yang salah.

Jika dia bisa menjawab, jawaban dia pasti : aku sendiri tertipu, tertipu oleh malaikat jibril, yang sebenar nya bukan jibril (gabriel), melainkan iblis yang suka mengaku sebagai malaikat TERANG.

Maka dengan senang sampai ketawa dengan menahan perut nya seperti kita jika ketawa habis-habisan, iblis akan bernyayi seperti yang dibawakan oleh penyanyi kita yang bernama Nugie. Judul nya pun kalian tau……

27 12 2009
Wilton Marbun

Selamat Natal 2009 dan Tahun Baru 2010 buat kita semua……

Buat lae ku jephman… terus berkarya untuk kemuliaan Tuhan kita Yesus Kristus….

28 12 2009
parhuta-huta

Selamat Natal utk semua..
sudahlah, jgn lah kesempatan ini dipakai utk saling menghujat..
sudah ada ucapan selamat natal dari saudara/i kita yg muslim, ucapan terimakasih saja saya rasa sudah cukup. jika mau membahas masalah siapa benar siapa sesat, nanti di topik lain yg sesuai bisa diperdebatkan lagi.
utk Lae Jeph, tetaplah berkarya, sangat inspiratif..
GBU all..

29 12 2009
Lumba_lumba

Sdr. Parhuta-huta, kita tidak sedang menghujat kok. Saya berbicara fakta. Fakta bukanlah hujatan.
Saya sedang memperkenalkan KEBENARAN yang sejati dan juga menunjukkan KESESATAN dari IBLIS.

Bung Jephman telah mengangkat topik GPS ILAHI, adalah kesempatan kita untuk memperkenalkan GPS ILAHI tersebut.

Salam damai selalu.

29 12 2009
lovepassword

Kalo saya mengenalkan diri itu caranya gini :

Hallo ladies yang manis. Yang pastinya keren-keren
Perkenalkan nama saya lovepassword. Juga caem pasti.
Saya bisa nyanyi balonku ada lima lho.
Ada diantara kalian yang mau mengenal saya lebih jauh …Pastinya akan ada banyak kejutan baru yang akan saya tunjukkan di sesi berikutnya.

Lha kemudian Choki Sitohang berkata : Oke Ladies, Tentukan pilihanmu dari sekarang.

Plup Plup Plup

Hi Hi hi. Lha terus ada lampunya cewek2 yang dimatikan ada yang dihidupkan.
Lha itu caranya memperkenalkan diri. Masak gitu saja perlu diajari.

@Lumba-Lumba : Kayaknya kamu perlu les sama Choki Sitohang.

Bagi siapapun yang merasa bahwa cara yang baik untuk memperkenalkan diri atau memperkenalkan produk ilahinya adalah dengan cara memaki-maki ngedumel. Ada baiknya belajar dari Choki. Hi Hi Hi

SALAM

Met tahun baru

30 12 2009
Lumba_lumba

Bang love, kenapasih kita back to zero lagi? Saya kira kita sudah saling ngerti cara berpikir kita masing2:
Lumba-lumba: islam adalah ajaran kekerasan.

Bang love: semua agama berpotensi melakukan kekerasan.

Lumba-lumba: saya melihat bukti di lapangan yg didukung oleh quran.

Bang love: semua orang berpotensi demikian, bukan berarti itu tanggung jawab agamanya.

Bukankah itu inti diskusi kita?

Artinya bang love, kita melihat kasus dari sisi yang berbeda dan pemahaman yg berbeda bukan?

Jadi, biarkanlah saya, karena anda hanya seorang agnostik yg tidak saya rasakan.

Salam damai selalu.

30 12 2009
Lumba_lumba

Maaf, maksud saya, anda hanyalah seorang agnostik yg tidak merasakan apa: yang dirasakan oleh islam dan non islam.

31 12 2009
Sujarwo Tedjo

Asalamulaikum..

Saya hanya ingin tanya ,
Sebenarnya apakah Mi’lad Isa AlMasih ( kelahiran nabi Isa) memang harus diperingatin dan menjadi perayaan untuk menjadikan Beliau sbg Tuhan ? Bagaimana bisa pemikiran orang-orang Nasrani yg mempertuhankan beliau jikalau hari kelahiranNYa hanya sebagai manusia biasa.

31 12 2009
Robinson Agus Sihotang

Salam sejahtera juga buat pak Sujarwo Tedjo.

anda mengatakan :
Apakah Mi’lad Isa AlMasih ( kelahiran nabi Isa) memang harus diperingatin dan menjadi perayaan untuk menjadikan Beliau sbg Tuhan ?
.
.
Tentang kelahiran Kristus itu ke dunia ini mungkin sudah pak Tedjo ketahui dari berbagai sumber tetapi mungkin tidak berterima bagi anda krn pemikiran yg anda anut sesuai dgn keyakinan anda. Hanya saja memang peringatan kelahiran Kristus itu bukan menjadi suatu ketetapan untuk diperingatin untuk semua yang percaya kepadaNya. Itu hanya suatu perayaan yang mencerminkan betapa bersukacitanya orang-orang yg telah menerimaNya sebagai Juruselamat Pribadi.
.
.
@ Sujarwo Tedjo :
Bagaimana bisa pemikiran orang-orang Nasrani yg mempertuhankan beliau jikalau hari kelahiranNYa hanya sebagai manusia biasa.
.
.

Anda tidak mengerti dan tidak mengenal Kristus secara pribadi . Kaum ulama spt bapak pasti mengerti ada tulisan di Alquran
.
(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat[195] (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah) – Ali ‘Imran:45 . Dari kalimat tsb kalau kita paralelkan bukankah kita dapat juga di Alkitab perkataan Kristus kpd Yohannes muridNya :
.
Why. 22:13 Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir.”

Jadi Kristus sudah sejak semula adalah Tuhan dan Allah sebelum dunia dan isinya ini ada. Dia tidak pernah mati sbg Allah maka Dia harus menjadi manusia spy manusiaNya itu dibinasakan utk menebus semua manusia dari akibat dosa dunia ini. DiriNya adalah Zat Allah yg sebenarnya dari salah satu pribadi yg dikenal kaum Kristiani sebagai Allah Yang Maha Esa. Perayaan Natal yg dilakukan orang Kristiani bukan untuk memperTuhankan Dia, tetapi salah satu bentuk perayaan sukacita besar yg menyatakan org-org Kristen sudah tahu Allah sudah tergenapin menjadi manusia .
Begitu pak Tedjo

31 12 2009
Sujarwo Tedjo

@ Robinson AS
berkata :
Jadi Kristus sudah sejak semula adalah Tuhan dan Allah sebelum dunia dan isinya ini ada. Dia tidak pernah mati sbg Allah maka Dia harus menjadi manusia spy manusiaNya itu dibinasakan utk menebus semua manusia dari akibat dosa dunia ini. DiriNya adalah Zat Allah yg sebenarnya dari salah satu pribadi yg dikenal kaum Kristiani sebagai Allah Yang Maha Esa.

>> Nabi Isa SAW hanyalah seorang manusia, Beliau hanyalah nabi penyampai perintah ALLAH SWT. Itu makanya ada ayat di kitab suci Alquran menuliskan
” Laqad kafaral ladzina qalu inna-Illaha huwal Masihu bnu Maryam ” . Kafirlah orang yg mengatakan , bhw Allah adalah al-Masih Putera Maryam ( Qsal-Maidah 5:72). Sehingga secara komperhensif bukankah perayaan Natal itu sebenarnya menyetujui perayaaan yg identik dengan persepsi klausal keyakinan yang melanggar Tauhid dalam Islam.

1 01 2010
jephman

Pak Jarwo, baca jawaban sama & teman2 di postingan “anak pintar”

1 01 2010
jephman
1 01 2010
diro_bean

Mr. Tedjo: >> Nabi Isa SAW hanyalah seorang manusia, Beliau hanyalah nabi penyampai perintah ALLAH SWT. Itu makanya ada ayat di kitab suci Alquran menuliskan: “Kafirlah orang yg mengatakan , bhw Allah adalah al-Masih Putera Maryam” ( Qsal-Maidah 5:72).

diro: Terbalik itu mas djo, yang benar dalah gara gara ada ayat 5:72 itu maka Yesus dianggap bukan Tuhan.

Ketadatangan Yesus untuk menebus manusia sudah dinubuatkan, pengorbananNya telah disimbolkan melalu korban domba paskah, bangkit dari kematian dan kemudian kembali ke surga, kok masih dianggap hanya sebagai nabi dan bukan Tuhan?

Mas djo,
Yesus itu 100% adalah Tuhan dan 100% adalah manusia. Disebut Tuhan, karena memang adalah Tuhan, Roh adanya, bukan terdidri dari darah dan daging, menjelma menjadi manusia untuk menebus manusia. Disebut 100% manusia, karena menjadi manusia di rahim manusia, lahir sebagai manusia terdiri dari darah dan daging dan dapat mati, merasakan semua apa yang dirasakan manusia.

Jadi, unsur manusia-Nya yang terdiri dari darah dan daging itu bukanlah Tuhan. Adalah MANUSIA.

Mengapa sosok yang terdiri dari darah dan daging itu dipanggil sebagai Tuhan? Jawabnya: Karena didalam tubuh alami manusia itu, yang terlihat oleh mata manusia, hadir Keilahian-Nya tak dapat dilihat oleh mata manusia yang sudah berdosa. Dan Yesus adalah Manusia Ilahi.

Jadi disosok yang terlihat sebagai darah dan daging itu hadir Ke-Ilahian-Nya, itulah sebabnya disebut Tuhan, karena tidak mungkin memisahkan dulu tubuhnya dari KeIlahianNya baru disebut Tuhan.

Dapat kira kira dimengerti samapi disini, mas Tedjo?

salam tahun baru

1 01 2010
Fitri

@Sujarwo Tedjo

Nabi Isa SAW itu siapa? Aliran Islam mana nih yang nyebut Isa SAW? Sementara dalam ajaran Islam yang saya anut menyebut nabi Isa Almasih AS. Gelar SAW hanya di sandang nabi Muhammad. Wah, payah. Hati-hati ntar nasibmu serupa dengan Ahmadiyah.
:mrgreen
:lol🙂😮
:roll😀

1 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Sujarwo Tedjo
berkata :
Nabi Isa SAW hanyalah seorang manusia, Beliau hanyalah nabi penyampai perintah ALLAH SWT. Itu makanya ada ayat di kitab suci Alquran menuliskan
” Laqad kafaral ladzina qalu inna-Illaha huwal Masihu bnu Maryam ” . Kafirlah orang yg mengatakan , bhw Allah adalah al-Masih Putera Maryam ( Qsal-Maidah 5:72). Sehingga secara komperhensif bukankah perayaan Natal itu sebenarnya menyetujui perayaaan yg identik dengan persepsi klausal keyakinan yang melanggar Tauhid dalam Islam
.
.

Memang jikalau kita membaca menurut kitab suci bapak hal itu sangat benar, tetapi tidakkah dapat anda pahami bhw hal yg hampir keseluruhan didalam menceritakan dan menguatkan kesaksian ttg Kristus ( Almasih ) itu hanya ada pd Alkitab. Dari mulai kitab Kejadian di PL hingga kitab Wahyu di PB narasi dan kesaksian itu hanya tertuju kpd Almasih (Yang Di Urapin itu). Jadi apa yg tersurat dan tersirat di Alkitab itu semata-mata memberitakan bhw Kristus adalah ALLAH Yang Maha Ada ( Yahweh ) sekaligus Tuan Yang memiliki seluruh semeta alam ini ( TUHAN Yang Maha Esa ).
Nah, kalau kita renungkan penciptaan alam semesta dan semua mahluk di dunia ini , pd awalnya sempurna dan baik adanya. Tetapi dosa yg diperbuat manusia pertama (Adam) sbg wakil Allah di dunia ini meruntuhkan nama baik Allah atas ciptaanNya. Melalui Alkitab kita dapat tahu bhw Allah sendiri yg harus turun tangan ke dunia ini untuk mengambil alih semua ciptaanNya dengan mengambil tubuh daging manusia yg dikenal sebagai Yesus.
.
Kafirlah orang yg mengatakan , bhw Allah adalah al-Masih Putera Maryam
( Qsal-Maidah 5:72). Sangat benar ayat yg anda katakan tsb bhw kafirlah orang yg mengatakan AlMasih adalah Allah karena ayat tsb menunjukkan hanya kpd ke”manusia”an Yesus. Untuk itulah Yesus Takluk kepada Allah Bapa dengan merendahkan diriNya menjadi manusia. Supaya dengan jalan mengambil dalam bentuk manusia maka maksud Allah tergenapin yakni kutuk dosa tidak dirasakan manusia lagi tetapi Allah sendiri yang merasakannya. Maria adalah ibu Yesus saat Dia dilahirkan ke dunia ini tetapi harap kita camkan bhw walau Kristus memang dilahirkan ke dunia ini tetapi Dia bukanlah Ciptaan Allah. Jadi dgn artian saat Dia menjadi manusia maka kesetaraanNya dgn Allah itu tidak Dia anggap penting.

Salam kasih

1 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Robinson A Sihotang
Maria adalah ibu Yesus saat Dia dilahirkan ke dunia ini tetapi harap kita camkan bhw walau Kristus memang dilahirkan ke dunia ini tetapi Dia bukanlah Ciptaan Allah. Jadi dgn artian saat Dia menjadi manusia maka kesetaraanNya dgn Allah itu tidak Dia anggap penting.

>> Saya bukan tidak mengerti ttg yg sampeyan katakan, karena saya menghormatin keyakinan anda itu tetapi bagaimana anda membuktikan bhw Nabi Isa AS bukan seperti keyakinan kami. Karena Nabi Isa AS berkata, “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku al-Kitab dan Dia menjadikan aku seorang nabi…” (Maryam 19.30) .
Kita tidak boleh terjebak kepada ajaran sesat yg dilakukan rahib-rahib sesat spt Paulus dahulu. Bukankah sampeyan tahu tidak boleh mempersekutukan Allah itu. Wa an laa ilaha illaha al-Ahad .. wa huwa al-Abu illadzi minhu kullu syai’in ( Sesungguhnya tidak ada ilah kecuali Allah, yg Mha Esa )

Wassalam

1 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Fitri

Wah. .
maafin A’a ya jeng .. salah ketik nech..
gimana pandangan A’a ttg poligami kemarin ? Jeng setuju dengan pendapat A’a kan ? Kamu sudah putus dengan pacarmu Cosmic kafirun itu kan ?

1 01 2010
Fitri

@Sujarwo Tedjo
Sebenarnya aku nggak mau putus. Tapi di putusin sama Cosmic dan ditinggalkan tanpa penjelasan sampai sekarang.

Apa bener salah ketik nabi Isa Almasih AS menjadi nabi Isa SAW? Hayo, ngaku dah Islam aliran apa?

SAW = penutup para nabi.

1 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Sujarwo Tedjo

Karena Nabi Isa AS berkata, “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku al-Kitab dan Dia menjadikan aku seorang nabi…” (Maryam 19.30)
.
.

Sangat benar ayat itu pak… dan bila kita paralelkan dgn ayat di Alkitab maka dapat kita temukan di ( Yohannes ) sesuai dgn perkataan Kristus yg menyatakan bahwa Dia datang dari Allah dan Allah mengutusNya kepada kita supaya kita beroleh hidup di dalam Dia. Dan itulah hidup yang benar menurut kehendak Allah. Jadi antara kedua ayat tsb menunjukkan Yesus dalam kapasitas nabi.
.
.
@ Sujarwo Tedjo
Kita tidak boleh terjebak kepada ajaran sesat yg dilakukan rahib-rahib sesat spt Paulus dahulu.
.
.

Itu yang tidak benar lho pak..
Rasul Paulus adalah orang yang sangat takut kepada Allah dan sangat memegang teguh adat istiadat agama Yahudi. Mereka sangat membenci ilah lain selain Allah Esa. Mereka memegang teguh Ke Esa an Allah ( Tauhid ) Tetapi perjumpaannya secara adikodrati dengan Kristus telah mengubah pandangan dan hidupnya yg baru tentang siapa Kristus dgn hubungan kepada Allah dan Roh Kudus.
.
.
@ Sujarwo Tedjo
Bukankah sampeyan tahu tidak boleh mempersekutukan Allah itu. Wa an laa ilaha illaha al-Ahad .. wa huwa al-Abu illadzi minhu kullu syai’in ( Sesungguhnya tidak ada ilah kecuali Allah, yg Mha Esa )
.
.
Sebutan ” Tuhan Yesus ” sama sekali tidak bertujuan mengadakan ilah lain selain Allah, ataupun menyejajarkan kemanusianNya dengan Allah. Itulah mindset anda dalam keyakinan Islam. Yesus disebut Tuhan dalam makna Rabb ( Gusti, Penguasa ) karena Allah telah melimpahkan kuaaNYa di langit dan di Bumi ( Ma 28:20 , Kis 2:38 , Filp 2:11) . Jadi anda harus bedakan bahwa kemanusiaan Yesus bukan karena alami tetapi dibuat sedemikian rupa spy Allah yg turun ke dunia itu dapat menanggung dosa seluruh dunia ini. Pola pikir anda yg mengatakan Yesus itu ciptaan Allah karena Dia bisa makan, minum spt layaknya manusia biasa. Begitu lho pak …

1 01 2010
hh

Hahahhahaahah,,,,,,,Brother CosmicBoy dibilang kafirun…….. Gimana tuh bro Cosmic? Saya ada usul: Boy nya diganti jadi Basirun….biar kayak pantun gitu…..CosmicBasirun Kafirun…………hahahhah.

2 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Robinson A Sihotang
berkata :
Yesus disebut Tuhan dalam makna Rabb ( Gusti, Penguasa ) karena Allah telah melimpahkan kuaaNYa di langit dan di Bumi ( Ma 28:20 , Kis 2:38 , Filp 2:11) .

>> Itulah yang membuat kami kaum Muslim tidak mempercayain hal-hal apa yg tersurat di Alkitab yg menjadi terjemahan sekarang. Kami hanya mempercayaain keTauhidan yang mendasarin kami tidak mempercayaain Isa AlMasih sebagai Tuhan. Tetapi walaupun demikian dapatkah sampeyan menunjukkan ayat-ayat yg menguatkan Isa itu disebut Tuhan dgn catatan kaki hanya ada “langsung perkataan dari Allah ” ? Seandainya saya meragukan isi Perjanjian Baru itu , ayat yg di Perjanjian Lama mengapa bisa setali uang dengan Perjanjian Baru ?

@ Robinson A Sihotang
Pola pikir anda yg mengatakan Yesus itu ciptaan Allah karena Dia bisa makan, minum spt layaknya manusia biasa. Begitu lho pak …

>> Sampeyan dapat saja mengatakan jikalau itu memang adalah keyakinan kami..
karena kami sangat tidak bisa menerima mengapa Tuhan bisa makan, minum dan nampak kedagingannya. Hanya saja saya akui bahwa kaum kelian juga ada tersurat di Alquran tetapi kami heran mengapa sampeyan semua tidak mempercayain isi Alquran ? Dan ada lagi yang mengherankan mengapa tata ibadah sampeyan semua tidak seperti Yesus yang berdoa teratur pagi buta, siang, sore dan malam hari ..? Padahal kaum Muslim sangat teratur berdoa seperti beliau?

@ Robinson A Sihotang
siapa Kristus dgn hubungan kepada Allah dan Roh Kudus.

>> Yang tetap kami pegang teguh adalah Isa Almasih AS adalah seorang Nabi yg terkemuka. Tetapi mungkin sangkin banyaknya mukjizat yg beliau buat dimasa hidupnya sehingga murid-muridnya mempertuhankan beliau.

2 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Sujarwo Tedjo
berkata :
dapatkah sampeyan menunjukkan ayat-ayat yg menguatkan Isa itu disebut Tuhan dgn catatan kaki hanya ada “langsung perkataan dari Allah ” ? Seandainya saya meragukan isi Perjanjian Baru itu , ayat yg di Perjanjian Lama mengapa bisa setali uang dengan Perjanjian Baru ?
.
.
.
# Saya kutip saja ayat dari PL kitab Mazmur ttg nubuatan yg mengenapin kedatangan Kristus ke dunia ini dan kenaikanNya ke Surga

( Mzm. 110:1) Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: “Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu.”
Ayat tsb dgn memakai mulut Raja Daud , ALLAH berfirman kepada Yesus Kristus pd waktu sebelum dunia diciptakan bhw Kristus setelah menyelesaikan pekerjaanNya dalam penyelamatan dunia ini harus duduk di sebelah kanan Allah agar segala kemuliaan sebelum Dia datang ke dunia ini akan dikembalikan kepada Nya sebagai ALLAH Yang Maha Kuasa pada waktu Dia duduk di kursi kemuliaanNya. Bayangkan pak Tedjo …. bhw Allah berkata kpd Yesus Kristus itu Tuan !!!! Jadi kasih Allah Bapa kpd Kristus itu sudah ada sebelum dunia ini diciptakan. Allah yg tidak terhampiri itu sekarang sudah dapat dihampiri di dalam nama Yesus Kristus. Jadi sekarang kemuliaan Yesus Kristus adalah kemuliaan Allah Bapa, artinya barangsiapa menolak Kristus maka menolak segala firman Allah yang mengutus Yesus ke dunia ini. Itu makanya Allah akan menundukkan semua musuh yg menentang Kristus dibawah kaki Kristus , dan itu sekarang lagi berlangsung hingga waktu akhir jaman nanti.
Ayat yg menggenapin nubuat di Mzm 110 :1 di atas bhw Kristus akan duduk disebelah kanan Allah adalah :

Kis. 7:55 Tetapi Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah.
Rm. 8:34 Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?

.
Sehingga mau tidak mau karena adanya nubuatan ( ramalan) di PL maka tergenapinnya peristiwa itu harus ada saksi yg melihatnya. Nah itu kita dapatkan pd kitab PB yg menceritakan nubuatan di PL sudah tergenapin , sehingga hubungan ayat yg di PL sangat berhubungan erat setali tiga uang.
.
.
@ Sujarwo Tedjo
kami heran mengapa sampeyan semua tidak mempercayain isi Alquran ?
.
.

Begini ya pak Tedjo yg dimuliakan ..
Setiap nubuatan yg hanya merujuk kepada kedatangan dan karya penyelamatan Kristus ( Isa AlMasih ) maka itulah pekerjaan dari Roh Kudus. Karena tidak semua orang dapat mengatakan Yesus Kristus itu adalah Tuhan jikalau tidak dengan Roh Kudus yg ada di dalam diri orang bersangkutan. Hanya saja saya sangat menghormati tokoh nabi Muhammad dalam agama Islam . Tetapi jikalau ada orang Kristen atau siapapun yg menjelaskan dan menerangkan isi yang tidak sesuai dengan Alkitab maka dapat kami pastikan dia adalah nabi palsu dan sesat.
.
.

2 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Sujarwo Tedjo

Dan ada lagi yang mengherankan mengapa tata ibadah sampeyan semua tidak seperti Yesus yang berdoa teratur pagi buta, siang, sore dan malam hari ..? Padahal kaum Muslim sangat teratur berdoa seperti beliau?

.
.

Maksudnya berdoa gimana ya pak Tedjo ??

2 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Robinson A Sihotang
Maksudnya berdoa gimana ya pak Tedjo ??

>> Maksud saya, yang mengherankan dari tata ibadah Kristiani yg saya lihat , mengapa tata ibadah sampeyan semua tidak seperti nabi Isa Almasih yang berdoa teratur pagi buta, siang, sore dan malam hari ..? Padahal kaum Muslim sangat teratur berdoa seperti beliau ?
__________________________________

@ Robinson A Sihotang
Allah yg tidak terhampiri itu sekarang sudah dapat dihampiri di dalam nama Yesus Kristus. Jadi sekarang kemuliaan Yesus Kristus adalah kemuliaan Allah Bapa, artinya barangsiapa menolak Kristus maka menolak segala firman Allah yang mengutus Yesus ke dunia ini. Itu makanya Allah akan menundukkan semua musuh yg menentang Kristus dibawah kaki Kristus

>> Apa sampeyan tidak mengada-ada ttg komentmu itu, karena tafsiran hadist ttg Isa Almasih yg datang kedua kali hanya diperuntukkan untuk menghakimin orang-orang yang yang memperTuhankanNya. Dia akan mematahkan salib dan membinasakan Dajjal (musuh- beliau) . Saya jadi makin tidak mengerti uraian anda , karena anda tidak memahami hukum Tauhid

2 01 2010
Fitri

@RAS
Apa bedanya Tuan dengan Tuhan? Di kitabmu kan dikatakan Yesus duduk di sebelah kanan Allah. Ini sudah berarti Yesus bukan Tuhan. Karena Tuhan sesungguhnya cuma Allah. Atau memang kalian menganggap Tuhan itu dua? Ah, pusing aku.

2 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Fitri
Apa bedanya Tuan dengan Tuhan? Karena Tuhan sesungguhnya cuma Allah. Atau memang kalian menganggap Tuhan itu dua?
.
.

Neum Yahwe ladonay, Syev liyaminiy ” Firman TUHAN kepada Tu(h)anku : Duduklah di sebelah kanan-Ku ( Mzm 110:1) . Saya ambil ayat itu dari bahasa aslinya. Jadi ada dua pribadi yg nampak dalam tulisan tsb, yang satu pribadi Yhwe yakni Allah Bapa yang pada jaman nabi PL sering berfirman melalui nabi2. Dan pribadi kedua adalah Allah Adonay yakni Allah Anak yang turun ke dunia menjadi Allah yg nampak dimata manusia. Penyebutan Adonay adalah gelar yg diberikan Bapa kpd Anak krn kpd Yesus sudah diserahkan kepemilikan segala kuasa yg ada di langit atas dan yg ada di langit bawah. Dan salah satu ” batu sandungan” dlm diskusi teologis Kristen Islam adalah masalah Ketu(h)anan Yesus. ” Tidak ada Tuhan selain Allah” ungkapan dari Laa ilaha ilalah yg diterjemahkan ke bhs Indonesia. Secara kongkret, dalam bhs Indonesia biasanya umat Islam tidak membedakan istilah Arab ilah ( Inggris God) dan Rabb ( Lord). Bahkan, pd umumnya dlm bhs Indonesia lebih dikenal istilah Ketuhanan ( Inggris Godhead ) bandingkan ” Ketuhanan Yang Maha Esa ” ketimbang istilah ” Keilahian ( Arab Lahutiyah). Penyamarataan itulah sumber salah paham. Sebab dlm Kristen cukup dibedakan makna keilahian dn ketuhanan dlm kaitannya diskusi ttg keEsaan Allah dlm Kristus. Dari uraian saya itu dapat kita lihat Tiada ILAH (GOD) selain ALLAH dan tiada TUHAN ( LORD) selain Kristus. Allah didalam Kristus dan Kristus ada di dalam ALLAH. Berarti Tuhan itu adalah Allah dan Allah itu adalah Tuhan.
Baca tambahan informasi di http://artikel.sabda.org/nama_allah

.
.
@ Fitri
….kan dikatakan Yesus duduk di sebelah kanan Allah. Ini sudah berarti Yesus bukan Tuhan
.
.
Saya ambil saja perumpamaan jikalau seorang Raja meminta Fitri duduk disebelahnya bukankah setiap rakyat yg diperintah raja tsb akan tunduk kpd Fitri? Apalagi jikalau Raja itu berkata ” Fitri yg manis .. percaya deh kpdku.. akan kubuat semua musuh-musuh kerajaan tunduk dibawah kakimu jikalau nak Fitri duduk didekatku ” Bukankah itu sama saja membuat Fitri menjadi raja yg serupa kekuatannya baik dalam perkataan maupun perbuatan dgn raja itu ?

Salam kasih dari Kristus

2 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Sujarwo Tedjo
Maksud saya, yang mengherankan dari tata ibadah Kristiani yg saya lihat , mengapa tata ibadah sampeyan semua tidak seperti nabi Isa Almasih yang berdoa teratur pagi buta, siang, sore dan malam hari ..? Padahal kaum Muslim sangat teratur berdoa seperti beliau ?
.
.

Pak Tedjo yg dimuliakan .
Saya mengerti maksud bapak. Bahwa yg bapak maksudkan adalah pola Ibadah yg ada didalam keyakinan anda bukan ? Saya terangkan sedikit ya pak , secara historis, .. Islam sebagaimana agama2 semitik sebelumnya muncul dlm konteks Timur Tengah. Oleh karena itu, sudah tentu kita tidak mungkin mencari kesamaan paralel pola ibadah dengan Kristen Barat…, sehingga anda harus melihat konteks gereja-gereja Timur Tengah spt Gereja kekristenan Syria, Koptik dsb. Anda harus mengetahui bhw keKristenan di Indonesia hampir 99% penyebarannya adalah dari bangsa Barat ( Eropa).
Persamaan yg sangat mendekatin pola ibadah Islam adalah berasal dari keKristenan Syria. Mereka adalah orang Kristen yg sudah melaksanakan sholat tujuh waktu jauh 500 thn sebelum Islam melakukan Sholat lima waktu sekarang ini. Jadi faktor kebudayaan kedua keKristenan itulah yg membedakan pola ibadah yg bapak lihat di Indonesia saat ini. Tetapi bagaimanapun cara pola ibadah dlm keKristenan itu tidak penting dihadapan Nya krn berdoa dan beribadah yg dikehendakin Allah adalah di dlm Roh dan Kebenaran.
.
.

@ Sujarwo Tedjo
Apa sampeyan tidak mengada-ada ttg komentmu itu, karena tafsiran hadist ttg Isa Almasih yg datang kedua kali hanya diperuntukkan untuk menghakimin orang-orang yang yang memperTuhankanNya.
.
.

Itulah pak yg sudah saya uraikan dari atas bhw jikalau ada yg memberitakan suatu injil selain dari Injil yg di Alkitab maka itu akan disebut sesat.
(Gal. 1:8) Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. Tetapi walaupun demikian pak.. penyesatan itu memang harus ada tetapi celakalah yg membuat penyesatan itu ada. Semoga pak Tedjo mendapat pencerahan …

Salam kasih dan damai.

2 01 2010
hh

@ Sujarwo Tedjo

Maksud saya, yang mengherankan dari tata ibadah Kristiani yg saya lihat , mengapa tata ibadah sampeyan semua tidak seperti nabi Isa Almasih yang berdoa teratur pagi buta, siang, sore dan malam hari ..? Padahal kaum Muslim sangat teratur berdoa seperti beliau ?

=>Mas Tedjo,
Yesus melakukan itu adalah secara pribadi, dan di alam, bukan tata ibadah di rumah ibadah, seperti yang anda tuduhkan tata ibadah kristiani.

Kristiani juga mempunyai keibasaan seperti itu secara pridadi. Bangun dari tidur, akan mengambil waktu sejenak berdoa mengucapkan syukur kepada Tuhan atas perlindunganNya sepanjang satu malam dan minta kiranya perlindungan Tuhan yang sama menjadi bagiannya sepanjang satu hari itu. Ada yang melakukannya dengan duduk saja di tempat tidurnya, ada yang melakukannya dengan bertelut (berlutut/kneel), terserah dari kemauan seseorang karena tidak diharuskan dengan cara tertentu.

Demikian juga pada kesempatan lain, kristiani akan melakukan hal yang sama tanpa dilihat oleh orang lain.

Kalau disaat kerja, kan sedikit kemungkinan untuk melakukan hal seperti itu.

Tapi sebisa mungkin,,, semua kristiani akan melakukan hal seperti ini:
Everyday, Take time, Alone, Pray to Jesus and pray for everything.

Ada sebagian orang yang melakukannya secara keluarga. Pagi pagi bangun tidur, sebelum melakukan segala aktivitas, mereka berkumpul dulu, bernyanyi sebentar, membaca alkitab dan merenungkannya dan berdoa. Ada yang berdoa dengan bertelut, ada yang tidak. Begitu dilakukan setipa pagi dan petang,,,,karena siang hari tidak mungkin,,,,,,,,karena masing masing bekerja, supaya tidak kelaparan dan minta minta.
________________
Sekarang saya bertanya kepada anda, Sdr. Mas Tedjo.

Untuk apalah kalian seperti mengikuti cara Yesus berdoa dengan bertelut, pagi siang sore secara teratur, tetapi kalian menolaknya sebagai Tuhan dan Juruselamat? Bahkan dengan berani dan lantang menghujat, menghina-Nya?
Untuk apa semua sembah sujutmu itu?
_________
Sepintas kalian juga seperti mengikuti sebagian dari apa yang dilakukan oleh Abaraham (Ibrahim) dengan melakukan sunat, tetapi kalian tidak mengikuti Iman Abraham yang mempercayai Yesus?

Abraham sangat mempercayai bahwa Tuhan akan melakukan penebusan/penyelamatan umat manusia dari hukuman kematian kekal, itulah sebabnya Abraham dengan setia melakukan upacara korban bakaran/sembelihan, bahwa karena imannya yang sangat kuat, begitu mendapat perintah untuk mempersembahkan anaknya Ishak, tanpa berbantah, tanpa besungut dia bergegas mempersiapkan segala sesuatu tapa dibantu oleh para pembantunya, naik ke gunung untuk melaksanakannya.

Karena iman, melalu mata rohani, Abraham telah melihat hari penebusan yang sesungguhnya itu.

Mengapa kalian hanya meniru sebatas sunat saja, tetapi tidak mengikuti Abraham dalam mempercayai penebusan itu? Untuk apa semua sunatmu itu?

salam

3 01 2010
lovepassword

@Kanjeng Tumenggung HH tercinta : Jawabanmu ini lumayan menarik. Hi hi hi…

Tapi pertanyaanmu kan terlampau luas analiasanya :

Sepintas kalian juga seperti mengikuti sebagian dari apa yang dilakukan oleh Abaraham (Ibrahim) dengan melakukan sunat, tetapi kalian tidak mengikuti Iman Abraham yang mempercayai Yesus?

Saya rasa bahkan andai sudut pandangnya Alkitab juga tetap sulit dianalisa apakah memang Abraham mempercayai Yesus. bahwa ada kemiripan ide antara konsep pengorbanan , bisa saja disimpulkan ada, tetapi kalo kamu hubungken dengan : Kalian tidak mengikuti Iman Abraham yang mempercayai Yesus. Bahkan di Alkitab pun ya tidak ada tulisan kalo Abraham mempercayai Yesus.
Itu sudah masuk ranah tafsir yang analisanya memusingkan. Apa iya ketika Abraham mengorbankan anaknya itu karena mempercayai Yesus? Sudut pandangnya di PL kan ya nggak gitu . Abraham mengorbankan putranya kalo sudut pandangnya PL adalah karena Abraham merasa diminta Allah mengorbankan anaknya … Lha sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah maka dia melakukan pengorbanan itu . Tetapi Allah menghentikan pengorbanan itu karena memang bukan jiwa anak Abraham yang dikehendaki Allah tetapi kepatuhannya . Intinya kan cuma itu.

Kalo ditafsirkan terlalu jauh bisa saja. Itu hak kamu sepenuhnya pasti, tetapi karena tafsir soal ini sifatnya sangat mengambang : Apa hubungannya kepatuhan Abraham dan visinya soal pengorbanan Yesus, itu kan ditulis dalam persepsi manusia2 sesudahnya. Lha apakah Abraham itu sendiri mempercayai Yesus? Lha jelas dalam PL ya nggak ada indikasi soal itu. Itu adalah tafsir utak atik gathuk manusia sesudahnya. tapi tema besarnya itu kan jelas : Kepatuhan atau Penyerahan diri kepada kehendak Tuhan.

Lha karena tema besar itulah maka hari raya Qurban diperingati oleh umat Islam. Jadi saya rasa kamu sedikit memaksakan pertanyaan kanjeng tumenggung. Mengapa demikian? Karena persepsi bahwa Abraham mempercayai Yesus adalah persepsi yang sangat-sangat debatable dan jelas belum bisa dijadikan dasar pondasi titik tolak ke step pertanyaan berikutnya. Kalo bahkan ada tafsir kristen yang ngomong gitu. Itu jelas titik tolak sudut pandangnya juga bukan dari Abraham sendiri tetapi paling banter dari sisi persepsi manusia setelahnya.

Peristiwa itu Sudut pandangnya bisa saja macem-macem, misalnya : Allah menolak pengorbanan anak Abraham . Ini menunjukkan bahwa konsep pengorbanan manusia itu tidak diinginkan oleh Allah. Allah menghargai sisi penyerahan diri manusia bukan pengorbanannya itu sendiri. Lha pengorbanan itu sendiri kan hanya dilihat sebagai aktualisasi penyerahan diri.

Jadi saya rasa sih : Jangan membuat pertanyaan yang bertolak pada pijakan yang sifatnya masih belum terlalu kokoh.

Cuma saran sih. Hi hi hi

Salam Kanjeng Tumenggung HH
Selamat tahun baru… Tahun Baru kamu jalan2 kemana Kanjeng Tumenggung…
GBU

3 01 2010
Fitri

@RAS
Okelah, jika umpamanya saya duduk di sebelah kanan Raja. Ini berarti ada 2 orang menjadi Raja. Jika Yesus duduk di sebelah kanan Allah dan punya kuasa yang sama, maka Tuhan juga jadi 2 kan?

3 01 2010
rodrymikhael

@mbak fiet dan semua yg ada di sini (terutama yg suka meributkan identitas Tuhan)

terus terang saya “geli” melihat usaha kalian dalam melogikakan Tuhan di sini. kalian ini selalu mencoba mendefenisikan Tuhan sesuai pemahaman yg sanggup kalian cerna, sesuai dengan logika yang kelihatannya masuk akal bagi kalian…tampaknya kalian lupa bahwa pemahaman mengenai keberadaan Tuhan jauh melebihi daripada apa yg sanggup kalian (manusia) pikirkan?

jika manusia hanya sanggup menerima kenyataan bahwa 1+1+1=3, apakah lantas kalian berpikir Tuhan pun demikian? hahaha… keberadaan Tuhan tidak akan pernah didekati oleh logika dan pemahaman manusia. ingat, Tuhan lah yang menciptakan manusia, bukan sebaliknya, oleh sebab itu adalah hal yang sia2 jika kalian selalu berusaha melogikakan Tuhan. otak yg kalian pakai untuk mencari jatidiri Tuhan itu, bukankah ciptaan Tuhan? dengan kata lain, Tuhan bisa sewaktu2 mencabutnya dari kepala kalian sehingga logika kalian 1+1+1=3 itu bisa hilang. hahaha…

saya jadi ingat kisah menara Babel, dimana waktu itu masyarakat babel membangun menara setinggi2nya HANYA UNTUK MENCARI DI MANA LETAKNYA TUHAN sehingga mereka tahu siapa Tuhan, bagaimana sosokNya (persis seperti yg sering kalian pertanyakan pada kami)…tapi apa yg terjadi? Tuhan memporakporandakan bangsa itu, mengacaukan segalanya. karena Tuhan tidak suka dgn orang yang ingin menguji diriNya…

lah trus gimana dong kalau Tuhan gak bisa dipahami secara logika manusia?? oleh sebab itu janganlah sosok Tuhan dipahami dengan akal sehat/logika manusia (yg tidak ada apa2nya dimata Tuhan), tapi PERCAYALAH Tuhan dengan segenap hati, bahwa memang begitulah Ia adanya. saya kira adalah suatu hal yang sulit (atau bahkan sia2) untuk membuktikan keTRITUNGGALAN Tuhan secara kasat mata (supaya semua orang MENGERTI!!). MEMPERCAYAI, berbeda dengan MENGERTI/MEMAHAMI. setiap orang yang mengerti belum tentu percaya, namun sebaliknya jika ia percaya terlebih dahulu maka ia akan memahami dengan hati/iman (bukan dengan otak!!).

ok ok? syalom.
monggo ditanggapi

3 01 2010
hh

Kanjeng Tumenggung LP ter-anyank……..hahahaha, aku pinjam istilah abg jaman bohorok.

…Bahkan di Alkitab pun ya tidak ada tulisan kalo Abraham mempercayai Yesus.
=>Yoh 8:58 Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita.” = hari penebusan itu.

=>Ibr 11:17 Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak. Ia, yang telah menerima janji itu, rela mempersembahkan anaknya yang tunggal=>janji itu = janji penebusan itu.
___________
Tetapi Allah menghentikan pengorbanan itu karena memang bukan jiwa anak Abraham yang dikehendaki Allah tetapi kepatuhannya . Intinya kan cuma itu=>Bukan jiwa anak Abraham yang menjadi penebus, tetapi Pencipta itu sendiri. Yesuslah yang menciptakan segala sesuatu, Yesus pulalah yang menebus.
___________
Kalo ditafsirkan terlalu jauh bisa saja. Itu hak kamu sepenuhnya pasti, tetapi karena tafsir soal ini sifatnya sangat mengambang : Apa hubungannya kepatuhan Abraham dan visinya soal pengorbanan Yesus, itu kan ditulis dalam persepsi manusia2 sesudahnya
=>Bukan persepsi, mas Tumenggung LP, tetapi dilihat dari sejarah yang telah terjadi.

Hal diketahuinya seusuatu itu telah terjadi setelah melihat sejarah, itu wajar, mas LP, bahkan PB sendiri, baru setelah dihubungkan dengan sejarah, manusia mengerti apa arti dari yang tertulis dalam alkitab itu.
Contoh: Surat kepada ketujuh jemaat yang ditulis dalam Wahyu 2, adalah tentang sejarah kekristenan di dalam tujuh periode/masa. Yang terakhir adalah surat kepada jemaat Laodekia, adalah menggambarkan kehidupan kekristenan masa kini, yang keadaannya suam suam kuku, tidak dingin dan tidak panas. Tidak mengabarkan ijilpun tidak apa apa, tidak ke gerejapun tidak apa apa. Padahal periode periode sebelumnya, kalau ada kesempatan mengabarkan injil selali dimanfaatkan, sekalipun dibakar hidup hidup taruhannya. Dulu dulu, kalau ada kesempatan berbakti dalam ibadah, orang orang sangat besyukur,,,,,sekarang ini……..kebanyakan orang orang mending ke Mall.

Nah, hal ini semua dikehtahui setelah sejarah menggenapinya.
__________
Lha karena tema besar itulah maka hari raya Qurban diperingati oleh umat Islam.
=>didalam kekristenan, hal pengorbanan Kristus itulah yang perlu diterima, dengan mengakui Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat, dan melakukan semua perintahnya, bukan dengan mengorbankan hewan dan membagi baginya.
__________________
Jadi saya rasa kamu sedikit memaksakan pertanyaan kanjeng tumenggung
=>Saya tidak memaksakannya mas Tumenggung LP, tetapi itu semua berdasarkan alkitab, dan pondasinya sangat kokoh. Sejak dari awal, hal penebusan itu telah diimani melalui upacara korban sembelihan. Abraham juga mempercainya, demikian juga Musa.
Yoh 3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan. Oleh karena Musa meniggikan ular tembaga di padang gurun, bangsa israel lepas dari kematian,,,,demikian juga oleh karena Yesus ditinggikan di kayu salib, umat manusia yang percaya kepadaNya akan lepas dari kemantian kekal. Musa mengimani penebusan itu.
____________________
Peristiwa itu Sudut pandangnya bisa saja macem-macem, misalnya : Allah menolak pengorbanan anak Abraham . Ini menunjukkan bahwa konsep pengorbanan manusia itu tidak diinginkan oleh Allah. Allah menghargai sisi penyerahan diri manusia bukan pengorbanannya itu sendiri.

=>Harus sisi penyerahan diri yang dimengerti dengan baik. Mengapa terjadi penyeraha diri itu, karena ada suatu kepastian keselamatan di sana. Abraham mengerti, Karena Tuhan yang meminta, dan ada kepastian janji keselamatan itu, dia rela melakukan perintah itu.
__________________
Jadi saya rasa sih : Jangan membuat pertanyaan yang bertolak pada pijakan yang sifatnya masih belum terlalu kokoh.
=>Sangat kokoh karena sangat alkitabiah, dan terhubung mulai dari awal hingga penebusan itu terlaksana.
____________________
Tahun Baru kamu jalan2 kemana Kanjeng Tumenggung
=>Tidak kemana mana karena bingung.

Hendak ke Semarang mau ketemu mas kanjeng Sudirohusodomangunkusumoadisutjiptotjokroaminoto LP, aku segan, tak siap aku menerima segala pertanyaan pertanyaan dari mas ku itu.
Hendak memenuhi undangan teman teman terbang ke California menemui mereka sekedar temu kangen, mending kugunakan uang itu untuk membeli keperluan anak anakku terutama buku buku mereka. Hendak ke kampung aku menumpahkan rinduku,,,,,tak cukup modal aku membiaya pesta pesta kecil,,,,,,,hehehheh,,,,,,,,,,akhirnya ngerondok aja dah……..

salam

3 01 2010
Robinson Agus Sihotang

Nah, disitulah letak ketidakpahamanmu dek …
Saya mengumpamakan uraian di atas bukan berarti menunjukkan ada 2 bilangan yg menjadi Raja, tetapi Allah sudah menyerahkan segala sesuatunya ditangan Kristus. Maka Allah Yg Maha ESA ITU SEKARANG SUDAH berdiam di dalam diri Kristus. Duduk disebelah kanan Allah Bapa itu menunjukkan wujud hati Bapa yg hendak memuliakan AnakNya Yesus sbg Anak yg sangat dikasihi Allah. Yesus telah membuktikan diriNya mengasihi BapaNYa dgn merendahkan diriNya hingga mati demi cintaNya kpd Bapa Allah yg adalah BapaNYa terkasih .
.
(Ibr. 1:3) Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi.

Jadi dalam uraian itu kamu lihat ada Bapa dan ada Anak, tetapi mereka tetap Esa dalam sesuatu hal. Itulah uraian yg tdk dapat diterima akal manusia tetapi dapat diterima hatimu. Jadi jikalau engkau percaya kpd Dia yg sudah mati itu maka engkaupun akan dibangkitkan Allah sama spt Yesus dibangkitkan dari kematian. Jikalau engkau mengaku dosamu dan percaya Kristus adalah Tuhan dan Juruselamatmu maka engkau dan seisi rumahmu akan diselamatkan.
Salam kasih

3 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Rodrymikhael

Kalau ada yg kehausan akan firman Tuhan kita tidak salah membagikannya dgn cuma-cuma. Karena kita sudah diselamatkan dgn cuma-cuma. Jikalau seseorang bertanya ttg Kristus itu bisa jadi krn tuntunan Roh Kudus karena selagi masih siang mari kita bekerja untuk kemuliaan Tuhan.

Salam Kasuh

3 01 2010
lovepassword

@Robinson Agus Sihotang : Hi Hi Hi. Semakin lama kamu semakin sabar kayaknya…

3 01 2010
lovepassword

@Kanjeng Tumenggung HH tercinta :

Bukan persepsi, mas Tumenggung LP, tetapi dilihat dari sejarah yang telah terjadi.

Hal diketahuinya seusuatu itu telah terjadi setelah melihat sejarah, itu wajar, mas LP, bahkan PB sendiri, baru setelah dihubungkan dengan sejarah, manusia mengerti apa arti dari yang tertulis dalam alkitab itu.

Yoh 8:58 Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita

===> Iya memang wajar. Aku tahulah sudut pandang itu. Hi Hi Hi … Itulah makanya aku bilang itu dilihat dari persepsi manusia sesudahnya. Tapi masik kamu protes juga🙂 Whaduh.

Gambarannya gini : Abraham berkorban. Mengapa Abraham berkorban ? Lha sebagai wujud kepatuhannya kepada Allah.

Kemudian pada masa-masa sesudahnya : Ada murid Yesus atau penafsir , karena yang dikerjakan oleh Abraham itu kan ditafsirkan , yang ditulis di Yohannes juga masih ditafsirkan lagi – ada penafsir yang menghubungkan antara kisah Abraham dengan Yesus.

Tetapi kalo pertanyaanmu : Apakah Abraham mempercayai Yesus ? Yah gimana mau percaya, tahu saja nggak. Itu kan beda jaman jauh banget. Jadi saya kan melihatnya bahwa penulis2 sesudahnya termasuk para penafsir mengkorelasikan apa yang mereka anggap memiliki kemiripan. Tetapi secara objektif tentu memang agak sulit di tulis kalo Abraham pernah mempercayai Yesus. Soalnya pada jaman Abraham itu Yesus juga belum lahir.🙂

Abraham percaya kepada Allah, iya. Tetapi kalo kamu tanyanya kemudian jadinya gini :
tetapi kalian tidak mengikuti Iman Abraham yang mempercayai Yesus?

Apa menurutmu tidak tambah pusing yang mau menjawab. Bahwa kalian percaya bahwa Yesus itu identik dengan pribadi Allah tentu tidak sama artinya dengan Abraham pada jamannya percaya pada Yesus. Yang ada adalah oleh penafsir2 sesudahnya menarik sisi yang mereka anggap mirip menjadi satu kesatuan cerita. Ada kisah A, lalu B dihubungkan dengan A. Itu boleh2 saja dan memang seperti katamu ya wajar-wajar saja .
Tetapi tentu bukan berarti lalu bisa sepenuhnya disimpulkan dong kalo Abraham pernah mempercayai Yesus. Lha gimana Abraham bisa percaya pada Yesus lha wong pada jaman Abraham saja nggak ada Yesus. Maksudku gitu lho…

Salam Kanjeng Tumenggung HH

Ternyata kamu asik di rumah saja. Sama aku juga nggak kemana-mana. Hi Hi Hi

Salam lagi deh.

3 01 2010
lovepassword

Masalah digenapi atau tidak digenapi , boleh2 saja kamu tafsirkan digenapi. Lha wong semua agama juga mikirnya ya gitu. Hi Hi hi…

tapi aslinya sih dari contoh2 kamu , yang sudah kamu tulis itu baik sih, tapi yah aslinya nggak usah ditafsirkan sebagai nubuat pun juga pasti bisalah kalo tertulis masa suam2 kuku dsb.

Lha masalah gituan itu pasti ada di semua tempat di semua jaman. Yang suam2 kuku kan ya bukan cuma Kristen. semua agama di banyak tempat dan lintas jaman pernah ngalami itu. Jadi aslinya itu nggak mencegangkan.

Di dalam kumpulan orang banyak kan pasti ada masalah yang bisa dilihat. Ada yang males ada yang rajin, dsb itu normal. Ada naik turun dsb . Itu preseden yang ada dalam segala jaman di banyak ruang dan waktu. Jadi tidak selalu persepsinya dianggap : Oh itu mirip, itu terwujud berarti nubuat untuk jaman sekarang.
Untuk instropeksi sih ya bagus2 saja, tapi nggak selalu tiap jaman dianggap nubuat terus.

Kalo gambarannya terlalu luas dimana setiap orang bisa ngomong gitu dan pasti benar ya jangan selalu dianggap nubuat. Kalo saya hari ini bilang besok tahun 2012 di Indonesia akan ada hujan. Lha itu juga jangan dianggap nubuat . Karena ada preseden yang mudah dilihat kalo saben tahun ya pasti ada hujan ada panas.🙂

Tapi seperti kataku sebelumnya , yang mikirnya model begituan yah memang bukan cuma Kristen saja. 🙂

SALAM Kanjeng Tumenggung HH tercinta.
GBU

4 01 2010
hh

Iya memang wajar. Aku tahulah sudut pandang itu. Hi Hi Hi … Itulah makanya aku bilang itu dilihat dari persepsi manusia sesudahnya. Tapi masik kamu protes juga Whaduh.
=>Saya memprotesnya mungkin karena mengartikan persepsi itu sebagai penglihatan saja.
_____________
Gambarannya gini : Abraham berkorban. Mengapa Abraham berkorban ? Lha sebagai wujud kepatuhannya kepada Allah.
=>Seperti penjelasan saya sebelumnya, kepatuhan Abraham itu adalah kepatuhan karena sudah melihat jauh akan hal penebusan itu. Kepatuhan yang karena yakin sekali bahwa yang dilambangkan dengan korban sembelihan itu adalah korban yang akan dilakukakan oleh Tuhan untuk menebus manusia dari kematian, sehingga dengan m engorbankan anaknya sekalipun Abraham siap.
____________________
Kemudian pada masa-masa sesudahnya : Ada murid Yesus atau penafsir , karena yang dikerjakan oleh Abraham itu kan ditafsirkan , yang ditulis di Yohannes juga masih ditafsirkan lagi – ada penafsir yang menghubungkan antara kisah Abraham dengan Yesus.
=>Yesus sendiri yang menyatakannya, bukan karena ditafsirkan.
Yoh 8:56 Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita.”
___________
Tetapi kalo pertanyaanmu : Apakah Abraham mempercayai Yesus ? Yah gimana mau percaya, tahu saja nggak. Itu kan beda jaman jauh banget.
=>Silakan luangkan waktu sedikit mas, membaca Yoh 8:56-58 itu mas LP, juga Ibrani 11:17
Mungkin pakai GPS Ilahi dia melihatnya.

Yang tercatat di alkitab melaksanakan korban sembelihan/bakaran itu untuk pertama kalinya memang adalah Habel, tetapi ada indikasi bahwa hal itu juga sudah dilakukan sewaktu Adam belum terusir dari taman Eden, dan hal itu berlanjut terus sampai korban yang sesungguhnya. Mereka melakukan itu, adalah karena percaya akan penebusan itu.

Mungkin mas beranggapan mereka belum/tidak tau bahwa yang akan melakukan pengorbanan itu bernama Yesus, hal itu mungkin benar. Tetapi satu hal yang pasti, penebusan itu mereka percayai akan diadakan, dan sejarah membuktikan bahwa, yang melakukan penebusan itu adalah Yesus.
_________________
Jadi saya kan melihatnya bahwa penulis2 sesudahnya termasuk para penafsir mengkorelasikan apa yang mereka anggap memiliki kemiripan.
=>Tidak saudaraku,
Bangsa Israel tau persis apa tujuan dari semua peribadatan mereka itu, bukan karena dihubung hubungkan. Bahkan, ketika pertama sekali bangsa Israel melakukan upacara paskah, mereka tau betul bahwa darah domba paskah yang dibubuhkan pada tiang dan ambang atas pintu, yang menyelamatkan bangsa Israel dari kematian anak sulung, seperti yang terjadi pada bangsa Mesir, adalah gambaran dari darah Yesus yang akan tertumpah untuk melepaskan umat manusia dari kematian.
_____________
Tetapi secara objektif tentu memang agak sulit di tulis kalo Abraham pernah mempercayai Yesus. Soalnya pada jaman Abraham itu Yesus juga belum lahir.
=>Benar belum lahir, tetapi iman Abraham telah melihatnya.
_______________
Abraham percaya kepada Allah, iya. Tetapi kalo kamu tanyanya kemudian jadinya gini :
tetapi kalian tidak mengikuti Iman Abraham yang mempercayai Yesus?
=>Mungkin supaya tidak terlalu langsung tertuju ke Yesus, aku perluas sedikit ya, mas
Begini: Tetapi kalian tidak mengikuti Abraham yang mempercayai penebusan yang dilakukan Tuhan.

Nah, dari kalimat diatas, kita bisa kembali tertuju kepada Yesus, karena: Tuhan melakakuan penebusan itu adalah melalui salah satu dari person Tuhan itu menjadi manusia, dan saat menjadi manusia diberi nama Yesus.
________________
Apa menurutmu tidak tambah pusing yang mau menjawab. Bahwa kalian percaya bahwa Yesus itu identik dengan pribadi Allah tentu tidak sama artinya dengan Abraham pada jamannya percaya pada Yesus. Yang ada adalah oleh penafsir2 sesudahnya menarik sisi yang mereka anggap mirip menjadi satu kesatuan cerita. Ada kisah A, lalu B dihubungkan dengan A.
=>Sekali lagi mas, bukan oleh penafsir-penafsir, tetapi Yesus sendiri yang mengucapkannya.
______________
Itu boleh2 saja dan memang seperti katamu ya wajar-wajar saja .
Tetapi tentu bukan berarti lalu bisa sepenuhnya disimpulkan dong kalo Abraham pernah mempercayai Yesus. Lha gimana Abraham bisa percaya pada Yesus lha wong pada jaman Abraham saja nggak ada Yesus. Maksudku gitu lho…
=>Hanya sebatas penjelasan diatas yang bisa saya utarakan pada saat ini, mas LP.
______________
Salam Kanjeng Tumenggung HH
Ternyata kamu asik di rumah saja. Sama aku juga nggak kemana-mana. Hi Hi Hi
Salam lagi deh
=>Saya yakin suatu saat aku akan ada waktu jalan jalan ke semarang, tentu akan sangat menyenangkan kalau bisa kopdaran.

salam

4 01 2010
hh

Hal yang suam suam kuku itu bukan gambaran untuk orang perorang, mas, tetapi untuk keseluruhan.

Gambaran umum keadaan kekristenan mulai dari jemaat pertama Jemaat Efesus hingga jemaat yang ke-enam, Jemaat Filadelfia, penuh dengan penganiayaan. Tetapi pada saat Jemaat Laodekia, keadaan dunia yang aman dibawah naungan PBB, dibawan naungan HAM, relatif aman, sehingga keimanan orang kristen tidak terlalu kuat, bahkan dengan pengaruh yang serba logis……… orang orang sudah tidak terlalu serius beribadah, tetapi dalam keadaan yang suam suam kuku,,,,,tidak meninggalkan kekristenan, tidak juga beribadah dengan tekun.

salam.

4 01 2010
Fitri

@RAS
Jadi dalam uraian itu kamu lihat ada Bapa dan ada Anak, tetapi mereka tetap Esa dalam sesuatu hal.

ini berarti ada Tuhan Bapa dan Tuhan Anak, secara logika tetap ada 2 Tuhan yang memerintah. Apa sih susahnya tinggal bilang kalau Tuhan Allah punya anak bernama Yesus. Saya rasa itu juga sudah cukup logis. Karena teman – teman saya yang Kristen bilang kalau Tuhan punya anak. Lagipula, saya tidak akan protes kalau kenyataannya memang begitu sesuai ajaran kalian.

4 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Robinson A Sihotang
Itulah pak yg sudah saya uraikan dari atas bhw jikalau ada yg memberitakan suatu injil selain dari Injil yg di Alkitab maka itu akan disebut sesat.

>> Puji syukur Alhamdullilah bahwa saya senang berdiskusi dengan baik dengan sampeyan . Ternyata anda seorang Kristiani yang b memeliki iman teguh dan benar-benar memahami ajaran Nasrani dengan benar . Saya kagum dgn kredibilitas anda yg setara dgn sdr hh. Banyak diantara kelian orang Kristen spt Jelasnggak, imanKristen, Cosmicboy yg sangat menyakitin kaum muslim dlm dialog seperti kita berdiskusi begini.
Semoga diskusi ini membawa mamfaat

Wassalam

4 01 2010
Sujarwo Tedjo

hh.
Sekarang saya bertanya kepada anda, Sdr. Mas Tedjo.

Untuk apalah kalian seperti mengikuti cara Yesus berdoa dengan bertelut, pagi siang sore secara teratur, tetapi kalian menolaknya sebagai Tuhan dan Juruselamat? Bahkan dengan berani dan lantang menghujat, menghina-Nya?
Untuk apa semua sembah sujutmu itu?

>> Lho.. sampeyan iki ni bertanya apa ?
Dalam diskusi saya dgn sdr Robinson A S , saya mengatakan bhw umat Muslim menolak segala yg menyembah selain ALLAH SWT. Kriteria yg telah disampaikan sdr Robinson A S sedikit banyak membuat saya paham akan Nabi Isa AlMasih AS bagi keKristenan. Tetapi dalam Islam itu melanggar Tauhid jika kami menerima Isa sbg Tuhan ? Atau saya ingin bertanya apakah kami melakukan sholat itu bukan kepada Allah yg Maha Esa. Sedangkan sdr Robinson mengatakan Allah yg kelian sembah adalah Allah yg Maha Esa ?

4 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Fitri
ini berarti ada Tuhan Bapa dan Tuhan Anak, secara logika tetap ada 2 Tuhan yang memerintah. Apa sih susahnya tinggal bilang kalau Tuhan Allah punya anak bernama Yesus. Saya rasa itu juga sudah cukup !

.
.
Hmm mm …
dalam ajaran keKristenan itu ya Fit … pemahaman akan Allah itu sangat tidak sempurna. Tetapi karena Kristus datang kedunia ini dan memberitahukan kpd kita bahwa Dia adalah salah satu pribadi dari ALLAH YANG MAHA ESA itu maka pengetahuan kita ttg Allah menjadi bertambah. Analogi yg saya berikan kpd Fitri diatas ttg Raja yg menyuruhmu duduk disebelah kanannya adalah ttg Kristus yg naik ke Surga dan duduk di sebelah kanan BapaNya. Di satu kerajaan hanya ada satu Raja yg memerintah dan yg dikenal rakyat kerajaan itu . Artinya walau Kristus duduk disebelah kanan Bapa Allah tetapi hanya ada satu Allah yg disembah dan dan dimuliakan ( ESA ). Seperti segitiga sama sisi, yg ketiga sisinya adalah sama panjang dan seukuran membentuk bangunan segitiga tetapi jikalau salah satu sisinya kita hilangkan bukankah bangunannya bukan lagi berupa segitiga ? Maka demikianlah bhs manusia ttg ALLAH yg Esa yg dikenal sbg Allah Bapa , Allah Anak dan Allah Roh Kudus. Ke tiga Pribadi itu adalah Allah Yang Maha Esa. Walau kami menyebut Dia Bapa bukan berarti Dia memiliki anak spt manusia. Dan walau Dia kami panggil Allah Anak bukan berarti Dia memiliki ayah seperti layaknya manusia.
.
.

@Fitri
Karena teman – teman saya yang Kristen bilang kalau Tuhan punya anak. Lagipula, saya tidak akan protes kalau kenyataannya memang begitu sesuai ajaran kalian.

.
.
Secara logika dan seandainya kita tidak berTuhan, kita tidak akan percaya bhw Tuhan punya anak. Namun demikian jikalau ada teman Kristen yg menerangkan ttg hal itu maka saya dapat pastikan kamu yg salah mengartikan kalimat tsb.
Kalau Fitri membaca uraian saya di atas dgn hati penuh damai dan bukan mencari celah-celah kesalahan dalam ajaran keKristenan maka kamu akan tahu jawabannya bhw Yesus Kristus adalah FIRMAN ALLAH yg karena kerendahan hatiNya dan kasihNya kpd BapaNya maka segala sesuatunya yg ada di dunia ini ada dibawah kuasaNya .

4 01 2010
r_tobing

@mbak fiet

“….ini berarti ada Tuhan Bapa dan Tuhan Anak, secara logika tetap ada 2 Tuhan yang memerintah. ..”
>>>yang memerintah dan berkuasa itu cuma SATU, mbak Fiet…tapi Dia punya 3 wujud, bisa berada di 3 tempat sekaligus, dalam 3 tugas sekaligus…apakah mustahil bagi Tuhan, sang mahabisa, untuk berada dalam 3, bahkan seratus wujud sekaligus tanpa kehilangan substansi asalnya??

“…Apa sih susahnya tinggal bilang kalau Tuhan Allah punya anak bernama Yesus. Saya rasa itu juga sudah cukup logis. Karena teman – teman saya yang Kristen bilang kalau Tuhan punya anak..”
>>>mbak Fiet, jangan tersesat pada anggapan bahwa anak selalu berarti anak secara biologis, hasil pembuahan/konsepsi daging. penggunaan istilah “anak” dalam konsep Tritunggal merujuk pada Tuhan yang menjelma jadi manusia, tanpa kehilangan wujud asalNya sebagai penguasa kerajaan sorga.

“…Lagipula, saya tidak akan protes kalau kenyataannya memang begitu sesuai ajaran kalian…”
>>>matur nuwun kalau begitu, hehhehe

4 01 2010
Fery

Buat si Fitri itu, Anak Tuhan itu artinya Tuhan punya anak.
Anak Tangga itu artinya tangga punya anak
Anak jalanan itu artinya jalanan punya anak

anak-anak
😛

4 01 2010
hh

Di daerah tinggal saya juga banyak coretan-coretan anak anak muda: salah satu diantaranya adalah Anak-Halilintar, dan jumlah mereka itu banyak. Setelah diselidiki, ternyata bukan halilintar yang menikah, dan melahirkan mereka, melainkan orangtua mereka juga.
Jawaban bagus, pak Fery.

4 01 2010
Fitri

@fery dan hh
Apa hubungannya dengan anak tangga, anak jalanan dan anak halilintar?

@RAS
Saya tidak mencari celah atau kekurangan agama kalian. Cuma kejujuran yang saya minta. Sebenarnya saya sudah bertanya ke sana sini pada rekan kristen yang saya jumpai di berbagai blog. Apakah Yesus anak Tuhan Allah atau bukan? Kata teman saya yang semasa masih sekolah dulu, Yesus itu anak Tuhan. Jadi, Tuhan punya anak bernama Yesus. Begitu lho.

Lagipula ayat itu jelas mengatakan Yesus duduk di sebelah kanan Tuhan. Berarti ada 2 orang yang duduk berdampingan.

4 01 2010
lovepassword

@Kanjeng Tumenggung HH tercinta : Jawabanmu sungguh manis ternyata. Kupikir-pikir dulu. tuing tuing.

Ternyata yang ngomong Yesus sendiri yah? Hi hi Hi. Bener kalo sudut pandangnya Kitab Yohannes memang Yesus yang ngomong lho .

Lha menurutmu ayat 56 itu ngartikannya terus gimana : Kalo HariKu itu dianggap sebagai hari penyalipan . Senangnya dimana ? Lha wong melihat Yesus disalip kok senang. Daripada aku salah tangkep mendingan kutanya saja biar lebih jelas maksudmu HariKu pada ayat 56 itu ditafsirkan bagaimana ???

Masalah lain kamu menghubungkan bangsa Israel bahkan lebih jauh lagi sampai Adam yang menurutmu tahu makna penebusan. Kalo menurutku sih lebih masuk akal bila mereka dianggap nggak tahu daripada tahu.

Paskah pada PL sangat terkait dengan peristiwa bebasnya Israel dari Mesir kalo nggak salah. Lha apakah bener bahwa dari peristiwa anak sulung mati itu, bangsa Israel mengaitkan pada Yesus ? Yah saya rasa terlalu jauh. Mengapa demikian? Karena konsep Mesias bagi kebanyakan Yahudi di jaman Yesus justru adalah pembebas bangsa Israel dari penjajahan Romawi kan. Di pola pikir kebanyakan yahudi nggak ada konsep penebusan Yesus itu, yang ada di pikiran mereka Yesus pada satu sisi dianggap menjatuhkan hegemoni pakar Taurat /ahli agama di sisi lain Yesus ada yang menganggap Mesias dalam arti tokoh pemimpin pembebas israel dari Romawi. Itu kalo sudut pandangnya bangsa Israel.

Lha bagaimana kalo sudut pandangnya Adam. ?
Kamu beranggapan gini : ada indikasi bahwa hal itu juga sudah dilakukan sewaktu Adam belum terusir dari taman Eden, dan hal itu berlanjut terus sampai korban yang sesungguhnya. Mereka melakukan itu, adalah karena percaya akan penebusan itu.

Masak iya sih Adam tau ada konsep penebusan bahkan sebelum dia terusir dari Eden. Saya rasa itu agak aneh binti sangat debatable pasti. Lha darimana Adam tahu konsep penebusan sedangkan dia saja bahkan pada waktu itu belum berdosa apa-apa.🙂 Ini memang dilema logika.

Salam Kanjeng Tumenggung
GBU

4 01 2010
Fitri

Kalau ternyata benar bahwa Tuhan punya anak bernama Yesus, lalu di mana salahnya? Jelas lho, 2 orang duduk berdampingan tidak sama dengan satu orang.

5 01 2010
jephman

Mbak Fitri, Yesus, YHVH dan Roh Kudus itu bukan 2 orang atau 3 orang. Jelas saja mbak Fitri bingung sendiri karena tetap berfikir kalau mereka itu ORANG.
😛

5 01 2010
jephman

Pak Lovepassword, Tuhan memiliki rencana, bukan berarti semua orang harus tahu dan mengerti. Hanya waktu yang mengizinkan manusia memahamiNya.

“Lha wong melihat Yesus disalip kok senang. Daripada aku salah tangkep mendingan kutanya saja biar lebih jelas maksudmu HariKu pada ayat 56 itu ditafsirkan bagaimana ???”
>> Menurutku, Yesus senang pada hari penyaliban, itu karena PENEBUSAN DOSA segera dilakukan.

“Masalah lain kamu menghubungkan bangsa Israel bahkan lebih jauh lagi sampai Adam yang menurutmu tahu makna penebusan. Kalo menurutku sih lebih masuk akal bila mereka dianggap nggak tahu daripada tahu.”
>> Ya jelas pak. Kita tahu setelah Yesus ada, maka krn itulah kita menjelaskannya sekarang.

“Lha apakah bener bahwa dari peristiwa anak sulung mati itu, bangsa Israel mengaitkan pada Yesus ? Yah saya rasa terlalu jauh. Mengapa demikian? Karena konsep Mesias bagi kebanyakan Yahudi di jaman Yesus justru adalah pembebas bangsa Israel dari penjajahan Romawi kan.”
>> Hanya karena bangsa Yahudi mengganggap begitu, lantas kalau Tuhan ingin membebaskan seluruh manusia, apa itu jadi salah?🙂 Saya bingung, pak Love mengatakan itu terlalu jauh, sementara yang dibicarakan adalah RENCANA TUHAN?

“Di pola pikir kebanyakan yahudi nggak ada konsep penebusan Yesus itu, yang ada di pikiran mereka Yesus pada satu sisi dianggap menjatuhkan hegemoni pakar Taurat /ahli agama di sisi lain Yesus ada yang menganggap Mesias dalam arti tokoh pemimpin pembebas israel dari Romawi. Itu kalo sudut pandangnya bangsa Israel.”
>> Itu betul. Apa pola pikir dan sudut pandang kebanyakan Yahudi menggugurkan RENCANA TUHAN?

“Masak iya sih Adam tau ada konsep penebusan bahkan sebelum dia terusir dari Eden. Saya rasa itu agak aneh binti sangat debatable pasti. Lha darimana Adam tahu konsep penebusan sedangkan dia saja bahkan pada waktu itu belum berdosa apa-apa.🙂 Ini memang dilema logika.”
>> Masalah tahu atau tidak itu memang debatable. Yang penting kita tidak ngotot: Adam tidak tahu maka Tuhanpun tidak tahu.😛 Dan jelas, sekali Adamlah yang pertama kali berbuat dosa, maka ….eng…ing…eng dimulailah cerita penyelamatan tersebut.

ghetooloh pak Love yang baik🙂

Salam!

5 01 2010
hh

@Raden Mas Tumenggung LP,

Seperti pada komentar saya terdahulu, kita jangan dulu terfokus kepada Yesus, kita fukuskan dulu hal penebusan itu. Setelah penebusan itu dimengerti dengan baik, barulah kita hubungkan dengan sejarah. Sejarah mencatat, bahwa yang melakukan penebusan itu adalah Yesus.

Intinya, Adam, mungkin imannya tidk tertuju secara langsung kepada nama Yesus, tetapi tertuju kepada penebusan itu.
_____________
Indikasi dalam PL bahwa Adam sudah tau penebusan itu adalah:
1. Kejadian 3:15, Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau (ular) dengan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu dan engkau akan meremukkan tumitnya.

Kata kata penting dalam ayat itu:
keturunan; kepala remuk; dan tumit remuk

Tuhan mengucapkan kalimat diatas bukan tanpa maknanya. Apa itu?

Ular dan keturunannya adalah setan/iblis/kejahatan dan orang orang jahat, termasuk para tua tua Yahudi yang diperalat setan untuk menyalibkan Yesus. Yesus pernah menegur tua tua Yahudi dengan panggilan: hai kamu keturunan ular beludak……

Keturunan perempuan itu adalah Yesus

Keturunannya (Yesus) akan meremukkan kepalamu…….
Kalau kepala remuk itu berarti kematian.
artinya: Dengan kebangkitan Yesus dari mati, itu berarti kuasa atas kamatian itu ada pada Yesus, karena sudah mengalahkan kematian itu. Dengan demikian, kebinasaan setan sudah pasti, karena tidak ada kekuasaan pada setan.
Sekiranya Yesus tidak bangkit dari mati, itu berarti kuasa atas kematian itu ada pada setan, maka setan akan kekal selamanya. Tetapi karena kuasa atas kematian itu ada pada Yesus, maka kebinasaan setan sudah pasti/setan telah divonis mati. Kepalanya remuk, tinggal menunggu waktu eksekusi.

Keturunanmu akan meremukkan tumitnya.
Tumit yang remuk, tidaklah mengakibatkan kematian.
Dengan disalibkannya Yesus dan mati, itu berarti tumitnya diremukkan, tetapi dengan kebangkitan Yesus, berarti hanya sebatas tumit yang remuk. Dan dengan kebangkitan itulah kepastian keselamatan manusia dari kebinasaan telah ditentukan.
________
2. Kej 3:21, Dan Tuhan Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk istrinya, lalu mengenakannya kepada mereka.

Tentu sebelum kulit binatang itu buat jadi pakaian, telah terjadi penyembelihan. Hewan yang disembelih ini sebagai simbol dari pengorbanan yang akan dilakukan untuk menebus manusia.
Dan pakaian yang dipakaikan itu adalah simbol dari kebenaran Kristus yang akan membungkus keberdosaan manusia hingga layak dihadapan Tuhan.
___________
3. Kej 4:2 => Habel melakukan upacara korban sembelihan, yang melambangkan pengorbanan Kristus.

Tentu upacara korban sembelihan itu tidaklah dimulai pertama kali oleh Habel, tetapi telah dimulai oleh Adam, tidak lama setelah penyembelihan hewan untuk mengambil kulitnya sebagai pakaian bagi Adam dan Hawa.

_________
Maaf mas LP, saya kurang pintar menguraikannya, mungkin agak susah dimegerti ya?

salam

5 01 2010
Barakuda

@ jephman
trus sebelum yesus lahir kedunia, tuhannya siapa? Selain minum anggur, yesus bisa apa lagi? Kalo’ terbang bisa gak? Apa yesus pernah bilang kalau dia tuhan? Kalau yesus itu anaknya allah, berarti allah dalam agama kalian laki atau apa? Kalau yesus minum anggur, berarti org kristen boleh minum minuman keras?
.Agama negeri dongeng.

5 01 2010
Barakuda

@ jephman
Kata kau kan kalau minum minuman keras di agama kau itu boleh, asal tidak “kemabukan”.. Jadi, kalau minumnya 1/4 cangkir masih boleh? Kalau setetes bagaimana? Itu artinya agama kalian memperbolehkan minum minuman keras kan? Padahal kan minum minuman keras itu tidak menyehatkan? Masih banyak bukti yg lain kok ntuk menjelaskan agama KRISTEN SESAT…

5 01 2010
Barakuda

Kalian kristen ngaca dulu, baru ngomentarin agama org lain… Ok.ok.ok.ok

5 01 2010
lovepassword

@Jephman tercinta :

Gini yah saudara Jephman. Topiknya itu bukan apa yang jadi salah atau apa jadi benar.🙂 Tapi gini : Menurut Raden Mas Kanjeng Tumenggung HH, penebusan Yesus atau lebih luas anggap saja peristiwa penebusan itu konon sudah diketahui oleh Adam, Abraham, bangsa Israel sebelum Yesus dan sebagainya. Lha saat dia bertanya kepada saudara Sujarwo Tedjo , Raden Mas HH bertanya dengan persepsi begitu.

Lha saya sangat tidak yakin kondisinya gitu. Karena itulah saya katakan bahwa itu jelas penafsiran manusia-manusia sesudahnya. Mengapa begitu ?

Karena kalo kita membaca secara netral PL yang notabene konsep waktunya adalah identik dengan masa Adam, Abraham, Israel pra Yesus dsb , saya sangat tidak yakin bahwa ada manusia di dalam PL yang mengaitkan ayat2 dalam PL dengan konsep penebusan dosa Yesus.
Yang dilakukan Abraham dalam persepsi PL adalah melaksanakan apa yang dia anggap sebagai perintah Allah . Itu saja. Tidak terlihat sama sekali dalam kisah2 di PL bahwa dia “mengerti” bahwa makna pengorbanan itu begini atau begini .

Lha Adam di dalam PL ya jelas tidak tahu mengenai konsep penebusan. Apalagi kalo sudut pandangnya Kanjeng Tumenggung HH, Adam sebelum diusir dari Taman Eden bahkan sudah tahu konsep penebusan itu.
Kalo sudut pandangnya adalah Kejadian yang ditulis Kanjeng Tumenggung HH

Kejadian 3:15, Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau (ular) dengan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu dan engkau akan meremukkan tumitnya.

Dari ayat ini , saya rasa sama sekali masih belum terlihat bahwa Adam paham konsep penebusan. Kalo anda , Kanjeng Jephman menjawab begini :

Masalah tahu atau tidak itu memang debatable. Yang penting kita tidak ngotot: Adam tidak tahu maka Tuhanpun tidak tahu.😛 Dan jelas, sekali Adamlah yang pertama kali berbuat dosa, maka ….eng…ing…eng dimulailah cerita penyelamatan tersebut.

Lha kalo anda ngomong Tuhan tahu atau tidak tahu, tentu berbeda urusannya dengan Adam tahu atau tidak tahu. Justru yang saya bahas itu ya topik yang menurut anda debatable tadi. Saya kan tidak membahas Tuhan tahu atau tidak tahu. Tapi menurut saya Adam , Abraham, termasuk bangsa Israel dsb ya tidak tahu ada konsep penebusan segala macam.

Kalo manusia-manusia sesudahnya menghubungkan peristiwa masa lalu dengan peristiwa pada jaman Yesus, yah itu kan memang dinalar, dipikirkan , dipersepsikan oleh manusia2 sesudahnya.

Misalnya saja Paskah dalam PL adalah simbol penebusan dosa di PB. Itu kan persepsi manusia2 dalam PB plus penafsir Alkitab. Mengapa ? Ya karena menurut persepsi mereka dihubungkan . Lha benarkah persepsi itu sesungguhnya telah dikenal di PL , atau benarkah Abraham , bangsa Israel lama, Adam dsb memang kenal dengan konsep penebusan itu. Iya nggaklah.
Dalam persepsi mereka ya sederhana saja : Allah menyuruh A, ya dilaksanakan A. Kalo mereka melaksanakan itu wujud kepatuhan mereka kepada Allah. Itu saja.
Dalam persepsi PL yang bisa kita baca cuma gitu.

Misalnya Paskah itu kalo dalam PL ya nggak ada kaitannya sama penebusan segala macam. Lha wong itu kaitannya dengan kebebasan bangsa Israel.
Kalo misalnya dihubungkan dengan kebebasan manusia yang dianggap mirip temanya dengan kebebasan bangsa Israel ya silahken saja bagi pihak yang mempersepsikan begitu. Tetapi kalo ada yang menganggap itu punya kemiripan : jelas tetap lain artinya dari bangsa Israel sudah paham adanya konsep penebusan dosa, sejak jaman Abraham bahkan Adam.

Tidak ada indikasi bahwa bangsa Israel sebelum Yesus paham mengenai konsep penebusan dosa manusia . kalo mereka melakukan sesuatu ya dasarnya sederhana kepatuhan, persembahan ,dsb.

Ini bisa dibaca dari persepsi2 bangsa Israel sendiri :

1. Pemuka agama menolak Yesus karena merasa kesaingan, merasa juga ajaran Yesus berpotensi meruntuhkan hegemoni mereka.

2. Pada sisi yang lain ada masyarakat yang mengaitkan Mesias dengan konsep pembebasan Israel dari Romawi waktu itu. Ini artinya apa ? Artinya kalo dari sudut pandang sebagian bangsa Israel pra maupun jaman Yesus : Mereka melihat bahwa Mesias dalam persepsi sama seperti mereka melihat Musa, yang membebaskan bangsa Israel dari cengkraman penjajah. Musa berhasil memerdekakan bangsa Israel dari Mesir. Lha Yesus diharapkan oleh sebagian orang , termasuk diharapkan oleh murid tercintanya Judas Iskariot – untuk membebaskan Israel dari Romawi.

Kalo kita bicara persepsi bangsa Israel , saya rasa persepsinya gitu.

Dari sisi inilah saya rasa tidak tepat jika mengaitkan konsep penebusan dosa menurut agama Kristen dengan persepsi manusia-manusia sebelumnya , semisal Adam, abraham , bangsa Israel lama, dsb. Mengapa ? Ya karena jelas pada jaman mereka, tidak ada persepsi penebusan dosa manusia model PB . Sekali lagi itu apa yang dipikiran Adam dsb itu adalah persepsi manusia2 sesudahnya. Dalam PL sendiri , indikasi bahwa Adam tahu konsep penebusan menurutku sih sama sekali tidak kelihatan.

Ayat Kejadian yang diposting HH itu kalo dibaca secara netral , ya pada bagian apanya yang bisa dikaitkan dengan : Bahwa konsep penebusan dosa sudah dipahami Adam. Ayat itu sama sekali tidak menunjukkan bahwa Adam memahami konsep penebusan dosa .

Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau (ular) dengan perempuan ini ..dan seterusnya .

Kalo anda sebagai Adam, Saya ngomong dengan model begini ke anda.

Wahai Saudara Jephman, kelak keturunanmu akan berkelahi dengan keturunan Paijo.
Kepala keturunan Paijo remuk, tumit keturunanmu remuk.

Apakah jika saya berkata begini, yang ada kepala anda mendadak muncul konsep penebusan dosa segala macam? Ya jelas nggak lah.

Pada masa itu ya Adam jelas nggak tahu apa-apa soal penebusan segala macam. Persepsi Adam secara logis kalo mendengar kalimat model begituan ya sederhana saja : Gara2 aku dibujuk sama ular terus akibatnya kami sama-sama salah ya akhirnya sama-sama dihukum. Terus keturunan kami akan bermusuhan karena dia mengakibatkan aku dihukum.

Lha persepsi penebusan dosa yang dikaitkan dengan peristiwa Adam dan Hawa itu adanya ya setelah PL , bukan berarti dipersepsikan Adam dan Hawa seperti itu.🙂

Harap diingat bahwa yang saya bahas itu : Apakah Adam tahu mengenai konsep penebusan dosa , apakah Abraham tahu , apakah bangsa Israel jaman pra Yesus dan jaman Yesus tahu bahwa akan ada konsep penebusan dosa seperti yang dipersepsikan dalam PB ?

Kalo persepsinya mereka tahu atau tidak tahu, kalo menurutku sih ya mereka jelas lebih cenderung tidak tahu daripada tahu. Tapi kalo anda tanyanya yang lain : Yang penting Tuhan tahu? Lha saya lagi sedang tidak membahas itu🙂 Saya cuma sedang menanggapi HH terkait dengan sudut pandangnya dari sisi yang sudah ditulis Kanjeng HH.

Salam iya…

5 01 2010
lovepassword

Pak Lovepassword, Tuhan memiliki rencana, bukan berarti semua orang harus tahu dan mengerti. Hanya waktu yang mengizinkan manusia memahamiNya.

===> Justru karena itulah jelas sama sekali tidak bisa disimpulkan kalo Adam tahu , Abraham tahu, Bangsa Israel tahu dan sebagainya.🙂 Mereka jelas tidak tahu.

Kalo ada persepsi: adanya nubuat, kata2 simbolis, kalimat2 penuh makna khusus dan sebagainya.

Saya rasa kita selalu melihatnya gini yah : Kalimat2 semacam itu dalam Kitab Suci manapun ya baru diketahui maknanya pada masanya. Pada masa dimana dalam persepsi seseorang ada peristiwa yang kemudian terjadi lalu dianggap cocok dengan kalimat “aneh”, simbolis dan sebagainya yang sudah diucapkan lama sebelumnya.

Lha saat kalimat itu diucapkan atau diperdengarkan : Apakah si penerima tahu maknanya ? Ya jelas nggak tahu. Hi Hi Hi.

Lha persepsi tahu itu baru muncul setelah ada peristiwa terjadi kemudian ada yang menghubung-hubungkan kejadian itu dengan kalimat yang dulu pernah diucapkan seseorang.

Jadi dari sisi ini saja : Tidak mungkin rasanya Adam paham adanya konsep penebusan dosa segala macam yang dalam persepsi HH sudah diketahui Adam. Persepsi penebusan dosa yang dihubungkan dengan kejadian Adam adalah persepsi manusia sesudahnya setelah mereka mempersepsikan suatu peristiwa
yang menurut mereka lha kok mirip ya dengan kalimatnya si anu, atau lha kok mirip ya dengan kejadian anu. Lha apakah Adam sendiri tahu? ya menurut saya sih sama sekali tidak ada indikasi yang lumayan kuat kalo Adam tahu.

Contoh gampangnya gini : Paijo melihat anaknya ngepel rumah. Lha mendadak besoknya anaknya meninggal ditabrak sepur.

Seorang wartawan bertanya : Apa ada firasat Pak ? Paijo sambil sedih ngomong : Didin(anaknya Paijo) itu kok tumben-tumbennya ngepel seisi rumah, padahal biasanya disuruh nyapu saja susah. Baru saya tahu kalo itu perlambang dia mau meninggalkan saya.

Apakah saat melihat Didin ngepel , sebelumnya Paijo langsung tahu kalo Didin besok bakal meninggal ditabrak sepur ??? Ya jelas dia tidak mungkin tahu.

Lha yang dilakukan Paijo itu apa ? Paijo mempersepsikan kejadian yang dia lihat rasakan, dengar dsb dengan kejadian yang menurutnya simbolis di masa2 sebelumnya.

Jadi kalopun ada kejadian yang dilihat atau didengar atau dipersepsikan bangsa Israel yang lalu dikait-kaitkan dengan kejadian simbolis dimasa lalu, jelas tetap tidak sama artinya bahwa pihak2 pada masa lalu mengerti betul bahwa tindakan saya menyimbolkan ini , akan ada peristiwa begini begini begini. Mereka jelas tidak tahu dan tidak ada indikasi kalo mereka tahu. Menurutku sih gitu.

Salam Saudara Jephman

5 01 2010
lovepassword

@Kanjeng Tumenggung HH : Saya paham maksudmu , mengerti sih. Hi Hi Hi.
Tapi gini ya : Adanya kemiripan, adanya suatu peristiwa yang menurutmu memiliki makna simbolis dan sebagainya . Itu silahken saja kalo ada yang mempersepsikan sesuai persepsi masing-masing.

Tetapi harap kamu lihat juga Kanjeng HH : Jika ada kalimat simbolis keluar pada satu waktu dan ada suatu peristiwa kemudian terjadi , didengar, dilihat atau dipersepsikan orang – itu masih lain artinya dengan bahwa manusia pada masa lalu pada jaman peristiwa belum terjadi sudah tahu bahwa yang bakal terjadi adalah A, B, C, D….

Selalu bahwa persepsinya adalah manusia2 sesudahnya, bukan manusia pada jaman peristiwa itu belum terjadi.

Kalo ada persepsi: adanya nubuat, kata2 simbolis, kalimat2 penuh makna khusus dan sebagainya :

Saya rasa kita selalu melihatnya gini yah : Kalimat2 semacam itu dalam Kitab Suci manapun ya baru diketahui maknanya pada masanya. Pada masa dimana dalam persepsi seseorang ada peristiwa yang kemudian terjadi lalu dianggap cocok dengan kalimat “aneh”, simbolis dan sebagainya yang sudah diucapkan lama sebelumnya.

Lha pada saat kalimat itu sedang diucapkan atau diperdengarkan : Apakah si penerima tahu maknanya ? Ya jelas nggak tahu. Hi Hi Hi. Pada saat kejadian di masa lalu terjadi ? Apakah orang pada masa lalu tahu maknanya ? Ya nggak tahulah.

Lha persepsi tahu itu baru muncul setelah ada peristiwa terjadi – kemudian ada yang menghubung-hubungkan kejadian itu dengan kalimat yang dulu pernah diucapkan seseorang, peristiwa pada masa lalu dan sebagainya.

Jadi dari sisi ini saja : Tidak mungkin rasanya Adam paham adanya konsep penebusan dosa segala macam yang dalam persepsi Kanjeng Tumenggung sudah diketahui Adam. Persepsi penebusan dosa yang dihubungkan dengan kejadian Adam adalah persepsi manusia sesudahnya setelah mereka mempersepsikan suatu peristiwa yang terjadi, didengar dan sebagainya.

Menurut mereka lha kok mirip ya dengan kalimatnya si anu, atau lha kok mirip ya dengan kejadian anu. Pertanyaannya : Lha apakah Adam sendiri tahu ? ya menurut saya sih sama sekali tidak ada indikasi yang lumayan kuat kalo Adam tahu.

Contoh gampangnya gini : Paijo melihat anaknya ngepel seisi rumah. Lha mendadak besoknya anaknya meninggal ditabrak sepur.

Seorang wartawan bertanya : Apa ada firasat sebelumnya Pak ?

Paijo sambil sedih ngomong : Didin(anaknya Paijo) itu kok tumben-tumbennya ngepel seisi rumah, padahal biasanya disuruh nyapu saja susah. Baru saya tahu kalo itu perlambang dia mau meninggalkan saya selamanya.

Pertanyaannya : Apakah saat melihat Didin ngepel sebelumnya, Paijo langsung tahu kalo Didin besok pagi bakal meninggal ditabrak sepur ??? Ya jelas dia tidak mungkin tahu. Tahunya dari mana ?

Lha yang dilakukan Paijo itu apa ? Paijo mempersepsikan kejadian yang dia lihat rasakan, dengar dsb dengan kejadian yang menurutnya simbolis di masa2 sebelumnya.

Saat melihat Didin ngepel ya ngepel doang. Paling banter merasa sedikit aneh mungkin . Lha baru setelah mendengar melihat ada kejadian dsb. Paijo kemudian mulai menghubung-hubungkan peristiwa itu dengan peristiwa yang menurutnya simbolis di masa lalu .

Jadi kalopun ada kejadian yang dilihat atau didengar atau dipersepsikan bangsa Israel yang lalu dikait-kaitkan dengan kejadian simbolis dimasa lalu, jelas tetap tidak sama artinya bahwa pihak2 pada masa lalu mengerti betul bahwa tindakan saya menyimbolkan ini , akan ada peristiwa begini begini begini. Mereka jelas tidak tahu dan tidak ada indikasi kalo mereka tahu. Menurutku sih gitu.

Salam

6 01 2010
jephman

Pak Love, kalau titik tolaknya dari Adam, kemungkinan besar memang konsep penebusan itu tidak disadari Adam. Tapi kita juga tidak boleh terjebak, hanya karena Alkitab tidak menuliskan, maka Adam tidak tahu, karena, tentu ADA TUJUANNYA kisah Adam jatuh kedalam dosa dicatat Alkitab. Ini jelas penting sekali, krn spt yg telah saya tulis : “maka ….eng…ing…eng dimulailah cerita penyelamatan tersebut.” :)Apalagi kalau dilihat dari Musa, menurut saya konsep Mesias sudah mulai muncul. Dan hal ini diperjelas lagi oleh nubuat2 Nabi2 lain seperti Yesaya, Yeremia, Daniel, dlsb.

Jadi pak Lovepassword salah kalau MEMUKUL RATA semua manusia apalagi Nabi2 tidak tahu konsep penebusan dosa. Karena jelas sekali semuanya dimulai dari Perjanjian Lama.

Maaf kalau kata2 saya kasar, ada baiknya Pak Love baca2 lagi nubuat2 ttg Mesias di Perjanjian Lama.🙂

6 01 2010
jephman

“trus sebelum yesus lahir kedunia, tuhannya siapa?”
>> Yesus itu 100% Tuhan dan 100% Manusia. Kami percaya, Dia adalah Tuhan yang turun ke bumi menyelamatkan hambaNya, mengambil bentuk Anak Manusia.

“Selain minum anggur, yesus bisa apa lagi? ”
>> Yesus banyak melakukan mukzizat : menyembuhkan orang sakit, lepra/kusta, buta, lumpuh dll (berkuasa atas penderitaan manusia), memberi makan ribuan orang (berkuasa atas nafkah hidup), menghentikan badai (berkuasa atas alam), membangkitkan orang mati (berkuasa atas nyawa)

“Kalo’ terbang bisa gak?”
>> Jelas bisa pak. Alkitab mencatat Yesus diangkat ke surga dalam awan2 setelah 50 hari kebangkitanNya. Yesus juga dicatat disaksikan murid2Nya berjalan diatas air ketika menemui murid2nya di perahu.

“Apa yesus pernah bilang kalau dia tuhan? ”
>> Pernah. Baca disini : https://jephman.wordpress.com/2009/03/25/mari-belajar-menjawab-mereka-2/

“Kalau yesus itu anaknya allah, berarti allah dalam agama kalian laki atau apa?”
>> Tuhan tidak punya jenis kelamin. Dalam bentukNya sebagai Anak Manusia, Tuhan mengambil bentuk seorang laki-laki (Yesus).

“Kalau yesus minum anggur, berarti org kristen boleh minum minuman keras?”
>> Kan sudah dijelaskan sebelumnya pak. Masa nanya lagi?🙂

“Agama negeri dongeng.”
>> Terima kasih pak, Tuhan mengasihi bapak.

6 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Barakuda

Kalian kristen ngaca dulu, baru ngomentarin agama org lain… Ok.ok.ok.ok

>>> Memangnya sampeyan tidak berkaca juga ??? Udah segimana ilmumu ttg keIslaman itu, ucapanmu saja yg meledak-ledak tp tong kosong semprul jelebou. Bukankah komentarmu di atas juga ngomentarin agama oranglain ?? Meludah kemukamu sendiri ucapanmu itu…
dangkalnya pikiran sampeyan itu mempermalukan agama benar ( Islam ) itu hai Barakuda idiot …….
kasih pendapatmu yg seep lah, spy diskusi dgn mereka org Nasrani dapat terjalin dgn baik… .

6 01 2010
r_tobing

bang Jeph, kenapa orang macam si barakudak ini dikasih masuk? udah omongannya kasar, OOT, bersalahan pula itu. tak ada logikanya. kita ga butuh teman diskusi yg kasar kayak gini
orang macam gini mending belajar diskusi yg benar dulu di kaskus, kalau udah pintar baru gabung sini.

6 01 2010
adie

@ Bakaruda

Sebelum anda mencaci maki AGAMA kami, terlebih dahulu Caci maki agama kalian…..

Anda terlalu percaya dengan agama sesat kalian

@ Jephman

Maju terus Kawan!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Hidup KRISTEN

6 01 2010
pangopu

@ pak barakuda
hanya menjawab bukan mengomentari agama bapak…..

pak klo di agama anda,sholat sehari 5x kn???
krna klo mpe 15x kpala bisa pecah dipukulkan ke lantai….???
nah sama juga klo anggur kbanyakan bisa mabuk…tp klo msh sekedarnya bisa jdi obat.
bukannya sesat pak….coba deh klo bapak masuk angin, minum dikit anggur akan mmbuat badan anget.percaya gak???
http://health.dir.groups.yahoo.com/group/dokter_umum/message/11324

hehehehe…ko mlh ngilur ksini c;p

salam,

6 01 2010
Gala_ren

hahaha…
lucu juga nih…

take him out yah..???
wkwkwkw…

6 01 2010
Gala_ren

hahhaha…jadi lucu banget namanya.

6 01 2010
Gala_ren

@sujarwo

Karena Nabi Isa AS berkata, “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku al-Kitab dan Dia menjadikan aku seorang nabi…” (Maryam 19.30) .

>>ini hadis ato ayat quran???
jadi menurut ayat itu…nabi Isa AS di beri al-Kitab begitu???
tolong dijelaskan..pak jarwo.
trims..

6 01 2010
Gala_ren

hahahaha….
lucu juga nih…

6 01 2010
Gala_ren

yap..betul bang jeph..
kena poinnya..
mbak fitri ini menganggap “orang”

6 01 2010
Gala_ren

@barkuda

haa…hhh
capek deh..
pertanyaan2mu sprti anak kecil..
kelas brapa sih dek???

6 01 2010
Gala_ren

Kata kau kan kalau minum minuman keras di agama kau itu boleh, asal tidak “kemabukan”.. Jadi, kalau minumnya 1/4 cangkir masih boleh? Kalau setetes bagaimana?Padahal kan minum minuman keras itu tidak menyehatkan?Masih banyak bukti yg lain kok ntuk menjelaskan agama KRISTEN SESAT

>>1 tetes jelas tidak ada pengaruhnya bwt kesehatan dek, walaupun setiap hari..jelas tidak menyehatkan klo sekali minum habis 1ember,apalagi setiap hari..orang nggak sekolah aj tau.
minum minuman keras tidak menyehatkan (berapa dosisnya spy dikatakan tdk sehat??jangan asal ngomong)–>itu tidak membuktikan bahwa Kristen Sesat.

Haleluya..Terpujilah Tuhan, Allah Israel, Allah Abraham, Allah Ishak, Allah Yakub.

6 01 2010
Gala_ren

hihihi…kykna lagi mabuk (nggak sadar) nih orang..

6 01 2010
lovepassword

Iya dong. Choki lumayan keren kan gayanya ?🙂

6 01 2010
lovepassword

Tenang..Tenang. Tarik napas semuanya..Tahan tiga menit..Yak tahan..tahan..tahan.

Lha setelah tiga menit terus dikeluarkan.

Sudah lebih seger sekarang ?
Bagus…Hi Hi Hi
Tampaknya semua begitu penuh semangat.

7 01 2010
jephman

@ pangopu

Pecah kepala sih gak lah lae, paling jidatnya kapalan. Tapi itu jadi semacam kartu Pass VIP buat masuk surga katanya.😛

7 01 2010
jephman

@ r tobing
Ya bagaimana lae. Kalau gak diloloskan, Fitri dkk kan pada protes, kenapa komen dari muslim gak pernah diloloskan. Padahal ya beginilah realitasnya. Diloloskan ya begini ini, sudah malu-maluin muslim acak kadut pula pikirannya, gak diluluskan ya diprotes.🙂

7 01 2010
san

tunggu,,,,
tahan lagi…..
1
2
3
Baru keluarkan…

7 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ pangopu
pak klo di agama anda,sholat sehari 5x kn???
krna klo mpe 15x kpala bisa pecah dipukulkan ke lantai….???

>> Sampeyan jikalau memberi komentar yg sopan dikit napa ?? Beri ulasan komentarmu jikalau hendak menanggapin komentar orang … , jangan menjurus mencari kesalahan agama orang lain? Katanya kaum Kristen adalah orang yg pengasih

7 01 2010
jephman

Pak Sujarwo, pengasih bukan berarti gak bisa bercanda dan marah kalau diprovokasi pak. Yang pentingkan tidak diajarkan “Penggallah dan potong ujung2 jari kafir kalau mereka melawan”
😛

7 01 2010
parhobass

@Fitri,

Anak duduk di sebelah kanan Bapa…

jelas kita melihat 2 Pribadi
dan Pribadi yang memampukan mengucapkan ini adalah Roh Kudus,
akhirnya genap ada 3 Pribadi.

Yang menjadi masalah adalah.. 1 Pribadi bagi awam dianggap merepresentasikan 1 Wujud.

Contoh:
1 Parhobass adalah 1 wujud. Nah kalau ada 3 Parhobass berarti benar-benar ada 3 Wujud

Anjing milsanya, adalah 1 Wujud, tetapi apakah Anjing punya kepribadian? TIDAK.

Pocong juga, bisa jadi ada pribadinya tetapi wujudnya antara ada dan tidak ada….

jadi kesimpulannya keterbatasan manusia memaksa Tritungal=3 Allah,
sekali lagi kami katakan, BUKAN.

Note:
Nyata di Alkitab TUHAN adalah ESA, tetapi Alkitab juga menjelaskan tentang BAPA, ANAK dan ROH yang berpribadi, oleh karena itulah manusia menyebutnya tritunggal.

7 01 2010
Fitri

Tapi kalau bawa pedang, boleh dong.

“Jangan kamu menyangka bahwa aku datang untuk membawa damai di atas bumi; aku datang bukan untuk membawa damai melainkan pedang” (Matius 10:34)

“Kamu menyangka, bahwa aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kataku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan” (Lukas 2:51)

“Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi” (Matius 15:30)

7 01 2010
Fitri

“Ketika aku mengutus kamu dengan tiada membawa pundi-pundi, bekal dan kasut, adakah kamu kekurangan apa-apa?”Jawab mereka, ‘Suatu pun tidak’. Katanya kepada mereka, ‘Tetapi sekarang ini, siapa yang mempunyai pundi-pundi, hendaklah ia membawanya, demikian juga yang mempunyai bekal; dan barangsiapa yang tidak mempunyainya hendaknya dia menjual jubahnya dan membeli pedang’…” (Injil – Lukas 22: 35-36)

“Lihat, aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati “. (Injil – Matius 10: 16).

“… Tuhan, ini dua pedang.” Jawabnya, “Sudah cukup” (Injil – Lukas 22: 38).

Untuk membentuk gambaran Yesus yang baik budi dan lembut hati, sebagai “Pangeran Perdamaian”, kaum misionaris membelanya, bahwa pedang yang dimaksud adalah roh/jiwa! Jika pedang-pedang tersebut adalah jiwa, maka ‘jubah’ di atas berarti juga jiwa. Jika murid-murid Yesus harus menjual jubah jiwa untuk membeli pedang jiwa, maka dalam kasus ini, berarti mereka menjadi jiwa yang telanjang. Lebih dari itu, seseorang tidak akan bisa memotong telinga manusia dengan pedang jiwa.

“Tetapi seorang dari mereka yang menyertai Yesus mengulurkan tangannya, menghunuskan pedangnya, dan meletakkannya kepada hamba Imam Besar sehingga putus telinganya “. (Injil – Matius 26: 51).

Satu-satunya maksud dari pedang-pedang atau senjata tersebut adalah untuk membuntungkan dan membunuh. Di masa Yesus orang-orang tidak akan membawa pedang hanya untuk mengupas apel atau pisang.

“…duduklah di sini sementara aku pergi ke sana untuk berdoa.” (Injil – Matius 26: 36).

Perhatikan, Yesus tidak mengajak kedelapan muridnya” untuk beribadah. Dia menempatkan muridnya secara strategis pada pintu masuk kebun, mempersenjatai dengan pedang, karena situasi yang mungkin terjadi:

“Dan ia membawa Petrus dan kedua anak Zebedeus bersamanya … Lalu katanya kepada mereka … Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan aku.” (Injil – Matius 26: 37-38).

“Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cukillah dan buanglah itu … Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, maka penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa daripada tubuhmu yang utuh masuk neraka.” (Injil -Matius 5: 29-30).

7 01 2010
parhobass

@Fitri
“Jangan kamu menyangka bahwa aku datang untuk membawa damai di atas bumi; aku datang bukan untuk membawa damai melainkan pedang” (Matius 10:34)
—————
pedang Allah= Firman Allah, so terbukti bandingkan dengan Yohanes 1:1

“Kamu menyangka, bahwa aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kataku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan” (Lukas 2:51)

—————
buktinya Otoritas Yahudi menyalibNya, sekarang malah banyak agama mempertentangkan, bahkan Kristen sendiri banyak yang bertentangan, so terbukti, bandingkan dengna 1 Petrus 2:7

“Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi” (Matius 15:30)

—————
Yesus akan datang kembali sebagai mana adanya DIA, sebagai HAKIM. Hakim gunanya salah satunya untuk menghakimi, dan orang yang tidak percaya kepadaNYA akan masuk ke hukuman, bandingkan dengan Wahyu 21:7-8

7 01 2010
jephman

Bu Fitri, pedang yang dimaksud dalam ayat tersebut (Matius 10:34) bukanlah pedang untuk memenggal kafir. Pedang disitu maknanya “perpecahan” antara mereka yang percaya Yesus itu Mesias dan mereka yang tidak percaya. Kalau ibu mau sedikit saja melihat, tanpa negative thinking, sebenarnya penjelasannya sudah didepan hidung ibu. Dimana? Di ayat yang ibu kutip sendiri : “Kamu menyangka, bahwa aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kataku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan” (Lukas 2:51) Jelas bukan perang dan pembunuhan sampai membantai kafir segala.

“Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi” (Matius 25:30)
>> Apa yg salah dengan ayat ini bu?🙂 Ini Yesus sedang menjelaskan PERUMPAMAAN tentang talenta dan mengambarkan keadaan neraka. Kalau ayat ini TIDAK MAIN COMOT dan mau melihat ayat2 sebelumnya maka makin jelas maknanya: http://alkitab.otak.info/index.php?hal=lihatPasal&injil=40&pasal=25&ayat=30#30

7 01 2010
Fitri

ada satu yang buat aku penasaran sampai sekarang, artikel ini benar atau tidak?

http://rykers.blogspot.com/2009/06/bangso-batak-toba-keturunan-israel-yang.html

7 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Fitri

Tapi kalau orang Kristen membawa pedang, boleh dong.
krn ada tertulis ;
“Jangan kamu menyangka bahwa aku datang untuk membawa damai di atas bumi; aku datang bukan untuk membawa damai melainkan pedang”

Di masa Yesus orang-orang tidak akan membawa pedang hanya untuk mengupas apel atau pisang.

Ada satu yang buat aku penasaran sampai sekarang apakah Batak Toba keturunan Israel ?

.
.

Oh kutengku boru hasianku nalagu naserep maroha pardalan na tengko …
aku ini tulang mu , jadi tolonglah pertanyaanmu jangan bikin tulang jd stroke …
mbok ya… pertanyaanmu itu lho ? Koq bikin dongan sahuta dan raja adat gabe loak-loakon … , belum selesai kau bilang orang Kristen bawa pedang kini orang Batak kau bilang berasal dari Israel. Nanti kau bilang pula Raja Daud itu marga Sihotang krn gantengnya. Ah amang tahe …. koq ndak nyambung ngomongmu inang … ??? Sai marabalangan ho hubereng manghatai .. plis deh ah

7 01 2010
pangopu

@sujarwo tedjo
wah maaf mas,bukan bermksud tidak sopan…tetapi hanya mmberi gambaran analogi biar pak Barakuda mudah nangkep ttg ‘minum anggurna’

minum anggur banyak ===>mabuk
sholat 15 wkt(wlpn g ad) ===>kepla…,ato ….

Nah dsini kn saya hnya mengtakan sgala ssuatu yg berlebihn jadina
tdk baik bukan?
salam:-)

7 01 2010
pangopu

@bang Jeph

y gatau bang….masalahna temen2 knalan saya, yang taat sholatna 5x sehari aja udah ad cap hitam alias kapalan di dahi mereka.saya pernah tanya tuh….
nah klo 15x….udah lebih kapalan dunk,tp untungnya 5x aj ya..😀

7 01 2010
r_tobing

buahahahahahahahahahahaha……….nggak tahan aku membacanya…😀

7 01 2010
pangopu

@fitria

ah mba, emg ada ko ayatna seperti itu. saya aminin ko itu….TAPI lihat dunk,mana ada org Kristen mngartikannya buat bunuh2n…because Orang Kristen Itu Pinter2;D
tau apa mksud ayatna…
paling2 mbak fiet liat org kristen bawa pedang buat ngusir tikus di rumah;p
hehehehehe..g percaya???saya org Kristen lho,pny pedang aj g:)
..

nah yg saya liat d tipi-tipi,klo sodara2 yg islam bawa pedang ditengah jalan, udh ada mksud tertentu tuh….yg pasti manusia lh korbannya;-) bner g mbak??

salam,

8 01 2010
jephman

Coba bu Fitri baca2 artikel anthropologi, minimal ingat2 pelajaran Ilmu Sosial disekolah dulu ttg asal muasal bangsa Asia dan Melayu.🙂

Apa yg ditulis di tulisan itu, yaitu kesamaan budaya yg dikatakan mirip antara orang Yahudi dan Batak, juga terdapat diantara bangsa2 lain.

8 01 2010
jephman

Buset!!!! copy paste tulisan siapa tuh bu? Ayatnya main comot terus ditambah2kan komentar biar kelihatan kejam begitu.
Kalau ibu mau adil dan jujur, coba cek ke alkitab, apa benar ditulis spt itu😛

‘Tetapi sekarang ini, siapa yang mempunyai pundi-pundi, hendaklah ia membawanya, demikian juga yang mempunyai bekal; dan barangsiapa yang tidak mempunyainya hendaknya dia menjual jubahnya dan membeli pedang’…” (Injil – Lukas 22: 35-36)
>> Baca ayat 37nya : “Kata mereka: “Tuhan, ini dua pedang.” Jawab-Nya: “Sudah cukup.” (jelas cuma buat jaga diri bukan buat perang)

“Tetapi seorang dari mereka yang menyertai Yesus mengulurkan tangannya, menghunuskan pedangnya, dan meletakkannya kepada hamba Imam Besar sehingga putus telinganya “. (Injil – Matius 26: 51).
>> Baca ayat 52nya : Maka kata Yesus kepadanya: “Masukkan pedang itu kembali ke dalam sarungnya, sebab barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang.” jelas Yesus didak menganjurkan kekerasan

“Lihat, aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati “. (Injil – Matius 10: 16).
>> Apa yg salah diayat ini?? Yang pentingkan tulus seperti merpati. Tidak ditulis cerdik seperti merpati dan tulus seperti ular.😛

“…duduklah di sini sementara aku pergi ke sana untuk berdoa.” (Injil – Matius 26: 36).
>> Gak ada yg salah diayat ini. Komentar yg ibu kutip menambah2kan seakan2 Yesus mau perang. Padahal jelas cuma jaga diri :“Dan ia membawa Petrus dan kedua anak Zebedeus bersamanya … Lalu katanya kepada mereka … Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan aku.” (Injil – Matius 26: 37-38).

““Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cukillah dan buanglah itu … Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, maka penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa daripada tubuhmu yang utuh masuk neraka.” (Injil -Matius 5: 29-30).”
>> Ini ayat gak ada hubungannya dgn ayat diatas, entah kenapa dicomot ditaruh setelah ayat diatas, seakan2 Yesus sedang menganjurkan kekejaman. Bu Fitri perhatikan bahwa kutipan2 itu berasal dari pasal2 yng berbeda (Pasal 5 dan 26). Ayat Matius 26: 37-38 berkisah kejadian malam di Taman Getsemani, ayat Matius 5: 29-30 ini, mengisahkan Yesus sedang mengajarkan betapa seriusnya dosa yg diakibatkan nafsu kedagingan (duniawi).

8 01 2010
parhobass

-menurut penuturan2 tertentu, Orang Batak bermula dari Suku Zebulon, anak Yakub, bermigrasi setiar abad 5 SM.
– Menurut Sejarah PWI, Katolik, dari relik suatu Gereja asal Mesir, abad 6 Masehi, sudah ditemukan gereja Nestorian di sekitar wilayah Batak.
-Menurut hikayat Melayu, Islam, pertengahan abad 6, sudah ditemukan suatu kerajaan multi etnik di wilayah sekitar Barus sekarang
– Dari penelitian Kedutaan Perancis, paling tidak abad 7 sudah ada sebuah kerajaan di Barus, yang salah satu etniknya ada orang BATAK.

sekarang lagi banyak penelitian mengenai sejarah Batak.
Sampai sekarang belum ada kesimpulan.

8 01 2010
Fitri

tes komentar.

8 01 2010
jephman

Ah lae, penuturan orang tertentu itu bisa dianggap dongeng bukan bukti ilmiah.

Penyebaran gereja juga bukan karena bangsa Israel kok. Begitu juga yang dimaksud dgn berbagai suku bangsa di Barus, bisa saja India, Cina atau Arab.

Dari ciri2 fisik saja sudah berbeda jauh. Kalau mau pastinya tes DNA baru itu tokcerrrr! Janganlah kita termakan tulisan2 gak jelas yang dibuat seakan2 tulisan hasil penelitian intelek, padahal cuma penggabungan kemirip2an, itupun cuma mirip budaya yang di suku bangsa lain juga ada.

Bukan cuma sekali ini tulisan semacam itu ditulis thd orang Batak. Menurut saya tujuannya agar bangsa Batak dianggap sebagai salah satu keturunan bangsa yang paling dibenci penganut agama tertentu di negara ini. Mungkin tujuannya memang untuk membangun sentimen SARA, entah buat bikin rusuh atau apa, saya tidak tahu. Tapi yang pasti, bangsa Batak yang Kristen di negara mayoritas muslim ini bukan tidak mungkin menjadi sasaran penyebar isu sentimen SARA.

8 01 2010
parhobass

hehehe seperti kata saya lae, “Sampai sekarang belum ada kesimpulan.”.

tetapi memang sekarang sedang banyak penelitian dari luar mengenai BATAK.

– Saya ada bukunya lae, mengenai penggalian-penggalian peninggalan ‘kerajaan’ di dekat Barus, yang dilakukan oleh peneliti2 Perancis bersama peneliti Lokal<– hebatnya ini berbahasa indonesia
– Saya juga ada bukunya, berbasa inggris, peneliti Ulos, bahwa menurut dia, sungguh mungkin budaya Batak lebih tua dari yang sanggup diketahui.
-Kalau mengenai penuturan, memang agak simpang siur, itu saya kira ditarik dari budaya batak yang banyak kemiripan dengan budaya israel
– Benar lae, china, arab dan india termasuk adalah multi eknik di sekitar barus, tetapi mereka adalah pedagang-pedangan, dan tentu pedagang ada karena ada konsumen, yang kemungkinan juga produsen, yang salah satunya orang BATAK.

menarik juga memang hehehe

8 01 2010
Fitri

Bukan tulisan saya lho. Saya enggak tahu apa-apa tentang budaya Batak. Sumpah deh.

8 01 2010
Fery

– Saya ada bukunya lae, mengenai penggalian-penggalian peninggalan ‘kerajaan’ di dekat Barus, yang dilakukan oleh peneliti2 Perancis bersama peneliti Lokal<– hebatnya ini berbahasa indonesia

Jwb: apa dibuku itu dibuktikan: Batak = keturunan Yahudi?

-Kalau mengenai penuturan, memang agak simpang siur, itu saya kira ditarik dari budaya batak yang banyak kemiripan dengan budaya israel

Jwb: apa kemiripan itu cuma batak yang sama?

– Benar lae, china, arab dan india termasuk adalah multi eknik di sekitar barus, tetapi mereka adalah pedagang-pedangan, dan tentu pedagang ada karena ada konsumen, yang kemungkinan juga produsen, yang salah satunya orang BATAK.

Jwb: apa itu berarti batak = keturunan Yahudi?

Jangan berfikir sperti mbok Fitri lae.

8 01 2010
parhobass

1. kalau soal tegar tengkuk dan ‘jogal ni rungkung’ saya kira Batak=Yahudi.

2. dan juga patut dipertimbangkan, kenapa Batak (Toba) terpilih oleh TUHAN menjadi umatNYA, sementara ia dikelilingi oleh kekuatan agama lain yang pada waktu itu sangat kuat , Padri di Selatan, Aceh di utara, Melayu di Barat ???? Kenapa begitu Kristen masuk koq langsung klop? kepikiran ngga? hehehe

3. Batak bangga keras kepala (kebanyakan), Yahudi juga bangga dengan jugulnya (kebanyakan), sama kan? hehehe

tetapi, saya ulangi:
“Sampai sekarang belum ada kesimpulan.” sayapun berpikiran yang sama.
yang pasti kesimpulan yang benar adalah..

Saya, orang batak, menjadi anak abraham karena keturunannya di dalam roh.

8 01 2010
jephman

Kesimpulan jelas sudah ada lae : Tulisan itu tidak membuktikan bahwa Batak adalah keturunan Yahudi.

Hanya karena ada sedikit persamaan watak pun, di suku bangsa lain banyak yg keras kepala. Suku bangsa lain pun banyak yg terpilih menjadi kristen (Manado, Suku Sunda di Kuningan, orang Papua, NTT, eks Timor-Timur) kemiripn2 ini banyak juga dimiliki suku bangsa lain di dunia.

“Saya, orang batak, menjadi anak abraham karena keturunannya di dalam roh.”
>> Sama juga dengan suku lain yang beragama Kristen.
Bahkan orang Arab yg kebanyakan muslimpun adalah keturunan Abraham dari istrinya Hagar lebih berhak dikatakan keturunan Israel secara biologis.

8 01 2010
parhobass

saya juga berharap demikian lae. apa untungnya kita keturunan Yahudi, kalau ternyata benar, berarti nenek moyang kita adalah pembunuh nabi2 dan pemberontak….

sekalilagi, jahat koq bangga hehehhe..

sedikit koreksi ajah lae:
Bahkan orang Arab yg kebanyakan muslimpun adalah keturunan Abraham dari istrinya Hagar lebih berhak dikatakan keturunan Israel secara biologis.
Israel itu keturunannya Yakub karena Yakub=Israel, bukan Abraham…

silap ajah kali…

saya hanya menguti Roma 4 lae,
kita dijadikan anak abraham bukan karena keturunan lahiriah, tetapi karena memiliki iman yang sama, atau keturunan rohaniah..

Horas ma di hita, manang shalom alenu ninna si Musa pinompar ni Israel i

8 01 2010
Fery

Maksud bang Jephman, orang Arab itu keturunan Abraham dari Ismail anaknya Hagar. Yang menurunkan bangsa Kedar dalam Perjanjian Lama dan menjadi bangsa Arab sekarang. Jd orang Arab itu keturunan Yahudi (Abraham) scr biologis.

8 01 2010
parhobass

Sedikit koreksi juga lae Fery,

Jd orang Arab itu keturunan Yahudi (Abraham) scr biologis.

Yahudi itu diambil atau dirunut dari nama Suku Yehuda+suku yang berafiliasi di Kerajaan Israel Selatan, Abraham lebih cocok disebut orang Ibrani, bukan Yahudi. Yakub=Israel,Israel terpecah menjadi dua, Kerajaan Utara=tetap disebut Israel, ibukotanya Samaria, Kerajaan Selatan=Yehuda ibukotanya Yerusalem….. Ingat waktu Yesus bertemu orang Samaria? dan gimana reaksi murid2?

silap ajah kali…

8 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Jephman

Pak Sujarwo, pengasih bukan berarti gak bisa bercanda dan marah kalau diprovokasi pak. Yang pentingkan tidak diajarkan “Penggallah dan potong ujung2 jari kafir kalau mereka melawan”

>>> wehwhwhweehehe
sedikit2 anda mengutip satu ayat tanpa mengerti maksudnya…
justru sebaliknyapun agama Kristen dapat melakukan hal sama jikalau ada kesempatan. Kita harus bedakan situasi ayat pd waktu itu di keluarkan ??? ngerti ndak sampeyan ??
Pasti ndak ngerti … dasar idiot sampeyan

8 01 2010
lovepassword

Yang pasti bener itu kalo orang Batak keturunan Adam dan Hawa.🙂

9 01 2010
r_tobing

orang batak itu ‘saudaranya’ si-Laban, pamannya si Jakkob…huahahahaha😀

9 01 2010
Emanuel Setio Dewo

GPS = GOD’s Pointing Star

Keren…

11 01 2010
Fery

Yg idiot itu yg tidak mengerti “Penggallah dan potong ujung2 jari kafir kalau mereka melawan” diartikan agama damai dan toleran

Sedangkan “Kasihilah Musuhmu” jadi kesempatan untuk ““Penggallah dan potong ujung2 jari kafir kalau mereka melawan”

dasar idiot

11 01 2010
r_tobing

pak berarti ayat2 itu hanya berlaku untuk jangka waktu tertentu, dengan kata lain tidak berlaku sepanjang masa (kekal abadi)? kan katanya datang dari tuhan??

11 01 2010
Fitri

Mutar balikkan fakta nih. Ayat itu bercerita semasa kejadian perang, karena muslimdiserang duluan. Maka turunlah ayat tersebut dan berlaku disaat perang itu. Ngerti? Nggak?

Masa ayat yang bercerita tentang perang tersebutharus dilaksanakan pada saat situasi yangberbeda? Capek deh.

11 01 2010
Fitri

Ah…emang iya tuh Batak keturunan Israel. Enggak heran kalau orang Batak keras sikapnya. Coba tunjukkan sukubangsa lain di Indonesia yang mirip dengan Israel.

11 01 2010
pangopu

hahahaha…
emg capek liat komentar na mba fitri….lha tu dia yg dijawab r_tobing..😉

agooooooiamannnng,

11 01 2010
r_tobing

Ah…emang iya tuh Batak keturunan Israel. Enggak heran kalau orang Batak keras sikapnya. Coba tunjukkan sukubangsa lain di Indonesia yang mirip dengan Israel.
>>>kalau ngomong soal keras, kayanya orang madura lebih keras tuh mbak…

11 01 2010
r_tobing

mba fiet, kalau menjawab, jawablah dgn pernyataan baru. jangan mengulang pertanyaan sebelumnya . 🙂
nanti diskusi kita ga maju2..
hehehe

12 01 2010
pangopu

mabk fiet…org kalimantan lebih keras ah,…

15 11 2010
sofia

slamat natal smuanya,,,,,,,,ImaNUEL

28 01 2011
rizal

iya Mas tedjo salah tulis kayaknya, SAW hanya untuk Nabi Muhammad SAW

2 04 2013
Anonim

kenapa gk tahan lae,karna texs nya terlalu panjang atau karna emang kalimatnya gk setuju,,,,,

12 04 2014
nando

Mungkin sy perjaya kalau sk btk keturunan suku israel berikan dulu bukti kalau sk btk adalah kuturunan sk israel kutunggu kepastian yang jelas biar saya perjaya sk btk adAlah kuturunanbangsa israel….???¢

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: