Pemkab Purwakarta Cabut Izin Gereja Katolik Stasi Santa Maria

23 10 2009

Berbagai alasan digunakan agar gereja tidak berdiri, saya jadi ingin tahu berapa tanda tangan yang diperlukan untuk membangun diskotik, panti pijat dan bar ?
==============================================

Gereja-Katolik-Stasi-Santa-MariaPurwakarta – Izin pendirian gereja Katolik Stasi Santa Maria yang akan dibangun di Desa Cinangka, Kecamatan Bungur Sari dicabut oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Pendirian gereja Katolik Stasi Santa Maria tersebut sejak semula telah mengantongi surat izin pendirian tempat ibadah umat nasrani dan telah ditandatangani oleh Bupati Dedi Mulyadi

Jaenal Arifin, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Purwakarta, Senin (18/10), mengatakan surat pencabutan izin tersebut bernomor 503/2601/BPMPSP/X/2009 tertanggal 16 Oktober 2009, tentang Pencabutan Persetujuan Izin Prinsip Rumah Ibadah Katolik Stasi Santa Maria yang ditandatangani langsung Bupati Dedi Mulyadi, seperti dikutip Kompas Interaktif.

Lebih lanjut Jaenal menjelaskan bahwa pencabutan surat izin tersebut didasarkan pada hasil survei lapangan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan Departemen Agama Kabupaten Purwakarta.

Persyaratan khusus pemberian izin pembangunan suatu rumah ibadah memiliki jemaah minimal 40 orang juga telah dipenuhi,”ujar Jaenal.

Namun, dalam persyaratan teknis, diwajibkan mendapatkan persetujuan minimal 60 warga di lingkungan lokasi rumah ibadah itu akan dibangun, izin RT dan RW serta dukungan masyarakat sekitar yang disertai KTP dan IMB. “Dalam perkembangan terakhir, persetujuan warganya hanya 45 orang,” tukas Jaenal. “Makanya dianggap cacat.”

Hadi, salah seorang panitia pembangunan gereja Stasi Santa Maria, enggan berkomentar banyak prihal pencabutan surat izin pembangunan gereja oleh Bupati Purwakarta tersebut. “Kami tidak akan mengambil tindakan apa pun, karena persoalannya sudah diserahkan kepada pihak pengacara,” ujar Hadi.

Ketua Komunikasi Kristiani Jakarta (FKKJ), Theophilus Bela mengatakan kepada Kristiani Pos, Selasa (20/10) dengan tegas membantah adanya penolakan warga terhadap rencana pembangunan gereja Stasi Santa Maria di Purwakarta, yang mengakibatkan Bupati Purwakarta mencabut izin pembangunan.

Theophilus Bela juga mengutip keterangan yang diperoleh dari Romo Agustinus Made, Kepala Paroki Salib Suci yang menyebutkan bahwa izin pendirian gereja tersebut telah mendapat dukungan tanda tangan dari 60 warga. Namun, karena takut akibat teror dari kelompok Front Pembela Islam (FPI) mengakibatkan jumlah warga yang telah menandatangani dukungan menyusut menjadi 45 orang ketika pihak FKUB dan Depag Pemkab memanggil mereka.

Aksi teror FPI menolak pembangunan gereja Katolik Stasi Santa Maria tersebut telah dimulai sejak bulan Ramadhan lalu, dan masih berlanjut sampai saat ini,”ujar Theophilus Bela.

Romo Agustinus Made, Selasa (20/10) menurut rencana akan bertemu dengan Kepala Keuskupan Bandung guna membahas mengenai masalah pencabutan izin pendirian gereja Katolik Stasi Santa Maria. (Sumber: Christianpost.com)?


Aksi

Information

292 responses

23 10 2009
lovepassword

Yah kalo memang kenyataannya memang gicu, yah turut prihatin sajalah.

Saya sendiri juga kadang heran mengapa juga ijin mendirikan tempat ibadah bisa jauh lebih sulit ketimbang ijin membuka diskotik.

Tampaknya kita semua berpikir bahwa lebih baik orang lain itu jadi ateis atau dipaksa jadi ateis atau dansa-dansi gimana gicu nggak usah beribadah ketimbang pemeluk agama lain bisa menjalankan ibadahnya. Hi Hi Hi.

Oke deh
SALAM

See You.

23 10 2009
Fery

Paling-paling jawaban muslim: “yang salah kan kamu tanda tangan ga lengkap” (memangnya bangun mushola/mesjid minta tanda tangan?) atau jawaban “FPI kan bukan kita”, biasalah lipservice “turut prihatin” tapi ga nolong alias lempar kambing hitam sembunyi tangan🙂

23 10 2009
lovepassword

Ngapain lempar2 kambing sih. Mendingan di gulai juga enak. Gini tak bantu deh, tetapi bantunya ide saja lha wong bisanya mbantu ide kok.

Lain kali yah kalo syarat tanda tangannya minimal 60 atau berapa kek, carilah tanda tangan 2 kali lipat. Jadi yah 120 lah.

Ini bukan gw nyindir elo, cuma sekedar tips manajemen resiko sajalah.🙂

Didengar boleh nggak juga boleh.

Suka suka kalian deh.

SALAM
GBU

23 10 2009
arnold86

:nohope: entah ada apa sama negeri ini…

23 10 2009
frozen

Artikel yang informatif sekali.

Bahkan ketika kemarin saya melewati kota Cimahi, Bandung, masyarakat Islam di situ memasang spanduk bertuliskan; “KAMI MENOLAK DIDIRIKANNYA TPUK (TAMAN PEMAKAMAN UMUM KRISTEN)!” – entah karena alasan apa. Spanduknya banyak sekali, malang-melintang. Jangankan umat Kristen, saya yang muslim saja tertegun dan tak habis pikir.

Saya sendiri tak tahu harus berbuat apa. Tapi dari sini saya kian memaklumi kenapa umat Kristiani begitu geramnya dengan Islam. We deserve it.

23 10 2009
dongan

Tetap berdoa untuk negeri ini, bagaimanapun sudah tidak ada harapan lagi untuk negeri ini berubah!
Berdoa untuk FPI, MMI, Ustad Abu Bakar Baasyir, Laskar Jihad, NII, dsb. Masih ada sedikit harapan jika kita bersandar dalam doa kepada Tuhan Allah karena Roh Kudus yang akan berbicara mengenai perlakuan mereka pada anak-anak Allah di negeri ini.
GBU

23 10 2009
nandosimo

mungkin ada rencana Tuhan di balik kejadian ini. masih ada sisi positifnya koq, seandainya dari dulu gereja terlalu mudah didirikan di tempat-tempat sulit itu, pasti hari ini sudah banyak gedungnya yang ikut runtuh dihancurkan bencana alam.

ingat lagu anak sekolah minggu:

“Gereja bukanlah gedungnya..
dan juga bukan menaranya..
aku gereja, kamu gereja..
gereja adalah orangnya..”

Kerajaan-Nya ada di antara kita.

23 10 2009
dongan

Mohon disebarkan. Ada yang sedang bergerak dan meniru Sumpah Pemuda.

Sumber:
http://hizbut-tahrir.or.id/2009/10/19/5000-mahasiswa-bersumpah-akan-berjuang-menegakkan-negara-khilafah-di-indonesia/

5000 Mahasiswa Bersumpah akan Berjuang Menegakkan Negara Khilafah di Indonesia

Demokrasi, demokrasi, demokrasi pasti mati…
Demokrasi, demokrasi, demokrasi pasti mati…
Khilafah, Khilafah, akan tegak kembali…
Khilafah, Khilafah janji Allah yang pasti…

Itulah salah satu yel-yel yang dinyanyikan lebih dari 5000 mahasiswa-mahasiswi Islam dari berbagai perguruan tinggi dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Ambon, Papua, Bali, Madura dan Jawa dalam Kongres Mahasiswa Islam Indonesia (KMII), Ahad (18/10) di depan Basket Hall, Senayan, Jakarta.

Dengan penuh semangat, dari pagi hingga matahari tepat di atas kepala, mereka berulang kali melompat-lompat menerikan yel tersebut di sela-sela orasi para cendikiawan Muslim diantaranya adalah Fahmi Amhar, Dwi Condro Triono dan Fahmi Luqman di samping orasi dari para perwakilan mahasiswa.

Meskipun tidak turut melompat-lompat, sekitar seribu mahasiswi yang berdiri di sebelah kanan yang terpisah secara tegas dengan barisan mahasiswa, tidak kalah semangatnya, sambil mengangkat tangan terkepal, seirama menerikan yel tersebut.

Itulah salah satu ciri yang membedakan mahasiswa Islam dengan mahasiswa sekuler. Sehingga bukan hanya di masjid, barisan laki-laki dan perempuan terpisah. Di lapangan terbuka pun hukum Islam terkait dengan interaksi pria-wanita tetap diamalkan. Sehingga campur baur yang biasa terjadi dikalangan mahasiswa sekuler, tidak akan ditemukan dalam kelompok mahasiswa yang menjunjung tinggi syariah Islam.

Tonggak Perubahan

Kongres yang diselenggarakan Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus (BKLDK) tersebut ialah sebagai koreksi atas pergerakan mahasiswa yang selama ini ada. Kongres menilai pergerakan mahasiswa yang ada selama ini lebih bersifat pragmatis dan demi kepentingan sesaat.

Fenomena itu bisa dilihat dari berbagai angkatan termasuk mahasiswa angkatan ’98 maupun ’66. Demi kepentingan perut semata mereka berebut kursi kekuasaan mengorbankan idealisme mereka sendiri ketika masih mahasiswa.

Bahkan lebih jauh dari itu, seperti yang dinyatakan Erwin Permana, Koordinator Badan Eksekutif Nasional BKLDK kepada Media Umat di sela-sela kongres, KMII ini merupakan koreksi total terhadap Sumpah Pemuda yang dilaksanakan pada 28 Oktober 1928 lalu.

KMII ini merupakan momentum dan tonggak perubahan sejarah mahasiswa atau pemuda kelak. “Kita bisa mengambil pelajaran dari Sumpah Pemuda 1928, sumpah tersebut dapat membawa arus perubahan dalam pergerakan pemuda untuk lepas dari penjajahan yang ada saat itu,” ujar mahasiswa pasca sarjana UI tersebut.

Sumpah Pemuda mengubah persepsi para pemuda sehingga sadar dan bangkit bersama-sama mengusir penjajah. Namun sayangnya, mereka hanya berhasil mengusir penjajahan militer. Sedangkan penjajahan di bidang lain seperti penjajahan dalam bentuk politik, ekonomi, pergaulan, dan pendidikan masih terus berlangsung hingga saat ini.

Itu bukan karena perjuangan mereka yang melanggar sumpah. Tetapi konteks sumpahnya itulah yang bermasalah sehingga mereka hanya berkutat pada perjuangan melawan penjajahan militer.

“Sehingga kalau kita lihat konteks Indonesia kekinian memang penjajahan secara fisik itu tidak ada, tetapi secara ekonomi, politik, budaya, kita dijajah. Mengapa penjajahan non fisik ini tetap ada? Karena memang intelektual kitalah yang dijajah,” ujarnya.

Oleh karenanya, Erwin menandaskan pemuda sekarang haruslah sadar dan bangkit secara intelektual. Terkait dengan itu, mahasiswa Islamlah yang sudah seharusnya menjadi garda terdepan dan menjadi motor penggerak untuk menyatukan dan membangun visi intelektual menuju Indonesia yang lebih baik.

Terbebas dari penghambaan terhadap manusia sehingga hanya perintah dan larangan dari Allah SWT saja yang layak diikuti karena memang hanya Allah SWT yang layak disembah seperti yang telah dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW.

Jadi pergerakan mahasiswa Islam ke depan bukanlah perjuangan revolusioner radikal yang memiliki cita-cita pendek dan dangkal yang akan menggantikan sistem yang satu dengan sistem buatan manusia lainnya. Bukan pula perjuangan yang hanya menggantikan penguasa tiran dengan penguasa tiran lainnya.

Akan tetapi pergerakan mahasiswa Islam ideologis. Berjuang dengan misi pembebasan umat manusia. Membebaskan manusia dari penyembahan kepada manusia menuju penyembahan kepada Allah, Tuhannya manusia. Membebaskan manusia dari sistem buatan manusia menuju sistem buatan Allah SWT, Tuhan semesta raya.

Sumpah Mahasiswa

Semua duduk, hening, khusyu’ saat dibacakan ayat-ayat suci Alquran bahkan menangis ketika dibacakan do’a. Namun sorak sorai kembali membahana ketika mereka meneriakkan, “Allahu Akbar…! Allahu Akbar…! Allahu Akbar…!”

Mendekati puncak acara, yakni pembacaan Sumpah Mahasiswa, matahari semakin terik membakar, mendidihkan jiwa muda mereka yang semakin muak dengan sistem kufur yang selama ini diterapkan di Indonesia dan negeri-negeri Muslim lainnya.

Maka selain takbir dan yel Khilafah janji Allah yang pasti, dengan penuh semangat mereka pun meneriakan, “Demokrasi… hancurkan…! Kapitalisme… hancurkan…!”, “Sosialisme… hancurkan…! Komunisme… hancurkan…!”,

Mereka pun sangat rindu penerapan syariah Islam secara kaffah dalam naungan Khilafah menggantikan sistem buatan manusia yang selama terbukti secara telak sangat menyengsarakan manusia di dunia ini. Apalagi di akhirat nanti seperti yang telah Allah SWT tegaskan dalam Alquran.

Maka dengan tubuh yang bermandikan peluh dengan lantang mereka meneriakan, “Syariah… tegakkan…!, Khilafah…Tegakkan…!”. Allahu Akbar… kemudian teriakan “khilafah, khilafah, khilafah…!” bergemuruh.

Tibalah acara puncak, semua peserta mengankat tangan kanannya dan mengacungkan jari telunjuk seraya bersumpah dengan sepenuh jiwa. Membaca serentak lima butir sumpah.

Mereka akan terus berjuang tanpa lelah untuk tegaknya syariah Islam dalam naungan Negara Khilafah Islamiyah di Indonesia dan negeri Muslim lainnya secara intelektual dan tanpa kekerasan.

Mereka pun bersumpah dengan sepenuh jiwa bahwa perjuangan itu dilakukan bukan karena sebatas tuntutan sejarah. Namun lebih dari itu. Perjuangan yang mulia tersebut merupakan konsekuensi iman yang mendalam kepada Allah SWT. (mediaumat.com ,19/10/2009)

24 10 2009
Garfield

Luar biasa sekali…kog masih ada orang-orang seperti mereka ya?

24 10 2009
onanon

tiada kata terindah selain:
“subhanallah agama Rahmatan Lil ‘Alamin beraksi “

24 10 2009
kerajaanagama

Semoga permasalahannya cepat usai.

24 10 2009
Horas

Setiap Daerah yg menentang kekristenan akan kena bala. Spt di Aceh, Sumbar, Jawa Barat dan Situ gintung… Daerah itulah yg sering menolak gereja, membakar dan merusak. So tunggu aja bala selanjutnya ke daerah Purwakarta.

24 10 2009
CosmicBoy

Muslim-muslim, inilah kesempatan bagi kalian untuk membuktikan bahwa Islam bisa hidup harmonis dgn agama2 lain.

Jadi, seharusnya kalianlah yg prihatin.

Karena tindakan itu merusakkan citra Islam.

24 10 2009
rodrymikhael

gak ngertilah aku nengok kawan kita ini…

24 10 2009
gabenamora

TIDAK ANEH……n SAYA TIDAK KWATIR betul apa yg disampaikan Lae nandosimo
“Gereja bukanlah gedungnya..
dan juga bukan menaranya..
aku gereja, kamu gereja..
gereja adalah orangnya..”
dan SAYA MENDOAKAN “mereka”…………

24 10 2009
JEFRI RUBEN PANGGABEAN

Pasal 29 ayat 2 sudah dilanggar, Pancasila sila 1 juga dilanggar, berarti UUD juga sudah dilanggar. Hidup di Indonesia tidak pernah merdeka seutuhnya selalu ada penjajahan. Tidak heran lagi setiap pembangunan gereja selalu dihalang – halangi. Tapi lihat pembangunan mesjid dengan pungutan liar ditengah jalan raya dan sampai mengganggu pengguna jalan raya. Siapa yang mau bertanggung jawab. Presiden pun tutup mata dan membiarkan ini semua terjadi dan berkepanjangan

26 10 2009
dayak

dear moderator…, saya adalah pendatang baru di forum ini
mohon diijinkan berbicara…

@lovepassword

“…..Lain kali yah kalo syarat tanda tangannya minimal 60 atau berapa kek, carilah tanda tangan 2 kali lipat. Jadi yah 120 lah.

Ini bukan gw nyindir elo, cuma sekedar tips manajemen resiko sajalah. ”

alangkah bijaksananya jika anda tidak berbicara seperti ini.

pernahkah anda berpikir, bagaimana jika anda mengalami
hal ini, dan mendapatkan comment seperti ini?

saya rasa masih banyak kata2 yg bisa anda ucapkan
untuk menunjukkan anda lebih bijaksana.

apa yang umat muslim khawatirkan jika berdirinya sebuah gereja
di daerah / disekitar anda?

saudaraku umat muslim yang terkasih…,
jika anda sudah tau bahwa sesuatu itu
benar dan mutlak…, kenapa harus takut dan khawatir?
kenapa segala sesuatunya harus ditutupi?

apakah negeri ini harus mengalami seperti yang dialami
oleh kota Sodom dan Gomora?
(read the bible please…) 🙂

@frozen:

“Saya sendiri tak tahu harus berbuat apa. Tapi dari sini saya kian memaklumi kenapa umat Kristiani begitu geramnya dengan Islam. We deserve it.”

terimakasih atas penghiburan anda.

sebenarnya anda masih bisa berbuat sesuatu untuk hal ini…
mulailah dari hal kecil di sekitar anda.

berikanlah penyadaran, apa arti toleransi antar umat beragama.
anda tidak dapat hanya berdiam diri. (apakah itu menyelesaikan masalah?)

dan kembali saya ulangi…, kenapa kita harus takut
untuk mengenal sebuah kebenaran dan mengecapnya?

anda tidak akan tahu rasa sebuah jeruk,
apakah itu asam atau manis….,
JIKA ANDA TIDAK MENCOBANYA

semoga Tuhan memberkati Frozen dan lovepassword
🙂

26 10 2009
Fery

Sudah pasti dicari 2 kali lipat, tp kenyataannya mereka memang anti toleransi.
Tidak perlu FPI untuk menghambat, tanpa FPI pun jumlah mereka yang mau tanda tangan memang sedikit….

26 10 2009
kerajaanagama

Yap betul!!! Mau melakukan shalat di Masjid saja banyak Kristen yang protes dengar suara azan. Sementara hari minggu pagi, Muslim sudah disuguhi nyanyian gereja.

Satu satu aku cinta Bapa

Dua dua aku cinta Paulus

Tiga tiga aku cinta Yesus.

Satu dua tiga trinitas is the best.

26 10 2009
Fery

Ini pasti ibu Fitri. Ketahuan dari cara bicara & berpikirnya ya gitu deh hehehehe

26 10 2009
borusibarani

Kalo di banjarmasin, corong gereja di arahkan ke luar ya mbak? kalau di sini suara gereja tidak terdengar dari luar. pindah saja ke jawa mbak, biar nggak berisik…

Sebaiknya ngajuin ijin gereja saja sama mbak fietria saja deh … mbak khan sudah pernah berkata kalau mengajukan ijin mendirikan gereja ke mbak fietria nggak akan di tolak…. ok mbak fietria?

26 10 2009
lovepassword

Ini saran sekali lagi saran. Jangan diartiken nyindir yah . Kadang ada kelompok yang berlaku terlalu eksklusip tidak dekat dengan lingkungan. Tidak memberi konstribusi dengan lingkungan. Lha ketika anda tidak dekat tahu2 minta tanda tangan. Yah tentu saja hanya sebagian kecil saja yang bersedia. Islam di Indonesia secara umum itu toleran. Cuma memang kadang berlaku mayoritas diam. Tetapi secara umum jelas toleran. Lha ketika malam Natal saja banyak anak2 muda NU dan Muhammadiyah yang mau njagain gereja kok. Gereja di bom mereka juga kena bom.

Saranku yah : Berikanlah konstribusi terhadap lingkungan dengan jujur dan tulus. Ingat yah jujur dan tulus : Bukan sekedar obral sembako untuk jualan kecap.

Kalo anda semua sudah bersikap demikian, anda nawaitunya baik tetapi masih banyak hambatan. Itu batas maksimal dengan niatan baik tetapi masih banyak hambatan. Ya serahkan saja sama Sang Maha Kuasa. Konsepnya kan manusia berusaha Tuhan menentukan.

Itu saja .

Tetapi sejak awal harapanku sih hilangkan dulu prasangka buruk. Lha kalo minta tanda tangan saja sudah berburuk sangka gimana ada yang mau ngasih.
Selalu berpikir positif bahwa anda berhadapan dengan manusia-manusia ciptaan Tuhan yang setidaknya sama baiknya, sama tulusnya dengan anda. Dengan niatan yang baik semoga endingnya baik.

Saya tidak mengatakan berita ini bohong, dll. Saya cuma menyarankan anggap saja ini ujian buat kalian semua.🙂

Muslim di Amerika, di London, dsb juga mungkin mengalami nasip yang sama apesnya dengan kalian. Tabahlah tetapi tidak perlu paranoid atau berburuk sangka. Dinamika sosial yah kadang memang seperti itu. Itu gejala sosial biasa yang memang mestinya bisa dikendalikan tetapi bukan berarti mudah dikendalikan. Bila perlu bagus juga kalo ada yang mau ngobrol sama FPI. Berdialoglah dengan hati ke hati. Nggak usah modelnya kepala kambing diadu sama kepala domba. Yang mengaku kasih ya tunjukkan yang ngakunya Rahmatan lil Alamin ya tunjukan itu dengan diskusi yang bermartabat dengan niat baik dan tanpa prasangka.

SALAM Semuanya

27 10 2009
istanaputri

Kalau gereja disini bukan pakai corong tapi pakai organ yang dipasangi pengeras suara seperti alat musik anak band. Terus pintunya dibuka lebar-lebar.

27 10 2009
jephman

Memang indah kalau pak Lovepassword berkata-kata…walaupun entah siapa yg dimaksud berburuk sangka. Apa waktu minta tanda-tangan mereka berburuk sangka? Saya yakin tidak, (kalau ya, buat apa minta?) kalau sudah diminta lalu yng memberi tanda tangan sedikit, itu normal kalau kita mulai berburuk sangka (Gak perlu FPI turun tangan pun sudah sedikit yang memberi tanda tangan)

Lantas ada Pak password yang cerdas dan bijaksana : “Makanya jangan obral sembako dan jualan kecap” <<saya yakin pendapat Pak password ini juga tidak berburuk sangka hehehe:) belum lagi perkataan "makanya jangan minta cuma 60" itu juga bukan prasangka buruk deh hehehehe

Entah dimana pak Password mendapat info ada muslim disulitkan membangun masjid di amerka dan london. Kalau ada, mohon pak Password posting disini supaya kami bisa menyimak dari mana asal-usul balas dendam seperti itu.

27 10 2009
Fery

Yang pasti saya turut prihatin dengan keadaan ini. Marilah kita toleransi terhadap pemeluk agama lain yang menjalankan ibadahnya. Salam.

28 10 2009
borusibarani

@lovepassword.
Masalah tulus dan tidak tulus harus terjadi antara 2 belah pihak yang memberi dan mneerima. kalau yang memberi tulus tapi yamg nenerima penuh keraguan dan tidak tulus, terus bagaimnana?..
sama seperti mbak fietria, dia selalu teriak-teriak bahwa blog ini sedang kristenisasi ..padahal tidak ada bukti bahwa kami sedang melakukan hal itu, terus yang diterima yang mana?, sejak dia belum teriak-teriak kami sudah ada dan belum ada yang menjadi kristen karena blog ini khan?.

Masalah kontribusi ke lingkungan, kami selalu melakukan cuma bedanya tidak perlu di ekspos seperti kalian, masuk koran atau televisi… (takutnya nanti di kira KRISTENISASI).

Coba baca berita ini, tentang kegiatan gereja GKJ Manahan Solo, yang sudah berlangsung selama 13 TAHUN, tia-iba di hentikan oleh kapolwiltabes yang baru datang. dan lihat reaksi masyrakat di sana ketika program tersebut di tutup…

Sumber:
1. http://www.solopos.com/2009/solo/elemen-masyarakat-pertanyakan-penghentian-penjualan-nasi-murah-gkj-manahan-3962

2. http://baltyra.com/2009/09/01/nasi-murah-berkah-masalah-atau-kristenisasi/

Bagaimana menurut anda? TULUS atau TIDAK TULUS YANG KAMI LAKUKAN?

syaloom…

28 10 2009
jakpurut

Se­kolah Tinggi Theologi Injili Arastamar (Setia) juga mengalami hal yang sama…..

28 10 2009
parhutahuta

memang sudah tak dapat diterima dengan akal sehat seperti apa perilaku atau perbuatan dari sebagian besar orang2 yang mengaku agama damai itu . Itu tak lebih dari perbuatan yang biadab, yang sudah melanggar HAM.

namun beberapa alasan kenapa mereka menolak pembangunan gereja, antara lain:
1. Takut dengan ajaran Yesus Kristus. jadi dia (si penolak)membuat jarak yang sejauh mungkin dari dia.
2. Takut jika nantinya dia (si penolak) menjadi pengikut Yesus Kristus, karna dia pasti sudah tau, bahwa hanya TUHAN lah yang sanggup membukakan mata setiap orang untuk boleh mengenal DIA.
3. Takut jika bangsa ini menjadi bangsa yang penuh dengan KASIH. Jadi dia tak bisa melakukan tindakan sesuka hatinya.

jika memang tidak ada hal yg ditakutkan :
1. Kenapa ada larangan pembangunan gereja?
2. Kenapa harus muncul peraturan, harus ada tanda tangan warga?
3. Kenapa pengurusan birokrasi selalu dipersulit?

Salam

28 10 2009
lovepassword

Konteksnya itu saya menyarankan apa yang menurut saya bisa berguna bagi kalian. Jadi jangan diartiken nyindir yah.

Tema besarnya mungkin bukan bales dendam. Tetapi secara sosiologis gini yah : Ada kelompok mayoritas dan minoritas. Keduanya ingin berkembang, lalu timbul friksi. Intinya gicu . Lha ini bisa terjadi dalam banyak sisi. Agama hanya salah satu di antaranya. Lha tugas tidak mudah pemerintah adalah menjembatani itu.
Masalahnya tidak sekedar legal formal tetapi juga substansial. Ditambah memang ada juga aparat pemerintah yang berpihak sesuai dengan latar belakang masing2. Maka membuat masalah ini kompleks.

Dari kacamata yang lebih netral, saya rasa ini sesuatu yang bisa kita lihat bersama. Tidak ada yang selalu jadi korban, tidak ada juga yang selalu jadi terdakwa.
Kristen di sini mungkin terpinggirkan dari sisi kesulitan membangun tempat ibadah. Islam mungkin merasa terpinggirkan dari sisi lain, misalnya batasan dalam mengenakan jilbab di Prancis misalnya. Apakah ada hubungan saling balas ? Mungkin ada tetapi esensinya saya rasa bukan di situ. Intinya masing2 pihak punya target yang sama , lha kemudian kan rebutan tuh . Lha timbul friksi benturan sosial.Itu gejala sosial umum yang terjadi di antaranya terjadi dalam hubungan antar agama. Tetapi bukan berarti bahwa masalah ini hanya bisa terjadi pada agama.
Hubungan antar suku bisa memicu friksi, hubungan antara pendatang dan penduduk setempat bisa memicu friksi dsb.

SALAM

29 10 2009
jephman

@ Lovepassword

Saya yakin kacamata pak Lovepassword akan lebih NETRAL jika melihat di daerah yang sebagian besar dihuni minoritas. Teori pak Lovepassword itu akan runtuh dengan sendirinya manakala yg muslim dengan bebas mendirikan masjid/mushola tanpa minta tanda tangan, menyetel Alquran keras2, pengajian ramai-ramai tanpa ada yang memprotes dan merasa terganggu. Apa disitu tidak ada target yang sama? Apa disitu yang kafir merasa jadi mayoritas dan terganggu? Ataukah memang perbedaan SIFAT dan KARAKTER penganut agama dipengaruhi agamanya?

Masalah jilbab di Perancis itu juga terjadi sama dengan penganut agama lain: Yang katolik dilarang memakai salib, Yang yahudi dilarang memakai topi khas Yahudi, Yang agama Sikh dilarang memakai sorban, dll.
Apakah mereka menuntut balas dinegaranya masing2 atau minimal seperti pak Password yg mengeneralisir masalah ini menjadi “rebutan” dan “friksi”. Kalau pak Lovepassword mau berkacamata netral dalam hal ini lihat juga apakah di negara2 mayoritas muslim boleh bebas mendirikan gereja??

Netral itu tidak sama dengan menyamaratakan permasalahan, pak Lovepassword.

29 10 2009
lovepassword

@Saudara Jephman : Saya bisa menerima sebagian pendapat anda. Masalah Prancis, London dsb saya rasa juga memang tidak terlampau benar jika Islam satu-satunya yang dijadikan target,🙂

Tetapi gini yah : Kita tidak bisa memungkiri bahwa di banyak negara memang ada faksi2 kelompok agama termasuk yang duduk di pemerintahan , punya power dsb yang sedikit banyak bisa ikut bermain menentukan kebijakan.

Di Barat juga ada banyak partai fundamentalis Kristen, lha setahu saya mereka ini juga termasuk biang keonaran. Anda bisa lihat di banyak negara Barat, di Belanda, australi, Inggris, dll yang toleran itu umumnya dari partai2 sekuler bukan partai Kristen.

Kalo anda mengatakan Barat relatip toleran iya. Tetapi juga bukan Kristen yang toleran. Barat itu kebanyakan sekuler. Ketika pada waktu lampau Barat belum sekuler, Barat juga tidak bisa dibilang toleran. Lha justru saking tidak tolerannya Barat ketika didominasi Kristen, sering berantem, dsb maka masyarakat Barat menjadi lelah sehingga timbullah salah satunya paham2 perlawanan semacam sekularisme, liberalisme, dsb.

Sekularisme itu kan perlawanamn terhadap agama aslinya kan , tadinya idenya kan sebagai antitesis dari agama yang sering berantem.

Tetapi yang namanya sekuler tentu juga ada sisi baik dan buruknya. Sisi baiknya : Sekuler terbukti lebih toleran dari kelompok agama fundamentalis apapun agamanya termasuk Islam dan Kristen. Sisi jeleknya : Kita juga secara konsisten melihat bahwa maraknya freesex, hedonisme ajaran2 aneh bin ajaib bahkan penyembahan setan, dsb sedikit banyak terkait dengan sekularitas tadi. Ketika negara dipimpin oleh kelompok fundamentalis agama, paham semacam ini nyaris lenyap. Tetapi toleransi juga ikut terbenam. Umumnya demikian.

Jadi secara netral menurut saya : Kristen tidak bisa mengklaim toleran di Barat itu akibat ajaran agama Kristen. Nyatanya memang tidak demikian.

Begitu juga sebaliknya pada sisi yang berlawanan Kristen juga tidak patut disalahkan atas maraknya ajaran aneh-aneh, freesex, mabuk-mabukan, dsb yang marak di Barat.
Kristen fundamentalis di Barat “juga mesti berperang hebat” dengan sekularitas. Kristen garis keras bahkan bisa menembak mati pelaku aborsi. Jadi Secara praktikal, tidak ada yang terbukti benar2 ideal.

Kalo anggap saja kita melihat dari sisi Islam.
Kelompok Islam Amerika mungkin senang dengan partai Republik dari sisi sama2 menentang aborsi, ketat terhadap aturan moral dsb.
Pada sisi lain mereka tidak senang dengan partai itu dari sisi partai Republik dianggap tidak toleran, memerangi Islam dsb.

Lha untuk partai lawannya yaitu partai Demokrat, Islam senang dari sisi toleransinya, ramah terhadap agama lain dsb. Tetapi pada sisi lain konsekuensinya pergaulan juga lebih bebas dan sejenisnya. Jadi ada plus minusnya. Tetapi umumnya dimanapun juga kelompok agama minoritas di suatu negara cenderung mendukung partai sekuler, karena dianggap bisa mengimbangi kelompok agama mayoritas. Ini terjadi di Amerika dan juga Indonesia.

SALAM

29 10 2009
lovepassword

@borusibarani

lovepassword.
Masalah tulus dan tidak tulus harus terjadi antara 2 belah pihak yang memberi dan mneerima. kalau yang memberi tulus tapi yamg nenerima penuh keraguan dan tidak tulus, terus bagaimnana?..

===> Di dalam suatu interaksi yang ideal itu kan gini yah :
Masing-masing pihak menjaga perasaan pihak lain berusaha sedapat mungkin tidak menyinggung tetapi pada sisi lain masing-masing pihak juga jangan terlampau sensitip sedemikian mudah tersinggung.

Masalah tulus atau tidak tulus. Kita membahas banyak manusia yah.

Di dalam Islam tentu ada manusia yang tulus ada juga yang tidak tulus, di dalam Kristen juga pastilah ada yang tulus tetapi pasti ada juga yang tidak tulus. Misalnya masalah umat Kristen yang tidak tulus, anda bisa baca antara lain di bukunya Mang Ucup: Gereja Duit Gereja Allah, dan sejenisnya. Intinya kan memang ada yang tidak tulus. Tetapi memang juga ada yang tulus.

Saya tidak mengatakan semua orang agama X pasti tulus sedangkan agama Y pasti tidak tulus. Saya tidak berkata demikian.

Begitu juga pada sisi sebaliknya di dalam Islam tentu ada manusia yang sedemikian mudah curiga , kadang penuh prasangka, di dalam Kristen tentu juga ada. Lha prasangka itu bisa ada sejak semula karena ajaran yang diwariskan, karena informasi stigma dari tokoh masing2 agama bisa juga karena pengalaman, pengamatan dsb. Jadi mungkin ada suatu kasus kemudian digeneralisasi. Islam itu pasti begini, Kristen itu pasti begini, dsb. Padahal tahu Islam saja nggak, tahunya baru seuprit, tahu soal Kristen juga mungkin baru seupil.

Dalam kasus Nasi bungkus : Pro Kontra itu kan yah biasa. Ada yang menolak ada juga yang setuju kan. Di antara yang menolak dan yang setuju itu kan ada juga yang Kristen dan ada juga yang Islam. Bahkan beberapa ormas Islam juga memberikan perlindungan tanpa pamrih apapun. Jadi lihatlah dua sisi ini secara berimbang.

Di dalam banyak agama, ada kelompok yang lebih lunak dan ada yang keras. Lha sebaliknya tentu tidak demikian mudah digeneralisasi.

SALAM

29 10 2009
borusibarani

@lovepassword
berarti tidak ada gunanya kan kontribusi gereja baik setulus-tulusnya atau setengah tulus atau bahkan tidak tulus sama sekali ke masyarakat sebanyak apapun karena kontribusi tersebut akan terkalahkan oleh peraturan dan tanda tangan yang tidak lengkap… Sebenarnya negara ini diatur oleh orang-orang pintar yang anti toleransi, sehingga berusaha membubarkan segala kegiatan keagamaan dan tempat ibadah untuk minoritas, terutama agama kristen.

Apa yang anda sampaikan dengan indah adalah gambaran relasi secara universal, global. tidak menyentuh sama sekali apa yang terjadi.. semuanya hanya kulitnya saja.

syallom

29 10 2009
lovepassword

@borusibarani :
berarti tidak ada gunanya kan kontribusi gereja baik setulus-tulusnya atau setengah tulus atau bahkan tidak tulus sama sekali ke masyarakat sebanyak apapun karena kontribusi tersebut akan terkalahkan oleh peraturan dan tanda tangan yang tidak lengkap… ===> Kalo memang tulus – itu selalu pasti ada gunanya.

Yang namanya tulus itu kan tanpa pamrih kan. Termasuk tetap tulus menghadapi penolakan. Kalo mengaku tulus tetapi tidak siap ditolak…yah saya rasa bagusnya ditingkatken lagi ketulusannya.🙂

Saya serius bukannya mau nyindir lho yah…

Di dalam agama manapun termasuk Kristen, saya rasa tidak pernah ada ceritanya ketulusan hati dianggap tidak berguna. Benar apa benar ??? Yang bilang tidak berguna kan kamu, karena kamu emosi.

Ajaran mana yang mengatakan kalo tulus itu berarti kamu merasa baik terus kamu ngarep orang lain harus juga berbuat sama baiknya bila perlu pake bunga kebaikan ? Hi hi hi , nggak ada ajaran gitu soal ketulusan soal keikhlasan.

Tulus itu saya memberi, saya baik tulus – lha mau kamu nolak/nerima ya tetap tulus tidak terpengaruh . Itu yang disebut ikhlas tulus. Jangan ngarep melulu. Karena merasa diri sudah baik terus berharap balasan manusia bahkan balasan Tuhan. Lha kalo ngarep2 balasan itu memang manusiawi tetapi belum sampai level ikhlas.😀

Kalo anda memang jujur dengan diri sendiri, merasa sudah berbuat maksimal mencoba berhubungan baik dengan niat baik , tulus hati dsb tetapi masih ada masalah. Yah kalem sajalah. Itu sudah bukan lagi urusan anda.🙂 Di sisi inilah ketulusan hati yang tulus beneran itu berguna.

Bahwa masih ada orang yang mungkin meragukan anda itu selalu ada. Tetapi sangat mungkin juga kan ada yang mulai merasakan dalam hatinya. Oh ternyata si Anu gak jelek-jelek amat yah… – Itu semua kan perlu proses. Dan sebaliknya jangan saling memberi stigma jeleklah.😀

==============================================

Apa yang anda sampaikan dengan indah adalah gambaran relasi secara universal, global. tidak menyentuh sama sekali apa yang terjadi.. semuanya hanya kulitnya saja. ===> Yang saya sebutkan itu justru bukan kulit. Tetapi masalah mendasar dalam suatu interaksi.

SALAM
GBU

30 10 2009
jephman

@ Lovepassword

Lagi-lagi bapak mengulangi kesalahan yang sama: Apakah pada masa Eropa dkk tidaktoleran itu sudah pasti karena Alkitab menyuruh pengikutnya menghimpit non Kristen? atau Apa karena agama yang menyatu dengan politik semacam “KHILAFAH NASRANIYAH” misalnya?🙂

Bapak hanya melihat sejarah berdasarkan sejarah saja, tidak mau menyentuh AKAR permasalahannya. Ketidaktoleranan Eropa tidaklah sama dengan ketidaktoleranan Islamis di Purwakarta (lagi-lagi kasus pukul rata nih pak).

Dengan bapak beragumen itu, saya jadi ingat pelajaran sejarah di SEKOLAH DASAR🙂 dahulu, bahwa penjajah eropa datang dengan membawa misi 3G : Gold, Gospel dan Glory. Sekilas memang ada benarnya, tapi banyak guru yang tidak menjelaskan bahwa menjajah itu tidak sejalan dengan Gospel. Maaf kalo saya kasar, tapi bapak mirip guru SD saya dulu hehehehe

“Jadi secara netral menurut saya : Kristen tidak bisa mengklaim toleran di Barat itu akibat ajaran agama Kristen. Nyatanya memang tidak demikian”
>> Memang tidak ada yg mengklaim seperti itu, dan sekarangpun tidak ada yang mengklaim ketidaktoleranan Islamis Purwakarta karena sekularisme yang sedang memerintah Indonesia juga kan pak?🙂

30 10 2009
jephman

@ Lovepassword

Saya yakin mereka melakukannya tanpa pamrih pak Lovepassword (bukan berarti saya pun melakukan PUKUL RATA bahwa tidak ada yg pamrih ya pak). Masalah menghadapi penolakan, apa cuma meningkatkan ketulusan saja solusi anda? hehehehehe

Saya yakin bapak bisa membedakan tulus memang tulus dengan tulus karena lelah disangka tidak tulus (plus campur aduk prasangka bangun gereja itu tidak tulus hehehehehe)

Salam!

30 10 2009
Emanuel Setio Dewo

Wah… parah juga ya? Sudah meninggal pun tidak diterima.

30 10 2009
Emanuel Setio Dewo

Nampaknya pembangunan gereja memang harus dihambat. Kalau tidak, mungkin setiap RT/RW ada gerejanya. Ini yg mungkin ditakuti oleh pemeluk agama lain.

Soalnya pemeluk agama lain memang punya misi untuk membangun tempat ibadah sebanyak mungkin sampai ke taraf RT/RW. Namun mereka salah karena Kristiani tidak sampai segitunya.

*ini komen kok nyeleneh ya?*

30 10 2009
lovepassword

Kalo nggak nyleneh ya nggak kamu , Mas Dewo😀

30 10 2009
lovepassword

@jephman : Kalo bicara soal lelah ya saudara Jephman, lelah mana sih pihak yang berprasangka dengan yang tanpa prasangka.

Semakin prasangka itu sedikit yah lelahnya sedikit😀

Saya yakin mereka melakukannya tanpa pamrih pak Lovepassword (bukan berarti saya pun melakukan PUKUL RATA bahwa tidak ada yg pamrih ya pak). ===> Lho yang saya bilang itu juga begitu. Pasti diantara orang Kristen itu ada yang berprasangka ada juga yang tulus. Begitu juga pada sisi lainnya, pasti ada juga umat Islam yang berprasangka ada juga yang tulus.
Lha mereka yang mau-maunya malem-malem jaga gereja di malam natal agar kalian bisa beribadah itu, bagaimana bisa dianggap tidak tulus ?

Ini kan dinamika sosial yang terkait dengan persaingan antar kelompok. Lha biarpun secara teknis ada rambu-rambu bahkan dalam agama masing2 – tetapi secara manusiawi namanya manusia ya kadang timbul friksi. Gicu lho.

Secara manusiawi melihat kejelekan orang lain memang lebih mudah. Lha cobalah tidak selalu bersikap seperti itu. Dalam bahasa Mario Teguh : Ubah mindset anda dan tunggulah apa yang terjadi.😀

Ini cuma saran lho yah. Kalian laksanakan ya terserah nggak ya terserah.

SALAM

30 10 2009
lovepassword

@jephman : Saya tidak mengatakan bahwa tidak toleran itu perintah Alkitab. Tetapi fakta sejarah membuktikan bahwa kelakuan Barat sebelum paham2 liberal, sekular dsb populer memang kurang toleran dibandingkan sekarang. Justru sekuler itu di Barat ada – karena sebel dengan konflik agama yang sering terjadi

Bapak hanya melihat sejarah berdasarkan sejarah saja, tidak mau menyentuh AKAR permasalahannya. Ketidaktoleranan Eropa tidaklah sama dengan ketidaktoleranan Islamis di Purwakarta (lagi-lagi kasus pukul rata nih pak). ===> OK, coba anda jelaskan pada saya tidak samanya di sebelah mana. Anda mengatakan saya tidak menyentuh akar masalah. Lha menurut anda akar masalah di Barat apa dan akar masalah di negeri ini apa ? Silahken saudara Jephman

30 10 2009
Emanuel Setio Dewo

Errm…
Kayaknya sudah pada keluar dari topik ya? Sekedar saran saja, sebaiknya kita tidak usah bahas sejarah. Kalau selalu menengok ke belakang, itu artinya kita mundur. Sudah begitu kita kan tidak bisa mengubah sejarah to?

Begini saja, sebaiknya kita mencoba berpikir sekarang untuk masa depan. Kita coba perbaiki yang sekarang kita anggap belum baik.

Setuju????

*gumun, dimana2 debat ga penting*

30 10 2009
borusibarani

@lovepasword
Semakin anda menjawab semakin anda menjauh, semakin kami ikuti saran anda semakin anda berkelit. Masalah penolakan gereja (walaupun bukan urusan saya langsung) , bagi kami sudah biasa, sangat biasa… Mungkin yang tidak biasa adalah : “jawaban yang jujur kenapa begitu mudahnya menutup gereja dan kenapa begitu mudahnya membangun masjid”.

Karena dari jawaban anda yang puanjangggg sekali, tidak menyentuh setitikpun jawaban di atas. hanya jawaban kulit luarnya saja, mengenai bagaimana hub yang harmonis, tapi tdk ada jawaban keikan hubungan itu di nodai oleh salah satu pihak.

contoh:

Saran Anda ketika ada berita penutupan ijin gereja :
1. Kadang ada kelompok yang berlaku terlalu eksklusip tidak dekat dengan lingkungan. Tidak memberi konstribusi dengan lingkungan. Lha ketika anda tidak dekat tahu2 minta tanda tangan. Yah tentu saja hanya sebagian kecil saja yang bersedia
2. Berikanlah konstribusi terhadap lingkungan dengan jujur dan tulus. Ingat yah jujur dan tulus : Bukan sekedar obral sembako untuk jualan kecap.
3. Kalo anda semua sudah bersikap demikian, anda nawaitunya baik tetapi masih banyak hambatan. Itu batas maksimal dengan niatan baik tetapi masih banyak hambatan. Ya serahkan saja sama Sang Maha Kuasa. Konsepnya kan manusia berusaha Tuhan menentukan.
4. Ubah mindset anda dan tunggulah apa yang terjadi

Kelitan anda:
Ajaran mana yang mengatakan kalo tulus itu berarti kamu merasa baik terus kamu ngarep orang lain harus juga berbuat sama baiknya bila perlu pake bunga kebaikan ? Hi hi hi , nggak ada ajaran gitu soal ketulusan soal keikhlasan.

Note:
1, Benarkah ada hubungan antara penutupan gereja dengan kontribusi, ketulusan (seperti yang anda sampaikan).. mungkinkah saran anda yang pertama dan kedua anda gugurkan sendiri?.
2. kepada siapa kami harus berkontribusi supaya tidak dtutup gerejanya?
2. Dalam hal penutupan gereja, mindset siapa yang perlu dirubah? dan kira-kira apa yang akan terjadi kalo mindset diubah?

syallom

30 10 2009
Garfield

Saya setuju dengan Boru Sibarani,

Lovepassword belum berhasil menjelaskan esensi, kenapa muslim suka sekali menghadang pembangunan gereja?

Mengutip pendapat Lae Jephman, dugaan kita-kita kog sepertinya ada korelasi erat antara sifat dan karakter ajaran muslim dengan semangat untuk menolak pembangunan atau menutup gereja yang ada.

Mungkin ada pendapat atau perspektif yang berbeda dari rekan-rekan muslim?

30 10 2009
lovepassword

@borusibarani : Whaduh kenapa jadi aku yang diinterograsi yah ? Alamax apes aku dah. Hi Hi Hi.

Gini yah : Kalo menurutku sih saranku itu saran positip. Lha kalian menilainya negatip karena kalian tidak bisa memisahkan isi sebuah saran dengan pihak yang memberi saran. Gicu kan yah ?

Secara substansial saya rasa saranku ini netral-netral saja lho.🙂

1, Benarkah ada hubungan antara penutupan gereja dengan kontribusi, ketulusan (seperti yang anda sampaikan).. mungkinkah saran anda yang pertama dan kedua anda gugurkan sendiri?. ===> Bisa saja ada bisa juga tidak. Tetapi konteks saranku ini mengembangkan ketulusan bersama. Gicu yah. Jadi ada atau tidak ada kontribusi, ada tidak ada hambatan yah masing2 pihak mestinya berusaha mempertahankan itu walaupun memang nggak gampang. Mengapa nggak gampang ? Karena kan ada stigma dari masing2 kelompok terhadap kelompok lain.

2. kepada siapa kami harus berkontribusi supaya tidak dtutup gerejanya? Di tutup atau tidak ditutup , seseorang yang berniat baik tulus ikhlas ya tetap memberikan kontribusi kepada sesama.🙂

3. Dalam hal penutupan gereja, mindset siapa yang perlu dirubah? dan kira-kira apa yang akan terjadi kalo mindset diubah?

Mindset yang perlu diubah adalah mindset berdagang dalam sebuah hubungan, baik hubungan dengan sesama maupun dengan Tuhan. Apa yang bisa terjadi ? Yah tentu saja kalo semuanya melakukan interaksi dengan tulus harapannya hubungan itu jadi semakin baik.

SALAM

30 10 2009
lovepassword

@Garfield : Hi Hi Hi, bagus..bagus..Elo sudah kangen yah ngobrol sama aku.😀

Lovepassword belum berhasil menjelaskan esensi, kenapa muslim suka sekali menghadang pembangunan gereja? ===> Itu bukan esensi masalahnya. Esensinya adalah ada interaksi antar manusia, ada interaksi antara dua komunitas yang masing-masing berupaya menunjukkan eksistensinya , termasuk juga mungkin upaya menjalankan ajaran agama ( dakwah/misi ) . Lha karena segmen yang disasar sama (sama2 manusia ) maka timbul kompetisi. Lha karena manusia itu ada yang terlampau bersemangat maka timbul friksi.
Lha dalam masing2 kelompok ada pihak-pihak yang berusaha memanfaatkan apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk “mewujudkan keinginannya” . Gambaran intinya seperti itu. Tetapi tentu saja ada juga pihak-pihak dalam masing-masing yang berusaha supaya keinginannya itu bisa jalan tetapi tetap dalam koridor cara2 yang elegan. Di dalam masing2 agama itu sendiri kan ada banyak dinamika pemikiran.

Intinya itu.

SALAM

30 10 2009
Robinson Agus Sihotang

Pendapat adalah pendapat. Dia bukan berdiri diatas kakinya sendiri. Dengan artian bahwa dia selalu memperhatikan lingkungannya walau dia memang tahu akan ada hal yg mengorbankan kepentingan orang lain. Jadi apapun keadaan yg dialami kaum minoritas tsb maka hanya iman dan campur tangan Tuhan yang akan menyelesaikannya. Justru penolakan-penolakan pendirian gereja itu akan semakin meneguhkan kelompok kecil minoritas didaerah itu. Jika ALLAH dipihak kita siapa lawan kita. ( Mzm )

Memang suatu Gereja bukanlah dalam artian bangunannya saja tetapi orang-orang yang telah dipanggil keluar dari dunia ini. Jadi perkumpulan di suatu tempat bersama saudara seiman lain dalam suatu kumpulan orang-orang Kudus
( AM ) dalam memuji ALLAH semesta dengan percaya kepada Kristus itulah yang disebut GEREJA. Sebenarnya menolak pemberian izin itu berarti menolak orang-orang yang berkumpul untuk melaksanakan ibadahnya memuliakan Kristus. Bukankah penolakan kpd Kristus itu sudah biasa di negara ini, karena apa ? Karena Kristus adalah lambang penolakan bagi mereka. Tetapi bagi kita Kristus sudah memerdekakan kita dari roh keduniaan ( kekolotan ) sehingga sekalipun berdiri Mesjid didepan rumah Ephorus HKBP itu tidak pernah menjadi masalah bg kita org Kristen. So dalam Kristus kita telah dimenangkan dari pikiran kesiasiaan, sehingga sekalipun kita beribadah di kandang lembu tetapi tujuan kita hanya ingin mencari Wajah dan hadirat ALLAH di hati kita bersama saudara/i seiman lainnya.
Seperti lagu dibawah ini…

B.E. No. 18 UNGKAP BAHAL NA UMMULI BL. 84.
1. Ungkap bahal na umuli, bagas ni Debatangki.
Ai tusi do au naeng muli, ganup jumpang Minggu i.
Hulului do disi, bohi ni Debatangki.
2. Nunga ro au, o Tuhanku, ro ma Ho tu au muse.
Ai di bagas ingananMu, las ni roha do sude.
Sai bongoti rohangkon, baen ma JoroMi dison.

HALELUYAH !!!!
HAllelu = Pujilah dengan segenap hatimu
Yah = Jehuwa.

30 10 2009
lovepassword

Tulisan yang baik. Setidaknya 80% setuju aku😀

31 10 2009
Sujarwo Tedjo

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

@ Robinson

Saya sangat gerah dgn komentar mas dgn tulisan :
Jika ALLAH dipihak kita siapa lawan kita.

Karena menurut ayat Al’-Imran , justru org2 Kristen adalah orang-orang Kafir

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. ( surat Al-‘imram hal 2)

Sangat wajar kelian kaum Kristen membenci kami, karena kelian selalu memiliki kedengkian terhadap ajaran Rasullulah SAW. Apa rupanya keberatan anda semua jikalau di suatu daerah Muslim dilarang berdirinya rumah peribadatan selain mesjid. Sebab hanya Islam agama yang di ridhai Allah SWT. Kecuali umat muslim tidak begitu banyak di daerah tsb.
Kelian hanya memutar balikkan fakta-fakta di lapangan padahal kelian hanya membelakangin kebenaran yg sebenarnya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

31 10 2009
Garfield

Perspektif Kyai Tejo di atas ini sangat jelas dan gamblang menggambarkan pemahaman beliau. Kesimpulan: sungguh betapa tidak tolerannya pengikut ajaran islam terhadap pengikut ajaran kristen yg dicap kafir.

31 10 2009
CosmicBoy

Apa rupanya keberatan anda semua jikalau di suatu daerah Muslim dilarang berdirinya rumah peribadatan selain mesjid. Sebab hanya Islam agama yang di ridhai Allah SWT. Kecuali umat muslim tidak begitu banyak di daerah tsb.

Masih ada manusia yg spt ini di dunia.

Kalo nenek moyang kalian tau kalian spt itu ketika mrk menukar agama dari Hindu-Buddha ke Islam, saya yakin banget mereka akan menyesal.

31 10 2009
jelasnggak

Apa rupanya keberatan anda semua jikalau di suatu daerah Muslim dilarang berdirinya rumah peribadatan selain mesjid. Sebab hanya Islam agama yang di ridhai Allah SWT. Kecuali umat muslim tidak begitu banyak di daerah tsb.
———————-

Orang seperti kyai tedjo ini wajib kita kasihani.

Bagaikan katak dalam tempurung, tak pernah melihat dunia luar.

Yang ada di benaknya adalah “Hanya islam ajaran yang benar”

meskipun nabi nya jelas-jelas esek-esek sama anak bawah umur, tetap dia percaya bahwa islam agama benar.

meskipun ajarannya jelas-jelas menyakiti hati perempuan (karena pembolehan poligami).. tapi otaknya masih saja percaya islam agama yang benar.

Yeah..

Mau di apain lagi.

Kecuali di doakan.

Tugas kita sebagai penggembala memang sangat berat…. karena banyak sekali domba-domba berpemikiran sangat ketinggalan.

31 10 2009
jelasnggak

Saya akan coba memberikan teori lain… (seddd dapp!! 😆 )

Kenapa muslim suka menghadang pembangunan gereja…?

Jadi begini.

Di dalam diri setiap muslim telah bersemayah Roh Muhammad. Ada roh muhammad tipe kecil, dan ada pula yang tipe besar.
kita tau roh muhammad itu seperti apa (sori SLIM… ini kenyataan)
roh muhammad itu adalah roh pembunuhan, roh kejahatan, roh peng-esek-esekan, roh kebohongan dll.

roh muhammad tipe kecil, ini adalah roh yang masih terpendam. Walhasil, muslim yang di hinggapi roh muhammad tipe ini, orangnya akan adem ayem saja.

nah, roh muhammad tipe besar ini lah yang sering berulah. Tipe ini biasanya hinggap di aggota FPI, hisbut tahir dll.

Dengan hadirnya gereja, roh muhammad merasa terancam keberadaanya.

Mereka ngga tahan. karena di dalam setiap gereja, bersemayam Roh KUDUS.

roh muhammad tipe besar ini serta merta menggerakkan orang muslim untuk segera menolak kehadiran gereja.

Gitu kira-kira teorinya

Salam semua.

31 10 2009
nandosimo

@Pak Sujarwo

wajar dong kami membenci perbuatan yang merusak tempat ibadat kami di Indonesia (dibakar, digusur, dibom). Oh, ternyata itu semua dibenarkan toh?! berarti anggapan sebagai agama toleran itu kurang tepat, bukan? Kami tidak dengki terhadap Nabi Muhammad SAW karena tidak ada pembahasan mengenai diri beliau di dalam Alkitab setitik pun. Sebaliknya dalam kitab suci anda, berapa banyak pembahasan mengenai Isa Almasih dan ajaran untuk memusuhi Kriten dan Yahudi yang dianggap kekafiran?
Mana ada tertulis di Alkitab: darah orang Islam halal ditumpahkan. Malahan, orang Kristen dilarang membalas pembunuhan dengan pembunuhan (atas alasan keyakinan). Jangan membunuh, perintah Tuhan.
Selama ayat-ayat di kitab suci anda dikutip satu-satu bukan secara komprehensif, selama itulah kekeliruan tetap terjadi.

Untuk kebebasan beragama, masih belum bisa utuh karena resistensi masyarakat terhadap agama Kristen ini masih besar. Itulah tantangan untuk kita warga Kristiani untuk meyakinkan masyarakat mengenai pesan-pesan kebenaran. Di jaman baheula aja udah sering dipersulit, apalagi di jaman sekarang. In case kalau mata pedang si Laskar Jihad sudah menempel di leher, murtadkah kita? he3x

31 10 2009
zees

Lovepassword dosen Universitas Berkelit Indonesia rupanya, sudah dibuktikan bhw kalau teori yg sama diterapkan di daerah2 berpenduduk nonmuslim, pasti luluhlantak krn justru daerah itu gak seperti daerah muslim. Ini malah nyasar ke Eropa segala.

1 11 2009
rodrymikhael

ya ampun, teori apa pula ini
tapi lucu juga sih hehehe🙂

1 11 2009
lovepassword

@jelasnggak tercinta :

Hi Hi Hi, senangnya hatiku karena murid TKku tercinta datang mengunjungiku. Pa Kabar jell ? How are you today ? Bagus..Bagus ternyata seperti dugaanku kamu pasti menyusul aku dimanapun aku berada.🙂

Mengapa sih persepsinya selalu gembala? Emangnya kamu sudah layak jadi gembala gicu ? Kupikir sih dengan levelmu yang sekarang paling banter kamu itu juga domba.😀

Hi Hi Hi, kamu mau curhat apalagi jell ???

1 11 2009
lovepassword

Yah ini mah teori anak dukun. Pake segala macam roh dikait-kaitken. Hi Hi Hi. Kalo kamu bukan anak dukun setidaknya kamu pasti naksir sama anak dukun. Yipi Yipi…

1 11 2009
jelasnggak

Lovepass.

Kenapa ..?

Why..?

Di setiap blog yang saya kunjungi, kamu selalu ada..?

ampun deh.

————–

Menurut saya, Setiap orang kristen, adalah gambala bagi orang non kristen.

1 11 2009
Robinson Agus Sihaotang

Sujarwo Tedjo
bilang :
Karena menurut ayat Al’-Imran , justru org2 Kristen adalah orang-orang Kafir

saya jawab :
Lho pak Tedjo ini muslim apa parmalim ??
Kan di salah satu ayat di Alquran ada tertulis bhw orang-orang Kristen adalah salah satu golongan yang menjadi teman dan tempat kaum Muslim bertanya ttg apa yg anda tdk mengerti, karena banyak dari kaum Kristen tsb adalah orang-orang yg penuh rendah hati ?? Bagaimana mungkin anda mengatakan kami kafir ?? masak anda sebagai muslimin yg sudah paham ayat si Alquran tdk dapat memahaminya korelasinya. ?

1 11 2009
nandosimo

Bisa juga karena Pemkab-nya minta upeti para pengusaha yang beribadah di gereja itu tapi tidak diberikan. Lama kelamaan pemda Purwakarta bisa membentuk polisi syariat (seperti di aceh besar) yang kerjanya mencari celana2 jeans ketat yang dipakai perempuan> seakan akan konstitusi RI tidak mampu melindungi dan mengajari rakyatnya sehingga harus digantikan dengan hukum agama. (sekalian aja wajib bahasa arab boss)
wah, pedagang busana muslimah di tanah abang bisa untung berapa miliyar ya kalau menang tender pengadaan kain oleh pemda?

1 11 2009
Garfield

Wah, welcome…Bro Jel…menarik sekali teorinya..hehehe

1 11 2009
Garfield

Jangan suudzon begitu Lae…gak baik itu…hehehe

1 11 2009
rodrymikhael

caranya?

2 11 2009
Robinson Agus Sihotang

@ Jephman

Lho , koment saya kpd mas Sujarwo napa belum masuk laeku ??

2 11 2009
Robinson Agus Sihotang

@ kepada Sujarwo Tedjo, Istana Putri, cs

Baiklah sdr/sdri yg terkasih anda mengatakan kami adalah kafir, mengembangkan permusuhan dgn mengatakan isu-isu yg tdk berdasar tetapi saya akan memberitahukan kpd anda semua bhw ada di antara sudara-saudari gol anda yg juga mengatakan penyesalannya thd tuduhan seperti anda itu :

From: apakabar@saltmine.radix.net
Date: Wed Mar 21 2001 – 11:08:54 EST

Date: Tue, 20 Mar 2001 16:08:55 -0800 (PST)
From: miriam abdulah
Subject: Islamisasi Paksa: Surat kepada Christina Sagat Cs.
To: John A MacDougall

Islamisasi Paksa: Surat kepada Christina Sagat Cs.

Yth. Saudariku Christina Sagat,
Sedih hatiku mendengar kenyataan bahwa dalam jaman
modern seperti ini masih ada saja orang yang dipaksa
dan diancam bukan saja untuk menyangkali agamanya
tetapi juga untuk memeluk agama lain yang tidak
diyakininya. Kesedihan hatiku semakin menjadi-jadi
karena usaha paksa ini justru dilakukan oleh
saudara-saudaraku umat Islam (baca: Laskar Jihad)
terhadap saudara sebangsanya sendiri. Sebenarnya sudah
lama aku mendengar issue ini, tetapi aku tidak
mempercayainya karena kepalaku, sama seperti kepala
banyak umat Islam lainnya, telah dipenuhi dengan
indoktrinasi bahwa umat Kristen selalu melakukan
Kristenisasi sementara kami umat Islam tidak pernah
melakukan Islamisasi. Kesalahan kami adalah bahwa kami
selalu melihat umat Nasrani dalam kerangka sejarah
yang lama seolah-olah umat Nasrani tidak pernah
berubah dan tidak pernah menyadari akan kehidupan umat
manusia yang semakin majemuk. Tetapi setelah issue
Islamisasi dengan paksaan dan ancaman ini dibicarakan
di parlemen Inggris, di senat Amerika Serikat, di UNO,
di Australia dan terutama setelah beberapa teman
Muslimku meyakinkanku barulah aku sadar bahwa proses
Islamisasi dengan kekerasan dan ancaman bukan lagi
suatu issue tetapi suatu fakta dan fakta ini sangat
menyedihkan aku dan sebagian besar umat Islam lainnya.
Kalau selama ini kami diam bukan berarti kami setuju
tetapi karena kami sedih dan malu sehingga dalam
kondisi itu kami tidak tahu apa yang harus kami
katakan dan sampaikan kepada anda. Kami sungguh
menyesal peristiwa ini telah terjadi dan telah menimpa
anda, teman dan keluarga anda.
Saudariku Christina, ketika menulis surat ini aku
sendiri masih dilanda kebingungan terhadap sikap MUI
terhadap peristiwa ini. Dalam hati aku selalu
bertanya: mengapa MUI yang selalu vokal pada issue
yang sering mereka angkat yaitu Kristenisasi, sekarang
ini malah tidak bersuara sedikitpun terhadap fakta
Islamisasi. Apakah penindasan terhadap hak asasi
seseorang untuk bebas memeluk agama apapun merupakan
hal yang terlalu kecil bagi mereka? Apakah usaha
Islamisasi dengan paksaan dan dengan kekerasan yang
bagiku jelas melanggar kaidah agama Islam merupakan
hal yang terlalu remeh untuk mereka bicarakan. Terus
terang aku tidak tahu jawabnya! Tetapi aku berharap
dan berdoa agar MUI memiliki kerendahan hati untuk
bersuara menyampaikan permohonan maaf kami umat Islam
kepada anda dan teman-teman anda.
Namun demikian saudariku Christina, sama seperti aku,
anda tidak usah berharap terlalu banyak pada MUI
karenanya melalui surat ini aku dan aku yakin banyak
umat Islam Indonesia ingin menyampaikan permohonan
maaf sebesar-besarnya atas ulah sebagian kecil dari
kami yang memaksa kamu dan banyak teman dan saudaramu
mengingkari agamamu itu. Terus terang, usaha
pengIslaman paksa itu terjadi karena masih ada di
antara kami yang berpikirkan utopis bahwa seandainya
seluruh Indonesia ini menjadi Islam maka Indonesia ini
akan menjadi aman dan tenteram. Sebagian dari kami
tidak belajar dari pengalaman negara Iran atau bahkan
Afghanistan dimana yang terjadi bukannya kedamaian
tetapi chaos dan kesewenang-wenangan. Kesalahan itu
tentu saja bukan terletak pada Islam sebagai agama,
tetapi pada interpretasi orang terhadap Islam yang
dalam keinginan dan nafsu berkuasanya menjadikan Islam
sebagai kuda tunggangan. Padahal aku yakin sebagian
umat Islam menyadari bahwa kehidupan yang damai dan
tenang itu hanya terjadi bila kita mulai belajar
menghargai perbedaan kita dan belajar saling
mempercayai.
Aku berharap dan berdoa agar saudari Christina tidak
dikejar rasa bersalah dan berdosa oleh karena
penyangkalan iman anda itu. Aku percaya Allah SWT yang
kita percayai sebagai maha pengasih dan maha penyayang
akan mengampuni pengingkaran yang terpaksa anda
lakukan. Kesalahan toh bukan terletak pada anda yang
dipaksa tetapi kepada mereka yang memaksa dan
mengancam hidup anda. Saya berharap anda tidak perlu
membesar-besarkan kesalahan anda itu. Allah SWT yang
maha pengasih dan maha penyayang itu masih memiliki
cukup banyak stok pengampunan untuk anda.
Saudariku Christina aku juga ingin meyakinkan anda
bahwa sebenarnya metode Islamisasi dengan kekerasan
dan paksaan bukanlah metode yang dianut oleh sebagian
besar umat Islam dimanapun. Bagi kami metode paksaan
dan ancaman itu bukan saja melanggar hak asasi manusia
tetapi juga ia tidak Islami. Kami umat Islam percaya
bahwa iman kepada Allah SWT seharusnya lahir dari
kedalaman hati nurani seseorang dan hadir di dalam
kegembiraan dan kesukacitaan. Keberimanan yang dipaksa
bukan saja iman yang tumpul tetapi juga iman yang
opportunis. Mungkin anda telah mendengar bahwa berapa
banyak mereka yang tiba-tiba meletakkan gelar Haji di
depan namanya dan berapa banyak yang tiba-tiba
menggunakan headscarf dalam kesehariannya tetapi pada
saat yang sama menjadi biang keladi penderitaan rakyat
Indonesia. Itulah yang saya maksudkan iman opportunis
yang tidak muncul dari kedalaman hati nurani.
Islam mengajarkan bahwa kami harus menghormati people
of the books terutama Nasrani dan Yahudi. Itu berarti
agama kami mengakui bahwa revelation atau pewahyuan
Allah SWT itu bukan saja terjadi dalam sejarah agama
Islam tetapi juga terjadi dalam sejarah pengalaman
keberagamaan kaum Yahudi dan kaum Nasrani. Itulah
sebabnya selama hidupnya nabi sangat toleran kepada
kaum Yahudi dan Nasrani. Bagi kami, nabi Ibrahim bukan
saja nabi milik umat Yahudi tetapi juga diakui sebagai
milik umat Islam. Nabi Isa bukan saja nabi milik umat
Nasrani tetapi juga milik kami umat Islam. Bahkan nabi
Isa, yang saudari Christina panggil Yesus Kristus itu,
mempunyai peran yang sangat sentral dalam kehidupan
umat Islam. Kami, umat Islam, diajarkan bahwa pada
jaman akhir nanti nabi Isa, terlepas dari adanya
perbedaan pandangan antara Islam dan Nasrani tentang
keilahian nabi Isa, akan menghakimi seluruh umat
manusia apapun agamanya. Oleh karena alasan inilah
maka kami umat Islam diperintah untuk menghormati baik
umat maupun agama Nasrani (dan Yahudi). Dengan
demikian ada link yang sangat erat dalam tradisi
pewahyuan Allah di dalam agama Yahudi, Nasrani dan
Islam. Itulah sebabnya dilihat dari sudut manapun umat
Islam tidak seharusnya melakukan upaya pertobatan
paksa dan ancaman terhadap umat Nasrani (maupun umat
agama manapun) untuk dijadikan Islam.
Saya percaya bahwa surat permohonan maaf ini tidak
akan cukup mengobati penderitaan yang telah anda
alami, tetapi saya juga percaya pada kebesaran hati
anda yang selalu siap mengampuni. Meski peristiwa itu
sangat menyakitkan anda ijinkanlah kami belajar
melalui kesalahan dan kekhilafan yang telah kami
perbuat. Saya berdoa agar anda selalu dikuatkan oleh
Allah SWT dan semoga pertikaian dan permusuhan di
Maluku dapat diselesaikan melalui ikatan persaudaraan
dan perdamaian.

saudarimu,
Miriam Abdulah

Nah, sdr Sujarwo Tedjo, Istana putri yg dikasihi Tuhan, itulah alasan utama dr ketidakbolehan berdirinya suatu gereja di daerah MUslim. Sekalipun masyarakat di sana mengizinkannya, tetapi ada masyarakat dari luar mereka dan pasti juga sepengetahuan MUI melarang izin itu keluar. Pahan awak ?

2 11 2009
kerajaanagama

@CosmicBoy
Sebenarnya perpindahan agama hindu-buddha ke Islam, karena dalam Hindu ada kasta. Dan kasta yang berbeda dilarang untuk menikah. Masing-masing orang dipandang sesuai dengan kastanya. Sedangkan Islam tidak ada kasta, makanya saat itu nenek moyangku ramai-ramai masuk Islam. Tapi sisa peninggalaan ajaran Hindu masih ada dalam budaya ku.

2 11 2009
kerajaanagama

@Fery
Ya iyalah aku Fitri, Kalau diklik namaku juga pasti ketahuan kalau aku Fitri.

@borusibarani
Kalau mau ngajuin izin gereja, mau tanda tangan juga aku siap saja. Tapi disini tidak ada halangan pendirian gereja atau tempat ibadah agama lainnya. Enggak seperti daerah kalian yang orang-orangnya pada rasis dan benci dengan umat agama lain.

2 11 2009
kerajaanagama

@jelasnggak
Menurut saya, Setiap orang kristen, adalah gambala bagi orang non kristen.
————————————————————–

Jadi bukan gembala lagi ya jel? Gambala itu gelar baru ya? Lovepassword itu memang senang datang ke blog-blog panas, sama seperti saya. Jadi wajar saja kalau dimana-mana kamu sedang dakwah, tiba-tiba Pak Guru Tk mu muncul memberi bimbingan.

2 11 2009
kerajaanagama

@Robinson Agus Sihotang
Jangankan terhadap kamu, terhadap saya yang Islam saja. Sujarwo Tedjo memfitnah saya berulangkali di blog saya. Ngatain saya melakukan percintaan terhadap jakpurut, haniifa, cosmicboy, dst….
Makanya nama Sujarwo Tedjo sudah saya haramkan masuk di blog saya. Tinggal tunggu dia sadar saja dengan kata-katanya. Malah komen dia juga memaksa saya menyetujui suami poligami…ck..ck…ck..

Sewaktu putri Rasulullah akan dilamar menjadi istri kedua, beliau pernah menolak lamaran tersebut karena sangat sayang pada putrinya.

2 11 2009
jephman

@ Lovepassword

“OK, coba anda jelaskan pada saya tidak samanya di sebelah mana. Anda mengatakan saya tidak menyentuh akar masalah. Lha menurut anda akar masalah di Barat apa dan akar masalah di negeri ini apa ? Silahken saudara Jephman”

>> Kok malah nanya lagi pak love? Sudah saya bilang, kalau memang Kristen intoleran, apa itu berarti Alkitab menyuruh Kristen intoleran???? Memang benar ada sejarah hitam di Eropa sana, apa itu berarti Yesus yg menyuruh spy spt itu?? HAnya karena sejarah menunjukan seperti itu, bukan berarti kitab sucinya seperti itu, ini terbukti dari daerah2 yang didominasi non muslim.

Beda dgn disini, disini jelas2 sudah sekuler pemerintahnya, lantas siapa yg berbuat ulah?
Bukankah teori pak Love sendiri bilang, kalau sekuler dan humanismelah yg berjasa.
Jika teori anda ini benar, lantas di negara mana yg membolehkan demokrasi, sekularisme dan humanisme berkembang? Bisa anda bandingkan dengan negara2 yang jelas2 mengaku negara islam (tidak perlu cross check dokrin Khilafah Islamiyah lho pak).

Mengerti pak Love?🙂

Kalau sudah ketemu kesimpulannya pak, tolong periksa jawaban bapak ttg sejarah hitam Eropa yang intoleran diatas dengan kesimpulan bapak sekarang.

2 11 2009
Fery

Pintar sekali Lupasword berbicara
Apa menutup gereja bukan kejelekan orang lain? Terus mau diam saja? Coba saja si mesjid si Mario Teguh ditutup, bicaralah mindset mu sendiri heheheheeh

2 11 2009
hh

@ Lovepassword, Yth
Good morning sir. How’s your weekend?
Dari hasil baca baca dari berbagai blog bahwa, Islam berkembang pesat negara negara barat sana, sementara kristen sudah mulai berkurang dan sudah banyak gereja yang dijual karena sudah tidak ada lagi anggotanya, dan beberapa dibeli oleh muslim dan dijadikan mesjid. Benar atau tidak saya kurang tau, yang sedikit saya tau adalah bahwa memang Islam berkembang di sana.

Dalam perkembangan ini, terlepas dari mudah atau sulit mereka mendapat ijin mendirikan mesjid, satu hal yang pasti mereka tidak dipersulit dalam beribadah. Bahkan, menurut hasil tanya sana tanya sini sama teman teman yang bermukin di barat sana, saudara saudara muslim disana sangat mungkin unutk melaksanakan ibadah di dalam ruangan gereja. Mungkin tidak di ruangan utama yang ada altarnya, tetapi sekalipun di ruangan yang lain, tidak menjadi masalah bukan?

Kalaupun di negara kita tercinta ini masih sangat sulit terjadi seperti hal di atas, tolonglah jangan sampai ada pengrusakan rumah ibadah apalagi sampai membakarnya, dan terutama jangan sampai ada penganiayaan.

Sangat diharapkan kesediaan dari teman teman berdiskusi dan berdebat di dunia maya ini, mau memberikan himbauan agar jangan sampai ada tindakan main hakim sendiri.

Salam.

2 11 2009
Gala_ren

@ JARWO

Karena menurut ayat Al’-Imran , justru org2 Kristen adalah orang-orang Kafir

>>
satu kata buat anda:
“BUSYETTT…”

2 11 2009
Gala_ren

pak pendeta: pak haji, bagaimana pendapt bapak..mengapa di negara ini sulit sekali membangun rumah ibadah, khususnya gereja??

pak haji : kalau gampang bangun gereja, nanti gereja ada dimana-mana..para pendeta jadinya berebut jemaat.

pak pendeta: oh begitu..

pak haji: lagipula, orang Kristenkan kaya-kaya..mau beribadah banyak yang membawa mobil.

pak pendeta:nah itu dia pak haji..seandainya membangun gereja itu mudah,dan gereja tidak jauuuuhhh..kami pasti berjalan kaki dan memakai sandal..seperti bapak..

2 11 2009
Gala_ren

hahaha..
hihihi…
(jungkir balik)

teorinya lucu..
benar2 sedaaap..

2 11 2009
lovepassword

Paling-paling kamu kangen sama aku. Pake ampun deh segala.😀

2 11 2009
Sujarwo Tedjo

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

@ Robinson Agus Sihotang
Lho pak Tedjo ini muslim apa parmalim ??
Kan di salah satu ayat di Alquran ada tertulis bhw orang-orang Kristen adalah salah satu golongan yang menjadi teman dan tempat kaum Muslim bertanya ttg apa yg anda tdk mengerti, karena banyak dari kaum Kristen tsb adalah orang-orang yg penuh rendah hati ??

>> Saya beragama Islam. Agama yg terakhir dan telah disempurnakan oleh Allah SWT dari agama-agama terdahulu. Agama saya adalah agama yg juga dipeluk oleh nabi-nabi dan Rasul-rasul Allah SWT. Insyalah saya mengatakan kebenaran yang sebenarnya, karena agama Kristen adalah agama yang dibuat oleh Paulus dgn mengajarkan ajaran yang sesat dan tidak berterima oleh kaum muslimin di seluruh dunia.
______________________________________________________

Tanya
Bagaimana mungkin anda mengatakan kami kafir ?? masak anda sebagai muslimin yg sudah paham ayat si Alquran tdk dapat memahaminya korelasinya. ?

>> Oh sampeyan tidak mengerti kafir ?? Kafir adalah orang yang bukan berjalan berlandaskan kitab suci Alquran. Sekalipun sampeyan mengatakan beragama tetapi Alquran hanya mengatakan yang sebaliknya. Sebab di kitab suci Alquran nama Kristen tidak pernah di tuliskan . Yang ada adalah Nasharod ( bhs Indonesia Nasrani) yaitu kaum agama bapa yg beriman kd Ibrahim. Korelasinya hanyalah ada perintah agama di agama Islam. Kalau tidak mana mungkin ada ayat yg memang tertulis :
Al Quran : (5) Al Maa’idah : Ayat 51

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. (QS. 5:51)

Jadi setiap ada hal yang tidak sesuai dgn keyakinan ayat-ayat di Alquran maka kami harus bertindak atas nama agama .
_________________________________________________________________

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

2 11 2009
Sujarwo Tedjo

@ Jelasnggak
Orang seperti kyai tedjo ini wajib kita kasihani.

Bagaikan katak dalam tempurung, tak pernah melihat dunia luar.

Yang ada di benaknya adalah “Hanya islam ajaran yang benar”

meskipun nabi nya jelas-jelas esek-esek sama anak bawah umur, tetap dia percaya bahwa islam agama benar.

>> Lho situ benar-benar keblinger toh… Saya sudah terangkan menurut ayat-ayat Alquran dan kesahihannya hanya dari pada Allah SWT. Justru sampeyan yg seharusnya saya kasihanin karena sudah dijelaskan tapi tidak jelas . Atau sampeyan ganti nama Iki jadi betul-betul jelas. Dan siapakah yang lebih baik agamanya? daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah. Semoga sameyan paham artinya ISLAM ???

2 11 2009
jephman

Terima kasih Tuhan, telah mendatang Pak Lambang, Lovepassword, Mbak Fitri dan Sujarwo Tedjo untuk membukakan mata kita apa sebenarnya ISLAM.

2 11 2009
Sujarwo Tedjo

@ CosmicBoy
Masih ada manusia yg spt ini di dunia.

Kalo nenek moyang kalian tau kalian spt itu ketika mrk menukar agama dari Hindu-Buddha ke Islam, saya yakin banget mereka akan menyesal.

>> Apa sampeyan putus asa menghadapin saya sehingga mengatakan koment begitu?? Kenapa mesti mundur flashback ke sejarah masa lalu ? wuhehehe … Dimana rupanya kehebatan sampeyan dalam menakar ilmu saya? Komentar-komentar sampeyan belum tentu mampu menjatuhkan pendapat saya, sekalipun dibanyak blog-blog dunia jagat maya ini nama sampeyan cukup terkenal. Karena ada ayat di Alquran mengatakan :

Al Quran : (3) Ali ‘Imraan : Ayat 118

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang, di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya. (QS. 3:118)

Apun ilmu sampeyan saya siap berdebat terbuka ???

Wassalam

2 11 2009
Sujarwo Tedjo

@ Jephman
Terima kasih Tuhan, telah mendatang Pak Lambang, Lovepassword, Mbak Fitri dan Sujarwo Tedjo untuk membukakan mata kita apa sebenarnya ISLAM.

>> Sampeyan ini pun rada-rada aneh, berdebatlah mengait-ngaitkan saya dgn kutu busuk kerajaanagama Fietria itu. Nama itu sudah mencemarkan ajaran Islam yg murni. Bertindak atas nama pribadi menolak Poligami tetapi meyakinin dirinya tetap Muslimah yang Mukmin. Komentarnyapun tidak pernah berbobot mencirikan nafas ke Agama an Islam yg benar. Islam adalah ajaran agama yg Lurus, tidak boleh komromi dengan yg yg lain.

wassalam

2 11 2009
lovepassword

@HH :

So…apa yang mau anda simpulkan hayo…? Kita kan bicara banyak manusia. Mungkin saja benar seperti yang anda bahas , tentu ada juga yang tidak demikian. Ada yang mau memberi kesempatan dengan dalih : Agama tidak pernah mengajarkan pemaksaan. Ada juga yang tidak memberi kesempatan dengan alasan. Membiarkan agama lain sama saja dengan memberi kesempatan kepada ketidakbenaran. Lha persepktif-perspektif model begini ada dalam masing-masing agama. Ada dalam banyak agama.

Di Indonesia pun bisa kita lihat semua hal ini.

SALAM

2 11 2009
lovepassword

Ya terima kasih kembali. Kembali kasih deh yah …🙂

2 11 2009
lovepassword

Isyu Islamisasi dan Kristenisasi itu bukan isyu baru, bahkan sudah sering dibahas di Lemhanas sejak tahun jamannya Tri Sutrisno. Di Indonesia Barat yang berkembang isyu Kristenisasi , di Indonesia Timur yang berkembang isyu Islamisasi.

Isyu ini sedikit banyak terkait dengan warisan masa lampau dimana para penjajah sengaja membuat zona atas dasar agama di wilayah2 Indonesia. Tujuannya tentu saja devide et impera. Lha biarpun penjajahan puluhan tahun berlalu tetapi sisa akibatnya masih ada. Luka2 lama masih ada.

Yang jelas Tentara Nasional Indonesia tidak akan mentorelir siapapun dan apapun juga yang mengganggu keutuhan NKRI. 🙂
Para pemikir2 negara sudah memikirkan akibat2nya tetapi bagaimanapun mengatasi isyu2 ini bukan barang gampang. Tidak semata-mata harus dilihat dalam tataran normatif saja. Karena harus dilihat dari sisi sosiologis masyarakat dan dampak sosialnya.

Posisi pemerintah siapapun presidennya tidak bisa dibilang mudah untuk menyelesaikan masalah2 model beginian. Terlalu lembek jelek, terlalu keras juga jelek. Untung aku nggak jadi presiden🙂

2 11 2009
rodrymikhael

LIKE THIS!!🙂

2 11 2009
Robinson Agus Sihotang

@ Sujarwo Tedjo
berkata :
Sebab di kitab suci Alquran nama Kristen tidak pernah di tuliskan . Yang ada adalah Nasharod ( bhs Indonesia Nasrani) yaitu kaum agama bapa yg beriman kd Ibrahim.

saya jawab :
Lho, penggunaan kata Kristen anda katakan tidak ada di Alquran tetapi yang ada adalah Nasharod ( Nasrani utk bhs Indonesia). Baiklah ya mas, saya terangkan sebenarnya ke dua kata tsb mengacu kpd sesosok yang bernama Yesus Kristus. Kristus adalah sebutan dr bhs Yunani yakni Christos , Sebab di kitab suci Alquran nama Kristen tidak pernah di tuliskan . Yang ada adalah Nasharod ( bhs Indonesia Nasrani) yaitu kaum agama bapa yg beriman kd Ibrahim. Ke dua kata tsb sbnrnya mengacu kpd sesosok bernama Yesus Kristus. Nah dalam bhs Ibraninya adalah Masiach sedangkan dlm bhs Yunaninya adalah Christos , yg artinya Di urapin Allah. Nah, sebutan untuk para pengikut Kristus itulah yg menjadi awal penggunaan sebutan untuk orang-orang Kristen. Sedangkan Yesus itu berasal dari suatu daerah di Israel yg bernama kota Nazareth. Jadi sama saja artinya dgn panggilan untuk pengikut Kristus itu yakni orang-orang Nazareth atau Nasrani. Apa pula Nasharod adalah orang-orang yg mula-mula beriman kpd Ibrahim.

Sujarwo Tedjo:
katakan :
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. (QS. 5:51)

saya
jawab :
Emang siapa pak yg mau memimpin kaum muslimin. Kan kita bicara tentang penolakan pendirian gereja di suatu daerah ?? Maksud mas apakah kalau kita membentuk panitia pembangunan gereja maka mas bersedia jadi panitianya ?? Wah… usul yg bagus ya, spy para saudara-saudara kaum muslimin tidak menaruh curiga dan membenci pendirian gereja krn mas adalah ketua panitia Parheheon Bilik Parhobasan.

2 11 2009
jelassnggak

@Sujarwo Tedjo

Muslim: “Kalau kami melarang kalian membangun gereja, ya kalian jangan protes dong …!”

Kristiani : “Kenapa ya ?.. boleh tau alasannya kenapa kita ngga boleh protes …?

Muslim : “karena hanya Islam agama yang di ridhai.”

Inilah kenapa saya bilang anda “bagaikan katak dalam tempurung”.
(Sori.. he he .. bukan maksud mengihna atau apa gitu.. cuman mau kasih tau aja.. mau diterima syukur, ngga juga ngga apa-apa)

ini mirip dialog tukang kecap.

joko : “hey Endi,..Kalau saya melarang kalian membangun pabrik kecap di sini, Ya kalian jangan protes dong”

Endi : “Kenapa ya..? BOleh tau alasannya..?”

Joko : “Karena hanya kecap saya yang paling enak.”

.
.
.

Kalau argumentasi “tukang kecap” yang anda pakai, saya akan tanya kepada anda…:

“darimana taunya bahwa hanya islam agama yang di ridhai”

*Begging the question*
.
.
.

Hhhh…

susah-lah muslim-muslim ini…..

3 11 2009
Sujarwo Tedjo

@Jelasnggak
berkata :
“darimana taunya bahwa hanya islam agama yang di ridhai”
_______________________________________________________

>>> Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. ( surat Al-’imram hal 2).

Ayat di atas tertulis di Alquran, kalau sampeyan tidak jelas membacanya maka saya akan memperjelasnya. Bahwa Islam adalah agama satu-satunya yg berkenan disisi Allah SWT. Insyallah semua yang memeluk agama Islam akan masuk ke Surga. Ada juga alasan lain Allah meridhai agama Islam yakni tertulis :

Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”. (QS 2:132)

Dari kesimpulan di atas apa sampeyan tidak mengerti Islam adalah agama yg diridhai Allah SWT. Sudah menjadi titik final bagi kaum Muslimin dimanapun. Seandainya anda katakan semuanya itu salah maka kami tetap beriman kpd Allah SWT dan junjungan kami Rasulullah SAW. Tidak mungkin kami menafsirkan ayat-ayat tsb adalah salah. Oknum-oknum dari kami saja yg terkadang menerangkannya kpd anda dgn salah.

3 11 2009
Sujarwo Tedjo

@ Robinson Agus S.
katakan :
Emang siapa pak yg mau memimpin kaum muslimin. Kan kita bicara tentang penolakan pendirian gereja di suatu daerah ??

_________________________________________

>> Begini ya pak Robin, kami kaum Muslimin sudah sepakat bahwa pendirian bangunan ibadah kelian itu dapat membahayakan keimanan dan ketaqwaan sebagian umat muslim di sana. Kelian menganut ajaran Kafir dan itu dapat merusak taqwiyah dan majelis muslim yg ada disekitar rumah ibadah kelian itu. Kami takut kelian akan menginjili umat Islam di sana. Walau ada beberapa masyarakat disana setuju dgn izin pembangunan Gereja itu tetapi kami atas nama Islam berusaha menolaknya. Kelian lebih bagus mencari lahan ditempat yg tidak ada mayoritas Islamnya. Agama Islam adalah agama yg mengajarkan kedamaian tetapi kami tidak bertoleransi jika ada umat kami yg masuk ke Gereja krn kelian dibayar gereja untuk menginjilin mereka .

3 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Sujarwo Tedjo,

Maaf ya mas Tedjo. Kuharap Anda tidak marah kepadaku karena daku mau TERTAWA.

WAKAKAKAKA….

Huss… serius dong! Hehehe… Mungkin itulah sebabnya perlu ada FPI ya? Mayoritas yang perlu dibela.

Yang pasti, kayaknya Anda parno banget deh.

3 11 2009
Sujarwo Tedjo

Emanul Setio Dewo
berkata :
Huss… serius dong! Hehehe… Mungkin itulah sebabnya perlu ada FPI ya? Mayoritas yang perlu dibela.

____________________________________

>> Maafkan saya mas …
Kami memang telah diajarkan untuk berjihad dengan keras karena ajaran-ajaran di Islam memang mengajarkannya demikian. Bagimu agamamu dan bagi kami agama kami. Kami menyadarin bahwa sebagian kekerasan yang terjadi di sebagian dunia ini adalah karena sikap kami yg sepenuhnya menafsirkan ayat-ayat di Alquran tsb adalah melakukan kehendak Allah SWT.

3 11 2009
onanon

@sujarwo tedjo
terima kasih banyak atas komentar komentar nya
anda adalah sebaik baik nya muslim;hidayah allah swt telah ada padamu
dan mas lovepassword pun terdiam,lambang jadi bungkam,mbak fietra tidak sanggup lagi menganga,tunjukkanlah kepada dunia wajah islam yang sesungguh nya,sekali lagi terima kasih

3 11 2009
dayak

@ Sujarwo Tedjo

mungkin anda tidak mengerti topik atau tema dari berita diatas.
anda terlalu fanatik terhadap sesuatu yang sebenarnya, anda sendiri tidak mengerti makna dari agama anda….
sekalipun saya kristen / nasrani, tapi saya juga percaya bahwa agama anda pun mengajarkan perdamaian dan kasih (kecuali anda ngga paham).

pak sudjarwo, ini bukan bercerita tentang agama yg benar di mata Allah,
tapi kekecewaan kami karena ulah pihak2 yg ngga mengerti
akan makna bhineka tunggal ika dan pancasila

sekali lagi…..
ini negara INDONESIA dan bukan ARAB
jadi.., kami berharap, hormatilah UUD’45 dan Pancasila
sebagai landasan hukum kita
BUKAN Alquran ataupun Kitab Suci dari agama

menurut saya pribadi, pengetahuan anda
akan Agama Islam itu sendiri sangatlah dangkal..!!
anda hanya bermain dengan pembelaan yang buta dan tidak berdasar.

darimana anda tau bahwa anda menjalankan kehendak Allah anda?
Jikalaulah memang Allah anda pernah berbicara dengan Allah anda…,
berarti Allah anda adalah Allah yang suka cari masalah dan keributan..!!

sekali lagi…, saya yakin, Allah anda tidak seperti itu..!!
di agama mana sih yg mengajarkan keributan??
itu hanya manusianya aja yg salah menafsirkan dan sok pintar.

jika anda takut / khawatir keimanan dan ketaqwaan kalian luntur…
ya kalian harus banyak2 belajar tentang agama kalian…
agar iman kalian kuat…. bukan bertindak seperti pengecut..!!

3 11 2009
datubolon

@kerajaanagama
Saya, kristen, dan sudah membaca ayat tersebut. Menurut saya, ndak masalah kalo pak kerajaanagama memberi ayat dari Quran. Itu ayat yang bapak yakini sebagai umat Islam. Ya uwes, ga apa apa.
Namun pak, kami umat Kristen mengimani Alkitab kami (bukan Quran) dan sejarah keKristenan tentunya. Mau ditekankan bagaimanapun, kami tetap percaya kepada Alkitab dan referensi kami tetap Alkitab bukan Quran.🙂

Mengenai ayat, ini ada satu ayat dari Alkitab buat penyemangat untuk teman-teman saya Kristiani.

Galatia 1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

Inti yang saya sampaikan, perizinan rumah ibadah harus ditanggapi sesuai dasar hukum bangsa Indonesia.
Demikian.

Salam hangat.

3 11 2009
rodrymikhael

wuaakakakakakkkk!!!!!! (sorry kalau ketawa saya terlalu lebar, LOL)
tapi pikiran saya jadi terbuka akan hal ini
thx, ho3..😀

3 11 2009
rodrymikhael

jadi siapa yg harus didengar? mbak fitri atau pak tedjo? semua mengklaim kebenaran, apalagi pake ayat2 segala. jadi bingung, cape dech..

3 11 2009
Robinson Agus Sihotang

@ Sujarwo Tedjo
berkata:
Kelian menganut ajaran Kafir dan itu dapat merusak taqwiyah dan majelis muslim yg ada disekitar rumah ibadah kelian itu. Kami takut kelian akan menginjili umat Islam di sana.

saya Jawab :
Kita tdk boleh mengatakan sesuatu hal sebelum kita menguji sesuatu hal saudaraku.
Ada orang-2 yg percaya bhw mereka benar apabila mereka salah. Ketakutan yg berlebihan hanya akan mengakibatkan gesekan-gesekan yang dapat merusakkan kedamaian dan soladiritas kehidupan beragama disuatu tempat. Baiklah jikalau mas mengutip ayat-ayat dari Alquran maka saya akan mengutip ayat-ayat dr Alkitab, ” Dan inilah tandanya , bhw kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menurutin perintah-perintahNya ” ( I Yoh 2 : 3). Kalau seperti mas bilang anda-anda semua mengikutin Allah dgn bersikap bermusuhan kpd kaum Kristiani dgn menolak pemberian izin rumah ibadah disitu bukankah kami menganggap Allah yg ada di Alquran itu bertempramen keras dan pembunuh ? Pdhal di Alkitab dicatat bhw Allah itu adalah Kasih. Kita dapat kunjungin pd link berikut
http://hakadosh.wordpress.com
Nah, sikap penerimaan Allah yang harus kita renungkan terlebih dahulu. Jangan kita membabi buta secara ekstrimis membela Allah padahal buah dari perbuatan kita itu sangat jauh dari keinginan Allah. Untuk menilai manusia itu kita dapat lihat dari buah yg dihasilkannya. Jadi menurut saya jikalau orang percaya kepada ALLAH maka seharusnya berdiam jugalah kasih itu didalam dirinya. Karena Allah itu adalah KASIH
Kalau pohon Mangga berbuah maka pasti buah Mangga yg akan dihasilkan dan kalau pohon Durian berbuah maka pasti buah Durian yg dihasilkan. Jadi jikalau anda menolak pendirian rumah ibadah karena ketakutan spt mas katakan , maka terujilah bhw Kristen itu bukan agama Kafir ???

Sujarwo Tedjo
katakan :
Agama Islam adalah agama yg mengajarkan kedamaian tetapi kami tidak bertoleransi jika ada umat kami yg masuk ke Gereja krn kelian dibayar gereja untuk menginjilin mereka .

saya jawab :
Baiklah saudaraku yg dikasihi Tuhan. Saya hanya memberi contoh dikampung halaman saya di kota Balige ada beberapa saudara/i yg beragama Islam. Hanya 6 KK, tetapi kami menggagasin pendirian mesjid utk mereka disana utk tempat mereka beribadah. Tetapi ada sekelompok masyarakat Kristiani dari luar yg berusaha berniat menghalangin mereka dan memprotes pendirian mesjid tsb.
Maka kami yg adalah saudara/i seiman untuk mereka menjadi lawan dan musuh seiman dalam tindakan niat mereka itu. Kami tunjukkan bhw mengasihi manusia tdk seiman harusnya spt kami juga mengasihi diri kami sendiri. Sebab IMAN tanpa PERBUATAN adalah mati. Mengasihi Allah bukan dgn menurutin apa kata ayat-ayat di kitab suci tetapi menurutin apa kata hati nuranimu sesuai situasi di matamu.

3 11 2009
kerajaanagama

@rodrymikhael
Ya..terserah mau pilih umat islam yang jahat atau yang baik seperti saya. Saya bukan orang yang sejahat kalian kira. Saya dikalimantan juga punya banyak teman-teman yang kristen.

Cobalah tanya @dayak, apa ada gereja yang dilarang didirikan di kalimantan?

Kami disini apapun agama dan sukunya hidup rukun berdampingan dan harmonis. Kalaupun ada kata-kata saya yang menyinggung rekan-rekan Kristiani disini, saya minta maaf. Itu tak lain adalah karena saya emosi dengan pernyataan kalian karena menyamaratakan semua Islam seperti teroris.

Rumah saya di Melak, kubar, dekat dengan gereja khatolik. Sampai sekarang gereja itu masih berdiri walaupun ada umat islam yang tinggal didaerah tersebut.

Sebenarnya saya hanya meminta perdamaian dan toleransi dari para Kristen di forum ini. Tidak semua Islam sama seperti yang anda semua tuduhkan.

3 11 2009
Emanuel Setio Dewo

Rupanya Sujarwo, KerajaanAgama, LovePassword tidak ada yang salah. Mereka para muslim yang baik, artinya mereka sama-sama beragama islam yang mempelajari AQ. Masalahnya adalah bahwa mereka memilih menganut ayat yang berbeda. Yang satu mentaati ajaran kekerasan, sedangkan yang lain mentaati ajaran toleran & kelembutan.

Daku rasa bukan salah mereka kok.

*heran saja, kenapa bisa memilih begitu ya?*

3 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Mbak Fitri,

Sebenarnya saya hanya meminta perdamaian dan toleransi dari para Kristen di forum ini. Tidak semua Islam sama seperti yang anda semua tuduhkan.

Kayaknya terbalik tuh.

3 11 2009
borusibarani

@sudjarwo edjo
Anda mneulis :
“Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”. (QS 2:132)”

–> Bukankah aneh? Ibrahim hidup ribuan tahun sebelum Muhammad. Bagaimana bisa Ibrahim memeluk agama Islam, sedangkan anda meyakini bahwa agama Islam tercipta melalui muhammad.
Itu sama saja anda tulis seperti ini ” Albert Einstein berkata,” pakailah Nokia E67 untuk melakukan komunikasi yang maksimal”. Nggak Nyambung kan?

Saran saya, belajar dululah tentang sejarah serta makna yang terkandung di dalam Kitab anda. kalau sudah pintar anda baru bisa jihad mati-matian membela agama anda.

syalom

3 11 2009
Robinson Agus Sihotang

@Emanuel Setio Dewo
berkata :
Daku rasa bukan salah mereka kok.
*heran saja, kenapa bisa memilih begitu ya?*

Saya menjawab :
Saya sudah berdiskusi pd berbagai blog di dunia maya dgn berbagai teman dari lain keyakinan. Saya menyimpulkan bahwa mereka hampir seluruhnya mengatakan bhw semua agama adalah benar menurut apa yang telah mereka anut sejak lahirnya. Dari situ saya tahu perkataan Kristus yg pernah mengatakan bhw jikalau seseorang itu tidak dilahirkan kembali maka dia tidak akan pernah bisa masuk ke dalam kerajaan Surga. Perlu bagi seseorang itu mesti dilahirkan kembali agar roh yg ada di dalam dirinya dapat diperbaharui. Selama mereka belum diyakinkan akan kebenaran injil dan dilahirkan dari Roh Kudus dan Baptisan Kudus maka mereka hanya bisa mendengar tapi tidak mengerti dan bisa melihat tapi tidak memahami. Jadi saya , mas dan teman-teman lain berkewajiban terus memberitakan Injil itu dan kiranya Allah melalui anakNYa Kristus dpt menumbuh aktifkan firman itu melalui bacaan yg mereka baca diblog ini.

Salam Hormat,

3 11 2009
kerajaanagama

Katanya ajaran kasih…’

Tapi kok, saya bicara dengan baik anda malah berprasangka buruk pada saya?

3 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Robinson Agus Sihotang,

Wah daku setuju banget dengan pendapat Anda.
Yowis…
Salam hormat juga.

3 11 2009
kerajaanagama

Kristenisasi dong…

3 11 2009
Emanuel Setio Dewo

Nah loh, dituduh Kristenisasi.
Beda loh antara memberitakan dengan Kristenisasi.
Tidak ada paksaan untuk masuk ke Kristen kok.
Cuma memang bahwa semua bangsa bisa mengenal Yesus Kristus.
Tentu dari sumber yang benar, yaitu Alkitab.

Lalu bagaimana dengan solat yang pakai amplifier/speaker di setiap masjid? Bisakah saya menuduhnya sebagai islamisasi? Tentu tidak kan?

Jadi saya berharap supaya Mbak Fitri mampu melihat persoalan ini dengan pikiran yang jernih.

Salam.

3 11 2009
curious

hahahaha,,,
benar-benar sandiwara yang menarik.
Aliran kata-katanya mengalun jeram mengayun adrenalin.
Setiap lakon memainkan karakter masing2 dengan kokoh dan tegar, mungkin jadi gak sadar saking seriusnya malah berebut antagonis.
Cerita bertambah ramai dengan masuknya figuran yang menyatakan dirinya bersama si A, padahal semua gaya bahasa dan dialek yang digunakan jelas-jelas bersama si B. Benar2 peran yang sangat berbahaya nan provokatif.
Banyak pula lakon pendamping yang iseng mengkoreksi peran lakon lain, padahal perannya sendiri ngasal dan ikut-ikutan doang. Persis seperti nonton opera van java.

Hihihihi.. benar-benar sandiwara yang unik.

3 11 2009
rodrymikhael

ya ampun jawabannya OOT a.k.a Out Of The Topic
lain yg ditanya dgn yg dijawab
cape degh

3 11 2009
Emanuel Setio Dewo

Memang agak susah nampaknya berdiskusi dengan dia.

3 11 2009
Robinson Agus Sihotang

@ curious
Hihihihi.. benar-benar sandiwara yang unik.

answer that :
Belum tahu akhir cerita udah kau bilang SANDIWARA ??
Yang Kau saksikan ini adalah peperangan rohani , jadi sesuai dgn embel-embel namamu itu curious, maka agak serius kau dikit …
Masak permohonan agar tempat ibadah jgnlah kiranya dipersulit pembangunannya malah kau bilang provokatif ?

3 11 2009
curious

wekekekekkek…
hmm.. kalo ini peran apa yah?

Robinson: Yang Kau saksikan ini adalah peperangan rohani ,

=> wah,, peperangan rohani apa peperangan nurani yah? hmmm.. yah.. bukan dua2 nya. Menurutku lebih tepat dikatakan sebagai peperangan insani. Setiap insan merasa berhak membela diri dari ancaman, apapun alasan ancaman itu berasal. Hanya saja ketika terancam, cenderung instinglah yang bertindak. Yah,, seperti yang sudah saya baca dari komentar2 diatas. Insting setiap komentator sangat menarik dan reflektif. Kemungkinan besar karena sudah terlatih lama dan sering. So interesting.
Tapi perang Rohani? whawhahwahwa.. NO WAY. Sama sekali tidak terberkas adanya rohani pada dongeng diatas. Pure insting. That’s it.

Robinson: jadi sesuai dgn embel-embel namamu itu curious, maka agak serius kau dikit …

=>Eh, by the way busway, apa hubungannya yah curious sama serius?
jiiiiaaakakakakakkakk…
Sudah pasti aku serius lae…

Robinson: Masak permohonan agar tempat ibadah jgnlah kiranya dipersulit pembangunannya malah kau bilang provokatif ?

=> OMG,,, Sorry lae,, lupa aku jelaskan kalau yang ku komentari itu hanya komentar2 diatas, bukan artikelnya. Kalau artikelnya, membuat aku sedih membacanya… aku no koment. Maaf lae..
Tapi yang lebih bikin sedih tapi sekaligus bikin aku tertawa terbahak-bahak, ya sandiwara komentar diatas.
Untuk itu, aku copy paste lagi pernyataan terakhirku dengan niat tulus, serius dan curious:

Hihihihi.. benar-benar sandiwara yang unik.

3 11 2009
Robinson Agus Sihotang

@ Corious
said:
Tapi yang lebih bikin sedih tapi sekaligus bikin aku tertawa terbahak-bahak, ya sandiwara komentar diatas.

answer;
Dengan memberi apresiasi yg tinggi saya juga ingin bertanya dgn tulus dimanakah komentar yg membuat anda tertawa dan sedih ?
Begini lho mas, bahwa saya pribadi di lapangan sudah mengalami hal ttg posting yg di atas itu, sampai sekarang ada satu gereja yg pembangunannya sudah hampir rampung tetapi oleh sebagian masyarakat tertentu malah meminta gereja tsb dihancurkan. Bagaimanalah perasaan jemaat gereja tsb mengetahui itu dan mereka tdk tahu mengadu kemana krn para pemerintah menutup mata thd tangis mereka.
Nah, jawaban dr komentator di atas ternyata mewakilin apa yg saya lihat di lapangan. Hope you understand and give us solve problem please.. don’t give us not action talk only.

Shalom

3 11 2009
jelassnggak

Tampaknya sdr. Sudjarwo Tedjo dan teman muslim lain tidak bisa lagi menghadapi serangan dari kaum kafirun al infidel

semua bola loop, permainan netting, bola silang dan umpan panjang dan pendek tidak dapat dikembalikan lagi olehnya.

3 11 2009
jelassnggak

Jelasnggak berkata :
“darimana taunya bahwa hanya islam agama yang di ridhai”

Sudjarwo Tedjo : dari alquran ayat al Imram :
Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. ( surat Al-’imram hal 2).

Jelasnggak tanya lagi:

“Bagaimana saya bisa yakin kalau ayat tsb. benar-benar mengatakan kebenaran….?”

Jawabnya ngga pake ngebalikin ya..

3 11 2009
Emanuel Setio Dewo

Dewo juga bertanya:

“Bagaimana saya bisa yakin kalau ayat tsb. benar-benar dari Tuhan?”

*Hem… rada keras juga ya pertanyaannya?*

3 11 2009
curious

Robinson: Dengan memberi apresiasi yg tinggi saya juga ingin bertanya dgn tulus dimanakah komentar yg membuat anda tertawa dan sedih ?

=> Secara umum, Sang Sutradara Agung Yang Esa tentulah tidak menerbitkan naskah yang jalan cerita atau temanya bertolak belakang. Para pelakon memahami naskah (berdasarkan keinginan masing-masing) terhadap peran yang dimainkan. It’s normal. Sedihnya pelakon berusaha memahami peran pelakon lain yang tidak sama dengan peran yang dimainkannya. Lucunya, hampir semua pelakon melakukan hal yang sama sementara peran yang di kehendaki Sutradara melenceng dari naskah. (OVJ banget kan)

Robinson: Begini lho mas, bahwa saya pribadi di lapangan sudah mengalami hal ttg posting yg di atas itu, sampai sekarang ada satu gereja yg pembangunannya sudah hampir rampung tetapi oleh sebagian masyarakat tertentu malah meminta gereja tsb dihancurkan. Bagaimanalah perasaan jemaat gereja tsb mengetahui itu dan mereka tdk tahu mengadu kemana krn para pemerintah menutup mata thd tangis mereka.
Nah, jawaban dr komentator di atas ternyata mewakilin apa yg saya lihat di lapangan.

=> Persis. Kedua paragraf anda sangat berkaitan. Saya setuju!
Apa yang terjadi dilapangan, terjadi pula di atas tulisan kita (dan mungkin dibawah). Dan itu instingtif sekali bagi makhluk hidup.
Tapi tidak ada Ruhani yang terlibat disitu meskipun masing2 pihak merasa mewakili Pemilik Ruhani. Peran yang dimainkan melenceng dari naskah Suci sementara masing2 pelakon merasa merekalah tokoh utama. Sutradara sudah berulang kali berseru lantang dan jelas “CUT! CUT! …” apa daya, para pelakon berperan dengan pemahaman masing2 yang cuma secuil tapi gencar mengkritisi karakter pelakon lain. Anehnya, masing2 berprasangka CUT nya Sutradara gara2 kesalahan pelakon lain.
Kemungkinan besar, jika ada yang bertanya kenapa sandiwara tidak sesuai naskah, jawaban yang diberikan kedua belah pihak adalah: pelakon lain yang memulai ngawur duluan.

Robinson: Hope you understand and give us solve problem please.. don’t give us not action talk only.
=> Seteend setend! anderseten lae.
…. {hadah diajak ngomong Geris gini bikin gw bingung. Mana Geris gw pas2an banget lagi. Mudah2an translatorku hasilnya gak ngaco}….

But all comments above are totally NATO. I don’t want to solve THIS problem even if I could (In fact, I couldn’t. Really!) I just want to share some. Maybe it is related, maybe not. Just my share, and I don’t need any response about this, okay?!

Actually, I was in your position not so long time ago. My people properties were destroyed by others. We’d never disturbed or touched those people at all. I’d asked why, what, who, when and how while I looked at others. The answer always NATO.
Then I asked my Lord, He told me to look inside me 30mnt within 24hrs for few days. He introduced me to my Soul, my Holy Spirit during that period. Then He told me to look 1hrs/24hrs in next few days. 3/24, 6/24, and so on until He ask me to look at Him wherever I turn my head, whenever I blink my eyes. (Honestly, I can’t do it, yet. Really difficult)
Slowly but sure, I realize what character He want me to play. And I realize He gave others some different characters to be played also, no matter whether they realize or not. I just believe, whatever it is, it has purpose. He never miss-create. And He never wants His creation act as He does.

Sorry if I talked too much without action (just playing keyboard and klak-klik da mouse, copy paste to translator then re-copy paste the result here😀 ).

3 11 2009
curious

Saya suka cerita Lae Robinson diatas. Membuktikan bahwa dimana bumi dipijak disana langit dijunjung. Bahkan meskipun jangkauan penglihatan masing-masing kita terhadap batas langit berbeda, tetaplah perlu saling menjunjung langit agar semua bisa kokoh memijak bumi.

3 11 2009
curious

[kok koment saya gak masuk ya? saya tulis ulang deh]

Saya suka sekali cerita Lae Robinson diatas. Membuktikan dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.
Meskipun jarak pandang terhadap batas langit berbeda, tetaplah perlu saling menjunjung langit agar bisa bersama dengan kokoh menginjak bumi.

So sweet.

3 11 2009
curious

hihihi,, akting yang bagus, tapi lucu.
Eh, dulu aku pernah dapet peribahasa yang kalo gak salah begini:
Menampik air di dulang, terpercik muka sendiri.
Bener gak? Soalnya baca komentar diatas kok mendadak inget peribahasa itu yah?

Sesekali melihat rumah kita dari luar bagus kok. Tujuannya agar kita bisa tau mana2 yang perlu diperbaiki dan di perindah. Namun bukan berarti bebas melebarkan halaman ke tanah tetangga loh. Apalagi berusaha membenahi rumah tetangga lalu menempatinya.

but, nice acting anyway…. hihhhhihihihihi

3 11 2009
lovepassword

Hi Hi Hi, saya diem sebentar saja, eh sudah banyak yang kangen rupanya.

Gini yah para teman. Dalam diskusi di sini saya sama sekali tidak merasa mewakili kelompok manapun, agama manapun, suku manapun dsb. Artinya kalo ada pikiran yah itu pikiran saya. Begitu juga kalian. Dengan level kalian paling banter yah kalian mewakili RT kalian, ndak ding..Hi Hi Hi. Jangan ngambek yah. Maksudku semua yang ada di sini kan pendapat pribadi masing-masing gicu lho.

Lha setiap orang bisa berpendapat sesuai pemikirannya. Gicu lho. Lha kalo anda tidak setuju dengan pendapat seseorang bisa saja. Lha itu nggak ada kaitannya dengan Islam, Kristen dan sebagainya. Di dalam interaksi antar agama ada persamaan dan perbedaan pendapat. Begitu juga dalam interaksi internal dalam satu agama. Itu wajar saja.

Meskipun kadang-kadang Bu Fitria agak angin-anginan kayak aku. Tetapi kali ini saya rasa dia lumayan argumentatif.🙂
Tidak ada paksaan dalam beragama. Itu kan bisa diartikan banyak. Bisa saja itu diartikan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk beribadah menurut kepercayaan masing2. Pun meskipun kepercayaan itu tidak disetujui oleh Islam sendiri. Kalo masalah etika dakwah, misionari dsb saya rasa kan juga sudah ada aturannya. Lha masalahnya adalah banyak manusia yang merasa boleh melanggar aturan kalo merasa dirinya besar.

Tetapi mengaitkan Sujarwo Tedjo dengan Noordin M Top tentu saja itu juga tuduhan gegabah. Menuduh orang tanpa bukti itu nggak bagus. Itu mendekati fitnah. Lagipula boleh-boleh saja setiap pemikiran berkembang dan disampaikan sesuai apa yang ada di kepala dan hati masing-masing. Selama aspirasi itu diwujudkan sesuai koridor yang ada itu sah-sah saja. Bukan berarti kalo pemikiran itu lunak tidak boleh disampaikan begitu juga sebaliknya pemikiran pemikiran yang keras pun boleh disampaikan. Kita tidak bisa mengadili sebuah pemikiran.

Dah gicu saja intinya.

SALAM Semuanya.

3 11 2009
lovepassword

Di blogmu saja aku bisa siul-siul ngadepi kamu sampai elo memilih melarikan diri ke sini ketimbang makan gedang goreng bersamaku. Eh di sini kamu masih kebesaran gaya lagi. Hi Hi Hi. Pa Kabar cah….? Seneng yah dapet panggung baru untuk menyalurkan bakat narcis kita ? Prut Prut

Salam Cah
See You

3 11 2009
lovepassword

Saya rasa kamu setidaknya 70% benar. Hi Hi Hi. Tidak ada peperangan rohani di sini. Itu memang kata-kata yang terlalu berlebihan. Yang ada adalah tempat manusia lagi curhat, belajar menulis, belajar melampiaskan ego, kadang narcis juga, kadang refleks juga, kadang intingtif. Kadang ada juga yang jadi penonton tetapi nggak bayar karcis. Cuma itu saja sih intinya. Kamu adalah pemerhati manusia yang sungguh jenius. Good Point.

Lucunya, hampir semua pelakon melakukan hal yang sama sementara peran yang di kehendaki Sutradara melenceng dari naskah. ===> Masalahnya gini yah jujur saja saya ini kadang jenius kadang geblek juga. Saya kadang bingung juga darimana kita tahu sih kalo peran kita melenceng dari yang dikehendaki sutradara.

Bapak Sutradara kita tampaknya terlalu misterius atau terlalu membebaskan pemerannya untuk berimprovisasi di panggung sehingga hasilnya yah memang ada pakem drama secara garis besar tetapi juga ada banyak keunikan-keunikan improvisasi. Lha masalahnya adalah selama belum di CUT ya tidak ada yang tahu apakah tindakan itu masih dalam koridor disenangi oleh sutradara atau tidak.

3 11 2009
lovepassword

Maksudmu kamu mau ngomong tidak semua orang Kristen itu kayak kamu gicu, MAS Dewo ??? Elo nyindir kanan atau nyindir kiri yah ? ( mringis mode on)

3 11 2009
lovepassword

Bagaimana saya bisa yakin ayat-ayat itu dari Tuhan ????
===>

Kamu mengharapkan jawaban circullar yah… Hi Hi hi. Jan…Jan.

Gini yah :

Lho kalo masalah yakin itu bukan soal bagaimana Mas…- Hi Hi Hi. Masak gini saja nggak mudeng sih.

Yakin itu bukan soal bagaimana kamu yakin, tetapi soal bagaimana kamu mengimplementasikan keyakinan itu. Keren kan gw ???

Ketika kita yakin Tuhan itu ada itu juga bukan soal bagaimana ? Tetapi apa implikasinya terhadap perbuatan kita. Gicu lho teorinya. Teori ala lovepassword sih.
Lha karena namanya teori tentu saja elo boleh setuju boleh tidak.

Silahken berpendapat.

3 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@LovePassword,

Terus terang memang daku ngga mudheng. Ngga habis pikir tepatnya. Mungkin Mas LovePassword bisa membantuku untuk memahaminya? Soalnya selama ini jawaban2 fundamental seperti ini tidak bisa dijawab dengan memuaskan.

Kalau mas LovePassword bisa menjelaskan dengan baik, tentu tidak hanya memuaskan rasa ingin tahuku, tapi juga membantu umat lain untuk dapat memahaminya. Dan kelak jika ada pertanyaan serupa, mereka bisa menjawabnya dengan baik. Iya tho?

Monggo silakan dijawab Mas.

3 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@LovePassword,

Hehehe… rupanya dirimu salah tangkep. Yang kumaksud sulit diajak disusi adalah si KerajaanAgama (Fitri). Masak ndak berasa sih kalau beliau memang sulit diajak diskusi?

Jadi, daku menanggapi pernyataan beliau ini:

Katanya ajaran kasih…’

Tapi kok, saya bicara dengan baik anda malah berprasangka buruk pada saya?

Jadi daku ngga nyindir kanan-kiri kok. Cukup 1 arah saja.

3 11 2009
Emanuel Setio Dewo

Ralat: “disusi” -> “diskusi”

Komenku sebelumnya sebenarnya cuma mengamini pernyataan rodrymikhael. Bahwa diskusi dgn KerajaanAgama memang susah.

3 11 2009
curious

Lovepassword: paragraf 1 (supaya gak penuh2in page)
=> Thanx pujiannya. Kirain kamu cuma ingin dipuji, ternyata bisa muji juga ya? hehehee… salam kenal penuh Kasih.
Sebenarnya opini saya diatas adalah hasil pengalaman pribadi dengan kondisi serupa. Jadi kalau boleh merendah, itu bukan kejeniusan, sekedar teringat masa lalu yang terbersit setelah membaca aliran komentar disini.

Lovepassword: paragraf 2.
=> kalau kita coba mendalami peran kita sendiri mengkaji lebih dalam naskah Sutradara, memahami dan megimplementasikannya, dibawah bimbingan dari Sutradara atau asistenNya, niscaya terlihat jelas reel nya.

Lovepassword: paragraf 3.
=> Sutradara kita memang Maha Baik, Maha Sempurna dan Maha Kasih. Cuma para pelakon sering (terlalu sering) lupa kalo Dia juga berkarakter Maha Mendengar, Maha Berkata-kata, Maha Pencemburu dan Maha Sombong. Saking lupanya, malah para pelakon memainkan keempat karakter Sutradara diatas bahkan lebih.
Terlalu asyik berkata-kata jadi lupa mendengarkan.
Cemburu jika ada lakon yang plot wicaranya lebih bijak dan lebih banyak darinya.
Merasa perannya adalah sebagai tokoh utama sedang lakon lainnya seharusnya tidak sebagus dia.
Saking terbuai, CUT dari Sutradara tak lagi didengarnya, asyik menjalani peran sekeinginan dan sepemahamannya sendiri.
Seandainya saja mau sejenak berhenti bermain peran dan bertanya pada Sutradara atau asistenNya,,, yah, seandainya,,,

4 11 2009
jephman

Heran ya. Ada yg menutup rumah ibadah, sekarang lihatlah malah dituduh fitnah, berprasangka buruk, kristenisasi, jahat, bahkan sampai sandiwara🙂

4 11 2009
curious

ini dia komentar yang saya tunggu…
Mirip nonton Opera Van Java kan?
para lakon sering keluar dari Plotnya. hehehehe

4 11 2009
jephman

@ Fitri/Kerajaan agama

Mbak Fitri, sekarang mbak Fitri sadar bahwa ada 2 muslim yg saling bertolakbelakang padahal sama2 mengimani Alquran. Jelas sekali hal ini terjadi bukan karena penafsiran manusia, sebab mbak Fitri dan pak Sujarwo memakai ayat2 alquran langsung tanpa penafsiran. Ini bukti bahwa Alquran memiliki ayat2 yang kontradiktif.

Jelas sekali bhw Alquran (Islam) itu memiliki 2 muka tetapi 1 kepala, seperti 2 sisi uang koin.
Ini fatal karena bertentangan dengan sifat TUHAN yang Maha Tahu dimana, Alquran sendiri tidak menjelaskan harus mendahulukan ayat yang mana dan tergantung pada MANUSIA itu sendiri. Kalau manusianya yang sehat, berbudi baik dan logis itu mungkin akan baik. Kalau manusianya penuh dendam, nafsu duniawi dan tidak logis, dapat ditebak hasilnya.

Ini berkonsekuensi bahwa Alquran itu TERGANTUNG pada manusianya.

Sekarang mbak Fitri renungkan :
Kalau memang Allah Islam Maha Kuasa, mengapa kitabnya kontradiktif, tergantung manusia, dan mudah sekali diputarbalikan manusia?

4 11 2009
jelasnggak

Lovepassword.

saya ini (kaum infidel al kapirun almukaromah) sedang menunggu jawaban dari kaum mukmin dan mukminah…,

mengenai…,

bagaimana saya bisa yakin ayat-ayat itu adalah ayat benar dari Tuh@n..

ehh..

kok kamu tiba-tiba menyambungkan ke “TuH@n ada”

Saya juga ngga mudheng dengan perkataan lovepasword ini.

—————-

Infidel: “darimana taunya bahwa hanya islam agama yang di ridhai”.

Mukminis : “dari ayat Quran”

Infidel : “Bagaimana saya bisa yakin kalau ayat tsb. benar-benar mengatakan kebenaran yang sebenar-benarnya ….?”

Lovepassword : “Tempe itu enak jell”

.
.
.

CPD.

4 11 2009
cindy

@lovepassword :
/*” … . Lha ketika malam Natal saja banyak anak2 muda NU dan Muhammadiyah yang mau njagain gereja kok. Gereja di bom mereka juga kena bom.” */

Lha klo gereja dulunya ga di bom, tentu gereja ga perlu dijagain setiap malam natal kan ? (mudah-mudahan saja yang membom gereja bukan anak2 muda NU dan Muhammadiyah yang njagain gereja :D). Jika tidak ada pemboman dan teror bom di gereja, maka umat gereja tidak perlu merasa khawatir setiap malam natal. Dampak terbesar dari teror itu bukan karena kehancuran gedung dan korban nyawa, tapi trauma dan ketakutan yang tergores akibat pemboman itu. Setiap malam natal, umat kristiani merasa was-was untuk beribadah ke gereja. Mungkin anda beruntung, bisa hidupkan petasan, bunyikan pentungan, pada saat buka puasa, malam takbiran, dll. Dan bisa melakukan ibadah dengan aman dan nyaman.

/*”… Muslim di Amerika, di London, dsb juga mungkin mengalami nasip yang sama apesnya dengan kalian. Tabahlah tetapi tidak perlu paranoid atau berburuk sangka. … “*/

Tenang aja mas, masih lebih apes umat kristiani, kan blom sampai ke pemboman mesjid😀. Umat kristian sudah terlalu tabah, dan juga ga berburuk sangka kok. Walaupun sudah diteror, tapi banyak kok anak2 muda NU dan Muhammadiyah yang njagain gereja😀.

4 11 2009
cindy

@kerajaanagama :

/*Yap betul!!! Mau melakukan shalat di Masjid saja banyak Kristen yang protes dengar suara azan. Sementara hari minggu pagi, Muslim sudah disuguhi nyanyian gereja.*/

Justru anda bersyukur cuma setiap hari minggu pagi, dari pada hampir setiap hari mendengar suara berkumandang, 3 kali sehari, pagi sebelum ayam berkokok(<-buset dah ..), siang dan sore. (Lengkap kan? :D)

/*
Satu satu aku cinta Bapa

Dua dua aku cinta Paulus

Tiga tiga aku cinta Yesus.

Satu dua tiga trinitas is the best.*/
Bagus banget syairnya mbak, jadi pengen nyanyiin nih😀.

4 11 2009
kerajaanagama

@Jephman
Sebelumnya saya mau tanya, kenapa kalau saya pakai nama fitri/fietria, kekasih, dan nama lainnya selalu dimoderasi? Tapi kalau pakai nama kerajaan agama pasti bisa masuk? What’s wrong about me?

Sedari dulu saya tahu ada umat islam yang punya dua sisi. Jangan dikira saya tak tahu atau pura-pura tak tahu. Saya sudah minta pada kalian untuk mencari tafsiran DEPAG RI atau kerajaan Arab Saudi, atau dari Mesir dan Turki juga bolehlah buat perbandingan. Tapi apa tanggapan yang saya terima waktu di artikel Anti Mualafisasi? “Emangnya Al-Qur’an-nya belum jelas ya mbak?” Sindiran dan hinaan yang saya terima.

Tak ada manusia yang bisa sempurna menafsirkan Al-Qur’an dengan hasil 100%.

Sekarang saya pun juga mau bertanya pada rekan-rekan Kristiani disini. Kalau alkitab adalah kitab paling sempurna dan paling unggul dari Al-Qur’an, mengapa banyak kontradiksi pula dalam kitab kalian? Ini saya sering melihat di blog http://chodet22.wordpress.com/

That’s no problem jika kalian menganggap bahwa diri kalian tidak berprasangka. But daripada kalian hanya berkata-kata, lebih baik tunjukkan melalui sikap kalian.

Saya justru lebih suka ke forum debat agama lainnya, karena mereka lebih sopan dalam berututur kata tidak langsung berprasangka buruk padahal belum melihat dan bertemu saya.

Islam sudah berdiri sejak 1400 tahun yang lalu, dan Al-Qur’an tidaklah langsung ditulis. Tapi dihafalkan oleh para penghafal lalu kemudian disusun dalam lembaran-lembaran.

Ps: Saya tidak percaya Sujarwo Tedjo itu seorang Muslim. Dia pernah berkata Fitri suka mengadu domba Muslim dan Kristen. Ada kalimat yang janggal dalam perkataannya itu.

4 11 2009
dayak

@kerajaanagama
saya sudah membaca blog http://chodet22.wordpress.com/
dan hasilnya…., membuat saya geli dan tertawa…

maaf.., segala kontradiksi yg ada di blog tersebut sangatlah ngawur.
bagaimana mungkin dia membandingkan sesuatu terhadap sesuatu,
padahal dia ngga pernah membuka dan membaca,
serta memahami isi Alkitab… (mbak, tolong baca berulang2 isi blog itu)
jika anda bersedia, luangkan waktu sedikit untuk membaca Alkitab.

just for info:
Alkitab dituliskan oleh para rasul (setelah Yesus),
adalah berdasarkan pengalaman dan penglihatan mereka
let say.., matius, markus, lukas, yohanes, dll…..
menurut saya pribadi…. (maaf kepada teman2)
mereka menuliskan itu layaknya seperti buku harian mereka
dimana mereka mengalami kejadian bersama Yesus.
itulah yg membedakannya dengan Alquran.

saya pribadi ngga pernah percaya 100%
terhadap hasil postingan orang,
sebelum saya membandingkannya sendiri.
that’s me….
beda dgn pembuat blog diatas tadi…
DIA JELAS2 NGGA PERNAH MEMBACA ALKITAB
dan membandingkannya dengan sesuatu yang dia sendiri
ngga tau asal usul pembandingnya.

disana dia lebih sering membandingkan Kristen terhadap
ilmu pengetahuan… (ini adalah hal terbodoh yang saya tau)
semua ahli filsafat selalu mempertanyakan eksistensi Tuhan.
mereka lebih percaya pada diri sendiri dan ilmu pengetahuan.
ya ngga nyambunglah…

tapi saya bangga dengan Galileo
(yg mengcompare agama dan ilmu pengetahuan)
dia berdebat dengan para ilmuwan di jamannya,
bahwa benarlah isi Alkitab (bumi ini bulat >> Yesaya 40:22)
dan dia menciptakan teropong dan teori bahwa bumi ini bulat,
BERDASARKAN ISI ALKITAB.
itu artinya dia mengcompare sesuatu dengan sesuatu,
melalui pemahaman dan penyelidikan..!!
bukan melalui omongan orang yang ngga jelas ujung-pangkalnya😀

sebenarnya masih banyak lagi lah kalo mau dijelaskan…

Tafsir TIDAK SAMA DENGAN Translate (Alih Bahasa)

Tafsir cenderung sesuai dengan kemauan si penafsir
mengartikan sesuatu (kadang dia ngotot karena merasa pintar)
>> cenderung 1 arah dalam komunikasi

Alih bahasa tidak boleh bekerja dengan semau hati, karena banyak
yang akan protes jika salah mengartikan.
>> cenderung 2 arah dalam komunikasi

hal ini lah yg membuat banyak kaum muslim SELALU SALAH
DALAM MENAFSIRKAN Alquran. Karena semau hati mereka
(contohnya para teroris dan FPI)

Alkitab dalam berbagai versi terjemahan, selalu sama.
misal…
MAKAN = INDONESIA
EAT = INGGRIS
MAKAT’N = DAYAK
dll…

artinya…, tidak sembarangan menterjemahkan…
so…, si pembuat blog tadi…..NGAWUR DAN SOK TAU.
sama halnya dengan @Sujarwo Tedjo

menurut saya lagi nih….,
mr.jephman tidak pernah berprasangka buruk
terhadap anda sebagai saudara kami…
dia hanya mengungkapkan kekesalannya atas kejadian di atas.
KENAPA HARUS TERJADI?

“Pemkab Purwakarta Cabut Izin Gereja Katolik Stasi Santa Maria”

“Berbagai alasan digunakan agar gereja tidak berdiri, saya jadi ingin tahu berapa tanda tangan yang diperlukan untuk membangun diskotik, panti pijat dan bar ?”

jadi…, jelaslah siapa yg berburuk sangka disini…
masalah omongan kasar…, itu hanyalah manusianya aja mbak…

contoh….,
kalo mbak beli jeruk di pasar, makan jeruk tsb dan rasanya manis, maka mbak akan menilai, jeruk yg dijual…, rata2 manis
kalo mbak beli jeruk di pasar, makan jeruk tsb dan rasanya asam, maka mbak akan menilai, jeruk yg dijual…, rata2 asam
padahal…, di pasar…, si penjual menjual jeruk yang asam dan manis…
apakah mbak memberikan nilai bahwa semua jeruk itu asam?
itu kesimpulan YANG SALAH BESAR
mbak harus pintar dan cermat dalam memilih jeruk tsb.

do not judge the book from it’s cover..!!

terakhir…, JANGAN MENGCOMPARE SEBELUM DIBACA DAN DIPAHAMI

maaf kalo saya menyinggung perasaan teman2 di forum ini….

GBU all

4 11 2009
jephman

Sebelumnya saya mau tanya, kenapa kalau saya pakai nama fitri/fietria, kekasih, dan nama lainnya selalu dimoderasi? Tapi kalau pakai nama kerajaan agama pasti bisa masuk? What’s wrong about me?

>>Wah gak tahu bu. Tanya pada WordPress apa IP ADDRESS anda sudah dispam orang dan tanya kepada diri sendiri barangkali aja komennya OOT hehehe

“Sedari dulu saya tahu ada umat islam yang punya dua sisi. Jangan dikira saya tak tahu atau pura-pura tak tahu. Saya sudah minta pada kalian untuk mencari tafsiran DEPAG RI atau kerajaan Arab Saudi, atau dari Mesir dan Turki juga bolehlah buat perbandingan. Tapi apa tanggapan yang saya terima waktu di artikel Anti Mualafisasi? “Emangnya Al-Qur’an-nya belum jelas ya mbak?” Sindiran dan hinaan yang saya terima. Tak ada manusia yang bisa sempurna menafsirkan Al-Qur’an dengan hasil 100%.”

>> wah gawat juga bu ya. Kalo gak ada yg mengerti itu kitab, buat apa Tuhan menurunkannya ya? Terus kalo ibu aja gak ngerti, ngapain juga ngajarin kami???🙂

“Sekarang saya pun juga mau bertanya pada rekan-rekan Kristiani disini. Kalau alkitab adalah kitab paling sempurna dan paling unggul dari Al-Qur’an, mengapa banyak kontradiksi pula dalam kitab kalian? Ini saya sering melihat di blog http://chodet22.wordpress.com/
>> Yang ibu bilang kontradiksikan bukan kontradiksi bagi kami : http://www.answering-islam.org/Responses/index.htm

“That’s no problem jika kalian menganggap bahwa diri kalian tidak berprasangka. But daripada kalian hanya berkata-kata, lebih baik tunjukkan melalui sikap kalian.
>> Memangnya sikap kami kenapa bu? Menutup masjid? Membom mushola???? Apa karena ajaran kasih kami tidak bisa protes? Atau kami diajari untuk diam saja supaya dibilang itu ajaran “kasih”? Manusiawi dong kalau kami ada yg marah, namanya juga manusia, yg pentingkan Tuhan kami tidak memperbolehkan kami membunuh orang lain untuk membela agama. Mengerti bu?

4 11 2009
Robinson Agus Sihotang

@ Jephman

I ma tu tu lae, ai sipata songon na mangatai tu pinahan lobu do hita mangadopi halak sileban on. Pangidoan niba tu halak i, aik boi ma nian halak ion i mangkatai dengan tu akka dongan na beraliran keras, asa sai unang holan manegai karejo ni Tuhan i, hape i dokkon muse hita songon na mar operet van Java. Si kuteng i muse, i do na paling loak hubereng mangkatai. Hape mangido tolong do iba solusi ni halaki i do nian inti ni diskusi on, ahhh tahe…

4 11 2009
rodrymikhael

ayo ayo balik ke Benang Merah, hehe

4 11 2009
Garfield

Hi hi hi…jumping smash ala King smash..:-)

4 11 2009
rodrymikhael

Ps: Saya tidak percaya Sujarwo Tedjo itu seorang Muslim. Dia pernah berkata Fitri suka mengadu domba Muslim dan Kristen. Ada kalimat yang janggal dalam perkataannya itu.

>>>kalimat apa? kok saya yakin seyakin2nya ya kalau pak tedjo itu muslim sperti mbak fitri

4 11 2009
Emanuel Setio Dewo

Nampaknya Mbak Fitri menerapkan standard ganda. Orang lain tidak boleh berprasangka buruk, menuduh, dakwah, Kristenisasi, fitnah, jahat, dll. Tapi khusus untuk Mbak Fitri boleh.

Pertanyaannya adalah: “ini ajarannya Mbak Fitri atau agamanya?

4 11 2009
Sujarwo Tedjo

Assalaamu’alaikum w.b.t.
salam sejahtera pak Jephman …….

@ Jephman :
>> Jelas sekali bhw Alquran (Islam) itu memiliki 2 muka tetapi 1 kepala, seperti 2 sisi uang koin.
Ini fatal karena bertentangan dengan sifat TUHAN yang Maha Tahu dimana, Alquran sendiri tidak menjelaskan harus mendahulukan ayat yang mana dan tergantung pada MANUSIA itu sendiri.
_____________________________________________

>> Maaf ya mas, jujur ya tak bilangin bhw blok ini sudah seperti air yang mendidih. Krn Muslim tdk pernah mengajarkan permusuhan dgn anda sekalian semuanya. Hanya ingat, bahwa kami tdk mentolerir perbuatan-perbuatan oknum yg mencari keuntungan dirinya sendiri atas nama gereja untuk istilah yg kelian katakan di atas. Tak bilangin sampeyan ya, bhw dlm Islam itu semua umatnya harus berserah kpd Allah SWT. Dengan artian kamipun dapat mentolerir umat beragama lain asal pada batas tertentu. Haram bagi kami untuk berdebat dengan kelian semua sebab ada tertulis :

Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang zalim di antara mereka, dan katakanlah: “Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami hanya kepada-Nya berserah diri”.” Surah Al ‘Ankabuut : Ayat 46

Dari ayat tsb di atas kami hanya memastikan jgn ada kelian mengambil keuntungan dgn pembangunan gereja di wilayah kaum Muslimin. Kita punya Tuhan yg sama sesuai dgn ayat-ayat di Alquran. Beberapa di antara kelian sangat bersahabat untuk berdiskusi tetapi yg lainnya spt hendak memaksakan pendapatnya seakan-akan dia adalah yg benar. Antara kafir dan tidak kafir hanyalah komentar kelian yg membuktikan. Bagi saya Islam adalah agama yg benar dari segala agama yg ada di dunia ini. Jikalau ada diantara teman muslimin yg tidak sependapat dgn saya kiranya Allah SWT melaknati hidupnya dengan kesusahan di api neraka. Jadi tidak ada Islam 2 muka dengan 1 kepala. Pendapat itu hanya tong kosong nyaring bunyinya.

Wassalam …

5 11 2009
jephman

@ Lae Sihotang

begitulah lae. Memang belum apa2 mindset mereka begitu

5 11 2009
lovepassword

Kamu sependapat kalo kata2mu padaku itu jumping smash, jell ??? Hmmmm ( tuing tuing )🙂

5 11 2009
lovepassword

Nggak mudengnya di bagian mana Mas Dewo? Monggo dielaborasi …🙂

5 11 2009
Garfield

Jumpingnya di bagian “tempe itu enak, Jell” ha ha ha…typical lovepassword bener

5 11 2009
jelasnggak

he he he..

lovepass…

jangan ngambek..

hadapi saja kenyataan…(udah banyak yang tau tuh..)

ngga apa-apa kok.. kita semua memakluminya….kadang kita sendiri juga sering berbuat kesalahan.

5 11 2009
Garfield

Emang susah membina kerukunan umat beragama. Jangan mimpi ada persamaan hak dalam hukum dan pemerintahan, kalau pemahaman umat muslim sebagian besar seperti Sdr. Sudjarwo Tejo di atas. Fanatik boleh saja, tapi kalau sudah fanatik yg berlebih2an, tinggal menunggu waktu yg tepat utk menjadi radikal buta dan menjadi jihadis yg siap jadi pengantin…hehehe…sorry Bung…mudah2an saya salah…

5 11 2009
lovepassword

So kesimpulannya ???🙂 apakah menurutmu kamu memang sedang melakukan jumping smash, cah ???

( siul siul dulu ah )

5 11 2009
lovepassword

Ssst saya tuh lagi bermain catur mental dengan anak kesayanganku itu. Kamu jangan mengganggu dulu yah. Entar kalo dia terlalu semangat malah berabe. Jatuhnya lebih sakit soalnya. ( Hi Hi Hi)

Salam Bos…

5 11 2009
lovepassword

Hi Hi Hi 😀

5 11 2009
jelassnggak

Bukan cuma jumping smash ala DA KING…

tapi…

Triple jumping smash..

Itu lho.. efek dramatisasi..

smash..smash..smash…

Sudah lovepass..

Jangan ngambek…

Hayo jawab saja………

5 11 2009
lovepassword

Wah saya lagi geli-geli basah lihat kamu. Njawabnya ntar-ntar saja yah ?😀

( dalam seni strategi ini disebut membiarkan benteng megaloman terbuka 🙂 )

Gimana jell ? Kamu nggak papa kan kalo nggak tak jawab sekarang ? Maklumlah pertanyaanmu kan aduhai sulit membuat perutku sembelit setelah makan cabe seuprit. Prit Prit…🙂

SALAM jell

Aku tahu kamu lagi mikir, mau nyamber makin keras atau sok kalem. Tetapi melihat bakatmu pasti kamu konsisten memilih yang pertama. Biar kutunggu dulu dikau di puncak semangat🙂

5 11 2009
lovepassword

Mana ada shuttlecock di smash tiga kali jell ???🙂

5 11 2009
jelassnggak

@lovepass.

Di forum ini sudah banyak yang tahu tentang kamu kok…

Jadi ngga usah malu lah untuk mengakuinya..

Kita semua jufa pasti punya kesalahan..

Lebih baik,…

Kamu jawab saja pertanyaan saya dan mas dewo itu..

Yeah… mudah-mudahan saya juga bisa ikut belajar…

Ya kan..?

Siip

5 11 2009
lovepassword

@jelasnggak : Kamu ini lagi ngomongin apa sih jell, pake membuat pengakuan dosa segala. Mau kamu itu lemah ya biar, mau kuat yah apa perduliku. Hi Hi Hi . Nggak usah sok ngaku-ngaku gicu dong, lha wong nggak ada yang tanya lagi😀

Kamu maksa aja. Sudah tahu aku lagi ngantuk kebanyakan makan arem-arem eh ditanya terus.

Kamu mau protes yang mana jell ?

Oh yang itu :

Jelasnggak tanya lagi:
“Bagaimana saya bisa yakin kalau ayat tsb. benar-benar mengatakan kebenaran….?”

Lha kamu mau yakin karepmu nggak iya karepmu. Yang yakin kan kamu bukan orang lain. Jadi bagaimana caranya kamu yakin yah itu tergantung kamu. Bukan tergantung orang lain. Gicu…

Kalo kamu nggak yakin calon istri kamu mencintaimu …? Yah nggak usah kawin.
Soal bagaimana kamu yakin yah cuma kamu dong yang tahu.

Kamu bayangken saja pertanyaanmu itu : Anggap saja kamu merayu seseorang.

Sayang, bagaimana saya yakin kalo kamu mencintaiku ?
Prek mbel gedes. elo yakin ya bagus. Kalo Nggak yakin yah elo cari saja makhluk hidup lain yang mau sama kamu.

Kalo aku yang ditanya, jawabanku gicu.

Gimana ada pertanyaan lain , cah ?
Kalo tanya jangan yang sulit-sulit yah…lagi males mikir soalnya.
Lanjut silahken cah…

5 11 2009
Garfield

“Tempe itu enak Jell”,

Biasanya si Lovepass akan melanjutkan,
“Tapi gak semua orang suka tempe, Jell…ada yang suka ada juga yang gak suka…tergantung orangnya Jell, hehehe

5 11 2009
lovepassword

Kamu sungguh jenius ihhh. Pinter digigit laler menclok pager. Sip deh pokoknya🙂

6 11 2009
jelasnggak

Mukminis : “Islam adalah agama yang paling di ridhai”

Infidel: “darimana taunya bahwa hanya islam agama yang di ridhai”.

Mukminis : “dari ayat Quran”

Infidel : “Bagaimana saya bisa yakin kalau ayat tsb. benar-benar mengatakan kebenaran yang sebenar-benarnya ….?”

Mukminis : “Anda mau yakin terserah… ngga mau juga terserah…bagaimana kamu yakin.. ya tergantung anda sendiri”

.
.
.

————-

Seorang mahasiswa mempertahankan Tesis-nya di hadapan Profesor Penguji. Mahasiswa itu bernama lovepass.

Lovepassword : “Matahari itu bentuknya segitiga sama kaki”

Profesor : “Whuidih.. hebat..!.. Dari mana kamu bisa dapet ide itu”

Lovepassword : “Kata buku karangan mBah Surip judulnya tak-gendong-kemana-mana”

Profesor : “Iya.. kami tahu.. tapi,… bagaimana kami bisa yakin bahwa mbah surip perkataannya benar…Apa dalil mbah surip itu…?”

Lovepassword : “Kalau masalah yakin atau nggak.. ya terserah kalian dong.. tergantung diri kalian sendiri….”

.
.
.
.
.
.

Jelasnggak : “Lovepas… salah masuk ruangan kau…..”

.
.
.
.

kirain apaan gitu…
.
.
.

Malu-malu-in lo…
.
.
..

salam
GBU.

6 11 2009
jelasnggak

Jhee he he he

Bisa aja Garfield..

6 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@LovePassword,

Iya ngga mudengnya adalah bagaimana kita bisa yakin kalau ayat tsb dari Tuhan? Kalau benar dari Tuhan, mengapa bisa tidak runut, saling bertentangan, saling revisi, dan bisa disesuaikan dengan keadaan?

Ini yang daku ngga habis pikir. Mungkin mas Lovepassword bisa jelaskan lebih baik? Soalnya masalah ini menimbukan 2 sisi umat, yang satu mengamini kekerasan-intoleransi sedangkan yg lain kelembutan-toleransi.

Trims.

6 11 2009
Fitri

@Emanuel Setio Dewo
Coba anda review ulang komentar anda sendiri:

————————————-
@Mbak Fitri,

Sebenarnya saya hanya meminta perdamaian dan toleransi dari para Kristen di forum ini. Tidak semua Islam sama seperti yang anda semua tuduhkan.

Kayaknya terbalik tuh.
————————————–
Saya menjawab:

komen :
Katanya ajaran kasih…’

Tapi kok, saya bicara dengan baik anda malah berprasangka buruk pada saya?
——————————————

Apa bukan prasangka buruk itu? Apakah menurut anda saya langsung menuduh tanpa alasan yang jelas? Saya katakan saya meminta perdamaian dan toleransi, tapi anda sendiri mengatakan yang saya katakan itu terbalik?

Apa menurut anda saya orang yang tak berperasaan? Siapapun umat Islam pasti akan geram kalau agamanya dihina, diserang dengan harapan agar mau mengakui Kristen yang benar. Nah, ini blog tujuannya apa kalau bukan kristenisasi? Pasti kalian akan bilang dengan bangganya bahwa Islam itu bla bla bla, justru kristen-lah yang seharusnya bla bla bla.

lagipula saya heran kok kalian enggak pernah berani muncul ke blog saya, padahal disana juga ada rekan Kristiani seperti jelasnggak, cosmicboy, dll.

Yang saya katakan diatas itu adalah karena kalian lebih dahulu menyerang saya, rekan-rekan kristen di blog lain yang lama kenal saya juga tahu kalau saya bukan orang yang main tuduh begitu saja.

Di blog imankristen.wordpress.com misalnya, saya bertanya tentang kekristenan lalu admin membuatkan artikel khusus buat saya. Bisa dilihat sendiri di artikel Diskusi Fietria. Bahkan di blog chodet, apa ada tanggapan saya yang langsung kasar begitu saja tanpa diserang? Coba baca komentar Joe Siagian tentang saya dibandingkan islam lainnya, di blog chodet.

Tapi wajarlah, kalau menurut Mas Lambang ya..kalian masih terlalu muda jadinya ya pengen menang sendiri ketimbang mendengarkan tanggapan orang lain. Malah menurut Mas Lambang diskusi disini ngawur, semuanya pengen menang debat bukannya mau diskusi dan mendengar pendapat orang lain secara dewasa.

Dikit-dikit, ya begitulah lae Islam malu akan…bla..bla.., Islam tidak bisa menutupi bla bla…
Seakan-akan pengen menang sendiri gitu.

6 11 2009
Fitri

>>Wah gak tahu bu. Tanya pada WordPress apa IP ADDRESS anda sudah dispam orang dan tanya kepada diri sendiri barangkali aja komennya OOT hehehe
———————————
Tidak ada yang memasang SPAM pada saya. Lagipula sekarang saya jarang keliling. Kalau tentang OOT itu benar, tapi isi komentar yang masuk di blog saya juga banyak yang OOT. Dan saya tidak pernah mempermasalahkan komentar yang OOT di blog saya. Bagi saya, siapapun berhak mengemukakan pendapatnya.
———————————–
>> wah gawat juga bu ya. Kalo gak ada yg mengerti itu kitab, buat apa Tuhan menurunkannya ya? Terus kalo ibu aja gak ngerti, ngapain juga ngajarin kami???🙂
———————————–
Ngomong apa ya? Memangnya saya pernah bilang enggak ngerti? Dan kapan saya ngajarin kalian lewat kursus Al-Qur’an?
Kalau enggak bisa jawab, enggak usah memutarbalikkan fakta.
————————————-
>> Yang ibu bilang kontradiksikan bukan kontradiksi bagi kami : http://www.answering-islam.org/Responses/index.htm
————————————-
Kalau di blog chodet bukan kontradiksi buat kalian, ya sudah. Berarti artikel membawa kebenaran buat kalian dan kalian siap-siap saja dibenci Kristen-kristen yang sedang dakwah di blog chodet.
————————————–
>> Memangnya sikap kami kenapa bu? Menutup masjid? Membom mushola???? Apa karena ajaran kasih kami tidak bisa protes? Atau kami diajari untuk diam saja supaya dibilang itu ajaran “kasih”? Manusiawi dong kalau kami ada yg marah, namanya juga manusia, yg pentingkan Tuhan kami tidak memperbolehkan kami membunuh orang lain untuk membela agama. Mengerti bu?
—————————————
????Kalau mau marah silahkan saja, tapi seharusnya kemarahan kalian itu ditujukan pada orang yang menyakiti kalian bukan pada saya dengan melempar prasangka buruk semua Islam itu sama. Seperti ketika anda menyamakan saya dengan Sujarwo Tedjo. Apa bukan prasangka buruk itu?
Seperti ketika Sujarwo Tedjo mengatakan kalian kafir, nah apa saya pernah berkata kalian kafir? Mohon bedakan antara satu orang dengan orang lainnya, jangan samakan semua orang berdasarkan kelakuan yang diperbuat satu orang.

Kalau mau diskusi boleh, tapi kalau tujuan diskusi untuk menang sendiri dan menjatuhkan lawan itu yang saya tidak suka.

Dewasa dikitlah, jangan dikit-dikit ngambek gereja ditutup terus nyalahin saya dan lovepassword.:mrgreen: Saya kan tidak terlibat soal penutupan gereja, lagipula saya sudah bilang kalau di kalimantan tidak ada penutupan atau pelarangan pembangunan gereja.

Ini juga tidak ada hubungannya dengan jumlah populasi Muslim dan Kristen. Masing-masing daerah beda sifat orangnya, ada yang bertoleransi dan ada pula yang tidak bertoleransi. Tergantung siapa pejabatnya yang menangani daerah itu.

6 11 2009
dayak

@Fitri
sedikit koreksi…. masalah kata “OOT” itu muncul waktu comment
di kartun “Kakeknya Buaya” coba deh dibaca comment2nya dulu…
jadi @LOL bukan menuduh mbak atau sembarang orang.
karena dalam comment @kerajaanagama (barangkali mbak)…
sudah keluar dari jalur… menuju topik pencabutan izin gereja..

mengenai kemarahan sebagian pihak dari Kristen…,
menurut saya juga itu adalah hal WAJAR DAN MANUSIAWI
sekali lagi JANGAN DIKAITKAN TINDAKAN DENGAN AGAMA….

seperti comment saya terdahulu, ini hanyalah sekedar uneg2 dari mr.jephman
menurut saya…, dia tidak ingin menang dalam perdebatan…
dia hanya ingin meluruskan sesuatu dan membela haknya
sebagai warga negara Indonesia….
BEBAS BERIBADAH DAN BERAGAMA
(@jephman >> maaf kalo kesimpulan saya salah😀 )

mbak…, KAMI BUKAN NGAMBEK karena gereja ditutup.
tapi kami MEMBELA HAK KAMI..!!

setau saya dan saya melihat sendiri di televisi,
berita ini ditayangkan di tvOne, tapi apa tindakan pejabat?
apa yg diperbuat masyarakat sekitar?
apa yg diperbuat umat muslim di dunia maya?

NOTHING….

semua pada menutup mulut…
coba bandingkan dengan komentar dan perbuatan
orang2 yang membenci EVAN BRIMOB
(tau beritanya ngga?)
sampai2…, ada beberapa situs di deface hanya untuk
menunjukkan mereka membenci sesuatu.

PS** bung jephman… buat kartunnya dong… hehehehe😀

mungkin ada sebagian dari komentator yg membuat mbak dan yg lain
sakit hati atas kata2 mereka…, tapi itulah mereka.
jangankan mbak…, saya pun ngga suka kalo ada kata2 kasar…
tapi apa kita bisa membungkam mereka? NO
mereka bebas berbicara… TAPI KITALAH YG HARUS MEMPUNYAI SIKAP..!!

penutupan gereja berkaitan dengan populasi agama di daerah itu.
saya hanya kasih contoh… (mohon jgn marah)
anda tahu mesjid raya aceh?
anda tahu sejarahnya?
itu adalah PURA dari agama HINDU
(baca sejarah mesjid raya aceh
dan tulisan sejarah Indonesia yg ditulis oleh Belanda)
setelah agama muslim bertambah banyak di aceh…, what are they do?
MEREKA MEMBAKAR PURA TERSEBUT…
artinya…, ADA KORELASI ANTARA JUMLAH DAN AKTIFITAS…

sekali lagi, saya minta maaf kalo komentar saya
membuat teman2 marah…
maklumlah….. saya kan pemula…
hehehehe

God bless you all
😀

6 11 2009
lovepassword

Sorri cah berhubung posisinya bukan murid yang lagi diuji profesornya maka jawabannya yah memang gicu. Hi Hi Hi.

Analogimu itu salah. Yang bener itu ada murid TK tanya sama gurunya : Guru darimana guru tahu kalo itu namanya meja.
Karena semua orang ya menamakan itu meja. Lha darimana guru tahu semua orang menamakan itu meja. Emangnya guru tanya sama semua orang gicu ? Guru coba dong yakinkan saya ? mengapa namanya bukan duren ?

Itu kesepakatan jell.

Apakah ada bukti aturannya kalo ada kesepakatan demikian , ayolah guru yakinkan saja dong ? Tunjukkan buktinya kalo itu meja

Yah elo percaya kerepmu nggak juga karepmu jell. Entar kan yah kamu bakal tahu sendiri. Anak TK mau tahu terlalu banyak yah pasti juga yang dinalar terbatas.🙂 Entar juga paham sendiri.

Ceritanya tuh gicu . ( Pinter kan gw membuat kamu makin semangat . Hi Hi Hi )

6 11 2009
Sujarwo Tedjo

Assalamualaikum …

@ Jelasnggak
Mukminis : “Islam adalah agama yang paling di ridhai”

Infidel: “darimana taunya bahwa hanya islam agama yang di ridhai”.

Mukminis : “dari ayat Quran”

Infidel : “Bagaimana saya bisa yakin kalau ayat tsb. benar-benar mengatakan kebenaran yang sebenar-benarnya ….?”
________________________________________________________________

>> Sebagai seorang ulama, kami belajar juga membaca Alkitab. Walau bagaimanapun, pembacaaannya hanya sekedar kulitnya dan sengaja memang bukan utk ikut mencari kebenarannya, tetapi mencari ayat-ayat yang dapat membantu saya untuk berdiri teguh sebagai seorang Muslim yang mempunyai sikap anti-Kristen, dan bersedia untuk menyerang keimanan orang Kristen secara lebih mendalam.

Saya juga mengutuk ‘Isa Al-Masih hingga kini , menolak semua yang mengatakan Dia adalah Tuhan. Saya sengaja mentertawakan dan menolak kebenaran kelian itu krn kelian sudah termakan ajaran Paulus. Tidak ada kompromi bagi yg ingkar dan murtad dr Islam.

Nah itulah yg namanya berpegang teguh kpd Alquran sebagai sumber iman kami. Itulah jawaban dari saya .

Wasslaam

6 11 2009
jelassnggak

Mukminis : “Islam adalah agama yang paling di ridhai”

Infidel: “darimana taunya bahwa hanya islam agama yang di ridhai”.

Mukminis : “dari ayat Quran”

Infidel : “Bagaimana saya bisa yakin kalau ayat tsb. benar-benar mengatakan kebenaran yang sebenar-benarnya ….?”

Mukminis : “Sebagai seorang ulama, kami belajar juga membaca Alkitab untuk mencari ayat-ayat yang dapat membantu saya untuk berdiri teguh sebagai seorang Muslim. Tidak ada kompromi bagi yg ingkar dan murtad dr Islam.
Nah itulah yg namanya berpegang teguh kpd Alquran sebagai sumber iman kami. Itulah jawaban dari saya

————–

Pak Kyai Tedjo.

Saya jadi bingung nih. he he he

Kok jawaban anda ngga nyambung ..?

Anda kan mendeklarasikan bahwa HANYA ISLAM agama yang di ridhai.

Saya tanya, alasannya apa..?

Lalu anda jawab, alasannya dari ayat quran,…

Lalu saya tanya lagi, bagaimana SAYA bisa yakin bahwa ayat quran tersebut adalah ayat yang benar dan berkata benar dan benar-benar dari Tuh@n.

Ehh..

Koqq jawaban anda : – saya belajar alkitab, tidak ada kompromi dll..

DImana nyambungnya pak…?

coba sekali lagi saya tanya ya pak Kyai….

Harap di jawab yang nyambung gitu lho..

Maap ini bukan maksud kasar atau apa…

Silahkan :

“Bagaimana saya bisa yakin kalau ayat Quran tsb. benar-benar mengatakan kebenaran yang sebenar-benarnya ….?”

Salam and GBU.

6 11 2009
jelassnggak

Ada muslim yang mengklaim bahwa hanya agamanya saja lah yang paling benar.

Klaim muslim di challange oleh orang non muslim, dan di tanya apa alasannya.

Jawaban muslim : “Karena ayat di quran”

Jawaban muslim ini kemudian di challange lagi..: darimana kita semua (yang non muslim) bisa tahu bahwa Ayat quran yang dimaksud itu adalah kebenaran yang sebenarnya..”

Jawaban muslim : “karena itu adalah kesepakatan…. kita semua (termasuk non muslim) harus sepakat bahwa ayat quran itu ayat yang benar”

——————-

Ada seorang profesor matematika, mengklaim begini :

“saya menemukan rumus baru,…. 1 + 1 = 6”

Para matematikawan seluruh dunia, pada bertanya :

“Lae… coba dong ceritakan penjabarannya gimana..?”

Profesor menjawab :

“lha.. itu kesepakatan kok…kita semua harus sepakat dulu kalau 1 + 1 = 6

.
.
.
.

Matematikawan dari indonesia langsung nyeletuk :

“Prof… itu cucian kotor masih banyak…laundry aja dulu”

Matematikawan dari batak :

“bhoooo….!! Sudah Gratis…mengorok pulak…. .apalagi bayar… .. Muuuunnnntahlah kaou..

Matematikawan dari jawa :

“tak gendong…. kemana-mana.. asik dong enak dong…ha ha ha ha”

.
.

.

.
.
.
.
Malu-malu-in…
.
..
.
.

salam

6 11 2009
jelassnggak

Klaim muslim : “Hanya agama islam yang diridhai”

oleh lovepassword kok di samakan dengan,

Klaim guru : “Itu namanya meja”

Di mana letak kesamaannya….?

yang pertama mengatakan “agama lain tidak di ridhai”

Yang kedua mengatakan apa..? meja..?

..

?

Yang satu ada klaim “hanya”

Yang lain ngga ada….(adanya kata petunjuk “itu”)

Samanya di mana…?

?

.
.
malu-malu-in
.
.
..
.

CPD

6 11 2009
lovepassword

@jelasnggak murid TKku tercinta : Hi Hi Hi, whaduh ternyata bener yah kamu njawabnya langsung semangat 45. Hi Hi Hi. Iya..Iya deh tak jawab serius ntar yah. Semangatmu itu cah..cah.

Rumus baru apanya sih : Masak Iman adalah bukti sesuatu yang tidak kita lihat kamu anggap rumus baru.

Rumus baru yang mana lagi itu ? Hi Hi Hi.

Aku tahu kamu pasti mau ngedumel lagi. Apa malah sambil garuk-garuk asem kecut gulo legi .

Tuh tak kasih senggolan dikit. Coba kamu paparkan jawabanmu lagi satu halaman folio lagi ya nggak papa.

Jika ada seseorang yang ngomong Iman adalah bukti sesuatu yang tidak kita lihat. Menurutmu itu rumus baru atau rumus lama. Apakah rumus itu memang harus dibuktikan atau itu bisa kita anggap sebagai rumus empirik yang bisa disepakati bersama ?

Jika aku njawab : percaya karepmu, nggak percaya yo orusanmu pinteran mana sih dari makhluk hidup yang bertanya : Darimana kamu tahu bahwa iman itu bukti sesuatu yang tidak dilihat ???

Secara analogi yah cah, analogi kamu itu asli TK, paham kamu mengapa analogiku jauh lebih baik ketimbang analogi kebesaran gayamu itu ? Hi Hi Hi. Lha kau pikir apa bapak gurumu ini geblek apa mau kamu pancing agar membuat jawaban sirkular.😀

Coba kamu jawab lagi satu halaman folio, paling banter yah tak tinggal makan gedang goreng.

Silahkan cah, monggo…

Tetap semangat ya cah

SALAM

6 11 2009
lovepassword

@Mas Dewo tercinta :

Berhubung kamu tanyanya nggak pake jurus Triple Jumping Smash, jadi aku njawabnya yah nggak perlu pake jurus kunyuk melempar buah. Hi Hi Hi.

Kalau benar dari Tuhan, mengapa bisa tidak runut, saling bertentangan, saling revisi, dan bisa disesuaikan dengan keadaan?

==> Jawabannya sih gampang saja : Mengapa tidak boleh ?

Secara umum saja ya ayat2 yang secara tekstual bertentangan itu bisa ada karena banyak hal, misalnya saja :

1. Menunjukkan adanya proses. Lha mengapa Tuhan berubah pikiran ? Lha persepsinya nggak gicu aslinya sih , intinya itu kan yang butuh tahapan2 kan yah manusia. Kalo ngomong sama anak TK pake bahasa anak TK, lha ketika yang TK jadi SD lha bahasanya termasuk topiknya bisa saja berkembang sesuai perkembangan anak TK itu.

2. Menunjukkan keseimbangan, misalnya saja sisi usaha manusia dengan kehendak Tuhan, sisi penderitaan/perjuangan dengan sisi kemenangan, dsb

3. Memang sudut pandang yang sedang dipakai dalam konteks kisahnya berbeda , misalnya kalo kamu ada di kiri penggaris kamu ngomong penggaris di sebelah kananku. kapan-kapan ketika kamu pindah tempat, atau penggarisnya yang dipindah, tentu saja kalimat itu bisa saja berubah, misalnya penggaris itu didepanku.

Apakah depan = kanan ? Yah bukan gicu karena yang kita bahas konteksnya sudah lain.

4. Apalagi yah ? Dah itu dulu deh. Itu juga sudah lumayan kurasa.

Ada pertanyaan lain ? Mudah-mudahan nggak perlu pake triple jumping smash . Hi Hi Hi

Salam Mas Dewo

7 11 2009
jelasnggak

Lovepssword:

Jika ada seseorang yang ngomong Iman adalah bukti sesuatu yang tidak kita lihat. Menurutmu itu rumus baru atau rumus lama

——————————————

jawab:

Apa hubungannya…?

Dimana letak hubungan antara klaim muslim “Islam adalah agama paling di ridhai”

dengan seseorang ngomong “iman adalah bukti dst…dst..”

Lucu juga kamu ini ya..
.
..
.
.

Ada seorang profesor matematika, mengklaim begini :

“saya menemukan rumus baru,…. 1 + 1 = 6″

Para matematikawan seluruh dunia, pada bertanya :

“Lae… coba dong ceritakan penjabarannya gimana..?”

Profesor itu langsung menjawab :

“lha.. itu si Junaedi, bilang matahari berbentuk segitiga,.. kok kalian ngga protes sih…?”

.
.
.

Muslim mengklaim : “Hanya islam agama paling di ridhoi”

Infidel bertanya : “Tau-nya dari mana..?”

Muslim menjawab : “dari ayat Quran”

Infidel bertanya : “bagaimana bisa yakin kalau Quran itu benar?”

MUslim ngantuk : “Lha itu…. ada yang bilang iman adalah bukti …. kok kalian ngga protes…?”

.
.
..
.
.
.

Masalah “iman adalah bukti .. dst…” adalah topik lain lagi, lovepassword..

jangan sambung menyambung menjadi satu gitu dong..

Saya kan sedang menchallange klaimnya muslim, kenapa pernyataan orang kamu bawa-bawa…?

Kebiasaan.

(Orang-orang sudah pada tau tuh)
.
.
.
..
..

Malu-malu-in.
.
.
.
.

Salam.

7 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Mbak Fitri,

Maaf ya Mbak. Saya jadi males berdiskusi dengan Anda. Saya curiga Anda tidak membaca dan memahami dengan benar semua yang saya tulis. Bahkan Anda mungkin tidak tahu mana yang jawaban saya dan mana yang saya kutip dari pernyataan Anda.

Setelah ini saya akan mengabaikan semua pernyataan Anda untuk saya. Sekali lagi, mohon maaf sebesar-besarnya.

GBU.

7 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Dear LovePassword,

Jawaban yang indah dan luar biasa. Anda layak dapat bintang. Bahkan bisa saja mendapat gelar teologis. Tapi sayangnya bukan teologi Kristiani. Sayang sekali…

Kenapa saya bisa bilang begitu?

1. Menunjukkan adanya proses. Benar, memang ada proses dalam sejarah kehidupan manusia. Tetapi kasih Allah tidak pernah berubah dan tidak pernah bertentangan. Ketetapannya adalah kekal. Contoh: sepuluh perintah Allah dari dulu sampai sekarang tetap berlaku. Artinya apa? Sebagai contoh salah satunya adalah: dilarang membunuh, apa pun alasannya. Namun apa yg terjadi di AQ? Apa yg dilakukan Nabi? Suatu saat bilang boleh, di saat lain bilang tidak boleh.

2. Menunjukkan keseimbangan. Maaf, daku masih ngga paham maksudnya mas LP. Bisa diperjelas jawabannya? Atau paling tidak ini menjawab poin yg mana?

3. Sudut pandang. Hihihi… sayangnya pembelaan ini kurang tepat. Maaf ya, karena ngga masuk nalar. Karena secara ruang dan waktu pun sebenarnya sudah berbeda, namun dituliskannya pun ngacak pula. Jadi harus ada upaya tafsir dalam memahaminya. Jadi banyak celah untuk memahaminya secara salah.

4. Apalagi…. Waduh sayang sekali segala pujianku di atas termentahkan oleh poin 4 ini. Rupanya Anda belum layak dapat gelar teologis. Semester 1 pun kayaknya belum nyangkut.

Maaf ya… tapi jawaban Anda kurang memuaskan. terlepas dari itu, potensi kesalahan tafsir, penganutan ayat secara sepihak & membabi buta adalah akar masalah yang banyak berkembang. Daku tidak asal menuduh, namun banyak kok yg terjadi. Dan sudah sampai ke taraf yg membahayakan.

Yuk kita galakkan diskusi dengan kepala dingin…

Salam.

7 11 2009
Garfield

Sabar…sabar Mas Dewo…
Mbak Fitri itu mahasiswa loh…cantik lagi…(dilihat dari gravatarnya)…hehehe

7 11 2009
Garfield

@ Mas Dewo

Sabar…sabar Mas Dewo…
Mbak Fitri itu mahasiswa loh…cantik lagi…(dilihat dari gravatarnya)…hehehe

7 11 2009
Garfield

Kalau di excell itu namanya circular reference, Om Jell, hehehe

7 11 2009
lovepassword

@Mas Dewo : Saya juga kagum kok dengan kebaikan hati anda. Sayangnya saya tidak terlalu kagum dengan pertanyaan anda. Setidaknya kali ini🙂 Kalo tanya memang jangan sulit2 tetapi juga jangan terlalu gampang gicu yah🙂

Contoh: sepuluh perintah Allah dari dulu sampai sekarang tetap berlaku. Artinya apa? Sebagai contoh salah satunya adalah: dilarang membunuh, apa pun alasannya. Namun apa yg terjadi di AQ? Apa yg dilakukan Nabi? Suatu saat bilang boleh, di saat lain bilang tidak boleh. ===>

Saya sudah menjelaskan ini sedemikian panjang dan lebar di banyak blog – di ImanKristen pernah , di sini juga. Jadi rasanya aduhai membosankan jika saya kembali mengulang terus jawaban-jawaban yang sama karena ada pendatang baru yang menanyakan hal yang sama. Tetapi mengingat reputasi anda lumayan keren, oke deh saya bahas saja sedikit : Gini yah Mas Dewo , menurut saya kita harus melihat ayat2 itu secara komprehensip.

Dalm perspektif orang perorang, manusia memang dianjurkan memaafkan. Kalo kamu memaafkan, mengampuni orang yang membunuh saudara kamu misalnya itu mulia. Tetapi dalam perspektif sistem menjadi tugas sistem serta pelaksana sistem tersebut untuk menegakkan keadilan serta berupaya agar peristiwa pembunuhan tersebut tidak terulang. System atau gampangannya negara harus menegakkan keadilan bagi kamu serta mengupayakan agar peristiwa model begitu tidak terulang. Lha caranya termasuk dengan kekerasan sekalipun. Kekerasan tidak dianjurkan tetapi bilamana perlu kekerasan boleh dilakukan.

Dalam perspektif Kristen pun kekerasan itu bilamana tidak bisa dihindari ya dilakukan. Tetapi tentu aturan mainnya ada. Meskipun memang kita dianjurkan untuk memaafkan ,kasih dsb.

Coba kamu berpikir lebih komprehnsip deh yah : Kamu ngomong soal PL , 10 Perintah Allah dsb. Di dalam 10 Perintah Allah itu ada larangan Jangan Membunuh tetapi para Nabi PL juga membunuh bahkan yang menyuruh berperang itu juga Allah sendiri. Bagaimana anda menjelaskan fakta tersebut ???
Apakah Allah tidak konsisten sehingga Allah di satu sisi mengajarkan jangan membunuh tetapi di sisi lain mensponsori pembunuhan ? Lha masalahnya justru pada cara anda menafsirkan. Silahken anda renungkan sendiri dan anda jawab , mau anda jawab di sini boleh, mau anda pikirken dulu ya boleh.

===========================================

Menunjukkan keseimbangan itu misalnya saja : Ada ayat yang mengatakan ketuklah pintu maka akan dibukakan tetapi ada juga ayat yang menyebutkan tidak setiap pintu yang diketuk akan dibukakan.

Ayat yang satu ingin memerintahkan manusia supaya berusaha, meminta dsb. Gampangannya kamu usaha dulu deh yah

Ayat yang lain ingin ngomong kalo sadarilah bahwa setiap usahamu itu berhasil atau nggak adalah karena kebaikan Tuhan.

Jadi ada sisi dimana usaha manusia ditonjolkan ada juga sisi dimana kehendak Tuhan ditonjolkan. Mengharmoniskan itu dalam kasus2 tertentu bisa aduhai tidak mudah. Minimal ini topik ratusan tahun yah antara predestinasi dan kehendak bebas, kalo saya membahas yang enak2 saja bukan berarti aslinya segampang itu menyeimbangkan dua topik ini. Di dalam internal agama masing2 baik Islam maupun Kristen, sudah lama buanget timbul diskusi internal yang serius terkait ini. Saya lebih suka mengganggap itu saling menyeimbangkan , mengharmoniskan.

==============================================

Jadi harus ada upaya tafsir dalam memahaminya. Jadi banyak celah untuk memahaminya secara salah. ===> Masalah memahami secara salah tentu selalu bisa saja terjadi. Tetapi tentu saja di dalam hal apapun memang kemungkinan salah paham ini ada. Justru untuk mengurangi salah paham itulah kita mesti selalu belajar dan belajar.

Memang harus ada upaya tafsir dalam memahaminya ? Ya tentu saja buku manapun yang anda baca lebih2 Kitab Suci yang perspektif jamannya beda dengan jaman sekarang tentu diperlukan upaya tafsir. Tidak ada masalah dengan upaya tafsir. Setiap Kitab Suci perlu ditafsirkan Mas Dewo , baik AlQuran juga Alkitab.

Kalo anda itu Katholik, anda pasti tahu persis, kalo Gereja Katholik ketat sekali dalam soal ini. Mengapa demikian ??? Karena Gereja kuatir kalo Alkitab ditafsirkan secara salah. Jadi kalo yang anda kuatirkan adalah kemungkinan salah tafsir. Jawaban saya gitu.

=============================================

Yuk kita galakkan diskusi dengan kepala dingin ===> Yup Yup

SALAM
GBU

================================================

7 11 2009
lovepassword

@jelasnggak tercinta : Saranku sih kalo kamu ngomong apalagi ngomong sama guru TKmu ini jangan terlampau bersemangat. Nanti jatuhnya lebih sakit lho😀
Orang kalo merasa di atas gembor2 terus jatuh kan bisa KO yah ???😀

Hi Hi Hi

Pa Kabar cah ? Heran juga aku di blogmu kamu bilang capek, di sini kamu gembor-gembor seperti anak TK nonton karnaval. Prut Prut.

Kalo ada yang tanya darimana seseorang tahu agamanya adalah agama yang benar ?
Jawabanku gampang saja : Itu karena Iman orang tersebut.

Ada yang mau protes ?

Lha apakah iman itu circullar reference di dalam Excel ??? lha meskipun saya ini Master Excel , saya belum tega mengatakan kalo iman itu circullar reference. Hi Hi Hi.

Ketika saya bermain2 dengan excell , saya tidak pernah memakai iman saya . Jadi heren juga aku kalo ada yang mikir gicu. Hi Hi Hi

Saya ngomong : Kalo Iman adalah bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Apakah kalimat ini memang circullar reference ? Hak kalian untuk memutuskan. Coba kamu jelaskan omongan saya itu circullar reference-nya di mana ?

Ada yang berani mencoba ???

Hi Hi Hi…

Berani mencoba cah ?

Gini yah cah, tak bilangi ya : Lilin itu kalo disumet kedua sumbunya – pasti merepotkan dan cepat habis. Kamu pahami pidato guru Tkmu ini baik-baik. Saya tidak akan ngomong dua kali ( tapi ngomong enam kali Hi Hi hi )

SALAM Cah
GBU

7 11 2009
lovepassword

Iya tuh bener Malu..Maluin.

Tapi ngomong2 yang malu-maluin itu siapa sih ????🙂

Kalo bukan anak dukun , membaca tulisanmu yang atas itu pasti garuk-garuk.

Mbok ya belajar menulis lebih kalem dengan bahasa yang bisa dimengerti manusia gicu lho. Duh..cah..cah… – Diajari enem tahun kok ya masih melakukan kesalahan-kesalahan yang sama ( geleng-geleng )

8 11 2009
jelasnggak

Kalo ada yang tanya darimana seseorang tahu agamanya adalah agama yang benar ?
Jawabanku gampang saja : Itu karena Iman orang tersebut.

==> ha ha ha…..

Kira-in mau jawab apaan gitu…

Ngga tau nya jawaban tukang kecap lagi.. “dengan iman”.

(betul kan tebakan saya….. tukang kecap lagi….)

Klaimnya sih hebat banget : “Hanya islam agama paling di ridhoi”

eehh.. alasannya tukang kecap lagi….

ya sudah… ngga apa-apa..

.
.

nih saya lanjutkan..
.
.
.

Muslim mengklaim : “Hanya islam agama paling di ridhoi”

Infidel bertanya : “Tau-nya dari mana..?”

Muslim menjawab : “dari ayat Quran”

Infidel bertanya : “bagaimana bisa yakin kalau Quran itu benar?”

Muslim: ” dari iman saya”

Infidel : “Berarti iman SELAIN iman kamu(muslim) itu salah dong….? ”

Muslim : ” Ya benar!. Hanya iman muslim lah yang benar…. Selain iman muslim, itu iman yang salah!”

Infidel bertanya tolong dijawab :


” Bagaimana kita semua bisa yakin dengan pasti, kalau iman anda (muslim) itu adalah iman yang paling benar…? ”

.
.
.
silahkan mas…
.
.
.
“tak gendong… kemana-mana….. asik dong enak dong. .. ha ha ha…”
salam

8 11 2009
rodrymikhael

ini ada selingan menarik,
baca dulu ya
(habis itu jgn lupa balik lagi ke sini)

http://teukufarhan.wordpress.com/2008/02/24/makanan-terkutuksop-janin-true-story/

8 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Mas Lovepassword,

Terima kasih pujiannya. Namun sayangnya bukan jawaban panjang lebar seperti itu yang daku harapkan. Karena yg kutanyakan bukan masalah implementasi dari hukum tersebut. Daku tanyanya bukan dalam tataran manusiawi, tapi dalam tataran “ayat” dan “kenabian”-nya.

Aduh, sayang sekali kamu sudah jawab panjang-panjang tapi masih salah juga. Begini deh, akan kutuliskan ulang pertanyaanku dengan cara penyampaian yang berbeda, yaitu:

1. Bagaimanakah kita bisa yakin kalau ayat2 tersebut benar-benar dari Tuhan? Bagaimana dengan saksi dan bukti pendukung premis bahwa ayat2 tersebut benar-benar dari Tuhan? Adakah literatur lain (misalnya dari Alkitab atau manuskrip kuno lainnya) yang mendukung kitab tersebut?

2. Bagaimanakah kita bisa yakin kalau ayat2 tersebut benar-benar dari Tuhan jika kenyataannya bisa berubah, ada yang saling bertentangan, saling revisi dan bisa disesuaikan dengan situasi & kondisi “penerimanya” ?

3. Salah satu tools yang diajarkan Yesus Kristus adalah: dengan mengujinya dan mengamati buahnya. Buah yang baik berasal dari pohon yang baik. Namun kenyataannya ada 2 wajah yang muncul di sini. Itulah makanya timbul pertanyaan 1 & 2 di atas. Circular? Hehehe…

Oh iya, jika Mas LP sudah pernah menjawabnya di forum/blog/media lain, tidak ada salahnya ditulis lagi di sini. Atau diberikan saja URL-nya. Kan para pembaca di sini banyak yang belum tahu jawabannya. Ya tho?

Terima kasih Mas. Dan maaf jika ini pertanyaannya masih terlalu mudah bagi Mas LP.

GBU

8 11 2009
lovepassword

@murid TKku tercinta : Yah saya malah baru tahu dari kamu kalo iman itu cuma dimiliki oleh tukang kecap. Duh nak..nak. Hi Hi Hi. Tetapi oke deh, hak kamu juga kalo beranggapan iman itu cuma dimiliki tukang kecap.🙂

Bagaimana kita semua bisa yakin dengan pasti kalau iman seseorang salah atau benar …?

Dalam kasus iman, yang menentukan kepastian itu kan Tuhan sendiri. Tetapi bahwa seseorang yakin bahwa imannya benar tentu saja memang boleh-boleh saja dan seharusnya demikian

Bagaimana kita semua yakin bla bla bla ? Pertama dalam kasus apapun tidak ada yang mengharuskan seseorang yakin atau tidak. namanya juga yakin kan. Kamu tahu apa artinya yakin ? Hi Hi Hi

Jika seseorang berkata yakin itu selalu berarti bahwa ada sisi yang tidak terlihat. kalo semuanya terlihat terbukti, kata yakin tidak perlu digunakan. Karena itulah konsep dasarnya adalah Iman adalah bukti atas segala yang tidak terlihat.

Jika kamu tanya buktinya ? Buktinya ada pada iman itu.
Apakah iman adalah bukti sesuatu yang tidak terlihat adalah sirkular ? Kalo memang kamu anggap sirkular coba kamu jelaskan sirkularnya dimana. Silahkan berpendapat ?

Ha Ha Ha

I lap Yu anak Manis

Selalu pastikan bahwa kamu menjawab dengan kalem yah. Bukan apa-apa sih. Sekali kamu terpeleset aku bisa ngakak tuing tuing.

Salam cah
GBU

8 11 2009
CosmicBoy

Atau…itu masih debatable.

Hahaha…Jell, I saw him coming.

8 11 2009
CosmicBoy

@ Garfield,

Siip, siip…

8 11 2009
lovepassword

@Mas Dewo : Hi Hi Hi…Pa Kabar ?

1> Bagaimanakah kita bisa yakin kalau ayat2 tersebut benar-benar dari Tuhan? Bagaimana dengan saksi dan bukti pendukung premis bahwa ayat2 tersebut benar-benar dari Tuhan? Adakah literatur lain (misalnya dari Alkitab atau manuskrip kuno lainnya) yang mendukung kitab tersebut?

===> Memangnya ada yah ayat dari Tuhan yang bisa dibuktikan secara objektif kalo itu dari Tuhan. Dalam kasus agama, tentu saja ada sisi objektif sejarah pasti. Tetapi kalo pertanyaannya adalah objektifitas apakah suatu ayat dari Tuhan bener atau nggak? Objektifitas itu tidak ada untuk agama manapun

Mengapa tidak ada ? Lha karena yang namanya wahyu atau kalo sudut pandangnya outsider : Yang dikatakan di Kitab2 Suci sebagai wahyu itu umumnya datang ketika Nabi sedang sendirian.

Di dalam Islam , misalnya Nabi Muhammad mendapat wahyu ketika sendirian
DI dalam Yahudi , misalnya Nabi Musa mendapat wahyu untuk membebaskan bangsanya dari Mesir ketika sendirian .

Di dalam Kristen , ketika Yesus diajak Setan jalan2 digoda untuk menggenggam dunia , apakah itu kisah objektif?

Lha darimana kita bisa mengatakan semuanya itu objektif ? Memang itu tidak objektif. Tidak ada saksinya tidak ada bukti historisnya selain kisah katanya kemudian katanya lagi kan yah ?

Jangankan membahas sebuah wahyu itu objektif atau tidak, bahkan pihak yang memberi wahyu pun jika sudut pandangnya semata-mata objektifitas pengetahuan, sejarah dsb : Tuhan itu kan juga bukan sesuatu yang objektif. Kalo Tuhan itu objektif , tidak akan ada atheis kan. Lha ajaran agama lebih2 agama2 Ibrahim kan titik sentralnya ada pada Tuhan ini.

Intinya seseorang mau percaya atau tidak. Cuma itu saja.
Lha masalah ajaib dalam perbandingan agama biasanya tuh gini :
Kita mengharapkan orang lain menerapkan praduga tidak bersalah kepada agama sendiri. Sebaliknya kepada agama lain, kita meminta asas pembuktian terbalik.
Bahasa gamblangnya : Kamu mengatakan saya salah, buktikan kesalahan saya.
Lha saya mengatakan kamu salah, kamu harus buktikan bahwa kamu benar. Hi Hi hi. Lha tentu saja endingnya indah nian.🙂

2> Bagaimanakah kita bisa yakin kalau ayat2 tersebut benar-benar dari Tuhan jika kenyataannya bisa berubah, ada yang saling bertentangan, saling revisi dan bisa disesuaikan dengan situasi & kondisi “penerimanya” ?

===> Masalah seseorang yakin atau tidak yakin sekali lagi itu urusan masing-masing. Tetapi jika pertanyaannya sedikit dipertegas : Apakah ayat2 yang secara tekstual bertentangan berarti bisa dipastikan salah, bukan dari Tuhan dan sebagainya??? Itu sudah tak jawab. Bahwa di dalam hidup ini pun ada banyak hal yang bertentangan secara tekstual tetapi benar.

Lha mengapa ayat2 yang secara tekstual bertentangan itu ada ? Tentu ada . penjelasannya sebagian diantaranya seperti yang sudah tak tulis sebelumnya.

Misalnya pada satu sisi Allah mengajarkan jangan membunuh, memaafkan, dsb. Tetapi pada sisi lain, Allah yang sama memerintahkan berperang. Bahkan di dalam salah satu kisah di PL , Allah memerintahkan menghabisi total bangsa Amalek. Lha bagaimana menjelaskan itu ? Salah satu penjelasannya menurut versi saya sudah tak tulis di atas. Lha anda boleh setuju boleh tidak. Silahken berpendapat kalo mau🙂

Masalah ayat yang direvisi disesuaikan untuk penerimanya ? ==> Yang namanya agama itu kan terkait dua sisi yah Allah dan manusia. Lha agama itu ada apakah untuk kepentingan Allah atau untuk kebaikan manusia. Kalo anda menjalankan agama , beribadah dsb itu yang untung kamu atau Tuhan ??? Dari sisi ini maka wajar2 saja kalo agama disesuaikan menurut kapasitas penerimanya.
Saat masih TK ya yang diajarkan yah ajaran TK, ketika manusia berkembang ajarannya jadi SD misalnya.

3> Salah satu tools yang diajarkan Yesus Kristus adalah: dengan mengujinya dan mengamati buahnya. Buah yang baik berasal dari pohon yang baik. Namun kenyataannya ada 2 wajah yang muncul di sini. Itulah makanya timbul pertanyaan 1 & 2 di atas.

===> Buah yang baik berasal dari pohon yang baik. Tentu saja itu benar. Pertanyaannya adalah : jika buah yang baik berasal dari pohon yang baik. Apakah selalu kemudian bisa anda simpulkan bahwa pohon yang baik pasti selalu menghasilkan buah yang baik ???

Jika ada buah yang baik pastilah itu berasal dari pohon yang baik. Tetapi apakah selalu bisa disimpulkan bahwa jika pohonnya baik, bibitnya baik maka buahnya pasti manis, nggak ada yang boleng, nggak ada yang sepet, nggak ada yang masam, nggak ada yang busuk, dsb ???

=====================================================
Oh iya, jika Mas LP sudah pernah menjawabnya di forum/blog/media lain, tidak ada salahnya ditulis lagi di sini. Atau diberikan saja URL-nya. Kan para pembaca di sini banyak yang belum tahu jawabannya. ==> Masalah kekerasan sudah tak bahas sedemikian panjang di ImanKristen.wordpress pada bagian diskusi pembunuhan. Masalah ayat2 yang bertentangan juga sudah tapi entah di bagian mana. Cari saja sendirilah. Hi Hi Hi .

Terima kasih Mas. Dan maaf jika ini pertanyaannya masih terlalu mudah bagi Mas LP. ===> Kali ini nggak terlalu mudah. Saya perlu minum STMJ dulu sebelum menjawab pertanyaan ini.🙂

SALAM

8 11 2009
lovepassword

Gini yah : Itu memang salah satu kehebatanku : Kalian boleh saja sudah tahu apa jawabanku, gayaku, dsb. Tetapi begitu jawaban itu beneran kukatakan kalian sedemikian terharu sehingga menitikkan air mata.😀

@CB : Akui sajalah kalo gw ini keren ? ( mringis mode on)

SALAM

8 11 2009
jelasnggak

Muslim Teriak : “HANYA islam agama paling di ridhoi”

Infidel : “Oh ya ? Bagaimana saya bisa yakin ?”

Muslim : “Karena ayat Quran berkata begitu”

Infidel : “Bagaimana saya (yang non muslim) bisa yakin, kalau Quran itu berkata benar”

Muslim : “Karena Iman Saya”

Infidel ” “Bagaimana saya bisa yakin kalau iman kamu itu yang benar sedangkan iman saya salah”

Muslim : “Boleh-boleh saja dong kalau saya yakin iman saya yang benar…”

Infidel : “Iya saya tau itu. Tapi anda telah mengklaim bahwa “hanya islam agama yang diridho

Saya tidak sedang menanyakan “bukti dari iman”,

tapi yang sedang saya tanyakan adalah,….


bagaimana kita semua bisa yakin, iman muslim adalah iman yang paling benar.

Kenapa saya bertanya begitu ?

karena muslim mengklaim bahwa agamanyalah yang paling diridhoi berdasarkan imannya.

Sebab dengan mengklaim “hanya islam agama yang di ridhoi berdasarkan iman muslim”,..

1. Itu kan sama saja mengatakan bahwa iman milik muslim-lah yang benar (sedangkan iman milik agama lain nya salah)

2. Itu sama saja “memaksa” umat lain untuk mengakui iman mereka terhadap agamanya adalah salah, dan “memaksa” mengakui hanya iman islam lah yang benar.

Begitu kan hubungannya.

Ada klaim, harus ada alasan…

Klaim lalu alasan.

Klaim..

Alasan…..

Kan gitu

Kata kuncinya kan ada di kata “HANYA” di dalam KLAIM muslim itu.
.
.
ngga nyambung lagi… ngga nyambung lagi…

(ayo dong lovepassword,.. di fokuskan pikirannya…jangan lari-lari kemana-mana…. ntar mBah surip marah loh… 😆 )

oke saya ulangi lagi pertanyaan saya


” Bagaimana kita semua bisa yakin dengan pasti, kalau iman anda (muslim) itu adalah iman yang paling benar…? ”

.
.
.
.
Silahkan mas..
.
.
.
.
.
“tak gendong… kemana-mana.. asik dong ..enak dong… ha ha ha…”

salam

8 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Mas Lovepassword,

Hiks… dengan sangat menyesal, daku menyimpulkan bahwa dirimu tidak bisa menjawab kalau ayat2 Anda benar-benar dari Tuhan. Dengan demikian bisa saja terjadi bahwa ayat-ayat tersebut BUKAN dari TUHAN!

Ironis banget tho? Berarti dirimu dan umat yang lain benar-benar cuma mengandalkan “kepercayaan” belaka. Percaya secara membabi buta bahwa itu benar-benar ayat2 dari Tuhan.

Inilah yang menyebabkan sesiapa saja dapat melakukan hal yang sama, menggunakan modus operandi yang sama, yaitu membuat suatu pernyataan dan mengklaimnya sebagai wahyu Allah.

Mas, daku jadi sedih sekali mendengar jawaban sampeyan. Hiks… Tapi sudahlah, daku tidak boleh larut dalam kesedihan, namun ingin memberi sampeyan pencerahan mengenai Alkitab & Yesus terutama terkait dengan jawaban sampeyan. Setuju? *awas kalo ndak setuju. hehehe…*

Kebanyakan pesan Tuhan bisa dikonfirmasikan, baik secara kualitas pesan-Nya, juga pembawa pesan-Nya. Kualitas pesan adalah bobot dari pesan itu sendiri yang seperti sudah daku bilang sebelumnya, adalah pesan dari ALLAH yang berarti tidak berubah-ubah dan sifatnya tetap.

Kemudian dari kualitas si pembawa pesan, biasanya Tuhan memberikan suatu anugerah khusus bagi para nabi sehingga para nabi dapat mengkonfirmasikan bahwa pesan yang dibawanya adalah dari Tuhan. Bentuknya bisa saja mujizat, nubuatan, dll. Masyarakat jadi tahu & yakin bahwa pesan tersebut benar-benar dari Tuhan.

Tidak hanya itu, bahkan para nabi juga seringkali memiliki pendamping alias mitra yang sedikit banyak bisa mengkonfirmasi bahwa pesan yang disampaikan adalah dari Tuhan. Karena seringkali mitra tersebut juga berada di dekat nabi saat menerima pesan. Misalnya adalah Musa (seperti yang sudah sampeyan sebut di atas) yang dikonfirmasi oleh Harun.

Kemudian Elia dengan Elisa. Adam dengan Hawa. Bahkan Yesus dengan Yohanes Pembaptis. Yohanes Pembaptis inilah yang menyatakan pernyataan Allah bahwa Yesus adalah Putera-Nya yang sangat dikasihi. Dan kemudian semua pernyataan & ajaran Yesus dikonfirmasikan 100% oleh para murid-Nya.

Kemudian tentang literatur lain yang mengkonfirmasikan, Perjanjian Baru (PB) juga merupakan penggenapan dari Perjanjian Lama (PL). Banyak hal yang dilakukan & dialami Yesus sudah dinubuatkan dalam PL yang ditulis ratusan sampai ribuan tahun sebelum kehadiran Yesus.

Bahkan Yesus sendiri selalu mengatakan bahwa DIA hadir untuk menggenapi janji Allah yang sudah tertulis dalam PL. Dan semuanya sampai ke tingkat yang detail, bahkan sampai ke siksaan yang harus dilalui-Nya dan tidak ada tulang Yesus yang dibiarkan patah.

Jadi Mas, nampaknya Mas LP juga patut bersedih dengan kenyataan ini. Tapi jika belum bersedih dan masih ada yang perlu ditanyakan atau didiskusikan, silakan ditanyakan saja. Daku (dan rekan-rekan Kristiani di sini) akan dengan senang hati membantu sampeyan.

Tuhan memberkati.

8 11 2009
Emanuel Setio Dewo

Tapi rasanya ada yg janggal. Gravatarnya dia itu loh. Kok ga pakai jilbab ya?

8 11 2009
lovepassword

Kamu nyamber saja . Hi Hi Hi
Hush

Salam
Pa Kabar ?

8 11 2009
lovepassword

@Mas Dewo : Saya bales di sini saja soalnya di tulisan anda . Link “Balas”nya sudah nggak ada lagi. Mungkin karena bales balesannya sudah terlalu banyak jadi ada batasnya :

Emanuel Setio Dewo (14:19:49) :

@Mas Lovepassword,

Hiks… dengan sangat menyesal, daku menyimpulkan bahwa dirimu tidak bisa menjawab kalau ayat2 Anda benar-benar dari Tuhan. Dengan demikian bisa saja terjadi bahwa ayat-ayat tersebut BUKAN dari TUHAN! ….

DST

Yang saya jawab tulisan yang itu yah :

Pertama : Percaya itu bukan soal belaka yah. Percaya itu esensial. Hi Hi Hi.
Kedua : Darimana seseorang bisa percaya ? Tentu itu juga terkait dengan reputasi pihak yang mengatakannya. Gicu kan yah? Tetapi selalu wajar saja dan saya rasa harus kita anggap wajar jika ada yang tidak percaya. Karena Tuhan toh juga tidak pernah mengatakan semuanya pasti percaya.

Yesus tidak dipercaya oleh pemuka agama-agama Yahudi, orang Farisi dan Saduki. Muhammad tidak dipercaya oleh tokoh2 Quraisy . Jadi lagi-lagi ada yang percaya dan ada yang tidak.

Kalo sudut pandang anda. Ada orang yang membenarkan tentu saja seperti kataku ada yang membenarkan ada juga yang tidak membenarkan. Kalo Yohannes Pembastis membenarkan Yesus, Khadijah pun membenarkan Muhammad. Tetapi apakah pembenaran itu objektif ? Aslinya ya nggak objektif . Pembenaran itu dimulai dulu dari percaya . Mengapa seseorang bisa dipercaya ? Karena dari sudut pandang pihak yang mempercayai, orang itu layak dipercaya. Jadi awalnya itu mulainya ya pasti dari percaya dulu.

Siapa yang melihat saat Yesus dibawa jalan-jalan oleh setan diajak melihat kemegahan dunia ?

Lha jika saya tanya ke anda buktinya apa ? Apa jawaban anda.

Coba anda berikan bukti objektifnya. Bisa mAs ??? Salah satu kelebihan anda berdiskusi itu yah anda pandai bertanya terus tetapi tidak pernah menjawab satupun pertanyaan saya. He he he.

Saat saya tanya kepada anda mengapa Allah yang sama memerintahkan perang padahal Allah memerintahkan jangan membunuh. Anda tidak menjawab ? Padahal anda yang mulai topik itu kan .

Oke nggak papa deh. Saya ini kan baik hati🙂

Kembali ke topik. Anda bilang Yohanes membenarkan Yesus
Saya ingin tahu objektifnya dimana ketika Yohannes membenarkan Yesus ? Lagian kalo sudut pandangnya objektif lagi2 kita butuh dulu percaya kepada Yohannes sebelum percaya kepada pembenaran yang dilakukannya.
Darimana bisa disimpulkan kita mesti percaya kepada Yohannes jika sudut pandangnya objektif. Lagi-lagi sudut pandangnya ya selalu percaya atau tidak percaya.

Kalo yang anda katakan dampaknya ada manusia yang mengklaim mendapat wahyu, yah tentu saja dalam setiap agama tidak bisa dihindari fenomena itu.

Di Kristen misalnya saja ada Saksi Yehova, Mormon, dsb.

Protestan juga terbagi ratusan bahwa mungkin ribuan kepercayaan yang kecil2 karena kaitannya dengan katanya sih “tafsir yang dibantu oleh Roh Kudus” . Sesuatu yang bahkan ditertawakan sejak awal oleh Roma Katholik.

Kalo sesuatu itu memang berasal dari Roh Kudus mengapa terpecah belah sedemikian banyaknya . Apakah Roh Kudus itu senang berkelahi satu sama lain gicu ? – demikian bantahan dari Katholik

Jadi kalo sudut pandangnya adalah dari aneka pendapat di dalam Islam atau mungkin ajaran tertentu yang mengklaim dsb. Jawaban saya seperti itu.

Agama memang tidak bisa menghindari ini justru karena salah satu unsur agama adalah percaya. Lha dalam percaya itu bisa saja memang menyimpang gicu kan yah. Di dalam soal menafsirkan karena ada gap jaman, beda budaya dsb kadang bisa saja timbul perbedaan pendapat. Lha ini bisa terjadi dalam Islam dan tentu saja Kristen.

Biasakanlah melihat segala sesuatunya secara seimbang dan komprehensip.

Jadi sudut pandangnya bukan lalu begini :

Kalo terhadap agama sendiri : Buktikan secara objektif kalo ayatku ini bukan dari Allah.

Tetapi terhadap agama lain : Buktikan secara objektif kalo ayat itu dari Allah.

===============================================

Bahkan Yesus sendiri selalu mengatakan bahwa DIA hadir untuk menggenapi janji Allah yang sudah tertulis dalam PL. Dan semuanya sampai ke tingkat yang detail, bahkan sampai ke siksaan yang harus dilalui-Nya dan tidak ada tulang Yesus yang dibiarkan patah. ===>

Yah sedemikian detailnya sampai-sampai dalam kasus 30 uang perak bisa keliru nubuatnya . 🙂

Eh gini yah karena anda ngomong soal itu, yah beneran. Hi Hi Hi. coba kamu tulis apa yang anda anggap nubuat di dalam PL dan penggenapannya dalam PB termasuk masalah 30 uang perak itu.

Salam Mas Dewo

Tuhan memberkati

9 11 2009
lovepassword

@jelasnggak : Oh ceritanya gitu yah . Jadi kamu tersinggung karena agamamu dianggap bukan agama yang paling benar gitu yah ? Hi Hi Hi. Kalem cah…Kalem.🙂

Lha apa alasannya kamu mesti tersinggung jika ajaran yang kurang lebih sama juga ada dalam agama Kristen sendiri . Hi Hi hi. Jan ….Cah..Cah…?

Kalo masalah itu kan asal muasalnya nih yah : Memang ada ayat2 dalam agama – baik Islam mupun Kristen yang isinya mengatakan bahwa agama tersebut atau jalan tersebut adalah agama atau jalan yang lebih baik atau bahkan satu-satunya jalan yang benar.

Misalnya saja ada ayat seperti ini :
Agama yang diridhoi Allah adalah Islam

atau di dalam Injil ada ayat model begini :

Akulah jalan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun sampai kepada Bapa tanpa melalui Aku.

Jika kamu tersinggung dengan klaim Islam tersebut, mengapa kamu tidak melihat bahwa klaim yang sama juga ada dalam Kristen ?

Jika masing2 kelompok mengklaim ajarannya yang benar. Kalo kita melihatnya dari sisi ajaran agama masing2 ya wajar-wajar saja dong . Karena itu secara tekstual memang ditulis dalam Kitab Suci masing2. Meskipun memang kelompok2 yang lebih liberal seperti JIL, kelompok Kristen Progresif , dsb menafsirkan ayat2 model gituan dengan cara dan tafsir yang lain .

Tetapi secara tekstual ya tulisannya memang gitu. Dan yang menafsirkan gitu itu juga masih baik-baik saja sepanjang pembenaran itu tidak dipaksakan kepada pihak2 yang berbeda.

Rambu-Rambunya itu : Merasa benar itu boleh, yang nggak boleh itu memaksa orang lain .

Lha kadang variasinya bisa jadi antik : Agar tidak memaksa maka takut merasa benar, atau sebaliknya karena takut tidak dianggap merasa benar kemudian jadi memaksa. Lha kalo menurutku sih : Merasa benar itu boleh2 saja asalkan tidak memaksa.

Jadi masing2 pihak merasa benar itu wajar2 saja aslinya sih. Dan ini tentu juga masih sesuai dengan prinsip non kontradiktif dalam persepsi penganut agama masing2.

Ketika seseorang merasa secara substansial berbeda dengan yang lain, maka tentu dalam perbedaan itu dampaknya ada yang dianggap benar dan ada yang dianggap salah. Berdasarkan ini, kalo X kita anggap bertolak belakang dengan Y – kalo X dianggap benar ya berarti otomatis Y dianggap salah. Mengapa Y dianggap salah ? karena X dianggap benar.

Itu masih wajar saja. Sepanjang : Perbandingan itu adil, dan tidak dipaksakan.

Tetapi tentu juga bukan berarti persepsi seseorang terhadap hukum non kontradiktif itu kemudian disasarkan menjadi menghujat, nyamber kanan kiri seenak udel tanpa dipikir.🙂

SALAM jell
GBU

9 11 2009
jelasnggak

Oh ceritanya gitu yah . Jadi kamu tersinggung karena agamamu dianggap bukan agama yang paling benar gitu yah ?
—————————–

Tersinggung…..?

Ya ampuuuuuuuuuuuunnnnnnnnnnnnnnnnn………………………………nilah………..

ah ha ha ha ha

bisa segitu oot-nya sih…..?

Saya ini sedang menchallange klaim muslim itu lhhoooOuouou…

Ini sengaja atau ngga sadar nih…?????

Kalo sengaja berarti pinter tapi curang, kalo ngga sadar berarti.. ya namanya………… ehem……….itu tuh…..

ha ha ha ha

9 11 2009
jelasnggak

Lovepassword:

atau di dalam Injil ada ayat model begini :

Akulah jalan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun sampai kepada Bapa tanpa melalui Aku.

===> He he he he.. tampak jelas kamu sudah terpojok ya.. sehingga membalikkan pertanyaan saya itu…

Kan sudah saya katakan dulu-dulu… jangan membalikkan pertanyaan…

Kakakakakaka

Bukannya jawab,…. ehhh… malahan memperkenalkan topik baru …

itu namanya apa tuh…….. ehem.. lupa.. apa ya.. ?
.
.
.
Tolong kembali ke pertanyaan saya yang belum kamu jawab…


” Bagaimana kita semua bisa yakin dengan pasti, kalau iman anda (muslim) itu adalah iman yang paling benar…? ”

.
.
.
.

Pertanyaan kamu mengenai injil saya jawab nanti saja ya…. (saya simpan di lemari dulu)…

Kan sekarang kan lagi “session” muslim mengklaim, kristen menchallange

Bukan sebaliknya.
.
.

Ayo cepet.

Penasaran nih…

Bukankah kalian muslim gembar-gembor HANYA ISLAM AGAMA YANG DI RIDHOI…

saya tanya alasannya kok ngga bisa jawab..

(malah nanya injil..😆 ).

.
.
.
.
Silahkan mas..
.
.
.
.
.
“tak gendong… kemana-mana.. asik dong ..enak dong… ha ha ha…”

9 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@LovePassword,

Hiks… rupanya dirimu belum bersedih hati menerima kenyataan itu. Cuma yang ingin kukatakan padamu terkait dengan pernyataan Yesus yang tidak dipercaya oleh pemuka agama Yahudi, tentang ini pun telah tertulis di kitab Perjanjian Lama (PL) sehingga Tuhan pun menyebut bangsa Israel sebagai bangsa yang “tegar tengkuk.”

Coba perhatikan bahwa mengenai penolakan terhadap Yesus pun telah dikonfirmasi oleh kitab sebelumnya, yaitu Perjanjian Lama. Dengan begitu kita tidak bisa menuliskannya sebagai “tidak obyektif” bin “subyektif” kan? Karena PL ditulis ratusan tahun (bahkan ribuan tahun) sebelum Yesus.

Mengenai Yesus yang jalan-jalan melihat kemegahan dunia, peristiwa tersebut terjadi saat Yesus berada di padang gurun dan ditemani oleh Yohanes Pembaptis dan murid-murid Yohanes Pembaptis. Diduga keras merekalah yang mencatat peristiwa ini. Sayang dulu belum ada handycam ya?

Sudah dulu ah… Sampeyan ini tipikal banget. Ditanya sesuatu malah balik bertanya macem2. Ini seperti ulasan mas JelasNggak tentang tipikal sampeyan yang AdHominem Turqoque (eh bener ngga nulisnya?).

Ya sudah, coba renungi sendiri. Selama merenungi, mohonlah bantuan Roh Kudus untuk membantu Anda supaya dapat memahami semua hal ilahi tersebut.

Tuhan memberkati.

9 11 2009
Fitri

@Emmanuel Setio Dewo
Tanya sendiri sama CosmicBoy.

9 11 2009
Fitri

@Jephman

Ini saran terserah mau diikuti apa tidak.

Untuk kasus penutupan gereja ini, buat saja facebookers untuk menentang penutupan gereja tersebut.

Atau buat artikel khusus yang nyambung dengan artikel ini, lalu buat polling. Apakah masyarakat setuju gereja itu ditutup atau tetap dibuka? Setelah mengikuti polling diharapkan untuk memberi komentar atas alasan apa. Jika mendukung ditutup, tulis alasannya, jika tetap mendukung untuk menolak penutupan gereja, silahkan tulis juga alasannya.

9 11 2009
lovepassword

Hi Hi Hi. Lha kalo kamu tanya terus, saya nggak boleh gantian tanya itu bukan diskusi dong Mas. Whaduh….-

Coba perhatikan bahwa mengenai penolakan terhadap Yesus pun telah dikonfirmasi oleh kitab sebelumnya, yaitu Perjanjian Lama. Dengan begitu kita tidak bisa menuliskannya sebagai “tidak obyektif” bin “subyektif” kan? Karena PL ditulis ratusan tahun (bahkan ribuan tahun) sebelum Yesus. ===> He he he, kan sudah tak tanya kalo memang menurutmu demikian coba kamu tunjukkan klaim tersebut dasarnya apa ? Termasuk masalah 30 uang perak itu juga termasuk dalam nubuat itukah ?

PL ditulis ratusan tahun sebelumnya. Maksudmu PB dibenarkan oleh PL gicu yah ? Pertama : Kamu belum berani menunjukkan buktinya
Kedua : Lha kalo PB dibenarkan PL lalu PL dibenarkan oleh siapa ? Apa PL juga perlu dibenarkan ?🙂

Diduga keras merekalah yang mencatat peristiwa ini. ===> Pertama : Di duga keras itu objektif apa nggak yah Mas ?🙂 Kedua : Yang mencatat itu kan masih ada relasi , jadi kalo ada juga yang mempertanyakan objektifitasnya ya masih wajar juga kan.

Intinya itu yah bukannya mau nyamber : Tetapi pakailah standard yang sama. Gicu saja sih.

SALAM Mas Dewo
GBU

9 11 2009
Garfield

@ Fitri & Cosboy

Udah jadian, nih?
Kalau udh resmi, ingat pesan Om Jell ya Cos..si Fitri jgn dipoligami..:-))

9 11 2009
Garfield

@Fitri & Cosmic Boy

Udah jadian, nih?
Kalau udh resmi, ingat pesan Om Jell ya Cosmic ‘not-play’ boy..si Fitri jgn dipoligami..hi hi hi..

9 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Mbak Fitri,

Lha saya kan memang sedang tanya CosmicBoy. Piye tho Mbak?

9 11 2009
Fitri

@Garfield

Tahu darimana? Kan pesan pastur jel yang ada di blog fietria sudah dihapus.
Ah..udahlah…

Yang penting CosmicBoy setia selalu.

9 11 2009
Fitri

Tahu darimana?

Ah sudahlah yang penting dia setia selalu.

Masalah jilbab saya tidak mau membicarakan, karena banyak muslim yang kontra tentang jilbab sama seperti poligami.

9 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Lovepassword,

Nampaknya daku mulai merasakan apa yang dirasakan Mas JelasNggak ketika berdebat sama sampeyan. Memang jadi mbulet bin AdHominem Turqoque.

Pertanyaanku belum dijawab dengan baik, malah sampeyan membombardir daku dengan pertanyaan/pernyataan Anda. Tentu daku ngga minat menjawabnya, lha wong sampeyan belum menjawabnya dengan baik.

Atau sebenarnya sampeyan mengamini kesimpulanku? Kalau sampeyan sudah secara eksplisit meng-amininya, maka daku akan bersedia menjawab pertanyaan-pertanyaan sampeyan yang dibombardirkan ke daku.

Daku sih pengennya 1 selesai dulu, baru kita bahas yang lain. Setuju?

GBU

9 11 2009
Robinson Agus Sihotang

@ kerajaanagama
berceloteh :
Apa menurut anda saya orang yang tak berperasaan? Siapapun umat Islam pasti akan geram kalau agamanya dihina, diserang dengan harapan agar mau mengakui Kristen yang benar. Nah, ini blog tujuannya apa kalau bukan kristenisasi? Pasti kalian akan bilang dengan bangganya bahwa Islam itu bla bla bla, justru kristen-lah yang seharusnya bla bla bla.

saya jawab :
Apa nama ibu kota Kerajaanagama ?
Kalo Ratunya pasti kamu kan Fietria siboru na loak

br na loak
kembali berceloteh :
lagipula saya heran kok kalian enggak pernah berani muncul ke blog saya, padahal disana juga ada rekan Kristiani seperti jelasnggak, cosmicboy, dll.

saya jawab :
karena dimana ada Cosmicboy ya disitu juga ada teman-temannya se genk ??

br na loak
kembali berceloteh :
Di blog imankristen.wordpress.com misalnya, saya bertanya tentang kekristenan lalu admin membuatkan artikel khusus buat saya. Bisa dilihat sendiri di artikel Diskusi Fietria. Bahkan di blog chodet, apa ada tanggapan saya yang langsung kasar begitu saja tanpa diserang? Coba baca komentar Joe Siagian tentang saya dibandingkan islam lainnya, di blog chodet.

saya Jawab:
Di sini tidak boleh seperti gitu , pantang !!!!

br na loak
kembali berceloteh :
Tapi wajarlah, kalau menurut Mas Lambang ya..kalian masih terlalu muda jadinya ya pengen menang sendiri ketimbang mendengarkan tanggapan orang lain. Malah menurut Mas Lambang diskusi disini ngawur, semuanya pengen menang debat bukannya mau diskusi dan mendengar pendapat orang lain secara dewasa.

saya jawab :
umur saya 50 thn, pekerjaan pedagang kain, umur Jephman 32 thn pekerjaan jual beli tanah properti Surgawi, umur Jakpurut 30 thn kerjaan dosen ilmu theologia , umur Emanuel Setio Dewo 36 thn kerjaan ahli Tehnik, umur hh 40 kerjaan wiraswasta, umur Rodrymikhael 22 thn kerjaan mahasiswa… . Nah kau lihat kan cuman Rodrymikhael yg sebaya dgnmu. Yg mau berdebat dan berdiskusi dgnmu saya pastikan tidak ada yg mau ?? Because what … tanya Rodrymikhael, dia junior saya yg sangat cerdas dan paham dirimu ?

9 11 2009
lovepassword

@Mas Dewo tercinta : Jadi kamu maunya kamu yang tanya terus . Terus aku yang njawab terus gicu . Lha enak di kamu nggak enak di aku.

Kalo kamu berminat agar adil : Kamu ajukan satu pertanyaan , aku ajukan satu pertanyaan.

Atau karena aku ini baik hati gini juga boleh : Kamu tanya dua atau tiga pertanyaan. Lha aku cukup bertanya satu pertanyaan ? Hi Hi Hi.

Lha kalo kamu nerocos tanya terus , bilang nggak selesai. Yang menentukan selesai atau nggak juga kamu. Yah mana ada model diskusi kayak gicu.

Kamu pernah nonton TV kan yah. DI TV itu orang kalo diskusi kan yah gantian. Kalo yang satu tanya yang lain menjawab tanpa boleh bales tanya itu aku narasumber dan kamu wartawan gicu lho. Kalo pun kamu merasa berbakat jadi wartawan yah belajarlah juga menjawab pertanyaan. Jadi gentlemen sedikit saya rasa okelah🙂

Paham yah Mas ?

SALAM
GBU

9 11 2009
lovepassword

Whaduh, elo nyamber aja lagi . Hi Hi Hi

9 11 2009
lovepassword

@jelasnggak tercinta : Hi Hi Hi. Lagakmu jell. menurutmu aku sedang terpojok gicu ??? Kapan juga kamu ngajak aku mojok ??? ( geleng geleng )

Lagian tak bilangi yah cah. Mojok itu juga asyik kok . Santai sajalah🙂 Hi Hi Hi.

Kalo kamu tanya , tanyalah hal yang belum kujawab. Pertanyaanmu itu sudah kujawab . Lha masalah kamu mau menjawab pertanyaanku atau tidak yah itu hak kamu sepenuhnya . Aku kan nggak pernah maksa manusia yang terlalu sibuk ?🙂

Intinya itu gampang sebenarnya : Kalo masalah kamu yakin apa nggak kan yah urusanmu ? Kalo masalah bagaimana kamu yakin yah namanya yakin itu kan memiliki sisi subjektif . Bisa saja kamu denger kodok nyanyi jadi trenyuh, bisa saja kamu mandang langit terus terharu, dsb. Lha kalo kamu tanyanya soal yakin yah jalan masuk ke sebuah keyakinan itu bervariasi.
Dan itu sah-sah saja.

Kalo yang kamu ributkan adalah objektifitas sebuah keyakinan. Yang namanya yakin itu ya nggak ada yang objektif. Kalo objektif kata yakin tidak perlu dipakai.

Paham Cah ? Apa masih mau bertanya lagi ? Silahkan

SALAM

9 11 2009
lovepassword

Kamu nulis kata memaksa saja pake bold. Jadi yah saya kira kamu agak gimana gicu. Sukurlah kalo nggak merasa dipaksa.🙂 sehingga kamu nggak perlu tersinggung.

SALAM jell
GBU

9 11 2009
Garfield

Ha ha ha…
Saya mengikuti diskusi di blog itu, kog.. cuma passive mode…Si Cosmic emang..**Boy..hehehe…

Intinya begini, dunia maya hasil ciptaan org2 kafir ini memang luar biasa menarik. Menurut saya, penciptanya pasti diilhami oleh sesuatu yang asalnya dari Sang Maha…kira2 internet berasal dari org-org mana ya?
*tanya Om Jell, hehehe*

9 11 2009
rodrymikhael

kenapa jadi ngomongin mbak fietria??
ayo ayo balik ke benang merah. dalangnya udah marah tuh (kayak di Opera van Java)
hehehe

9 11 2009
Garfield

@ Fiet

Ha ha ha…
Saya mengikuti diskusi di blog itu, kog.. cuma passive mode…Si Cosmic emang..**Boy..hehehe…

Intinya begini, dunia maya hasil ciptaan org2 kafir ini memang luar biasa menarik. Menurut saya, penemunya pasti diilhami oleh sesuatu yang asalnya dari Sang Maha…kira2 penemu-penemu internet berasal dari org-org mana ya?
*tanya Om Jelasnggak, hehehe*

Ini comment kog jadi lompat2 sih?

9 11 2009
Robinson Agus Sihotang

For All :

MOHON PERHATIAN ( Pandangan dr Pendeta, Penginjil dan Hamba Tuhan)

Pekabaran Injil adalah merupakan suatu keharusan dalam ajaran Kristen, karena ini merupakan perintah Tuhan yang tidak dapat tawar-menawar, sesuai dengan (SK) Tuhan nomor 28 yaitu Injil Matius pasal 28 ayat 18,19,20 sebagai berikut:

“Yesus mendekati mereka dan berkata:”KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” Karena itu Kristen adalah agama missioner atau agama da’wah, yang mempunyai kewajiban buat memberitakan Injil Keselamatan ke seluruh dunia. Namun patut diketahui hal ini bukanlah Kristenisasi, sebab Pekabaran Injil mengandung maksud tiga bagian;

(a) Informasi : Memberikan penerangan dan pemberitaan tentang iman kristen, tentang jalan keselamatan kepada siapa saja, agar orang tahu bahwa Yesus adalah Juru Selamat

(b) Persuasi : Menjawab setiap pertanyaan dari siapa saja yang ingin bertanya atau mempertanyakan tentang Yesus Kristus itu, sesuai apa yang ada dalam AlKitab.

(c) Edukasi: Mendidik umat Tuhan dalam melaksanakan ajaran Tuhan.

Hal ini jelas tidak ada Kristenisasi, sebab untuk menjadi Kristen atau percaya kepada Yesus bukanlah hasil pekerjaan manusia, bukan juga hasil penginjil atau pendeta, namun adalah pekerjaan Tuhan, atau pekerjaan Rohul Kudus itu sendiri di dalam hati manusia, yang dipilihNya agar selamat!

Jadi camkan , perbedaan antara Kristenisasi dan Pengabaran Injil.
Pemberitaan Injil adalah kewajiban bg seluruh umat Kristiani dlm memberi kesaksian . Tidak ada kekecualian itu bg mereka yg percaya karena itu perintah dari yg kami sembah yakni Tuhan Yesus Kristus untuk memberitakan injil sampai keseluruh ujung dunia. Sampai seluruh manusia sudah mengetahui injil tsb dan setelah Allah menetapkan masanya maka kesudahan akhir jaman itu akan tiba. Blog ini adalah tentang diskusi tentang pengabaran injil dan bukan blog tentang perdebatan yg tidak memiliki makna. Di sini semuanya diajarkan tentang berita ttg keselamatan, peranan gereja dan umat yg percaya dan bukan untuk tentang hal-hal ttg hal-hal CURHAT.

Shalom.

9 11 2009
parhobass

@Fitri
apakah Anda mengiras saya = Robinson Agus Sihotang

kalau ngga salah di blog Anda juga,
ada yang mengira saya = CosmicBoy..

??

9 11 2009
Robinson Agus Sihotang

@ Parhobas, Jephman

Mari kita doakan lah dia lae …
Saya hanya mengingatkan dia spy berdiskusi jgn disertai emosi yg meluap-luap.
Menuduh orang mengKristenisasi, menyuruh lae Jephman menutup blog ini, berkata-kata yg tidak ada hubungannya dgn topik judul posting di atas.
Semua teman sudah uraikan ttg Penginjilan dan ttg penutupan gereja, tapi jawabannya kesana kemari spt metro mini lagi ngejar setoran. .

9 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Lovepassword,

Nah itu dia Mas. Saya tanya 1 dan Anda tanya 1. Saya jawab 1 dan belum tuntas Anda jawab tapi Anda sudah memberondong dengan pertanyaan lain sehubungan dengan jawaban saya terhadap pertanyaan Anda yg 1.

Dari awal kan saya tanyanya cuma itu-itu aja tho? Tentang benarkah ayat2 tsb datang dari Tuhan? Sampai sekarang belum ada jawaban yang pas dari Anda. Atau mungkin Anda setuju dengan kesimpulan saya? Jika demikian, maka silakan Anda mengutarakannya secara eksplisit.

Sedangkan saya sudah menjawab banyak hal tentang pembuktian, referensi, Yesus & Yohanes, dan beberapa yang lain.

Beberapa dari berondongan Anda yang lain memang tidak saya jawab karena saya mengabaikannya supaya diskusi tidak melebar kemana-mana. Saya sudah mengingatkan Anda tentang Adhominem Turqouque (bener ngga nulisnya) beberapa kali tho?

Akhirnya, apakah Anda setuju dengan kesimpulan saya tentang ayat Anda?

Salam.

9 11 2009
lovepassword

@Mas Dewo tercinta :

Kalo yang menentukan pas atau tidak itu kamu. Yang menentukan selesai atau tidak itu kamu. ya apes di aku – enak di engkaulah itu. Hi Hi Hi . Yah gini sajalah kamu tanya tak jawab, lha kamu mau ngganggep pas apa nggak ya terserah kamu, tetapi kamu tetap gantian menjawab pertanyaanku dong.

Kalo dengan alasan belum pas, lha kamu jadi pemain sekaligus jadi wasit ya alamax bisa terulang kasus cicak lawan buaya . Hi Hi Hi . Yang bener saja dong Mister ….🙂

Masalah pas atau nggak itu terserah persepsi semua orang. Terserah pendapat pembaca. Intinya kamu tanya tak jawab gantian aku tanya kamu jawab. Kamu mau membangun opini publik seperti pidato di DPR yah bolehlah silahkan saja. Tetapi tetap tanya jawab gantian. Lha kalo kamu tanya terus aku njawab terus lha enak di engkau mules di aku lama-lama.

Mau nggak mas ?

SALAM

9 11 2009
jelassnggak

Intinya itu gampang sebenarnya : Kalo masalah kamu yakin apa nggak kan yah urusanmu ?

–>

Muslim Teriak : “HANYA islam agama paling di ridhoi”

Infidel : “Oh ya ? Bagaimana saya bisa yakin ?”

Muslim : “Karena ayat Quran berkata begitu”

Infidel : “Bagaimana saya (yang non muslim) bisa tahu/yakin, kalau Quran itu berkata benar”

Muslim : “Karena Iman Saya”

Infidel : “Bagaimana saya bisa yakin/tahu kalau iman kamu itu yang benar sedangkan iman saya salah…?”

Muslim : “Ya terserah kamu…. Terserah mau percaya atau tidak…~

Infidel : “Terserah saya…? Yeah.. kalau gitu …mana yang benar dong…? saya jadi bingung nih,…Kalau jawabannya “terserah saya”, maka akan ada dua kemungkinan,

1. HANYA ISLAM agama yang paling di Ridhoi

2. BUKAN HANYA ISLAM agama yang di ridhoi…

Jadi mana yang benar nih….?

tolong jawab :

Apakah klaim muslim itu BENAR, bahwa HANYA ISLAM agama yang paling di ridhoi…?

AAAAAAAAAAAAAAAAAAhhhh ha ha ha ah ah ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ah ha

tuing.. tuing..

balik lagi tuh, lovepassword…

Gimana sih ini…?

katanya ngga mau sirkular.. tapi jawabannya sirkular…

ck..ck…ck..

.
.
.
.
..

“tak gendong… kemana-mana.. asik dong… enak dong.. ha ha ha..”

9 11 2009
lovepassword

katanya ngga mau sirkular.. tapi jawabannya sirkular… ===> Saya kan sudah bilang dalam kasus keyakinan, dalam kasus iman buktinya yah ada pada iman itu. Hi Hi Hi.

Kan aku sudah nyuruh kamu membuktikan kalimatku : Iman adalah bukti atas segala sesuatu yang tidak kita lihat , sirkularnya di bagian mana ? Kamu bilang sirkular tapi kamu nggak menjelaskan sirkularnya.

Silahkan saja kamu jabarkan penjelasanmu jell

Salam

9 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Mas Lovepassword,

Hihihi… sebenarnya kalau dirimu mules, daku lebih mules lagi dengan berondongan pertanyaanmu kamu. Makanya ada yg kujawab & ada yg kuabaikan. Aku mengakui kok kalau aku mengabaikan beberapa pertanyaan kamu.

Tapi aku juga tetap menuntut jawaban dari 1 saja pertanyaanku yang sampai sekarang pun belum engkau putuskan jawabannya apa. Apakah ada alternatif jawaban atau engkau mengamini kesimpulanku. Dan dirimu bisa lihat kalau daku tetap konsisten dengan 1 pertanyaan itu walau pun dirimu melebar kemana-mana.

Sebenarnya bisa saja daku mengikuti caramu. Saat engkau menanyakan 30 keping, bisa saja aku menanyakan Aisah. Ketika dirimu menanyakan Yesus diajak jalan-jalan setan, bisa saja daku menanyakan poligami. Dan seterusnya sampai tak berujung. Namun tidak kulakukan kan? Malahan beberapa berondongan pertanyaanmu sudah kujawab.

Jadi agak lutju juga saat engkau keberatan dengan apa yang sudah kita lakukan dalam diskusi kita ini. Apakah memang ini tipikal kamu? Atau memang taktik kamu dan umat saat terdesak?

Begini saja deh. Tentukan saja dulu jawabanmu terhadap 1 pertanyaanku yang utama. Barulah kita melangkah ke topik lain. Anggap saja jawabanku atas beberapa pertanyaanmu terdahulu cukup dibalas dengan 1 jawabanmu.

Setuju nggak Mas?

Salam.

9 11 2009
jelassnggak

@lovepassword

Berkata:

Saya kan sudah bilang dalam kasus keyakinan, dalam kasus iman buktinya yah ada pada iman itu. Hi Hi Hi.

Kan aku sudah nyuruh kamu membuktikan kalimatku : Iman adalah bukti atas segala sesuatu yang tidak kita lihat , sirkularnya di bagian mana ? Kamu bilang sirkular tapi kamu nggak menjelaskan sirkularnya.

Silahkan saja kamu jabarkan penjelasanmu jell

Waduh.. kok bukti iman lagi sih..?

Saya TIDAK SEDANG berbicara tentang bukti dari iman,… atau definisi iman….

Tapi…

(baca pelan-pelan..)

Saya sedang MEMPERTANYAKAN KLAIM MUSLIM dan alasannya.

JIka Ada klaim (seperti klaim muslim itu) maka harus ada alasan.

Kalau tidak ada alasan, itu namanya ASBUN…

.
.
.

Dari pertama lagi nieh…Biar jueeelllasss..😆

.
.

Muslim melakukan KLAIM : “HANYA ISLAM AGAMA YANG DI RIDHOI”

Nah, kita semua (dalam hal ini non muslim), mempertanyakan alasan dari klaim itu :

Apakah klaim muslim itu BENAR, bahwa HANYA ISLAM agama yang paling di ridhoi…? Jika YA, apa sih alasannya.

MUslim menjawab dengan : “Karena IMAN”

Non muslim bertanya lagi : “Bagaimana kita bisa yakin/tahu kalau iman muslim itu yang benar sedangkan iman selain muslim adalah salah…?”

Muslim menjawab : “Ya terserah,..Terserah mau percaya atau tidak…~.. terserah apakah mau percaya iman saya adalah iman yang benar atau tidak…. suka-suka kalian”

JIka jawabannya “TERSERAH”

Maka saya/non muslim diberikan dua pilihan (sehubungan dengan klaim muslim itu tadi)

1. Klaim muslim benar
2. Klaim muslim salah.

Kalau klaim muslim benar (klaim muslim adalah “HANYA ISLAM AGAMA YANG DI RIDHOI),… maka…. saya tanya lagi begini :

Apakah betul, bahwa HANYA ISLAM agama yang paling di ridhoi…? Jika YA, apa sih alasannya.

Muter lagi kan….? tuh lihat yang saya tebalkan.

he he he he

Muter=membulat=sirkular.

.
.
.

Mengenai bukti dari iman…?

–> ngga nyambung.

.
.
.
.
.
.

“tak gendong… kemana-mana… asik dong.. enak dong.. ha ha ha ha”

9 11 2009
jelassnggak

@lovepassword.

@Mas Dewo tercinta : Jadi kamu maunya kamu yang tanya terus . Terus aku yang njawab terus gicu . Lha enak di kamu nggak enak di aku.

——————————–

Semua ini kan berawal dari Klaim muslim (Kyai Tedjo) yang berkata bahwa HANYA ISLAM agama yang di ridhoi.

Nah.

Kita-kita ini sedang menchallange KLAIM sang kyai muslim tersebut, gitu lho…

Tentu saja.. adalah ADIL… jika kita terus “mengejar” jawaban muslim di sini.

Kenapa adil..?

Karena Muslim sedang mempertahankan Klaim nya itu di sini.
.
.

Yah.. anggap saja mahasiswa sedang di uji tesis-nya.

Masak profesor penguji mengejar jawaban dengan pertanyaan, lalu anda katakan profesor itu tidak adil sih…?

Contoh.

ADa mahasiswa sedang di uji tesisnya mengenai “Matahari warnanya kuning”

Profesor bertanya ” darimana asal nya warna kuning itu”

Mahasiswa jawab “mahluk asing lagi pada masak di sana”

Profesor nanya lagi “dari mana kamu tau ada mahluk asing?”

Mahasiswa jawab “dari hasil penemuan benda angkasa di semarang”

Profesor tanya lagi “dari mana taunya benda itu dari angkasa?”
.
.
.

nah… ini kan namanya professor sedang “mengejar” jawaban mahasiswa itu dengan pertanyaan lagi (untuk membuktikan kebenaran tesisnya).

Dan ini adalah sah alias adil.

Karena di sini, sang mahasiswa sedang mempertahankan tesisnya itu.

(sama dengan muslim yang klaim “hanya islam agama yang diridhoi”. DI sini muslim itu sedang mempertahankan klaimnya itu )

.
.
.

Coba bayangkan,….

Jika kamu mahasiswa itu, lalu kamu protes ke dosen “Profesor… masak anda tanya terus …? Enak di anda dan ngga enak di aku… ngga adil tuh”

Kan lucu jadinya.

.
.
.
.
.

Begitu kira-kira…

9 11 2009
lovepassword

@Mas Dewo n jelasnggak : Hi Hi Hi. Bagus ..bagus kalian memang penuh semangat🙂

Tapi aku juga tetap menuntut jawaban dari 1 saja pertanyaanku yang sampai sekarang pun belum engkau putuskan jawabannya apa. ===> Masak sih aku belum menjawab atau jawabanku menyimpang dari pertanyaanmu, Mas Dewo.

Yang bener saja cing :

Ini adalah pertanyaan kamu yah :

Iya ngga mudengnya adalah bagaimana kita bisa yakin kalau ayat tsb dari Tuhan? Kalau benar dari Tuhan, mengapa bisa tidak runut, saling bertentangan, saling revisi, dan bisa disesuaikan dengan keadaan?

================================================
Dan ini jawabanku :

Jawabannya sih gampang saja : Mengapa tidak boleh ?

Secara umum saja ya ayat2 yang secara tekstual bertentangan itu bisa ada karena banyak hal, misalnya saja :

1. Menunjukkan adanya proses. Lha mengapa Tuhan berubah pikiran ? Lha persepsinya nggak gicu aslinya sih , intinya itu kan yang butuh tahapan2 kan yah manusia. Kalo ngomong sama anak TK pake bahasa anak TK, lha ketika yang TK jadi SD lha bahasanya termasuk topiknya bisa saja berkembang sesuai perkembangan anak TK itu.

2. Menunjukkan keseimbangan, misalnya saja sisi usaha manusia dengan kehendak Tuhan, sisi penderitaan/perjuangan dengan sisi kemenangan, dsb

3. Memang sudut pandang yang sedang dipakai dalam konteks kisahnya berbeda , misalnya kalo kamu ada di kiri penggaris kamu ngomong penggaris di sebelah kananku. kapan-kapan ketika kamu pindah tempat, atau penggarisnya yang dipindah, tentu saja kalimat itu bisa saja berubah, misalnya penggaris itu didepanku.

Apakah depan = kanan ? Yah bukan gicu karena yang kita bahas konteksnya sudah lain.
=================================================
Terus kamu jawab lagi :

Jawaban yang indah dan luar biasa. Anda layak dapat bintang. Bahkan bisa saja mendapat gelar teologis. Tapi sayangnya bukan teologi Kristiani. Sayang sekali…

Kenapa saya bisa bilang begitu?

1. Menunjukkan adanya proses. Benar, memang ada proses dalam sejarah kehidupan manusia. Tetapi kasih Allah tidak pernah berubah dan tidak pernah bertentangan. Ketetapannya adalah kekal. Contoh: sepuluh perintah Allah dari dulu sampai sekarang tetap berlaku. Artinya apa? Sebagai contoh salah satunya adalah: dilarang membunuh, apa pun alasannya. Namun apa yg terjadi di AQ? Apa yg dilakukan Nabi? Suatu saat bilang boleh, di saat lain bilang tidak boleh.

2. Menunjukkan keseimbangan. Maaf, daku masih ngga paham maksudnya mas LP. Bisa diperjelas jawabannya? Atau paling tidak ini menjawab poin yg mana?

3. Sudut pandang. Hihihi… sayangnya pembelaan ini kurang tepat. Maaf ya, karena ngga masuk nalar. Karena secara ruang dan waktu pun sebenarnya sudah berbeda, namun dituliskannya pun ngacak pula. Jadi harus ada upaya tafsir dalam memahaminya. Jadi banyak celah untuk memahaminya secara salah.

4. Apalagi…. Waduh sayang sekali segala pujianku di atas termentahkan oleh poin 4 ini. Rupanya Anda belum layak dapat gelar teologis. Semester 1 pun kayaknya belum nyangkut.

Maaf ya… tapi jawaban Anda kurang memuaskan. terlepas dari itu, potensi kesalahan tafsir, penganutan ayat secara sepihak & membabi buta adalah akar masalah yang banyak berkembang. Daku tidak asal menuduh, namun banyak kok yg terjadi. Dan sudah sampai ke taraf yg membahayakan.

=================================================

Aku jawab lagi, kali ini sambil menanyakan jawaban kamu :

Contoh: sepuluh perintah Allah dari dulu sampai sekarang tetap berlaku. Artinya apa? Sebagai contoh salah satunya adalah: dilarang membunuh, apa pun alasannya. Namun apa yg terjadi di AQ? Apa yg dilakukan Nabi? Suatu saat bilang boleh, di saat lain bilang tidak boleh. ===> Dalm perspektif orang perorang, manusia memang dianjurkan memaafkan. Kalo kamu memaafkan, mengampuni orang yang membunuh saudara kamu misalnya itu mulia. Tetapi dalam perspektif sistem menjadi tugas sistem serta pelaksana sistem tersebut untuk menegakkan keadilan serta berupaya agar peristiwa pembunuhan tersebut tidak terulang. System atau gampangannya negara harus menegakkan keadilan bagi kamu serta mengupayakan agar peristiwa model begitu tidak terulang. Lha caranya termasuk dengan kekerasan sekalipun. Kekerasan tidak dianjurkan tetapi bilamana perlu kekerasan boleh dilakukan.

Dalam perspektif Kristen pun kekerasan itu bilamana tidak bisa dihindari ya dilakukan. Tetapi tentu aturan mainnya ada. Meskipun memang kita dianjurkan untuk memaafkan ,kasih dsb.

Coba kamu berpikir lebih komprehnsip deh yah : Kamu ngomong soal PL , 10 Perintah Allah dsb. Di dalam 10 Perintah Allah itu ada larangan Jangan Membunuh tetapi para Nabi PL juga membunuh bahkan yang menyuruh berperang itu juga Allah sendiri. Bagaimana anda menjelaskan fakta tersebut ???
Apakah Allah tidak konsisten sehingga Allah di satu sisi mengajarkan jangan membunuh tetapi di sisi lain mensponsori pembunuhan ?

===> Anda tidak bisa atau tidak bisa menjawab pertanyaan balik dari saya ini yang asal muasalnya adalah justru menanggapi pertanyaan anda.

Anda memilih bersikap seakan-akan pertanyaan itu tidak ada.

DST.

Dewo : Sebagai contoh salah satunya adalah: dilarang membunuh, apa pun alasannya. Namun apa yg terjadi di AQ? Apa yg dilakukan Nabi? Suatu saat bilang boleh, di saat lain bilang tidak boleh. ===>

lovepassword : Dalm perspektif orang perorang, manusia memang dianjurkan memaafkan. Kalo kamu memaafkan, mengampuni orang yang membunuh saudara kamu misalnya itu mulia. Tetapi dalam perspektif sistem menjadi tugas sistem serta pelaksana sistem tersebut untuk menegakkan keadilan serta berupaya agar peristiwa pembunuhan tersebut tidak terulang
Kamu ngomong soal PL , 10 Perintah Allah dsb. Di dalam 10 Perintah Allah itu ada larangan Jangan Membunuh tetapi para Nabi PL juga membunuh bahkan yang menyuruh berperang itu juga Allah sendiri. Bagaimana anda menjelaskan fakta tersebut ???
Apakah Allah tidak konsisten sehingga Allah di satu sisi mengajarkan jangan membunuh tetapi di sisi lain mensponsori pembunuhan ?

Hi Hi Hi, anda memilih melarikan diri.😀 Saya yakin seumur hidup pun anda nggak akan bisa menjawab pertanyaan yang asal muasalnya justru dari anda sendiri.

Jadi cobalah melihat : siapa yang memilih melarikan diri dari pertanyaan, muter lagi terhadap hal-hal yang sudah dibicarakan kita serahkan keputusannya kepada para pembaca tercinta.

SALAM MAS Dewo

Di dunia ini banyak orang yang sedemikian merasa sok keren dengan menghakimi agama lain meskipun dirinya bahkan tidak tahu akan agamanya sendiri.

Kalo hanya bisa bertanya anak TK pun bisa. Lha giliran menjawab lalu muter-muter : Anda belum menjawab satupun pertanyaan saya. Hi Hi Hi. Anda harus jawab dulu dong.

Oh yeaaaahhhh…? Tak uuk deh Mister…

SALAM yah
GBU

9 11 2009
lovepassword

Waduh.. kok bukti iman lagi sih..?

Saya TIDAK SEDANG berbicara tentang bukti dari iman,… atau definisi iman….

===> Lho yang sedang bicara itu aku. Lha aku menjawab pertanyaanmu gicu lho.🙂

Apakah klaim muslim itu BENAR, bahwa HANYA ISLAM agama yang paling di ridhoi…? Jika YA, apa sih alasannya.

===> Berdasarkan persepsi sebagian besar muslim tentu saja itu benar. Apa alasannya ? Pertama : Pernyataan itu ditulis di dalam Kitab Suci , Kedua : Kebenaran pernyataan dalam Kitab Suci tersebut tertulis di dalam iman muslim tersebut. Ketiga : Berdasarkan hukum non kontradiktif jika ada pernyataan yang secara substansial kita anggap bertentangan maka seseorang harus memilih , jika yang satu dianggap benar maka otomatis yang lain dianggap salah.

Silahkan kalo mau bertanya lagi cah

SALAM

9 11 2009
jelassnggak

Lovepassword:

Berdasarkan persepsi sebagian besar muslim tentu saja itu benar.

saya respon ==>iya boss….. Tapi, … Bagaimana kita semua (yang non muslim) bisa tahu/yakin bahwa persepsi muslimlah yang benar…?

*** ASYIIKKK>…muter-muter…. ****

Lovepassword:

Apa alasannya ? Pertama : Pernyataan itu ditulis di dalam Kitab Suci ,

saya respon ==> Bagaimana kita semua bisa yakin/tahu kalau pernyataan di kitab suci itu adalah perkataan yang benar…?

**MUTER LAGIIIII…. ayuuuhhh….. teeruuuusss….***

Lovepassword:

Kedua : Kebenaran pernyataan dalam Kitab Suci tersebut tertulis di dalam iman muslim tersebut.

saya respon ==> Bagaimana kita semua bisa yakin/tahu, kalau iman muslim tersebut adalah iman yang benar..?

.
.
**Pusing saya .. muter-muter terus… he he he**

Lovepassword:

Ketiga : Berdasarkan hukum non kontradiktif jika ada pernyataan yang secara substansial kita anggap bertentangan maka seseorang harus memilih , jika yang satu dianggap benar maka otomatis yang lain dianggap salah.

he he he.. serius deh…

(mulai lagi deh dia nyambung-nyambungin sesuatu yang ngga nyambung alias memperkenalkan topik baru…. liat aja.. ntar jadinya ngomongin masalah non kontradiktif nih … h)

non kontradiktif : di dalam dunia nyata, tidak ada dua ide yang saling bertolak belakang akan eksis dua-duanya.

nyambungnya di mana..?

Pertama ngomongnya nyambung ke “meja” kemudian “kesepakatan” terus “bukti iman”…. sekarang “non-kontradiksi”

ntar apa lagi…? “teori just war”..? apalagi sehabis itu….”tahu goreng enak” …?

.
.
.
.

ck..ck..ck

9 11 2009
lovepassword

Darimana juga kamu tahu aku bakal membahas tahu goreng ? Hi Hi Hi.

Beneran memang lebih enak yang tanya daripada yang njawab yah. Tuing tuing.
Apalagi kalo lawan bicaranya gak tahu malu nanya terus tetapi ngeles jika disuruh menjawab. Alamat bisa pegel jempol kaki gw lama-lama. Njawabnya mendingan kuirit-irit saja dulu biar nggak rugi . Semakin panjang jawaban semakin panjang pertanyaan. Mana Ongkos pijetnya mahal lagi.

Hubungan manusia dengan Tuhan itu erat kaitannya dengan percaya. Jadi jalan masuknya ya percaya. Kalo kamu nggak percaya ya nggak bakal ketemu. Gampang kan ? Karena itulah ada juga manusia yang tidak percaya Tuhan itu ada ? Mengapa ? Karena mereka tidak masuk lewat jalan itu gicu lho. Kalo sudut pandangnya adalah pembuktian, semua agama tidak ada yang objektif. Tetapi agama aslinya juga tidak butuh menjadi objektif , itu menurutku sih.

Kamu tanya hubungannya apa ? Termasuk dengan Tuhan ada barang ? Atau dengan tahu tempe ? Yah hubungannya ya pada sisi ketidakpercayaan dan kepercayaan. Gicu yah

SALAM Cah
Ada pertanyaan lagi ?

9 11 2009
jelasnggak

Hubungan manusia dengan Tuhan itu erat kaitannya dengan percaya. Jadi jalan masuknya ya percaya. Kalo kamu nggak percaya ya nggak bakal ketemu. Gampang kan ? Karena itulah ada juga manusia yang tidak percaya Tuhan itu ada ? Mengapa ? Karena mereka tidak masuk lewat jalan itu gicu lho.
————-

Ahh sudahlah….

tambah ngga mudeng…..

Yang penting saya sudah buktikan jawaban kamu sirkular.

Klaim yang berdasarkan alasan sirkular adalah klaim ngaco. karena si pembuat klaim tidak bisa mempertahankan klaimnya dengan sempurna.

Tolong beritahu ulama kyai haji Sujarwo Tedjo itu (yang sampai sekarang melepes ngga tau kemana)..bahwa kalau ngomong itu kan mustinya di pikir dulu matang-matang, apalagi dia itu kan ngakunya ulama………… kan tinggi juga tuh kalau di dunia islam.. iya kan..? kalau udah pangkat tinggi tapi ngomongnya asbun,.. takutnya nanti endapannya seperti kabareskrim.

salam

10 11 2009
lovepassword

@jelasnggak : Jadi iman adalah bukti atas sesuatu yang tidak kita lihat itu menurutmu emang sirkular ya jell ?🙂

Apa kamu ggak mudeng ? Makanya yah jell kan aku sudah bilang sekali-kali kek belajar mendengar biar kamu tambah mudengan.

takutnya nanti endapannya seperti kabareskrim. ==> Elo manggil-manggil Kabareskrim , dicium ubun-ubunmu bisa mati geli jell.

Kalo ada yang nggak hadir itu mbok nggak usah kebesaran gaya. Kan setiap orang nggak mesti pengangguran seperti kamu dan aku🙂 Hi Hi hi.
Pahamilah bahwa ada kalanya orang bisa sibuk. jangan sok kayak anak kecil gicu lho.

SALAM ya jell
GBU

10 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Lovepassword,

Kasihan sekali dirimu. Sampai2 harus copas 1 thread (sayang nggak lengkap). Karena kesulitan menjawab ya? Pertanyaanku yang ini (yang sampeyan copas juga):

Iya ngga mudengnya adalah bagaimana kita bisa yakin kalau ayat tsb dari Tuhan? Kalau benar dari Tuhan, mengapa bisa tidak runut, saling bertentangan, saling revisi, dan bisa disesuaikan dengan keadaan?

Sebenarnya inti pertanyaannya adalah:

“Bagaimana kita bisa yakin kalau ayat tsb dari Tuhan?”

Tapi jawaban sampeyan ndladrah kemana-mana. Mosok sampeyan njawabnya malah kayak gini sih?

Jawabannya sih gampang saja : Mengapa tidak boleh ?

Ya ndak nyambung tho? Sayangnya lagi, sampeyan tidak meng-copas jawaban saya yang lain setelah itu. Apakah ini menunjukkan kalau sampeyan tidak bisa melihat masalahnya secara menyeluruh? Buktinya intisari pertanyaannya pun tidak terjawab tho?

Sampai-sampai aku menawarkan kesimpulan pun sampeyan pun tidak memutuskan menerima kesimpulan tersebut atau tidak. Ya tho?

Oh iya, daku sudah njawab beberapa pertanyaanmu loh. Kok kamu belum njawab intisari dari pertanyaanku?

Ndak usah pakai ngeles ala anak TK deh…

Salam.

10 11 2009
Garfield

@ Hadirin…

Dalam perspektif Kristen pun kekerasan itu bilamana tidak bisa dihindari ya dilakukan. Tetapi tentu aturan mainnya ada. Meskipun memang kita dianjurkan untuk memaafkan ,kasih dsb.

Bla

Bla

Bla

Argumentum ad nauseam..argumentasi yg bikin capek
.
.
.
Teori just war a la Lovepass, hehehe

Kalau versi lain bilang:
.
.
.
tahu goreng itu enakhi hi hi

10 11 2009
lovepassword

@Mas Dewo tercinta :

Kesimpulanku sih gampang saja : Tidak ada agama yang seluruhnya benar secara objektif.

Kita tidak bisa menghakimi seni lukis dengan parameter olah raga tinju.

Paham Mister ?

Silahkan kalo mau ngomong lagi.😀 . Kalo anda keberatan yah tulis keberatannya dimana kalo setuju yah nggak usah kebanyakan gaya seakan tampil beda. Gicu kan yah .🙂

SALAM

10 11 2009
lovepassword

@Mister Garfield : Kali samberanmu masih kurang halus. Cita rasa senimu dalam bersilat lidah kayaknya rada menurun ketularan para pendatang baru yang hadir di sini🙂

Pa Kabar Mister ?

Aku kan selalu bilang siapapun yang capek tentu boleh beristirahat dulu.
Kalo capek ya kerokan dulu, dipijit-pijit badannya pake minyak kayu putih terus minum fatigon spirit.

Gicu yah…?

SALAM Mister Garfield
GBU

10 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Mas Lovepassword,

Hmpfff… (*menahan geli*)

Akhirnya tercetus juga kesimpulan sampeyan. Sampeyan telah mengamini kesimpulanku & menggeneralisirnya menjadi “tidak ada agama yang bla.. bla.. bla…”

Namun tetap saja tidak nyambung saat sampeyan ngomong:

Kita tidak bisa menghakimi seni lukis dengan parameter olah raga tinju.

Maaf ya, mungkin daku tidak memahami omongan sampeyan. Mungkin sampeyan terlalu pintar bagiku. Daku jadi berpikir sampeyan ini dari planet mana?

Kalo anda keberatan yah tulis keberatannya dimana kalo setuju yah nggak usah kebanyakan gaya seakan tampil beda. Gicu kan yah .🙂

Daku ngga kebanyakan gaya kok. Daku sedang menyentuh hati & pikiran sampeyan supaya sampeyan mengerti yang sebenarnya.

Ya sudah, kesimpulannya sudah sampeyan nyatakan. Daku menghargai kesimpulan sampeyan walau pun tentu tidak sepaham dengannya.

Semoga Tuhan membukakan mata hati & pikiran sampeyan. Amin.

10 11 2009
jelassnggak

Jadi iman adalah bukti atas sesuatu yang tidak kita lihat itu menurutmu emang sirkular ya jell ?
———————–

==> sori..

Ini sama sekali ngga nyambung dengan topik.
(irrelevant)
Coba di runut lagi dari atas..

.
.
.

(orang-orang di sini udah pada tau)

10 11 2009
jelassnggak

Akhirnya tercetus juga kesimpulan sampeyan. Sampeyan telah mengamini kesimpulanku & menggeneralisirnya menjadi “tidak ada agama yang bla.. bla.. bla…”
———————–

Jadi, pada intinya, lovepassword itu ingin menyanggah KLAIM MUSLIM yang berkata “HANYA ISLAM AGAMA YANG DI RIDHOI”

Karena, Tidak ada agama yang seluruhnya benar secara objektif,……….. termasuk islam.

sip.

Case closed.

Jadi …

selama ini lovepassword tuh setuju dengan sanggahan kristiani di sini terhadap klaim muslim (sudjarwo tedjo itu).

Mau setuju dengan kita -kita saja kok pake muter-muter….

Mau ke depok kok muter ke thailand dulu…
😆

.
.
.

Oh iya lovepass…

Kamu kan sudah setuju dengan kita-kita…

Saya mau saran, kamu ini harus hati-hati………. karena kamu mungkin akan di maki-maki oleh teman muslim yang lain…. (sama seperti si Fietri yang mengakui menolak Poligami islam)

siap-siap ya…? he he he

salam.
GBU

10 11 2009
jelassnggak

Topik baru.😆

Peraturan pembangunan rumah ibadat yang di buat oleh skb 3 mentri, (yang mengharuskan pendiri rumah ibadat meminta tanda tangan kepada penduduk sekitar), adalah pelanggaran terhadap UUD 45.

Sebab di dalam UUD 45, pasal 28 (kalo ngga salah) tertulis, Setiap warga negara berhak memilih agama dan keyakinan masing-masing, dan beribadat menurut agamanya itu.

Bagaimana warga negara akan beribadat, jika rumah ibadat tidak ada.

Bagaimana rumah ibadat bisa ada, jika pendiriannya harus mengikuti aturan skb itu..

Jadi intinya, peraturan pendirian rumah ibadat, telah menentang UUD 45.
Jika menentang, maka Peraturan itu menjadi Tidak SYAH/TIdak berlaku/tidak valid.

Begitu kira-kira.

10 11 2009
lovepassword

ya kalau itu mah kalo memang minat dan merasa gitu ada aturan yang melanggar UUD, kamu ajukan saja review ke MK . Kayaknya sih gitu aturannya. coba saja🙂

10 11 2009
lovepassword

@ jelasnggak dan mas dewo :

gini ya sayangku cintaku : saya ini ngomong kalo kamu kristen ya kamu jangan terlalu maksa bahwa umat agama lain mengakui kepercayaan kamu sama seperti kamu. Begitu juga jika kamu itu Islam.

Sangat wajar dan sudah semestinya jika umat mengakui agamanya adalah agama yang paling benar , diridhoi , jalan kebenaran atau apapun istilahnya di dalam agama masing-masing – apalagi pernyataan itu toh secara tekstual memang ditulis dalam Kitab Suci.

Tetapi mengingat umat agama lain tentunya cenderung melihat itu dari sisi berbeda, karena mereka melihat dari luar – maka kita harus menganggap cukup wajar jika ada sudut pandang yang berbeda. apalagi agama kan ya sudah mengajarkan bahwa tidak boleh ada pemaksaan. Manusia kan tidak bisa memaksakan pikirannya termasuk agamanya kepada pihak lain.
Karena itulah saya mengatakan bahwa agama-agama itu tentu saja tidak mungkin objektif jika ditinjau oleh pihak2 lain, apalagi oleh pihak yang tidak beragama .

Tetapi objektifitas itu bagiku tidak terlalu penting, karena sudut pandangnya memang berbeda-beda. Kalo memang agama seluruhnya memang bisa 100 persen objektif seperti hukum pitagoras lha siapa yang bisa membantah itu , siapa yang bisa berbeda pendapat dengan itu.

Karena ada sisi yang belum dan rasanya tidak mungkin bisa dibuktikan itulah maka ada perbedaan2 pendapat. Lha itu yah wajar2 saja karena Tuhan kan juga nggak pernah ngomong manusia bisa membuktikan Tuhan. Mengapa ? lha karena manusia itu tidak sempurna , sedangkan yang ditinjaunya adalah sempurna.

Kalo misalnya kamu mengakui bahwa agamamu sangat objektif lha silahkan tulis di sini .
Kali ini saya tawarkan 10 orang juga nggak papa deh ngeroyok aku di sini. Itu mah kecil kalo topiknya ini. hi hi hi

Katakan saja : kebenaran agama anda objektif , lha aku gantian yang tanya. Hi hi hi . Kalian yang njawab.
Lha ntar tak tanyakan buktinya, saksinya dsb.

Ada yang mau tunjuk jari lebih dulu, anak-anakku yang manis ???

salam

10 11 2009
lovepassword

tak maafken jell. Teman2 di sini juga pasti pemaaf semua kok. Jangan kuatir🙂

10 11 2009
lovepassword

@jell n mister dewo :

saya ulangi lagi deh anak -anak yah :

tidak ada agama yang isinya seratus persen objektif : ada buktinya ada saksinya, bisa dibuktikan secara empiris maupun matematis, dsb . Kalo hukum pitagoras itu objektif sehinggga tidak ada bantah2an soal itu kan yah? membuktikannya kan jelas .

lha kalo agama manapun kamu tanya adanya wahyu itu buktinya apa, siapa yang melihat. mengapa saya mesti percaya dengan kata2 orang itu ? Tuhan itu ada buktinya apa ? ya nggak ada satupun agama yang bisa menyatakan bukti itu . jika yang dimaksud dengan bukti adalah bukti seperti bukti pembuktian objektif lainnya.

sangat wajar dan seharusnya umat meyakini agamanya paling benar, tetapi di dalam keyakinan itu kan yah selalu ada ruang untuk menyadari bahwa keyakinan itu karena namanya juga keyakinan tidak selalu diyakini sama oleh2 pihak-pihak lain . sehingga keyakinan itu memang tidak bisa dipaksakan.

Intinya cuma itu.

Lha kalo kalian cah, para makhluk hidup kebesaran gaya ada yang mau membuktikan bahwa agama kalian itu objektif ya silahken saja tunjuk jari . kalo berani .
biar aku yang bertanya dengan sepenuh cintaku. setiap satu bukti yang bisa kalian berikan atas pertanyaanku kuberikan satu silverqueen deh.

ada yang doyan silverqueen di sini cah ? atau hadiahku kurang menarik ? hi hi hi .
atau kalian ngaku bahwa aku benar cuma kalian kebesaran gaya saja ?

salam cah

11 11 2009
Fitri

@parhobas

Saya salah kirim komentar, sekali lagi saya mohon maaf. Tolong dihapus saja biar tidak dianggap OOT atau dianggap menuh-menuhi. Benar-benar saya tak sengaja karena tidak memperhatikan alamat web dan nama pemilik web tersebut.

@rodrymikhael

Saya juga enggak tahu kenapa semua pada ngomongin saya. Kalau mau ngomongin saya kan bisa datang ke blog saya.

11 11 2009
parhobass

@lovepassword

kata Anda:

tidak ada agama yang isinya seratus persen objektif : ada buktinya ada saksinya, bisa dibuktikan secara empiris maupun matematis, dsb . Kalo hukum pitagoras itu objektif sehinggga tidak ada bantah2an soal itu kan yah? membuktikannya kan jelas .

pembuktian itu tidak musti menggunakan sesuati yang objective menjurus ke TUHAN-nya… memang tidak bakalan kesampaian…

pembuktian yang paling objective yang sanggup kita lihat adalah… dari kelakuan/perbuatan/tingkahpolah…

kata Tuhan Yesus, “Dari buahnyalah kita mengenal seseorang..”, diamini para rasul, “Kalau mereka benar2 di pihak kita, dari tingkahnyalah kita lihat”..

gimana?

11 11 2009
jelasnggak

Iya ..

Sippp lovepass…

Pada intinya kamu itu MENOLAK KLAIM MUSLIM yang berkata “HANYA ISLAM AGAMA YANG DIRIDHOI”

Jadi….

Kalau ada ulama yang berkata HANYA ISLAM AGAMA YANG DIRIDHOI….

Maka kamu menolaknya atau ngga terima..

kan gitu…

Bolak balik sama aja ya..

.
.
.

“tak gendong…kemana-mana…asik dong.. enak dong..ha ha ha “

11 11 2009
lovepassword

@jelasnggak : Sudah sewajarnya ulama mengatakan itu . Kalo menurutku sih : Ulama yang beneran ulama tentu tahu bahwa keyakinannya terhadap apa yang tertulis dalam AlQuran itu bersifat seimbang. Ada sisi dimana tertulis Islam agama yang benar. Ada juga sisi dimana tertulis bahwa yang namanya agama memang tidak bisa dipaksakan kepada pihak-pihak yang berbeda. Dua hal itu harus dilihat secara bersama-sama .

Pada satu sisi boleh saja sah-sah saja seseorang menganggap agamanya paling benar , paling diridhoi , dsb tetapi pada sisi lain tentu saja keyakinan itu memang tidak bisa dipaksakan kepada pihak-pihak yenga berbeda. Jawabanku seperti itu.

Masalah bagaimana kamu menginterpretasikan ini tentu saja itu hakmu untuk ngedumel cah. Yang jelas tulisanku jelas dan tegas.

Karena kamu toh kebesaran gaya tetapi tidak berani menjawab tantanganku, Mister Parhobas tercinta juga mengakui bahwa

pembuktian itu tidak musti menggunakan sesuati yang objective menjurus ke TUHAN-nya… memang tidak bakalan kesampaian…

Maka saya rasa omongan kalian soal segala macam bukti, saksi atas wahyu dan segala macam permintaan tidak waras lainnya – tidak perlu diurusi . Mengapa ? Karena permintaan itu dilakukan saat jiwa kalian sedang tidak sehat.🙂 Mudah-mudahan kamu lekas sembuh cah.

Aku mau ngobrol-ngobrol dulu sama Mister Parhobass.
Setidaknya dia kan lebih pinter dan jauh lebih adil dari kamu. Hi hi hi.

Tetapi kalo kamu masih mau ngedumel denganku tentu saja masakan aku tega mencueki dirimu cah. Silahkan berbicara kalo mau.

SALAM
GBU

11 11 2009
lovepassword

Yah syukurlah masih ada manusia keren di blog ini. Hi Hi hi. Tadinya kupikir aku terpaksa harus main ayunan seumur-umur sama anak-anak TK . Duh ( geleng geleng)🙂

Pa Kabar Mister Parhobass. Semoga dikau baik-baik selalu .

sesuati yang objective menjurus ke TUHAN-nya… memang tidak bakalan kesampaian…===> syukurlah . Hi hi hi.
Di blognya Karl Karnadi , admin atheis Indonesia wiki saat dia bilang Tuhan itu tidak ada karena tidak ada bukti objektif.

Aku tidak perlu berkelahi mempertahankan klaim objektif itu – yang jelas enak yang tanya daripada yang njawab. Aku cuma bilang kalo Tuhan itu dianggap tidak ada karena tidak objektif tentu saja itu tidak adil. Karena objektif itu sendiri justru tidak ada. Paremeter pembuktian secara objektif itu aslinya secara mendasar secara substansial tidak ada. Kamu boleh setuju boleh tidak. Lha kalo kamu bilang objektif itu ada , ya silahkan kamu tunjukkan buktinya.🙂

Kita mungkin bisa ngomong sesuatu yang diterima lebih banyak orang. Intinya itu kan yah. Lha tetapi harus kita lihat juga dalam kumpulan orang itu ada juga perspepsi orang perorang.

OK, masuk ke topik :

kalo yang kamu omongkan soal dari buah kita tahu pohonnya yah itu betul. dari buah mangga ya pasti kamu tahu kalo pohonnya pohon mangga. Secara empiris bisa dianggap betullah setidaknya sekarang. Entah kalo besok dimana depan beneran ada pohonnya dari tanaman pohon duren tetapi selain keluar duren juga bisa keluar mangga. Entahlah kalo ada yang bisa gitu. Tetapi realita empiris yang bisa dilihat sekarang dan juga yang dilihat Yesus kan ya memang gitu. Masuk akal jika kita memikirkan bahwa buah mangga itu asalnya dari pohon mangga.

Tetapi ada beberapa hal yang saya rasa perlu saya sampaikan ke anda di sini :

Pertama : bahwa dari buah kita mengenali pohonnya adalah sifat pengenalan yang bisa dikatakan garis besar. Apalagi jika yang kita bahas adalah kualitas buahnya. Pohon yang baik juga belum tentu menghasilkan buah dengan kualitas baik. Karena selain pohonnya, selain bibitnya tentu ada banyak faktor lain yang berperan dalam menjadikan buah tersebut.

Tetapi secara sosiologis memang sungguh benar bahwa citra agama/ajaran dsb tergantung dari citra pelaku-pelakunya. Karena sebagian besar orang kan lebih suka melihat gampangnya. karena itulah secara umum saja saya menyarankan agar manusia yang merasa beragama ini berusaha membuat citra agamanya baik, minimal yah tidak merusak agamanya sendiri.

Saya lebih suka melihat itu dari sisi intropeksi masing pihak : Ayolah friend orang lain tuh melihat agama kita yah dari kelakuan kita.

Bukan malah ditujukan untuk mengadili orang lain tanpa bercermin : Lihat tuh orang itu kelakukannya bejat, maling duit negara – agamanya apaaan sih ?

Secara subtansial, kita bisa melihat bahwa omongan tersebut secara sosiologis benar. Tetapi alangkah baiknya jika omongan model2 gituan itu juga dipikirkan untuk kepentingan instropeksi masing2 gicu lho. Jangan selalu jika kesalahan itu ada dipihak lain lalu dihubung2kan dengan agamanya, sukunya, dan lain sebagainya – sedangkan jika kesalahan dipihak sendiri dipandang sebagai kesalahan dalam memahami ajaran agama.

SALAM Mister Parhobass

11 11 2009
parhobass

Yah syukurlah masih ada manusia keren di blog ini. Hi Hi hi. Tadinya kupikir aku terpaksa harus main ayunan seumur-umur sama anak-anak TK . Duh ( geleng geleng)🙂

Pa Kabar Mister Parhobass. Semoga dikau baik-baik selalu .

baik2 saja, seperti dikau… hehehe (melayu banget yah)


sesuati yang objective menjurus ke TUHAN-nya… memang tidak bakalan kesampaian…===> syukurlah . Hi hi hi.
Di blognya Karl Karnadi , admin atheis Indonesia wiki saat dia bilang Tuhan itu tidak ada karena tidak ada bukti objektif.

intinya TUHAN itu bukan ranah objective kita, kalau objective berarti manusialah yang menciptakan TUHAN, tetapi seharusnya merasakan…
manusia bisa tidak merasakan adanya TUHAN? jelas bisa, ya kan?


Aku tidak perlu berkelahi mempertahankan klaim objektif itu – yang jelas enak yang tanya daripada yang njawab. Aku cuma bilang kalo Tuhan itu dianggap tidak ada karena tidak objektif tentu saja itu tidak adil. Karena objektif itu sendiri justru tidak ada. Paremeter pembuktian secara objektif itu aslinya secara mendasar secara substansial tidak ada. Kamu boleh setuju boleh tidak. Lha kalo kamu bilang objektif itu ada , ya silahkan kamu tunjukkan buktinya.🙂

bagi atheis, satunya bukti adanya TUHAN adalah….
menyuruh membelalakkan matanya melihat matahari dan bumi dan alam semesta… kalau kita masih yakin bahwa semuanya itu adalah “benda” mati, maka tidak mungkin benda mati bisa mengambang di atas gravitasi tertentu..

hehehhe ribet yah…


Kita mungkin bisa ngomong sesuatu yang diterima lebih banyak orang. Intinya itu kan yah. Lha tetapi harus kita lihat juga dalam kumpulan orang itu ada juga perspepsi orang perorang.

persepsi bisa Benar…
Persepsi bisa juga Benar + 1 dan Benar -1,
yang benar tetaplah yang Benar, bukan yang +1 dan yang – 1
gimana?

OK, masuk ke topik :

kalo yang kamu omongkan soal dari buah kita tahu pohonnya yah itu betul. dari buah mangga ya pasti kamu tahu kalo pohonnya pohon mangga. Secara empiris bisa dianggap betullah setidaknya sekarang. Entah kalo besok dimana depan beneran ada pohonnya dari tanaman pohon duren tetapi selain keluar duren juga bisa keluar mangga. Entahlah kalo ada yang bisa gitu. Tetapi realita empiris yang bisa dilihat sekarang dan juga yang dilihat Yesus kan ya memang gitu. Masuk akal jika kita memikirkan bahwa buah mangga itu asalnya dari pohon mangga.

pengandaian adalah musuh realita, hehehhe


Tetapi ada beberapa hal yang saya rasa perlu saya sampaikan ke anda di sini :

Pertama : bahwa dari buah kita mengenali pohonnya adalah sifat pengenalan yang bisa dikatakan garis besar. Apalagi jika yang kita bahas adalah kualitas buahnya. Pohon yang baik juga belum tentu menghasilkan buah dengan kualitas baik. Karena selain pohonnya, selain bibitnya tentu ada banyak faktor lain yang berperan dalam menjadikan buah tersebut.

pohon mangga ya pohon mangga…
perkara dia menghasulkan buah yang busuk, asem dan sebagainya ngga perdulu coy, tetap ajah dia pohon mangga
ya ngga?


Tetapi secara sosiologis memang sungguh benar bahwa citra agama/ajaran dsb tergantung dari citra pelaku-pelakunya. Karena sebagian besar orang kan lebih suka melihat gampangnya. karena itulah secara umum saja saya menyarankan agar manusia yang merasa beragama ini berusaha membuat citra agamanya baik, minimal yah tidak merusak agamanya sendiri.

itulah bukti objective bahwa Kristus itu ada, bahwa masih ada orang2 yang berbuat kasih, meskipun tidak banyak… karena memang itulah bukti kata Yesus… semakin lama kasih semakin pudar… artinya makin sedikit yang memiliki kasih seperti kasih Kristus…


Saya lebih suka melihat itu dari sisi intropeksi masing pihak : Ayolah friend orang lain tuh melihat agama kita yah dari kelakuan kita.

Bukan malah ditujukan untuk mengadili orang lain tanpa bercermin : Lihat tuh orang itu kelakukannya bejat, maling duit negara – agamanya apaaan sih ?

idem persis sebelum BOLD ini


Secara subtansial, kita bisa melihat bahwa omongan tersebut secara sosiologis benar. Tetapi alangkah baiknya jika omongan model2 gituan itu juga dipikirkan untuk kepentingan instropeksi masing2 gicu lho. Jangan selalu jika kesalahan itu ada dipihak lain lalu dihubung2kan dengan agamanya, sukunya, dan lain sebagainya – sedangkan jika kesalahan dipihak sendiri dipandang sebagai kesalahan dalam memahami ajaran agama.

so TUHAN itu bisa dibuktikan secara objective, dengan melihat buah orang2 yang melaksanakan HukumNYA, gimana?


SALAM Mister Parhobass

salam selalu…

11 11 2009
jelasnggak

Lovepassword berkata:

Karena kamu toh kebesaran gaya tetapi tidak berani menjawab tantanganku,..dst

Ha ha ha ha ha…

Sudah terbukti Sirkular dan ngga nyambung…

sekarang gembar-gembor “jelasnggak ngga berani menjawab tantanganku”

ha ha ha ha

Khas banget…

.
.
.

CPD.

————-

Lovepassword berkata:

Sudah sewajarnya ulama mengatakan itu .

===> ya terserah saja kalau kalian berbendapat begitu.

Terserah saja kalau kalian muslim berbendapat “ulama ngomong ngaco” itu wajar.
.
.

Yang penting KLAIM mereka adalah ngaco alias asbun

(kamu sendiri ngaku..)

nih lihat nih:

Klaim yang alasannya tidak jelas (sirkular, begging, ad hominem dll..dll….dsb)… adalah klaim yang ngaco.

Kalau ulama berkata bahwa ngomong ngaco adalah wajar…..

ya terserah saja. Yang penting kan omongannya ngaco (dan kamu mengakui juga)

ngerti..?

esensinya kan di situ

Point pentingnya : “Klaim ulama muslim ngaco alias asbun”

.
.
.
.

obyektifitas kok di sambungkan dengan “kewajaran”
.
.
.
sekalian saja di sambungkan ke “tempe sedap”
.
.
biar adil
.
.
.
CPD

11 11 2009
jelasnggak

Secara astronomis juga masih diperdebatkan..

Ha ha ha ha

ha ha ha ha

ha ha ha ha
😆

Tempe enak deh.

12 11 2009
lovepassword

Hi Hi Hi, hari ini kau ceria betul jell. Senang hatiku melihat dikau begitu ceria🙂

12 11 2009
lovepassword

Intinya itu kamu mau ngomong apa sih. Kamu mau ngomong agama itu harus objektif gicu ? Hi Hi Hi. Yang bener saja cah… ?

12 11 2009
lovepassword

@Parhobass tercinta :

so TUHAN itu bisa dibuktikan secara objective, dengan melihat buah orang2 yang melaksanakan HukumNYA, gimana? ==> Okelah : )
================================================
pohon mangga ya pohon mangga…
perkara dia menghasulkan buah yang busuk, asem dan sebagainya ngga perdulu coy, tetap ajah dia pohon mangga
ya ngga? ===> Betul itu tetapi kan kita justru melihatnya dari sisi busuk asem manisnya itu. Kalo buahnya manis berarti pohonnya baik gicu kan yah. Kalo buahnya sepet berarti pohonnya nggak baik. Padahal dari satu pohon yang sama bisa saja ada buah yang manis bisa juga ada yang kecut, ada yang boleng barang. Hi Hi Hi

Salam Mister Parhobass

12 11 2009
lovepassword

Tapi kayaknya nggak gicu juga deh. Objektif yang kita tulis disini kan cuma sekedar persetujuan antara kau dan aku. Bagi pihak yang tidak setujua belum tentu menganggap itu objektif. Jadi tulis saja ini kesepakatan🙂

SALAM

12 11 2009
jelasnggak

Inti-nya..

Ulama muslim ngomongnya asbun.

susah banget ..?
.
.
.
CPD

12 11 2009
parhobass

ahh relatifitas lagi…

mangga oh mangga… sejak kapan engkau bisa menghasilkan buah yang semuanya manis…. namanya juga pohon mangga

buahnya ada yang busuk makanya jatuh
buahnya ada yang asem makanya ibu2 pada suka
buahnya ada yang manis .. enak di rujaxxxx…

tetapi karena relatifitas.. pohon mangga jadi tidak ada…

hikayat pohon mangga
by Parhobass

12 11 2009
Garfield

Metafora dan analogi Om Lovepass emang kadang-kadang ajaib, Lae.

Teori Relativitasnya tingkat tinggi.
Sudut pandang beliau memang kaya dengan berbagai dimensi. Selalu meriah…dimulai dari sisi demografis, psikologis, sosiologis, dan………astronomis…:-)))

12 11 2009
parhobass

yah begitulah….
buah mangga memang tidak semua manis
ada juga yang sepat-sepat manis, bersifat relatif sejati… mangga yang belang kali yah

hehehe

12 11 2009
markisa

Sepertinya komentar sudah melenceng jauh. Tulisan di atas mengangkat pencabutan imb gereja, tapi ke bawah kok malah bicara ttg sejarah, dan teman-temannya? Supaya tidak oot, berikut pendapat saya.

Aturan untuk mengumpulkan tanda-tangan penduduk di sekitar bakal lokasi rumah ibadah adalah sangat lucu dan kekanak-kanakan. Bukankah pemerintah daerah seharusnya sudah punya rancang bangun daerah dan menempatkan lokasi tertentu sebagai tempat membangun rumah ibadah dan fasilitas sosial lainnya? Lalu kalau di Purwakarta diberlakukan demikian, ya di tempat lain yang mayoritas beragama lain, bisa saja tindakan tersebut dibalas. Akhirnya, mau jadi apa bangsa ini? Haree gene masih ribut soal ibadah? Negara lain sudah ke bulan, kita masih bercakar-cakaran di tanah. Mana bisa maju?

Tapi, baiklah, nasi sudah menjadi kerak: aturan tetap aturan. Jika demikian adanya, ya sudah, untuk sementara umat katolik beribadah di rumah atau sekolah-sekolah saja. Nanti kalau diprotes lagi, balikkan saja, kenapa tidak kasih imb gereja? Ya, mesti saya jarang berdoa, saya mau kasih masukkan: berdoalah semoga itu yang terbaik untuk kita. Oke? Tidak dikasih gereja pun kita masih bisa sembahyang, kok! Yesus tidak terbatas di dalam gereja saja, saudara-saudaraku! Nikmatilah itu!

GBU.

12 11 2009
lovepassword

@parhobass n garfield :
Lho kan ada juga buah yang masih pentil , ada juga buah yang mentah ada juga yang setengah mateng ada juga yang terlalu mateng . Hi Hi Hi

Selain astronomis, dan tumis tumis yang lain jangan lupa agama itu mesti ergonomis juga. Mengapa ? Karena agama itu ada terkait kebutuhan manusia, bukan kebutuhan Tuhan.🙂

Ngomong2 daku mau jalan2 keluar kota lima harinan. Kalo ada yang kangen sama aku. Yah ditahan dulu kangennya yah🙂

@jelasnggak : jaga dirimu baik-baik cah.

Salam Semuanya
GBU

12 11 2009
lovepassword

@jelasnggak : aku mau jalan2 keluar kota sekitar lima hari. Dan karena namanya juga jalan2 maka belum tentu juga aku bisa berbalas pantun denganmu. Kalo kau sungguh bersemangat – selama empat lima hari itu, tentu kamu juga boleh kok ngedumel sendirian. Anggap saja shadow boxing gicu lho. Hi Hi Hi.

Lha silahkan saja kamu teruskan ngedumelmu sambil kau bayangkan diriku yang imut2 ini. Ntar kalo sempat biat kutengok dirimu cah.

Jaga dirimu baik-baik ya cah

SALAM
GBU

12 11 2009
lovepassword

Yah pohon mangganya yah tetap adalah. Mengapa juga ada buahnya pohon mangganya dianggap tidak ada.

Intinya itu bukan lalu berarti kalo buahnya asem lalu dianggap bukan berasal dari pohon mangga. Atau kalo buahnya manis dianggap bukan dari pohon mangga. Tetapi dari pohon mangga yang sama pun toh masih ada kemungkinan anda mendapatkan buah yang matang dan dinikmati pada waktunya, ada juga buah yang kecut sehingga perlu ditambahi bumbu rujak, ada juga yang terlalu mateng sehingga bonyok malah nggak enak dimakan. Lha lihatlah itu secara komprehensip. Gicu maksudku sih.🙂

SALAM Mister Parhobass.

12 11 2009
jelassnggak

intinya….

duren dan mangga itu masih di perdebatkan..

.
.

Lho…?

kok..?
😆

14 11 2009
yudi

tul bang !

14 11 2009
yudi

SUJARWO TEDJO
coba anda bicara pake hati nurani anda. JANGAN PAKE OTAK ANDA, JGN PAKE KEMUNAFIKAN ANDA! sekarang saya tanya, pernahkah kaum kristiani bilang bahwa kaum muslim orang kafir? bgmn kalau anda dibilang begitu? pernahkah kaum kristiani marah-marah ketika dibilang kafir oleh kaum anda?
Jadi mana yg benar :
DIMANA-MANA DI SELURUH MUKA BUMI KAUM MUSLIM SELALU DIMUSUHI
atau
DIMANA-MANA KAUM MUSLIM SELALU BIKIN MASALAH ???!!!

SO … ORANGNYA !!! BUKAN AGAMANYA … ??? !!!

14 11 2009
yudi

MENAFSIRKAN ?!
MEMBAHAYAKAN ?!
LALU APA LAGI ?
GELENG-GEELENG KEPALA SAYA …!!!

14 11 2009
yudi

Buat mas Dewo
Sy heran dgn mereka yg merasa muslim dan masuk ke blognya mas Dewo,
kok ya demen masuk ya? wong yg punya namanya pake EMANUEL
Kalau sy kalo gak ada urgensinya, ngapain sih ikut masuk segala!
mau aja ikut urusan org lain yg jls gak ada hubngnya.
malah bikin mslh sj! ya maklumlah kualitas orangnya!
Salam Damai mas Dewo !!

16 11 2009
Emanuel Setio Dewo

@Mas Yudi,

Pada dasarnya blog saya tidak melulu membahas agama. Banyak yg isinya universal dan siapa saja bisa membacanya. Dan siapa tahu isinya dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Banyak juga pengunjung yang sopan dan santun serta memiliki intelektualitas yang lumayan. Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa banyak juga yang sebaliknya.

Salam damai & sejahtera Mas Yudi.

16 11 2009
lovepassword

Pinter… 100 untuk jelasnggak .🙂

18 11 2009
onanon

@all

bah ternyata ada rasul dari orang batak mantraf bro,lihat disini:http://www.saktisihite.com/2008/11/pertanyaan-yang-umum.html
tadi saya dengar berita sudah ada pengikut nya

18 11 2009
Gala_ren

Olo ma nimu akka dongan..
loja hamuna sude..
aha pe si bahasoni baion???
songonna OOT

Horas..
Syalom.

19 11 2009
Sujarwo Tedjo

@ Garfield :
Emang susah membina kerukunan umat beragama. Jangan mimpi ada persamaan hak dalam hukum dan pemerintahan, kalau pemahaman umat muslim sebagian besar seperti Sdr. Sudjarwo Tejo di atas. Fanatik boleh saja, tapi kalau sudah fanatik yg berlebih2an, tinggal menunggu waktu yg tepat utk menjadi radikal buta dan menjadi jihadis yg siap jadi pengantin…hehehe…sorry Bung…mudah2an saya salah…

>>> Memangnya sampeyan kenapa berpikir sempit ala ajaran Paulus ya ?
Coba sampeyan lihat, bhw di daerah2 yg mayoritas beragama Kristen spt Maluku, Irian Jaya dan sebagian Sumatera Utara apa ada pelarangan IMB gereja, tetapi utk suatu minoritas seharusnya sampeyan mengerti ada hambatan utk mencegah ajaran kelian itu. Saya pribadi tidak masalah utk pendirian itu tetapi teman-teman saya kaum ulama meminta teman yg semuslim di teras pemerintahan utk bertekad tidak memberikan izin tsb. Jadi kelian cari lahan di mana kaum mayoritas hampir tidak ada disitu, spt komentar saya di atas dahulu.

19 11 2009
parhobass

@Sujarwo Tedjo
Memangnya sampeyan kenapa berpikir sempit ala ajaran Paulus ya ?


Kepada DIA, untuk DIA, dan oleh DIA

bisa dijelaskan bro? (untuk meneliti kesempitan berpikir antara Anda (atau mungkin iman Anda) dengan Paulus…

Coba sampeyan lihat, bhw di daerah2 yg mayoritas beragama Kristen spt Maluku, Irian Jaya dan sebagian Sumatera Utara apa ada pelarangan IMB gereja, tetapi utk suatu minoritas seharusnya sampeyan mengerti ada hambatan utk mencegah ajaran kelian itu. Saya pribadi tidak masalah utk pendirian itu tetapi teman-teman saya kaum ulama meminta teman yg semuslim di teras pemerintahan utk bertekad tidak memberikan izin tsb. Jadi kelian cari lahan di mana kaum mayoritas hampir tidak ada disitu, spt komentar saya di atas dahulu.


ini agak rumit…
roh iri dan dengki itu memang bisa bermanifestasi di dalam setiap orang yang mengaku beragama…

19 11 2009
silangit

@kerajaanagama:
dari jawaban anda saya menyimpulkan bahwa anda termasuk rasis. Jadi kerasisan itu tidak hanya muncul di Jawa saja tetapi di tempat anda juga rasis khususnya karena keberadaan anda.

19 11 2009
Sujarwo Tedjo

@ Parhobas
Kepada DIA, untuk DIA, dan oleh DIA

bisa dijelaskan bro? (untuk meneliti kesempitan berpikir antara Anda (atau mungkin iman Anda) dengan Paulus

>>> Saya dn seluruh kaum muslim sangat resah akan perkembangan Kristenisasi krn ajaran yg sesat dr Paulus itu. Ajaran Paulus selalu memperTuhankan Isa Almasih, pdhal Beliau hanyalah utusan Allah SWT. Dalam ajaran Islam hal itu adalah perbuatan Syirik krn membuat ada sesembahan lain dr Allah SWT. Sampeyan hrs mengerti itu.

ini agak rumit…
roh iri dan dengki itu memang bisa bermanifestasi di dalam setiap orang yang mengaku beragama…

>>> Sampeyan harus bisa membedakan kedengkian dgn ajaran Islam dlm membela Tauhid keyakinan kami. Toh kelianpun dapat bersikap demikian jikalau ada kesempatan spt kaum mayoritas di Indonesia ini.

19 11 2009
parhobass

mas Tedjo,
saya melihat tuduhan hanya tuduhan, anda malah tidak menjawab pertanyaan saya…

Kepada DIA, untuk DIA, dan oleh DIA

bisa dijelaskan bro? (untuk meneliti kesempitan berpikir antara Anda (atau mungkin iman Anda) dengan Paulus

Anda takut Kristenisasi, yah? kalau begitu saya sarankan jangan pernah berdialog dengan Kristen lagi mas… takutnya anda tidak siap jadi Kristen…

19 11 2009
silangit

wah inti dari semuanya ini ribut ribut soal Kristenisasi tapi pernah gak kita ribut ribut soal Islamisasi. Coba liat berapa tahun lagi gereja akan berdiri di tanah Samosir dan Tanah Karo Simalem. Berapa lama lagi mereka tetap bertahan pada iman mereka, mereka butuh pembinaan iman yang baik dengan ajaran yang sehat.

19 11 2009
silangit

Kita selalu ribut ribut soal Kristenisasi tapi kenapa kita tidak ribut soal Islamisasi. Coba cek bagaimana Tanah Batak, Tanah Karo, Tanah Papua jadi target mereka. berapa lama lagi gereja akan bertahan di Tanah Batak?
Contoh lagi Nias yang mayoritas Nasrani tapi akan dibangun masjid dan pesantren terbesar di Sumut tidak bisa berkutik Pemdanya karena tekanan pusat jadi kita harus sadar kenapa Kristenisasi maupun bukan selalu digembar gemborkan.

20 11 2009
lovepassword

Yah tentu tidak bisa seluruhnya dianggap gitu. Kalo anda rajin mengikuti seminar2 kebangsaan itu kan kadang juga dibahas isyu2 model gitu :

Di daerah tertentu isyu yang kuat berhembus adalah Kristenisasi di daerah lain lagi yang berhembus isyu Islamisasi . Di kantong2 Islam , isyu yang populer Kristenisasi, sebaliknya pada kantong Kristen, disebarkan isyu Islamisasi.

Ini kalo dilihat historisnya erat kaitannya dengan politik Devide et Impera Belanda dulu. Tiap daerah dibikin semacam zona ekskluisf gitu berdasarkan wilayah.
Di daerah Kristen dikirimkan tentara dari daerah Islam , pada sisi lain pada daerah Islam, dikirimkan tentara dari daerah kristen. Kan lebih ngirit, efisien tuh jika memakai tentara yang dari Indonesia sendiri. Lagian kalo nggak bersatu kan lebih mudah dihadapi oleh Belanda. Sebenarnya latar belakangnya tuh gitu.

Lha kalo pemuka agama gembar gembor yah wajarlah. Hi Hi Hi. Tetapi semestinya itu ketimbang selalu menyalahkan pihak2 luar terus , paling gampang kan yah melihat masalah di luar – jauh lebih mendasar dan lebih baik menurutku jika pemuka agama memperkuat umat mereka sendiri.

Kalo sedikit2 gara2 si A si B si C, yah itu adalah budaya kambing hitam yang membuat nggak maju-maju. Kalo memang ada masalah mendingan masing2 nyadar : Mungkin karena hasil kerjaku belum maksimal. Jadi bagaimana caranya supaya maksimal.

24 11 2009
rodrymikhael

karena saat ini kita sedang berhadapan dengan orang yang berdarah panas namun logika dan hati nuraninya rendah…. sungguh kombinasi yang sangat buruk….🙂

5 12 2009
melsa

Hmmm,, prihatin siyy,, tp mesti kita ingat : gereja bukan gedung tapi jemaat.. So,, bodo amat deh kl ada yg mau ngelarang bangun gereja dsb !! Terserah mereka lah !! Capek !!

15 12 2009
Hasian Cinduth

Fitri said :
Seperti ketika Sujarwo Tedjo mengatakan kalian kafir, nah apa saya pernah berkata kalian kafir? Mohon bedakan antara satu orang dengan orang lainnya, jangan samakan semua orang berdasarkan kelakuan yang diperbuat satu orang.

****
lho…bukannya di Alquran jelas-jelas tertulis kl orang Kristen adalah kafir? gimenong sih bu?? Meski gak pernah ‘mengatakannya’, tapi dalam pikiran, Kristen itu tetaplah kafir, ya kan?😉

Yah, memang benar kl kita gak boleh menyamakan semua orang berdasarkan kelakuan yang diperbuat satu orang….
‘mungkin’ bu fitri ini Islam aliran ‘lembut’ dan yang satu lagi aliran ‘keras’…

hahaha…….

15 12 2009
Hasian Cinduth

oalah bu fitri, piye toh?
kan dari awal, orang-orang pada ngomongin agar umat Islam bertoleransi dengan umat Kristen, jangan menghalang2i pembangunan gereja dan sebagainya….

trus tiba2 bu fitri minta orang orang Kristen yang ‘muncul’ disini bertoleransi kepada bu Fitri…hahaha, ya kebalik lah..

gitu lho bu….. cuma ‘salah memahami’ aja kok, gak usah terlalu dibesar-besarin dengan konsep bla..bli..blu…ble…blo… nya….

15 12 2009
Hasian Cinduth

haha…kan diganggunya cuma 1 kali seminggu bu, gak sampe 5 kali sehari…😉

lagian kita kan saling ‘menyuguhi’….bukan hanya 1 pihak saja yang ‘merugikan’ (*jika ini dianggap merugikan) pihak lain…

eh, tapi bu fitri bisa hapal gitu lagunya yah?? ;))

19 12 2009
23 12 2009
parhobass

islamisasi adalah mengislamkan kristen
kristenisasi adalah menkristenkan islam…

supaya kita tahu, sekarang definisinya sudah dibuat barakuda

19 01 2010
SAUT BOANGMANALU

TERIMAKASIH TAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

16 02 2012
dedy

ISLAM YESSS….Kafir ANJRIIIT..

30 03 2014
Rahasia Membersihkan Keramik Rumah

WOOW … HEBAT … !! …. Informasi yang sangat bermanfaat
nih .. Salut buat Kamu .. Oh iya, Jika membutuhkan Info RAHASIA membersihkan keramik dll,
silahkan kunjungi di http://pembersihkeramik.com/rahasia-ampuh-membersihkan-keramik-rumah-terbukti/

3 09 2014
Andre Sitio Putra Altar

sudahlah, damai-damai saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: