SOP

19 02 2009

sop


Aksi

Information

25 responses

19 02 2009
Emanuel Setio Dewo

Owh, rupanya kita sama-sama “kafir” (dengan tanda kutip).

19 02 2009
Fery

Rame-rame ngeroyok Batak

19 02 2009
simbolon_par-pahae

ouw…kejam nai ate….malengleng ate-ate marnida na masa i…

20 02 2009
tanobato

Mohon ma’af, lae, aku tak mudheng dengan SOP ini. Beberapa kalimat aku rasa tidak pas dicantumkan di sana. Apakah cuma aku yang merasakannya? Supaya jangan salah faham, sudilah kiranya memberikan penjelasan … Asa tumangkas jala masibotoan. Horas!

http://www.tanobato.wordpress.com

20 02 2009
seseorang

ah… ntah kenapa harus mekar jadi propinsi.
tolong dulu beritahu aku alasannya.
trus apa keunggulan kalo dijadikan propinsi.akan digimanakan tapanuli itu?
trus yg dimaksud dengan protap nantinya meliputi daerah mana aja ya?

20 02 2009
jephman

@ tanobato

kalimat yang tidak pasnya apa dulu lae??
minta djelaskan tapi tidak jelas juga permintaannya. :))

20 02 2009
Andy Saila

Emang itu pembunuhan karakter, seakan2 orang bataklah paling beringas di Indonesia ini kuliat.
Padahal jelas-jelas kawan itu monding alani terkena penyakit jantung.
Dibuatlah skenario, seakan2 peti mati itu udh dipersiapkan sama Ketua DPRD itu, padahal dari dulu udh bawa2 keranda orang.
Kita liat ajalah gimana hasil akhir visum itu, apakah dibelokkan kearah yang lain ????

20 02 2009
simbolon_par-pahae

@Jephman
Lae Jephman…parmisi jolo bah….boi do buaton kantun ni lae i??naeng baenon di FS dohot FB…di kantorhu kebetulan godang halak batak…sude mekkel suping marnida kartun ni lae i, alana songon na hona tu roha..apalgi au sampe hancit si ubeonku alani gaitna huhilala sekaligus gabe terbuka pikkiranku tu realitas na adong di halak hita. mauliate lae…

22 02 2009
tobadreams

Memang luar biasa kreativitas lae ini, bah. Salutku buat Lae. Horas.

22 02 2009
bells

tapi qt ingat jeph….qt ntu orang batak…”namalo do hita kawan…hati boleh panas tapi kepala tetap dingain”kt b Ruhut sitompul di acra DEBAT d tv one.memang hancit do roha manonton na d tv i,kesempatan sude akka “halaki” memojokkan hita halak batak..tp aq percaya jika Tuhan bkehendk cepat atw lambat jadi doi,,,walaupun dang temask annon au dsi(terdampar d parapat doau msk simalungun)

tuk SESEORANG
tau ga rasa menjadi orang lain di rumah sendiri????
knp qt harus jauh2 merantau k jawa????

22 02 2009
Sura

Sotung sega ho lae jephman!

Karakter orang batak sebenarnya adalah bukan pendendam, tapi gampang meledak!

23 02 2009
thewaskitas

hahahha.. mas jef, habis posting GOD is love langsung SOP demo. Situ apa ndak dikeroyok sesamanya?… hehehe

23 02 2009
Pandulo

Lagi sial memang kawan2 itu bah, komandan i pe so agia boa dope nunnga jantungon. Lain kali kalo mau jadi ketu DPRD di SUMUT yang “tahan banting” dikit lah maunya.

Cocok do hu ida ide ni lae on bah….nanggo apala papuas na di roha ate……

28 02 2009
hh

@seseorang
setelah diberitahu kau alasannya, kau mau bikin apa?

1 03 2009
Mossack Anme

Tanah Batak itu adalah penyangga Indonesia untuk mempertahankan Aceh dan Minang. Jadi ya campuraduk. Ada yang tidak mau Aceh dan Minang lepas, ada yang tidak mau Tapanuli merdeka, ada yang tidak mau Batak Kristen punya kekuatan politik sendiri.
Intinya, orang Batak punya mau, yang lain tidak mau tahu. Jadinya, pemerintah menanggungmalu karena pemerintahan SumUt tidak mampu menampung aspirasi rakyat SumUt.
Selanjutnya lagi, karena tidak mau tahu, orang Batak-lah yang disalahkan.
Belum tahu mereka, kalau orang Batak bersatu, kitalah suku terkuat di kawasan Asia Tenggara!

…atau malah mereka sudah tahu, dan ketakutan…???

4 03 2009
nestoriko

horas ma dihita sude..

perkenalkan dulu, namaku dedi sinaga, kebetulan aq lagi kul di luar sumut.
kalau boleh berpendapat:

Pembentukan Protap:
wajar memang protap itu dibentuk, pertama dari karakteristik masyarakatnya, sumut bagian timur heterogenitasnya lebih tinggi, misalnya saja labuhan batu. kira2 suku apa yg paling menonjol disana? sulit kita menjawab, krn banyak disana batak tapsel, banyak juga toba, ada juga karo, jawa aplagi. coba bedakan dengn simalungun yang lebih homogen. sekali mendengar simalungun, yg ada dipikiran kita pasti “batak simalungun”. artinya dgn melihat karakteristik populasinya saja bisa dibilg akan sulit menyatu dalam berbagai aspek. pasti adalah yang bisa diterapkan untuk populasi sumut bagian timur tp gak bisa di sumut bagian barat, dan sebaliknya.

kedua karakteristik daerahnya. sumut bagian timur menurut aq lebih fokus pada sektor industri atau perdagangan, sedangkan tapanuli sendiri lebih fokus pada pariwisata. kedua hal ini terkadang sulit dijalankan oleh satu komando dari gubernur. kalau fokus disatu bidang, pasti sulit mikirin bidang lain.

ketiga, sudah saatnya daerah2 yang mampu berdiri sendiri, baik dalam segi tatanan politik, budaya, dan juga ekonomi bisa berdiri sendiri (otonomi), diusahakan jangan lagi terjadi sentralisasi. orang-orang hebat yang tinggal di daerah tapanuli pasti lebih tau atau kenal daerahnya sendiri dan tau mau dibawa kemana daerah itu (diluar ambisi politik) dari pada orang batam sana. artinya kepercayaan harus diberikan pada putra daerah untuk memimpin daerahnya sendiri.

keempat, dari segi geografis, kita lihat saja daerah sumut dipeta, atau kalau perlu sekali2 keliling sumut.hehehe. aq tinggal didaerah labuhan batu, tepatnya diperbatasan tapsel n lab. batu. klw mau ke medan harus menempuh kurang lebih 8-10 jam. itupun kalau ban kereta api gak bocor. waktu yg lama itu uda bisa PP Surabaya-Semarang. dari sini aj uda bisa diramalkan bahwa perekonomian sulit maju. kenapa? hal penting dalam menunjang perekonomian adalah akses transportasi, bahkan perhatian pasti lebih sulit diberikan krn akses susah akibat jauhnya. gimana pula dgn Nias?pasti lebih parah lagi kekurangperhatian dari pusat (medan). secara logika begini, misalkan ada seluas lahan, kemudian kita buat 1 sumur bor ditgh yg airnya mengalir terus membasahi tanah. coba kita bandingin jika dibuat 2 sumur bor yg letaknya 1 di sebalah kiri, 1 lagi di kanan, mana lebih cepat membasahi lahan itu, yg 1 sumur bor, atau 2 sumur bor? kita asumsikan debit 2 sumur bor sama besarnya. ap sama kecepatan membasahi lahan itu? belum tentu. klwpun luasnya sama, tp daerah yg dibasahi uda beda. klw yg 1 mungkin hanya di tengah aj lebih dulu, tp di pnggir2 gak basah. belum lagi klw ada penghalang yg membuat air gak nyampe ke pinggir. gtu jugalah sumatera utara kita itu.

Aksi demonstrasi:
sedikit curhat, sehari setelah hari H, aq pergi ke kampus. aq ketemu sama kawan2ku yg memang org jawa. mereka langsung nanyai kenapa org batak keras kali demonya sampe2 ketua DPRD pun meninggal (lepas dari penyebab apkh krn serangan jantung atau krn pemicunya dipukul). aq diinterogasi kyk aq itu org sumut yg ngerti permasalahannya atau malah seorang tersangka. tp yg bisa aq tangkap, semakin jelas tergeneralisasi di benak org2 sini kalau orang batak itu keras (meskipun dari dulu dulu aq klarifikasi bahwa yg keras itu ototnya(pekerja keras.red), tp hatinya selembut sutra kyk aq). setelah aq membaca dan menonton beritanya serta sempat cerita ma beberapa orang tua disini, barulah aq bisa menjelaskan ke mereka. tp aq melihat yg tertanam di kepala mereka adalah anarkisme itu, bukan masalah aspirasi itu.

wajar memang, dan aq sendiri merasakannya. aq bukan malu krn aq orang batak dan mereka bilg batak itu keras. itu memang benar, justru itu suatu kebanggan buatku. tp yang bikin aq sedikit miris adalah anarkisme itu.
harusnya kita gunakan prinsip org jawa sini :”mikir sek”. aplg org batak terkenal jago main catur yg melatih kita berpikir sebelum bertindak.
apa sih tujuan demo ? cuma 1:supaya aspirasi kita di dengar dan segera direalisaikan. okelah kematian pak Azis Angkat itu diluar perkiraan, tp kenapa rekan2 kita yg demo itu sampe merusak fasilitas negara. itu uang rakyat lho membelinya. abang2 becak juga punya investasi membeli fasilitas itu, ina-ina parengge juga menyucurkan keringat supaya bisa bayar pajak untuk membeli fasilitas itu. yg lebih parah lagi yg merusak itu mahasiswa yg katanya kaum intelektual. malu pak. ahh, sudahlah, nanti makin melankolis komentarku ini. intinya janganlah kita merugikan diri kita sendiri. org gak akan simpati lagi ma kita, malah kita dicaci maki meskipun tujuan kita semulia emas permata. ingat lae (gak tau deh lae yg mana ^^)…gara2 nila setitik, rusak susu sebelanga.

Dasar Pemikiran:
kalau aq lihat, ada beberapa pemikiran org lain yg lebih menggembar-gemborkan diskriminasi terhadap golongan tertentu. okelah, itu mungkin aq setuju. tapi menurt aq kalau kita memperjuangkan protap hanya mengedepankan permasalahan diskriminasi itu pasti sulit. kenapa? org akan menganggap kita separatis krn bermusuhan, pencemburu dan kawan-kawannya(meskipun kita sudah pantas cemburu, dll). tp sekali lagi, itu tidak mengedepankan logika. buktinya, buka halaman ini:

http://regionalinvestment.com/sipid/id/ekonomiumrd.php?ia=12&is=45
(viewed :4-3-2009)

kalau dipikir2 UMR daerah2 sumut hampir sama semua.
jelas org lain gak melihat ada diskriminasi disana.
hendaknya kita memisahkan diri bukan krn hal negatif, tp krn hal positif. coba kita kedepankan hal apa saja yg bakal kita dapat klw manjadi protap, bukan krn rasa sakit hati, aplg krn isu batak Kristen. kita simpan dulu itu, nanti juga terobati klw cita2 perjuangan protap itu terealisasi. moga jangan terjadi lagi kyk timor-timur. lihatlah skrg mereka sengsara.

Oh iya, sekedar info. di kampus kami ada perkumpulan mahasiswa Sumut atau yg berhubungan dgn Sumut, maksudnya biarpun dia org sby tp kalau org bersuku asli sumut boleh gabung. namanya Mahasiswa Bona Pasogit. aq gak tau nanti klw terbentuk Protap ap anggota kami bakal terbelah, maybe yes maybe no.hehehehe..
tp yg pasti kami tetap bangga jadi org Sumut. malah ada org sumba n makasar yg pgn jadi org batak n minta marga.kwkwkwkwkw
bln 5 ini kamu ada pagelaran seni dan budaya sumut. tp masih mengalami kendala khsusunya untuk logistik barang2 adat sumut. mohon jika tulang, abang, kakak, dll bisa membantu. bisa menghubungi kami di

i_7dragons@yahoo.com

sekian dulu komentarku..kyknya uda lebih panjang komentar ini dari pada postingan tulang penulis ini.maaf ya tulang numpang komentar.heheheh

Horas…

11 03 2009
gurpaq

kwakkak…bisa aja nih lae….

15 03 2009
supini sofia siahaan

SOP nya ngeri banget coi.. tapi yang aq tau orang batak adalah orang baik..

16 03 2009
harikuhariini

Jadiiii..kalo yg ini..masuk kartun atau informasi??

19 03 2009
dongan

Yang benar aja lae 🙂 postingannya lucu… makasi ya…

19 03 2009
hari

kali ini aq tak setuju…. klo aq setuju bis batal aq persunting si Naibaho….

28 03 2009
deni oktora

inibahasanya kasar banget ya.. apalagi kalimat : beberapa ratus orang batak, harus orang batak !! tidak ada suku lain yang seganas kafir yang satu ini !! )

kafir karena apa?? karena makan babi ya?? karena kristen?? karena makan orang??

lucu sekali meledek suku sendiri

http://www.denioktora.com

9 04 2009
gunawan sihombing

UTK NETORIKO,
ULASANMU CUKUP TEPAT, PADAHAL DILUAR SUMUT MEREKA LEBIH KEJAM DAN TIDAK BERPERIKEMANUSIAN…AKU DUKUNG PROTAP

10 04 2009
P. Pasaribu

soal protap bukan maslah sepele.
dalam pemilu 2004 golkar janji mau bikin protap,makanya menang di tapanuli.
gubernur yg skrang pun – bagudung mokmok itu – janji mau bikin protap,menang pula…
nah,tarolah halak kita itu bego gampang dibodoh2in,tapi masa ampe dua kali..??prasaan koq dipake alat kekuasaan, masih manusia..?? ketua dprd skarang dari golkar..dang na bermaksud bersyukur da, alai molo pendapatku na peringatan mai. alana godang do tangiang ala ni janji i.hape janjina dang ditepati..gabe ro ma hancit ni roha…
molo songon au pribadi, boasa protap dang boi..?? gorontalo adalah the most poor propinsi in indonesia. gempa tiap hari hari, songon huta ni oppung pasaribu di Arizona. boasa boi gabe propinsi…?? molo pendapatku pribadi, because of gorontalo “dikepung” oleh manado dohot makasar yg notabene adalah dongan sa iman ta. ini bukan provokasi. ini realitas yg saya amati. boleh di cek,brapa jumlah Keluarga di goronalo, apa agamanya, kapan mau jadi propinsi, kapan diresmikan, jumlah wilayah dan syarat kelayakan lain u/ jadi propinsi. jadi dang gabe alasan protap dang boi.bahkan tapsel skarang sudah banyak muslim. lebih beragam dari gorontalo. kalau memang ada alasan tidak masalah. tapi jgn dipake alat politik.. dan kemana orang2/partai2 yg telah berjanji mem”protap” di kala kampanye..?? koq skarang smua saling tunjuk …??
tu angka dongan sahuta ni natua2 ta di parsuburan dsk, malo2 ma hamu membaca pemilu. partai dia na godang janji dohot partai dia do si raja gabus..

hormat,damai,peace…
JBU

10 04 2009
P. Pasaribu

btw… ini penistaan suku bukan yach..?? lapor ka pe i ah…hehehe….

damai tu sude dongan tubu dohot teman2…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: