Trinitas : Hangatnya Sinar Mentari

16 06 2009

Mari Belajar Menjawab Mereka 3

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya, kali ini saya mencoba berbagi pengalaman berdiskusi dengan saudara-saudara kita terkasih muslim, tentang Trinitas. Ajaran Kekristenan yang amat penting yang sering disalahartikan bahkan diputarbalikkan. Sebenarnya sudah berjubel tulisan bagus yang menjelaskan hal ini, dan tambah 1 tulisan lagi kiranya tidak salah ya.

Puji Tuhan, saya belum pernah bertemu orang Kristen yang memandang Trinitas yaitu: Allah sebagai bapak, Maria sebagai ibu, dan Yesus sebagai anak. Tapi, percaya atau tidak, banyak saudara-saudara kita yang terkasih muslim, berpandangan seperti ini.

Pandangan kedua (dan terbanyak) adalah memandang Allah, Yesus dan Roh Kudus sebagai 3 Tuhan yang berbeda atau Tritheisme. Pandangan ini selalu mendominasi setiap “diskusi” kita dengan mereka. Walaupun sudah dijelaskan berkali-kali, “diskusi” selalu kembali ke pokok permasalahan ini. Entah mengapa saudara-saudara kita muslim, sulit sekali membedakan antara Trinitas dengan Tritheisme, yang bagi kita semudah membedakan ketupat opor ayam dengan lemper isi abon ayam.

Umat muslim sering mengatakan bahwa Trinitas tidak pernah diajarkan Alkitab. Pandangan ini bersifat mendua. Ada yang berpandangan bahwa ISTILAH Trinitas tidak ada dalam Alkitab, yang kedua AJARAN Trinitas tidak ada dalam Alkitab. Yang pertama, ISTILAH Trinitas memang baru dirumuskan oleh bapak Gereja awal, analoginya, sama seperti istilah korupsi yang baru zaman modern ini ramai digunakan, zaman dahulu mungkin hanya dikandung dalam kata “mencuri”. Ketidakadaan ISTILAH ini dalam Alkitab entah mengapa menjadi masalah besar dalam pandangan saudara-saudara kita muslim, padahal istilah Narkotika, Kolusi, Nepotisme, Money politics, juga tidak ada disemua kitab suci di bumi ini, tetapi bukan berarti hal-hal itu tidak terkandung dalam kitab suci toh?

Tetapi mengatakan Trinitas tidak pernah diajarkan Alkitab adalah salah. Terlebih lagi kalau mengatakan Yesus tidak pernah mengajarkan Trinitas atau Trinitas adalah ajaran Paulus. Maka adalah super maha aneh kalau ada nabi mengaku penerus nabi-nabi sebelumnya tapi ada ajaran nabi sebelumnya yang dibantahnya.

Sabda Yesus paling terkenal yang menjadi Amanat Agung setiap orang Kristen justru mengajarkan Trinitas :

Mat 28:19-20 “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Perhatikan bahwa Yesus mengatakan “dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus”. Tidak pernah mengatakan : “Tuhan Bapa, Tuhan Anak dan Tuhan Roh Kudus”.

Perintah ini menjadi semacam tanda seru dalam kalimat, seruan dari semua ajaranNya karena dikatakan pada detik-detik terakhir pengangkatan diriNya ke surga. Adalah mustahil bila ada nabi yang mengaku penerusnya tidak mengetahui hal ini atau bahkan membantah Yesus tidak pernah “menyekutukan” diriNya dengan Tuhan. Yang menjadi pertanyaan, mengapa nabi setelahnya membantahnya? Entahlah. Paling-paling kembali lagi ke “Alkitab sudah dipalsukan” hehehe.

Isa Almasih juga mengajarkan Trinitas secara implisit pada hari-hari terakhir sebelum KenaikanNya ke surga :

Yohanes 14 : 16-17
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,yaitu Roh Kebenaran.Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Perhatikan ketiga persona yang ditebalkan. Siapakah yang diam didalam kita ?

Yohanes 14 : 20
“Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.

Dan perkataan Yesus yang paling telak untuk menggarisbawahi hal ini, yang tidak pernah dilakukan oleh nabi-nabi lainnya, bahkan menunjukan dirinya bukan sekedar nabi :

Yohanes 10:30
Aku dan Bapa adalah satu.”

Semua pernyataan bahwa adanya 3 Tuhan dalam Kekristenan sebenarnya sudah terjawab, kalau saja umat muslim mau untuk membaca ayat-ayat diatas. Entah mengapa selalu saja kembali ke masalah Tritheisme dan kebingungan sendiri dalam lingkaran yang dibuat sendiri. Hal ini dikarenakan dasar penolakan pada Ketuhanan Yesus sehingga hanya mau melihat sisi Kemanusiaan Yesus dan main comot ayat alkitab yang hanya mendukung hal ini tapi melupakan ayat-ayat diatas, alias (lagi-lagi) standar ganda.

Sudah banyak analogi untuk menggambarkan secara sederhana Trinitas, tetapi saya menyukai penggambaran Trinitas sebagai Matahari yang sedang bersinar.

Matahari tak terjangkau oleh manusia. Manusia akan mati jika langsung berdekatan dengan matahari. Tapi Matahari mau menjangkau manusia ke bumi melalui SinarNya yang membawa Terang dan kehangatan. Sinar tersebut memberikan energi bagi kehidupan dan memisahkannya dari gelap.

Matahari itulah sebagai Allah yang Maha Suci, Maha Kudus. SinarNya itulah Yesus Kristus yang membawa terang. Hangat yang kita rasakan itulah Roh Kudus yang menuntun setiap orang percaya untuk merasakan kasih Tuhan dalam setiap langkah kita untuk hidup sesuai FirmanNya.

sunshine


Aksi

Information

63 responses

16 06 2009
parhobass

Luar biasa ulasan Bro Jeph..


Yesaya 59:21 Adapun Aku, inilah perjanjian-Ku dengan mereka, firman TUHAN: Roh-Ku yang menghinggapi engkau dan firman-Ku yang Kutaruh dalam mulutmu tidak akan meninggalkan mulutmu dan mulut keturunanmu dan mulut keturunan mereka, dari sekarang sampai selama-lamanya, firman TUHAN.

Yoel 2:28 Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.

Yoel 2:29 Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.

nubuat2 ini diteruskan/digenapi oleh:


Yohanes 10:30
“Aku dan Bapa adalah satu.”

Yohanes 5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga.”

Mat 28:19-20 “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Yohanes 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.

Kisah Para Rasul 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Kisah Para Rasul 8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus.

16 06 2009
gabenamora

bah…..toho mai….

17 06 2009
parhobass

Trinitas : kata seorang Apologet

A person who claims the doctrine of the Trinity is false because the word “Trinity” is not found in Scripture is as foolish as someone who claims 3½ inches, or, say, 5¼ centimeters do not exist because his ruler only shows whole numbers. The doctrine of the Trinity is presented in Scripture clearly enough for spiritual people to recognize, and solidly enough for unspiritual people to stumble over.

terjemahan bebas:
Seseorang yang menyatakan doktrin Trinitas adalah palsu karena kata “Trinitas” tidak ditemukan dalam Kitab Suci adalah sebagai seseorang yang sama bodohnya dengan orang yang meng-klaim bahwa 3 ½ inci, atau berkata, 5 ¼ centimeter tidak ada karena tidak ditampilkan dalam alat penggaris yang hanya menampilkan angka yang bulat. Doktrin Trinitas disajikan dalam Alkitab cukup jelas untuk mengenali orang rohani, dan cukup dalam bagi orang un-spiritual tersandung di-atasnya.

17 06 2009
roidel

ha.h.a.ha…., pas. deh….

17 06 2009
borusibarani

1. Kita bisa melihat BENTUK Matahari dari kejauhan,
2. Kita bisa melihat TERANG yang di pancarkan oleh Matahari,
3. Kita bisa merasakan HANGATnya sinar Matahari.

tapi kita tidak pernah mengatakan ada 3 Matahari..

Puji Tuhan,

17 06 2009
Supriyanto

Percaya kepada Tuhan untuk orang awam memang tidak dipaksakan karena tidak bisa dibuktikan secara visual, hanya dengan rasa saja. Lha wong Yesus pernah ada atau tidak kita tidak bisa membuktikan dengan pasti.

17 06 2009
Parlin

Ketika kasih dan kerendahan hati yang di depan, banyak hal yang bisa kita lihat dengan jelas. Mengapa banyak orang tidak bisa melihat dengan jelas sesuatu yang “sudah sangat jelas”?

18 06 2009
jephman

@ Supriyanto
Yesus pernah ada tidak hanya ditulis oleh orang Kristen sendiri. Bukti itu juga ada pada catatan-catatan mereka yang memusuhi orang Kristen. Seperti kitab Talmud orang Yahudi, dan catatan Kekaisaran Romawi.

18 06 2009
parhobass

Flavius Josephus (AD 37 – c. 100):

dari Antique of Jews XVIII : 3 :

3. Now there was about this time Jesus, a wise man, if it be lawful to call him a man; for he was a doer of wonderful works, a teacher of such men as receive the truth with pleasure. He drew over to him both many of the Jews and many of the Gentiles. He was [the] Christ. And when Pilate, at the suggestion of the principal men amongst us, had condemned him to the cross, (9) those that loved him at the first did not forsake him; for he appeared to them alive again the third day; (10) as the divine prophets had foretold these and ten thousand other wonderful things concerning him. And the tribe of Christians, so named from him, are not extinct at this day.


sumber:
http://www.earlyjewishwritings.com/josephus.html

atau :
Cornelius Tacitus (ca. 56 – ca. 117):
bisa di lihat di
http://en.wikipedia.org/wiki/Roman_historian_Tacitus
http://en.wikipedia.org/wiki/Tacitus_on_Christ
http://en.wikipedia.org/wiki/Annals_(Tacitus)

semoga membantu
(sumber sengaja dari luar Alkitab atau kitab suci agama)

18 06 2009
roidel

“Lha wong Yesus pernah ada atau tidak kita tidak bisa membuktikan dengan pasti”

ah…, bukankah alkitab telah membuktikannya, dan apakah anda mau mengatakan alkitab bukan sesuatu hal yang pasti….

18 06 2009
parhobass

biasanya karena masalah iman.
sesuatu yang menjadi masalah, jika oleh karena iman, maka bisa dipertahankan, dicari caranya, supaya itu menjadi benar.
cara ini disebut pembenaran, tetapi bagi kita pemberanan bukanlah kebenaran.

contohnya:
Si Muslim atau si Unitarian atau si Saksi Yehovah akan mencari pembenaran dari Alkitab bahwa Yesus bukanlah Allah…., karena imannya sudah ber”wacana” Tauhid,

si Apoleget akan mencari Kebenaran di Alkitab yang sama, yang memberitakan bahwa Yesus adalah Tuhan, yang Esa dengan Allah Bapa…

salah satu cara adalah yang dibuat Bro Jephman di sini.

begitu mudahnya kita meletakkan penggaris pada sebuah kertas dan berkata:”Ini panjangnya 10 koma 4 sentimeter”….
si pembenar akan berkata :”Mana di penggaris Anda tertulis koma 4?”

18 06 2009
parhobass

Seperti memanen padi,…
si pemanen berkata :”Duh ngga ada padi di sini”…
karena saking banyaknya ilalang mengelilingi padinya…

tetapi karena ada “seorang” yang datang dari ilalang, ia berkata: “Padinya tidak ada, ia hanya memanen ilalang”.

padahal yang namanya panen, ya panen padi, tidak pernah ada orang yang berkata memanen ilalang.

dan…. pada akhirnya padinya disaring dari ilalangnya
ilalangnya dibakar oleh api kekal….

18 06 2009
gemabuluk

Salam kenal bro. Saya orang Bali. Bukan Bali (Batak Linglung kata teman2 saya klo ngeledek hehe). Di Hindu dikenal konsep yang juga berkaitan dengan angka tiga (ini bukan iklan capres loh hehe) yang lazim disebut TRIMURTI. Bahwa Tuhan dengan manifestasinya berperananan Mahadaya, baik sebagai Sang Pencipta (diwakili oleh avatar Dewa Brahma), Sang Pemelihara (Dewa Wisnu) dan Sang Pelebur (Dewa Siwa) alam semesta beserta isinya. just fyi 🙂

Memang menyedihkan ya kondisi Indonesia. ketika kita memeluk agama dan memilih satu iman yang paling kita yakini, ada pihak2 yg ternyata cukup “peduli” (baca: cerewet dan banyak komentar haha) terhadap keimanan2 yg ada, termasuk yang kita pelukpun tak luput dr komentar2 miring mereka.

Buat saya, buat apa beriman, mengaku beragama tapi berusaha meninggikan keimanan diri sendiri dengan menginjak keimanan orang lain. betul kan bro Jeph? 🙂

Ditunggu karikatur2 & kisah2 menariknya lagi Bung. Saya pengunjung setia blog ini loh 🙂

18 06 2009
gemabuluk

“..Percaya kepada Tuhan untuk orang awam memang tidak dipaksakan karena tidak bisa dibuktikan secara visual, hanya dengan rasa saja. Lha wong Yesus pernah ada atau tidak kita tidak bisa membuktikan dengan pasti.”

Baris pertama terkesan wise alias bijak. Tapi baris akhir dalam paragraf ini terkesan melecehkan. Memang masih jauh jika bangsa ini mau dibilang santun dan sense penghormatan kepada orang lain, termasuk keimanan yang dipeluknya.

Capek ya bro Jeph klo orang2 dengan attitude seperti ini jumlahnya ribuan di Indonesia. 😦

19 06 2009
jephman

@ gemabuluk

Jumlahnya ratusan juta bro.
BTW, saya pengemar berat nasi campur Bali. Terutama satenya . HAHAHAHA 🙂

19 06 2009
Gabe Simanjuntak

Menyinggung Trinitas, coba deh buka Keluaran 1:26 yang isinya “Berfirmanlah Allah “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka…..”. My friends udah jelas kata-katanya adalah Kita dan bukan hanya Aku……..

20 06 2009
lagubatak

Tolu gabe Sada: sada mai Panompa (Debata), marsoring ma gabe Panobus dosa (Yesus), baliksa na gabe Panggomgomi (Tondi).: Tondi parbadia do sipanggomgomi sian Yudea, Samaria sahat rodi ujung ni portibi on. Dohot do ho??.

amen.

22 06 2009
MossackAnme™

Maaf,,tidak bermaksud menyalahkan, tetapi penerjemahan yang tepat dari bahasa asli ke dalam bahasa Indonesia bukanlah “gambar dan rupa,” melainkan “peta dan teladan.”

Semoga bisa dimaklumi.

22 06 2009
22 06 2009
jolmanaotodoahu

Mangtabs. Lama tak berkunjung nih.

Dengan kemahakuasaan Allah, bisa saja TRINITAS adalah TRIMURTI dan TRIMURTI adalah TRINITAS.

Kalok percaya pada kemahakuasaan Allah, tak ada yang bisa mencegahnya. Hanya bersabda, maka jadilah!

Tetapi, mengapa Kristen tidak mengimani TRIMURTI dan Hindu pun tidak mengimani TRINITAS ?

Bagi pengetahuannya ya. Mauliate.

22 06 2009
parhobass

@jolmanaotodoahu

Kalok percaya pada kemahakuasaan Allah, tak ada yang bisa mencegahnya. Hanya bersabda, maka jadilah!

Ada beberapa hal yang dilakukan Allah demikian.
Tetapi Dia lebih memilih menciptakan manusia yang bisa memilih… artinya itulah realita yang ada. Kalau dikatakan Jadi, maka jadilah.
Pertanyaan sebenarnya bukan disitu. Pertanyaannya adalah Kenapa Allah menciptakan realita ?
Jawabannya adalah itulah yang baik menurut Allah.

itupun berlaku dengan, kalau Allah maha kuasa dan maha kasih, kenapa penderitaan ada ?
Dengan logika Anda, Sabda Jadi maka jadilah. maka Tuhan dengan mudah menghapuskan penderitaan, tetapi nyatanya penderitaan masih ada.
artinya ada hal-hal tertentu Ia bersabda maka jadi saat itu juga, tetapi ada keadaan kita harus menunggu. contohnya dunia harus menunggu 4000 tahun supaya janji MesiasNya tergenapi.


Tetapi, mengapa Kristen tidak mengimani TRIMURTI dan Hindu pun tidak mengimani TRINITAS ?

karena Trinitas tidak sama dengan Trimurti.
sama seperti orang pra-israel memanggil EL, dimana allah di Babilobia adalah EL, tetapi pra-Israel tidak menyembah El-nya orang Babilonia, tetapi EL Pribadi lain.

22 06 2009
hh

Maksud lae jolma naoto, dengan kemahakuasaan Tuhan, Tuhan akan menciptakan manusia itu seperti robot tanpa dapat berpikir dan tanpa kebebasan untuk memilih?

23 06 2009
jephman

“Tetapi, mengapa Kristen tidak mengimani TRIMURTI dan Hindu pun tidak mengimani TRINITAS ?”

Karena Kristen bukan Hindu dan Hindu bukan Kristen.

Gitu aja kok repot

24 06 2009
jolmanaotodoahu

Jadi, betul juga kata orang-orang ya. IMAN tanpa ILMU bisa membabi buta.

1. hh dan parhobass
Manusia dapat berpikir dan bebas memilih.

2. parhobass
ada realita di dunia ini.

3. Jephman
dan memang … Karena Kristen bukan Hindu dan Hindu bukan Kristen.

Jadi, apa syarat mantab yg harus ada supaya yang Hindu OTOMATIS bisa menjadi Kristen?

Sori pada para lae nami. Ini pengulangan. Soalna, tanyaku yg di sana belum dikomentari. Sudilah berbagi ya. Horas

24 06 2009
Fery

Hmmm…tercium bau busuk nih…..
ada upaya adu domba Hindu – Kristen disini dari Orang Tolol…wkwkwkkk

“Jadi, apa syarat mantab yg harus ada supaya yang Hindu OTOMATIS bisa menjadi Kristen?”

Syarat mantab sirahmu! wkwkwkwk

Tidak ada maksud kami mengkristenkan siapapun. Kalau Tuhan mau, seluruh dunia ini jadi Kristen. Sudah jelas2 itu ditulis lae Parhobass& hh. Itu pilihan bebas (free will) siapapun.

24 06 2009
hh

@jolmanaotodoahu (09:38:10) :

Jawaban Lae poin satu:
1. hh dan parhobass
Manusia dapat berpikir dan bebas memilih.

>>Jadi, apa syarat mantab yg harus ada supaya yang Hindu OTOMATIS bisa menjadi Kristen?

Jawabannya adalah: Tuhan harus membuang kemampuan berfikir dan kebebasan memilih manusia itu.

Kira kira terjawab, lae?

24 06 2009
jolmanaotodoahu

Hehehe … sori atas pertanyaannya. Dan aku baru sadar juga kalok itu bisa jadi adu domba. Mauliate pada Lae Ferry. Sori bro

Mauliate juga pada lae hh. Mangtrabs bro. Tapi koq bertolak belakang ya dng jawaban semula. 😉 Tapi nggak apa2 bos. Paling tidak udah bercapek ria menjawabnya.

Memang pertanyaan bodoh. Tetapi menurutku itu inti utk mengetahui bagaimana sebenarnya kita bisa jadi kristen, hindu ataupun islam.

Btw, thanks bro.

24 06 2009
gemabuluk

sudahlah, thread saya ttg trimurti itu dihapus saja. malah jadi kemana-mana. kan saya tulis fyi (for your info) doank..

masak kami mau dikristenkan sgl..
sudahlah. miris.

24 06 2009
gemabuluk

over and out bro. ga jadi di CTRL+D lagi lah..

24 06 2009
hh

Yang mana yang bertolak belakang, lae?

24 06 2009
hh

Lae Jolmanaoto,
Baru baru ini, orang orang mempermasalahkan salah satu calon wakil presiden RI periode 2009-2014 karena dianggap penganut faham ekonomi neo liberal (neo liberalisme?)

Pertanyaan saya, mengapa Negara RI yang menganut Ekonomi Pancasila tidak menerima Ekonomi Neoliberalisme? Dan apa syarat yang mantap yang harus ada supaya RI otomatis menerima faham neoliberalisme itu?

25 06 2009
jolmanaotodoahu

@ Gemabuluk.

Sori bos, itu memang pertanyaan konyol. Harusnya memang tentang kristen dan islam aja dan tidak membawa2 agama lain. Tetapi nggak perlu over and out ya. Kayaknya menarik lo bos. 😉

@ hh

Apa pulak yg bertolak belakang? Kita disuruh mencari domba yg hilang atau meyebarkan berita baik kepada orang yang bisa berpikir dan berkehendak bebas. Begitu kira-kira bos. Mudah2an salah ya

25 06 2009
borusibarani

@gemabuluk
sabar, begitulah memang salah satu sifat orang yang skeptis, selalu menanyakan hal-hal yang serba terbalik, seolah-olah tahu apa yang ditanyakan padahal tidak tahu. Semua itu berdasar pada ketakutan dan kebencian yang tersembunyi…

25 06 2009
Luhut Rajagukguk

Pokoknya…yang paling banyak menghuni sorga kelak adalah supir Metromini! Mengapa? Karena setiap mereka ngebut, para penupang berdoa! He..he!

25 06 2009
hh

Kalau seseorang tidak bisa berfikir dan tidak berkehendak bebas, apa mungkin kita memberitakan sesuatau? Tidak kawan!

25 06 2009
jolmanaotodoahu

@ borusibarani

bonani harambir dohot bonani nakka
oh ito boru sibarani, manjalo maaf situtu ma hami
emma tutu 😉

Lanjutkan lagi ya. Lebih cepat, lebih baik dan mudah2an nggak salah lagi serta tetap pro kemanusiaan.

1.

… Entah mengapa saudara-saudara kita muslim, sulit sekali membedakan antara Trinitas dengan Tritheisme, yang bagi kita semudah membedakan ketupat opor ayam dengan lemper isi abon ayam

Tetapi, kenapa ya kita juga menyebut Tuhan Yesus dan Tuhan Allah dalam beberapa doa dan nyanyian kita?

2.

… Yang menjadi pertanyaan, mengapa nabi setelahnya membantahnya? Entahlah. Paling-paling kembali lagi ke “Alkitab sudah dipalsukan” hehehe.

Apakah memang ada bukti yg dapat dipertanggungjawabkan sehingga mereka berpandangan bahwa Alkitab sudah dipalsukan ?

Terima kasih buanget atas jawaban2nya ya.

26 06 2009
jephman

@ jolmanaoto

1. Sudah ada yg membahasnya di “Mana Lebih Pintar’. Silahkan baca komen2 disana.
2. Tanyakan muslim dong. Itukan pernyataan mereka.

26 06 2009
Garfield

>>>Apakah memang ada bukti yg dapat dipertanggungjawabkan sehingga mereka berpandangan bahwa Alkitab sudah dipalsukan ?>>>

Buktinya sih, ada di Al Quran yg sudah di nuzulkan sbb:

“Dan sesungguhnya, di antara mereka (Ahli Kitab itu) ada (Ketua-ketua agamanya) Yang memutar-mutar lidahnya semasa membaca Kitab Taurat (dengan mengubah maknanya), supaya kamu menyangkanya sebahagian dari Kitab Taurat padahal ia bukanlah dari Kitab itu. dan mereka pula berkata: “(Bahawa) ia adalah (datangnya) dari sisi Allah”, padahal ia bukanlah dari sisi Allah; dan mereka pula tergamak berkata dusta terhadap Allah sedang mereka mengetahui (bahawa mereka adalah berdusta).” Ali ‘Imran:78

26 06 2009
jolmanaotodoahu

@ Jephman
Mauliate tulang. Mangtrabs. Segera ke TKP nih

@ Garfield
Makasih jawabannya. Adakah bukti2 lain dalam fakta-fakta sejarah yang sahih berdasarkan metodologi ilmiah yang diterima semua kalangan?

26 06 2009
borusibarani

@Garfield
Kalau kita perhatikan, di ayat tersebut (Al-Imran:75) tidak di jelaskan, siapa yang di maksud dengan Ahli Kitab di situ (apakah ahli kitab yahudi, ahli kitab Alkitab atau ahli kitab Alquran). Karena tidak dijelaskan siapa yang bicara, kepada siapa berbicara dan dimana dia berbicara.

Di Alkitab tertulis jelas, ada banyak ayat yang menjelaskan siapa yang di maksud dengan ahli kitab yang suka memutar mutar lidahnya dan mengubah maknanya :
1. Matius 7:28-29; markus 1:22; Luk 4:32
“Dan setelah Yesus mengakhiri perkataan ini, takjublah orang banyak itu mendengar pengajaranNya, sebab Ia mengajar mereka dengan kuasa tidak seperti AHLI-AHLI TAURAT mereka.

2.Matius 23:1-36
Judul : Yesus mengecam AHLI-AHLI TAURAT dan ORANg-ORANG FARISI
“Maka berkatalah yesus kepada orang banyak dan keada murid-muridNYa, kataNya: AHLI-AHLI TAURAT dan ORANG-ORANG FARISI telah menduduki takhta Musa, Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan Tetapi Janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, KARENA MEREKA MENGAJARKANNYA tetapi TIDAK MELAKUKANNYA…
dst..

3. Matius 26:3
“Pada waktu itu berkumpullah IMAM-IMAM KEPALA dan tua-tua bangsa yahudi di istana IMAM BESAR Kayafas untuk merencanakan penangkapan Yesus..

Jadi kejadian pemutar balikkan makna Alkitab sudah terjadi pada ratusan tahun sebelum ada Alquran, dan itu di lakukan oleh AHLI TAURAT dan IMAM-IMAM KEPALA dan Yesus sudah mengecam tindakan mereka yang munafik.

KIta bandingkan dengan surat Al-imran (saya sempatkan baca ayat 1 -200),
Kesimpulan saya:
1. ALQURAN MENGAKUI BAHWA ISA /YESUS LAHIR KE DUNIA KARENA “KALIMAT” ALLAH, bukan SECARA BIOLOGIS ALLAH MELAHIRKAN.

45] (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),
[46] dan dia berbicara dengan manusia dalam buaian dan ketika sudah dewasa dan dia termasuk di antara orang-orang yang saleh
47] Maryam berkata: “Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-laki pun.” Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): “Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: “Jadilah”, lalu jadilah dia.
[48] Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.

2. ALQURAN MENULIS BAHWA YESUS DATANG UNTUK MENGGENAPI HUKUM TAURAT DAN MEMBUKTIKAN KEKUAAAN ALLAH DENGAN MUJIZAT.
49] Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israel (yang berkata kepada mereka): “Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman.”

[50] Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku

3. ALQURAN MENULIS BAHWA KEMATIAN ISA SUDAH DI FIRMANKAN TUHAN, DIANGKAT KE SORGA, DAN PENGIKUT ISA DITINGGIKAN DARI ORANG KAFIR (BERARTI PENGIKUT ISA BUKAN ORANG KAFIR)

[52] Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani Israel) berkatalah dia: “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?” Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: “Kami lah penolong-penolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri.
[54] Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya
55] (Ingatlah), ketika Allah berfirman: “Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, DAN MENJADIKAN ORANG-ORANG YANG MENGIKUTI KAMU DIATAS ORANG-ORANG YANG KAFIR HINGGA HARI KIAMAT. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya
[56] Adapun orang-orang yang kafir, maka akan Ku-siksa mereka dengan siksa yang sangat keras di dunia dan di akhirat, dan mereka tidak memperoleh penolong

Bandingkan persamaan Al Imran:55 dengan Matius 28: 20
“dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Pertanyaannya:
–> Adakah pengikut nabi lain yang di janjikan akan yang ditinggikan dari orang kafir hingga akhir jaman/kiamat?

4. KISAH ISA ADALAH KISAH YANG BENAR.
[60] (Apa yang telah Kami ceritakan itu), itulah yang benar, yang datang dari Tuhanmu, karena itu janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu.
[61] Siapa yang membantahmu tentang kisah Isa sesudah datang ilmu (yang meyakinkan kamu), maka katakanlah (kepadanya): “Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, istri-istri kami dan istri-istri kamu, diri kami dan diri kamu; kemudian marilah kita bermubahalah kepada Allah dan kita minta supaya laknat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta.
62] Sesungguhnya ini adalah kisah yang benar, dan tak ada Tuhan selain Allah; dan sesungguhnya Allah, Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana

5. ORANG YANG BERPALING DARI KEBENARAN ALLAH DI AYAT 60-62, MAKA MEREKALAH YANG MEMUTAR BALIKKAN LIDAHNYA
63] Kemudian jika mereka berpaling (dari kebenaran), maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui orang-orang yang berbuat kerusakan

Al Imran ayat 64-80 adalah teguran kepada ahli kitab taurat saat itu yang memutar balikkan kebenaran Allah, yang akan di sebut orang fasik (ayat 82)

84] Katakanlah: “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka dan hanya kepada-Nya-lah kami menyerahkan diri.

JAdi ALkitab adalah KEKAL adanya, yang berasal dari Allah Abraham, Allah Iskak dan Allah Yakub. Yang merubah adalah orang yang memahaminya.

syalom

26 06 2009
hh

Bah………. Lae Kandung,
kayak pertanyaan di pengadilan semua pertanyaan ni Ipar i. Hahahah.
Selamat bertanya Lae,
Nikmati semua jawabannya
Sukseskan Pemili
Lanjutkan.

26 06 2009
jolmanaotodoahu

1. Ada JBU dan ada pula GBU. Ini seolah2 ke arah tritheisme. Baiknya kita pakai JGBU supaya tidak diartikan tritheisme.

2. Ada “Tuhan Yesus” dan ada pula “Tuhan Allah kami” pada beberapa doa dan nyanyian kita. Ini seolah2 ke arah tritheisme, paling tidak menurutku. Baiknya kita memakai frasa “Tuhan Yesus Allah kami” supaya tidak diartikan tritheisme. Frasa ini akan dengan sendirinya tidak multi tafsir, tetapi fokus hanya mengarah pada trinitas.

Beha do tahe pendapot ni akka lae & ito nami (Bagaimana pendapat para lae dan ito nami) ? Setujukah?

28 06 2009
Ben Salomo

Trinitas adalah cara Tuhan untuk hadir langsung dalam hidup manusia (karena saya tak percaya seorang tuhan hanya duduk-duduk saja di negeri antah berantah tanpa pernah diketahui identitasnya, dia tersenyum melihat orang meraung-raung memanggil namanya 5 kali sehari…eits…masih ada lagi…tuhan model itupun hanya ada di sudut tertentu, salah arah dikit aja bisa batal raungannya…hehehehe..tuhan macam apa itu, cemm betol aza..)

My dearest moslems….gini ya…Bapa, Anak, dan Roh Kudus, adalah pribadi yang sama (semoga kalimat sederhana ini bisa menyederhanakan pemikiran umat muslim yang dirumit-rumitkan!)

30 06 2009
tanobato

Bah, bisa jadi sangat menarik nih … Masih ada yang belum muncul …, atau jangan-jangan sudah muncul tapi memakai “jubah” yang lain?

Lanjutkan! Lebih cepat lebih baik! Tapi, pro-rakyat ya …!

3 07 2009
orang_dungu

saat abraham melihat Allah dan Allah menampakan wajahnya kepada abraham, lalu abraham seperti melihat tiga rupa Allah, apakah karena itu bisa dikatakan bahwa Allah itu trinitas? trimakasih?

6 07 2009
borusibarani

@orang_dungu
darimana sumbernya pernyataan yang anda sampaikan bahwa Abraham seperti melihat tiga rupa Allah? (karena di Alkitab tidak pernah ada di katakan seperti itu). dan apa hubungannya sama trinitas? baca dulu artikel tentang trinitas di atas baru komen..

terimakasih

13 07 2009
Gala_ren

Indahnya tulisan ini..

Praise God..

Trinitas sebagai..
Bapa, Putra, dan Roh Kudus..
adalah satu..

bukan..
Allah, Maryam, dan Yesus..
ada-ada saja..

GBus..

15 07 2009
rodrymikhael

HORAS
inilah tantangan orang Kristen hidup di dunia ini
gak pernah lepas dari yang namanya penindasan, baik secara langsung maupun secara ideologis
kadang saya gak habis pikir, mereka yang mengklaim dirinya sebagai orang paling suci, bebas dari najis, dll (dan mati2an menolak doktrin Tritunggal) ternyata adalah orang paling barbar yang pernah hidup di planet ini…

21 07 2009
Robinson Agus Sihotang

Salam kasih buat semuanya…..

Pendapat Sdr Jephman menurut judul di atas sungguh tepat karena didasarkan kepada iman yang membawa pengertiaan ttg ALLAH YANG ESA tetapi berkarya DENGAN TIGA CARA. Iman itu hanya didapat karena kasih kemurahanNya dan sikap kita menerimanya seperti sikap anak-anak atas pemberian orangtuanya.

Jadi tanpa sikap iman yang ditunjukkan anak-anak maka apapun yang tertulis di kitab suci ttg kabar baik semua itu seperti yang dikatakan KRISTUS…. KAMU MEMANG MENDENGAR TAPI TIDAK MENGERTI. Roh Kudus akan menerangin hati dan pikiran kita saat kita sudah menjadi lahir baru.

Jadi Sdr Jephman mengungkapkan hal-hal di atas dengan gamblang tanpa ada yang disembunyikan. Kita terimalah itu dengan sikap percaya saja.

18 08 2009
arnold86

HORASSS..!!!

wah membuka wawasan sekali artikel ini..ya walaupun blm ada teman2 saya dari seberang mencoba2i saya dengan hal ini. Setidak2nya wawasan saya sudah bertambah.
terima kasih

arnold marpaung

22 08 2009
jakpurut

tetap aja mengacu pada Tuhan, mau peta kek…mau teladan kek…yg di tegasin disitu kata ” KITA” , begitu bro….

29 08 2009
jepha

gue mau tanya pa’tua

kapankah waktu yang tepat ketiga oknum tuhanmu itu adalah satu adanya?

jangan jadi tuhan ON-OFF mulu dong…

4 09 2009
jephman

@ Jepha

“kapankah waktu yang tepat ketiga oknum tuhanmu itu adalah satu adanya? jangan jadi tuhan ON-OFF mulu dong…”

jawab : setiap saat pak. Kan Tuhan itu OMNIPRESENT, bisa berada dimana saja pada saat yg sama sekaligus.

27 10 2009
Bandit Batak

Makasi tulang..aq semakin paham tentang ini…terutama analogi matahari itu..

Aq baru nemukan analogi yang pas, bukan cuma krn logika.

Buat saudara2 terkasih yang selalu menyangkal Trinitas ini, sebenarnya langkah awal untuk mengerti adalah jangan terlebih dahulu berapriori bahwa yang dikatakan oleh umat Kristen ttg Trinitas ini adalah salah. Klw kita berapriori bahwa segala sesuatu adalah salah, maka yang benarpun akan menjadi salah bagi kita.

Mengerti bukan berarti menjadi keharusan untuk mengikuti. Klw kalian mengerti ttg makna Trinitas sesungguhnya, bukan berarti Anda harus mengikuti ajaran Kristen sehingga Anda merasa malu untuk mengakui kebenarannya.

Salam sejahtera bagi kita semua..

28 10 2009
parhobass

bah, sapartulangon do hape hita..

eh santabi jo tahe, ai Malau dohot Manalu sarupa do tahe?
Toga Purba do i?

7 01 2010
Parsidulang

Syaloom…..
Salam sejahtera buat kita semua.
Salah satu yang paling spektakuler dalam dalam kekristenan adalah karya Penebusan Dosa oleh Tuhan Yesus (Kasih). Dimana yang masuk kedalam surga adalah orang-orang yang bersih dari dosa. adakah manusia yang bersih dari dosa? pasti tidak ada, lalu bagaimana caranya?. Tuhan Yesus sebagai gembala yang baik menebus dosa domba-dombanya dengan darah-Nya, karena kita adalah mahluk ciptaan-Nya. Mampukah kita menghapus dosa kita sendiri? sedangkan niat berbuat jahat saja sudah dosa. Bisakah Parfum yang wangi menghapus bau badan kita? Parfum hanya menutupi bau badan kita sedangkan badan kita tetap bau. Sama dengan dosa,dosa telah melekat dalam diri manusia hanya dengan darah-Nya yang kudus dosa yang melekat itu bisa dihapus (bukan ditutupi) supaya kita layak dalam sorga. Percuma kita berdebat-debat dengan keyakinan, sedangkan arti keyakinan menurut guru saya dulu adalah percaya akan apa yang tidak kita lihat, jadi tidak akan ada titik temunya.
Saya bukan ahli agama. saya,kalau dihadapan Tuhan, hanya mahluk kecil yang tak berdaya sama sekali.Tapi itulah keyakinan saya

Horasss…..

19 04 2010
arles manik

Shalom Elohim!.
Kristen vs Islam janganlah kita perdebatkan, meskipun memiliki beberapa nabi yang sama, tapi pandangannya berbeda, sehingga kalau diperdebatkan tidak akan bisa ketemu, dengan demikian yg terpenting adalah saling menghargai, salah satu contoh bahwa yg dikurbankan oleh Abraham/Ibrahim dari sudut pandang Kristen adalah Isak, sedangkan menurut Islam adalah Ismail, maka dari sini sudah pasti tdk akan ketemu jalannya, akan tetapi dia akan ketemu pada tujuan akhir sama-sama memualiakan Tuhan.
Jadi yg terpenting adalah mari kita perkuat persamaan dan perbedaan yg ada biarkan berjalan apa adanya tanpa ada ketersinggungan. Persoalan yg sering terjadi adalah sebagai akibat selalu ada profokator, kalaupun ada org dewasa yg berganti Agama itu adalah haknya sepanjang tidak melakukan penodaan dan penistaan melalui cara yg menjelek-jelekkan. Sebagai org yg kesatria mari kita saling mengakui dan menghargai satu sama lain.

27 07 2012
Jelita Poerba

wah.., BENAR.., Hikmat ku semakin bertambah nih.. PUJI TUHAN..
dan kalimat/paragraf terakhir itu menyentuh banget, mesikipun simpel tapi mengena..Plus komentar ibu borusibarani..
Tambah lengkap pulak… heheh God bless Us..

30 07 2012
atu aja

Pemberitahuan kepada seluruh jemaat, bahwa Trio Macan telah berubah nama menjadi Tiga macan !

9 12 2014
Anonim

kalau perumpamaan matahari itu sebagai trinitas dimana Matahari itulah sebagai Allah yang Maha Suci, Maha Kudus. SinarNya itulah Yesus Kristus yang membawa terang. Hangat yang kita rasakan itulah Roh Kudus yang menuntun setiap orang percaya untuk merasakan kasih Tuhan dalam setiap langkah kita untuk hidup sesuai FirmanNya berarti jelas yesus hanya sebagai perantara saja bukan sebagai tuhan, lalu kenapa yang di sembah bukan tuhan tp yesusnya? bisakah anda menjelaskan pada Yohanes 17 ayat 3, ulangan 4 ayat 35, ulangan 6 ayat 4, markus 12 ayat 29, yohanes 5 ayat 30, yohanes 14 ayat 28
bila yesus sebagai penebus dosa kenapa masih ada dosa waris?dimana dosa waris tersebut menurut saya tidak sesuai dengan Yehezkiel :18 ayat 20, Matius :19 ayat 14, Matius :16 ayat 2
terima kasih

9 12 2014
Anonim

kalau di umpakan sepeti matahari yang bersinar dan memberi kehangatan, ada yang terlupa karena matahari itu sendiri terdiri dari beberapa bahan, berarti tuhan yang maha kuasa masih bisa di uraikan lagi donk

15 12 2014
Anonim

Dia tiga dalam manifestasinya, tetapi satu pribadinya.

Yesaya 9:6 “Sebab seorang anak (Tuhan Yesus kristus) telah lahir utk kita……..namanya disebut orang penasihat ajaib (roh kudus)…..Allah…, Bapa……”.

Bahasa ==>Matius 28:19 “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus”

English==> Mat. 28: 19 “Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the NAME of the father, and of the son, and of the Holy Ghost:

di dalam English kita bisa melihat bahwa murid2 diperintahkan utk membaptis di dalam satu nama, ‘NAME’ (tunggal) bukan ‘NAMES’ (jamak). Dari sini kita tahu bahwa saat membaptis, maka hanya satu nama yg disebutkan.

Siapakah namaNya?

Murid2 tahu siapa namaNya, makanya rasul2 itu membaptis dengan hanya menggunakan satu nama itu.

Mereka membaptis dengan menggunakan nama Yesus kristus atau Tuhan Yesus:
1. Kisah rasul 2:38 “bertobatlah dan ……dibaptis dalam nama Yesus Kristus…”
2. Kisah 19 : 5 “….mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus”.

Tidak ada cara membaptis yg lain yg digunakan para rasul dan orang percaya mula2 selain dari cara di atas. Mengapa? Karena mereka tahu Nama BAPA, ANAK dan ROH KUDUS yg dimaksudkan Yesus saat Dia hendak naik ke sorga adalah “Tuhan Yesus Kristus”, itulah namaNya.

Inilah yg saya pahami.
Tuhan Yesus memberkati kita semua.

15 12 2014
Vandilo Tbun

Pas itu, namaNya adalah Tuhan Yesus Kristus. Nama di atas segala nama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: