Saha Nu “Batak”?

5 05 2008

Sama sekali bukan menyamaratakan suku Sunda. Teman-teman saya banyak yang Sunda dan sama sekali gak begini. Ini hanya penggambaran betapa “kasar” itu tergantung cara melihatnya. Orang-orang Batak diperantauan di daerah lain di Indonesia mungkin punya cerita yang mirip. Silahkan berbagi ceritanya disini.


Aksi

Information

20 responses

6 05 2008
warmorning

.. yang saya tau banyak orang batak kerja di BKN ๐Ÿ™‚

6 05 2008
rapmengkel

klo di surabaya, msh jarang ada komentar di angkot…
paling juga menyangkut wartawan, debt collector dan “koperasi” ….
kalo jephman bisa menggambarkan situasi ini mungkin akan menarik

7 05 2008
irma sinaga

Yg paling sering diketawain logat batak awak yg ga hilang2!!
Susah!!

9 05 2008
Erwin Baja

Sebenarnya kalau yang mentertawakan logat kita suku lain sih masih gak apa-apa, wajar aja kalo di telinga mereka terasa aneh. Sama aja kalo orang Flores, orang Madura, orang Tegal, orang Bali dsbnya tinggal di Siantar, logatnya juga terasa lucu di telinga. Yang membedakan kita dengan suku lain, jarang sekali saya ketemu orang Batak mentertawakan logat orang lain. Mungkin ini pertanda bahwa kita lebih sanggup menerima perbedaan sebagai satu kekayaan…

Nah, yang parah sebetulnya kalau ada orang Batak yang mentertawakan logat bangsanya sendiri. Kayak gini benci kali aku. Dulu pertama awak mendarat di Bandung, beberapa cewe2 halak hita yang kelahiran Bandung or Jakarta mentertawakan logat asli awak yang par Siantar ini. Kita2 dibilangnya bikin malu…..Bah, dipikirnya sudah hebat dia karena lahir di pulau ini sampe berani2 mentertawakan logat leluhurnya.. ๐Ÿ˜ฆ Tapi kita buktikan Lae, bahwa anak Siantar gak kalah berprestasi walo logat masih medok, belakangan mereka2 malah terkagum2 karena IP kita jauh di atas dan banyak A-nya ๐Ÿ™‚ Giliran cewe2 itu jadi naksir pas zaman kuliah, sudah terlanjur ditutup pintu hati buat angka na ginjang roha kayak gitu..tiada tempat buat orang2 yang malu dengan dan menghina sukunya ..

Demikian sedikit curhat..hehehe

Mudah2an tidak ada lagi cewe (dan juga cowo tentunya) Batak kayak gitu ..

9 05 2008
jephman

Yess! Mauliate Lae Baja!

ada kesaksian lain?

9 05 2008
Charly Silaban

Yang aku lihat dari kartun ini adalah bahwa lae jephman ingin menyerukan kepada dunia bahwa batak itu ngomong keras-keras bukan berarti “KASAR”..
Penilaian “kasar” itu bukan terletak pada volume suaranya, tapi muatan bicaranya..
Jadi tjap “kasar” juga pantas disematkan kepada orang yang bicaranya bermuatan seperti yang disebutkan di kartun walau pun diucapkan dengan logat (misal: sunda) yang halus mendayu-dayu..
Periksa isinya.. jangan cuma liat bungkusnya.. ๐Ÿ™‚

15 05 2008
Manasse

sory gambarnya aku copy ya…
kena kali artinya.

19 05 2008
rindang

selama awak kuliah n kerja dijkt ini ga sedikit temen2 yg suka ngledekin aq krn aq dtg dr medan – katanya dah (padahal siantar kok) –
tp it’s ok dan ga sedikit jg temen2q bukan batak tp KASAR bgt ngomongnx parah bgt dah, it’s ok jg sih,,
n skrg mrk cuma blg ma awak kl aq itu batak yg halus n ga spt yg mrk bayangkan hehehe,,,Hidup Batak!!
-jd malu ah-

27 05 2008
Arif Rakhman

kartunnya bagus. tapi saya tidak mengerti bahasa batak. padahal tertarik juga belajar bahasa lainnya.

29 05 2008
lohot simanjuntak

horas lae jem
denggan situtu ginombar muna on dohot arti na
ndang sude na karas i kasar
risi hata ni jolma,lamot lamot hata ni begu
mauliate-horas

13 06 2008
moka

nyatanya iya..

kekasaranmu dalam memandang keyakinan orang lain terlihat jelas

17 06 2008
jephman

@ moka
Kebenaran kadang menyakitkan

Jadi kalo dirasa kasar…monggo sajalah ๐Ÿ™‚

19 06 2008
victor

@ Erwin Baja

kl menurut gw sih mereka tertawa mendengar logat lae itu bukan karena menghina bos, tapi karena emg kedengerannya lucu aja thus ada beberapa kata en kalimat bhs indonesia yg dipake org batak di huta sana beda sama bhs indonesia yg dipake di tanah jawa sini secara grammar nya, shg kuping org sini ngedengernya janggal en bikin mereka tertawa.. (CMIIW)
dan bukan batak aja sih, beberapa suku lain dengan logat khasnya kl ngomong bhs indonesia kedengerannya lucu juga…

btw lae jephman : knp perumpamaannya sama org sunda ?

20 06 2008
jephman

Karena saya pernah di Bandung, jadi dapat pengalaman dgn orang Sunda. Makanya kalau ada pengalaman halak hita diperantauan, silahkan berbagi cerita.

1 09 2008
marisstella

awak setuju kali sama ito erwin baja!!!!
horas!

28 03 2009
minggu

bah ,,….
au setuju tu lae erwin baja
HORAS

29 05 2009
thegands

Proud to be a batak man…

26 06 2010
Fitri

Memang orang Batak itu kasar!! !

Ngakunya doang pakai embel – embel ajaran kasih! Tapi buktinya tetap saja kasar dengan orang lain!!

28 06 2010
Batak Portugal

Kasar bagaimana yang dimaksud? kalo yang dimaksud adalah penyembelihan manusia tentulah Islam ahlinya.

Tapi dengan begitu bodohnya Islam menjawab “kristen yang lebih kejam, lihat saja Irak, Afghan dll”

Itu Amerika goblok, Amerika adalah negara demokrasi en bukan Negara Kristen. Tapi kalo saya bilang “FPI membakar gereja” baru layak dihubungkan dengan Islam karena FPI adalah organisasi Islam. Atau lebih sadis lagi perlakuan negara2 Islam (secara konstitusi), yang menganiaya orang2 kristen

17 12 2013
Anonim

orang batak itu kasar
ya ….
sebagai orang batak ….
saya bisa menerima….

asal tau aja
suara orang batak aja yang agak keras
tapi hatinya baik baik
orangnya tidak asal bunyi
berpikir dulu baru berbicara

asal jangan coba coba mempermainkan kami
siapapun dan dimanapun…
kami hajar juga kalau sikapnya keterlaluan…
satu lagi
lebih susah untuk meminang orang batak daripada memindahkan gunung dari bandung ke medan
karna cowok dan cewek tidak pandang harta,tidak pandang muka
tapi pandang hatinya

sebab ada prinsip

harta bisa dicari
cantik dan ganteng itu tidak akan selamanya ada

tapi hati tidak akan pernah luntur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: