Bupati Bekasi dari PKS Berada Dibalik Penyegelan Gereja

27 07 2010

Saya mengikuti terus berita yang menimpa saudara-saudara seiman di HKBP Pondok Timur Indah. Semua persyaratan, tanda-tangan warga sekitar, surat-surat kepemilikan tanah dan lain-lain sudah terpenuhi. Kenapa justru terjadi penyegelan gereja? Terbitnya surat keputusan penutupan gereja malah dari Bupati Saadudin yang berasal dari partai PKS. Kejadian yg sama dengan HKBP Depok yang juga walikotanya berasal dari PKS.

Tampaknyaselalu modus ini yang digunakan: Mempergunakan SKB 3 menteri ttg pendirian rumah ibadah sebagai tameng legal, memakai tokoh dan ormas sebagai kaki tangan provokasi masyarakat sehingga seakan-akan penutupan gereja terjadi karena ketidaksetujuan masyarakat, menggunakan pejabat yang pro Islamis untuk mengeluarkan produk hukum. Hasilnya: diinjak-injaknya kebebasan beragama yang dijamin undang-undang.

===========================================================================

Jemaat HKBP Filadelfia Harap Menag dan Mendagri Konsisten
Selasa, 09 Februari 2010
15:30:58 WIB
Jakarta, RMOL. Sekitar 350 orang jemaat Gereja HKBP Filadelfia, Bekasi, yang mendatangi Komisi III DPR, memohon anggota Dewan agar mendesak Bupati Bekasi membuka segel dan gembok yang menutup bangunan gereja semi permanen mereka.

Salah seorang warga jemaat Filadelfia, D Samosir, menjelaskan alasan penyegelan Bupati adalah jemaat belum memiliki izin membangun sarana peribadatan di atas tanah seluas 1088 meter persegi di desa Jejalen Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. Jemaat telah memiliki surat-surat kepemilikan tanah yang sah.

Padahal,
jemaat sudah mengantongi tandatangan persetujuan dari 260 warga desa setempat, diketahui oleh Kepala Desa, untuk mendirikan rumah ibadah. Hingga saat ini mereka masih menunggu pengesahan dari Bupati.

Berbagai cara dilakukan aparat Kabupaten Bekasi untuk menghalangi jemaat melakukan ibadah. Pada hari Natal, 25 Desember 2009, Bupati mengerahkan personel Satpol Pamong Praja untuk menutup bangunan semi permanen gereja. Akhirnya, saat ibadah Natal, jemaat hanya menggunakan tenda sederhana.

Lalu pada tanggal 31 Desember 2009, datang surat dari Bupati Bekasi Saaduddin yang isinya larangan melakukan kegiatan ibadah.

Menurut Samosir, di balik penyegelan itu juga ada peran dari kelompok lain yang tidak menandatangani persetujuan membangun gereja.

“Ada Ustad Maimun, Ustad Nesang, Azis Uji. Mereka yang mengkoordinir masyakat lain untuk menolak kehadiran rumah ibadah,” kata Samosir kepada Rakyat Merdeka Online, di gedung DPR, Jakarta, beberapa waktu lalu (Selasa, 9/2).

Pada tanggal 25, 27 dan 31 Desember 2009, tiga orang tokoh masyarakat itu diduga telah mengerahkan massa untuk merusak gereja.

Samosir menjelaskan perwakilan jemaat pun sudah berdialog dengan Camat, Dandim, Sekretaris Desa dan Kapolres setempat. Namun, hasilnya tetap nihil.

“Kami meminta menteri agama dan mendagri untuk sungguh-sungguh melaksanakan dan memberhasilkan pelaksanaan keputusan bersama  nomor 8 tahun 2006 sebagai produk yang dibuat kedua menteri tersebut dan harus dilaksanakan oleh Bupati dan Walikota seluruh Indonesia,” jelasnya.

SKB Menteri Agama dan Mendagri nomor 8 tahun 2006 tentang pedoman pelaksanaan tugas kepala daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan forum kerukunan umat beragama dan pendirian rumah ibadat.

Peraturan bersama ini mengatur tentang tugas kepala daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat, pembentukan forum kerukunan umat beragama (FKUB) pendirian rumah ibadat, dan izin sementara pemanfaatan bangunan gedung.

Salah satu butir yang tercantum dalam UU bahwa pendirian rumah ibadat harus memenuhi persyaratan administrasi dan persyaratan teknis bangunan gedung serta persyaratan khusus. Persyaratan khusus yang dimaksud di antaranya terdapat minimal 90 KTP pengguna rumah ibadat dan dukungan masyarakat setempat minimal 60 orang. [ald]

 

Puluhan Tahun Berdiri, Jemaat Gereja Diusir Ormas dan Polisi
Kamis, 22 Juli 2010
15:39:53 WIB
Laporan: Wahyu Sabda Kuncahyo
Jakarta, RMOL. Puluhan orang jemaat gereja HKBP Pondok Timur Indah (PTI) Bekasi, Jawa Barat, mendatangi Bareskrim Mabes Polri untuk melaporkan tindakan penyegelan dan pelarangan beribadat yang dilakukan sekelompok orang dari Ormas tertentu.

”Kami melaporkan sebuah tindak pidana sistematis dan terencana dengan terlapor saudara Tajuddin, tokoh agama setempat,” ujar Robert Keytimu, kuasa hukum Tim Pembela Kebebasan Beragama di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo Jakarta Selatan (Kamis, 22/7).

Ia menjelaskan jemaat HKBP PTI yang memiliki anggota sebanyak 1500 orang, sudah beribadah di lokasi gereja selama 20 tahun. Namun belakangan, masyarakat terutama Ormas tertentu menolak keberadaan mereka.

Setelah kesepakatan dengan Pemkot Bekasi, jemaat diperbolehkan melaksanakan kebaktian di tempat lain yaitu lahan yang disediakan Pemkot yang berlokasi di Jalan Puyuh Kampung Ciketing Bekasi. Namun pada 18 Juli lalu, ketika jemaat akan melakukan peribadatan, sekelompok massa tetap melarang diadakannya peribadatan di lahan tersebut dengan memasang spanduk berisi larangan dan mengusir jemaat.

”Apapun resikonya kita tetap beribadah di tempat yang diberikan pemerintah,” tegas pimpinan jemaat Pdt Luspida Simanjuntak.

Ia juga menyayangkan sikap Kapolres Kota Bekasi yang tidak berbuat apa-apa saat para jemaat diintimidasi oleh massa. Menurutnya Kapolres melalui stafnya malah meminta supaya kebaktian tidak dilaksanakan dengan alasan jumlah massa yang sangat banyak.

”Kami menyayangkan di sebuah negara demokrasi yang berdasarkan Pancasila tapi penegak hukumnya tidak mencerminkan rasa kemanusiaan. Seharusnya penegak hukum bersikap independen,” jelasnya.

Sementara itu Kadiv Humas Polri, Irjen Edward Aritonang ketika dikonfirmasi mengatakan akan mempelajari laporan tersebut. ”Itu bukan kekerasan,” katanya singkat.[ald]

 

Gereja Disegel Bupati, Jemaat HKBP Filadelfia Diterima DPR
Selasa, 09 Februari 2010
14:46:30 WIB
Laporan: M Hendry Ginting
Jakarta, RMOL. Ratusan jemaat gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)Filadelfia Bekasi, sebagian besar perempuan dan anak-anak, mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat. Mereka saat ini berkumpul di depan lobi gedung Nusantara II. Kedatangan mereka terkait penyegelan gereja mereka oleh Bupati Bekasi.

Gereja HKBP Filadelfia terletak di Jejalen Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. Jemaat ini dibawa pimpinan Pdt. Palti Panjaitan. Sudah beberapa tahun ini, jemaat gereja Filadelfia selalu mendapat gangguan dalam menjalankan ibadah. Pada tahun 2008 saat memperingati Natal, gereja ini pernah diserang oleh sekelompok orang tak dikenal. Pada perayaan Natal 25 Desember 2009, juga gereja diserang massa saat ada kebaktian Natal .

Lebih sadis lagi, selama beberapa minggu terakhir, jemaat terpaksa mengadakan kebaktian pagi di jalan raya karena bangunan gereja mereka telah disegel oleh pihak Bupati Bekasi, Saaduddin . Pihak gereja pun telah mengadukan perkara ini kepada Komnas HAM yang telah menyurati Bupati yang kebetulan berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Saat ini Komisi III DPR RI akan menerima wakil gereja yang dianiaya ini. Rencananya, mereka akan diterima pukul 14.00 diruang rapat Komisi III di Senayan. Hingga saat ini para jemaat masih menunggu agenda pertemuan untuk mencurahkan kesulitan mereka dalam beribadah. [ald]

Sumber : Rakyat Merdeka Online


Aksi

Information

44 responses

27 07 2010
parhobass

@lae Jeph

tadi pagi saya baca beritanya di Kompas di bagian berita berbahasa inggris

semoga yang terbaiklah buat semuanya

27 07 2010
lovepassword

PKS kan sekarang partai terbuka .. Lha kalian daftar ke PKS kek biar isi PKS jadi lebih penuh warna … ;)

SALAM

27 07 2010
erensdh

Uh, aku jadi ingat dengan kekerana G30S PKI, yang zaman Orba selalu ditunjukan lewat film-film dokumenter resmi pemerintah. Konon mereka sudah dibasmi, tapi nyatanya hingga kini mereka masih tetap eksis dan terus melakukan kezaliman dimana-mana. Tidak lucu bila orang beribadah dalam gedung (tanpa TOA malah) dihalangi sementara para pelaku bom dipahlawani, edan memang!
Aku yakin mereka inilah antek-antek G30S PKI yang sebenarnya. Coba mikir, sambil hancurkan agama Kristen secara langsung, secara tidak langung mereka juga tengah hancurkan agama Islam dengan mencitrakan sebagai agama terorisme.

27 07 2010
hh

mas Lop, ada gak pks = partai kemauan sepihak?, biar aku mendaftar kesana.

28 07 2010
jephman

adek Love, gak penting itu partai penuh warna. Yg penting adalah kehidupan berbangsa penuh warna, berpancasila.

Kalau PKS jd partai terbuka, itu krn hasil suara pemilunya gak berubah, padahal iklan sudah jor-joran. Krn sudah kepalang ketahuan jd partai islam garis keras yg lebih mementingkan Palestina dari pada saudara kita yg kelaparan di NTT/Papua.

Indonesia Timur dan non muslim jd lahan baru mereka mencari suara krn mereka tahu partai azas islam doang gak pernah ada sejarahnya menang di bumi Pancasila. Jadi banting setir agak ke tengah : ganti azas Islam jadi azas Pancasila, demi meraih suara.

mirip kelakuan jilat2an ludah, tapi ini cium pantat kafir hehehehe

untuk Fitri & Fery : sory komen kalian dihapus krn dirasa mengganggu.

28 07 2010
artificial left eye

Bila mayoritas berkuasa pasti partainya mewakili pihak yang berkuasa.
Bila dajjal/antikristus nanti berkuasa dari tahun 2167 sampai dengan tahun 4509 maka akan menjadi rival terberat bagi “Partai Kemauan Sepihak”..he3x

28 07 2010
Makanan Organik

bangun perdamain dan kerukunan antar umat beragama. jangan sulut pertikaian

28 07 2010
onanon

aku dengar mesjid ahmadiah juga ada yang mau disegel,tapi batal ,dengan mengajukan pendapat ,bahwa penyegelan tempat ibadah tidak di atur dalam SKB menteri itu ,gimana kalau hal yang sama juga diajukan gereja yang telah ,atau akan ditutup?

28 07 2010
mr. sectiocadaveris

kita ambil yang positifnya saja
kejadian ini adalah merupakan batu kerikil kecil yang membuat kita senantiasa terjaga (awake!) dalam beriman.
mudah2an para anti-Kristus itu segera disadarkan, jangan sampai mereka menanggung akibat perbuatannya kelak.
.
.
Yesus sang Mesias Agung berkata:
Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
(Injil Matius 5:43-44)

28 07 2010
lovepassword

@jephman jephman : Dari dulu ya selalu konsisten , hi hi hi hobi ngedumel . Baguslah itu…

Gini ya Mister J nan pinter :

Lho ini kan saran bagus untuk kalian sehingga lebih memperkaya warna PKS.. Hi Hi Hi…

Kalo saran ke PKS ya kusampaikan sendiri ke PKS lah. Ini kan saran untuk kalian…

Lha kalo kalian cuma melihatnya dari sisi legal formal mah ya kalian paling banter cuma bisa ngedumel doang.

Berdasarkan analisa dari bukunya Tatang Sutarman kelihatannya : Saat ini ada penguatan gerakan fundamentalisme agama. Islam ya , Kristen ya sama saja.
Artinya penguatan simbol2 keagamaan .

Ini kaitanya mungkin dengan konflik Timur Tengah serta juga ada kaitannya dengan penguatan gerakan liberalisme global.
Jadi yah masing2 pihak merasa terancam.

Yang liberal jengkel melihat orang2 fundamentalis itu isinya saling samber melulu. Sementara fundamentalis jengkel dengan fundamentalis yang lain serta jengkel dengan liberal juga. Kacau deh .

Lha kalo PKS mulai mengurangi ekslusifitasnya atas nama alasan apapun ya kalo PKS mencoba masuk ke pasar nasionalis atau pasar yang lain, Kenapa kalian gak balik masuk ke sana. Hi Hi Hi.

Bahasa gampangnya : Gebleknya kalian kalo mau dimanfaatkan PKS, ya harus saling bermanfaat dong.

Lha ini sebenarnya bagus, jadi PKS lebih tahu dunia lain, kalian juga tahu dunia lain. Jadi lebih memahami satu sama lain kalo mau . Bukan masing2 tinggal di sangkar emas, terus saling samber pake rudal omelan.

Lha kalo yang kalian omongkan cuma selalu legal formal legal formal ya paling banter kalian cuma bisa ngedumel kan… Ngedumel Memang melegakan hati yang sumpek tetapi yah itu kan aslinya gak bermanfaat untuk yang lain

@raden mas jephman : Karena kau kayaknya lumayan pinter ( serius nih ) karena kayaknya partai demokrasi kasih bangsa juga kecil kemungkinan lolos electoral threshold ya mendingan kepinteran kamu kan bisa dipakai lebih memajukan PKS lah… Hi Hi Hi…

Lha entar kalo gereja batak tempat kau tinggal di tutup PKS ya kau ngamuk-ngamuk saja di dalem.. ^_^ ” Kalian ini gimana, katanya terbuka pada kami, eh sekarang gerejaku malah kamu tutup” Lha kau boleh ngomong gitu di dalem sono. Sambil ngomel 2 juga boleh.

Ideku keren kan…?

Aku ini kan orang baik ( gak baik2 amat ding ) , jadi ketimbang melihat gaya omongan kalian yang sok heroik , sok merasa dizolimi, merasa seperti makhluk hidup semut kecil yang sedang teraniyaya dsb aku kasih alternatip jalan keluar. Enak nggak ??? Keren kan ?

Salam Raden Mas Jephman …

gak usah alergi sama PKS lha wong PKS saja juga gak papa kok sama kamu.

Makanya kalo milih partai itu yang kompak, kalo partainya kompak kan ya nggak cepet2 alamarhum partainya. Sama ini ya : pengurus partai itu ya jangan cuma nyari masa doang.

Terlepas dari apapun pendapat soal PKS, secara faktual PKS itu partai yang selalu nolong duluan ketika bencana-bencana terjadi. Lha partai yang lain termasuk partai Kristen lagi tidur di mana.

Ketika partai2 lain hanya mau nolong menjelang kampanye saja, PKS secara cukup konsisten membantu daerah yang sedang kesulitan. Lha ini membuat PKS tidak akan mudah jadi partai almarhum. Lha pendeta2 yang mau membuat partai itu bagusnya belajarlah magang dulu ke PKS kan juga gak ada larangan.

Coba kamu renungken dulu ideku itu…
sebelum kamu ngamuk2 nyambit sandal jepit. Serius lho iki…

SALAM lagi deh….

28 07 2010
lovepassword

Besok kita buatlah, kau yang jadi ketuanya. Aku yang jadi tukang pijetnya…

29 07 2010
jephman

adek Love, sopo sing ngedumel? lah itu kamuloh yang nyerocos mirip knalpot bajaj :D sok heroik sopo? apa aku tutp kantor cabang PKS bekasi? sok dizolimi? apa masjidmu ditutup Bupati seenak dengkul gak merasa terzholimi? aku memang rada2 pinter, tapi daripada sok pinter, mending rada pinter & bela rakyat kecil dong….cammana dek Love ini bukannya agama anda mengajar hal ini hehehe

saya gak peduli itu PKS mau dikemanain, saya juga gak peduli secara faktual sering nolong bencana kek, mau nolong oppungku kek, mau nyikat kamar mandiku kek
kalau salah dalam menutup gereja, ya salah
masak jadi bener krn wc saya disiram?

Aku bukan spt mereka yg suka jilat-jilat pantat, hanya krna gerejaku sering ditutup mrk jadi aku masuk sana gitu? :D Aku gak peduli mau partai lain juga suka jilat-jilat demi suara, namanya partai yg dikejar ya kekuasaan. Mau masa menolongnya lebih lama kek, atau cuma kalau mau pemilu, bagiku sama saja. Bangun image supaya partainya terkesan bagus. Aku ga masalah sama itu. Sah2 saja, walau jelas banget pamrih. Nah tinggal dilihat kebijakan orang2 nya. Sesuai ga yg dikampanyekan sama dgn yg dilakukan. Masa begini aja mesti kuajari dek Love.

coba renungkan dulu adek love, apa gereja saya ditutup jadi bener karena wc saya disiramin ?

salam

29 07 2010
Jubahitam

Aduh dg kejadian ini kalian terkesan menderita bgt gtu ya,gmn kalo ngerasain apa yg kami rasain (mesjid2,sekolah2,rumah2 dibombardir kyk di palestina,afganistan,irak) mgkn kepala kalian akan keluar tanduk kali ya. . .he . .he. . .kidding

29 07 2010
Joni Sinambela

Perbincangan 2 burung gereja ..

Burung pertama : Ah tahe.., kek manalah kita ini ya bro .. ( mukanya sedih)
Burung kedua : Lho kenapa rupanya kau ?? Koq sedih gitu .. what happen siiih ..
Burung pertama Ah masak sih kau tidak sedih gini.. , kau lihatlah gereja HKBP Bekasi itu ? kan udah di segel Bupati Bekasi .., trus kemana lagi kita berteduh …
Burung kedua : Ah yg bodoh lah kau ini .., kan bisa kita ke Mesjid yg disebelahnya?
Burung pertama: Inang jo tahe .., apa loe tidak sadar ?? Burung mereka aja mereka potong .., gimana lagi dgn kita2 ini ???

29 07 2010
parhobass

@Joni Sinambela

hahahaha lucu juga,
pas aku baca kirain endingnya di:

Burung Pertama; “Ahh kita kan bukan artis yang bisa gonta ganti nama”,

note:
namanya kan burung gereja, jadi harus ganti nama kalau gerejanya ngga ada

29 07 2010
lovepassword

@Mister J :

Mengapa WC mu perlu disiramin, emangnya selama ini WC mu apa gak pernah disiram ? Kamu emang aneh-aneh aja… He he he…Jan..jan…

Kalo menutup gereja apakah jadi bener karena WC kamu disiramin ??? Siapa juga yang ngomong gitu. Lha wong kamu punya WC apa nggak saja aku gak tahu kok. ^_^
Aku gak ngomong gitu lho…

Yang aku omongkan itu intinya gini : Untuk saling memahami maka diperlukan komunikasi lebih intens. Gicu.

Aku kan ya gak bilang menutup gereja itu benar… Yang aku sarankan kan alternatip solusi yang bisa kamu ambil, kalo mau … Lha kalo gak mau? Ya gak papa. Suka-suka kamu deh itu.

Lha wong aku cuma menyarankan doang.

Kalo masing2 pihak beraninya cuma jago kandang ya gak bakal nyambung deh…
^_^

Nah tinggal dilihat kebijakan orang2 nya. Sesuai ga yg dikampanyekan sama dgn yg dilakukan ===> Lha justru itu, kalo memang terjadi gak sama kan bisa kamu omelin tiga hari tiga malem, sambil nyanyi lagu apa tuh yang lagi ngetren : keong racun ? iya itu kamu ngedumel nyanyi lagu itu sama mereka kan juga terserah kamu deh.

SALAM Mister J .

Hi Hi Hi

Nice to meet you lho..

serius iki

29 07 2010
hh

Jangan mas, jangan mau jadi tukang pijet, apalagi tukang pijet yang pake sleting. Hahahahahah.

salam

29 07 2010
hh

Wah, burungnya lae Sinambela menguasai paling tidak tiga bahasa. Ah, stay foolish, pra…….. kata burung perkedua ke pertama. Hahahahahaah, ai marappara do nasida.

1 08 2010
hd

aduh parah warga indoensia kita ni pra….Gereja yang udah puluhan tahun berdiri kenapa baru sekarang heboh pengen ditutup…..
nah ini ni yang mesti waspada !! maklum orang baru….
jadi jika suatu daerah dengan DAmai mendirikan bangunan ibadah pun tidak masalah ,trus ada pihak2 yang mau mencari sensai dengan cara mebuat kita bertengkar ,ya usir saja.

2 08 2010
wawa

HKBP Bekasi di SEGEL Bupati Bekasi dari PKS
GKI Taman Yasmin di SEGEL, Wakil Walikota Bogor dari PKS
HKBP Depok di SEGEL, Walikota Depok dari PKS
Jaipong DILARANG, Gubenur JABAR dari PKS

Mau tunggu apa lagi yang di SEGEL???
PKS jadi Wakil presiden, PGI di SEGEL..
PKS jadi presiden Kathedral Jakarta di ROBOHin..

Tinggal nunggu waktu aja…

6 08 2010
borusasada

@ito Joni

Hahaha,, ekkel hi manjaha i.. Betullah, lucu abissssss.. :roll:
Trobati rinduku yg lagi di negara seberang..
.
.
.
@Bapa Tua Parhobass & Tulang HH

Apa kabar? Msh tetap ramai, ya.
Horas ma di Bapa dohot di Tulang (dohot ma di Ompung Jephman ^_^)..

6 08 2010
hh

Horasma tutu, bere Borusasada, kabar baik dari tulang. Dalam rangka apa bere di negeri seberang, menuntut ilmukah? Selamat menuntut ilmu, bere. Nantulang kirim salam buat bere.

Horas

7 08 2010
parhobass

@inang borusasada

bah ai di negara dia do inang saunari fffuuaaanggg
sotung bertetangga hita dah? hehehhe

alai mingguon mulak nama u tu jakarta nabalaui bah…

selamat datang kemacetan dan kepasrahan dan penderitaan badaniah di Jakarta, aku datang hehehhe

7 08 2010
Herwitz

Gabung kesini yookkk…

http://www.ateisindonesia.org/

7 08 2010
hh

Tempat berkumpulnya para “non believers”, free thinker, agnostik.
Jika anda adalah believers, tolong jaga tata krama komunitas ini.

=>Herwitz meminta supaya believers menjaga tatakrama, dengan menuliskan komentar seperti ini”

Herwitz 10 hours ago
ActivityRank: 0ayooo…sapa yang bisa jawab???
Hadiahnya masuk solga lhoo……..

Apakah mas Herwitz sudah menjaga tatakrama?

salam believers.

8 08 2010
Herwitz

@ hh

=>Herwitz meminta supaya believers menjaga tatakrama, dengan menuliskan komentar seperti ini”
__________________
Hehehe,,,bukan aku tuh yg meminta kalian menjaga tatakrama, tapi adminnya. Juga, apakah saya salah ikut menjanjikan “solga”, padahal orang2 theis khususnya para pendakwah dan missionaris sendiri juga sering menjanjikan sorga dan keselamatan. Hmmm….

Salam ;)

8 08 2010
Herwitz

Lagian, “solga” yang aku janjikan bukan “solga”-nya kalian kok. Hehehe…

8 08 2010
lovepassword

Yang mesti jaga tata krama itu ya semuanya aslinya… ^_^ … Tapi kayaknya itu bukan masalah tata krama, Itu pancingan saja karena dia seneng melihat keramaian.. Hik hiks… :D .. bener apa bener ???

8 08 2010
Herwitz

Hiks…hiks…
Misalkan ada guru TK yang bilang, “Bagi siapa saja yang bisa jawab pertanyaan Bu Guru, nanti boleh pulang lebih cepet…”. Wah, guru itu terbukti melanggar tata krama an seneng melihat keramaian euy…!!! Betul ga…betul ga…??? :lol: :lol: :lol: ^^

Salam oek..oek..

8 08 2010
hh

Salah satu pengertian tatakrama adalah kelakuan baik. Tawaran hadiah masuk sulga bagi siapa yang bisa menjawab sebuah pertanyaan, saya pikir adalah sebuah ejekan, karena bagi penganut atheis tidak ada surga. Mengejek bukanlah merupakan kelakuan baik, bukan? Hehehe.

salam

8 08 2010
Herwitz

Hoiii… komen2-ku kok dimoderasi hoiii…hoiii…hoiii…oiii…oii…

10 08 2010
mr. sectiocadaveris

Pada tanggal 8 Agustus 2010 kemarin, kembali saudara2 kita Jemaat HKBP Pondok Timur Indah Bekasi diserang oleh sekelompok muslim (yaitu FPI, FUI dan warga kampung) yang tidak senang dgn keberadaan gereja tsb. Mereka membentuk barisan, menerobos barikade polisi, membubarkan kebaktian secara paksa. Bahkan mereka memukuli para jemaat yang sedang beribadah. 8 dari 10 korban adalah ibu-ibu, termasuk Pdt. Luspida br. Simanjuntak.

Saat ini mereka telah mengadukan kasus ini ke Markas Besar RI dan komnas Ham.

Marilah kita mendukung dan mendoakan saudara2 kita Jemaat HKBP PTI agar senantiasa dikuatkan dalam iman pencobaan, dan kepada mereka (muslim) yang melakukan penyerangan agar diampuni dan dicurahkan Roh Kudus agar mau menerima kehadiran Kristus.
Dan gereja semakin bertumbuh berakar di tempat tersebut. Banyak orang akan menerima berkat.

Support for HKBP PTI Bekasi

10 08 2010
borusasada

@Tulang HH

Iya, Tulang, boru lagi belajar di Filipina (Gender Studies and Human Right). Salam balik buat Nantulang, da Tulang..

======

@Bapa Tua Parhobass

Nga sahat Bapa Tua di Indonesia? Mana oleh2nya? :)

10 08 2010
G. Meha

Salamat & Mahal Kita, bere. Nan senang salam baliknya bere.

10 08 2010
hh

Met belajar, bere,
Salamat & Mahal Kita. Nan senang atas salam balik dari bere.

10 08 2010
hh

wah, kirain mas adminnya, karena mas yang ngajak ke sana. Mas, pendakwa dan missionaris tidak menjanjikan sorga, yang menjanjikan adalah Tuhan; Sang Pemilik. Mereka hanya mengingatkan. Mereka mengingatkan karena mereka yakin sorga itu ada, sementara anda tidak yakin adanya surga, kok ikut-ikutan sih mengingatkan? Ndak usah ikut-ikutan, mas.

11 08 2010
Fitri

Bukan saya yang duluan cari gara-gara, tapi Fery yang cari gara-gara duluan. Dikira saya tidak tahu dia yang pakai email saya dan siapa yang memberitahu semua akun email saya.

14 08 2010
klikompas

Mari berpegang tangan dan bahu membahu membangun bangsa besar ini Indonesia.

Merdeka.

Salam kasih dari klikompas

7 09 2010
abioez

mau buat apapun harus ada izinnya bru…Qt negara hukum, jgn asal ngomong aj, pendeta kalian di Palestina saja lebih pcy kepada Umar ra. daripada Yahudi…klo mo fair, yg membantai umat Islam di Ambon siapa?… Qt cm kepingin aturan ditegakkin, siapapun yg salah ditindak, bahkan Nabi Muhammad pun akan menghukum putrina, Fatimah jk mencuri, artinya qt harus Adil Kpd siapapun…

14 09 2010
Leondanny

Peraturan skb mentri? Jika saja hal itu benar-benar dilaksanakan 100% maka dapat dipastikan bagi kaum minoritas tidak akan pernah dapat memiliki tempat beribadah. Nalarnya begini, misalnya dalam suatu komunitas terdiri dari 100 warga yang 90%-nya adalah islam dan sisanya adalah Kristen, Budha, dan Hindu. Yang jadi persoalan adalah Bagaimanakah kaum minoritas yang 10% ini dapat dimungkinkan memiliki tempat beribadah jika harus memperoleh ijin dan keikhlasan dari yang 90% padahal mereka setiap ibadah jum’at selalu teriak-teriak kami kaum minoritas adalah kafir? Bagaimanakah kami harus memohonkan ijin kepada mereka untuk bisa berkumpul dan menjalankan ibadah kami? BULLSHIT….! Dengan semangat kebencian semacam itu tidak akan pernah ada tempat beribadah bagi kaum minoritas jika benar peraturan semacam skb mentri ini sungguh-sungguh 100% diterapkan. Ini adalah program eleminasi kaum minoritas yang tersistem yang dibakukan dalam Peraturan pemerintah, suatu diskriminasi yang terasa sekali. Hal yang paling masuk akal yang bisa terjadi adalah adanya pengelompokan diri yang bersifat SARA atau lebih parahnya lagi terjadi pengasingan permanent atau pemisahan diri. Jika berbicara tentang peraturan perundang-undangan berkaitan dengan kebebasan beragama sesungguhnya peraturan skb mentri tentang pendirian rumah ibadah sudah menjadi batu sandungan bagi persatuan dan kesatuan NKRI, peraturan-peraturan menindas yang kecil semacam skb mentri ini layak dibuang kekotak sampah karena bertentangan dengan semangat UUD 45. Kalau saja dahulu dasar negara ini adalah peraturan skb 2 mentri sialan itu maka tidak akan ada itu yang namanya NKRI, saya bisa jamin itu. Seharusnya kalau pun tinggal saya seorang dimuka bumi ini yang beragama Kristen maka adalah hak saya untuk dapat memiliki tempat peribadatan di lahan dan properti milik saya dan seharusnya negara menjamin hak-hak itu. Gbu

15 09 2010
jihad

numpang nyimpen babi boleh g d gereja mu

17 09 2010
partoba

Susah melawan argumen pengikut Mhd…] ini, terlalu pintar mencari alasan (banyak uloknya ^^), istilahnya kalau gak salah L I C I K. jadi percuma ngomong atau marbadai dengan mereka di Indonesia ini.

hihiihi…

Debata Bless u All…

4 12 2010
Gordon

Aturan untuk dipatuhi, bukan untuk dikritisi. Mengapa ada gejolak?? Karena ada pelanggaran terhadap aturan tsb. Ingat! Setiap pelanggaran akan merugikan pihak lain.

7 01 2011
netanyahok

Kalo mau fair semua debat terbuka!! bawa bukti ! abu deedat sudah melaksanakan di kanada, hasilnya?? puluhan pendeta masuk islam karena ternyata tak satupun yang hapal injil….. sementara alqur’an hanya bocah 10 tahun hapal bahkan sampai ke titik koma…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: