Psst! Di Alkitab nabi-nabi pada mabok loh!

9 09 2009

Mari Belajar Menjawab Mereka 4

Menyambung tulisan-tulisan sebelumnya, kali ini saya mencoba menulis tentang pandangan muslim terhadap perilaku nabi-nabi di Alkitab Perjanjian Lama.

Kita pasti pernah menemukan tulisan atau perkataan atau cara pandang saudara-saudara kita terkasih muslim yang negatif terutama jika mereka mengomentari Alkitab tentang nabi-nabi dari sudut pandang mereka. Ini menarik karena memberikan pelajaran betapa berbeda agama Kristen dengan Islam.

Banyak tanggapan negatif dari saudara terkasih muslim ketika Alkitab mencatat bahwa Salomo (Sulaiman) memiliki ratusan istri dan gundik, atau Lot dibuat mabuk oleh anak perempuannnya lalu meniduri mereka, Harun yang membuat patung sapi dari emas lalu menyembahnya, atau nabi Nuh setelah air bah lalu mabuk minuman, atau betapa kejinya nabi Daud yang dicatat meniduri istri panglimanya sendiri lalu mengirimkannya ke baris depan perang agar mati dan banyak contoh-contoh lain yang ditulis Alkitab.

Satu hal yang perlu digarisbawahi, Alkitab mencatat kejadian-kejadian ini bukan untuk ditiru perilaku buruknya dan Alkitab selalu mencatat akibat dari perbuatan buruk itu.

Dari beberapa komentar muslim tentang hal ini beberapa benar, beberapa lainnya salah. Hal-hal detail mengenail hal ini dapat dibahas nanti, tapi ada hal lain yang lebih baik untuk ditarik pelajaran, yaitu Kekristenan memiliki cara pandang berbeda tentang nabi.

Alkitab mencatat bahwa para nabi pernah melakukan dosa, tetapi TUHAN tetap memilih mereka walaupun berdosa. Sedangkan Alquran memandang: “Nabi itu suci tidak berdosa karena sudah dipilih Allah maka dijaga Allah dari dosa”. Pernyataan ini memang ada benarnya. Cobalah kita bayangkan, masa kita melarang orang berjudi padahal kita sendiri tukang main judi? Jadi tidak masalah kan?

Mari kita mencoba berfikir kenapa hal ini menurutku tidak menjadi masalah:

Alquran mengatakan kepada pengikutnya agar tidak memiliki lebih dari 4 istri.

Muhammad memiliki minimal 11 istri.

Tidak ada masalah kan?

Tentu saja, muslim terus menghormati dan mengikuti beliau dan boleh memiliki 4 istri. Lantas kenapa contoh-contoh seperti Salomo, Lot, Nuh, Harun atau Daud diatas menjadi masalah? Tentu tidak menjadi masalah bukan?

Kenapa tidak mungkin orang-orang yang telah berdosa menjadi nabi? Asalkan mereka telah mengakui kesalahan mereka dan bertobat. Yang menjadi masalah adalah jika berkotbah tentang dosa dan pada saat yang sama tetap melakukan dosa dan tetap menganggapnya bukan perkara besar. Hal ini tentu saja merupakan kemunafikan dan merusak kredibiltas nabi itu.

Tapi ketika mereka bertobat dan menyesali apa yang telah mereka perbuat, tentu saja tidak menghalangi mereka dipilih Tuhan menjadi nabi.

Saya pribadi bisa mengerti mengapa muslim punya pikiran negatif dengan ayat-ayat Alkitab tentang nabi-nabi yang berbuat dosa, karena memang itulah yang diajarkan kepada mereka. Tetapi Alquran nyata sekali berbeda dengan Alkitab, dan kita harus mencoba saling mengerti, mulai dari diri kita sendiri mencoba memahami mengapa cara pandang muslim begitu negatif.

Tidak ada yang memalukan mengatakan kebenaran. Orang bilang : “Kebenaran kadang menyakitkan”. Dan Alkitab adalah buku jujur yang mencatat benar-salah, baik-buruknya para nabi. Alkitab bahkan membeberkan borok-borok dari para pahlawannya sendiri. Maka dari itu saya dapat mempercayainya. Jujur.


Aksi

Information

260 responses

9 09 2009
jolmanaotodoahu

Benarkah atau salahkah yang dideskripsikan oleh Alkitab itu?

9 09 2009
Fietria

Jelas-jelas yang dikatakan alkitab itu fitnah.

Memangnya Tuhan mau mengutus nabi jika nabi tersebut berbuat dosa.

Masa nabi Salomo (Sulaiman) punya istri sampai 700 dan gundik 300. Satu saja belum tentu habis apalagi sampai 1000.

Sekaya-kaya nya raja belum ada tuh yang punya wanita sampai 1000. Mustahil ada yang rakus!!!

Para nabi diutus untuk mengajarkan kebaikan yang berasal dari Allah, jadi jika nabi tersebut berbuat dosa bukankah yang diajarkan tidak selaras dengan perbuatannya?

Harun membuat patung sapi dari emas lalu menyembahnya? Bukankah Harun justru mengajak meninggalkan berhala dan hanya menyembah Allah? Bagi saya yang tertulis itu tidaklah benar.

Ini sama dengan fitnah Nabi Muhammad melakukan perang dan pemaksaan agama, padahal pada ayat (berapa gituh, sudah saya tulis di artikel cape deh2) sudah dengan terang menjelaskan tak ada pemaksaan agama.

Lagipula nabi Muhammad enggak pernah jalan-jalan ke Mesir dan Turki tapi kalian nuduh saya pembohong dan tidak mengerti ajaran agama saya.

Kalau saya bohong, Nih saya bersumpah : SAYA AKAN MATI MENDADAK KALAU SAYA BERKATA KEBOHONGAN KEPADA KALIAN. DIJAMIN SAYA TIDAK AKAN HIDUP LAGI PADA BESOK HARINYA.

9 09 2009
jephman

@ Fitria
Baca dulu bu baru komentar. Nanti malah bikin malu bu!
Wakakak! bener-bener ini mah! CAPEEE DEHHH!!

9 09 2009
parhobass

wah good job Lae Jeph, saya nyaris membuat judul yang sama, untung mampir dulu, ntar dikira plagiat hehehhe…

TUHAN sanggup menyapa manusia.
Dan semuanya atas kehendak TUHAN, bukan kekuatan manusia..
Karena manusia sudah tidak kudus/baik, sudah rusak.
Sehingga penjabaran di Perjanjian Lama sejajar dengan Perjanjian Baru yang menceritakan, Yesus melakukan semua yang Bapa suruh. Sebab inilah Yesus suci adaNya… dan yang suci hanya ALLAH saja.

saya kira intinya di sini.

sodara fetria…
kalau Anda berbohong maka Anda mengutuk diri Anda sendiri untuk mati.
Mati dan hidup adalah di tangan TUHAN, apakah Anda menyuruh TUHAN membunuh Anda karena Anda berbohong?

dan Anda masih berkata:
Ini sama dengan fitnah Nabi Muhammad melakukan perang dan pemaksaan agama, padahal pada ayat (berapa gituh, sudah saya tulis di artikel cape deh2) sudah dengan terang menjelaskan tak ada pemaksaan agama.
saya kira Anda yang mengklain fitnah itu, banyak orang yang sudah melihat sejarah. Saya kira sejarah Islam juga dengan bangga menceritakan berita-berita penaklukan Islam atas Timur tengah dan Eropah, serta Afrika Utara.
Menurut Anda, berita perang yang di sejarah Muhammad, sampai Ottoman itu perang benaran atau perang-perangan?

9 09 2009
parhobass

Alkitab, seperti kata Paulus, telah mengikat segala sesuatunya.

pertama. Firman ini, satupun manusia tidak ada yang kudus
kedua. Firman ini, semua manusia sama di mata TUHAN, sudah rusak dari image Kristus.
ketiga. Firman ini, Dari Tuhanlah pertolongan.
keempat. Firman ini, “Sabbat” diciptakan untuk manusia, bukan manusia untuk “sabbat”.

Alkitab telah menusliskan, bahkan menjadi alur cerita bahwa semua konsep itu nyata dan benar.

Siapa manusia yang suci selain YESUS?
berilah saya contoh lae?

9 09 2009
alex

salam mba’ Fietria ..

kenapa harus ngomong meledak2 gitu .. istigfar
tenangkan pikiran bersihkan hati … kan sedang bulan suci ramadhan

coba lah ditelaah lagi tulisannya ..
si penulis coba untuk netral dan memberikan pemahamannya … dan tidak ada yang salah disitu …

kenapa anda merasa marah …

tu sude angka tulang:
ai unang ma dibahas manang di replay jolma on tulang ..,
alai mungkin na marsahit do nasida … seteress ra ibana .. 😀

jadi songoni ma …

9 09 2009
Fietria

Pernah pada saat Ka’bah dibersihkan dari berhala dan terdapat patung nabi ishak dan nabi yakub (kalau nama nabinya salah, tolong diralat) sedang bermain judi. Nabi muhammad mengatakan bahwa itu adalah fitnah. Lalu ada pula patung dan lukisan nabi Isa dan ibunya Maryam yang tetap berada di ka’bah hingga saat ini karena nabi muhammad sangat menghormati. Di masjid Turki juga ada lukisan nabi Isa yang dibiarkan. Kalau di PL apakah ada ayat yang menggambarkan dosa para nabi? Kalau bagi saya walaupun saya muslim hal itu adalah fitnah yang dibuat oleh para penguasa zaman dahulu demi kepentingan pribadi. Lagipula nyai jephman sendiri yang bilang kalau alkitab ditulis banyak orang apapun statusnya. Ini saya lihat di blog adi isa.

9 09 2009
jolmanaotodoahu

@ parhobass: Hahahaha … aku juga sedang bingung ini. 😉

Yang beragama Islam berkata bahwa “di Alkitab nabi-nabi pada mabok loh!”

Lalu, kalau kita lihat jawaban dari Lae Jephman, seolah2 memang Alkitab yang sekarang berlaku, memang berisi cerita-cerita tidak senonoh tersebut.

Benarkah atau salahkah yang dideskripsikan oleh Alkitab itu?

9 09 2009
Fery

“Lalu ada pula patung dan lukisan nabi Isa dan ibunya Maryam yang tetap berada di ka’bah hingga saat ini karena nabi muhammad sangat menghormati.”
>> Wah benar tuh mbak? Dah pernah lihat sendiri kedalam? soalnya sudah lama terdengar kabarnya bahwa muslim sedang nyembah2 lukisan dan patung Yesus.

“kalau di PL apakah ada ayat yang menggambarkan dosa para nabi? ”
>> Lho kok malah nanya balik? Bukannya situ yang pernah posting? Wah gak baca ya, maen posting wae ni awewe

“Lagipula nyai jephman sendiri yang bilang kalau alkitab ditulis banyak orang apapun statusnya. Ini saya lihat di blog adi isa.”
>> Alkitab memang tidak ditulis oelh satu orang. Ada puluhan nabi dari berbagai latar belakang : nelayan, petani, pedagang, raja, imam, dll, dlsb

9 09 2009
parhobass

@Lae Jolmanaoto

Yang beragama Islam berkata bahwa “di Alkitab nabi-nabi pada mabok loh!”

Lalu, kalau kita lihat jawaban dari Lae Jephman, seolah2 memang Alkitab yang sekarang berlaku, memang berisi cerita-cerita tidak senonoh tersebut.

Benarkah atau salahkah yang dideskripsikan oleh Alkitab itu?
coba baca ajah dari Kejadian sampai Maleakhi…

Anda akan mendapatkan bahwa memang taksatupun manusia yang suci…
pertanyaan saya ke Anda..

sebutkan satu manusia saya yang suci selain YESUS… please, i’m waiting

9 09 2009
parhobass

mohon dijawab:

dan Anda masih berkata:
Ini sama dengan fitnah Nabi Muhammad melakukan perang dan pemaksaan agama, padahal pada ayat (berapa gituh, sudah saya tulis di artikel cape deh2) sudah dengan terang menjelaskan tak ada pemaksaan agama.
saya kira Anda yang mengklain fitnah itu, banyak orang yang sudah melihat sejarah. Saya kira sejarah Islam juga dengan bangga menceritakan berita-berita penaklukan Islam atas Timur tengah dan Eropah, serta Afrika Utara.
Menurut Anda, berita perang yang di sejarah Muhammad, sampai Ottoman itu perang benaran atau perang-perangan?

9 09 2009
pargodungan

wow, agak panas suasana di sini bahh. tapi sepertinya contoh-contoh nabi yang dipakai agak aneh. apakah memang dalam kekristenan Daud dan Salomo, Lot, dan Nuh dipandang sebagai nabi? Salah satu tugas nabi adalah menyuarakan suara kenabian, yang tentunya berasal dari Allah. Para nabi muncul dalam masa pemerintahan raja-raja Israel. Saya kira contoh-contoh yang dipakai itu adalah nama-nama pemimpin Israel (jadi bukan nama-nama nabi). Mari Kita bandingkan pekerjaan mereka dengan pekerjaan yang secara umum disebut nabi, misalnya Samuel,Yesaya, Yeremia, Yehezkiel, Hosea, Yoel, Amos, Obaja, dst. Entah saya memperhatikan atau tidak, rasanya memang tidak ada diantara mereka yang dicatat Alkitab melakukan kesalahan seperti yang dimaksud penulis. Dan jika benar bahwa nabi dalam kekristenan ‘tidak punya dosa’, tentu ada sedikit kesamaan persepsi dengan pemahaman Islam. memang pada dasarnya tidak ada manusia yang bebas dari dosa. tapi kelakukan-kelakuan seperti itu (nabi-nabi pada mabuk) tidak dicatat. Salam. 🙂

9 09 2009
parhobass

biar ajah dulu lae, biar puas yang merasa begitu an
hehhehe

9 09 2009
jolmanaotodoahu

sebutkan satu manusia saya yang suci selain YESUS… please, i’m waiting

Sepengetahuanku, urusan penilaian siapa yang paling suci diantara umat manusia adalah urusan Tuhan. Jadi, kayaknya hanya Tuhan yang tahu siapa yang paling suci.

Lalu, menurut logika ku (jolmanaotoahu), siapa yang lebih suci selain Yesus? Kalok Yesus memang TUHAN = ALLAH, maka aku harus percaya bahwa Yesus mahluk tersuci.

Keimananku yang seperti itu idealnya tidak membabi-buta. Imanku harus didasari oleh ilmu yang memadai.

Kayaknya begitu ya lae

9 09 2009
hh

Nah, ketahuan,
aku tau apa tujuan neng Fiet mengatakan bahwa perlakuan menyimpang dari para nabi yang tercatat dalam alkitab adalah fitnah terhadap para nabi itu.

9 09 2009
Fietria

Cerita nabi mabuk itu kan saya kutip dari PB, apa bukan PL ya?
Lagipula saya tahu dah maksud kalian menggambarkan nabi-nabi begitu penuh dosa. Kalian hanya enggak ingin kalau ada nabi yang sucinya menyaingi Yesus. Nabi-nabi yang di alkitab itu juga ada di Al-Qur’an. Dalam Islam ditegaskan dalam Qur’an bahwa Allah sama sekali tidak membeda-bedakan para nabi antara yang satu dengan yang lain. Bukankah Yesus hanya meminta ke 12 muridnya untuk mencatat perkataannya dalam Injil? Nah, kalian lebih percaya Injil yang ditulis petani, nelayan, raja, dst.

9 09 2009
Garfield

Yang aku bingung kenapa Nabi-nabi versi Alquran semuanya merefer ke Nabi orang Yahudi (garis keturunan Ishak). Seperti Musa, Yakub, Yusuf, Daud, Isa, dsb. Cuma Rasullulah SAW yang keturunan Arab. Bahkan sewaktu pertempuran Daud vs Goliath yg notabene Israel (Yahudi) vs Filistin (Palestina) mereka mengakui kenabian Daud. Ada yg salah dengan planning Allah SWT? kenapa baru diakhir-akhir mengutus Nabi dari bani Ismael?

Aku setuju sekali dengan Lae Pargodungan. Nabi versi Alkitab adalah yang bernubuat dan menjadi perantara Allah penyampai pesan kepada manusia seperti Nabi Yesaya, Samuel, Yoel, Yeremia, cs. Dan memang Nabi-nabi Allah ini tidak ada catatan perbuatan dosanya di Alkitab. Lot, Daud, Salomo, bukan nabi. Beda memang dengan Nabi sebelah.

Tapi, intinya Fitriea, Fillar, dan sejenisnya sebaiknya mempelajari dulu mengenai sejarah penyusunan (kanonisasi) Alkitab, sebelum komentar sana-sini. Alkitab bukan dinuzulkan seperti Alquran. Tetapi ditulis oleh penulis dengan berbagai profesi seperti Musa yg menjadi nabi, hakim-hakim Israel, Nelayan sperti Petrus dan Andreas, dokter sperti Lukas, dsb. Dan ditulis dalam rentang masa panjang yg berbeda, kemudian dikanon oleh Gereja mula-mula. Tidak ada fakta yg disembunyikan, ditulis apa adanya. Tidak ada fitnah raja-raja atau penguasa jaman dahulu seperti tuduhan Deedat (yg dicopypaste Fietria).

Banyak muslim yg suka menebar tuduhan bahwa alkitab sudah dipalsukan tanpa bukti yang valid. Bahkan di Alquran pun ditulis bahwa alkitab sudah dipalsukan. Ini benar-benar menggelikan. Tapi, memang sudah dinubuatkan. Waspadalah terhadap ajaran-ajaran palsu. Dari buahnyalah kita mengenal pohonnya. Amin.

9 09 2009
Garfield

Cerita Itu bukan PB tapi di PL. Makanya kalau kurang tau jgn ngasal. Gak ingin Nabi lain yg sucinya melebih Yesus? Apalagi ini lebih kacau lagi. Saran saya sebaiknya nona lebih banyak mikir dulu sebelum nulis komentar. Kalau malas mikir sebaiknya banyak baca-baca dulu.

Ya, injil itu kumpulan perkataan dan kisah hidup Yesus yang terdiri dari Matius, Markus, Lukas, Yohanes, dan Kisah Para Rasul. Penulis injil murid Yesus yah nelayan kayak Markus, dokter Lukas, Pemungut cukai Matius. Emang dimana pertentangan dan maslahnya? Ini kelihatan sekali anda tidak mengerti apa yg anda tulis. Sekali lagi, baca dulu sebelum komen.

Kisah-kisah yg kau comot itu ada di kitab perjanjian lama. Itu bagian dari alkitab tapi bukan injil (kabar baik). Itu sejarah bangsa Israel. Mudah2an kamu bisa lebih mengerti, biar gak mbulet muter2.

9 09 2009
melathie

Hmmm, salam.

Rasanya mbak fietria tidak perlu bersumpah demikian. Topik yang dibahas, tidak mengharapkan ‘pertumpahan darah’. Hehehe.

Tapi mudah2an pendapat saya ini bisa mbak pertimbangkan, agar dapat mengkritik Alkitab dengan sempurna.

Ketika Alkitab memberitakan Salomo mempunyai banyak istri, ia tidak punya maksud untuk memfitnah. Kalaupun Anda merasa aneh dengan hal seperti itu (dan merasa itu sebagai fitnah) itu karena Anda memakai pemahaman jaman ini untuk menilai keadaan jaman lalu. Atau lebih tepatnya Anda memakai pemahaman Islam untuk menilai pemahaman ALkitab.

Pada masa raja-raja Israel dan masa sebelumnya, mempunyai banyak istri bukanlah suatu persoalan besar. Jaman sekaranglah kita menganggap mempunyai 1000 pasangan sebagai hal yang mustahil. Akan tetapi, jikapun kita mau menyebutnya sebagai fitnah, tentu harus dengan argumentasi ilmiah. Tidak cukup hanya mengandalkan pertimbangan dan daya nalar kita sendiri.

Satu catatan penting bagi Anda, apa yang disebut sebagai nabi dalam Islam (mis. Nuh, Salomo, Harun, dan kebanyakan lainnya tidak dikenal sebagai nabi dalam kekristenan. Kekristenan membedakan kriteria nabi dengan raja atau pemimpin Israel. Jadi ketika Anda ngotot mengatakan nabi itu suci dan mengklaim apa yang dinyatakan Alkitab sebagai fitnah, itu karena Anda menerapkan pemahaman Anda mengenai nabi (yang dipengaruhi ajaran islam) untuk menilai para pemimpin Israel yang tercatat dalam Alkitab.

Padahal tidak bisa demikian. Anda harus memakai cara pandang Alkitab untuk menilai atau memahami isi Alkitab. Cara ini sama dengan orang Kristen harus memakai pemahan Islam untuk menilai dan memahami isi Quran. Jika tidak demikian JUSTRU ANDA SEDANG MEMFITNAH KETIKA MENGATAKAN ALKITAB SEDANG MEMFITNAH NUH, HARUN, ATAU YANG LAINNYA.

9 09 2009
jakpurut

ada yang bisa bantu ? munngkin fietria, fillarbiru, lovepassword atau masyono09 bantuin blooger ini….

http://nourma21187.wordpress.com/2008/11/26/help-me-please/

9 09 2009
pargodungan

lo, koq tiba-tiba komen terakhir tadi hilang?

9 09 2009
jolmanaotodoahu

Komen siapakah lae?

10 09 2009
parhobass

@Jolmanaoto

sebutkan satu manusia saya yang suci selain YESUS… please, i’m waiting

Sepengetahuanku, urusan penilaian siapa yang paling suci diantara umat manusia adalah urusan Tuhan. Jadi, kayaknya hanya Tuhan yang tahu siapa yang paling suci.

Lalu, menurut logika ku (jolmanaotoahu), siapa yang lebih suci selain Yesus? Kalok Yesus memang TUHAN = ALLAH, maka aku harus percaya bahwa Yesus mahluk tersuci.

Keimananku yang seperti itu idealnya tidak membabi-buta. Imanku harus didasari oleh ilmu yang memadai.

Kayaknya begitu ya lae

itu pembuktian terbalik laeku….

murid yang ke 12-pun tidak memahami kalau Yesus adalah Mesias.
bahkan sampai wafat di salib-pun belum paham,
bahkan sampai bangkit pun belum paham..

apakah ketidakpahaman ini yang akan kita terima, ya kita terima kalau ternyata cerita berhenti di situ, tetapi tidak…

murid ini semakin mendapat penegasan, bahwa Yesus adalah Mesias, Allah yang telah menjadi manusia….

bukankah Injil, tepatnya PB ditulis setelah semua kebutaan murid2 itu disembuhkan oleh Yesus dalam penampakanNya selama kurang lebih 40 hari?

bahkan ketika naik ke sorgapun masih ada murid yang ragu… apalagi Anda, kita, yang tidak melihat dengan mata kepala sendiri…

tinggal memilih saja laeku,
berada di dalam yang ragu atau berada di dalam yang percaya, tentu konsekuensi mengikuti dari semua pilihan kita.

Pengadilan adalah “rumah” penentu salah tidaknya seseorang, dan pengadilan di dunia-pun tidak sanggup menemukan kesahan Yesus.

Saya masih menuunggu lae, satu saja manusia yang suci selain Yesus.

10 09 2009
jephman

Tak tahulah aku mesti ngapain sama ibu satu ini.

J : Bu awas didepan ada lobang!!!
F : Hah! kurang ajar berani teriak2 sama saya!

(Kejeblos lubang)

F : Kamu kurang ajar gak ngasih tahu didepan ada lubang!!@#$%^&*!!

10 09 2009
parhobass

@jolmanaoto…
Anda mengatakan…
Sepengetahuanku, urusan penilaian siapa yang paling suci diantara umat manusia adalah urusan Tuhan. Jadi, kayaknya hanya Tuhan yang tahu siapa yang paling suci.

tahukah Anda.. Anda sebenarnya dari kalimat ini sudah memahami tritunggal itu sendiri…

caranya begini.
1. Hanya TUHAN yang suci.
2. Urusan manusia suci apa ngga itu urusan TUHAN

sepakat bukan? lalu lanjut…

3. Alkitab ditulis oleh inspirasi Roh Kudus
4. Di Alkitab dikatakan Yesus adalah manusia tanpa cela, suci
5. Roh Kudus menyatakan Yesus adalah suci.

sekarang Anda menyimpulkan sendiri….

maka konsep untuk menjawab ini lahirlah Tritunggal.

semoga Anda semakin paham.

10 09 2009
Fietria

>> Wah benar tuh mbak? Dah pernah lihat sendiri kedalam? soalnya sudah lama terdengar kabarnya bahwa muslim sedang nyembah2 lukisan dan patung Yesus.

enggak bisa bicara lebih sopan kah? itu juga kamu sendiir yang bilang!!!!

10 09 2009
Fietria

masuk spam rupanya.

10 09 2009
Fietria

Oke saya enggak akan datang lagi!!!!!!!!!

Pengecut!!! Beraninya main keroyok!!

10 09 2009
jephman

Wakakakk!!! Cuuwaaaapeee dueeeeehhhh!!

10 09 2009
dongan

Satu kesimpulanku tentang ito/mbak Fietria ini. Dia stres.
Dia stres karena terlalu banyak kebenaran yang dia lihat dalam beberapa waktu ini. Dia mau menolak tetapi tak kuasa entah karena desakan komunitasnya, orangtuanya, dablek atau hal lain.
Kita doakanlah dia. Semoga dia tidak benar-benar mati sesuai dengan sumpahnya. Karena Tuhan Yesus tidak menginginkan dia mati sia-sia.
Btw si ito/mbak Fietria ini belum mati juga karena sumpahnya ya. Itu karena sembahannya ga berkuasa mencabut nyawanya. Soalnya Tuhan Yesus sudah melawan sembahannya dia dan menetapkan dia akan hidup terus. Pada akhirnya dia akan menerimaNya sebagai Tuhan dan Juruslamat pribadinya. Percaya deh 🙂

10 09 2009
Mari Belajar Menjawab Mereka 4 « dongan's 3.0

[…] PDRTJS_settings_87892_post_15717 = { "id" : "87892", "unique_id" : "wp-post-15717", "title" : "Mari+Belajar+Menjawab+Mereka+4", "item_id" : "_post_15717", "permalink" : "http%3A%2F%2Fdongants.wordpress.com%2F2009%2F09%2F10%2Fmari-belajar-menjawab-mereka-4%2F" } Sumber: https://jephman.wordpress.com/2009/09/09/psst-di-alkitab-nabi-nabi-pada-mabok-loh/ […]

10 09 2009
jakpurut

hai fit..sebelum mengucapkan goodbye…

bantuin nih temen mu ya :

http://nourma21187.wordpress.com/2008/11/26/help-me-please/

10 09 2009
pargodungan

komen dari melathie sempat ga kelihatan. rupanya penglihatanku salah. hehehe.

10 09 2009
jolmanaotodoahu

Padahal tidak bisa demikian. Anda harus memakai cara pandang Alkitab untuk menilai atau memahami isi Alkitab. Cara ini sama dengan orang Kristen harus memakai pemahan Islam untuk menilai dan memahami isi Quran. Jika tidak demikian JUSTRU ANDA SEDANG MEMFITNAH KETIKA MENGATAKAN ALKITAB SEDANG MEMFITNAH NUH, HARUN, ATAU YANG LAINNYA.

Akh … suka kali aku dengan pandangan Bang Melathie. Labas kali kurasa. I Love You Full Bang Melathie

Mantab kali jang …. LANJUTKAN

10 09 2009
Robinson Agus Sihotang

Tidak ada sedikitpun keraguan kita tentang isi dari kitab suci Alkitab. Alkitab lebih dari mampu dalam membela dirinya. Dia ditulis dari dimulainya sejarah awal jaman purbakala. Penyampaian secara lisan dari bapak diteruskan ke anak itulah permulaan dari Kitab Suci itu. Kemudian dimulai dari Nabi Musa yang mengumpulkan sumber-sumber lisan dari bapa-bapa mereka terdahulu dan membukukannya sehingga di sebut Kitab Musa. Kitab Musa terdiri dari 5 Kitab yakni Kejadian, Keluaran, Bilangan, Imamat dan Ulangan. Semua itu menceritakan Penciptaan dunia dan isinya, penciptaan manusia dan awal jatuhnya manusia kedalam dosa karena godaan Iblis di Taman Eden, kemudiaan awal dari pemanggilan Abraham nenek moyang orang Israel dan Ismael, peraturan dan hukum yg menjaga hubungan Tuhan dan manusia, dan manusia dgn manusia. Semua diuraikan Musa dengan terperinci tentang peraturan tersebut karena hukum tersebut langsung diberikan Tuhan Allah (Hukum Taurat). Kemudian sejarah purbakala bangsa Israel mulai lagi ditulis dari berbagai kalangan guru, imam, raja, petani, dan nabi. Kitab-kitab tersebut menceritakan tentang segala perbuatan besar Allah Abraham, Ishak dan Yakub, kemudiaan tentang ketidaktaatan bangsa Israel Dimulai dari Kitab Josua sampai Malaekhi, sehingga dari mulai Kitab Musa hingga Malaekhi itulah yang disebut Kitab Perjanjian Lama (PL). Jadi pada waktu Perjanjian Lama, Allah belum menunjukkan secara jelas siapa DiriNya kpd bangsa Israel. Dia hanya mengenalkan diriNya dgn satu perkataan AKU ADALAH AKU … I am I, yang menunjukkan tidak satupun ada kalau Dia tidak ada. Kalau di bhs Ibraninya perkataan tsb hanya dari huruf mati yakni JHWE, dan tdk satupun manusia yg tahu bagaimana mengejanya. Jadi dapat kita rangkumkan bahwa Perjanjian Lama berisi perjanjian yang begitu kental dgn peraturan ritual ibadah yang secara samar-samar bagaimana manusia yg sudah jatuh dalam dosa dapat mendekat kepada Allah yg Maha Kudus. Semua sejarah di Perjanjian Lama juga mencakup tentang kejatuhan beberapa tokoh seperti Raja, Nabi, Imam dsb kedalam dosa. Itu hanya bumbu yang mengiringin hakekat dari Perjanjian Lama. Allah Yang Maha Kuasa kemudian menyediakan suatu jalan bagaimana agar manusia yg sudah jatuh dalam dosa itu dapat kembali mengenal Dia satu-satunya Allah Yang Hidup. Itu Dia rencanakan dengan berjanji menyediakan Keselamatan dari Penebusan dosa. Itu makanya Perjanjian Lama memiliki kaitan sangat erat dan tidak terpisahkan dari Perjanjian Baru itu sendiri. Jadi bukan spt kata si Fietria cuman Perjanjian Baru yang terlampau dibaca dan diikutin orang Kristen. Perjanjian Lama adalah catatan tulisan dari kumpulan orang yang dikumpulkan dari berbagai generasi, umur dan status sehingga tulisannya memang orisinal karena penulisannya tidak memiliki kepentingan kepada orang-orang tertentu. Kalau Raja Daud memang berzinah dengan istri orang dan membunuh suami selingkuhannya itu ya memang itu kenyataanya. Pada akhirnya penulispun menceritakan bhw Raja Daudpun bertobat dan menyesalin perbuatannya. Sangkin takjubnya penulispun memberitahukan kita bahwa ALLAH bangga dan hormat kepada hambaNya Daud yang mau mengakui dosa-dosanya itu. Dalam Perjanjian Lama itu ALLAH Maha Besar itu memberitahukan bahwa catatan perjalanan Bangsa Israel dari waktu keluar dari tanah Mesir hingga Ke Tanah Kanaan adalah gambaran dari manusia-manusia seperti kita sekarang. Musa adalah gambaran nabi yang menyuarakan hukum-hukumNya waktu Israel di padang pasir dan Josua yang pada akhirnya yang membawa Israel Masuk ke tanah Perjanjian itu. Josua itulah yang melambangkan Anak Allah yakni Yesus yang nantinya membawa kita ke tanah perjanjiaan kekal itu. Tanpa Dia satupun manusia tidak akan sampai ke Surga. Jadi tanpa Yesus Kristus kita ini tidak ada harganya di hadapan ALLAH itu.
Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi,
maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi ( Ibrani 1: 1-3 )

so mulut dan tangan kita dapat saja menghina isi Alkitab tetapi hati kita harus mengakui mau tidak mau bahwa ada campur tangan Ilahi disaat penyusunan Kitab Suci tersebut.

10 09 2009
jolmanaotodoahu

Betul kali lae setuju aku. Beneran. Lapanglah kurasa zekarang ini.

Tapi contoh yang lae buat kurang pas lah kayaknya.

10 09 2009
pargodungan

kadang memang agak repot menghadapi pendebat amatiran yah. n kayaqnya bu melathie membuat TKO ya? (sejak kapan ninggalin pargodungan.org?). gitu kita ya.

aduh mba fietria, jangan sampai ga datang lagi dunk. kita kan cuman berdiskusi, bukan mau perang.. lagian kalau ga ada mba kayaqnya ga seru lah.. salam..

10 09 2009
jeha rajagukguk

Lot, nabi??? (tidak ada tulisan di Alkitab yang menyatakan bahwa dia nabi)
Salomo nabi???? (tidak ada tulisan di Alkitab yang menyatakan bahwa dia nabi)

10 09 2009
jephman

@ jeha rajagukguk

itulah lae. inikan banyak yang menganggap begitu oleh saudara2 kita muslim.

10 09 2009
rodrymikhael

saya pernah membaca (saya lupa sumbernya, mungkin Anda tahu) bahwa nabi2 dan orang2 besar di Alkitab (spt Yesus) adalah keturunan Israel (Ishak)… sedangkan Ismael (Ismail) terakhir kali ‘terlihat’ di Alkitab setelah diusir bersama ibunya Hagar (SIti Hajjar), dan setelah itu tidak terlacak lagi jejaknya di Alkitab…dan nabi abad ke 7 adalah keturunan Ismael..lihat di sini ya

http://en.wikipedia.org/wiki/Abrahamic_religions

dan uniknya adalah, di ajaran agama yg dibawa nabi abad ke 7 terdapat (dikisahkan) nabi2 dari keturunan Ishak, yg notabene adlh nenek moyang Israel (sekali lagi, Yesus adl turunan Ishak->Yakub->Yehuda dst), sedangkan di ajaran Kristiani tidak disinggung (atau tidak terdapat) “nabi2” yang diturunkan oleh Ismael…
saya melihat bahwa kesannya satu buku meng-copas Buku yg lain, tanpa perhitungan, sehingga nabi2 dari keturunan orang lain pun ikut ter-copas ke bukunya dia

(saya hanya orang biasa bukan ahli teologia, tolong diklarifikasi jika ada yg kurang tepat. saya hanya berusaha utk menyampaikan pikiran dgn santun. makasih.)
🙂

10 09 2009
jakpurut

mereka terpaku dengan mind set 25 nabi! 🙂 padahal di alkitab banyak yg di sebut nabi, di kitab mereka tidak di temui Nabi Natan dan Elizabeth sebagai Nabi perempuan …. yg penting 25! daud dibilang nabi…salomo juga…. bahkan alexander the great juga di klaim nabi hehehehehehehehhe

10 09 2009
pargodungan

Bahasa copy paste rasanya agak ekstrim yah. hehehe. Tapi kalau bahasannya dialihkan pada mengapa di dalam quran terdapat sebagian besar isi Perjanjian Lama, itu dikarenakan Muhammad (semasa jadi pedagang?) pernah ‘belajar’ dari orang-orang Yahudi. Secara tidak langsung akhirnya ia mengenal Perjanjian Lama dan memasukkannya ke dalam bagian Quran (tentu dengan alasan kuat). Sementara terhadap PB, Muhammad hanya mengutip sebagian kecil saja (tentang Yesus Kristus misalnya). Nah, mengapa dalam Alkitab isi Quran tidak ada, karena satu alasan: Alkitab (Perjanjian Lama & Perjanjian Baru) sudah tutup buku (kanonisasi). Kanon ini ditetapkan dengan pertimbangan yang matang tentunya.

Persoalan yang muncul di sini sebenarnya sepele. Seperti yang diungkapkan melathie, Fietria memandang Alkitab telah memfitnah Lot, Nuh dsb (yang dalam ajaran Islam dikenal sebagai nabi). Alasannya, sesuai dengan konsep Islam nabi itu adalah orang-orang tak berdosa. Jadi menurutnya, omong kosong kalau Alkitab melaporkan ‘nabi-nabi’ pada mabuk. Padahal, kalau dipahami dari sudut pandang Alkitab, orang-orang (yang dipandang sebagai nabi) tadi bukanlah nabi. Ada perbedaan konsep antara nabi Alkitab dengan nabi Alquran. Mereka cuma MANUSIA yang dipilih TUHAN sebagai pemimpin Israel (dan tentunya bisa berdosa). Jadi sebenarnya sah-sah saja kalau Alkitab mencatat perbuatan dosa manusia.

Cuma saya merasa ngeri dengan perdebatan yang tidak disengaja ini. Maaf kalau saya menilai mbak Fietria hanya bertujuan untuk mendebat tanpa memiliki keinginan untuk ‘mencari tahu kebenaran dan menerimanya dengan jernih’. Secara tulus, saya mau mengajak Fietria untuk kita dapat duduk bersama, saling mengenal ajaran agama satu sama lain.

Bagaimana caranya? Yahudi, Kristen, Islam (diurutkan sesuai kemunculannya) berada dalam satu garis keturunan Abraham. Nah, konsep ini, dalam dialog agama-agama dipakai secara praktis agar ketiganya dapat berkumpul sebagai saudara. Lagian mosok satu ‘kakek’ berantam terus sich? Ga malu apa sama agama yang lain?

Jika motif mbak Fietria untuk ‘saling mengenal’ tentu tidak ada masalah. Tapi jika motifnya untuk menghakimi tanpa memiliki sikap praduga tak bersalah (artinya ngajak berantam), tentu bukan disini tempatnya.

Maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan. Salam. 🙂

10 09 2009
bangrod

nah itu dia yg saya bingung
krn dikatakan bahwa itu buku itu adalah wahyu dari malaikat
lihat di sini
http://www.wsu.edu/~dee/ISLAM/QURAN.HTM
mestinya bebas dari pengaruh2 lain, apalagi dari agama yang sudah muncul duluan (PL nya Kristiani)

10 09 2009
dongan

Sepertinya beneran copy paste deh lae. Masa’ beberapa bagian kata-katanya sama, dan peristiwa-peristiwanya juga sebagian diakui, hanya saja nama-nama orang-orangnya yang diganti menurut motif kenginannya sendiri. Kemudian setelah itu semua selesai maka disahkan dengan kata-kata agar tidak mempercayai orang Kristen dan Yahudi, bahwa kitab orang Kristen dan Yahudi sudah dipalsukan, dsb.
Satu saja komentarku mengenai penggantian nama dan peristiwa ini. Keren bo 😉 karena saat itu sangat sulit dilakukan dan hanya bisa dilakukan jika seseorang berniat banget melakukannya. Bayangkan ribuan lembar kertas yang harus diperhatikan untuk mengubah nama dan kejadian agar dapat sesuai dengan motif keinginannya.
Saya jadi ingat Hitler yang bersikeras membantai bangsa lain demi Uber Allesch, atau Iskandar Agung (Alexander the Great) yang membawa pasukannya menaklukkan persia hingga india (bayangkan jarak Sparta, Yunani, Persia, hingga India saat itu dilalui dengan jalan kaki/berkuda), atau Pol Pot yang tega membantai bangsanya sendiri, atau Paus Urbanus yang berkhotbah mengenai surat penghapusan dosa (padahal di Alkitab yang dipegang si Paus tidak ada ditulis mengenai hal itu). Mereka semua ini melakukannya dengan niat (bhs batak: Tahi) yang benar-benar dalam, hanya saja itu salah.
Bicara mengenai niat, ada kok orang-orang benar yang memiliki niat yang dalam dan juga benar. Ompu i Nommensen yang membawa kabar baik kepada bangsa Batak, Martin Luther yang melawan kekuasaan gereja yang sedang melenceng, lae Jephman dengan kartunnya memberitakan kebenaran, dan orang-orang lain. Satu hal dari mereka ini, mereka tidak berani sekalipun mengubah Alkitab sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Ga seperti si doi yang seenaknya meniru Alkitab tetapi mengubah nama dan peristiwa sesuai motif keinginannya.
Ada info juga nih. Obama berbuka puasa di Gedung Putih dan diakui dia yang berjasa mendekatkan diri dengan umat Muslim, tetapi kenyataannya George W Bush yang pertama kali menurut fakta berinisiatif untuk berbuka puasa pertama kali di Gedung Putih. Obama meniru perbuatan Bush tetapi bahkan menambahkan ijin untuk umat Muslim sembahyang Jumat di Gedung Putih hari ini 11 September 2009.
Sungguh ironis ya, 8 tahun yang lalu USA diserang Jihad dan membalasnya dengan menyerang balik dengan kekerasan pula tetapi USA saat ini malah berbalik badan memberikan Gedung Putih sebagai tempat sholat.
Ya ini semua juga karena sinar Injil yang sudah dimulai dari Yerusalem, kemudian Eropa/Afrika, saat ini sedang bergerak meninggalkan Amerika dan beralih ke Asia. Sebentar lagi sinar itu akan tiba di Timur Tengah dan selanjutnya ke Yerusalem tepat kedatangan TUHAN Yesus Kristus kedua kalinya.

GBU

10 09 2009
dongan

Tambahan.
Akibat harus memperhatikan ribuan lembar kertas dan hanya ingin mengganti beberapa nama dan peristiwa agar disesuaikan dengan motif keinginan si doi, maka ternyata pada saat ini banyak ditemukan berbagai kejanggalan-kejanggalan.
Oleh karena keras kepalanya mereka meskipun sudah dihadapkan pada kebenaran, maka kita harus terus berdoa untuk rekan sepupu ini agar semuanya tidak semakin hilang. OK?

GBU

10 09 2009
jakpurut

@pargodungan,

“Bagaimana caranya? Yahudi, Kristen, Islam (diurutkan sesuai kemunculannya) berada dalam satu garis keturunan Abraham. Nah, konsep ini, dalam dialog agama-agama dipakai secara praktis agar ketiganya dapat berkumpul sebagai saudara. Lagian mosok satu ‘kakek’ berantam terus sich? Ga malu apa sama agama yang lain?”

>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Islam jelas bukan terusan dari Tuhan YHVH yg disembah Abraham lae, kalau baca beberapa postingan ku disini, ada disitu alasannya, kalau mau bukti kenapa saya berpendapat begitu ?

Alasan :

1.Tuhan YHVH telah memiliki perjanjian kekal dengan Abraham kpd anaknya Ishak dan keturunan nya.
2. Yakub anak Ishak, memiliki Nubuat kekal kepada 12 suku Israel
3. Yakub berkata kepada Yehuda ” Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda sampai Dia yg datang berhak atas tongkat itu ” kita tahu Raja Raja Israel dari keturunan Yehuda
4. Jeshua sang Guru dari Nazareth adalah Tongkat itu , dan sudah beranjak pada saat Dia naik ke Surga.
5. Jeshua berkata ” Akan muncul nabi nabi palsu sang Anti Christ ” setelah Dia

jadi lae bisa mengambil kesimpulan ttg alasan diatas, lae bisa memasukkan ke kategori apa si nabi Arab ini? tentunya nabi ini spt yg dikatakan point ke 5 🙂 , salah satu alasan lain, belum ada kejelasan antara turunan ismael yg di lembah param ( antara mesir dan israel ) dengan orang orang arab di daerah Arab Mekah.

kadang kita bisa begitu saja menerima informasi informasi pengakuan orang orang bahwa ada agama samawi / akar dari abraham terdiri dari yahudi, kristen dan islam, tapi kita lupa kalau mengkaji alkitab lebih dalam, akan kelihatan bahwa pernyataan agama samawi itu cuma akal akalan orang yg tidak mengerti ” JANJI JANJI ” Tuhan kepada orang orang yg terpilih didalam Darah Penebusan dosa…saya meyakini kalau Tuhan Alam semesta sudah membuat perancangan bagi umat manusia, gak mungkin di tengah jalan ada perubahan alias di revisi…. kalau perancangan penebusan dosa yg sudah di nubuat kan dari Adam sampai kepada Jeshua di revisi Tuhan, gara gara ada orang yg bermoral rendah mengaku nabi dari arab yg tidak ada hubungan sama Yehuda/Israel, serta tidak mengakui penebusan dosa, apa mungkin Tuhan berubah pikiran?? itu TIDAK MUNGKIN!!! sebab kita tahu Tuhan yg kita imani adalah Alfa dan Omega! JanjiNya kekal! siapa kira kira yg mencoba mengacaukan ini? yaa pasti jawaban nya adalah ” Malaikat Kegelapan ” 🙂

begitu alasa dari saya 🙂

horas!
jakpurut

10 09 2009
Samsung

Pak jephman, kulonuwun numpang iklan:
1. Sebagai sesama domba umat tuhan, mohon doakanlah Sheila Marcia agar tidak hilang lagi dan agar dia tabah menjalani hukuman penjaranya.
2. Mohon doakan pendeta-pendeta Pdt Budi Asali & Ev. Esra) yang diundang H. Mokoginta ke Sidoarjo (12 September 2009 di aula Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) untuk berdebat mengenai kemesiasan TUHAN Yesus Kristus agar nama tuhan dimuliakan dalam debat tersebut.

GBU

10 09 2009
Samsung

Selain itu lae pargodungan sepertinya punya pendapat allah dalam Islam adalah sama dengan Tuhan Allah yang di Alkitab/Taurat karena ketiga agama itu menyebut Abraham, Bapa mereka, menyembah pada Tuhan Allah.
Bagaimana mungkin entitas itu adalah sama.
Karena allah dalam Islam, memerintahkan untuk memerangi orang Kristen dan Yahudi, memberikan surga dengan bidadari, dsb. Semua hal itu notabene berbeda banget dengan Tuhan Allah yang kita kenal selalu berpegang pada janji keselamatanNya.

10 09 2009
lovepassword

@jakpurut : Gaya kau itu sudah penuh retorika. Kalo ngomong dI TV tentu sudah panteslah dikau itu. Tetapi yang namanya retorika itu juga cuma retorika.Adanya konsep Nabi palsu tentu dikaitkan dengan ada juga yang asli. Hi Hi Hi

1Tuhan YHVH telah memiliki perjanjian kekal dengan Abraham kpd anaknya Ishak dan keturunan nya. ===> Lha kau pikir Ismael tidak diberkahi Tuhan ? Kejem nian Tuhan menurut pola pikir kau itu.

2. Jeshua sang Guru dari Nazareth adalah Tongkat itu , dan sudah beranjak pada saat Dia naik ke Surga. ===> Apa yang kau maksudken dengan beranjak ? Hi Hi Hi.
Maksudmu Era Kenabian berakhir gicu ??? Hi Hi Hi. Kalo era kenabian berakhir Yesus malah nggak perlu repot menyebutkan ciri2 Nabi palsu dong.
=============================================
sebab kita tahu Tuhan yg kita imani adalah Alfa dan Omega! JanjiNya kekal! siapa kira kira yg mencoba mengacaukan ini? yaa pasti jawaban nya adalah ” Malaikat Kegelapan ” 🙂

Whaduh, gayamu itu bro bro. Hi Hi Hi. Kalo janjiNya kekal, sudah tidak ada pengampunan untuk Adam dan Hawa berdasarkan konsep kalian tuh. Sekali makan buah mati ya mati. 🙂

SALAM
GBU

10 09 2009
lovepassword

Whaduh kalian ini kok bisa jadi lumayan naif gini yah :

Kalian perhatikanlah situasi di Amerika kayak apa. Amerika itu lebih bisa kita anggap sekuler ketimbang Kristen. Lha secara umum saja kalo Amerika dipimpin oleh partai sekuler atau Demokrat, respek terhadap umat beragama secara umum memang lebih baik. Lha begicu yang berkuasa dari partai Kristen atau Republik ya sami mawonlah ( sama saja ) . Karena kadang ya ada yang sok fundamentalis gicu ya ? mereka seneng bener membuat acara perang dimana-mana. Lha itu juga didukung sama pendeta-pendetanya lho.

Jadi saranku sih nggak usah mengklaim yang aneh-aneh. Kita semua tahu Bush itu seperti apa, Obama seperti apa. Secara umum kalo yang kita tinjau adalah kebijakan luar negeri dan kebebasan beragama, di bawah Obama bisa dianggap lebih baik ketimbang BUsh.

Jadi tidak perlu sok beretorika :

Islam di negara Kristen baik, sedangkan Kristen di negara Islam dianiaya

atau sebaliknya :

Kristen di negara Islam baik, sedangkan Islam di negara Kristen dianiaya

Pada kenyataannya : Yah memang ada peristiwa kekerasan atas nama agama, lha itu bisa dilakukan siapapun gicu yah. Yang keras-keras itu ada di banyak agama.

SALAM

11 09 2009
jephman

“Kristen di negara Islam baik, sedangkan Islam di negara Kristen dianiaya”

Contohnya lae?

11 09 2009
lovepassword

@jephman : Contohnya apaan sih, lha wong aku ngritik pernyataan model begicuan lho, eh malah kamu tanya contohnya. He he he

Banyak rekan muslim yang seneng berkata model2 seperti itu, lha kalian juga nggak ada bedanya. Sama-sama kolokan gicu lho. Lha aku lagi mengkritik model2 yang seperti itu. Sadarilah bahwa masalah kekerasan itu masalah dalam banyak agama, masalah dalam agama masing2 juga. Gicu ya?

SALAM

11 09 2009
lovepassword

@jephman : Kok bisa ya komentarku malah mencelat di atas komentarmu, padahal aku menanggapi komentarmu itu. Tuh di atas. Hi Hi hi

11 09 2009
lovepassword

@jephman : Kok bisa ya komentarku malah mencelat di atas komentarmu, padahal aku menanggapi komentarmu itu. Tuh di atas. Hi Hi hi, Jan jan, aku malah jadi bingung

11 09 2009
Fery

@ lovepassword
Mungkin yg dimaksud ini mbak:
Kejadian 49:10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.

Kejadian 21:10 Berkatalah Sara kepada Abraham: “Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.”

KEjadian 16 :(11) Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: “Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu

(12) Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.

11 09 2009
Fery

@ Lovepassword

“Kalian perhatikanlah situasi di Amerika kayak apa. Amerika itu lebih bisa kita anggap sekuler ketimbang Kristen. Lha secara umum saja kalo Amerika dipimpin oleh partai sekuler atau Demokrat, respek terhadap umat beragama secara umum memang lebih baik. Lha begicu yang berkuasa dari partai Kristen atau Republik ya sami mawonlah ( sama saja ) . Karena kadang ya ada yang sok fundamentalis gicu ya ? mereka seneng bener membuat acara perang dimana-mana. Lha itu juga didukung sama pendeta-pendetanya lho.”

Didukung pendeta perangnya?
Yang bilang pendeta = Firman Tuhan itu siapa mbak?

Apa ada di Alkitab ditulis “Bunuhkan kafir-kafir non-kristen. Penggallah mereka, kejar sampai liang kubur?

Bisa melihat bedanya mbak?

11 09 2009
tanobato

Wah, komentar dari beberapa orang yang sudah meluangkan waktunya akan dapat memperkaya pengetahuanku. Apalagi kalau semuanya datang dengan sumber-sumber yang sahih dan layak dipercaya, bukan yang terlontar sebagai pelepasan dari dorongan emosional yang negatif …

Diskusi sangat menyenangkan dan menyukacitakan apabila semua peserta sudah memiliki pengetahuan yang memadai (bukan yang sekenanya, seenaknya, apalagi ‘ngarang sendiri …). Kejernihan hati dan fikiran, itulah yang utama sehingga mampu menambah wawasan.

Salam!

11 09 2009
Non Blogger

sekedar mampir sodara-sodara…
mencari kesejukan hati disini dan di Sains-Inreligion
Memahami agama dengan pikiran dan perasaan, masih ada harapan untuk Indonesia!

11 09 2009
Non Blogger

Ada contoh bagus dari Sumatra Utara untuk warga Indonesia di blognya Pak Iman
http://blog.imanbrotoseno.com/?p=968

11 09 2009
Garfield

Memang semakin menarik diskusi di situs ini, Lae. Apalagi kalau yg datang schollar2 muslim yg punya pengetahuan, bukan muslim yg baru baca satu dua ayat alkitab dan langsung nyerocos seolah ahli teologi perbandingan agama kelas wahid. Bikin kesel aja…:-)

11 09 2009
Garfield

@ Lovepassword

Memang selalu begitu argumen dari rekan-rekan muslim kalau kita mencoba menanyakan masalah kekerasan ini.

Saya luruskan lagi pertanyaannya kira-kira begini
” Kenapa ayat Alquran menyerukan untuk membunuh kaum kafir atau murtadin?”

Kira-kira filosofi yg melandasi ayat ini, apa?
“Jangan jawabannya: itu memang firman Allah”. Titik, gak ada lagi diskusi.

Atau
“Lha, di Alkitab juga ada kekerasan, cthnya, bla..bla..bla”
Itu namanya ad hominem tu quoque. Jawaban yg tidak relevan. Alasannya seolah-olah utk perbandingan apple to apple, tp sebenarnya ini jawaban ad hominem. Benar-benar Looooooooooja deh.

11 09 2009
Garfield

Ga, setuju. Karena berbeda sekali.

Yesus Kristus tidak pernah mengajarkan kekerasan dan pembunuhan. Sikapnya patut jadi teladan. Cek saja catatan hidupnya di Alkitab.

Muhammad mengajarkan kekerasan dan pembunuhan (dgn syarat bla..bla..bla..tp tetap saja menyetujui kekerasan dan pembunuhan, kan?)

11 09 2009
pargodungan

@ samsung

Wahh, rupanya kata-kata saya perlu ditegaskan lagi nih.

Begini, saya bukan mengatakan Allah Kristen dengan Islam sama. Saya tidak melontarkan pernyataan seperti itu kan? Saya sudah menerangkan, motifnya adalah untuk mengajak Fietria dapat duduk bersama. Itu dapat kita lakukan dengan mencoba memandang bahwa kita itu bersaudara di dalam garis keturunan Abraham. Saya rasa, apakah Tuhannya sama atau tidak, itu hanya dapat kita simpulkan kalau kita sudah dapat saling mengenal (baca: duduk bersama). Mohon diperhatikan, saya tidak berangkat dari argumen bahwa Tuhannya sama. Tapi berangkat dari argumen bahwa kita saudara di dalam garis keturunan Abraham. Motifnya adalah agar dapat berdamai dan berdialog. Bukan mempersoalkan mengenai kebenaran ajaran agama. Namun rupanya ajakan itu bukan hanya untuk Fietria, saya juga ngajak kita sekalianlah untuk dapat duduk bersama dengan damai. Hehehe

@ jephman
Wah, bukan saya tidak bisa menjawab komentar lae, tapi kalau pernyataan saya di atas tidak bisa jadi alasan untuk kita dapat duduk bersama dengan Islam lae, saya akan menawarkan satu konsep lain. Sekali lagi motifnya adalah agar kita dapat duduk bersama ya lae. Bukan untuk membangun debat kusir dengan mereka. Hehehe

Kita mulai dengan spiritualitas kristen. Apa itu spiritualitas kristen, tentu saya tidak akan menggurui lae. Kita sama-sama Kristen. Buahnya jelas termaktub dalam Galatia 5:22-23. Jika kita menerapkan spiritualitas kristen untuk membangun dialog dan perdamaian, apakah mungkin? Tentu saja mungkin. Spiritualitas Kristen mengajarkan kita agar dapat berhubungan dengan Tuhan dan dengan sesama kita. Coba ayat itu dipetakan, akan kelihatan bahwa itu sebenarnya menyangkut bagaimana kita dapat berhubungan dengan Tuhan dan dengan sesama. Mudah-mudahan lae sudah bisa menduga apa maksud saya.

Saya tidak membahas ‘kejahatan’ apa yang dilakukan Islam terhadap Kristen atau mempersoalkan Allahnya sama atau tidak. Tapi mempertanyakan bagaimana solusi yang tepat agar semua agama dapat duduk bersama. Oh iya, tahukah Anda bahwa di Jerman, Yahudi, Kristen dan Islam sering melakukan ibadah bersama? Mengapa itu bisa terjadi? Apakah teolog Kristen sudah mulai sesat, atau sudah munculkah keterbukaan terhadap penganut agama lain?

11 09 2009
jakpurut

@lovepassword

@jakpurut : Gaya kau itu sudah penuh retorika. Kalo ngomong dI TV tentu sudah panteslah dikau itu. Tetapi yang namanya retorika itu juga cuma retorika.Adanya konsep Nabi palsu tentu dikaitkan dengan ada juga yang asli. Hi Hi Hi

>>>>

ini bukan retorika bro, kalau kau mengerti perkataan kekal yg disampaikan Guru kami, tentu engkau tidak berpikiran begitu… baca akhir dari pernyataan ku…
siapa kira kira yg mencoba mengacaukan ini? yaa pasti jawaban nya adalah ” Malaikat Kegelapan ”

>>>>
1Tuhan YHVH telah memiliki perjanjian kekal dengan Abraham kpd anaknya Ishak dan keturunan nya. ===> Lha kau pikir Ismael tidak diberkahi Tuhan ? Kejem nian Tuhan menurut pola pikir kau itu.

baca alasa yg di berikan bro Fery… disana jelas perkataan Tuhan YHVH, apakah kau kira Tuhan YHVH itu rasis? pilih kasih? kalau baca baik baik bagaimana sejarah ismael hadir, tentu engkau mengerti…kalau ismael lahir bukan karena ” Janji Tuhan YHVH” itu semua karena keinginan “daging” dari abraham terhadap hagar…. keragu-raguan abraham akan janji itu menyebabkan hadirnya ismael, oleh karena itu abaraham sudah melanggar “Janji ” Tuhan, tapi Tuhan masih mengasihi Ismael… dan memberkati dia, tapi dosa dari abraham lekat kepada ismael :

“Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.“

you got the point?

>>>>>>>>>>>>>>

2. Jeshua sang Guru dari Nazareth adalah Tongkat itu , dan sudah beranjak pada saat Dia naik ke Surga. ===> Apa yang kau maksudken dengan beranjak ? Hi Hi Hi.
Maksudmu Era Kenabian berakhir gicu ??? Hi Hi Hi. Kalo era kenabian berakhir Yesus malah nggak perlu repot menyebutkan ciri2 Nabi palsu dong.

Hi HI HI HI He He Ho Ho wow wow Hi Hi….seterus nya hahahahahaha

oleh karena itu bro, bilang sama si nabi arab jgn sok PD mengaku nabi dari Tuhan nya Israel….malu atuh…. hahahahahahahaha sudah bukan turunan Yehuda, gak punya mujizat…berkelakuan super jahat lagi 🙂 ketawa saya baca pernyataan anda ini…. silahkan baca kembali postingan saya

“siapa kira kira yg mencoba mengacaukan ini? yaa pasti jawaban nya adalah ” Malaikat Kegelapan ” nah….si nabi arab ketemuan sama si malekat di Gua Hira yg gelap itu untuk mendapat ilmu Kungfu si malekat ini ….sudah jelas kan , kenapa akhirnya keluar versi produk palsu nya? atau mau detail lagi bro?

>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Whaduh, gayamu itu bro bro. Hi Hi Hi. Kalo janjiNya kekal, sudah tidak ada pengampunan untuk Adam dan Hawa berdasarkan konsep kalian tuh. Sekali makan buah mati ya mati. 🙂

SALAM
GBU

emang gaya ku apa bro??? gaya doggy style kah? hahahahahaha
sepertinya anda memang susah untuk mengerti pernyataan saya, saya maklum aja, ketahuilah bro…. ” Janji ” itu pertama kali dikatakan kepada Adam dan Hawa setelah mereka jatuh dalam dosa! oleh karena itu kemuliaan Tuhan mati didalam mereka, baca postingan lagi bro…. seperti nya ente ngomentar tanpa baca postingan saya…. main buru buru aja kau ini bah hehehehe…. sudah ku katakan ” janji dari Adam sampai Akhirnya Jeshua datang….” inilah Tugas Jeshua untuk memperbaiki kesalahan si Adam dan Hawa itu bro….biar tidak ” MATI” lageeeeeee 🙂

🙂

jakpurut

11 09 2009
jakpurut

@Pargodungan,

“saya tidak membahas ‘kejahatan’ apa yang dilakukan Islam terhadap Kristen atau mempersoalkan Allahnya sama atau tidak. Tapi mempertanyakan bagaimana solusi yang tepat agar semua agama dapat duduk bersama. Oh iya, tahukah Anda bahwa di Jerman, Yahudi, Kristen dan Islam sering melakukan ibadah bersama? Mengapa itu bisa terjadi? Apakah teolog Kristen sudah mulai sesat, atau sudah munculkah keterbukaan terhadap penganut agama lain?”

—-
pemikiran lae ini bagus soal duduk bersama, tapi perlu lah kita kerjakan dulu PR kenapa si Nurdin M top masih berkeliaran membunuhi orang tak berdosa demi keegoisan agamanya , ya ga lae?

kalau yg di jerman itu, jelas ini konsep sekuler, liberal… dinegara maju hal hal begitu biasa aja terjadi, tentu sangat luar biasa kalau lae bilang terjadi di Iran atau Afganistan, saya tidak bisa bilang teolog itu sesat atau tidak, yang pasti si teolog itu akan lebih baik menjadi ” Garam ” dan “Terang ” diantara mereka 🙂

11 09 2009
jakpurut

@Gardfield

itulah yg selalu ku tekan kan sama si lovepassword itu :

“ad hominem tu quoque” adalah Fallacy argument

11 09 2009
parhobass

yang pas gimana, mohon tambahan, biar sama ngga oto lae hehehe

11 09 2009
parhobass

“Ahhh durian itu berduri, ngga sedap dipandang mata…. sudah buang saja..”

setelah dibuka….

“Ahhh.. enakkalipun ini bah, apa namanya?”

“itu durian, yang tadi mau dibuang”

“Oh…., ah … ini ngga enak, buang saja”
“HUaaaakkkkksssss”…

MUNAFIX.com

11 09 2009
lovepassword

Saya tidak ingin terlalu ofensif, tetapi kalo anda mau jujur dan anda memang cukup rajin membaca Alkitab, anda pasti akan menemukan cukup banyak ayat dalam Alkitab yang isinya tidak saja memerintahkan perang, tetapi bahkan pembunuhan total suatu bangsa. Sebagian ayatnya sudah saya tampilkan di Cape deh (2)

Saya tidak mengatakan Kristen mendorong kekerasan, yang saya katakan adalah 1 > ada sejumlah ayat dalam masing2 agama yang berpotensi disalahgunakan melegalisasi kekerasan.
2> Secara faktual tindakan kekerasan atas nama agama juga pernah dilakukan pemeluk agama masing.

SALAM

11 09 2009
Garfield

@ Lovepassword.

Pasti sumber referensinya ayat-ayat di perjanjian lama kan?

Coba tunjukkan ayat di perjanjian baru, terutama perkataan Yesus, yang menyuruh kekerasan dan pembunuhan…! Saya pengen tau.

Mengenai tafsir-tafsir pemuka agama…itu bukan firman TUHAN. Saya hanya percaya Alkitab (sola scriptura). Tafsir bisa salah. Manusia bisa salah.

PS: Tolong jgn ad hominem…

11 09 2009
lovepassword

@Garfield : Saya punya murid TK yang begicu kucintai namanya jelasnggak. Lha gayanya dia itu persis banget kayak kamu. Ketika dia mengadili Islam, kemudian aku membahas dari sudut pandang Kristen, menurut dia itu ad hominem. Kalo jelasnggak kusebut namanya tiga kali pasti dia nongol di sini. Hi hi hi. Soalnya dia demikian sayang kepadaku. 🙂 😀

Betapa tipis bedanya ad hominem dengan apelmu itu kan ? 🙂

Kepada jelasnggak, aku sudah menjelaskan betapa tipis perbedaannya :

Kamu simak saja diskusiku dengan jelasnggak tercinta :

INILAH AD HOMINEM menurut versi jelasnggak tercinta :
http://imankristen.wordpress.com/2009/03/29/diskusi-poligami/#comment-6955

ADa cerita.

Jelasnggak : “Kamu membunuh tetangga sebelah, tindakan kamu itu salah Lovepass..!”

Lovepass : “Halaaah… jangan muna.. jangan double standard.. kamu juga dulu pernah membunuh laaa..”

jelasnggak : “Okey……saya memang pernah membunuh.. dan tindakan saya salah…. Lalu kalau gitu, kamu juga salah dong ya…?

Lovepass : “Hallaaah… jangan gitu jell.. jangan menghakimi saya jell,, kamu juga dulu pernah kan begitu..?”

Jelasnggak : “Oiya.. kan sudah saya katakan bahwa tindakan saya itu salah.. sekarang kamu membunuh, berarti kamu juga salah kan…?”

Lovepass : “Halaaah… ngga boleh begitu dong.. kalau kamu dulu pernah membunuh ya jangan memojokkan saya dengan pertanyaan seperti itu dong….”

.
.
.

Lihat.. di sini, si lovepass itu ngga menjawab apa-apa …yang dia lakukan cuman mengalihkan arah pembicaraan dengan cara bertanya balik ….

===============================================

LOVEPASSWORD Menjawab :

http://imankristen.wordpress.com/2009/03/29/diskusi-poligami/#comment-6998
Kamu pelajari saja model diskusi kita ini. Hik hik hik

Jelasnggak : “Kamu membunuh tetangga sebelah, tindakan kamu itu salah Lovepass..!”

lovepassword : Saya aparat negara. Tindakan saya tidak bisa dianggap salah, karena dia mengamuk ingin membunuh istri dan anaknya dengan golok, lah saya menolong anak perempuannya , kami rebutan golok – secara tidak sengaja goloknya menancap kena dia. Saya cuma membela diri dan memang tugas saya menyelamatkan nyawa seseorang.

Jelasnggak : Tindakan kamu tetap salah.

lovepassword : Tindakan saya bisa dibenarkan menurut hukum baik hukum negara maupun ajaran agama termasuk agama Islam bahkan Kristen.

Jelasnggak : Apa bukti omongan kamu ?

Lovepassword : DI dalam hukum negara saya dianggap membela diri serta menjalankan tugas saya selaku aparat negara. Menurut konsep Islam saya juga dianggap membela diri begicu juga menurut konsep Kristen. Saya dianggap tidak bersalah berdasarkan konsep just war yang diturunkan oleh Agustinus berdasarkan Roma 13: 4

jelasnggak : lovepassword, kamu telah melakukan ad hominem .
Jika Alkitab salah apakah berarti Alquran boleh salah ???

lovepassword : ??????????????????? ( bingung apa hubungannya sih )

===> Ad hominem apane

================================================

SALAM

11 09 2009
lovepassword

@Garfield : Saya punya murid TK yang begicu kucintai namanya jelasnggak. Lha gayanya dia itu persis banget kayak kamu. Ketika dia mengadili Islam, kemudian aku membahas dari sudut pandang Kristen, menurut dia itu ad hominem. Kalo jelasnggak kusebut namanya tiga kali pasti dia nongol di sini. Hi hi hi. Soalnya dia demikian sayang kepadaku. 🙂 😀

Betapa tipis bedanya ad hominem dengan apelmu itu kan ? 🙂

Kepada jelasnggak, aku sudah menjelaskan betapa tipis perbedaannya :

Kamu simak saja diskusiku dengan jelasnggak tercinta :

INILAH AD HOMINEM menurut versi jelasnggak tercinta :
http://imankristen.wordpress.com/2009/03/29/diskusi-poligami/#comment-6955

ADa cerita.

Jelasnggak : “Kamu membunuh tetangga sebelah, tindakan kamu itu salah Lovepass..!”

Lovepass : “Halaaah… jangan muna.. jangan double standard.. kamu juga dulu pernah membunuh laaa..”

jelasnggak : “Okey……saya memang pernah membunuh.. dan tindakan saya salah…. Lalu kalau gitu, kamu juga salah dong ya…?

Lovepass : “Hallaaah… jangan gitu jell.. jangan menghakimi saya jell,, kamu juga dulu pernah kan begitu..?”

Jelasnggak : “Oiya.. kan sudah saya katakan bahwa tindakan saya itu salah.. sekarang kamu membunuh, berarti kamu juga salah kan…?”

Lovepass : “Halaaah… ngga boleh begitu dong.. kalau kamu dulu pernah membunuh ya jangan memojokkan saya dengan pertanyaan seperti itu dong….”

.
.
.

Lihat.. di sini, si lovepass itu ngga menjawab apa-apa …yang dia lakukan cuman mengalihkan arah pembicaraan dengan cara bertanya balik ….

===============================================

LOVEPASSWORD Menjawab :

http://imankristen.wordpress.com/2009/03/29/diskusi-poligami/#comment-6998
Kamu pelajari saja model diskusi kita ini. Hik hik hik

Jelasnggak : “Kamu membunuh tetangga sebelah, tindakan kamu itu salah Lovepass..!”

lovepassword : Saya aparat negara. Tindakan saya tidak bisa dianggap salah, karena dia mengamuk ingin membunuh istri dan anaknya dengan golok, lah saya menolong anak perempuannya , kami rebutan golok – secara tidak sengaja goloknya menancap kena dia. Saya cuma membela diri dan memang tugas saya menyelamatkan nyawa seseorang.

Jelasnggak : Tindakan kamu tetap salah.

lovepassword : Tindakan saya bisa dibenarkan menurut hukum baik hukum negara maupun ajaran agama termasuk agama Islam bahkan Kristen.

Jelasnggak : Apa bukti omongan kamu ?

Lovepassword : DI dalam hukum negara saya dianggap membela diri serta menjalankan tugas saya selaku aparat negara. Menurut konsep Islam saya juga dianggap membela diri begicu juga menurut konsep Kristen. Saya dianggap tidak bersalah berdasarkan konsep just war yang diturunkan oleh Agustinus berdasarkan Roma 13: 4

jelasnggak : lovepassword, kamu telah melakukan ad hominem .
Jika Alkitab salah apakah berarti Alquran boleh salah ???

lovepassword : ??????????????????? ( bingung apa hubungannya sih )

===> Ad hominem apane

================================================

SALAM

11 09 2009
lovepassword

Saya membalas komentar di bawah, tetapi kadang2 mencelat ke atas. Bingung juga. Mesti pake reply nih.

11 09 2009
Garfield

Betul itu Lae.
Ciri-ciri si Lovepassword ini aku perhatikan:
– Suka argumentum ad hominem tu quoque (againts with irrelevant argument)
– Suka menulis argumentum ad nauseam . Teori Just war-nya diulang-ulang,
muter-muter terus tp tdk menjawab pertanyaan.
– Selain itu suka ad hominem abusive. menyerang pribadi. Misal dengan
menyebutkan pengetahuan kita minim, drpd mengapresiasi elu gw lebih
mengapresiasi tokoh2 gereja…dst..

11 09 2009
lovepassword

Aku sudah menjawab masalah ad hominem ini tapi masuk moderator, mungkin karena ada dua link di situ. Entahlah. Mudah-mudahan bisa diselamatkan sama Bapak Jephman. Kita tungguu sajalah.

11 09 2009
Angling Dharma

Pada dasarnya begini, orang Islam akan memandang apapun yg ditulis di Alkitab akan selalu salah karena mereka berangkat dari pemahaman “Alkitab sudah dipalsukan”, “Tidak ada yg lebih benar dari Islam dan Alquran”…tapi sesungguhnya sebagian besar orang Kristen tidak mempermasalahkan itu karena sesungguhnya Alkitab saja sudah lebih dari cukup untuk membela dirinya sendiri, dan pemahaman kekristenan sudah membentuk mindset orang-orang Kristen untuk tidak melakukan hal-hal NGGAK PENTING..sekeras apapun usaha orang untuk mengubek-ubek Alkitab, akan tetap berakhir pada kenyataan kalau Alkitab itu tidak bisa diperdaya, karena ayat satu dan lainnya akan saling menjawab.

Beberapa tahun lalu, ketika internet belum ditemukan, Islam dan Alquran bisa berdiri bebas dengan misteri-misteri gelapnya, karena Islam dan Alquran sebelumnya adalah Arab 100%, dimana pemeluk Islam di Indonesia dan dunia sebagian besar, ironisnya, justru tidak mengerti bahasa Arab. (Yang ini tidak perlu diperdebatkan, jujur saja dalam hati masing-masing). Islam adalah bangsa yg mudah panik dan sangat sensitif (kalau tidak bisa dibilang barbar), yg bila disinggung atau dikritik sedikit saja, maka nyawa menjadi taruhan. Tidak demikian dengan penganut agama lain, yg lebih menitik beratkan hubungan pribadi dengan Tuhan mereka, dan diluar itu dianggap tanggungjawab pribadi terhadap Sang Khalik.

http://www.faithfreedom.org adalah situs revolusioner yg sangat fenomenal, ketika ia menelanjangi Islam dengan kebenaran, fakta sejarah, statistik, kajian psikologis, dan keakuratan ilmiah, disamping para pendirinya sendiri justru berasal dari daerah yg dikenal sebagai pusat penegakan Syariah Islam, negeri para mullah, Iran. Coba saja para saudara terkasih Islam untuk membela diri sendiri di situs itu, di hati, dan di dunia ini. Tanya dirimu sendiri, introspeksi…kalau bisa 🙂

Saya kira, sekarang bukan saatnya lagi Islam berusaha menyerang agama lain (karena terbukti Islam hobi bentrok dengan agama apapun yg ada di dunia ini, bukan cuma Yahudi dan Nasrani, yg oleh mereka disebut turunan kera dan halal darahnya ditumpahkan (baca= bisa dibunuh seenaknya), masih ingat kan ketika mereka, contohnya, merusak properti Hindu di India, atau FPI yg mendemo habis-habisan dan mengancam pendirian gapura Buddha di Singkawang)

Islam semakin memperlihatkan “pesona liar” nya dengan maraknya aksi teror di seluruh dunia atas nama Islam dan Kaffah. Apakah ini yang disebut agama? Membunuh ribuan orang tak berdosa demi sebuah ideologi konyol. Kalau saja ada tuhan yg memerintahkan saya berbuat seperti itu demi membela dia, saya akan memilih lebih baik tidak bertuhan sama sekali. Eitsss…tapi seperti biasa Islam akan tampil bermuka dua, di hadapan publik mereka akan mengatakan “Islam tidak seperti itu, Islam itu damai”….cape dehhhh……..tapi giliran trio pembom Bali dikebumikan, ribuan orang histeris dengan tangan teracung, meneriakkan mantra berupa kalimat singkat yg bisa membuat orang sanggup memutilasi manusia, allahuakbar!

Inggris, Belanda, Amerika dan Perancis adalah 4 negara Barat yg kian hari kian kuat dicengkeram Islam, tapi itu bagus, karena setiap hari pula Islam yg sebenarnya semakin kelihatan disana (masih ingat kan seorang suami yang memenggal kepala isterinya di Amerika baru-baru ini, itu lho yg punya Bridges TV, TV Islami pertama di Amerika, sang suami memperlihatkan betapa indahnya Islam dengan memenggal kepala isterinya, dan itu diakuinya sebagai penegakan Islam terhadap isteri yg tidak patuh), menyadarkan semua orang yg sebelumnya teramat sangat welcome terhadap Islam yg mengklaim diri “Damai, Toleran, Menghargai Perempuan”

Masih ingat ketika Ahmad Deedat berceramah di taman-taman di Australia, dia menghujat Kristen, dan itu disaksikan ratusan orang Kristen yg baru pulang dari gereja. Mereka hanya bisa terpaku dan berdoa semoga Tuhan memaafkan Deedat. Deedat adalah tokoh Islam yg sangat diidolakan, dan spesialisasinya adalah menghujat Kristen dan merendahkan Yesus. Coba saja kalau itu terjadi sebaliknya, dimana ada seorang yg bukan Islam mengkritik (tidak usah menghujat) Islam di daerah manapun (bukan cuma jajirah Islam), bisa dipastikan hidupnya tidak akan lama lagi. Tapi Tuhan itu adil, Deedat sebelum menghembuskan nafas busuknya yg terakhir harus menderita sakit yg teramat sangat selama 9 TAHUN!!! Dia tergolek kesakitan, merintih, meraung di rumah sakit selama 9 tahun! Bayangkan!

ISLAM ITU DAMAI, TOLERAN, MENGHARGAI PEREMPUAN???? OH NO!!!!

11 09 2009
lovepassword

Mengobrak-abrik barang dagangan PKL di bait Allah itu juga kekerasan ihhh 🙂

Saya mengatakan ini tidak dengan maksud menyalahkan YEsus . Yang saya katakan adalah : Pendapat anda mengenai bagaimana seharusnya menyikapi kekerasan , saya rasa agak bermasalah.

Yang dimaksud dengan Alkitab itu Perjanjian Lama dan Baru. Jadi kalo saya katakan dalam Alkitab juga terdapat pameran kekerasan, secara argumentatif ini sungguh benar . Jadi permintaanmu ayat di PB dsb sebenarnya malah nggak relevan dengan jawabanku. Karena aku membahas Alkitab bukan cuma membicarakan Injil.

11 09 2009
lovepassword

Saya hanya percaya Alkitab (sola scriptura). Tafsir bisa salah. Manusia bisa salah.

===> Lha manusia bisa salah itu kan ya termasuk aku , juga Kamu. Kamu mau ngomong Sola Scriptura oke2 saja, lha yang menafsirkan terus siapa ? Manusia kan ? Lha kamu kan juga manusia jadi bisa salah juga.

Masalah Sola Scriptura adalah sesuatu yang sebenarnya irelevan dengan topik bagaimana memandang kekerasan, bahkan Sola Scriptura masih sangat debatable di kalangan Kristen sendiri. Gereja Katholik jelas menolak mentah-mentah Sola Scriptura.

Ketimbang meributkan Sola Scriptura, saya pengin tahu dulu, apakah kamu itu termasuuk manusia yang berpendapat bahwa kekerasan mutlak dilarang atau sebaliknya mengatakan kekerasan dalm keadaan tertentu diijinkan. Silahkan kamu sebutkan ayat yang menjadi dasar logikamu. Dua : Bagaimana sih sebenarnya pandanganmu mengenai PL ?

SALAM
GBU

11 09 2009
Garfield

@ Lovepassword

>>>>Mengobrak-abrik barang dagangan PKL di bait Allah itu juga kekerasan ihhh :)>>>

Walaupun ini masih dlm konteks ad hominem tu quoque, tp aku coba jawab:

Yesus mengobrak abrik pedagang kaki lima yg menggelar dagangannya
dalam Bait Allah, saya rasa itu wajar dan manusiawi sekali. Yesus yg datang
sperti manusia mempunyai reaksi spontan seperti manusia biasa yg
bisa marah ketika menyaksikan rumah Allah yg fungsinya utk ibadah tapi
kemudian berubah seperti pasar. Yesus mengembalikan fungsi Bait Allah
yg sebenarnya . Apakah hal ini anda katakan bahwa Yesus mengajarkan kekerasan ??? Yang
kejam justru si pedagang kaki lima itu karena dia berbuat seenak
udelnya dan semena – mena mengubah fungsi rumah ibadah jadi lapak utk
jualan dan tempat money changer…Yesus meluruskan yang salah, bukan mengajarkan kekerasan. Kalau Yesus disitu kasar dan keras dia bisa dikeroyok rame-rame.

>>>Yang dimaksud dengan Alkitab itu Perjanjian Lama dan Baru. Jadi kalo saya katakan dalam Alkitab juga terdapat pameran kekerasan, secara argumentatif ini sungguh benar . Jadi permintaanmu ayat di PB dsb sebenarnya malah nggak relevan dengan jawabanku. Karena aku membahas Alkitab bukan cuma membicarakan Injil.>>>

Permintaanku justru sangat relevan dengan pernyataanmu. Yg dikabarkan oleh misionaris dan orang percaya itu injil (kabar baik) bukan alkitab. Kan sudah berkali-kali dijelaskan pegangan orang percaya itu kitab perjanjian baru, namanya saja sudah perjanjian baru…untuk itulah YESUS datang. Firman sudah menjadi manusia.

>>>Pendapat anda mengenai bagaimana seharusnya menyikapi kekerasan , saya rasa agak bermasalah>>
Apa masalahnya? Itu yang difirmankan Tuhan Yesus di injil. Kasihilah musuhmu. Bila ditampar pipi kiri berikan pipi yang kanan. (Cari sendiri ayatnya di Alkitab)

11 09 2009
lovepassword

@Garfield :

Ferry berkata : Apa ada di Alkitab ditulis “Bunuhkan kafir-kafir non-kristen. Penggallah mereka, kejar sampai liang kubur?

lovepassword berkata : Saya tidak ingin terlalu ofensif, tetapi kalo anda mau jujur dan anda memang cukup rajin membaca Alkitab, anda pasti akan menemukan cukup banyak ayat dalam Alkitab yang isinya tidak saja memerintahkan perang, tetapi bahkan pembunuhan total suatu bangsa.

Saya rasa jelas bro kalo pada saat itu kami membicarakan Alkitab, lha wong tulisannya saja Alkitab bukan cuma Injil. 🙂

11 09 2009
Garfield

>>Lha manusia bisa salah itu kan ya termasuk aku , juga Kamu. Kamu mau ngomong Sola Scriptura oke2 saja, lha yang menafsirkan terus siapa ? Manusia kan ? Lha kamu kan juga manusia jadi bisa salah juga>>

Alkitab terutama injil adalah sumber utama, atau yang memiliki wibawa tertinggi. Kalau pun ada sumber lain yang mengajarkan sesuatu yang benar (mis. buku hukum, norma sosial, tafsir Agustinus, tafsir lovepassword, dll.), tentu saja kebenaran itu perlu selalu diuji berdasarkan dan diterangi oleh Alkitab. “Ujilah SEGALA SESUATU dan PEGANGLAH YANG BAIK.” (I Tesalonika 5:21)

DASAR ALKITABIAH untuk semboyan ‘Sola Scriptura’, II Timotius 3:14-17, ” Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu. Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”

>>>Masalah Sola Scriptura adalah sesuatu yang sebenarnya irelevan dengan topik bagaimana memandang kekerasan, bahkan Sola Scriptura masih sangat debatable di kalangan Kristen sendiri. Gereja Katholik jelas menolak mentah-mentah Sola Scriptura>>>

Kan karena kamu sendiri yg awalnya melontarkan teori just war-mu, itu…makanya aku kasih tau pandanganku (sebagai umat protestan) ttg tafsir teolog yg kau ulang2 itu. Soal Gereja Katolik “menolak mentah2” darimana sumber sahihmu? (Wiki?)

>>>Ketimbang meributkan Sola Scriptura, saya pengin tahu dulu, apakah kamu itu termasuuk manusia yang berpendapat bahwa kekerasan mutlak dilarang atau sebaliknya mengatakan kekerasan dalm keadaan tertentu diijinkan. Silahkan kamu sebutkan ayat yang menjadi dasar logikamu. Dua : Bagaimana sih sebenarnya pandanganmu mengenai PL ?>>>

Tuhan tidak pernah ambigu. Dia selalu konsisten.
* Matius 5:39
LAI TB Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
Yesus Kristus mengajar agar kita tidak mendendam atau berusaha melakukan pembalasan. Mungkin anda tidak pernah ditampar seseorang (kalau pun ada) mungkin tidaklah sering. Tetapi mungkin diantara kita ada yang sering menghadapi hinaan, baik besar atau kecil. Dalam hal seperti itu Yesus mengatakan, bahwa murid yang sejati tidak akan mendendam atau membalas penghinaan apapun yang diterimanya.

Ini merupakan suatu ilustrasi/ contoh yang dipakai Tuhan yesus untuk menunjukkan bahwa cara hidup Kerajaan Allah lebih banyak tuntutannya daripada apa yang dikatakan dalam Hukum Taurat.

11 09 2009
Garfield

Kalau mau jujur? Maksudnya kami bohong gitu? Apa yg ada dihati biasanya itu yg diungkap, org yg khawatir dibohongi biasanya org yg suka bohong…

Semua kita setuju banyak cerita di PL di mana TUHAN memerintahkan peperangan.
Tidak ada yg bohong. Cuma kita pengen tau kalau ada ayat di PB yg melegalkan kekerasan dan pembunuhan. jangan asal nuduh…

Saya pribadi menganggap PL hanya sebagai pengantar dari Tuhan untuk menyatakan dirinya. Kalau dibaca secara lengkap dan komprehensif inti penjelasan PL adalah TUHAN menjanjikan messias. Orang Yahudi yg masih merefer ke Hukum Taurat. FIRMAN yg menjadi Manusia (Yesus) mengajarkan penggenapan hukum Taurat. Segala aturan-aturan ritual yg dilakukan org Ahli2 taurat Yahudi, tidak lebih penting daripada kasih kita kepada Tuhan dan sesama. Jadi, ajaran2 di PL direvisi oleh Tuhan Yesus. Dan Paulus dipilih Tuhan Yesus untuk menjelaskan ajaran-ajarannya (diilhami oleh Roh Kudus, bukan Jibril) agar lebih mudah untuk dimengerti.

11 09 2009
lingga

Kalau begitu pasti mereka bintang felem porno, hihihi

11 09 2009
lovepassword

@Garfield : Kan karena kamu sendiri yg awalnya melontarkan teori just war-mu, itu…makanya aku kasih tau pandanganku (sebagai umat protestan) ttg tafsir teolog yg kau ulang2 itu. Soal Gereja Katolik “menolak mentah2″ darimana sumber sahihmu? (Wiki?)

==> Gini ya temanku : Masalah just war dan sola scriptura, OK Mari kita bahas ini satu demi satu :

TOPIK Pertama : Masalah just war, kamu punya ketegasan dalam hal ini. Ada banyak rekan2 diskusi Kristen yang melemparkan masalah just war ini seolah aku salah tangkep. Lha saat mereka kutanya bagaimana seharusnya mengartikan just war kemudian mereka memilih tidak menjawab. Kamu tidak seperti itu karena kamu jelas dan tegas bersikap. Kamu berdiri menentukan posisi secara tegas.
Tetapi perlu saya beritahukan bahwa konsep just war itu bukan cuma dianut oleh Katholik saja, banyak juga pakar Protestan yang menganut just war ini, bahkan Martin Luther pun juga mendukung just war.

Anda berkata gini yah :
Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
Yesus Kristus mengajar agar kita tidak mendendam atau berusaha melakukan pembalasan. Mungkin anda tidak pernah ditampar seseorang (kalau pun ada) mungkin tidaklah sering. Tetapi mungkin diantara kita ada yang sering menghadapi hinaan, baik besar atau kecil. Dalam hal seperti itu Yesus mengatakan, bahwa murid yang sejati tidak akan mendendam atau membalas penghinaan apapun yang diterimanya.

==> Just war tidak ada kaitannya dengan balas dendam seperti ayat yang kamu posting. Just War itu kaitannya dengan ketertiban masyarakat.
Jika teman kamu dibunuh , kamu boleh saja memaafkan pembunuhnya – itu sesuatu yang mulia.
Tetapi dalam perspektif system bagaimanapun yang bersalah tetap harus diadili sesuai kejahatannya. Tentu saja tidak sembarang orang berhak mengadili melainkan harus sesuai aturan hukum yang berlaku. Lha kekerasan itu legal harus dilihat dalam perspektif itu. Melindungi masyarakat agar tidak terkena dampak kejahatan selaras dengan hukum Kasih

Masalah cara menafsirkan kekerasan, saya rasa pakar Alkitab menilai ayat2 yang berhubungan dengan ini secara komprehensif baik PL maupun PB. Salah satu ayat kuat di dalam PB yang mendukung just war adalah Roma 13 ayat 4.

TOPIK Kedua : Masalah Sola SCRIPTURA
Soal Gereja Katolik “menolak mentah2″ darimana sumber sahihmu? (Wiki?)

===> Sebenarnya mengecek semua perkataanku mudah ya : Anda bisa ketikkan justwar + Katholik atau Sola Scriptura + Katholik di google maka anda akan menemukan ratusan link terkait dengan topik ini , Masalah wiki itu bisa jadi salah satu sumber, tetapi jelas bukan sumber satu-satunya. (en.wikipedia.org : Sola_scriptura). Anda bisa membaca topik ini di banyak forum baik Katholik maupun Protestan.

Di dalam Katholik ada konsep Tradisi Suci, jadi bukan cuma berasal dari sumber tertulis saja atau Kanon saja karena itulah Katholik menolak Sola Scriptura.

Ayat2 yang dipost oleh SUmber Katholik yang mendukung penolakan terhadap Sola Scriptura :

2 Tesalonika 2:15
Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

Kitab Suci adalah bagian dari Tradisi Suci , Alkitab itu ada justru karena ada tradisi . Gereja KAtoliklah yang pada akhirnya menyusun Alkitab.

Beberapa ayat yang mendukung Tradisi Suci :

2 Tesalonika 3:6
Tetapi kami berpesan kepadamu, saudara-saudara, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, supaya kamu menjauhkan diri dari setiap saudara yang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami.

1 Korintus 11:2
Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguh berpegang pada ajaran yang kuteruskan kepadamu.

SALAM

GBU

11 09 2009
lovepassword

Whaduh komentar di sini kok kadang meloncat-loncat nggak urut ya : Apa settingannya WP ya :

@Garfield : Kan karena kamu sendiri yg awalnya melontarkan teori just war-mu, itu…makanya aku kasih tau pandanganku (sebagai umat protestan) ttg tafsir teolog yg kau ulang2 itu. Soal Gereja Katolik “menolak mentah2″ darimana sumber sahihmu? (Wiki?)

==> Gini ya temanku : Masalah just war dan sola scriptura, OK Mari kita bahas ini satu demi satu :

TOPIK Pertama : Masalah just war, kamu punya ketegasan dalam hal ini. Ada banyak rekan2 diskusi Kristen yang melemparkan masalah just war ini seolah aku salah tangkep. Lha saat mereka kutanya bagaimana seharusnya mengartikan just war kemudian mereka memilih tidak menjawab. Kamu tidak seperti itu karena kamu jelas dan tegas bersikap. Kamu berdiri menentukan posisi secara tegas.
Tetapi perlu saya beritahukan bahwa konsep just war itu bukan cuma dianut oleh Katholik saja, banyak juga pakar Protestan yang menganut just war ini, bahkan Martin Luther pun juga mendukung just war.

Anda berkata gini yah :
Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
Yesus Kristus mengajar agar kita tidak mendendam atau berusaha melakukan pembalasan. Mungkin anda tidak pernah ditampar seseorang (kalau pun ada) mungkin tidaklah sering. Tetapi mungkin diantara kita ada yang sering menghadapi hinaan, baik besar atau kecil. Dalam hal seperti itu Yesus mengatakan, bahwa murid yang sejati tidak akan mendendam atau membalas penghinaan apapun yang diterimanya.

==> Just war tidak ada kaitannya dengan balas dendam seperti ayat yang kamu posting. Just War itu kaitannya dengan ketertiban masyarakat.
Jika teman kamu dibunuh , kamu boleh saja memaafkan pembunuhnya – itu sesuatu yang mulia.
Tetapi dalam perspektif system bagaimanapun yang bersalah tetap harus diadili sesuai kejahatannya. Tentu saja tidak sembarang orang berhak mengadili melainkan harus sesuai aturan hukum yang berlaku. Lha kekerasan itu legal harus dilihat dalam perspektif itu. Melindungi masyarakat agar tidak terkena dampak kejahatan selaras dengan hukum Kasih

Masalah cara menafsirkan kekerasan, saya rasa pakar Alkitab menilai ayat2 yang berhubungan dengan ini secara komprehensif baik PL maupun PB. Salah satu ayat kuat di dalam PB yang mendukung just war adalah Roma 13 ayat 4.

TOPIK Kedua : Masalah Sola SCRIPTURA
Soal Gereja Katolik “menolak mentah2″ darimana sumber sahihmu? (Wiki?)

===> Sebenarnya mengecek semua perkataanku mudah ya : Anda bisa ketikkan justwar + Katholik atau Sola Scriptura + Katholik di google maka anda akan menemukan ratusan link terkait dengan topik ini , Masalah wiki itu bisa jadi salah satu sumber, tetapi jelas bukan sumber satu-satunya. (en.wikipedia.org : Sola_scriptura). Anda bisa membaca topik ini di banyak forum baik Katholik maupun Protestan.

Di dalam Katholik ada konsep Tradisi Suci, jadi bukan cuma berasal dari sumber tertulis saja atau Kanon saja karena itulah Katholik menolak Sola Scriptura.

Ayat2 yang dipost oleh SUmber Katholik yang mendukung penolakan terhadap Sola Scriptura :

2 Tesalonika 2:15
Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

Kitab Suci adalah bagian dari Tradisi Suci , Alkitab itu ada justru karena ada tradisi . Gereja KAtoliklah yang pada akhirnya menyusun Alkitab.

Beberapa ayat yang mendukung Tradisi Suci :

2 Tesalonika 3:6
Tetapi kami berpesan kepadamu, saudara-saudara, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, supaya kamu menjauhkan diri dari setiap saudara yang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami.

1 Korintus 11:2
Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguh berpegang pada ajaran yang kuteruskan kepadamu.

SALAM

GBU

12 09 2009
Sujarwo Tedjo

Sampurason…, Di judul posting kali ini….
Saya menilai mulai dari yang pertama memberi komentar yakni Jolmanaoto sp yang terakhir Garfield, saya beri statistik kuantitas dan kualitas sbb :

Kuantitas
1. Jolmanaoto = ada 6 komentar
2. Parhobas = ada 9 komentar
3. Fietria = ada 6 komentar
4. hh = cuman 1 komentar
5. Jephman = ada 5 komentar
6. Alex = cuman 1 komentar
7. Fery = ada 3 komentar
8. Garfield = ada 10 komentar
9. lovepasword = ada 11 komentar
10. Jakpurut = ada 7 komentar
11. Robinson Agus = ada 1 komentar
12. Pargodungan = ada 5 komentar
13. Dongan = ada 3 komentar
14. Tanobato = cuman 1 komentar
15. Samsung = ada 2 komentar
16. Rodrymikhael = ada 2 komentar
17. Jahe Rajagukguk= cuman 1 komentar.

Secara kualitas, pemberi komentar yang lumayan bagus menurut yg terbaik hingga sedang adalah sbb :
1. Melathie = point 75
2. Pargodungan = point 60
3. Jolmanaoto = point 50
4. Garfield = point 45
5. Lovepassword = point 40
6. Robinson Agus = point 35
7. Parhobas = point 30
8. Jephman = point 25
9. Jackpurut = point 20
10Tanobato = point 10.

Diluar yang ke-10 orang tsb kriteria dgn kualitas, memiliki komentar ys sangat buruk, yakni asal komentar tanpa usaha dan komentar yang menyerah sampai putus asa ( spt Fitroh yg ngancam mau mati) termasuk jg saya yg cuman bisa menilai. HAHAHAHAHAHa I LOVE YOU FULL HAHAHAHAHa

12 09 2009
rodrymikhael

kuantitas tidak selalu sebanding dengan kualitas, hahahaha…….

12 09 2009
jakpurut

@Sujarwo Tedjo

sejak kapan kau jadi Tim penilai??? standar apa kau pakai kawan? aku mau lihat kualitas pemikiran mu….mari kita diskusi !

12 09 2009
Sujarwo Tedjo

@ Jakpurut

Kau terlalu pintar bro… tetapi gaya dan penjelasanmu tidak akan pernah masuk ke hati dan pikiran kami orang-orang Muslim !!!! Apa yang mau didiskusikan denganmu. So what gitu lho…
Kau mulai dari mana ?

@ Rodrymikhael

Saya sengaja mengurutkan jumlah para komentar apa sama dengan kualitas para komentar, ternyata tidak bro … gitu aja koq repot

12 09 2009
Sujarwo Tedjo

@ Garfield

Dari An-Nu’man bin Basyir r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, “Perumpamaan orang-orang Mu’min dalam cinta mencintai, kasih mengasihi dan rahmat merahmati adalah bagaikan satu badan, apabila salah satu anggotanya menderita sakit maka menjalarkan penderitaan itu ke seluruh badan hingga tidak dapat tidur dan panas.”

(Bukhari – Muslim) .

Walaupun kebenaran yang menurut kelian kaum Kristiani itu benar tapi saya ingatkan itu tidak benar bagi kami kaum muslimim muslimat. Kami akan bersatu seluruh kaum muslimim jika ada salah satu dari saudar/i kaum kami tersakiti dan terzolimin.

12 09 2009
Naoto

ALKITAB MANA yang mencatat DAUD adalah NABI? Terbitan mana itu? Terbitan PKS?
Daud adalah RAJA, Raja orang bangsa Ibrani (ISRAEL), bukan NABI.

Ngotot amat bilang Daud itu Nabi

12 09 2009
rodrymikhael

ok boleh boleh…ntar saya bikin jg Top Ten versi saya…. biar nama saya masuk lho, hehehehehe 😀

12 09 2009
Garfield

Saling mengasihi sesama muslim tetapi boleh menghalalkan darah kafirun dan murtadin?

Bersatu untuk jihad berperang ke afganistan, irak, poso, moro, untuk masuk jannah jadi pengantin 72 bidadari yg selalu perawan?

12 09 2009
Garfield

Kalau aku sih kasih nilai 95 buat si lovepassword, 90 si Fitriea dan 5 buat Jarwo Kwat…:-)

12 09 2009
manusia

Kenapa sih kalian semua ribut soal agama, seandainya kalau tidak ada agama islam dan kristen, apa kalian masih tetap begini? Marilah hidup dengan damai, majukan keberadapan manusia dengan ilmu dan pengetahuan, agama adalah keyakinan pribadi manusia masing-masing, kita ini saudara, kalau kita masih berpikiran picik bukan modern, kapan lagi indonesia ini maju…

12 09 2009
lovepassword

Pointnya bisa ditukarkan bakso nggak ? 🙂

12 09 2009
lovepassword

@Garfield : Itulah yang saya maksud dengan perbandingan nggak nyambung. Hi hi hi.

Mestinya dalam bahasa yang lebih puitis omongan standardnya gini :

Semua orang Kristen adalah satu tubuh dengan Yesus sebagai kepalanya

Lha itu yang namanya membandingkan x dengan x , membandingkan y dengan y.

Tidak ada masalah sama sekali bila sesama saudara seagama saling merasakan penderitaan yang lain. Dalam Islam itu dianjurkan dalan Kristen ya dianjurkan. Masalah kekerasan atas nama agama itu urusan lain.

12 09 2009
jakpurut

@sujarwo

aku mulai dengan 2 pertanyaan:

1. Kenapa nabiku yg di dalam kitab suciku digambarkan dengan moral rendah dan sadis? walaupun aku dapati dia diceritakan berbuat baik… kenapa ada sifat barbarnya nan kejam? kenapa tuhan tidak memberikan nabiku sifat sifat yg selevel dengan Nabi Isa? bukan kah nabi ku ini juga nabi tuhanya Nabi Isa? kenapa nabi yg mulia ini punya latar belakang pembunuh, perampok, pemerkosa dan narisitik? kenapa tuhan??? apa tuhan tidak salah pilih orang? atau dia itu hanya nabi palsu yg di tempat dan situasi yg beruntung saja?

2. surga yg digambarkan nabiku kenapa penuh dengan urusan selangkangan? apakah tujuan Tuhan yg menciptakan beribu ribu galaksi, menciptakan manusia dgn kehidupannya, menciptakan sesuatu ini dengan indah dan kompleks akan berakhir di surga yg penuh urusan sex, minuman anggur, bidadari bidari…. serendah inikah level Tuhan? dia begitu perkasa dengan kekuasaanNya menciptakan Alam semesta ini, Dia Maha segala galanya….kenapa berakhir di tempat yg mirip dengan lokalisasi? ahhh benar gak itu Tuhan sejati? kalau bikin surga yg di idam idamkan nabiku dan kami umatnya..bukankah surga spt itu bisa di buat di bumi ini? bukan kah itu bisa diatasi dengan urusan uang? Bill Gates orang terkaya di dunia ini, dengan sedikit kekayaan nya saja bisa menciptakan surga nya yg di janjikan nabiku…apakah Bill Gates selevel dengan tuhanku?? apakah tuhan yg diperkenalkan nabiku ini Tuhan sejati??

12 09 2009
gubat

horas

12 09 2009
parhobass

@Lovepassword
@Garfield
@jakpurut…

arument tetang kekerasan (kekerasan dalam arti merusak) adalah sebagai begini…

jakpurut dan garfield cs menjelaskan standard moral Kristus, jadi memang tidak ada kekerasan. Karena image inilah yang digunakan untuk menciptakan dunia, yaitu BAIK.

sedang lovepassword menjelaskan ada ayat, ajaran, doktrin tertentu di ajaran yang sama dari Kristus yang berbau “kekerasan” dengan mengacu kepada berbagai masalah yang ditimbulkan oleh orang-orang yang mengaku pengikut Kristus tersebut…

khusu lovepassword, memang manusia tidak lepas dari nafsu, keinginan. sehingga yang mengaku kristen, tetapi masih melakukan apa yang bukan wajah Kristus sama saja mereka di luar Kristus.

tetapi semua itu demi “firman harus tergenapi”
1Jn 2:19 Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

artinya, ketika lovepassword “ngotot” x dibandingkan x atau y dibanding y, maka saya kira lovepassword telah melakukan kesalahan yang sama, yaitu x terhadap y atau y terhadap x. yaitu ketika garfiled dan jakpurut cs menjelaskan tentang image Kristus yang seharusnya, lovepassword menjelaskan tentang keadaan manusia yang tak lepas dari sala tafsir.

jadi kalau konsisten x terhadap x atau y terhadap y, maka diskusilah dengan ajaran-ajaran Kritus itu, lalu dengan manusia2 di dalamnya.

dan pada ujungnya karena yang diskusi di sini juga masih manusia, masih tidak mungkin tidak lepas dari salah, so ngapain ngotot harus merasa benar?

Hanya TUHAN yang benar, mengartikan, Ia tidak pernah salah. diskusi kita akan benar dan berkuasa, kalau kita sudah di dalam TUHAN… dan tentunya semuanya hanya dipergunakan untuk menjawab dan menerangakan secara lemah lembut.

13 09 2009
rodrymikhael

udah, kasih 100 aja buat yg bang jephman selaku raja huta di sini wkwkw

13 09 2009
rodrymikhael

hayooo ada yg bisa jawab gak? hihihi

13 09 2009
Samsung

@all

Berbicara mengenai perjumpaan kristen dan islam di masa lalu maupun perjumpaan islam dan kristen di masa kini adalah sangat menarik.
Di masa lalu, pada abad 7 ketika islam memulai ekspansi, kristen melihatnya sebagai sebuah sekte yang aneh. Islam mengakui dalam kitab mereka beberapa orang keturunan Abraham sebagai nabi-nabi mereka dan peristiwa-peristiwa dalam kitab Taurat Yahudi (perjanjian lama bagi orang kristen). Bahkan lebih jauh islam juga mengambil bagian dari kitab perjanjian baru (setelah kanon) sebagai bagian dari kitab mereka. Akan tetapi karena pengakuan islam terhadap Yesus sebagai nabi saja, maka kristen pada masa itu mengganggap islam adalah agama baru diluar kristen.
Pada awal pertemuan ini, islam mendominasi dan kristen sebagai yang mayoritas pada abad itu harus menerima masa kelam kedua dimana dimana-mana umat Tuhan dibantai dan gereja dinodai oleh pasukan islam. Bahkan karena begitu kerasnya islam saat itu, jutaan manusia (termasuk orang kristen) dipaksa pindah memeluk islam atau kalau tidak, mereka akan dibunuh. Selain dengan cara kekerasan, saat itu islam juga mengakomodasi jalan kelembutan. Surga dengan 72 bidadari perawan ditawarkan. Dalam kitab sucinya nama-nama nabi yahudi dan bahkan Yesus digunakan sebagai pembenaran agamanya (banyak artis dan pesohor yang terjebak karena persoalan nama-nama yang mirip ini).
Akibat kedua jalan penyebaran keras dan lembut, islamisasi ini berlanjut hingga seluruh jazirah arab dikuasai islam hingga saat ini bahkan hingga eropa dikepung di seluruh sisinya (spanyol di barat, dan byzantium di timur). Hal ini mengakibatkan secara ekonomi eropa sudah takluk dan dalam hal agama kristen secara teori tinggal menunggu waktu saja untuk punah.
Dalam perjalanan waktu, dunia berubah. Dunia semakin maju karena kembali pada prinsip-prinsip dalam Alkitab seperti bekerja keras dan kasih. Kasih menjadi dasar pendirian berbagai lembaga dunia seperti, pengadilan internasional, konvensi jenewa, amnesty international, red cross international, dsb.
Kenapa kristen dapat bertahan lagi setelah masa kelam pertama dibawah romawi dan di masa kelam kedua karena islam?
Satu senjata kristen pada masa itu sehingga dapat bertahan hingga saat ini. Yaitu KASIH.
Jangan lupakan KASIH, terutama untuk mengasihi orang yang berbuat jahat pada kita. Doakan mereka dalam waktu doa kita. Ada beberapa inisial dalam blog ini yang bisa kita doakan agar dikuatkan imannya, agar diberi hikmat dalam menulis, agar jangan mati sebelum menerima Yesus Kristus dalam hidupnya, agar kekerasan hatinya dilembutkan Tuhan, dsb.
Jadi lawanlah islam dengan KASIH setulus merpati dan secerdik ular. Sulit? Tentu saja sulit. Karena ular yang cerdik biasanya sangat sulit juga untuk tulus seperti merpati, sedangkan bersikap setulus merpati saja akan sia-sia.
Bersikap keras pada islam akan sia-sia saja karena benih-benih islam sendiri adalah kekerasan. Mereka akan melawan kekerasan kita dengan hal yang lebih keras lagi.

GBU

13 09 2009
lovepassword

@parhobass : Terimakasih atas komentarnya.

khusu lovepassword, memang manusia tidak lepas dari nafsu, keinginan. sehingga yang mengaku kristen, tetapi masih melakukan apa yang bukan wajah Kristus sama saja mereka di luar Kristus.

tetapi semua itu demi “firman harus tergenapi”
1Jn 2:19 Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

artinya, ketika lovepassword “ngotot” x dibandingkan x atau y dibanding y, maka saya kira lovepassword telah melakukan kesalahan yang sama, yaitu x terhadap y atau y terhadap x. yaitu ketika garfiled dan jakpurut cs menjelaskan tentang image Kristus yang seharusnya, lovepassword menjelaskan tentang keadaan manusia yang tak lepas dari sala tafsir.

jadi kalau konsisten x terhadap x atau y terhadap y, maka diskusilah dengan ajaran-ajaran Kritus itu, lalu dengan manusia2 di dalamnya.

===> Hi Hi Hi, Oke deh ya :

Mari kita bicarakan ini pelan-pelan dengan hati-hati 🙂
Kronologisnya kan gini :
Ada kekerasan yang mengatas namakan agama, dalam hal ini yang dibicarakan adalah Islam. Rekan2 di sini mengatakan bahwa kekerasan itu ada karena akibat ajaran agama pelakunya. Kurang lebih seperti itu.

Saya mengatakan bahwa ada tren pemikiran tidak adil seperti itu, dimana kita cenderung memakai standard ganda. Kekerasan bila itu terjadi pada agama lain, kita katakan berasal dari kesalahan ajaran agama , sedangkan bila kekerasan itu dilakukan oleh penganut agama sendiri dianggap kesalahpahaman atau akibat ketidakmengertian memahami ajaran agama.

Gampangannya : Kalo ada penganut agama X salah, ngebom dsb itu karena agamanya yang goblok, nggak beres. Lha kalo ada penganut agama Y yang salah itu karena orangnya yang goblok nggak paham mengenai ajaran agamanya.

Saya katakan : Kalo masalah salah paham atau salah tafsir tentu saja itu debatable . Setiap pelaku kekerasan itu ya nggak pernah merasa kalo mereka salah tafsir. Ada ayat tertentu dalam ajaran agamanya yang mereka pahami sebagai pembenar tindakan mereka itu.

Rekan-rekan di sini fokus hanya melihat melalui ajaran Yesus. Kemudian diadu dengan ayat2 tertentu dalam AlQuran. Dimana ayat yang ditampilkan adalah ayat yang jelas sama sekali berada pada posisi berlawanan. Ayat yang sedang membahas mengenai perang dibandingkan dengan ayat yang memahas mengenai mengasihi manusia lain. Padahal ada juga ayat yang memahas mengenai mengasihi manusia dalam AlQuran. Itulah yang saya sebut sebagai perbandingan agama yang tidak seimbang.

Beberapa rekan di sini mencoba mengaitkan kekerasan ini dengan Perjanjian Baru saja , lebih spesifik Injil saja – ayat2 kekerasan dalam PL harus diabaikan karena PL harus dilihat dalam kacamata PB .

Saya membuat beberapa bantahan argumentatif di sini.

Pertama : Kita sedang membuat perbandingan agama di sini. Saya rasa sebenarnya cukup pantas bila Kitab Suci dibandingkan dengan Kitab Suci. Jadi kalau sudut pandangnya Islam – Kristen tentu saja perbandingannya AlQuran dan Alkitab bukan cuma membandingkan satu Kitab Suci dengan satu atau beberapa surat .

Kedua : Ini memang bantahan sangat klasik dari rekan2 Kristen ketika berdiskusi masalah kekerasan. Mereka berlindung di balik dalih PL harus dilihat dari kacamata PB tetapi sayangnya masih ada beberapa sisi yang juga perlu diperhatikan :

– PL dan PB adalah bagian dari keseluruhan Alkitab. Pemisahan PL dan PB seperti itu bahkan bisa dianggap bidah oleh beberapa aliran Kristen lain.
– Yesus tidak pernah menolak PL karena Yesus sendiri yang bilang bahwa satu Iota dari hukum Taurat tidak akan lenyap.

Rasanya ajaib bukan jika Allah yang mengijinkan kekerasan dalam PL, menyuruh bangsa Israel perang, dsb mendadak berubah pikiran setelah Yesus dilahirkan. Berdosakah Nabi Musa dan lainnya yang mematuhi perintah Allah menyerang bangsa2 lain jika ditinjau dari persepsi hukum Kasih Yesus ?

Masalah ini terjadi karena rekan2 tidak melihat masalah ini secara komprehensip. Allah yang sama yang mengajarkan jangan membunuh adalah Allah yang menyuruh Musa, dkk berperang . Lalu bagaimana anda memandang peristiwa itu ? Anda harus ingat bahwa perintah Jangan membunuh sudah ada sejak dulu, bukan setelah Yesus lahir.

– Ayat yang berpotensi disalahartikan sebenarnya tidak cuma ada di perjanjian lama saja, karena kelompok Kristen garis keras atau penyalahgunaan agama Kristen untuk kekerasan untuk perang di masa lalu dsb juga punya dalil dalam perjanjian baru di antaranya Ayat Lukas 14 ayat 23 yang pernah kuposting. Ayat Roma 13 ayat 4 juga kadang dipakai sebagai pembenar.

– Kekerasan sepanjang ada alasan yang kuat untuk itu juga dibenarkan oleh Gereja , baik Gereja Katholik yang diwakili oleh Agustinus, Aquinas serta gereja Protestan yang diwakili oleh Luther, Zwingli, dll.
Para pakar Alkitab yang saya sebutkan menilai masalah ini secara komprehensip berdasarkan keseluruhan isi Alkitab , bukan sekedar mengambil secara tekstual satu ayat : Kalo ditampar satu pipi berikanlah pipi yang lain.

Yang dibicarakan Yesus adalah hubungan antara manusia dengan manusia. Bila kamu dibacok orang kamu sabar baguslah itu. Kamu ampuni orang lain itu bagus.

Tetapi just war melihat juga dari perspektif sistem, bahwa mencegah kejahatan ada itu juga merupakan bagian dari hukum Kasih. Dalam perspektif sistem, penjahat harus dihukum agar kejahatan tidak meluas, bahkan meskipun secara pribadi kamu bisa mengampuni orang itu. Dan itu dianggap justru sejalan dengan hukum Kasih.

Ketika saya membandingkan aturan kekerasan di dalam Islam vs aturan kekerasan dalam Kristen, menurut saya saya telah membandingkan dengan sangat adil.

Ketika saya membandingkan adanya kekerasan di dalam Islam vs adanya kekerasan di dalam Kristen, saya juga merasa sudah membandingkan cukup adil.

Saya rasa demikian saudara Parhobass.
SALAM

GBU

13 09 2009
lovepassword

@jakpurut : Masalah kekerasan pada point satu , sudah tak bahas jadi nggak perlu rasanya diperpanjang lagi hi hi hi

Masalah kedua yaitu Surga. Konsep Surga Neraka itu apa sih ? Gambaran mudahnya Surga Neraka itu reward dan punishment. Ada sisi hadiah ketika berbuat baik dan hukuman bila kita berbuat baik. Konsep yang oleh atheis sering dianggap sebagai konsep kekanak-kanakan. 🙂

Sebagai reward tentu ada sisi yang harus kamu lihat – selain terserah pemberinya, yang namanya hadiah memang harus menarik bagi calon penerima hadiah. Karena itulah ada sisi manusiawi dalam konsep Surga.

Tetapi ada sisi lain yang juga mesti dilihat bahwa yang terpenting dari Surga adalah bersatunya manusia dengan penciptanya. Kedekatan manusia dengan Tuhan, lha itu juga perlu dlihat.

OK, saya tidak bermaksud menjelek-jelekkan agama manapun ya? Tetapi karena biasanya penganut agama itu lebih paham bila yang dibicarakan adalah apa yang dekat dengan dia, maka saya akan mencoba membuat perbandingan mengenai hal ini.

Gambaran surga yang manusiawi di dalam ajaran Kristen antara lain tercermin dari surga itu terbuat dari batu mulia yang indah luar biasa, dsb . APakah orang Kristen itu dianggap mata duitan semua hingga Tuhan perlu membuat gambaran surga yang seperti itu. Atau karena orang Kristen itu pelit, sehingga perlu diiming-imingi surga yang penuh dengan kebendaan seperti itu. Apa bedanya menyembah Allah dengan menyembah Mamon atau menyembah Butho Ijo kalo sudut pandangnya adalah sekedar mendapatkan surga yang indah yang penuh dengan emas, dan batu mulia ???

Sekali lagi ini bukan pertanyaan yang dimaksudkan untuk menyerang. Sekedar menunjukkan perpektif lain saja bagi anda.

Ada sisi sebagai reward surga perlu ditunjukkan sisi yang menarik bagi manusia tertentu secara umum, ada juga sisi lain yang saya rasa juga perlu ada lihat, bahwa ada kedekatan manusia dengan penciptanya di situ

SALAM
GBU

13 09 2009
Garfield

>>>Gambaran surga yang manusiawi di dalam ajaran Kristen antara lain tercermin dari surga itu terbuat dari batu mulia yang indah luar biasa, dsb>>

Apa dasarnya?

13 09 2009
Garfield

Just war lagi…argumentum ad nauseam.

Pertanyaan saya :”apakah lovepassword yakin bahwa tafsirnya ttg link2 just war itu memang persis apa yang dimaksud penulisnya?”

13 09 2009
Garfield

@Lovepassword,

Begini, Love…Saya sedang membicarakan konsistensi. Jangan salah tafsir. saya menulis dalam konteks mengasihi sesama manusia. Bukan membandingkan mengasihi dengan kekerasan. Yesus mengajarkan: kasihilah sesamamu umat manusia seperti engkau mengasihi dirimu sendiri. bahkan lebih ekstrim lagi, kasihilah musuhmu. Artinya ajarannya konsisiten.

Beda dengan ajaran yang menghalalkan darah kafirun dan murtadin. Kita bicara konsistensi di sini. Bukan perbandingan X,W, Z sesuai teorimu.

13 09 2009
Sujarwo Tedjo

@ Jakpurut

Kau lihat dulu pemakaian ayat-ayat yang kau ambil dari Alquran tsb,
bhw penyusunan Alquran tsb ada dibawah pemimpin terbesar Islam saat berdiri agama tsb. Dimulai dari Rasullulah SAW, kemudian Khulafaur Rasyidin , terus ke pemerintahan Abu Bakar dan terakhir Ustman bin Affan. Sangat wajar jikalau Rasullulah memberikan hukum-hukum yg harus di taatin pemeluknya agar kepercayaan umatnya tidak kembali ke jaman kekafiran yang saat itu penyembah berhala masih sangat dominan.

# Bahwa Al-Qur’an menjadi referensi untuk menghilangkan perselisihan pendapat antara ummat-ummat rasul yang berbeda. QS(16:63-64)
# Bahwa Al-Qur’an meluruskan sejarah. Dalam Al-Qur’an terdapat cerita-cerita mengenai kaum dari rasul-rasul terdahulu, juga mengenai beberapa bagian mengenai kehidupan para rasul tersebut. Cerita tersebut pada beberapa aspek penting berbeda dengan versi yang terdapat pada teks-teks lain yang dimiliki baik oleh Yahudi dan Kristen

Jangan memakai watak Chauvinistis jikalau ingin berdialog dengan kaum pemeluk agama lain. Semoga kau mengerti.

@ Rodrymichael
Sorry bro, karena menurut kriteria penilaianku, bahwa dalam memberi tanggapan kita harus menjaga sopan santun sesuai dengan tata krama dan aturan bpk Jephman, lalu kitapun memberi jawaban tanpa ada sentimen negatif kepada keyakinan orang lain, point paling penting penilaian saya adalah bgm kita dapat mempengaruhi seseorang agar ia dapat mengambil atau menolak komentar kita tanpa paksaan. Tidak usah banyak-banyak komentar gitu, pake-pake copy paste trus bahasa Inggris lagi, ujung-ujungnya mata jadi capek. Saudara Jakpurut memakai bhs vulgar dlm menanggapin sdr Lovepasword. Makanya urutannya diperingkat 9 gitu. Sama seperti sdri Fietria makanya sdr Rdrymichael tidak masuk peringkat 10 besar karena kesannya memberi komentar seperti setengah hati. Hanya Fietria lebih parah karena menyerah dgn mau mati pula. Peringkat pertama layak untuk Melathie krn dia menyampaikan komentarnya dgn padat berisi, mengena kesasaran topik dan tetap mempertahankam prinsip keyakinannya.

13 09 2009
Robinson Agus Sihotang

@ Sujarwo Tedjo

sdr Sujarwo… yg terhormat, bagaimana kita dapat memberi pendapat kpd orang jikalau anda tidak memahamin maksud penyampaian dr sdr Jakpurut. Dia mengambarkan keadaan pemimpin agama di atas krn berdasarkan yg dia baca dan sesuai pula dgn deskripsi keadaan dari mulai berdirinya agama tsb hingga sekarang. Sebenarnya sepertinya ada ajakan memerangin dn membinasakan umat kepercayaan lain di luar agama Islam tsb.

13 09 2009
Garfield

Udah gitu, inikan adhominem to quoque.

Pertanyaan ttg kenapa islam mengajarkan kekerasan dan penghalalan darah kepada kaum kafirun dan murtadin belum tuntas dibahas.

13 09 2009
Sujarwo Tedjo

@Robinson Agus Sihotang

Andapun harus memahamin bahwa jikalau kita diserang maka kitapun balik menyerang. Ini di dunia bung, segala sesuatu dapat menjadi sesuatu yang bukan menjadi bukan keinginan kita. Anda melihat bhw Amerika Serikat dgn semena-mena menzholimin saudara kami muslimin. Jadi kami memakai ayat-ayat yang terdapat di Kitab Suci kami untuk bertindak atas nama ajaran agama kami. Hanya saja ada orang-orang yang sesat dari antara kami yang mengapresiasikan ilmu dan ajarannya menjadi pembenaran sendiri.

13 09 2009
Robinson Agus Sihotang

@ Sujarwo Tedjo

Anda belum mengerti tentang Sumber Air Kehidupan. Bahwa siapa saja yang tidak minum dari sumber air kehidupan itu maka ia akan terus merasa dahaga. Apapun yang kita lakukan di dunia ini kita akan terus merasa kekeringan dan kehausan. Demikian juga bhw sumber pembenaran yang melegalkan anda dalam membinasakan orang lain di luar agama anda menunjukkan kekacauan perintah yang memegang kendali kepercayaan anda tersebut. Seperti kami yang sudah percaya kpd Kristus dan meletakkan dasar pengharapan didalam NamaNya, maka dasar-dasar perbuatan kami sudah pasti harus seturut dengan perintahNya. Kenapa kami di ajarkan tidak boleh membenci musuh-musuh kami. Karena Dia mengatakan Kasihilah MusuhMU (Matius 5: 44). Pelajaran dari Juruselamat itu adalah, ” Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kpdmu. UcapanNya ini pernah Ia katakan dgn keras bg orang-orang Jahudi yg suka membalas dendam dan suka bersungut-sungut diantara mereka sendiri. Tetapi Juruselamat itu sekarang membuat pernyataan yg masih lebih kuat. Kamu telah mendengar firman : Kasihilah sesamamu manusia, dn bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kpdmu : Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dgn demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu di Surga.

13 09 2009
Sujarwo Tedjo

@Robinson Agus Sihotang

Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
Karena dgn demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu di Surga.

Sampeyan ini keblinger yo…

Bagaimana mungkin menjadi Anak-anak Allah ???
Dan bagi kami tidak mungkin menjadikan ayat tsb sebagai pola gerak hidup orang-orang Muslimin

13 09 2009
Robinson Agus Sihotang

@Sujarwo Tedjo

Anak-anak Allah adalah orang-orang yang mengambil bagian dlm sifatNya. Bukankah pangkat duniawi, atau kelahiran kebangsaan atau hak-hak yg berhubungn dgn agama membuktikan kita semua berasl dari satu Pencipta. Walaupun orang-orang berdosa yg hatinya sama sekali tdk tertutup kpd Roh Allah, akan tetap bersaksi kpd suatu kebaikan. Sementara mereka membalas kebencian dgn kebencian atau sebaliknya membalas kasih dengan kasih. Tetapi hanya Roh Allah yang membalas Kebencian dgn Kasih. Menjadi baik kpd org-org yg tdk berterimaksih, berbuat baik kpd org yg berbuat jahat dn tdk pernah mengharapkan apa-apa kembali itu adalah pertanda dari suatu lencana keluarga surgawi. Itu tanda pasti dari anak-anak dari Allah Yang Maha Tinggi. Untuk itu kita dipanggil menjadi serupa dgn AnakNya Yesus Kristus agar dahaga kehausan kita itu dapat dipuaskanNya. Sehingga dari dalam diri kita ini akan mengalir air-air kehidupan yang dapat menjadi sumber air juga bg orang-orang di sekeliling kita.

13 09 2009
jakpurut

lovepassword

Masalah kekerasan pada point satu , sudah tak bahas jadi nggak perlu rasanya diperpanjang lagi hi hi hi

jakpurut :

Tentu saja pertanyaan ini paling gak mugkin di jawab sama muslim! karena hati dan akal muslim sudah di kunci dan di pasung! takut masuk NERAKA ISLAM…hahahahaha,hal paling gampang sangat susah di jawab, apalagi pertanyaan kenapa Tuhan bisa menjadi manusia?, otak muslim gak berfungsi dan nalar mundur kebelakang

>>>>>>>>>>>>>>>>>

lovepassword :

Masalah kedua yaitu Surga. Konsep Surga Neraka itu apa sih ? Gambaran mudahnya Surga Neraka itu reward dan punishment. Ada sisi hadiah ketika berbuat baik dan hukuman bila kita berbuat baik. Konsep yang oleh atheis sering dianggap sebagai konsep kekanak-kanakan. 🙂

Sebagai reward tentu ada sisi yang harus kamu lihat – selain terserah pemberinya, yang namanya hadiah memang harus menarik bagi calon penerima hadiah. Karena itulah ada sisi manusiawi dalam konsep Surga.

Tetapi ada sisi lain yang juga mesti dilihat bahwa yang terpenting dari Surga adalah bersatunya manusia dengan penciptanya. Kedekatan manusia dengan Tuhan, lha itu juga perlu dlihat.

OK, saya tidak bermaksud menjelek-jelekkan agama manapun ya? Tetapi karena biasanya penganut agama itu lebih paham bila yang dibicarakan adalah apa yang dekat dengan dia, maka saya akan mencoba membuat perbandingan mengenai hal ini.

Gambaran surga yang manusiawi di dalam ajaran Kristen antara lain tercermin dari surga itu terbuat dari batu mulia yang indah luar biasa, dsb . APakah orang Kristen itu dianggap mata duitan semua hingga Tuhan perlu membuat gambaran surga yang seperti itu. Atau karena orang Kristen itu pelit, sehingga perlu diiming-imingi surga yang penuh dengan kebendaan seperti itu. Apa bedanya menyembah Allah dengan menyembah Mamon atau menyembah Butho Ijo kalo sudut pandangnya adalah sekedar mendapatkan surga yang indah yang penuh dengan emas, dan batu mulia ???

Sekali lagi ini bukan pertanyaan yang dimaksudkan untuk menyerang. Sekedar menunjukkan perpektif lain saja bagi anda.

Ada sisi sebagai reward surga perlu ditunjukkan sisi yang menarik bagi manusia tertentu secara umum, ada juga sisi lain yang saya rasa juga perlu ada lihat, bahwa ada kedekatan manusia dengan penciptanya di situ

jakpurut :

saya tidak mempermasalahkan hasil kerja terus dapat upah, pekerja Karyawan atau PNS bung…!

yg menjadi masalah bagi saya adalah :

” KENAPA SURGA ISLAM SEPERTI LOKALISASI ? MIRIP GANG DOLI, KRAMAT TUNGGAK, KALI JODOH, SARKEM ATAU SARITEM? BAHKAN LEBIH PARAH DARI POMPEY!!!! PERNAH KAH ANDA BERPIKIR TUHAN PENCIPTA ALAM SEMESTA INI BEGITU HEBATNYA, MASA UJUNG DARI CIPTAAN NYA INI BERUPA SARANG SEX ORGY? dengan Kekuasaan nya yg begitu dasyat seharus nya Dia tidak menciptakan sesuatu yg oleh manusia dianggap menjijikan, abnormal, kumpulan moral rendah…tidak berakal persis kegiatan binatang ngesek…..masa Tuhan berbuat begitu? pakai otak yg sehat bro…menilai ini,

dan juga selalu aja kau membuat pembenaran dengan membanding bandingkan kepercayaan orang lain!

13 09 2009
jakpurut

@Sujarwo Tedjo

Kau lihat dulu pemakaian ayat-ayat yang kau ambil dari Alquran tsb,
bhw penyusunan Alquran tsb ada dibawah pemimpin terbesar Islam saat berdiri agama tsb. Dimulai dari Rasullulah SAW, kemudian Khulafaur Rasyidin , terus ke pemerintahan Abu Bakar dan terakhir Ustman bin Affan. Sangat wajar jikalau Rasullulah memberikan hukum-hukum yg harus di taatin pemeluknya agar kepercayaan umatnya tidak kembali ke jaman kekafiran yang saat itu penyembah berhala masih sangat dominan.

# Bahwa Al-Qur’an menjadi referensi untuk menghilangkan perselisihan pendapat antara ummat-ummat rasul yang berbeda. QS(16:63-64)
# Bahwa Al-Qur’an meluruskan sejarah. Dalam Al-Qur’an terdapat cerita-cerita mengenai kaum dari rasul-rasul terdahulu, juga mengenai beberapa bagian mengenai kehidupan para rasul tersebut. Cerita tersebut pada beberapa aspek penting berbeda dengan versi yang terdapat pada teks-teks lain yang dimiliki baik oleh Yahudi dan Kristen

Jangan memakai watak Chauvinistis jikalau ingin berdialog dengan kaum pemeluk agama lain. Semoga kau mengerti.

———–

jakpurut :

Bos….aku cuma tanya :

1. Kenapa Nabi mu bejat dan jahat, itu semua saya baca dari kitab kalian… apa dengan kejahatan nya itu maka dia jadi nabi ?
2. Surga model nabi mu ini kenapa mirip lokalisasi? masa sih Tuhan menciptakan surga lokalisasi?

dari dua pertanyaan itu coba kau jawab dengan hati dan Nurani mu…. aku sih berharap si bos gak menjawab dengan program cuci otak ala pesantren …kayak robot gitu loh bos….

13 09 2009
lovepassword

@jakpurut :
Dengan segala hormat saudaraku, karena saya belum pernah melakukan sex orgy di Kramat Tunggak , Saritem, dan juga sejumlah lokalisasi lain yang fasih benar anda tuliskan, maka mohon maaf jika saya tidak terlalu tahu apa yang anda maksudkan. Bisa anda jelaskan lebih lanjut sex orgy yang bagaimana yang ada di Saritem dsb itu yang anda ceritakan ???
==============================================
dan juga selalu aja kau membuat pembenaran dengan membanding bandingkan kepercayaan orang lain!

===> Ada satu aturan emas yang dipercaya bahkan oleh para ateis. Jangan lakukan sesuatu yang tidak ingin orang lain lakukan kepadamu. Yesus sendiri bahkan mengatakan inilah esensi dari ajaran semua Nabi. Bukankah itu yang telah anda lakukan ???

SALAM
GBU

13 09 2009
jakpurut

lovepassword (09:15:00) :

@jakpurut :
Dengan segala hormat saudaraku, karena saya belum pernah melakukan sex orgy di Kramat Tunggak , Saritem, dan juga sejumlah lokalisasi lain yang fasih benar anda tuliskan, maka mohon maaf jika saya tidak terlalu tahu apa yang anda maksudkan. Bisa anda jelaskan lebih lanjut sex orgy yang bagaimana yang ada di Saritem dsb itu yang anda ceritakan ???
==============================================
dan juga selalu aja kau membuat pembenaran dengan membanding bandingkan kepercayaan orang lain!

===> Ada satu aturan emas yang dipercaya bahkan oleh para ateis. Jangan lakukan sesuatu yang tidak ingin orang lain lakukan kepadamu. Yesus sendiri bahkan mengatakan inilah esensi dari ajaran semua Nabi. Bukankah itu yang telah anda lakukan ???

SALAM
GBU
—————————————————————

jakpurut :

boa do lae on, asing na di sukkun, asing museng na di lean jawabna…hehehehe

bro…. dari awal diskusi di blog ini saya sudah katakan, saya tidak akan menyerang pribadi lawan bicara, itu bukan tipe saya…. anda ini sepertinya gak membaca pertanyaan saya diatas, apa anda susah mendapat esensi pertanyaan saya? sejak kapan saya menyebut kamu orang yg suka orgy sex? anda membuat arah diskusi jadi lari dari awal atau kata orang OOT ( out of topic ), saya tanya kan berulang – ulang :

baca baik baik bro….

“KENAPA SURGA ISLAM SEPERTI LOKALISASI ? ”

silahkan di jawab dengan CERDAS!!!! please jgn OOT ke agama lain… silahkan gunakan pemikiran yg bisa di terima oleh akal sehat!

13 09 2009
lovepassword

@Garfield : Pertanyaan saya :”apakah lovepassword yakin bahwa tafsirnya ttg link2 just war itu memang persis apa yang dimaksud penulisnya?”

Dengan logika yang sama apakah penfasiranmu terhadap isi Alkitab juga sama persis dengan apa yang dimaksud penulisnya. Hi Hi Hi

Argentum kacang atom lagikah ???

Lha kalo anda mau berpendapat ya silahkan saja berpendapat. Gicu saja kok repot.

Kalo menurut pendapat anda saya salah dalam memahami just war, silahkan anda paparkan just war yang ditulis oleh Agustinus cs dan juga diikuti oleh Luther dsb harus diartikan seperti apa ?

Silahkan saudara Garfield, waktu dan tempat saya persilahkan.

Silahkan anda paparkan konsep just war berdasarkan kacamata saudara, tentu saja alangkah eloknya jika anda sebutkan juga sumber argumentasi anda itu

SALAM
GBU

13 09 2009
rodrymikhael

setengah hati??
waduh baru tahu saya kalau komen2 saya dibilang setengah hati… ya tak apa2lah, karena setengah hati saya yang lain terkonsentrasi utk kegiatan lain spt kuliah, dll….
tapi saya bingung jg kenapa si fietria ikut dibilang setengah hati jg, wong kayanya dia udah mati2an sampai mau mati beneran heheheh

oiya melihat tingginya statistik di sini, saya mau promosi blog sendiri
http://sectiocadaveris.wordpress.com
tapi jgn harap ada artikel agama atau semacamnya ya, karena isinya cuma tulisan kedokteran dan beberapa pengalaman hidup
horas

13 09 2009
lovepassword

@JAKPURUT : =======================================

lovepassword (09:15:00) :

@jakpurut :
Dengan segala hormat saudaraku, karena saya belum pernah melakukan sex orgy di Kramat Tunggak , Saritem, dan juga sejumlah lokalisasi lain yang fasih benar anda tuliskan, maka mohon maaf jika saya tidak terlalu tahu apa yang anda maksudkan. Bisa anda jelaskan lebih lanjut sex orgy yang bagaimana yang ada di Saritem dsb itu yang anda ceritakan ???
==============================================
dan juga selalu aja kau membuat pembenaran dengan membanding bandingkan kepercayaan orang lain!

===> Ada satu aturan emas yang dipercaya bahkan oleh para ateis. Jangan lakukan sesuatu yang tidak ingin orang lain lakukan kepadamu. Yesus sendiri bahkan mengatakan inilah esensi dari ajaran semua Nabi. Bukankah itu yang telah anda lakukan ???

SALAM
GBU
—————————————————————

jakpurut :

boa do lae on, asing na di sukkun, asing museng na di lean jawabna…hehehehe

bro…. dari awal diskusi di blog ini saya sudah katakan, saya tidak akan menyerang pribadi lawan bicara, itu bukan tipe saya…. anda ini sepertinya gak membaca pertanyaan saya diatas, apa anda susah mendapat esensi pertanyaan saya? sejak kapan saya menyebut kamu orang yg suka orgy sex? anda membuat arah diskusi jadi lari dari awal atau kata orang OOT ( out of topic ), saya tanya kan berulang – ulang :

baca baik baik bro….

“KENAPA SURGA ISLAM SEPERTI LOKALISASI ? ”

silahkan di jawab dengan CERDAS!!!! please jgn OOT ke agama lain… silahkan gunakan pemikiran yg bisa di terima oleh akal sehat!

============================================

Anda jelas salah melempar pertanyaan : Anda bertanya kenapa surga Islam seperti lokalisasi dsb.

Saya tidak tahu apa yang anda maksud dengan pertanyaan itu. Bagi saya pertanyaan itu mirip seperti kenapa Napoleon mencuri timun di rumahnya Mak Erot ? Saya rasa anda paham maksud saya. Karena saya nggak mudeng korelasi yang anda maksudkan, makanya saya bertanya : Seks orgy di Saritem, di Kramat Tunggak dsb yang fasih benar anda hapalkan , yang anda anggap mirip seperti surganya Islam itu , model seks yang seperti apa sih?

Coba anda jelaskan agar saya tidak salah menangkap maksud anda.
SALAM
GBU

13 09 2009
lovepassword

@Garfield :

>>>Gambaran surga yang manusiawi di dalam ajaran Kristen antara lain tercermin dari surga itu terbuat dari batu mulia yang indah luar biasa, dsb>>

Apa dasarnya?
—>
Dan dasar-dasar tembok kota itu dihiasi dengan segala jenis permata. Dasar yang pertama batu yaspis, dasar yang kedua batu nilam, dasar yang ketiga batu mirah, dasar yang keempat batu zamrud,
dasar yang kelima batu unam, dasar yang keenam batu sardis, dasar yang ketujuh batu ratna cempaka, yang kedelapan batu beril, yang kesembilan batu krisolit, yang kesepuluh batu krisopras, yang kesebelas batu lazuardi dan yang kedua belas batu kecubung.Dan kedua belas pintu gerbang itu adalah dua belas mutiara: setiap pintu gerbang terdiri dari satu mutiara dan jalan-jalan kota itu dari emas murni bagaikan kaca bening.

Kalo ada yang mengatakan saking mata duitennya orang Kristen sehingga Tuhan harus menciptakan gambaran Masa Depan yang seperti itu, bagaimana pendapat anda ? Sudah saya katakan bahwa konsep reward and punishment itu sedikit banyak terkait dengan persepsi pihak yang diberi hadiah.

SALAM
GBU

13 09 2009
Garfield

Wahyu 21: 11 Kota itu penuh dengan kemuliaan Allah dan cahayanya sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal.

__ Yohanes murid Yesus yg dikasihi menggambarkan kemuliaan Allah yang bercahaya, gambaran cahayanya sama seperti permata yang paling indah. Artinya disini bukan ditafsirkan untuk jual beli permata, kayak tukang mas di Cikini. Gak ada hubungannya, Love. Sekali lagi tafsiranmu terlalu mengada-ada, mungkin karena terlalu lama terkungkung di …….

@ Lovepassword.
>>>>APakah orang Kristen itu dianggap mata duitan semua hingga Tuhan perlu membuat gambaran surga yang seperti itu. Atau karena orang Kristen itu pelit, sehingga perlu diiming-imingi surga yang penuh dengan kebendaan seperti itu. Apa bedanya menyembah Allah dengan menyembah Mamon atau menyembah Butho Ijo kalo sudut pandangnya adalah sekedar mendapatkan surga yang indah yang penuh dengan emas, dan batu mulia ???

Sekali lagi ini bukan pertanyaan yang dimaksudkan untuk menyerang. Sekedar menunjukkan perpektif lain saja bagi anda.>>>

Ini namanya contradictio et determinism–> ciri2 hipokrit, hehehe

13 09 2009
Sujarwo Tedjo

@ Jakpurut

Itu kan cuman penilaianmu dalam menilai Rasulullah SAW junjungan kami itu. Coba kau beri ayat-ayatnya spy kita semua di blog ini dapat melihat spt apa yg kau paparkan itu. Lebih clear dan transparan. Kami akan mencoba membahasnya. Jangan seperti namamu itu Jakpurut kata teman saya orang Batak di Pulo Gadung , kacau dan tidak beraturan. Saya senang dengan debat diskusi dengan saudara Robinson Agus S , dan sdr Rodrymikhael. Atau apakah kau marah karena peringkatmu saya bikin di peringkat 9 ? Jadilah narasumber dan pendebat yang bagus dalam suatu forum. Ini dibaca oleh penghuni alam semesta raya bok…….

13 09 2009
Garfield

@ Lovepassword,

Kronologis:
Pertanyaan dari Lae Jephman, dll, kepada kaum muslim:”Mengapa Allah Muhammad memerintahkan kekerasan dan pembunuhan kepada kaum kafirun dan murtadin”

Jawaban Lovepassword:”Ah, kan Kristen juga mengajarkan kekerasan, lihat ayat ulangan, Lukas, Roma..bla…bla…dan ini dibenarkan oleh Agustinus, Luther, dengan teori just war yg kesohor itu…bla…bla…”

1. Jawaban love, tidak relevan. Tidak menjawab sama sekali pertanyaan di atas, tapi malah menyerang ajaran Kristen. Membenarkan kekerasan di Alquran dengan dasar bahwa kristen juga sama saja. Ini ad hominem.

2. Tafsiran dia sendiri ttg just war yang memaksakan bahwa kekerasan di islam sama dengan kristen menurut kawan Aidit rada keblinger.

Agustinus menyampaikan pendapat just war dalam kerangka etika kristen dan kaitan dengan etika situasi, dan bicara etika adalah area debatable, tidak hitam putih.

Konteksnya adalah bagaimana norma sosial bisa ditegakkan. Baginya, PB tidak pernah memerintahkan prajurit-prajurit sebagai penegak keteraturan sosial yang disebutkan dalam Alkitab untuk meninggalkan jabatan mereka. Hal ini diakui oleh Hays, seorang pacifist, bahwa beberapa perikop yang menyinggung profesi prajurit, seperti Lukas 3:14- 15; Matius 8:5-13; Kisah Para Rasul 10:1-11:18, dapat menjadi dasar yang sah bahwa menjadi murid Kristus sama sekali tidak berarti menjauhkan diri dari penggunaan kekerasan demi mempertahankan kesejahteraan sosial atau keadilan.**24 Tetapi yang lebih menjadi fokus dan perhatian Agustinus adalah hati yang sudah diperbaharui, bukan profesi atau tindakan perang itu sendiri. Artinya, kalaupun seseorang memutuskan untuk pergi berperang, hal itu harus dilaksanakan di dalam “benevolent design and without undue harshness.”**25 Ia mengakui bahwa dalam situasi tertentu kondisi damai dapat dicapai melalui pengampunan tanpa harus menggunakan kekerasan. Tetapi dalam situasi-situasi lain, membiarkan kejahatan tanpa adanya usaha untuk mencegahnya dengan segala daya upaya, termasuk menggunakan kekerasan, sama saja dengan membiarkan kejahatan menindas keadilan. Dengan demikian, perang adalah suatu tindakan yang sifatnya “permissible”, tetapi hanya dan jika hanya “undertaken out of necessity and for the sake of peace.”**26 Namun demikian, di bagian lain, ia menyangkal adanya perang yang dibenarkan jika alasannya adalah untuk kepentingan pribadi. Ia menegaskan bahwa penggunaan kekerasan untuk kepentingan pribadi akan selalu merupakan ekspresi kebencian. Apa yang hendak ia katakan adalah perang atau penggunaan kekerasan hanya mungkin dibenarkan jika yang mengambil keputusan adalah pemerintah yang sah atau “public officials.” Ringkasnya, mereka yang berada dalam tradisi Agustinus umumnya sepakat bahwa bagi Agustinus sebuah perang dapat dibenarkan jikalau memenuhi tiga kriteria berikut: dilaksanakan oleh legitimate authority (penguasa yang sah), just cause of avenging injuries (alasan yang dapat dibenarkan dalam melaksanakan hukuman) dan righteous intention (motivasi yang benar).**27

Sekalipun pada hakikatnya bagi Agustinus perang adalah sesuatu yang sifatnya permissible atau occasionally necessary, ia tidak pernah mengatakan bahwa perang adalah sesuatu yang baik. Kalaupun sebuah perang dapat dibenarkan ia tetap melihat hal itu cenderung akan memberi peluang bagi kejahatan dan penderitaan umat manusia.**28 Karena itu dalam memahami konsepnya tentang ‘just war theory’, lebih tepat bila kita menyimpulkan bahwa baginya perang bukanlah cara positif untuk meraih keadilan dan kedamaian, melainkan sebuah “cara negatif untuk mencegah ketidakadilan” sehingga sifatnya “always to be regretted.”**29 Itu sebabnya, ada kesengajaan dari pihak Agustinus sendiri untuk tidak membahas secara detail ketiga kriteria perang – kalaupun ia memang memberikan ketiga hal tersebut. Ia memang jelas berpendapat bahwa berdasarkan PL, otoritas yang paling sah dalam memutuskan sebuah perang adalah Allah sendiri. Jika demikian pertanyaannya adalah: pada masa kini siapa yang dapat berkata, sekalipun ia adalah pemerintah yang resmi, bahwa ketika ia memutuskan untuk berperang, ia sedang mewakili kehendak Allah? Ia juga mengatakan satu-satunya alasan yang dapat dibenarkan untuk penggunaan kekerasan adalah untuk memelihara kedamaian sosial yang terancam. Kendati demikian hal ini pun masih dapat dipertanyakan, yaitu bagaimana kita dapat yakin bahwa perang tersebut akan menimbulkan kedamaian, bukan kebencian lainnya, mengingat hakikat manusia yang berdosa? Ia jelas pula berkata bahwa motivasi yang benar dalam sebuah peperangan adalah demi kepentingan mempertahankan negara sehingga perang adalah pilihan terakhir dalam penyelesaian sebuah konflik, bukan sesuatu yang secara aktif kita adakan. Tetapi bagaimana kita tahu bahwa kita sudah cukup bertahan sehingga perang boleh menjadi pilihan kita? Apa batasan untuk “bertahan” sehingga itu tidak merupakan “serangan” bagi pihak lain? Dengan kata lain, pada hakikatnya ‘just war theory’ adalah sebuah teori yang menegaskan perlunya kesadaran untuk secara terus-menerus dan serius mengevaluasi berbagai aspek yang terkandung dalam masing- masing kriteria.

Jadi, kekerasan di sini beda sekali dengan kekerasan versi muslimer. Yang menyerang dan melakukan penaklukan kepada daerah-daerah kafir.

SUMBER : http://www.ladangtuhan.com/komunitas/index.php?topic=470.0

13 09 2009
lovepassword

Lho saya kan memang sekedar menunjukkan sisi2 yang kalian protes itu. He he he

Kalian protes kalo di surga ada gambaran sungai yang rasanya seperti madu, dsb. Ada bidadari banyak dsb. Bagi kalian itu keduniawian, kan, bahkan lebih parah lagi ada yang mengaitkan seks orgy di Saritem katanya. Hi Hi hi kalimat yang aduhai indah dari manusia yang mengaku pengikut Yesus. 🙂

Lha kalo gambaran surga yang temboknya terbuat dari batu2 mulia luar biasa kalian anggap itu bukan keduniawian hi hi hi

Kalo Kemuliaan Allah dibatasi sebatas batu-batu permata seperti sinetron pameran kemewahan jaman sekarang kalian anggap itu bukan keduniawian ?

Saya cuma menunjukkan sisi yang tidak anda lihat saat anda menghakimi agama lain. Cuma itu saja sayangku cintaku. Hi Hi hi

Saya tidak mengatakan jual beli permata seperti tukang emas di Cikini yang saya katakan adalah dalam konsep Surga Neraka sedikit banyak ada konsep reward and punishment. Lha agama Kristen jelas juga punya sisi iming-iming ini. Gicu lhoh

SALAM
GBU

13 09 2009
Garfield

Sebenarnya diskusi ini bisa lebih bermutu, sayang sekali. Menurut saya pernyataan andalah yg sarat dengan kesan sedang menghakimi.

13 09 2009
lovepassword

@Saudara Garfield : Hi Hi Hi ternyata anda meringkas dari situ. Saya sudah 16 kali membaca artikel yang anda kutip itu. Ha ha ha.
Good Marso good, so apakah dari kutipan tersebut anda masih menyimpulkan saya salah tafsir terhadap just war temanku tercinta ???
OKE , jika perspektifnya adalah just war :
Kekerasan itu masih boleh kan ya ? Sepanjang ada alasan yang kuat serta sesuai aturan main ? Hi Hi Hi . Jadi saya sama sekali tidak salah tafsir kan ya ??? 🙂
Anda nggak perlu minta maaf untuk ini, cukup nyengir dalam hati saja. hi hi hi

Mari kita baca point kapan kekerasan diijinkan, kita baca pelan-pelan tulisan anda , nggak usah keras-keras kita baca sambil bisik-bisik saja :

Pertama : Kekerasan itu hanya boleh dilaksanakan oleh otoritas yang sah.
Kedua : satu-satunya alasan yang dapat dibenarkan untuk penggunaan kekerasan adalah untuk memelihara kedamaian sosial yang terancam
Ketiga : motivasi yang benar dalam sebuah peperangan adalah demi kepentingan mempertahankan negara sehingga perang adalah pilihan terakhir dalam penyelesaian sebuah konflik
Keempat : kesadaran untuk secara terus-menerus dan serius mengevaluasi berbagai aspek yang terkandung dalam masing- masing kriteria

OK saya nggak perlu kebanyakan membantah kali ini, kuturuti ide kamu ini bulat-bulat deh ya.Kamu boleh tersenyum sekarang kan aku nurut sama ide kamu hi hi hi.

Dalam bahasa yang lebih ringkas, kekerasan diijinkan bila ada legitimate authority (penguasa yang sah), just cause of avenging injuries (alasan yang dapat dibenarkan dalam melaksanakan hukuman) dan righteous intention (motivasi yang benar).

Jadi inilah alasan yang bisa menjadi pembenar kekerasan. Ocreee ??? You got the point.

Masalahnya adalah Kamu sungguh benar ketika membahas masalah etika yang debatable tadi. DI PL siapa otoritas yang sah ? Allah. Lha itu point satu yang harus kamu lihat. Bukannya kekerasan tidak boleh sama sekali tetapi kekerasan tergantung dari pihak yang mempunyai otoritas yang disampaikan via manusia yang jadi utusannya.
Masalah perdebatan etika siapa sekarang yang punya otoritas itu memang beneran ada, lha itu perdebatan dalam Kristen, dan juga Islam. Lha pihak=pihak yang suka melakukan kekerasan itu sebagian mengklaim dasarnya mereka mewakili pihak yang dianggap punya otoritas tadi. Itu adalah masalah mendasar dalam kekerasan atas nama agama.

Kedua : Alasan yang bisa dibenarkan. Ketiga : Motivasi benar . Ketika suatu peristiwa terjadi maka memang selalu timbul masalah etik seperti ini. Ada pihak yang selalu merasa punya alasan benar dan motivasi benar, terlepas pada sisi lain ada orang lain yang justru menganggap mereka salah. Itu juga masalah etik yang bisa terjadi.

Tetapi segala permasalahan tadi , segala kemungkinan yang bisa saja terjadi tidaklah menghapus konsep just war bahwa kekerasan itu masih legal sepanjang aturan mainnya terpenuhi gicu lho.

Gampangannya : Dari sisi A, B dianggap melanggar aturan
Dari sisi B, A yang dianggap melanggar aturan karena perspektif etik masing2 , kepentingan masing2 – tetapi masing2 pihak jelas mengatakan bahwa aturan main itu sungguh ada dari sisi masing2 gicu lho.

Kamu paham maksudku? Apa masih mau melanjutkan ngobrol di sini ?

SALAM

13 09 2009
jakpurut

@ jephman, Garfield..

asing do si lovepassword on lae…. gabe oto do hita molo alani jawaban dang dipakke ibana otak na bah…. asing di sukkung …. asing museng di jawab….. unga mai lae…. ,

dison , tarida do halak manjaha ise na toho….ise na oto loakon…

13 09 2009
lovepassword

@jakpurut :

@ jephman, Garfield..

asing do si lovepassword on lae…. gabe oto do hita molo alani jawaban dang dipakke ibana otak na bah…. asing di sukkung …. asing museng di jawab….. unga mai lae…. ,

dison , tarida do halak manjaha ise na toho….ise na oto loakon…

===> Tak kusangka dikau begicu mencintaiku. 🙂 Hi Hi Hi

13 09 2009
Garfield

@ Lovepassword

Bedakan urusan negara dgn urusan pribadi. Ini juga di mana-mana jadi perdebatan antara muslim dan kristen. Muhammad juga pemimpin politik. Pemimpin Negara. Raja Muslim pertama. Tdk heran banyak ajaran-ajarannya yg mengatur urusan negara dan kehidupan masyarakatnya. Campur aduk antara UU Negara dgn UU Surga.

Yesus datang murni untuk urusan keselamatan manusia, tapi bukan berarti Dia tidak peduli urusan negara, cuma itu bukan prioritasnya.

OK, masuk ke just war-mu

Menurut saya pribadi, konteks dari “jangan membunuh” atau “harus kasih” dll ini masuk dalam konteks antar pribadi, bukan dalam konteks organisasi/negara/dll. mis: jangan membunuh karena alasan benci, dendam, dll yang berhubungan erat dengan konteks antar pribadi (bandingkan dengan konteks negara/organisasi)

Di bagian lain dari Alkitab, ada “Hukum” atau aturan yang bukan konteks pribadi. Mis: kata2 Yesus tentang koin/mata uang dalam konteks membayar pajak. Atau di
Roma 13: 1-4
1 Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.
2 Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya.
3 Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya.
4 Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.

Di sana di nyatakan setiap pemerintah (apapun itu bentuk pemerintahannya eg: baik/buruk/kafir/non-kafir) adalah berasal dari Allah, dan siapa yang melawannya bearti melawan Allah. Sehingga Yesus/Paulus/dll pun tidak setuju akan tindakan pemberontakan/melawan pemerintah yang “sah”. Dan yang menarik pemerintah/negara di beri “wewenang/kuasa” oleh Allah untuk “menyandang pedang” untuk membalaskan “murka Allah”

Sedangkan di bagian lain dari Alkitab ada “Hukum” Allah tentang suatu proses pembunuhan
Kej 9:6
“Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri.”

Di ayat tsb (kej 9:6) ada tiga oknum yang terlibat
– oknum 1: yaitu orang yang membunuh oknum 2
– oknum 2: yaitu orang yang menjadi korban
– oknum 3: yaitu orang yang menumpahkan darah oknum 1 sebagai hukuman atas kesalahan oknum 1 membunuh oknum 3.

Di bandingkan dengan Roma di atas, oknum ke 3 ini bisa berupa negara/pemerintah yang sah untuk menjalankan hukum Allah (menyandang pedang) dengan eg: memberikan hukuman mati kepada oknum 1, yang pasti bukan dari keluarga/teman dari oknum 2 yang mau balas dendam. Kalau dari keluarga/teman oknum 2 yang balas dendam, ya hukum itu berlaku juga atas mereka.

Sehingga bisa di simpulkan menurut saya pribadi, tafsir terhadap teori just warnya Agustinus, lovepassword dkk ini:(Bedakan dgn setuju, ini cuma tafsir)

– Perintah jangan membunuh atau kasih itu hanya berlaku untuk hubungan sosial antar pribadi, sehingga tidak terjebak dalam emosi, kebencian, balas dendam antar pribadi, dll
– Sedangkan penegakan Hukum/Law (apapun bentuknya eg: denda, penjara/kurungan, hukuman mati) Allah memberikan wewenang/kedaulatan/kuasa kepada pemerintah/negara yang sah untuk menjalankan fungsi ini.

See, bedanya: ini dua hal yg berbeda ada aturan utk pribadi dan aturan untuk negara,

Sehingga dalam kasus etika membunuh dalam posisi perang karena negara kita tercinta di invasi oleh negara lain adalah “tidak salah (menurut tafsir saya, tetapi saya pribadi tidak setuju…Agustinus sendiri pd dasarnya tidak setuju perang dan kekerasan)” karena dalam konteks bukan pribadi. Prajurit tidak membunuh tentara musuh karena dendam dengan lawannya, kenal aja tidak apalagi dendam, kalau dendam dengan negaranya musuh sih iya (ini salah n dosa), tapi bukan dengan pribadi dari tentara musuh yang prajurit bunuh.

Dan sebagai warna negara, WN berkewajiban untuk membantu dan setia kepada negara (dalam kasus negara di invasi dengan militer oleh negara lain). Bentuknya bisa macam2 tergantung talenta/panggilan masing2, eg: diplomasi, atau bahkan menjadi tentara untuk maju ke medan perang. Bukankah setia / membela negara yang sah tidak melanggar Alkitab–ini tafsir saya ttg Just warnya.

Nah, sekarang back to topic.

Coba jelaskan kenapa Allah Muhammad memerintahkan untuk membunuh kaum kafir dan murtadin terutama orang-orang yang menghina ajaran Islam?

Ini bukan menyerang, cuma sekedar ingin tahu dari perspektif iman anda, kira-kira bagaimana perasaan/nurani anda terhadap perintah yg sebenarnya mungkin anda sendiri mempertanyakannya. Kenapa mesti harus dihalalkan darahnya?

13 09 2009
jakpurut

@Sujarwo Tedjo

itu bukan penilaianku bro…. tapi penilaian kitab sucimu sendiri 🙂 , ada banyak diskusi forum forum membahas agamamu… kalau aku berikan ayat ayat dari kitabmu, diskusi kita nanti jadi tidak terarah…

ketahuilah nak :).,…jakpurut di orang batak sangat macam macam artinya, tidak selalu bermakna negatif…. pulo gadung markas orang batak… jaga dompetmu hahahahahahahaa

apa peduliku dengan penilaian mu? mau peringkat 10000000000 juga no problemo friend….. yg aku heran kau tiba tiba nongol dengan omong kosong yg tak berarti…. itu aja… bak seorang TIM PENILAI dari Dinas peternakan setempat heheehhehehehe

btw baca komentar ku di cape deh 2…. ya bro ,…

horas!
jakpurut

13 09 2009
jakpurut

“Kristen di negara Islam baik, sedangkan Islam di negara Kristen dianiaya”

Contohnya lae?

yg ini gak kau jawan jawab………… bayar utang mu hoi!!!! Hi hi Hi hehehe HOHOHOHo

13 09 2009
jakpurut

@Lovepassword
============================================

Anda jelas salah melempar pertanyaan : Anda bertanya kenapa surga Islam seperti lokalisasi dsb.

Saya tidak tahu apa yang anda maksud dengan pertanyaan itu. Bagi saya pertanyaan itu mirip seperti kenapa Napoleon mencuri timun di rumahnya Mak Erot ? Saya rasa anda paham maksud saya. Karena saya nggak mudeng korelasi yang anda maksudkan, makanya saya bertanya : Seks orgy di Saritem, di Kramat Tunggak dsb yang fasih benar anda hapalkan , yang anda anggap mirip seperti surganya Islam itu , model seks yang seperti apa sih?

Coba anda jelaskan agar saya tidak salah menangkap maksud anda.
SALAM
GBU

————————————–

Jakpurut :

memang maksud pertanyaan ini aku lemparkan kepada sujarwo tedjo… tapi salah sasaran, di jawab sama si jagoan Fallacy Argumen… hehehehehe

saya sudah memberi pertanyaan sangat gamblang dan enteng, pertanyaan itu cukup bagi anak kelas 3 SD, akan mengerti duduk persoalan yg saya tanyakan, tetapi si jago Fallacy argumen, hal begitu sangat susah di cernanya 🙂 saya tidak memperolok olok anda, tapi anda sendiri yg mempertontokan kekonyolan ini kepada kami….sebagai contoh enkau masih mempertanyakan apa itu seks orgy…bla….bla….. dan lagi lagi engkau berulang ulang bertanya, coba anda jelaskan.,…coba anda jelaskan…. bla…bla….. capeeeeeek dehhhhhhh heuaheuaheuhaea

baca ulang pertanyaan ku nak …. diatas…..kalau nulis disini capeeeeek deeeeehhh 🙂

13 09 2009
Garfield

Jadi, kesimpulan akhir Garfield soal just war:
Lovepassword menyatakan kekerasan di ajaran muslim di ayat-ayat Alquran sama dengan kekerasan di muslim berdasarkan teori just war dari teolog Katolik & Protestan yang menafsirkan ayat-ayat Alkitab ttg kekerasan.

Padahal teori justwar itu, sama sekali tidak mengajarkan penyerangan dan pembunuhan kaum non-kristen. Apalagi, misalnya menghalalkan darah kaum kafir yang menghina Yesus. Bahkan Agustinus sendirpun tdk menginginkan kekerasan (perang) cuma memaklumi saja bahwa negara diberi otoritas dari Allah untuk menegakkan kebenaran sesuai dengan ayat di Roma.

Ini yang aku tanyakan:”Apakah lovepassword yakin bahwa tafsirannya ttg justwar sesuai dengan apa yang dipikirkan Agustinus, dkk” Apalagi dengan tafsiran itu lalu lalu berkesimpulan untuk menyamakan doktrin kekerasan di Alquran dengan di Alkitab.

Mudah-mudahan si Lovepassword, gak menyampaikan argentum ad nauseam de kacang atom lagi…:-))

13 09 2009
lovepassword

Yang saya tanyakan itu hubungan antara satu pernyataan dan pernyataan lainnya dalam kalimat anda itu OM. Masak nggak mudeng sih ?

13 09 2009
lovepassword

Oh gini ya sayangku cintaku, kamu baca lagi keseluruhan kalimat dari manusia ganteng gung liwang liwung ini dulu ya ?

Saya tidak sedang meributkan masalah anak TK seperti itu. Saya malah sedang mengkritik logika anak TK berdebat data nggak penting seperti itu.

Jadi ngapain aku harus memaparkan data yang secara substansial masalah itu tidak kuanggap penting.

Yang kukatakan kan gini : Dalam perspektif Kristen tertentu mungkin ada persepsi : Orang Islam di negara Kristen aman, tetapi sebaliknya kok tidak aman. Pada sisi lain juga ada persepsi dari sisi kelompok Islam tertentu , orang Kristen di negara Islam baik-baik saja, sedangkan orang Islam di negara Kristen diperlakukan tidak baik.

Bagiku logika keduanya sama-sama logika anak TK , karena faktanya yang namanya perlakuan baik/buruk itu kan bisa berasal dari mana saja.
Eh sudah jelas aku ngomong gini, kamu potong ucapanku dengan aduhai indahnya.

SALAM

13 09 2009
Garfield

Gini Love, Saya bantu sedikit. (eufemisme):

Menurut Lae Jakpurut:
Kenapa surga yang digambarkan Rasullulah Nabi Muhammad SAW adalah tempat yang penuh dengan bidadari (kalau tidak salah jumlahnya 72) yang masih perawan, bermata sayu, selalu perawan. Konon, jika melakukan hubungan suami istri dengan para bidadari perawan itu, besoknya bidadarinya kembali perawan. Kenapa urusan akhirnya nya jadi seperti sex party (orgy = sex party, kalau kamu tdk mengerti/tahu), kenapa bukan berkumpul di surga untuk memuji-muji dan memuliakan Tuhan selamanya?

13 09 2009
lovepassword

@Garfield :

@ Garfield : Anda menjawab seperti ini :

@Lovepassword

Bedakan urusan negara dgn urusan pribadi. Ini juga di mana-mana jadi perdebatan antara muslim dan kristen. Muhammad juga pemimpin politik. Pemimpin Negara. Raja Muslim pertama. Tdk heran banyak ajaran-ajarannya yg mengatur urusan negara dan kehidupan masyarakatnya. Campur aduk antara UU Negara dgn UU Surga.

Yesus datang murni untuk urusan keselamatan manusia, tapi bukan berarti Dia tidak peduli urusan negara, cuma itu bukan prioritasnya.

OK, masuk ke just war-mu

Menurut saya pribadi, konteks dari “jangan membunuh” atau “harus kasih” dll ini masuk dalam konteks antar pribadi, bukan dalam konteks organisasi/negara/dll. mis: jangan membunuh karena alasan benci, dendam, dll yang berhubungan erat dengan konteks antar pribadi (bandingkan dengan konteks negara/organisasi)

Di bagian lain dari Alkitab, ada “Hukum” atau aturan yang bukan konteks pribadi. Mis: kata2 Yesus tentang koin/mata uang dalam konteks membayar pajak. Atau di
Roma 13: 1-4
1 Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.
2 Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya.
3 Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya.
4 Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.

Di sana di nyatakan setiap pemerintah (apapun itu bentuk pemerintahannya eg: baik/buruk/kafir/non-kafir) adalah berasal dari Allah, dan siapa yang melawannya bearti melawan Allah. Sehingga Yesus/Paulus/dll pun tidak setuju akan tindakan pemberontakan/melawan pemerintah yang “sah”. Dan yang menarik pemerintah/negara di beri “wewenang/kuasa” oleh Allah untuk “menyandang pedang” untuk membalaskan “murka Allah”

Sedangkan di bagian lain dari Alkitab ada “Hukum” Allah tentang suatu proses pembunuhan
Kej 9:6
“Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri.”

Di ayat tsb (kej 9:6) ada tiga oknum yang terlibat
– oknum 1: yaitu orang yang membunuh oknum 2
– oknum 2: yaitu orang yang menjadi korban
– oknum 3: yaitu orang yang menumpahkan darah oknum 1 sebagai hukuman atas kesalahan oknum 1 membunuh oknum 3.

Di bandingkan dengan Roma di atas, oknum ke 3 ini bisa berupa negara/pemerintah yang sah untuk menjalankan hukum Allah (menyandang pedang) dengan eg: memberikan hukuman mati kepada oknum 1, yang pasti bukan dari keluarga/teman dari oknum 2 yang mau balas dendam. Kalau dari keluarga/teman oknum 2 yang balas dendam, ya hukum itu berlaku juga atas mereka.

Sehingga bisa di simpulkan menurut saya pribadi, tafsir terhadap teori just warnya Agustinus, lovepassword dkk ini:(Bedakan dgn setuju, ini cuma tafsir)

– Perintah jangan membunuh atau kasih itu hanya berlaku untuk hubungan sosial antar pribadi, sehingga tidak terjebak dalam emosi, kebencian, balas dendam antar pribadi, dll
– Sedangkan penegakan Hukum/Law (apapun bentuknya eg: denda, penjara/kurungan, hukuman mati) Allah memberikan wewenang/kedaulatan/kuasa kepada pemerintah/negara yang sah untuk menjalankan fungsi ini.

See, bedanya: ini dua hal yg berbeda ada aturan utk pribadi dan aturan untuk negara,

Sehingga dalam kasus etika membunuh dalam posisi perang karena negara kita tercinta di invasi oleh negara lain adalah “tidak salah (menurut tafsir saya, tetapi saya pribadi tidak setuju…Agustinus sendiri pd dasarnya tidak setuju perang dan kekerasan)” karena dalam konteks bukan pribadi. Prajurit tidak membunuh tentara musuh karena dendam dengan lawannya, kenal aja tidak apalagi dendam, kalau dendam dengan negaranya musuh sih iya (ini salah n dosa), tapi bukan dengan pribadi dari tentara musuh yang prajurit bunuh.

Dan sebagai warna negara, WN berkewajiban untuk membantu dan setia kepada negara (dalam kasus negara di invasi dengan militer oleh negara lain). Bentuknya bisa macam2 tergantung talenta/panggilan masing2, eg: diplomasi, atau bahkan menjadi tentara untuk maju ke medan perang. Bukankah setia / membela negara yang sah tidak melanggar Alkitab–ini tafsir saya ttg Just warnya.

Nah, sekarang back to topic.

Coba jelaskan kenapa Allah Muhammad memerintahkan untuk membunuh kaum kafir dan murtadin terutama orang-orang yang menghina ajaran Islam?

Ini bukan menyerang, cuma sekedar ingin tahu dari perspektif iman anda, kira-kira bagaimana perasaan/nurani anda terhadap perintah yg sebenarnya mungkin anda sendiri mempertanyakannya. Kenapa mesti harus dihalalkan darahnya?

==============================================

Jawaban anda sungguh manis saudara Garfield, lha point yang anda minta itu saya rasa sebagian besar sudah tercantum di dalam jawaban anda sendiri. Gicu lho.

Pertama : Mengenai urusan negara dgn urusan pribadi. ANda dengan cerdas mengatakan bahwa nabi Muhammad saat itu juga berperan sebagai aparat pemerintah atau mewakili negara. Ini berbeda dengan Yesus yang pada saat itu posisinya hanyalah murni sebagai guru untuk pribadi lepas pribadi. Anda juga berkata bahwa harus ada kepatuhan terhadap pemerintah.
Dari sisi ini mestinya anda mulai mendapatkan gambaran kekerasan yang bagaimanakah yang dianggap legal sesuai hukum Islam, dan mengapa kekerasan itu dianggap legal.

Karena sudut pandangnya adalah sebagai Nabi dalam perspektif Islam, Muhammad adalah penyampai otoritas Allah, Kedua dari sisi kenegaraan yang dilakukan Muhammad adalah sebagai pelaksana aturan main dalam sistem tersebut. Jadi dalam perspepsi individu jelas kesabaran dan bukan peranglah yang dianjurkan, anda cari saja ayatnya . Sedangkan dalam perspektif sebagai pemimpin dalam sebuah sistem , ada kalanya Muhammad harus berperang karena alasan-alasan tertentu.

Gambaran gampangnya : Musa yang mengajarkan jangan membunuh juga berperang. Itu bukan masalah Allah tidak konsisten , tetapi karena jangan membunuh pada saat itu dilihat dari perspektif individu dalam masyarakat, sedangkan perang adalah kenyataan yang harus dihadapi sebagai bagian dari suatu sistem sosial. Anda harus ingat bahwa Allah yang meminta bangsa Israel berperang adalah Allah yang juga memerintahkan jangan membunuh. Itu bukan masalah tidak konsisten. Itu adalah masalah antara hubungan antar pribadi dan hubungan pribadi dan negara atau hubungan antara pribadi di dalam suatu sistem.

You got the point. Terima kasih.

SALAM
GBU

13 09 2009
jakpurut

Garfield (16:15:20) :

Gini Love, Saya bantu sedikit. (eufemisme):

Menurut Lae Jakpurut:
Kenapa surga yang digambarkan Rasullulah Nabi Muhammad SAW adalah tempat yang penuh dengan bidadari (kalau tidak salah jumlahnya 72) yang masih perawan, bermata sayu, selalu perawan. Konon, jika melakukan hubungan suami istri dengan para bidadari perawan itu, besoknya bidadarinya kembali perawan. Kenapa urusan akhirnya nya jadi seperti sex party (orgy = sex party, kalau kamu tdk mengerti/tahu), kenapa bukan berkumpul di surga untuk memuji-muji dan memuliakan Tuhan selamanya?
————————
jakpurut to Garfield :

ternyata memang betul otak batak cerdas cerdas…. ini penilaian pribadi… 🙂

sedikit komentar lae… :

” Orang yg suka berfantasi sex dan senang bersex ria dengan segudang istri… tentulah ia akan menceritakan hasil mimpi basahnya ke para pengikut- pengikut nya, bagaimana kira kira tempat yg indah itu…. dan ironisnya sementara dia belum pernah ke tmpt indah itu…..”

dari pernyataan diatas…terciptalah ” Surga ” hasil dari Pikiran Kotor sang nabi!

13 09 2009
jakpurut

dia kan cuma ber fallacy ria lae…. hehehehehe capeeeeeek deh…….. =))

13 09 2009
lovepassword

@Garfield :

Gini Love, Saya bantu sedikit. (eufemisme):

Menurut Lae Jakpurut:
Kenapa surga yang digambarkan Rasullulah Nabi Muhammad SAW adalah tempat yang penuh dengan bidadari (kalau tidak salah jumlahnya 72) yang masih perawan, bermata sayu, selalu perawan. Konon, jika melakukan hubungan suami istri dengan para bidadari perawan itu, besoknya bidadarinya kembali perawan. Kenapa urusan akhirnya nya jadi seperti sex party (orgy = sex party, kalau kamu tdk mengerti/tahu), kenapa bukan berkumpul di surga untuk memuji-muji dan memuliakan Tuhan selamanya?

===> Duh para teman, itu kan juga sudah kujawab 16 kali ( kalo yang ini hiperbola) . Konsep Surga dan Neraka mengandung konsep reward and punishment, yang namanya reward itu tentu harus menarik untuk pihak yang mendapat reward begitu juga punishment harus menakutkan pihak yang mendapat hukuman, Lha posisinya itu seperti itu.

Itulah makanya di dalam Islam ada gambaran seperti itu, begitu juga itulah makanya di dalam Kristen ada gambaran tempat luar biasa mewah gila-gilaan seperti yang ada dalam Wahyu. Begitu juga mengapa neraka digambarkan begitu menyeramkan di dalam agama masing2 .

Guampang itu dan itu sudah kujawab berkali-kali aslinya sih. Intinya yang namanya reward and punishment harus punya sisi penarik dan penolak bagi orang2 yang melakukan tindakan tertentu. Gicu lho .

Tetapi ada tapinya, selain konsep iming2 hadiah seperti itu sebenarnya ada juga sisi yang lain, bahwa ada kedekatan manusia dengan penciptanya di situ. Itu yang paling penting. Sudah tak jawab dengan jelas kan ya ?

SALAMN
GBU

13 09 2009
Garfield

QS 9:29
Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk

–>> Dalam konteks ini, Baginda Nabi memerangi orang yg tidak percaya kepadanya. Dalam pemikiran saya logikanya pasti muslim menyerang daerah sekitarnya sehingga imperium khalifahnya menyebar ke seluruh Arab. Ini legal ya? jadi, kalau negara muslim semakin superpower dan negara-negara lain tdk percaya, berarti legal untuk diperangi, begitu ya?

QS 9:73
Hai Nabi, berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka ialah jahannam. Dan itu adalah tempat kembali yang seburuk-buruknya.

–> Nabi yg suci dan Raja mengajarkan bersikap keras terhadap sesama yg tidak percaya aka Kafirun, apa alasannya?

QS 9:123
Hai orang-orang yang beriman, perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan daripadamu, dan ketahuilah, bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa

–> Nabi yg suci dan Raja meminta pengikutnya bersikap keras terhadap sesama yg tidak percaya aka Kafirun, apa alasannya?
QS 66:9

Dalam konteks ini, sangat jauh dari perbandingannya dengan ajaran YESUS yang penuh kasih dan karunia. Masa hal begitu dibandingkan dengan mengobrak-abrik money changer di Bait Allah? X dengan X… begitu ya, Love? Hehehe

13 09 2009
Garfield

Untunglah saya tidak hiper. Kalau ya, kemungkinan saya mualaff. Hehehe

13 09 2009
lovepassword

Wah diskusimu loncat loncat ihhh. Kita sudah sampai Y, kamu mbalik kembali lagi ke A, duh ???

Intinya itu kekerasan dilihat dari perspektif system dan individu. Gicu lho. Gini saja deh : Coba kamu jelaskan mengapa Allah yang menyuruh Musa jangan membunuh kok malah juga memerintahkan Nabi2 dan tkoh Alkitab di perjanjian lama untuk berperang ??? Ingat ya bahwa jangan membunuh itu juga produk PL. Bisa menjawab? Atau kalian bahwa sama sekali gak kepikiran pertanyaan itu .

SALAM
GBU

13 09 2009
Garfield

@ Lovepassword:

“Tetapi ada tapinya, selain konsep iming2 hadiah seperti itu sebenarnya ada juga sisi yang lain, bahwa ada kedekatan manusia dengan penciptanya di situ. Itu yang paling penting. Sudah tak jawab dengan jelas kan ya ?”

Bisa dijelaskan lebih jernih dan rinci lagi quote ini?
>>>bahwa ada kedekatan manusia dengan penciptanya di situ>>>

Apa hubungan maaf, orgy, dengan kedekatan manusia dgn pencipta?
Sorry, Love…jgn tersinggung…swear, aku pengen tau.

13 09 2009
lovepassword

“Tetapi ada tapinya, selain konsep iming2 hadiah seperti itu sebenarnya ada juga sisi yang lain, bahwa ada kedekatan manusia dengan penciptanya di situ. Itu yang paling penting. Sudah tak jawab dengan jelas kan ya ?”

Bisa dijelaskan lebih jernih dan rinci lagi quote ini?
>>>bahwa ada kedekatan manusia dengan penciptanya di situ>>>

Apa hubungan maaf, orgy, dengan kedekatan manusia dgn pencipta?
Sorry, Love…jgn tersinggung…swear, aku pengen tau.

===> Ya ampun mati aku lama2 ngomong sama kamu. Hi Hi hi.
Kok bisa sih malah kamu hubung2ken .

Meraih surga dengan harapan imbalan itu level pertama
Lha yang motivasinya dekat dengan Allah tentu lebih baik . Gicu

13 09 2009
Garfield

Jawaban Khas Lovepassword, :-((

Walaupun ini ad hominem tu quo que a.k.a fallacy argument, (pernyataan irrelevant yg tidak menjawab pertanyaan, tapi bertanya balik dgn menyerang kepribadian/ajaran/ ide/lawan diskusi yg tidak ada kaitannya dengan pertanyaan si penanya)

Kesimpulanku:

Islam ingin membangun system yang salah satu pilar dasarnya adalah kekerasan terhadap pihak-pihak yang tidak se-ide dengan perintah Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

13 09 2009
Garfield

Sebentar…sebentar…Love.

Maaf, kalau saya keliru. Artinya Baginda Nabi dan pengikutnya posisinya dekat-dekatan dengan Allah, begitu. Artinya, ehm…aduuhhhhh, astagfirrulah…maaf 1000x maaf…Allah ikut…aahh, gak tega. Minimal Allah menonton…? Maaf yaaaa…please.

13 09 2009
jakpurut

@Garfield,
lae….

si jago fallacy ini gak melihat kalau sex orgy itu suatu kegiatan abnormal… dia gak menilai kalau itu salah dalam kaidah manusia yg bersosial dan beradab…sex orgy dinilai nya seperti balas jasa dan upah…
nurani nya gak bergerak sedikit pun…………..ketidak-beresan konsep surga ini…..

si jago fallacy ini masih saja membawa argumen nya ke agama orang lain…… ini lah tipe pengikut nabi arab yg ” SEJATI “

13 09 2009
Garfield

@ jakpurut

Gak taulah…senang kali dia pake fallacy argument.

I ma tahe, holan na mamereng pat pe ninna nunga jonjong muse pidongna halak arab on..Bea ma ate, songoni ma surgo na annon, hehehe

13 09 2009
Garfield

RALAT:
Paragraf 1
Lovepassword menyatakan kekerasan di ajaran muslim di ayat-ayat Alquran sama dengan kekerasan kristen di ayat-ayat Alkitab, berdasarkan teori just war dari teolog Katolik & Protestan yang menafsirkan ayat-ayat Alkitab ttg kekerasan.

14 09 2009
jakpurut

@lovepasssword,

menyerang pribadai lawan dalam berdiskusi ciri khas seorang yg gak bisa berargumen…. peduli amat garfield =jelasgak, yg pasti bisa gak kau patahkan argumennya? atau hanya ngomong ke kaca aja kau bisa?

14 09 2009
jeha rajagukguk

@ I ma tahe, holan na mamereng pat pe ninna nunga jonjong muse….(sensor)
astagafurillah…….ai sonon i do halak i ??

14 09 2009
Robinson Agus Sihotang

@ For All

Marilah kita tutup diskusi kita kali ini dengan semangat saling kasih mengasihi. Kita jauhkan perbedaan yg ada untuk menjalin persatuan Bangsa Indonesia yang kita cintai ini. Syalom

14 09 2009
rodrymikhael

kasihan ya,,,berarti yg bisa masuk surga cuma laki2, wong fasilitas yg disediakan adalah untuk laki2 kan….sementara perempuan, tidak dibumi tidak disurga, tetap menjadi “tunggangan” para laki2…ironis,,,

14 09 2009
lovepassword

La la la la la , ada manusia ngamuk-ngamuk hi hi hi
Semut semut kecil
saya mau tanya
apakah kamu di dalam tanah tidak takut cacing ?

Oek..oek itu jawabmu
Oek oek itu katamu.

Memang bener kata saudara Robinson Agus Sihontang . Memang bagusnya topik ini kita tutuplah, Hi Hi Hi. Nggak baik kalo galak-galak.

Lagian aku nggak yakin kalian bisa mengimbangi aku kalo topiknya ini. ( melet mode on).

Ssssst jangan galak-galah atuh.

14 09 2009
lovepassword

@Garfield : Jawaban Khas Lovepassword, 😦 (

Walaupun ini ad hominem tu quo que a.k.a fallacy argument, (pernyataan irrelevant yg tidak menjawab pertanyaan, tapi bertanya balik dgn menyerang kepribadian/ajaran/ ide/lawan diskusi yg tidak ada kaitannya dengan pertanyaan si penanya)

Kesimpulanku:

Islam ingin membangun system yang salah satu pilar dasarnya adalah kekerasan terhadap pihak-pihak yang tidak se-ide dengan perintah Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

======================================

Gini lho sayangku cintaku hi hi hi. Kita ini bukan berdebat ala mahasiswa ingusan yang bangga karena baru saja lulus kuliah logika. jadi yang diomongin bukan topik yang didiskusikan tetapi bagian mana dari argumentasi lawan bicara yang kira2 membuat anda lulus kuliah logika. Masalah kacang atom makan homo homoni inem itu masalah kecillah buatku Hik Hik Hik. Setidaknya buku2 logika itu kan makananku sehari-hari. ( melet mode on). Perasaan mendingan makan pisang goreng deh.

Lha ketika saya membicarakan kristen saat menjawab pertanyaan anda. Itu sama sekali bukan ad hominem anak manis. Karena saya tidak dalam kapasitas membenarkan diri dengan memakai kesalahan pihak lain. Gicu ya ?

Saya memakai contoh yang dekat dengan kalian karena menurutku kalian lebih mudah paham jika contohnya dekat dengan kalian. Lha masalahnya adalah memang aku agak over estimate, Lha wong kalian membaca Alkitab kalian sendiri saja nggak mudeng-mudeng jadi ya sulit juga meskipun aku sudah memberi banyak contoh yang mestinya sih sangat dekat dengan kalian.

Masalah just war itu kan konsep klasik dalam ajaran Kristen. Lha masalah segampang ini saja kalian nggak paham-paham. Ampun deh. Saranku sih karena pengetahuan kalian soal agama kalian sendiri saja aduhai agak memprihatinkan, ada baiknya kalian tingkatkan itu sebelum menghakimi agama lain. 🙂 😦

Ini cuma sekedar saran lho ya. Ada yang mau protes ???

=============================================

Ketika aku bertanya balik padamu itu tujuannya agar kamu mikir manisku cintaku , lha saat kamu mikir itulah kuharapkan kamu sendiri akan menemukan korelasi antara pertanyaanmu itu dengan jawabanmu sendiri. Gicu lho.

Lha karena kalian nggak hobi mikir, ditanya pertanyaan gampang saja ngeles terus :

mengapa Allah yang sama yang memerintahkan jangan membunuh , justru memerintahkan juga bangsa Israel untuk berperang ???

Nggak ada yang berani menjawab ? Kasihan bener dikau sayangku cintaku.

Karena kalian masalah segampang ini saja nggak mudengan – Sini kuberitahu jawabannya : Karena perintah berperang di situ harus dilihat dari perpektif system. Kamu baik jika mengampuni orang lain, tetapi dalam konteks sistem kita harus melihat dari sudut pandang kebaikan secara keseluruhan, siapa yang pegang otoritas, dsb

Plok Plok Plok silahkan bertepuk tangan untuk lovepassword yang ganteng gung liwang liwung ini.

SALAM
GBU

Terima kasih Terima kasih

Salam lagi deh.

14 09 2009
Garfield

Baru tau aku si Love ganteng. Dari tulisannya kupikir dia itu anak gadis perawan ting-ting seumuran ulfa lutfiana….tapi kalau ganteng berarti bayanganku berubah jadi kayak melihat Olga Syahputra bah…sorry ya love, org batak emang begitu, to the point.

14 09 2009
Garfield

Sudahlah. Kita tutup diskusi kita dengan sepakat untuk tidak sepakat.
Masing-masing kita beda.

Saya jadi memahami bahwa Islam punya massa yang fanatik, massa yang sangat mencintai Sang Baginda Rasullulah Muhammad SAW manusia setengah dewa yang tidak pernah salah dimata mereka.

Sementara saya malah merasa sangat dicintai oleh TUHAN Yesus Kristus, yang rela berkorban nyawanya untuk menjamin keselamatan saya dan orang-orang percaya beroleh hidup kekal di surga. Haleluya.

14 09 2009
lovepassword

Olga Syahputra, yah lumayanlah. Gak jelek-jelek amat. Tapi kalo menurutku sih masih gantengan wajah yang kulihat dalam cermin 🙂

14 09 2009
lovepassword

Kalo masalah tutup menutup mah aku juga oke-oke saja. Hi Hi Hi.
Saling berdiskusi itu saya rasa perlu untuk memahami pemikiran masing2. Tetapi memang perlu kalem dan pake hati juga sih. hi hi hi.

Sepakat untuk tidak sepakat ??? Yah sebenarnya gini yah : Selalu ada sisi dimana dua kepala bisa sepakat, begitu juga ada sisi dimana kita tidak sepakat. Jadi ada sisi yang sepakat ada yang nggak sepakat.

OKE, deh. DENGAN RESMI atas nama Pemimpin besar revolusi Negara Bum Bum Bum , kita teken MOU bersama untuk menutup kasus kekerasan ini. Mudah-mudahan MOU ini juga bisa ditindaklanjuti oleh pihak2 lainnya.

SALAM

14 09 2009
Garfield

Jadi, kau “sejenis” dengan si Olga?

14 09 2009
lovepassword

@Garfield : Jadi, kau “sejenis” dengan si Olga? ===> Setahuku sih kami sama-sama mamalia. 🙂

14 09 2009
jakpurut

@Garfield,

memang harus di stop aja lae… susah kalau kita berdebat sama orang yg pemikiran nya gak bisa membedakan mana argumen dan mana fallacy…

saya juga heran dengan pengikut si nabi abad ke 7 ini, dia gak tau kalau point point argumen yg benar sudah dirancang dan di pakai oleh akademisi Yunani dulu, ribuan tahun sebelum si nabi aspal arab lahir di dunia ini!

wajar ajalah…dia gak tau,
boama halak hion…akka silom …otto na somalum…hahahahaha

15 09 2009
onanon

@Garfield

Yang aku bingung kenapa Nabi-nabi versi Alquran semuanya merefer ke Nabi orang Yahudi (garis keturunan Ishak). Seperti Musa, Yakub, Yusuf, Daud, Isa, dst
Mengapa mirip?
Supaya genap apa yang di nubuat yesus di dalam Alkitab, “Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, tentu mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya nyata bahwa mereka semua tidak termasuk pada kita “…. ya tepat sekali ,mereka dahulu adalah bersama kita tapi tidak sungguh sungguh dengan kita,untuk mengetahui ini lihat lah sejarah “nabi”,awal nya dia adalah pagan qurais,setelah berumur 25 tahun,beliau menikah dengan khadijah,dst…..nah disinilah awal nya mereka bersama sama kita,”nabi”menikah dengan mengikuti kadijah dan diberkati oleh paman kadijah,yaitu pendeta warakah, namun harus di ketahui bahwa kadijah dan paman nya adalah sekte Kristen yang menyimpang ,yang menolak trinitas ,dengan mengatakan tidak mungkin allah itu tiga,yaitu allah bapa,bunda maria dan yesus kristus(dalam hal ini lihat jejak nya masih tertulis didalm al’quran)bandingkan dengan konsep Kristen allah bapa,anak,dan roh kudus

15 09 2009
lovepassword

@jak purut : Ah dikau itu aku dan garfield lagi berbaik-baik menikmati pelangi, eh kau nyamber saja dari belakang. Eh kau doyan kopi nggak ? 🙂

15 09 2009
lovepassword

Tak bilangi ya saudara , yang namanya nembak model kamu itu sangat subjektif dan tergantung kebutuhan. Dulu waktu Protestan berkelahi sama Katholik, model2 ayat yang kau posting itu ditembakkan bertubi-tubi ke arah Katholik. Itu kan seenak udelnya yang ngarahken saja.

SALAM
GBU

15 09 2009
jakpurut

@lovepassword,

boama halak hion…akka silom …otto na somalum…hahahahaha

silahkan cari orang batak mengartikan itu… hahahahahaha

15 09 2009
lovepassword

Hi Hi Hi, lha emangnya dikau bukan orang Batak yah? Gimana kalau kau bantuin aku mengartikan. Plisssss…kamu baik deh 🙂

15 09 2009
lovepassword

Hi Hi Hi, emangnya artinya apa ya? Jangan-jangan itu surat cinta . Duh gaswat… – Gaswat…Gaswat….

15 09 2009
Garfield

mamalia: kalau secara etimology berasal dari kata mamae alias susu. Jadi mamalia artinya makhluk hidup yg punya susu…:-)

15 09 2009
Garfield

Jgn GR lah kau love, si Lae Jakpurut masih normal dia…mana mau dia sama org sejenis si Olga, hehehe.

Artinya itu: “Wah, orang-orang islam ini memang hebat-hebat”, hehehe

15 09 2009
Garfield

Setuju kali aku sama kau, lae. Kayak org2 Farise sama Saduki aja kulihat gaya org2 ini.

15 09 2009
rodrymikhael

ditutup? ntar pas bang Jephman bikin posting baru lagi, forumnya pasti pindah lagi… begitu seterusnya… saya melihat perdebatan2 seperti ini tidak akan ada habisnya, baik di situs ini maupun situs orang lain, apapun agamanya…

15 09 2009
lovepassword

Lha memang nggak habis, lha wong nggak ada yang ngabisin. Coba kalo kau hidangken roti atau kue bolu , lha cepet kali habisnya tu.

😀

15 09 2009
jakpurut

rodrymikhael (10:50:52) :

ditutup? ntar pas bang Jephman bikin posting baru lagi, forumnya pasti pindah lagi… begitu seterusnya… saya melihat perdebatan2 seperti ini tidak akan ada habisnya, baik di situs ini maupun situs orang lain, apapun agamanya…

jakpurut :

kenapa tidak habis habis nya, kalau lae cermati di sini, ada argumen yg terus fallacy, yaitu argumen yg berputar pada poros nya sampai akhir zaman nanti… gak pernah jalan selangkah pun, jadi maklum aja lae…. 🙂

16 09 2009
LOL

Menurutku ga ada dasarnya kalau surga menurut pandangan Kristen itu berupa batu mulia, uang atau sejenisnya [mamon]
Yang kudapat surga menurut Kristen itu adalah seperti yang sudah pernah dijelaskan, dapat melihat Tuhan, n kalo menurutku itu ialah sanagat menikmati selaga pujian yang kita berikan buat Tuhan [mungkin saudara2 penah merasakan gimana senang nya / leganya ada pada saat2 memuji dan menyembah dan berdoa, susah mengatakan gimana rasanya sangat sangat, tenang dan damai] mungkin lebih lebih dari itu rasanya surga itu. Tapi itu Cuma menurut ku saja.
salam

16 09 2009
Garfield

Sepakat untuk tidak sepakat ??? Yah sebenarnya gini yah : Selalu ada sisi dimana dua kepala bisa sepakat, begitu juga ada sisi dimana kita tidak sepakat. Jadi ada sisi yang sepakat ada yang nggak sepakat

@Lovepassword; Untuk hal2 prinsipil, kalau A bilang A…Jadi orang itu musti tegas, jangan mencla mencle, plintat plintut…

16 09 2009
lovepassword

Terimakasih…terimakasih atas pujiannya. I lap yu deh….

16 09 2009
lovepassword

Bagian mana dari pidatoku yang aduhai manis yang kaui bilang plintat-plintut ???

DUH, kamu itu kalo niatnya memuji aku ya muji saja deh. Nggak usah sok malu-malu kayak anak perawan. Tidak perlu malulah menunjukkan niat baik. Asal nggak pamer saja. Hi Hi Hi.

SALAM

SALAM

see you deh

16 09 2009
lovepassword

Yang diatas itu buat Garfield lho

16 09 2009
Gala_ren

Yah..terlambat!!
Udah di tutup yah..??

Ini paling menarik..
kupinjam kalimatnya bang Garfield
: )

Nah, sekarang back to topic.

Coba jelaskan kenapa Allah Muhammad memerintahkan untuk membunuh kaum kafir dan murtadin terutama orang-orang yang menghina ajaran Islam?

Ini bukan menyerang, cuma sekedar ingin tahu dari perspektif iman anda, kira-kira bagaimana perasaan/nurani anda terhadap perintah yg sebenarnya mungkin anda sendiri mempertanyakannya. Kenapa mesti harus dihalalkan darahnya?

ada jawaban???
dari love..dkk

16 09 2009
Gala_ren

Yah..terlambat!!
Udah di tutup yah..??

Ini paling menarik..
kupinjam kalimatnya bang Garfield
: )

Nah, sekarang back to topic.

Coba jelaskan kenapa Allah Muhammad memerintahkan untuk membunuh kaum kafir dan murtadin terutama orang-orang yang menghina ajaran Islam?

Ini bukan menyerang, cuma sekedar ingin tahu dari perspektif iman anda, kira-kira bagaimana perasaan/nurani anda terhadap perintah yg sebenarnya mungkin anda sendiri mempertanyakannya. Kenapa mesti harus dihalalkan darahnya?

ada jawaban???
dari love..dkk

17 09 2009
Garfield

Udahlah Lae, gak akan dijawab. Paling2 mereka berfallacy ria.

17 09 2009
jakpurut

@Gala_ren

“Coba jelaskan kenapa Allah Muhammad memerintahkan untuk membunuh kaum kafir dan murtadin terutama orang-orang yang menghina ajaran Islam?”

jakpurut :

Karena allah muhammad butuh darah kafir dan murtadin supaya dia tetap exist!

17 09 2009
Emanuel Setio Dewo

Wakakaka… bener banget analogimu lae. Aku juga stres mbaca komennya si ibu. Selain merasa dirinya bener sendiri, juga kasar (*sorry*) sama komentator lain. Untung TUHAN tidak bener-bener mengutuknya seperti yang dia sendiri inginkan.

17 09 2009
lovepassword

Hi Hi Hi, Mas Dewo tercinta rupanya dikau juga menyasarkan diri ke sini. Hik Hik Hik.
Mohon Maaf Lahir dan Batin ya …

17 09 2009
alex

haha ..,,
ya sudahlah … Kristen dan Islam itu kan sudah berbeda ..
Iman Kristen itu Kasih Karunia, sedangkan Islam agama hukum …

makanya di Islam ada larangan ini itu, haram ini itu, najis ini itu, wajib ini itu…
de el el …
kalo di Kristen, .. baca Yohanes 3:16 aja lah .. hihi ..
ga usah dijelasin lagi ….

lagian di AL-Quran banyak sekali hal yang menyebutkan tentang ISA Almasih …

salam buat semua …

ps: Yohaness 14:6

“Wa innahu la’ilmu lis saa’ati fa laa tamtarunna bihaa wa tabi’unni haadzaa shiraathum mustaqiim”

“Dan sungguh, dia (Isa) benar-benar menjadi pertanda akan datangnya hari kiamat. Karena itu, jangalah kamu ragu-ragu tentang (kiamat) itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan Yang lurus.” (QS 43:61) “

17 09 2009
alex

haha ..,,
ya sudahlah … Kristen dan Islam itu kan sudah berbeda ..
Iman Kristen itu Kasih Karunia, sedangkan Islam agama hukum …

makanya di Islam ada larangan ini itu, haram ini itu, najis ini itu, wajib ini itu…
de el el …
kalo di Kristen, .. baca Yohanes 3:16 aja lah .. hihi ..
ga usah dijelasin lagi ….

lagian di AL-Quran banyak sekali hal yang menyebutkan tentang ISA Almasih …

salam buat semua …

ps: Yohaness 14:6

“Wa innahu la’ilmu lis saa’ati fa laa tamtarunna bihaa wa tabi’unni haadzaa shiraathum mustaqiim”

“Dan sungguh, dia (Isa) benar-benar menjadi pertanda akan datangnya hari kiamat. Karena itu, jangalah kamu ragu-ragu tentang (kiamat) itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan Yang lurus.” (QS 43:61) “

17 09 2009
parhobass

@jakpurut..

lae, Anda ditunggu Fitri…
mungkin di blog Anda, mungkin di blog dia…

salam;
Parhobass/Hakadosh

17 09 2009
rodrymikhael

fallacy itu apa sih, tolong terangkan dulu… maklum saya awam mengenai hal2 spt ini…

17 09 2009
rodrymikhael

alexander agung? jadi nabi apa dia??

17 09 2009
Emanuel Setio Dewo

Halo Bro Lovepassword, apa kabar? Mohon maaf lahir batin juga Bro. GBU.

18 09 2009
alex

wah wah .. commentku kenapa ga di approve tulang jephman …
ok lah kalo gitu .. ternyata di banned ya .. seep lah

horas..

18 09 2009
"Vivaldi" Sianipar

Wah hari gini masih ada muslim yang sok pintar 🙂 Ke faithfreedom dong, upss jangan bilang itu situs fitnah lho….soalnya ada tantangan bernilai minimal 500jt lho disitu kalo ente semua bisa membuktikan Ali Sina salah ttg kebusukan Islam dan Muhammad, kan lumayan buat lebaran atau mendirikan ponpes yg mendidik teroris lebih banyak lagi…tapi jangankan ente yg Islam kacangan…cendekiawan muslim kelas dunia sekalipun keok disitu…jadi tak usah diperpanjang deh…percuma berdebat dengan mummi kayak lovepassword dan fietria teman-teman 🙂

19 09 2009
Sujarwo Tedjo

@ rodrymikhael

anda dapat berdebat fallacy dgn teman2 muslim di blog adi isa, disana teman2 anda sangat gigih dikeroyok sesama kami muslim.

19 09 2009
rodrymikhael

@sujarwo tedjo

anda dapat berdebat fallacy dgn teman2 muslim di blog adi isa, disana teman2 anda sangat gigih dikeroyok sesama kami muslim.
–> jgnkan di blog muslim, di blog kristen saja saya sudah dikatakan berdebat dgn “setengah hati”… lebih baik saya menonton saja ok 😀

19 09 2009
Sujarwo Tedjo

@ rodrymikhael

Bro, terkadang perlu juga kita menunjukkan identitas diri kita kepada setiap orang, apakah seperti kata kitab sucimu itu anda itu Kristen Suam-Suam KuKu atau Kristen karena panggilan Tuhanmu. Saya Muslimin tetap meyakinin ajaran agama saya dan tetap mempertahankan keyakinan saya walau banyak pendapat miring atau bukti yang menyanggah kepercayaan saya itu. Masak terus merajuk dgn koment saya yg mengatakan ananda tuh setengah-tengah hati berkomentar. Mungkin jadi komentar anda itu nanti dipakai tolok ukur dalam memberitakan Kebenaran agamamu , who is that know ?? Masak sbg mahasiswa kedokteran hanya sebagai penonton saja…..
Kasihan teman-temanmu di blog sebelah dikeroyok habis ….

19 09 2009
rodrymikhael

Bapak sujarwotedjo yang baik,
saya melihat perdebatan2 seperti ini tidak akan ada habis2nya… seorang akan terus menyerang orang yang lain, lalu dibalas orang lain lagi, begitu seterusnya… perdebatan hanya akan selesai jika ada yang menyerah lalu mengakui kebenaran lawannya, bukankah demikian? padahal mana ada yang mau meninggalkan agamanya lalu beralih kepada apa yang dianut oleh orang lain..

anda bilang:
“terkadang perlu juga kita menunjukkan identitas diri kita kepada setiap orang, apakah seperti kata kitab sucimu itu anda itu Kristen Suam-Suam KuKu atau Kristen karena panggilan Tuhanmu.”
saya menjawab:
hal itu benar. namun caranya bukan dengan perdebatan seperti ini. menunjukkan identitas tidak hanya sebatas kata2/perdebatan, melainkan dengan tindakan nyata. itulah Kristen yang sebenar2nya. sebagai Kristen saya diajarkan untuk tidak menunjukkan iman melalui debat kusir, melainkan dengan perbuatan kasih nyata kepada sesama manusia… saya punya banyak sekali rekan2 yang muslim, namun saya tetap membagikan kasih (kebaikan) yang saya miliki kepada mereka sebagaimana saya melakukannya kepada saudara2ku seiman… biarlah dunia menilai identitas saya dari perbuatan saya tersebut…

anda bilang lagi:
“Masak terus merajuk dgn koment saya yg mengatakan ananda tuh setengah-tengah hati berkomentar.”
saya menjawab:
siapa bilang saya merajuk? dari dulu memang saya seperti ini, tidak terlalu menaruh perhatian kepada debat2 spt ini… coba bandingkan komen2 saya dgn komen2 yang lain, spt jakpurut dkk..mungkin kalah jauh, karena memang seperti itu adanya ok

anda bilang lagi:
“Masak sbg mahasiswa kedokteran hanya sebagai penonton saja…..”
saya menjawab:
saya kembalikan: emang ada kewajiban mahasiswa kedokteran untuk tidak hanya menjadi penonton? semua yg saya katakan disini jgn dikait2kan dgn kepribadian saya… tidak ada hubungannya sama sekali ok…saya adalah mahasiswa kedokteran jika anda berada di blog (“ruang praktek”) saya. kalau disini saya adalah Kristen, tidak lebih. titik.

dan terakhir anda bilang:
‘Kasihan teman-temanmu di blog sebelah dikeroyok habis ….”
saya hanya bisa bilang:
di agamaku diajarkan untuk tidak membalas kejahatan dgn kejahatan, tapi balaslah kejahatan dgn kebaikan…jika saya ikut2an menimpali debat di blog sebelah, itu sama saja saya membalas kejahatan dgn kejahatan,jadi apa dong bedanya saya dgn mereka?
syalom

19 09 2009
jakpurut

@rodrymikhael,

salah satu point argumen yg tidak fallacy adalah :

suatu bukti argumen yang bisa di terimana akal tanpa menompang kebenaran objek lain nya,

premis A = benar
Premis B = benar

kalau si A terbukt benar maka si B harus membuktikan dirinya benar tanpa mengambil bukti logika dari A

salah satu fallacy :

argumentum ad numerum = argumen tidak menjadi benar karena jumlah angka

contoh :

dulu berjuta juta orang percaya bahwa bumi ini datar, dan itu menjadi kebenaran waktu itu, banyak orang percaya mengenai ini, tapi kenyataan berkata lain! 🙂

21 09 2009
welmart

perasaan nabi muslim adalah semua nabi kristen tambah satu. jadi kalau ceritanya berbeda itu karena penulisnya berbeda. bukan nabinya lain perbuatan.

24 09 2009
marvalous

kalo nabi gak berdosa tuh sama aja donk dia itu TUHAN?
ngapain kita sebut dia ”nabi” kalo dia itu gk berdosa seperti TUHAN?
namanya manusia juga dosa lah.
tp sih yg namanya agama itu gak menyelamatkan.
kan percuma aja punya agama tapi jalaninnya gak bener.

si AAG aja pertamanya dia bilang gk boleh poligami kan?
eh nyatanya skrg dy poligami.
tadinya sblm dy poligami, pesantren dy byk kn yg dtg?
skrg apa coba?
sepi gitu..
makanya kalo punya omongan, harus dijaga. jangan NATO doank.

knp selalu KRISTEN yg didebatkan?
kenapa tidak agama lain aja?
inilah hal yg saya masih bingung sampai sekarang.
kenapa selalu KRISTEN yg dipermasalahkan?
mngapa selalu mencari2 kesalahan ALKITAB?
ALKITAB kan itu ALLAH sendiri.. tidak mungkin salah..

ALKITAB pun ditulis di jaman2 yg berbeda oleh org2 berbeda..
banyak yg mereka belum pernah ketemu muka dgn muka sesama penulis kitab..
tp mreka tetep inti nya juga sama.. hebatkan ALKITAB
mengapa ada yg kitab2 sesat? karena mereka tidak senang dengan kebenaran ALKITAB yg akan membuka mata orang2 banyak.
coba deh anda baca ALKITAB seluruhnya. dari awal sampai akhir.
ALKITAB tuh menulis ttg semuanya, dari awal BUMI dibuat sampai hari KIAMAT nanti. (alfa & omega) Tuhan jg pernah mengatakan bhw Ia adalah ALFA&OMEGA. berarti ini benar.
ALKITAB = ALLAH sendiri.
baca aja di YOHANES 1:1

MASALAH TTG MEMBUNUH KAUM KAFIR

aneh aja masa gitu aja dibunuh?
berarti percuma donk manusia di kasih hak.
hak utk bebas memilih?
hak itu berarti diambil donk?
bunuh kaum kafir jd sama kyk teroris.
itu terlalu kyk NAZI.. yg maunya cuma 1 ras doank.
coba baca tentang BABEL.. saya lupa di kitab mana. tapi coba bacalah tentang BABEL yg dibubarkan oleh TUHAN.
org2 di BABEL hanya ingin berkumpul di 1 tmpt saja, & mreka ingin membangun menara stinggi langit yg akan menyentuh surga (kata mereka).
tapii nyatanya TUHAN mengacaubalaukan mereka..

25 09 2009
Tambunan

Dear all,

Sudah pengalaman kalau berdebat masalah agama (khususnya Islam dan Kristen), akan berujung pada debat kusir.
Anda orang Kristen, berbahagialah karena Tuhan Allahmu adalah Kasih.
Anda orang Islam, berbahagialan karena Tuhan Allahmu memberimu ‘Licence To Kill’.

26 09 2009
jakpurut

@rodmikhael,

lae… kata kata di bawah ini bisa mewakili apa itu Argumen kontra Fallacy :

“KEBENARAN TIDAK AKAN BUTUH DALIL DILUAR DIRINYA UNTUK MENOMPANG BAGAIMANA DIA BISA BERDIRI ”

kalau yg Pro Fallacy itu begini lae :


Tetapi sayangnya sih kalo menurutku kualitas yang kamu contohken itu kayaknya belum mampir pada dirimu : Bukan seseorang yang berseru Tuhan Tuhan yang akan masuk ke Kerajaan Surga. 🙂
Jika kamu meneladani Sang Guru, bagian manakah dari ucapanmu yang menunjukkan kualitas hidup bahwa kamu sungguh2 meneladani tokoh idolamu itu”

Argumen yg menyerang pribadi lawan bicara dengan sengaja, merupakan argumen fallacy, kenapa bisa begitu lae?

jawaban nya : dalam berdiskusi di internet ini , kita tidak bisa dengan pasti bagaimana sebenarnya lawan bicara kita dalam kehidupan ya sehari hari, apa benar seperti yg dilontarkan si penuduh atau malah sebaliknya,apa dia baik?, apa dia penuh HIKMAT? apa dia jahat? apa dia TERORIS? tidak ada kepastian sama sekali, yg pasti dan nyata, kita hanya berhadapan dengan tulisan-tulisannya…., yg dapat kita nilai adalah apakah tulisan itu logis? apa itu benar benar terjadi? apakah dia bisa mempertanggung jawabkan tulisannya atau tulisannya hanya karangan bualan semata? tentu tidak ada relevansinya kalau kita sengaja menyerang pribadi lawan bicara kita, sementara kita tidak menjawab argumen nya sama sekali…

begitu lae menurutku 🙂

Nb.
– menulis dgn tanda seru (!) dan sedikit HURUF BESAR gak ada dasar kita menuduh dia sebagai “galak ” 🙂 , lain halnya kalau dia menulis tulisan nya semua dengan HURUF BESAR dan penuh tanda seru (!)

26 09 2009
jakpurut

@rodmikhael,

lae… kata kata di bawah ini bisa mewakili apa itu Argumen kontra Fallacy :

“KEBENARAN TIDAK AKAN BUTUH DALIL DILUAR DIRINYA UNTUK MENOMPANG BAGAIMANA DIA BISA BERDIRI ”

kalau yg Pro Fallacy itu begini lae :

1)”
Tetapi sayangnya sih kalo menurutku kualitas yang kamu contohken itu kayaknya belum mampir pada dirimu : Bukan seseorang yang berseru Tuhan Tuhan yang akan masuk ke Kerajaan Surga. 🙂
Jika kamu meneladani Sang Guru, bagian manakah dari ucapanmu yang menunjukkan kualitas hidup bahwa kamu sungguh2 meneladani tokoh idolamu itu”

2)anda bilang lagi:
“Masak sbg mahasiswa kedokteran hanya sebagai penonton saja…..”

lae menjawab:
saya kembalikan: emang ada kewajiban mahasiswa kedokteran untuk tidak hanya menjadi penonton? semua yg saya katakan disini jgn dikait2kan dgn kepribadian saya… tidak ada hubungannya sama sekali ok

Argumen yg menyerang pribadi lawan bicara dengan sengaja, merupakan argumen fallacy, kenapa bisa begitu lae?

jawaban nya : dalam berdiskusi di internet ini , kita tidak bisa dengan pasti bagaimana sebenarnya lawan bicara kita dalam kehidupan ya sehari hari, apa benar seperti yg dilontarkan si penuduh atau malah sebaliknya,apa dia baik?, apa dia penuh HIKMAT? apa dia jahat? apa dia TERORIS? tidak ada kepastian sama sekali, yg pasti dan nyata, kita hanya berhadapan dengan tulisan-tulisannya…., yg dapat kita nilai adalah apakah tulisan itu logis? apa itu benar benar terjadi? apakah dia bisa mempertanggung jawabkan tulisannya atau tulisannya hanya karangan bualan semata? tentu tidak ada relevansinya kalau kita sengaja menyerang pribadi lawan bicara kita, sementara kita tidak menjawab argumen nya sama sekali…

begitu lae menurutku 🙂

Nb.
– menulis dgn tanda seru (!) dan sedikit HURUF BESAR gak ada dasar kita menuduh dia sebagai “galak ” 🙂 , lain halnya kalau dia menulis tulisan nya semua dengan HURUF BESAR dan penuh tanda seru (!)

26 09 2009
lovepassword

@jakpurut : He he he. Pembelaan diri yang manis Mister. Dua jempol deh untuk kamu.

Sayangnya sekedar info saja yah : Jawaban kamu sedikit terlambat. Pertama rekan kita Rodrymikhael sekarang sudah jagoan kalo membicarakan masalah Fallacy . Bahkan dia sudah memposting masalah fallacy ini di blognya dia . Coba sekali-kali kamu intip blognya dia.

Lha di antara sekian banyak fallacy atau kesalahan bernalar – salah satu fallacy adalah generalisasi Gicu kan ya. Dalam tulisannya Mister Rodrymikhael ini disebut : Converse fallacy of accident. Kesalahan akibat menggeneralisasi suatu peristiwa.

Lha kalo yang ini kan jelas ngarahnya lebih banyak ke kamu daripada ke aku. Hi Hi Hi.
===============================================
menulis dgn tanda seru (!) dan sedikit HURUF BESAR gak ada dasar kita menuduh dia sebagai “galak ” 🙂 , lain halnya kalau dia menulis tulisan nya semua dengan HURUF BESAR dan penuh tanda seru (!)

==> Yah mungkin kamu tidak segalak persepsi sebagian di antara kita. Tetapi itulah persepsi yang terjadi kepada dirimu bukan ? Pembelaanmu diterima . Kamu kayaknya aslinya nggak terlalu galak sih. Cuma agak sok galak saja.:D

==============================================

Argumen kontra Fallacy :

“KEBENARAN TIDAK AKAN BUTUH DALIL DILUAR DIRINYA UNTUK MENOMPANG BAGAIMANA DIA BISA BERDIRI ”

===> Saya rasa anda tidak bisa membedakan antara sebuah argumentasi dan sebuah pernyataan biasa. Yang anda tampilkan itu hanyalah sebuah pernyataan yang belum didukung oleh alasan argumentasi apapun. Apalagi sampai dikaitkan dengan istilah kontra fallacy. Wah keren memang itu sih. Tetapi secara faktual kalo menurutku sih kamu bakal repot mempertahankan pernyataan itu. Hi Hi Hi. Tapi selalu sangat mungkin sih kalo aku yang salah menilai dirimu.

1. Jika “KEBENARAN TIDAK AKAN BUTUH DALIL DILUAR DIRINYA UNTUK MENOMPANG BAGAIMANA DIA BISA BERDIRI ” , lalu untuk apa anda menopang KEBENARAN itu dengan sejumlah pernyataan -pernyataan sebelumnya ??? Yang anda lakukan itu apakah bukan upaya untuk menopang apa yang anda anggap benar ? Atau anda cuma sekedar melampiaskan ego semata-mata ?

2. Secara faktual karena kita di dunia manusia, tentu saja Kebenaran dipahami dalam persepsi manusia. Pada kenyataannya dalam internal masing2 agama saja ada beragam aliran lengkap dengan versi kebenarannya masing-masing.

Bahkan jika tinjuannya adalah Kristen, dengan berat hati sependek pengetahuan saya, saya katakan : Tidak semua orang Kristen sependapat dengan klaim anda ini. Gereja Katholik berkali-kali mengklaim bahwa adanya aneka sekte aliran aneh2 dalam agama Kristen justru berasal dari pemikiran-pemikiran semacam anda ini. Setiap orang merasa benar, merasa boleh menafsirkan Kitab Suci karena kebenaran akan menunjukkan dirinya sendiri pada setiap orang. Faktanya adalah perpecahan terjadi dimana-mana bahkan termasuk perpecahan oleh pihak2 yang mengklaim kalimat tersebut. So bagaimana bila anda jelaskan lebih argumentatif maksud pernyataan anda itu, karena perasaanku sih anda belum menampilkan argumentasi apapun lho.

SALAM

GBU

26 09 2009
lovepassword

@jak purut : Ternyata juga ada di sini komentar anda . Hi Hi Hi

He he he. Pembelaan diri yang manis Mister. Dua jempol deh untuk kamu.

Sayangnya sekedar info saja yah : Jawaban kamu sedikit terlambat. Pertama rekan kita Rodrymikhael sekarang sudah jagoan kalo membicarakan masalah Fallacy . Bahkan dia sudah memposting masalah fallacy ini di blognya dia . Coba sekali-kali kamu intip blognya dia.

Lha di antara sekian banyak fallacy atau kesalahan bernalar – salah satu fallacy adalah generalisasi Gicu kan ya. Dalam tulisannya Mister Rodrymikhael ini disebut : Converse fallacy of accident. Kesalahan akibat menggeneralisasi suatu peristiwa.

Lha kalo yang ini kan jelas ngarahnya lebih banyak ke kamu daripada ke aku. Hi Hi Hi.
===============================================
menulis dgn tanda seru (!) dan sedikit HURUF BESAR gak ada dasar kita menuduh dia sebagai “galak ” 🙂 , lain halnya kalau dia menulis tulisan nya semua dengan HURUF BESAR dan penuh tanda seru (!)

==> Yah mungkin kamu tidak segalak persepsi sebagian di antara kita. Tetapi itulah persepsi yang terjadi kepada dirimu bukan ? Pembelaanmu diterima . Kamu kayaknya aslinya nggak terlalu galak sih. Cuma agak sok galak saja.:D

==============================================

Argumen kontra Fallacy :

“KEBENARAN TIDAK AKAN BUTUH DALIL DILUAR DIRINYA UNTUK MENOMPANG BAGAIMANA DIA BISA BERDIRI ”

===> Saya rasa anda tidak bisa membedakan antara sebuah argumentasi dan sebuah pernyataan biasa. Yang anda tampilkan itu hanyalah sebuah pernyataan yang belum didukung oleh alasan argumentasi apapun. Apalagi sampai dikaitkan dengan istilah kontra fallacy. Wah keren memang itu sih. Tetapi secara faktual kalo menurutku sih kamu bakal repot mempertahankan pernyataan itu. Hi Hi Hi. Tapi selalu sangat mungkin sih kalo aku yang salah menilai dirimu.

1. Jika “KEBENARAN TIDAK AKAN BUTUH DALIL DILUAR DIRINYA UNTUK MENOMPANG BAGAIMANA DIA BISA BERDIRI ” , lalu untuk apa anda menopang KEBENARAN itu dengan sejumlah pernyataan -pernyataan sebelumnya ??? Yang anda lakukan itu apakah bukan upaya untuk menopang apa yang anda anggap benar ? Atau anda cuma sekedar melampiaskan ego semata-mata ?

2. Secara faktual karena kita di dunia manusia, tentu saja Kebenaran dipahami dalam persepsi manusia. Pada kenyataannya dalam internal masing2 agama saja ada beragam aliran lengkap dengan versi kebenarannya masing-masing.

Bahkan jika tinjuannya adalah Kristen, dengan berat hati sependek pengetahuan saya, saya katakan : Tidak semua orang Kristen sependapat dengan klaim anda ini. Gereja Katholik berkali-kali mengklaim bahwa adanya aneka sekte aliran aneh2 dalam agama Kristen justru berasal dari pemikiran-pemikiran semacam anda ini. Setiap orang merasa benar, merasa boleh menafsirkan Kitab Suci karena kebenaran akan menunjukkan dirinya sendiri pada setiap orang. Faktanya adalah perpecahan terjadi dimana-mana bahkan termasuk perpecahan oleh pihak2 yang mengklaim kalimat tersebut. So bagaimana bila anda jelaskan lebih argumentatif maksud pernyataan anda itu, karena perasaanku sih anda belum menampilkan argumentasi apapun lho.

SALAM

GBU

26 09 2009
lovepassword

@Mister Jakpurut : Tak jawab di atas yah. See You.

26 09 2009
jakpurut

aku mau cari kawan diskusi yg tidak OOT dan argumen fallacy, ada gak ya? masa sih orang nya itu itu melulu….. mending kalau ada peningkatan argumen…. ini hanya Nosense aja yg ku dapat dari beliau…. capek dehhhhhhhhh 🙂

26 09 2009
jakpurut

aku mau cari kawan diskusi yg tidak OOT dan argumen fallacy, ada gak ya? masa sih orang nya itu itu melulu….. mending kalau ada peningkatan argumen…. ini hanya Nosense aja yg ku dapat dari beliau…. capek dehhhhhhhhh 🙂

27 09 2009
rodrymikhael

udah2, cooling down dulu
buat teman2 yang merayakan:
“SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI”
“MINAL AIDIN WALFAIDZIN”
“MOHON MAAF LAHIR BATIN”
“MAAFKAN SAYA BILA SELAMA INI ADA SALAH2 KATA”

27 09 2009
lovepassword

Baru nyadar aku kalo kamu bisa capek juga 😀

Kupikir kau selalu penuh semangat sampai lupa capek. Hi Hi Hi.

Coba kau pijet-pijet leher kamu pake minyak kayu putih. Kali-kali saja cepeknya ilang.

Jangan lupa jangan kebanyakan begadang 🙂

SALAM

27 09 2009
lovepassword

@jakpurut : I lap yu deh … 🙂

27 09 2009
lovepassword

Maafkan saya bila ada salah-salah kata juga yah …

28 09 2009
althofunnisa jihadah

PERLU DILURUSKAN

ummat islam dilarang mempunyai isteri lbh dr 4,sementara nabi muhammad isterinya ada 11.

ya beda dong

emang kamu maunya gmn?klo nabi punya istri 11 ummatnya jg disuruh punya istri 11??

klo gitu,nabi kan amalan sholat malamnya selalu dijaga.bahkan dikisahkan beliau sholat sampai bengkak kakinya.klo mau punya istri 11 jg silahkan kalo ada ummat yg bisa menyamai amalannya nabi.
lagipula nabi menikahi istri2nya utk menolong mereka.krn mereka semua ad janda kecuali A’isyah.

ah,panjang kalo mau membahasnya.pesan saya,sebelum mosting,selamilah lebih dalam kebenaran hal yg akan anda ungkap.kan gag enak kalo asal posting bilang ini itu tapi kenyataannya tidak spt itu.

salam…

29 09 2009
Almarhum Noordin

Doktrin “keadilan” yg diusung oleh Islam sebagai agama adalah salah satu dasar anjuran utk menghalalkan darah kaum kafir…
Nabi SAW dikenal jg sebagai Sang ADIL dijamannya, dan bahwasanya Islam sebagai agama jg mendasari hal yg sama…yaitu “keadilan”. Bagaimana menjadi seorang Manusia yg dapat diterima oleh Nabi SAW MUHAMMAD dan ALLAH..dengan pertimbangan PAHALA dan DOSA sebagai acuan di”terimanya” manusia itu di surga.
Sangat berbeda dengan Kristen yg mengusung doktrin “Percaya kepada Yesus”…dan bahwasanya Kristen bukanlah agama..namun hanyalah sebutan bagi para pengikut YESUS KRISTUS dan yang PERCAYA kepadaNya…dan Alkitab adalah sebuah tuntunan agar setiap org yg PERCAYA bisa mengenal lebih baik siapakah YESUS KRISTUS, Silsilah2, Kisah sebelum datang/lahirnya YESUS, hidupnya, dan setelah matinya YESUS KRISTUS. dan semua bermuara kepada pertanyaan “Apakah sebagai manusia yg telah mengenal YESUS melalui sebuah buku yg berisi kisah ttgNya, anda PERCAYA bahwa dia adalah ANAK ALLAH dan ALLAH yg HIDUP ?”…
..trimakasih, mohon ditambahin atau di argumen siapa tau ada yg tidak berkenan…

30 09 2009
Fitri

Ibu???

memangnya saya ibumu?

Lah, kalian juga kasar dengan nabi umat islam.

30 09 2009
Fitri

Salah!!! Saya stress karena kalian menebar fitnah dimana-mana. Terlebih kalian tidak mau mendengar dan menganggap diri kalian paling benar.

30 09 2009
Fitri

All

http://fietria.wordpress.com/2009/30/09/hotisi-laptop-nurdin-m-top/

Duh, gimana sih? kalau mau dibantuin tolong beritahu nourma, moderasinya dilepaskan dong.

30 09 2009
Fitri

Kalau menurut saya:

Yang menghujat Islam masuk kualitas komentar paling bagus.

Tapi kalau komentar yang jujur sampai melakukan sumpah diri, justru masuk kategori paling buruk.

Bukan begitu?

2 10 2009
zaenal

ALLAH MAHA BESAR DAN MAHA KUASA untuk memilih rasul-rasulnya dari hamba yang suci dan bersih,tidak seperti kebanyakan kita yang banyak berbuat dosa.Kita jangan mimpi disejajarkan dengan para nabi dengan orang 2 shaleh pun kita belum ada apa2nya. mendingan sekarang kita introfeksi diri dan perbaiki diri masing2 sambil berdo’a kepada Allah mohon petunjuk-Nya.O.K?

12 10 2009
opik

“sebutkan satu manusia saya yang suci selain YESUS… please, i’m waiting”

berarti YESUS manusia jua yah….

12 10 2009
opik

semua alkitab (matius,markus,lukas,yohanes) menceritakan dari sudut-pandang orang ke-3…jadi aneh juga jika dikatakan kisah hidup yesus SENDIRI….???

kalo yang nulis adalah orang ke-3…ya ga heran kalo banyak versi….?!?!?!

kalo udah banyak versi….gimana mau dibilang FIRMAN TUHAN yang SUCI….?!?!?!
lha wong yang nulis aja ORANG ke-3….?!!?!?

kalo PL diakui sebagai bagian dari Al-kitab….artinya mengakui bangsa israel (YAHUDI) adalah bagian dari sejarah munculnya ajaran NASRANI….?!?!?

12 10 2009
opik

“Bahasa copy paste rasanya agak ekstrim yah. hehehe. Tapi kalau bahasannya dialihkan pada mengapa di dalam quran terdapat sebagian besar isi Perjanjian Lama, itu dikarenakan Muhammad (semasa jadi pedagang?) pernah ‘belajar’ dari orang-orang Yahudi. Secara tidak langsung akhirnya ia mengenal Perjanjian Lama dan memasukkannya ke dalam bagian Quran (tentu dengan alasan kuat). Sementara terhadap PB, Muhammad hanya mengutip sebagian kecil saja (tentang Yesus Kristus misalnya). Nah, mengapa dalam Alkitab isi Quran tidak ada, karena satu alasan: Alkitab (Perjanjian Lama & Perjanjian Baru) sudah tutup buku (kanonisasi). Kanon ini ditetapkan dengan pertimbangan yang matang tentunya. ”

sebuah statement baru di dunia … 😀 ….dapatkah dipertanggung jawabkan…???

muhammad belajar dari orang yahudi…sedangkan Muhammad adalah seorang yang tidak bisa baca tulis…??? bahkan orang-orang yahudi di jamannya selalu memperoloknya karena ketidakmampuannya dalam baca-tulis…

tapi statement diatas malah mengatakan bahwa Muhammad mempelajari dari yahudi…. 🙂 sungguh luar biasa……b***hnya….

15 10 2009
CosmicBoy

Salam perkenalan.

Alkitab mencatat bahwa para nabi pernah melakukan dosa, tetapi TUHAN tetap memilih mereka walaupun berdosa.

Setuju karena itulah yg diajar Al-Kitab.

Sedangkan Alquran memandang: “Nabi itu suci tidak berdosa karena sudah dipilih Allah maka dijaga Allah dari dosa”.

Salah mas.

Karena menurut penelitian saya, ajaran para nabi (menurut Islam) maksum (dipelihara dosa mereka) tidak bersumberkan Al-Quran (dan para penafsir awal) melainkan perkembangan kemudian, khusus oleh para penafsir moden.

Al-Quran ada menyebut para Nabi berdosa/melakukan kesalahan bahkan tanpa segan2 mengakui keberdosaan ‘nabi’ Muhammad.

(1) Nabi Yusuf dikatakan punya NIAT berzina dgn istri Al-Aziz (Sura Yusuf, 24).

(2) Nabi Luth sanggup menyerahkan putri2nya untuk ditiduri kaumnya demi melindungi tetamu2nya (sura Hud, 77-78; Al-Hijr, 71).

(3) Nabi Daud berzina dengan istri panglimanya (As-Sad, 28-33).

(4) Nabi Ibrahim menurut Muhammad seorg pembohong ((Sahih al-Bukhari, Jilid 4, Kitab 55, No. 578).

(5) Nabi Ibrahim menurut Muhammad seorg yg ragu2 (Sahih al-Bukhari, Jilid 4, Kitab 55, No. 591).

Jadi, ajaran para nabi maksum hanya dogma alim-ulama untuk menutup kelemahan Al-Quran dan ‘nabi’ mereka.

Semoga info ini memberi pencerahan.

Salam kasih.

15 10 2009
jephman

@ Cosmic boy

Begitulah nak. Kembali lagi pertanyaannya ke muslim : Kenapa yg dipermasalahkan nabi2 dalam Alkitab?

15 10 2009
CosmicBoy

@ jeph,

@ Cosmic boy

Begitulah nak. Kembali lagi pertanyaannya ke muslim : Kenapa yg dipermasalahkan nabi2 dalam Alkitab?


Bung, itu kan cuman dakyah agama mereka bukan penelitian ilmiah.

Jadi, saya maklumi.

Itu dibuat2 bagi mendiskreditkan Al-Kitab sebagai kitab yg diilhamkan Allah.

Sekarang terbukti juga ‘para nabi’ dalam Al-Quran termasuk ‘nabi’ junjungan mereka adalah orang berdosa/melakukan kesalahan.

Jadi, argumen2 mereka ngga konsisten.

Menurut Dr. James White, apologis tersohor, inconsistencies is a sign of fail arguments.

Semoga mereka sadar.

Salam kasih.

15 10 2009
Pacar CosmicBoy

Kaum nabi Luth itu homo, saat itu ada dua orang malaikat yang menyamar menjadi pria tampan seperti kamu. Nah, kaum nabi Luth yang homo itu tertarik dengan kedua pria (yang adalah malaikat) yang sedang bertamu ke rumah nabi Luth.

Nabi Luth berusaha melindungi tamunya, maka nabi Luth menawarkan kedua putrinya. Tapi ditolak oleh kaum Nabi Luth. Lalu kedua pria tersebut menjelaskan bahwa mereka adalah malaikat yang diutus Allah, saat kaum Nabi Luth menerobos masuk pintu rumah nabi Luth maka mata kaum Nabi Luth menjadi buta.

2 11 2009
curious

huihihihhihihihihihi…

Masih aja,, kirain cuma di satu halaman, ternyata di setiap kebun dekorasinya sama. Penuh warna benci, banyak pucuk sinis, selalu ada pagar ego, bahkan pasti ada balon-balon marah yang siap di letuskan.

Seru blognya.. provokatif.

Pasti bakal kepilih jadi blog magnet. Selalu ada kutub yang bertolak arah, padahal batas masing-masing sangat berdempetan.
😛

3 11 2009
jephman

@ curius

Untuk hal-hal yang bathil spt : poligami, diperbolehkannya membunuh demi agama, surga yang berisi bidadari pemuas seks, itu jelas tidak benar dan harus berani menolak.
Masalah emosi wajar, namanya juga manusia, masalahnya apakah diperbolehkan menggunakan kekerasan atau tidak? Itu lah kasih

3 11 2009
curious

@jephman
Dari sisi manusia, segalanya bisa menjadi wajar, segalanya bisa menjadi benar, segalanya bisa menjadi sempurna.
Namun indahnya naskah dari Tuhan untuk para lakon adalah masing2 punya peran berbeda. Bahkan jelatang yang bikin gatal maupun nyamuk yang seenak perut pun punya peran di bumi ini.
Apakah fungsi dan peran mereka wajar, benar, sempurna atau tidak tinggal masalah dimana kita berdiri.

Senyum untuk menyenangkan orang pun menjadi berbeda arti “ngapain lo senyum-senyum? ngeledek?”
Membuang duri di pinggir jalan juga menjadi beban “halah, sok baik kali. Macam orang bijak saja lagaknya”
Bahkan menolong nenek2 menyebrang jalan pun jadi dilema “wah,, ntar saya mesti ngasih duit berapa ya ke anak ini. Atau jangan2 tas saya ntar dijambret”

Yah, marilah kita bertindak dan berfikiran yang wajar, benar, dan sempurna. Tapi itu menurut kita masing- masing pelakon hidup sesuai dengan naskah cerita Sang Sutradara.

Sang Sutradara hanyalah satu. Mungkin diantara kita banyak yang hanya terima naskah saja, namun ada pula yang langsung menerima dari Sutradara. Yang kasian kan kalau terima naskah palsu yang dikira berasal dari Sutradara. Naskah mana yang benar? Ya tinggal tanya Sutradara atau tanya orang yang paham betul maunya Sutradara.
Kalau masih bingung juga, yah jalani saja peran dengan wajar, benar dan sempurna menurut lakon. Toh kalau ternyata perannya salah, akan ada Sutradara yang berteriak lantang nan jelas “CUT!!!”

Salam kenal dan sayang dalam Kasih Yang Sempurna

4 11 2009
jephman

Waduh! mas curius penggemar Ahmad Albar rupanya. Dunia ini…panggung sandiwara…… heheheh

Saya gak mengerti dimana ketidakwajaran kami disini
Apa tidak wajar menjawab kesewenang-wenangan dan dituduh berfikiran negatif??

4 11 2009
curious

eh, baru ngeh saya kalau beberapa respon komentar saya termasuk mas jephman menyebut saya dengan gelar mas. Hehehe… tulisan saya mirip tulisan mas-mas yah?
Sebenarnya saya mantan penggemar mantan pacarnya Ahmad Albar (Cut Keke) xixixixixixii..

Waduh! mas jephman, saya tidak pernah menyatakan wajar tidak wajarnya kondisi di alam sini. Justru komentar saya diatas cenderung mewajarkan semuanya. Toh wajar-tidaknya sesuatu itu cuma berdasarkan posisi si pengamat.
Sudah wajar secara mayoritas jika makhluk hidup akan bersikap instingtif atas segala ancaman.

Saya pernah melihat kucing VS Ular (bukan kiasan atas suatu agama atau golongan loh. Bener2 liat klipnya)
Si kucing melihat ular berjalan-jalan di rerumputan (padahal uler ga punya kaki kan yah?) mungkin dikira cacing, si kucing cuek saja berjalan mendekatinya. Ular marah dan menyerang kucing. Kucing kaget terlompat2 berusaha menangkis serangan. Si ular mengira diserang kucing yang menangkis bertambah marah dan terus menyerang. Si kucing dan ular akhirnya saling balas menyerang dan mengelak. Di akhir film itu keduanya mati meskipun di tempat yang berjauhan. (kucing sempat berjalan beberapa langkah meninggalkan ular yang kelojotan meregang nyawa. Tapi akhirnya kucing pun mati akibat bisa yang bersarang di tubuhnya).

Film yang bagus dan menunjukkan kewajaran insting makhluk hidup bukan? Mana yang benar dan mana yang salah, ular atau kucing? Mana yang menang dan mana yang kalah, ular atau kucing?

Salam Damai nan penuh Kasih

4 11 2009
jephman

@ curius

Iya kalo kucing & ular, insting yang berjalan. Kalo manusia?

Nice story anyway 😛

4 11 2009
curious

@jephman

saya rasa sudah siang kan di tempatmu? atau sudah sore menjelang malam hingga mas jephman merasa sudah mengantuk?

Yes it is.

4 11 2009
jelassnggak

manusia beda dengan binatang.

Kalau binatang hanya punya insting. dan insting binatang bisa saja salah. contohnya si ular itu tadi.

Tapi manusia, selain punya insting, juga punya pikiran dan hati.

Manusia yang hanya mengikuti instingnya saja, sama saja dengan binatang.

Manusia diberikan hati nurani. Hati nurani itu titipan / representasi TuH@N dalam manusia.

Meskipun suaranya kecil, hati nurani tetap menyuarakan kebenaran. Tetap menolak suatu kejahatan.

Karena adanya hati nurani ini, maka jadi tidak benar jika mengatakan “Dari sisi manusia, segalanya bisa menjadi wajar, segalanya bisa menjadi benar, segalanya bisa menjadi sempurna”

Membunuhi sesama manuisia, itu adalah wajar, jika manusia tidak memiliki hati nurani (yang ada hanya insting binatang)

Menyakiti hati istri terdahulu, juga bisa di bilang wajar, jika manusia tidak memiliki hati nurani.

Kalau ada manusia yang marah ketika orang tersebut tersenyum kepadanya, maka orang tersebut jelas sedang menggunakan insting binatangnya saja.

Kalau MANUSIA A, didekati oleh manusia B, kemaudian manusia A langsung menyerang B, maka itu artinya, si manusia A, memang sedang bertindak seperti binatang (yang hanya menggunakan instingnya saja).

Manusia beda dengan binatang.

Manusia memiliki hati, dan pikiran.

Salam

4 11 2009
curious

@Mbak Jelasnggak,
saya coba ambil beberapa kalimat saja dari komentar mbak diatas,
———————
Manusia diberikan hati nurani. Hati nurani itu titipan / representasi TuH@N dalam manusia.
Meskipun suaranya kecil, hati nurani tetap menyuarakan kebenaran. Tetap menolak suatu kejahatan.
Karena adanya hati nurani ini, maka jadi tidak benar jika mengatakan “Dari sisi manusia, segalanya bisa menjadi wajar, segalanya bisa menjadi benar, segalanya bisa menjadi sempurna”
———————-
Sejatinya hati nurani akan tetap menyuarakan kebenaran sebab nurani adalah titipan/representasi roh Kudus dalam manusia. Ini point yang saya suka meskipun saya lebih sering memakai istilah jiwa daripada nurani. Not a big deal.

Karena Tuhan Maha Adil, tentunya Dia akan memberikan nurani pada setiap manusia dengan Kapasitas yang sama, apakah itu Kristen, Muslim, Hindu, Atheis, Budha, Yahudi, dsb. Mustahil manusia bisa berkomunikasi dengan Penciptanya tanpa melalui Roh Kudus Nurani ini.
Seiring dengan pengembangan fisik dan mental manusia, tanpa sadar manusia menutupi kesadaran Roh Kudus dalam dirinya. Semakin banyak perbuatan penikiran dan sikap yang tidak sesuai dengan naskah suci, semakin tertutuplah windows Tuhan tsb. Akhirnya manusia memakai insting yang dikendalikan oleh pikirannya sendiri.
Terang saja manusia bisa menjadi seperti film kucing dan ular diatas (saya juga pernah diposisi kucing soalnya, hanya saja sempat ada harimau yang melerai hingga tidak terjadi kematian). Bahkan dengan pikiran dan hasratnya, manusia bisa lebih rendah dari kucing dan ular. Sebab tidak ada kontrol dari Nurani yang tertutupi.
Akibatnya kondisi wajar selalu dianggap benar dari posisinya. PAdahal WAJAR bukanlah selalu BENAR.

Saya yakin kisah tentang perusakan, aksi anarkis dan teror atau penganiayaan dan diskriminasi adalah perbuatan insan yang tertutupi windowsnya. Sebab seperti yang kita semua yakini, Tuhan Yang Maha Kasih tidak pernah menginginkan ciptaanNya berjalan tanpa Kasih.

5 11 2009
CosmicBoy

@ Pacar,

Nabi Luth berusaha melindungi tamunya, maka nabi Luth menawarkan kedua putrinya.

Jadi, menurut kamu, Luth sebagai seorang ‘nabi’ (menurut Al-Quran) pantes ngga menawarkan kedua putrinya supaya bisa ditiduri kaumnya.

Ini ‘nabi’ atau apa ya? Ini bapa atau apa ya?? Pengen buat gituh sama anak sendiri.

Saya nunggu respon kamu.

5 11 2009
lovepassword

@jelasnggak : Hi Hi Hi, hallo jell. Semangat bener kamu yah? Tetapi tampaknya kamu kalah kelas deh. Biar aku nonton dulu ah… – Kalo menjawab jangan malu-maluin ya jell ??? Hi Hi Hi

SALAM jell

5 11 2009
jelasnggak

Oke sip lae.

maksud lae:
“dari sisi manusia, yang ngga wajar bisa di katakan wajar, yang ngga benar bisa di katakan ngga benar, yang ngga sempurna bisa dikatakan ngga sempurna. tergantung dimana manusia itu berdiri.”

Jadi sekarang, tugas kita jugalah untuk mengingatkan mereka.

mungkin sutradara kali ini sedang memberikan lakon buat meng-CUT para peran lain yang salah.

salam

5 11 2009
curious

Mbak jelasnggak yang saya hormati,
kurang lebih demikianlah.
Bicara mengenai wajar/tidak, benar/tidak, dll yang berhubungan dengan penilaian manusia akan selalu berbeda. Sebab bukanlah sifat manusia untuk menjadi Absolute.
Hanya penilaian Dia lah yang Maha Absolute.

Tugas sesama makhluk adalah saling mengingatkan. Kita mengingatkan mereka, dan merekapun juga mengingatkan kita. Agar kita bisa ‘mati’ dan ‘dibangkitkan lagi’ bersama-sama baik di dunia, maupun setelah kiamat nanti.
Yang mengingatkan bukan berarti bersikap memaksa atau mengatur. Yang diingatkan bukan berarti mesti membela diri atau merasa direndahkan.

Untuk peran meng-CUT, sampai sekarang saya masih meyakini hanya Dia, Sang Sutradara Agung, lah yang memiliki otoritas ini.

Salam Damai dalam KasihNya

13 12 2009
Arief Nasution

gini iaa sebenarnya yang membuat hancur agama ialah orang-orang seperti kalian… masa ada sih agama yang mengajak ke hancuran.
kalian g liat idup sy. orang tua sy beda agama tp akur” aja.
kalian sok paham agama aja ikut andil dsni uddah de..
agama biar Tuhan yang atur..
kalian diam aja sama ikutin aja jalan yang ada…

coba pikirkan lgi gmn akhir dunia nanti.

14 12 2009
jephman

@ Arief Nasution

“kalian g liat idup sy. orang tua sy beda agama tp akur” aja.”
>> Hanya karena orangtua lae akur, apa lantas semua muslim dijamin bersahabat dengan kafir ?

“kalian diam aja sama ikutin aja jalan yang ada…”
>> mungkin gaya hidup lae yg begini yg bikin saya jd paham hehehe

14 12 2009
lovepassword

Selamat Natal lagi deh 🙂

27 03 2010
ilham othmany

Apakah nabi2 turut melakukan dosa?Saya yakin Islam lebih logik iaitu nabi2 tidak akan pernah berbuat dosa secara sengaja.Sebab mereka diutus utk memberi pimpinan dan tauladan kpd manusia.Kalau mereka,berbuat dosa dgn sengaja ,mereka tidak akan dipercayai oleh orang yg menjadi sasaran mereka diutus lalu menjadi tidak bergunalah Tuhan mengutus mereka.Maka menjadi batallah hikmah ilahi.Jika di dlm Al Kitab nabi melakukan dosa sampai peringkat berzina dgn anak sendiri (kita yg bukan nabi pun tidak tergamak) maka apakah maknanya tu?Ertinya Al Kitab telah dikotori dgn perubahan dan tambahan drp org2 Yahudi.Yahudi kan jahat.Kalau injil(baca: Jesus menurut pemahaman Nasrani) dapat mereka hapuskan apakah susahnya bagi mereka utk membunuh Taurat dan menggantikan dgn Taurat versi mereka.Semoga Allah memberi hidayahNya kpd semua kaum Nasrani utk memeluk agama Islam iaitu agama Syalom yg dinubuatkan dlm PL.

26 05 2010
sidik

ah kalian ma ko pda jolok sich

20 07 2010
Jabon

sebenarnya al kitab yang membuat siapa…?
setau saya pas isa belum ada al kitab
saya rasa al kitap ahnay buatan manusia biasa yang merubah dikit demi sedikit …
walaupun ceritanya hampir sama …
coba jika al kitap di bandingkan dengan al quran pasti kalah jau dalam segi makna dan kebenaran …

15 10 2010
tim

jgn perna membahas tentang alkitab kalau ga ngerti latar belakang penulisannya dan harus di pahami dalam urut urutannya dan alkitab selalu berbicara tentang nabi apa adanya bukan seperti ajaran lain contoh istri nabi mum itu ada berapa dan yg mudah siapa ? tentu saja sti aisah muhammad melamar siti aisah masih umur 7 dan menikahi umur 9 thn

22 10 2010
asa siagian

ai dank toho nadidok nai molo kristen mangolu di negera islam
alai molo islam inna di aniaya di negarakristen

itu fitenah namanya bung….

22 10 2010
asa siagian

satu yg perlu kita ketahui sebagai warga negara yang baik dan beriman…………

negara kita negara indonesia adalah negara “””HUKUM”” bukan negara agama……

jadi semua agama kedudukannya di indonesia adalah ”SAMA””.

INI perlu kita pahami bersama agar bangsa yang kita cintai ini tidak terpecah belah…..

HORASSS…..

28 11 2011
prinus

itulah kebenaran tuhan..bukan kebaikannya aja yang menjadi pelajaran bagi umat manusia teapi juga kejahatannya..hal itu ditulis agar manusia yang berikutnya menyadari bahwa ada yang jahat dan ada juga yang baik.

3 11 2012
Yesus

Tolonglah kepada umat Ku jgn kau bertengkar antar sesamamu, Ku ciptakankan kamu ke dunia ini untuk saling mengisi satu sama lain. Ku ciptakan perbedaan untuk kalian bukan untuk di ributkan. Di manakah Alkitab Ku yang Ku turunkan pertama kali di dunia ini.

3 11 2012
hh

@Atas,

Alkitab adalah kumpulan kitab kitab. Kitab-kitab itu ada yang berisi sejarah penciptaan bumi ini dan segala isinya, sejarah manusia saat diciptakan hingga jatuh dalam dosa, berikut firman Tuhan yang menuntun manusia berdosa itu agar menurut kepada perintah Tuhan. Ada sejarah bumi ini sejak kerajaan dunia pertama hingga kesudahan bumi ini, dan lain lain.
Jadi, alkitab tidak diturunkan. Anda terlalu sombong menggunakan nama itu.

21 11 2012
Rachelle

I’ve been surfing online more than 2 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It’s pretty worth enough
for me. In my view, if all website owners and bloggers made good
content as you did, the web will be a lot more useful than ever before.

11 04 2013
mitradagang

nonton video dulu yuk

11 04 2013
mitradagang

nonton video lagi yuk

11 04 2013
mitradagang

Nonton lagi sambil santai

21 08 2015
rizal

Apologi yg kurang memuaskan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: