Alamaak !

28 04 2008

Sebelum marah-marah, mengamuk, caci maki, bahkan mungkin memfatwa mati, ijinkanlah saya menjelaskannya.

Sebagai nonmuslim, saya melihat adanya diskontinuitas dari Islam mengenai Al Masih ini. Disatu sisi ummat disuruh melihat kitab-kitab lain sebelum kitab yang dimilikinya, namun tidak menjelaskan (sedikit sekali) siapa/apa itu MESIAS.

Ini bagaikan kita membaca buku sejarah kemerdekaan RI, misalnya. Semua buku dengan jelas menceritakan siapa itu Bung Karno, apa peranannya, jasa-baktinya, bahwa beliau disebut Pemimpin Besar Revolusi, Sang Proklamator, dan lain sebagainya.

Namun tiba-tiba terbit satu buku sejarah lagi yang menurunkan derajat beliau menjadi sama seperti pejuang kemerdekaan lain, sedikit sekali mengupas KEDUDUKAN dan JASA-JASA Bung Karno, bahkan mengaku sama derajatnya seperti sang penulis buku sejarah itu yang baru lahir 600 tahun kemudian, misalnya.

Ini keanehan yang luar biasa, mengingat Sang Mesiaslah yang ditunggu-tunggu oleh umat sebelumnya. Bahwa Mesias-lah benang merah besar format keselamatan akhirat yang diwahyukan melalui ratusan nabi, puluhan kitab, dalam kurun waktu ribuan tahun. Bukan hanya satu orang, satu kitab dan dalam satu kurun waktu.

Mengatakan Al Masih adalah “nabi biasa” sama seperti nabi-nabi lainnya, itu sama saja seperti menulis sejarah Yogyakarta, namun menyamakan kedudukan Sri Sultan sama seperti rakyat jelata atau cerita Superman namun menyatakan kekuatan Superman sama seperti manusia lainnya. Menyatakan Imam Mahdi adalah nabi yang sama dengan lainnya itu sama saja mengatakan Tuhan tidak MEMILIH orang pilihanNya dengan hati-hati.

Mirza Ghulam Ahmad, Ahmad Mushadeq, Lia Aminnudin adalah sedikit dari sekian banyak orang yang mampu melihat kedudukan Al Masih lebih tinggi dari nabi lainnya dan mereka berani menyatakan iman mereka, terlepas dari benar salahnya.

All hatred welcome.


Aksi

Information

29 responses

28 04 2008
David Hotary

Lae!
aku setuju lah sama artikelnya!

Berbakat kau Lae!
hahaha
Tuhan Memberkati!

28 04 2008
partarutung

sona adong lae laba ni mangadu haboran soal haporseaon, alana haporsean i naro sian roha do, jadi molo roha namakatai, boi do dohonon ni sude nata pe dang haru botul sude.

29 04 2008
jephman

saya tidak mencari untung

Kalo sudah Tuhan yang memilih, ya mau apa?

Masalahnya ada yang dipilih tapi memutuskan untuk tidak menerima keselamatan hanya karena “kata hati”. Padahal setanpun mampu menyamar jadi malaikat terang.

6 05 2008
parsilangit

sukses lae,

pokokna mantapma

horas tano batak

horas siborongborong

7 05 2008
irma sinaga

Holan Debata ta do natoho!!
Tuhan Jesus siparmahan hita biru biru na!!
Tuhan Yesus memberkati!!

9 05 2008
Ondi Siregar

horas di hita sude!

Blog lae saya liat cukup bagus adn kritis, tapi kalau memang kita ingin menunjukkan perbedaan hidup Kekristenan,saran saya mungkin ktia perlu mengurangi intensitas untuk mengkomparasi dengan agama lain,contohnya di kartun lae “ora et labora”… itu saya pikir lebih memberkati, hingga ke umat agama lain.

kalau masalah Batak sering merasakan “hinaan” atau “ejekan”, cuekin aja lae,bosan ntar kita bahasnya,soalnya dari dulu emang gitu. yang penting satu, “tetep tebar kasih” aja kita.itu mungkin yang kalau kita mau introspeksi ke dalam banyak jiwa kita orang batak,seperti orang bilang, “tak ada asap tak ada api”..

Ayo lae,saya percaya lae jephman ini jauh lebih kreatif dari sekedar membicarakan maslah diskriminasi aja.

Tu hamu akka par siborong2,horas ma! andigan hita rap mulak tu bona ni pinasa i?hehehe…

Tuhan memberkati blog lae yang penuh inspirasi ini.

16 05 2008
rerere

@ ondi siregar

setuju….

13 06 2008
moka

permisi.. numpang komentar
bisa di jelaskan tgl 25 desember itu tanggal apa?
yang selalu di peringati oleh kaumnya “sang mesiah” yang katanya sebagai hari lahirnya.
apa benar tuhan “baru” lahir?

mesiah sangat dihormati sebagai orang suci…
dalam islam di jelaskan bahwa mesiah masih akan turun suatu hari nanti..
untuk menjelaskan semuanya.
= pada hari kiamat.

hanya dia bukan tuhan.

17 06 2008
jephman

@ moka
Dilihat dari logika pertanyaannya, sebenarnya Anda sudah tahu jawabannya .

Tgl 25 dipilih sebagai PENGGANTI HARI RAYA DEWA MATAHARI OLEH KAISAR ROMA YANG MENJADI KRISTEN. Ini mirip analogi diubahnya Kabah yg tadinya tempat memuja patung berhala jadi tempat memuja Allah SWT.

Tuhan lahir = Tuhan datang kebumi. Ini juga sudah banyak dibahas di web lain. Jadi kesitu aja ya.

“mesiah sangat dihormati sebagai orang suci…
dalam islam di jelaskan bahwa mesiah masih akan turun suatu hari nanti..
untuk menjelaskan semuanya.
= pada hari kiamat. hanya dia bukan tuhan.”

Saya menghormati pendapat Anda.
Jadi gak ada masalahkan?
😛

17 06 2008
moka

terima kasih…
peace!!
hidup orang batak..
hidup indonesia

1 07 2008
Krisman

@ moka (12:12:48) :

mesiah sangat dihormati sebagai orang suci…
dalam islam di jelaskan bahwa mesiah masih akan turun suatu hari nanti..
untuk menjelaskan semuanya.
= pada hari kiamat.
hanya dia bukan tuhan.

Siapa yang dapat turun dari sorga kemudian naik ke sorga dan akan kembali turun dari sorga? Hanya TUHAN saja, tidak ada pribadi lain. MESIAS = TUHAN YESUS.

25 08 2008
satriopiningit

ekekekeke…..
Entar kalo mesiah beneran dateng, paling juga disesat-sesatin…
Mana ada yang percaya?

29 08 2008
butar-butar

tuhan memberkatimu lae

31 08 2008
samsth7

panas disini rupanya..

13 09 2008
just me

keren. jernih berfikir, lantang berbicara. jephman kenapa gak nyalon jadi gubernur sumut ajah? hehehe…

7 05 2009
Gala_ren

Wah..

artikelnya bagus.

Makasih bang Jeph..

25 06 2009
Patuan Naraja

Lae Jep, teruskan “suaramu”.

Horas.

28 08 2009
Fietria

Wah, memangnya kenapa kalau umat Islam menganggap Isa (Yesus) hanya sebagai nabi yang diutus kepada Bani Israil dengan mukzizatnya? Kita kan tidak mengutuk dan menghujat. Waktu yesus datang, orang Yahudi tidak mau mengakui bahkan menolak bahwa Yesus lahir dari perawan. Ketika Al-Qur’an muncul, disitu pun tertulis tentang kelahirannya dari seorang perawan. Pernah dengar Kristen saksi jehova? Mereka juga menganggap yesus hanyalah nabi.

28 08 2009
Fery

@ Fitria
“Kita kan tidak mengutuk dan menghujat.”

>> Ah kata siapa mbak….plis deh 😛 Gak pernah denger kotbah Jumat siang ya? WAKAKAKAK

28 08 2009
Robinson Agus Sihotang

@ Fietria

Udah telat memberi komentar, eh salah ngomong pula si boru sileban non…. Tuh posting yang di atas kan setahun lebih yang lalu. Permisi kek mau masuk, trus kasihlah pendapat yang anda rasa tidak sesuai dengan hatimu.

Udah gitu banyaknya pendapat-pendapat mulai dari thn 2008 sp thn 2009, dengan disertai bukti-bukti yg ada di kitab Suci yang lebih tua dari kitab Suci yg anda yakinin, eh anda bertanya lagi tentang ke Tuhanan Yesus..? Marilah kau mulai pertanyaan yang betul-betul memang ingin anda ketahui, jangan krn ingin menampakkan kemarahan krn benci dan geram. Kita akan uraikan sekali lagi asal anda ingin mengetahuinya.

Siapa bilang sekte Saksi Jehova itu masuk ke dalam agama Kristen ? itulah pemikirin keliru yang berkembang dari dulu hingga sekarang. Kamu sendiri mengatakan bhw Saksi Jehova menganggap Yesus adalah seorang nabi saja, berarti jawabnya sudah jelas mereka bkn agama Kristen. Krn agama Kristen adalah agama yg mengakui kepercayaan kpd kepada ALLAH YANG ESA dgn menitik beratkan kpd karya keselamatan penebusan Yesus yang Mati untuk menebus dosa-dosa manusia. Kepercayaan pemeluk Kristen difokuskan kpd Bapa , Anak dn Roh Kudus yang adalah satu kesatuan sebagai Tritunggal Allah Yang Esa. Kalau ada kepercayaan di luar itu, dia bukan Kristen.

30 08 2009
Fietria

Jawab dulu ini, memangnya salah kalau umat Islam menganggap Yesus(Isa) hanya nabi? Toh tertulis dalam ajaran agama saya begitu. Saksi jehova, advent, koptik dan akin juga menganggap yesus hanya nabi. Gini aja dah sediakan artikel baru yang masih berhubungan dengan artikel ini, saya memang tertinggal setahun. Puas?! Ejekkin saja saya semaunya!
%?!/@)£

23 12 2009
barakuda

@ Sebagai nonmuslim, saya melihat adanya diskontinuitas dari Islam mengenai Al Masih ini. Disatu sisi ummat disuruh melihat kitab-kitab lain sebelum kitab yang dimilikinya, namun tidak menjelaskan (sedikit sekali) siapa/apa itu MESIAS.
JAWABANYA :
karena, kan sudah jelas kalau agama kau itu sudah banyak di ubah2 oleh sesama manusia.. ya isa itu memang hanya nabi.. al kitab itu sudah tidak murni lagi, kalau gak percaya, coba kau hubungkan apa yg dikatan al kitab dengan apa yg dikatakan gereja roma… pasti ada beberapa hal yg tidak nyambung dan tidak masuk akal.. akui sajalah

23 12 2009
Fery

–> karena, kan sudah jelas kalau agama kau itu sudah banyak di ubah2 oleh sesama manusia..

Kalo ditanya mana yang asli pasti gak punya bukti nih muslim

–> ya isa itu memang hanya nabi..

tipikal jawaban muslim. kalo dijawab pun lari argumennya ad hominem 😛

–>akui sajalah

Wakakakak 😀

8 02 2010
4 06 2010
arie980@lycos.com

horas,
sangat telat komentarnya ni,…
tulisan lae terlalu terbuka ” terlebih yang menyangkut Sara “,di negeri yang sangat sayangi ini, dialog yang lebih terbuka,…masih sangat jauh,….
bukannya tidak harus dimulai,..tetapi tentu haruslah lebih santun dan gentle,
sampai hari ini dan dimasa yang akan datang,…..negeri ini masih saengat membutuhkan figur2, yang bisa berpikir lebih plural,….
figur yang mau dan bisa berpihak pada orang lain,….suku lain,….agama lain,…
apabila kita mau sedikit menengok betapa menyentuhnya cerita tentang, seseorang yang ditolong oleh musuhnya,..saat dia dirampok di jalan,….atau seorang kaisar romawi yang bahkan tidak berani bertemu “Guru” karena selama hidupnya karena pekerjaannya dia harus memusuhiNYA,….shg dengan kerendahan hati dia mengutus anak buahnya,…”Tuhan tidak usah datang pada saya,tetapi bersabdalah, maka saya akan sembuh,….
hendaknya kita jangan ” melempar batu pertama,….. ” karena kita juga insan yang penuh dengan ketidak sempurnaan dan dosa.
Indonesia,..selalu punya cerita,..tentang seorang Dauwes Dekker yang membela pejuang inlanderr,……tentang seorang Abdurrachman Wahid,…yang begitu konsisten dengan sikapnya,..bahkan sampai diakhir hayatnya,…membela kaum yang terpinggirkan,…
tentang seorang Cholil Bisri yang dengan lembut menyapa dalam setiap kotbah dan puisinya,…untuk membela mereka yang lemah dan terpinggirkan,tanpa melihat suku dan agama,…
tentang seorang Adnand buyung Nasution yang garang,tegas,…membela kaum marjinal,…melawan korupsi tanpa pandang bulu,…tanpa melihat latar belakang budaya,agama apalagi suku,…
seorang mangunwijaya yang bersahaja,..yang berjubah sarung dan lumpur kedung ombo dan kali code,…tanpa melihat suku dan agama,….
hidup begitu singkat untuk diisi dengan caci maki dan perdebatan tanpa ujung pangkalnya,
saya sendiri melihat kawan2 Batak,…sebagai pribadi yang dididik dari kecil untuk menghargai orang lain,tegas berprinsip,…dan penuh percaya diri kharismatik,….
lebih indah bukan jika kita mendengar musik dengan berbagai jenis alat musik,…
lebih indah bukan melihat dunia yang penuh warna.

Tuhan Memberkati

31 08 2010
-me-

Mungkin analoginya seperti ini, Pak:

Selama Orde Baru, semua buku bicara mengenai kepahlawanan Soeharto. Setelah Soeharto turun, mulai bermunculan buku2 yang katanya buku putih, yang memberikan jabaran bertentangan dari buku2 yang ada.

Mana versi yang benar, versi Orde Baru atau buku putih? Kita tidak pernah tahu pasti 🙂 Yang jelas, tidak sahih untuk mengatakan bahwa PASTI versi Orde Baru yang benar karena Orde Baru muncul sebelum buku2 putih itu terbit 🙂

16 01 2012
hery

udeeeh, ga usah ngributin masalah agama, yakinlah bahwa agama yg kita masing2 anutlah yg benar, jngn mengurusi agama lain…..!!!

18 02 2012
panji suseno

Mari bersama mentaati dan menjalankan agama kita masing-masing, jangan memaksakan agama ke agama lain…itu saja kok. Mari kita rukun sbg bangsa INDONESIA …yang perlu dihajar itu tu tu KORUPTOR

31 07 2013
ismail manalu

isa almasih/yesus kristus/yeshua hamasiah/jesus christ/….
adalah yg terpenting bagi Debata Jahoba/Allah swt/God/Yahwe/TUHAN/Elohim/…bukan bagi kristen,islam,apalagi yahudi,dll…tapi diberikan bagi semua umat sebagai hadiah terbesar,itupun kalau kamu mau!haha…uniknya,orang kristen secara khusus sepertinya berhasil memonopoli Isa AS.nah,harusnya islam jg harus meraih/mengambil hadiah special ini dan memmbagikannya pd orang lain,sesuai dengan perintah di QS maryam”ceritakan lah….mulai 16,Ali Imran(Isa memberi amanah agung,”siapakah penerus-penerus Agama Allah…)baca sendiri,lu lu pade kang sobesar to.haha
yesus Tuhan merujuk kpd gelarnya Almasih bhs asli kurios(yg diberi wewenang/yg memerintah)=adonai/Rabb/Tuhan…maksudnya Allah/Debata..juga bisa disebut Adonai,Tuhan,Rabb…”ketika orang lain berani menyebut isa as Tuhan,tentu dia mengalami/memiliki pengalaman bersama isa,sama dengan rasulullah saw dlm hadist mengatakan “aku dan Isa sangat dekat”.ana sarankan saudara/i ku baca dulu semua kitab suci.hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: