Ijin HKBP DEPOK Dicabut

29 04 2009

Untuk mereka yang suka berdalih bahwa penutupan gereja adalah disebabkan tidak adanya ijin, berdalihlah dalam kasus ini. Silahkan :

==============================================

IMB Gereja HKBP Depok Dicabut (sumber : Kompas.com)

DEPOK, KOMPAS.com — Persekutuan Gereja-gereja Setempat (PGIS) Kota Depok menolak pencabutan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Tempat Ibadah dan Gedung Serbaguna atas nama Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Jalan Pesanggrahan Cinere, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

“Umat Kristen di Kota Depok sangat prihatin dan menolak atas keluarnya keputusan Pencabutan IMB pembangunan Gereja HKBP di Cinere yang hanya mendengar pendapat sebagian warga yang menolak,” kata Ketua Umum PGIS Kota Depok, Pendeta Simon Todingallo, di Gereja HKBP Depok I, Jalan Cendrawasih, Rabu (29/4).

Pada 27 Maret 2009, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail(Kader PKS, red) melalui keputusannya Nomor 645.8/144/Kpts/Sos/Huk/2009 menyatakan mencabut IMB Tempat Ibadah dan Gedung Serbaguna atas nama HKBP Pangakalan Jati Gandul yang beralamat di Jalan Puri Pesanggarahan IV Kav NT-24 Kelurahan Cinere Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

Sebelumnya HKBP telah mendapatkan IMB yang diterbitkan Pemerintah Kabupaten Bogor dengan Nomor 453.2/229/TKB/1998 tanggal 13 Juni 1998. Pendeta Simon Todingallo menjelaskan, penolakan tersebut karena dasar pencabutan IMB tidak mengacu kepada Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006 dan Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksana Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala daerah dalam kerukunan Umat Beragama, pemberdayaan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan Pendirian Rumah Ibadah.

“Seyogyanya rekomendasi penolakan harusnya dari FKUB Kota Depok dan bukan dari Wali Kota Depok,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pembangunan Gereja HKBP Cinere Betty Sitompul mengatakan, pencabutan IMB tersebut merupakan suatu keputusan yang mengejutkan karena pada tahun 1998, HKBP telah berhasil memperoleh IMB dengan No 453.2/229.TKB/1998 dari Kabupaten Daerah Tingkat II Bogor untuk membangun tempat ibadah dan ruang serbaguna.

Betty menjelaskan pada tahun 1997 membeli tanah seluas 5.000 di daerah tersebut untuk dibangun gereja dan ruang serbaguna. Setelah mendapatkan IMB tersebut maka mulai melakukan pembangunan, karena terbatasnya dana maka pembangunan dihentikan.

Akan tetapi, ketika akan mulai pembangunan kembali pada tahun 2008 ada sekelompok warga yang memprotes pembangunan gereja tersebut, dan meminta untuk dihentikan. “Warga yang protes sebagian besar justru bukan warga di sekitar gereja, melainkan warga dari daerah lainnya seperti Pondok Cabe,” ujarnya.

Karena situasi memanas maka Wali Kota Depok pada saat itu, Badrul Kamal, memutuskan untuk menghentikan sementara pembangunan gereja. Penundaan tersebut berjalan terus-menerus tanpa adanya penyelesaian yang jelas. Oleh karena itu, pada Oktober 2007 pihak panitia pembangunan gereja berupaya untuk melanjutkan pembangunan gereja.

Salah satu upaya yang ditempuh adalah mengirim surat kepada Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail yang isinya menyatakan bahwa HKBP berniat untuk melanjutkan pembangunan. Surat tersebut dikirim pada Januari 2008.

“Kami tunggu 6 bulan ternyata tidak digubris, kami kirim lagi pada bulan Juni. Ternyata surat yang kedua itu pun tidak mendapat tanggapan dari wali kota,” katanya.

Pada Februari 2009, pihak HKBP kembali mengirim surat ke wali kota yang intinya meminta berdialog agar menemukan solusi atas kasus ini. Ternyata pada 19 Februari, pihak masyarakat yang menolak juga mengirim surat kepada wali kota yang intinya agar IMB pembangunan gereja dicabut.

Puncaknya adalah pada 27 Maret 2009, Wali Kota Depok mengeluarkan surat yang intinya mencabut IMB pembangunan gereja atas nama HKBP Pangkalan Jati Gandul. “Kami menyesalkan keputusan wali kota tersebut,” katanya.


Aksi

Information

35 responses

29 04 2009
Lowongan Kerja

Begitulah yang dinamakan dengan toleransi beragama di Indonesia ini!
Seperti suara2 nyaring dari loudspeaker disekitar rumah anda..biarkan saja itu tetap ada tanpa perlu anda marah2..karena bisa2 anda akan dituduh sebagai orang yg tidak tau toleransi..padahal siapa sebenarnya yg tidak tau toleransi tentu anda sendiri bisa menilainya…

29 04 2009
agung

waduh… runyam nih..
sudah semakin jelas untuk menjauhi partai yang tidak nasionalis.
kalau warga partainya begini, sekalian suruh bakar dan tolak Bhinneka Tunggal Ika, dan tolak PANCASILA!!

30 04 2009
parhata

Sudah kelihatan kok, Partai Komunis Sejahtera(red. PKS) itu haus kekuasaan untuk memurtadkan Indonesia ini. Lihat saja masa Tifatul Sembiring sama Hidayat Nur Wahid kepedean mau mendampingi SBY, dimana kapabilitas keduanya cm bisa baca Al Quran sama memfitnah politikus lain sambil membenarkan diri sendiri dengan dalih agama.

30 04 2009
apa saja

Wah… wah…. sepertinya harus lihat ke kasus gpib anugerah bekasi, mereka bisa menang di pengadilan…. coba cari deh…

30 04 2009
hh

Katanya, pencabutan itu terjadi karena beliau mensinyalir bahwa izin tersebut bermasalah dan tidak valid.
>Hanya dengan mensinyalir langsung main cabut.

30 04 2009
borusibarani

Memang Kasih yang kita miliki selalu diuji ya… Semakin di kasihi semakin di injak-injak, apalagi nggak di kasihi. Sebenarnya kalau selama ini sering kita dengar mereka mendengungkan “Perbedaan adalah Rahmat” , sekarang siapa yang tidak kuat dan tidak bisa menerima Perbedaan?? Sebenarnya mereka berTuhan nggak sih??

30 04 2009
pengamen

si Nur Mahmudi Ismail ini membuat sensasi aja..
-> iklan `makan pakai tangan kanan`.
kalau yang biasa pake tangan kiri (kidal) gmn pak? kalau pakai sendok dengan tangan kiri apa berbahaya bos?.. hmmm..)..

-> santunan dana buat warga depok yang meninggal.
ini warga yang mana pak? apa ini hanya untuk warga M doank?
coba liat siapa pihak ketiganya, sepertinya ini ada `wangi`-nya..

-> imb gereja dicabut,
coba liat update berita ditempo setelah 1 hari kasus itu di
http://tempointeraktif.com/hg/jakarta/2009/04/30/brk,20090430-173550,id.html
`Jika pembangunan sebuah rumah ibadah menimbulkan konflik, maka harus dihentikan karena sudah tidak memenuhi syarat’ <- arogansi mayoritas!!.. apa bapak sendiri berpeluang untuk menciptakan konflik itu? PASTI!!… jgn ambigu, pantes aja kalo diberhentikan ama gus dur..

agenda tersembunyi `itu` sudah dijalankan, dan akan dilanjutkan..
kita perhatikan saja kejadian2 setelah ini…

1 05 2009
Fery

Ini penerapan ajaran agama PALING SEMPURNA (katanya) dan agama DAMAI PENUH TOLEransi (katanya)

Kalau kotbah indah bener,
kalau berpakaian serasa penghuni surga,
wangi pula pake minyak arab (jarak 10 m kecium)
sehari bisa cuci muka 5 kali

tapi hati tetep aja busuk

1 05 2009
radja nadeak

Kalau kotbah indah bener,
kalau berpakaian serasa penghuni surga,
wangi pula pake minyak arab (jarak 10 m kecium)
sehari bisa cuci muka 5 kali

tapi hati tetep aja busuk>>>>>>

Pas Banget…gak salah lagi…

2 05 2009
jolmanaotodoahu

Mending segera dibantu aja bos. Mungkin lebih baik untuk tidak NATO ya. Bisa di fasilitasi ke pengadilan supaya tetap di tempat semula atau di fasilitasi ke lain tempat; baik atas biaya sendiri ato biaya ganti rugi. Atau …. kita cari cara lain.

Difasilitasi aja yuk, supaya segera beres. Kecuali …. memang ingin mengambangkannya; supaya ada bahan cerita.

*pisssss ah *

2 05 2009
Adi

Selagi kita masih bisa beribadah dengan tenang..bersyukurlah…aku yakin, kejadian ini akan menjadikan HKBP depok menjadi lebih luar biasa di hadapan Tuhan…

Sudah jelas kan? Kalo SBY menggandeng CAWAPRES kader PKS, SBY will be out of my list..

Saudara sepupu kita mo bela mati2an agamanya, gak akan bisa, karena kebanyakan boroknya daripada wanginya…

3 05 2009
Gala_ren

PRIHATIN..!!
percuma mencela..
mereka maunya hidup sendiri koq di Indonesia tercinta ini
Katanya cuma mereka yang benar..(Ya Tuhan..)
Yang lainnya Kafir..

Ini bentuk lain Penjajahan..
Mau bangun rumah ibadah mesti koq ada konflik??
Tuh orang2, nggak berpendidikan kali y??

Klo dibilang menimbulkan konflik…
berarti beliau(wali kota) gagal donk.
atauuu…
itu semua cuma skenario..

yah nggak taulah..
pintar2nya orang itu aja..

Tapi yang jelas.. :
Jauh lebih dulu 13 Juni 1998 daripada tahun 27 Maret 2100,,eh salah 2009
tuh juga klo negara kita masih berdiri..
Aku cinta Indonesia
Aku cinta Pancasila
Klo nggak suka Pancasila..Ke laut aja,trus nyemplung.

3 05 2009
Gala_ren

Oh iya..saudara Ferry

Khotbah indah bener..
yang bener aja??

Khotbah yang indah itu..
Ajaran Tuhan Yesus.

perihal jangan menghakimi..mengasihi musuh..tidak boleh bersumpah..
semua bertentangan dengan ajaran mereka..
sapa yang bisa bisa mengajar sehebat itu???
WOW penuh kuasa…I love u Jesus..

3 05 2009
Batak King

Kalo cuma bicara pengadilan pasti menang lah, lha wong selain orang Batak punya pengacara yg hebat kita semua udah tau klo ijin pembangunan gereja selalu valid dan sah…tak seperti yang ada bulan sabit dan bintang yang bebas berdiri dimana saja tanpa surat losung sekalipun…

Masalahnya, menang pun di pengadilan akan sia-sia kalau toh akhirnya dibakar massa…

Jadi, tapabereng-bereng ma…ada tertulis: yang jahat akan selalu hampir mencapai tujuannya..ingat..HAMPIR!

4 05 2009
tanobato

Sejak awal aku sudah melihat gelagat tidak baik dari SBY dan kroninya. Lihat saja Kabinet Bersama Kita (ber)Bisa-nya, tidak satu pun orang Batak (dan puji Tuhan, Kristen pula …) yang duduk di dalamnya. Sekarang sudah semakin menjadi kenyataan bahwa PKS akan menjadi sekondan-nya. Siapkan diri untuk menghadapi kemungkinan buruk yang lain. Tapi, jangan terlalu khawatir … pasti ada yang lebih kuat yang mampu menunjukkan kemuliaan daripada orang-orang yang sekadar memperlihatkannya melalui pakaian dan asesoris agama lainnya.

Sejarah telah membuktikan, dan pasti akan membuktikannya lagi kemudian.

Tetap semangat! Horas!

4 05 2009
jolmanaotodoahu

Mereka tuh ternyata memang nggak bertuhan.
Katanya, “Tiada Tuhan selain Allah”

5 05 2009
jarot

Gala_ren……….. ajaran Yesus mana yang lu anggap hebat ??

5 05 2009
jarot

Lihat Ulangan. 13: 6_9

5 05 2009
gabenamora

wah…gimana..kalo wakil presidennya…dari PKS????????
MAUUUFFFFFFFFFFFF…uang

5 05 2009
Pakdhe

Lihat Yohanes. 8: 7

6 05 2009
jephman

@ Jarot

“Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.” Matius 43:44

Jadi bingung ya pak? 😛

6 05 2009
apa saja

mending gak milih… atawa milih prabowo aja… hue he he…

6 05 2009
Saksi

Mat 5:43-44 ya lae. Puji Tuhan dah bnyk yg mulai belajar Alkitab, mari kita bantu agar dpt mempelajarinya dng bnar dan tdk asal ngutip. Blogmu ini bnar2 membangun dan menguatkan. Semangat trus lae!

6 05 2009
apa saja

pada akhirnya kalah jua…

6 05 2009
Gala_ren

Lam kenal dulu ya..

Beneran nih pengen tahu..??
Ap udah tahu..tapi pura2 g tahu??
hehehe..

Banyak bos..tapi saya bagi salah satu aja ya..

Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan.
Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah tahta Allah,maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kakiNya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar;
janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun.

Cukup dulu..lebihnya baca sendiri y..
ntar kepanjangan anda pusing..
hehehe

Hebat ya..
apalagi demi Tuhan..jelas NGGAK BANGET

6 05 2009
Gala_ren

Enak juga nih klo anda

Lihat juga..

Matius 5: 38-45
Matius 22: 37-40

OK..
Klo ada cari lagi ya..

7 05 2009
Tukang Koran

Salam kelompong, salam persahabatan. Saya salut dengan weblog ini. Tulisannya kalau dibaca dan diresapi sangat berbobot dan penting untuk diperhatikan. Lanjutkan terus, semoga Anda sukses, bung…

7 05 2009
dewa

semoga s`mua selamat masuk sorga

7 05 2009
ferri

Hati-hati dengan PKS apalagi kalo jadi koalisi dengan demokrat dan SBY bisa-bisa jadi negara Islam….. hancur !!. PKS pelan2 mulai merasuk di Indonesia. Jaman sekarang ga ada lagi kebebasan beragama …. mending ama mega atau prabowo…….. karena mega masih dekat dengan HKBP ( sepenanggungan ketika masalah HKBP) dizolimi oleh pemerintah. Dimana perhatian SBY ??

8 05 2009
tanobato

SBY ini pun masih perlu “dikaji-ulang”. Sebagaimana aku sampaikan di http://www.tanobato.wordpress.com pada Ndang Adong Nanggo Sada pe … (dan sudah dialihbahasakan menjadi No One from Us di http://www.tano-bato.blogspot.com), tidak satupun orang Batak (dan puji Tuhan, Kristen pula!) yang diangkat untuk menjadi menteri dalam kabinetnya saat ini. Jadi tak aneh, kalau dia sekarang mendekatkan diri ke PKS karena akarnya memang ada di sana. Hati-hati sajalah kita semua …

19 05 2009
BANDIT BATAK

sekarang dia sudah sama boediono..
mmg PKS ibarat iblis berjubah malaikat..buuktinya dia terang-terangan minta jatah menteri di kabinet SBY-Boediono kelak. Mereka minta menteri pendidikan. Berarti nanti kurikulum syariat bakal mereka masukkan. Bisa2 gak ada lagi pelajaran agama Kristen, Budha, Hindu, dan nonislam lainnya.

19 05 2009
Arif Kurniawan

tidak perlu khawatir Bang Bandit!
saya muslim berdarah jawa, tetapi saya memberi jaminan NYAWA untuk tetap tegaknya Bhineka Tunggal Ika yang telah diperjuangkan oleh nenek moyang kita dengan nyawa dan penderitaan mereka

20 05 2009
jephman

@ Arif Kurniawan

Janganlah kita mengambinghitamkan “orang sesat”, “radikal” dll dlsb dan mengaku paling depan membela Pancasila….tapi cuma DIMULUT saja.

Salam,
A Talking Head Too 😛

11 06 2009
Crapt_man

pada waktu dulu, kebanyakan orang yang membuat UUD adalah dari mereka.
dan salah satu isi UUD ada yg menjamin “Kebebasan umat beragama”.
eh tak taunya sekarang bisa bgini…
apa mereka OMDO ??????
Pantesan negara ini susah maju, lain di muka lain di belakang…cantik muka seperti t*** di belakang..

15 08 2009
bocor

matilaha kalian para anjing yang suak mengeluh
GBHN = gara-gara batak hancur negara hhhaa

masih untung bisa hidup di RI
masih juga megeluh

kalau ga puas juga pergi aja dari negeri i ni anjink
tinggal di eropa, amerika, atau afrika aja
biar jumpa sama yang sejenis …..hehehe

hapus aja tuiiiiisa ini , yang penting aku udah puasssss……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: