Yuhuu! Alkitabku Jadi Bahasa Batak lho!

20 07 2010

Mari Belajar Menjawab Mereka 8 : Alkitab sudah dipalsukan

Sejujurnya, saya bingung harus memulai dari mana, karena dari semua tuduhan Islam terhadap Kekristenan, inilah yang paling serius, seru dan menarik, lucu dan sekaligus urakan campur aduk tak menentu. Tapi bagaimana juga, kita harus berterima kasih terhadap saudara kita terkasih muslim, karena mereka adalah salah satu pihak yang memicu berbagai penelitian yang berujung pada kebenaran Alkitab. Aku jelaskan dulu mengapa saya katakan paling serius, seru dan menarik, lucu dan sekaligus urakan.

Saya bahas yang paling serius dulu: tuduhan ini sering mendasari berbagai hate speech (kotbah menebar kebencian) yang dilakukan sebagian ulama mereka untuk menjatuhkan kredibilitas Alkitab. Bagaimana pikiran anda tidak negatif jika tetangga Anda dicap percaya kitab palsu. Beli buku bajakan saja sudah tidak enak didengar, ini kitab suci dipalsukan? Apa gak sedeng ya? Sudah begitu kita yang dicap memakai kitab suci afkiran ini masih disebut sering menghina Alquran. Buset dah.

Yang paling seru dan menarik:  karena muslim biasanya jadi membabi buta mencari-cari kesalahan atau kontradiksi Alkitab untuk menunjukan “bukti” tuduhan ini. Anda pasti pernah geleng-geleng kepala melihat begitu membludaknya kreatifitas saudara kita ini mencari-cari “kesalahan” Alkitab, bahkan pada hal yang begitu absurd untuk dimengerti orang awam seperti saya. Jangan heran jika respon komentar mereka nanti pun berputar-putar di model beginian, tanpa mau mendengar jawabannya. Bagi Anda yang butuh sumber untuk menjawab model seperti ini, sudah banyak sekali website yang menyediakan jawaban-jawabannya: Pembahasan Alkitab dalam bahasa Indonesia klik disini ; pembahasan “Alkitab yang Diedit” ada disini ; pembahasan “kesalahan & kontradiksi Alkitab”  klik disini

Mengapa saya katakan yang paling lucu, muslim menuduh Alkitab dipalsukan tapi  tidak memiliki apa yang menurut mereka Alkitab yang asli. Jangan kaget kalau mereka menggunakan injil Barnabas dan menyatakan itu adalah injil yang asli. Kita bagai menghadapi manusia robot yang hanya bisa berfikir menurut apa yang telah diprogramkan, tanpa bisa kritis keluar dari belenggu yang menyebabkan mereka menjadi berfikir begitu. Anehnya lagi mereka sering memakai ayat-ayat Alkitab yang menurut mereka sudah dipalsu, diedit, digonta-ganti ini untuk membenarkan nubutan tentang Muhamad.  Hal yang sama juga dilakukan pada agama lain seperti Budha/ Hindu, yang kerap kali mereka hina,  namun pada saat yang sama dengan seyakin-yakinnya memakai kitab agama Budha/Hindu untuk membenarkan kedatangan Muhamad. Entah bagaimana mereka sanggup menjilati kembali ludah mereka. Bahkan ketika selesai melakukan itu dan kita menjawabnya, mereka sering memposisikan diri sebagai yang terzholimi dan merasa dihina agama, nabi dan Alqurannya. Mendekati mengerikan memang.

Yang paling urakan: muslim memandang rendah Alkitab yang telah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa dan versi, tapi tanpa sadar, juga memiliki Alquran terjemahan berbagai  bahasa dan versi. Lagi-lagi standar ganda. Alquran terjemahan bahasa Indonesia saja sudah lebih dari 3 versi (lihat disini). Biasanya mereka berargumen bahwa Alquran menyertakan bahasa aslinya dalam bahasa Arab jadi bisa melakukan kroscek tidak seperti Alkitab. Ini tidaklah sepenuhnya benar, bahasa Alquran yang asli paling awal ada beberapa versi, yang paling tua dari tahun 150 hijriah dalam bahasa Arab dialek Almail dan yang lain dalam versi kufic  (lihat disini) dan versi arab Quraish yang dipilih menjadi versi Alquran sekarang  (sumber: wikipedia).  Belum lagi perbedaan tulisan, dialek, cara baca dan hal yang paling penting : tewasnya para penghafal Alquran yang paling awal karena perang. Ini yang membuat Utsman bin Affan memutuskan untuk mengumpulkan versi yang menurut dia benar dan membakar versi lain. Jadi, apa yang menjadi keputusan kalifah ini sepenuhnya keputusan pribadi tanpa disaksikan atau ada verifikasi dari Muhamad sendiri sebagai penerima pertama. Tanpa ada satupun muslim yang bisa membuktikan apakah keputusan Utsman bin Affan ini benar atau salah atas mushaf pilihannya dan membakar mushaf-mushaf lain. Mereka ada pada posisi harus mempercayai pilihan seorang manusia.

Pertama-tama kita harus mengerti bahwa yang dimaksud Islam dengan Alkitab berbeda. Mereka hanya mengakui Taurat, Zabur (Mazmur) dan Injil serta Alquran mereka. Jadi kadang percuma mengutip ayat dari kitab lain. Ibarat tubuh, mereka hanya melihat kepala, tangan dan kaki, tanpa mau tahu ada organ lain yang penting, bulu hidung misalnya.  Banyak hal lain yang juga berbeda: Istilah “ahlul kitab” sedikit berbeda dengan pengertian kita pada “ahli kitab”. Bagi mereka ahlul kitab adalah kita (orang kristen) dan Yahudi. Juga kita harus tahu bahwa kebanyakan muslim tidak bisa membedakan Injil dengan Alkitab, bahkan tidak tahu bahwa Alkitab terdiri dari berbagai kitab terkanonisasi. Mereka tidak tahu ada 5 kitab dalam Taurat, tidak tahu ada kitab Matius, Markus, Lukas Yohanes dalam Injil, tidak tahu ada Perjanjian Lama dan Perjanian Baru, dan seterusnya. Perhatikan kalau saya memakai kata “tidak tahu” belum pada tahap “mengerti”. Seiring “berdiskusi” dengan mereka kita bisa melihat perbedaan-perbedaan ini.

Percaya atau tidak, tuduhan ini sebenarnya membuat kebingungan bagi umat Islam sendiri, karena disatu sisi Alquran menyatakan Alkitab dipalsukan, diselewengkan, disisi lain membenarkan kitab-kitab sebelumnya. Salah satunya ayat ini :
Dan ini (Al Qur’an) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Umulkura (Mekah) dan orang-orang yang di luar lingkungannya. Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya (Al Qur’an), dan mereka selalu memelihara sembahyangnya. Al-An’am 6:92

Ada banyak lagi ayat-ayat senada yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelum Alquran : Al-i-‘Imran 3:3 ; Al-Baqarah 2:41,91; Al-Maidah 5:44, 46,48,68,  Al-An’am 6:92, Yunus 10:73,94, Al-‘Ankabut 29:46, As-Sajda 32:23, Fatir 35:31, Az-Zukhruf 43:4, Al-Ahqaf 46:30 d
Sedangkan ayat – ayat  yang menyatakan adanya pemalsuan Alkitab : Al-Baqarah 2:41, 79
[41] Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Qur’an) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa
[79] Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya: “Ini dari Allah”, (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan besarlah bagi mereka, akibat dari apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan besarlah bagi mereka, akibat dari apa yang mereka kerjakan.

Ayat senada ada pada: Al-Baqarah 2:42, 75; Al-i-‘Imran 3:71, 78; An-Nisaa 4:46; Al-Maidah 5:13, 14, 15. Perhatikan pada ayat 41 surat Al Baqarah diatas bagaimana Alquran membenarkan Alkitab disatu sisi dan menuduh Alkitab telah diselewengkan terjadi diayat yang sama.

Tuduhan seperti ini bukan hanya membingungkan muslim, tapi juga buah simalakama bagi Alquran sendiri. Perhatikan pernyataan ini : Jika Alquran menyatakan Alkitab sudah dipalsukan, tentu PADA SAAT itu Allah tidak akan membenarkan kitab-kitab sebelumnya, karena tidak mungkin Yang Maha Tahu, jadi tidak tahu Alkitab sudah palsu. Jika Alquran menyatakan Alkitab dipalsukan SESUDAH Alquran diturunkan adalah hal yang lebih gila lagi, karena perpustakaan gereja dan sinagoga  sudah terlanjur diisi dengan manuskrip-manuskrip yang berasal dari sebelum Muhamad lahir.

Kita jangan terjebak seperti saudara-saudara kita ini, dengan serta merta memakai ayat-ayat Alquran yang membenarkan Alkitab. Jangan mau melakukan jilat-jilatan ludah. Jijik ah. Alkitab dapat dibenarkan karena Kebenaran tidak perlu pembelaan atau pembenaran, alias akan membenarkan dengan sendirinya.

Jadi bagaimana kita membuktikan bahwa Alkitab yang ada ditangan kita sekarang adalah kitab yang otentik, yang bisa kita percayai sepenuhnya? Seperti kita ketahui, Alkitab tidak ditulis oleh satu orang dan pada satu waktu, tapi ditulis puluhan orang mulai dari raja, ulama, nabi sampai pegawai pajak dan rakyat jelata dalam kurun waktu ribuan tahun. Kita memiliki sekitar 5000 manuskript dalam bahasa Yunani yang siap digunakan untuk membuktikan keotentikan Alkitab. Ada sekitar 24000 salinan lagi dalam bahasa-bahasa lain. Tidak seperti Alquran yang dibakar manuskript (mushaf) lainnya, kita justru bisa melakukan kroscek ayat mana saja yang terjadi salah salin/tulis, mana ayat yang berbeda, atau ada yang hilang karena memiliki salinan-salinan lain. Hal yang justru memudahkan kita melakukan penelitian jika memang Alkitab sudah dipalsukan.

Untuk Perjanjian Lama, kita memiliki Septuaginta, serta Targum yang berasal dari abad 3 SM, juga ada teks Masoret, Pentateukh Samaritan, juga teks Qumran. Untuk Perjanjian Baru kita memiliki Codex Vaticanus,  Sinaiticus, Alexandrius, Bezae. Juga berbagai manuskrip papirus dan fragmen. Yang paling tua berasal dari abad pertama Masehi sampai abad ketiga. Belum lagi sekitar 36000 lagi dokumen non Alkitab yang mengambil kutipan sehingga kita bisa melihat sejauh mana reabilitas dokumen. Silahkan surfing dengan oppung Google untuk mengetahui seluk beluk berbagai sumber penting itu juga untuk membaca tulisan lain tentang keotentikan Alkitab.

Tapi walaupun begitu kita tidak boleh menutup mata, harus jujur mengatakan Alkitab memang memiliki kesalahan. Alkitab memang tidak memiliki 50000 error seperti yang dikatakan Ahmed Deedat. Menurut Wescott dan Hort, kesalahan itu tidak lebih dari salah eja dan varian. Hanya 60 yang benar-benar salah tulis, dan dari 60 itu hanya 7 yang dari awal sudah salah tulis. Dan hal ini bukanlah kesalahan fatal yang mengubah iman Kristen, semisal, dari Yesus disalibkan menjadi Yesus digantikan stuntman buat disalibkan, atau dari “kasihilah musuhmu” lantas berubah jadi “penggallah leher musuhmu”. Jadi murni human error mengingat proses pengkopian teks, murni dilakukan manusia.

Satu pertanyaan yang masih menggelitik saya adalah : mengapa muslim begitu mudah mencap Alkitab sudah dipalsukan padahal Alquran sendiri sudah membenarkannya. Ada teori (klik disini) yang mengatakan sebenarnya Muhammad tidak sedang menuduh Alkitab dipalsukan dari tulisan tapi diselewengkan secara verbal. Mungkin mirip bermain-main dalam tafsiran. Anne Cooper dalam bukunya “In The Family of Abraham” memiliki teori mengenai hal ini:  “Alasan utama mengapa Muslim mencap bahwa Alkitab telah dikorupsikan teks-nya adalah karena mereka betul-betul tidak mempunyai pilihan lain lagi. Karena Qur’an disatu pihak membenarkan Alkitab, tetapi belakangan baru diketahui (bukan pada masa-masa sahabat Nabi) bahwa isi keduanya saling tidak cocok, sehingga tidaklah mungkin keduanya turun dari Allah yang sama. Dan karena Qur’an dianggap wahyu yang terakhir dari Allah, maka cara yang paling gampang untuk menghindari kesulitan-kesulitan ini adalah meletakkan tuduhan bahwa isi Alkitab telah dikorupsikan oleh si pemalsu”.

(Dari berbagai sumber)


Aksi

Information

232 responses

20 07 2010
lovepassword

Nonton dulu sambil makan pisang goreng…

20 07 2010
Fitri

Pertamax :D

alkitab jadi bahasa Batak saja sudah sombong. :lol:

21 07 2010
Titho AS

Memang pada zaman gereja perdana, orang-orang berlomba menulis tentang Jesus dengan persepsi yang sangat bebas untuk alasan komersil dan ketenaran. Tulisan ini yang disebut injil apokrip. Dan itu tetap berlangsung sampai dengan terakhir Injil Barnabas, dimana Beliau ini konon jadi mualaf. Mungkin zaman modern sekarang masih ada yang lebih gila, Davinci Code.
Menurut pastor Desy Ramadhani dalam bukunya, Menguak Tabir Injil-Injil Apokrip, ada yang perlu digarisbawahi yang sangat rawan dijadikan oleh penulis dengan persepsi bebas al: Injil (kanonik) mewahyukan kehidupan Jesus adalah dari pembuahan ilahi sd dilahirkan, dan kemudian baru tertulis lagi setelah umur 12 tahun (berkotbah di sinagoga) nah setelah itu baru benar2 berwahyu dan bernubuat bahwa Dia adalah ALLAH yang hidup dalam rupa manusia setelah umur sekitar 30 an. Artinya ada ruang kosong yang tidak diwahyukan antara umur 0-12 th (masa kanak-kanak) dan 12 sd 30 an . Nah dengan berlomba-lombanya orang yang haus ketenaran dan duit, “masa” itulah yang dijadikan objek cerita yang macam-macam dan menghebohkan, (dari dulu mungkin, hal-hal seperti ini uda salib Kristen)yang kebanyakan terbit zaman sebelum Muhamad.Disinyalir injil2 apokrip dimaksud sudah banyak dimiliki orang2 (atheis) yang kemudian menjadi muslim. Dan pada umumnya injil apokrip ini, konon, lakunya di daerah timur tengah, Mesir, Arab dan sekitarnya, karena di Eropah zaman pemerintahan Romawi, Kaisar Konstantin sudah sangat rapi mengelola sumber sumber asli dan otentik injil asli yang lazim disebut injil kanonik. So menurut saya teman2 saya yang muslim, maybe masih belum mengerti injil apokrip tersebut.

21 07 2010
mr. sectiocadaveris

analisis yang sangat baik dan tepat, mr.jephman
(*sambil menunggu kelompok opponent berkilah) :mrgreen:

21 07 2010
borusasada

@ito Rodry

Ekekeke.. parbada na i ho, amang. Molo ro halak i, ho di jolo da.. :lol:

21 07 2010
mr. sectiocadaveris

ndang na parbada ahu ito
ai halak i do na pardjolo mangalului boncir ni parbadaan tu hita on ito
..
olo di djolo pe ahu
alai unang lari sude hamu da
xixixixi :mrgreen:

21 07 2010
fery

mana nih muslim-muslim :D biasanya paling getol hehehehe kok diem aja. buktiin duoong kalo Alkitabku paslu eh palsu

21 07 2010
borusasada

Hahaha.. Dang lari hami amang, dohot pe mandompanghon nasida sian samping. Paling lari mambuat jomuran ala ro udan. Togihon antong si fanya mandongani ito di jolo. Nga ro ibana martandang tu jabu ni Amang Tua. Bang Rodryyy,, nga ninna disi.. Haha ;)

21 07 2010
mr. sectiocadaveris

hehehe…
marhua ma hutogihon si fanya i, ai silom do inanta i, djala molo manghatai rada2 nggak nyambung tu topik na sihataon, xixixi
dumenggan do huhilala molo di jabu ni amang parhobass ibana, asa lam diadjari djala mandapot pencerahan na denggan sian Tondi Parbadia i ibana, xixixi :mrgreen:

21 07 2010
omiyan

Salam buat saudaraku

Terima kasih sudah mengutip Ayat Al-Quran tapi sayangnya seperti orang yang kedodoran pada umunya, saudaraku menyembunyikan Ayat lainnya…

QS. Al-Baqarah : 75 :

Apakah kamu mengharapkan mereka untuk beriman kepadamu. Padahal sungguh dari golongan mereka mendegarkan kalimat-kalimat Allah, kemudian mereka merubahnya setelah mereka mengerti dan mengetahui.

QS. Al-Baqarah : 75 :

” Maka celakalah bagi orang-orang yang menulis Alkitab dengan tangan mereka, kemudian berkata : (Alkitab) ini adalah dari Allah, untuk dijual dengan harga yang murah. Maka celakalah bagi mereka disebabkan tulisan tangan mereka, karena perbuatan mereka.

Mereka buta, tidak mengetahui Alkitab, kecuali hanya dongengan belaka dan mereka hanya menduga-duga (mengira-ngira).

Ayat diatas jelas dan menjelaskan secara gamblang bagaimana bisa Alkitab dikarang oleh orang yang hidup bukan pada jaman Nabi Isa As (berarti itu hanya perkiraan atau hasil dari menduga-duga), kalaupun ada yaitu Injil yang dibuat oleh jaman Nabi Isa sekalipun itu dibaut oleh muridnya dan itupun dianggap sesat dan haram untuk dibaca yaitu Injil barnaba.

Disini anda jangan lupa sejarah seorang pendeta yang menemukan Injil Barnaba di vatikan…..dari sini pula Injil tersebut diterjemahkan kedalam beberapa bahasa dan tahu apa yang terjadi, selalin pendeta tersebut menjadi seorang Muslim banyak yang kebakaran jenggot karena isi dari Injil Barnaba begitu mirip dengan Al-Quran terutam tentang kedatangan Nabi yang ditunggu yaitu Nabi Muhamad SAW, kewajiban khitan dan siap sesungguhnya yang disalib.

Jika memang benar Alkitab itu Wahyu dari Tuhan …. why kunanon ada 4 pengarang dengan perbedaan sana-sini….salah satunya coba anda buka Kitab Ulangan 18:18 bandingkan dengan The Holy Bible New International Version …..

Satu peryataan kepada anda ketika anda pergi ke china dan masuk ke gereja bahasa apa yang digunakan dalam peribadatannya ….. Jika bahasa yang digunakan adalah bahasa China itu benar tapi anda tak bisa mengerti apa yang diucapkan karena anda tak paham …. begitupun ketika anda pergi ke tibet atau sebuah negeri yang berbeda bahasa dengan anda ……dengan kata lain anda tidak mempunyai bahasa pemersatu dalam dan ketika beribadah.

Maksud saya … ketika saya pergi ke china atau ke tibet atau ke kutub utara sekalipun, ketika saya mengikuti Shalat berjamaah maka bahasanya satu dan saya mengerti yaitu bahasa Al-Quran dan saya mengerti akan artinya karena Al-Quran sendiri telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa dan salahs atunya Bahasa Indonesia dengan TIDAK MENGURANGI ISI ATAU KANDUNGAN dari setiap AYAT Al-Quran…

Sebelum saya tutup, saya ingin mengutip sebuah Ayat Al-Quran yaitu QS. Al-Baqarah ayat 130,131 dan 132

” Tiadalah orang yang benci akan agama Ibrahim, selain orang yang memperbodoh dirinya. Sesungguhnya kami pilih Ibrahim itu didunia dan di akherat ia termasuk orang-orang yang soleh. (ingatlah) ketika Tuhan berfirman kepada Ibrahim ini “Islamlah engkau!” jawabnya : Saya telah (patuh mengikuti) Tuhan semesta alam.

Ibrahim telah berwasiat kepada anak-anaknya dengan agama itu dan Yakub : Hai anak-anakku, Sesungguhnya Allah telah memilih agama (Islam), untukmu, maka janganlah kamu mati, melainkan dalam keadaan Muslim.

Salam buat saudaraku, salam hangat selalu

21 07 2010
jephman

Terima kasih Omiyan anda telah mau membaca dan berargumen dengan baik.

Tapi masalahnya anda sama seperti muslim yang lain: bersandar hanya pada tuduhan dari Alquran. Anda hanya mengulang, membeo, apa yang kitab Anda katakan tanpa mau melihat penjelasan yang sudah ada dipostingan diatas. Tanpa mau keluar menyelidiki apa benar yg dikatakan Alquran itu. Bahkan tampaknya anda tidak membaca atau hanya sebagian membaca apa yg saya posting. Ini terlihat jelas dari beberapa poin yg diutarakan dan anda melakukannya sama persis:
1. hanya menuduh berdasarkan rumor dari Alquran, tanpa mau memahami apa yg sudah dikemukakan
2. memakai Injil Barnabas yg sudah ada link diatas yg membahasnya
3. mempermasalahkan bahasa, apa anda pikir kotbah di masjid Istiqlal akan berbeda pesan keislamannya jika berkotbah di masjid China?

Akar dari permasalahan anda dan muslim lainnya sama, melihat agama lain dari kacamata Islam.

21 07 2010
fanya

Setiap individu punya hak utk memilih, menentukan dan mengimani keyakinannya masing2.

Setiap pilihan, pasti membawa konsekwensi (positif atau negatif) shg masing2 individu harus siap menghadapi konsekwensi tsb.

Maka dari itu, betapa penting utk menjadi cerdas agar tak keliru menentukan pilihan.

Salam

21 07 2010
jephman

Mari kita bahas tuduhan anda yang ini:
“Jika memang benar Alkitab itu Wahyu dari Tuhan …. why kunanon ada 4 pengarang dengan perbedaan sana-sini….salah satunya coba anda buka Kitab Ulangan 18:18 bandingkan dengan The Holy Bible New International Version ….”

Terjemahan Indonesia:
18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.

NIV :
I will raise up for them a prophet like you from among their people, and I will put my words in his mouth. He will tell them everything I command him.

Apa yang beda?? Saya memahami maknanya dan yg berbeda cuma bahasa.
Jelas sekali Omiyan hanya membeo tanpa mau melihat fakta sebenarnya.
Apakah ini berarti kesimpulannya Alkitab sudah dipalsukan?

Saya tidak mengerti pernyataan anda ini: “why kunanon ada 4 pengarang dengan perbedaan sana-sini”–> Dimana pengarang itu? Dimana perbedaan itu?

Salam!

21 07 2010
fery

@fanya
ngomong enak ya, coba kalo ada kitab lain yg bilang quran palsu, halalleherku buat digorok

21 07 2010
Patar T

Gitu aja kok repot……

Begini…. jika kekristenan (ajaran Yesus Kristus) atau injil itu tidak ada apa yang terjadi???????

21 07 2010
lovepassword

Pak dokter pak dokter, mendingan nunggu mie ayam lewat deh. …

21 07 2010
lovepassword

Setiap pilihan ada konsekuensinya…
Betul Betul Betul…

21 07 2010
asibayi.com

Terdampar kesini dari botd-post. Mencoba membaca walaupun panjang dan membaca juga yang link-link ditaruh disini.

Saya bawakan lagi ayat2 AlQuran:

QS. Al-Baqarah : 75 :
” Maka celakalah bagi orang-orang yang menulis Alkitab dengan tangan mereka, kemudian berkata : (Alkitab) ini adalah dari Allah, untuk dijual dengan harga yang murah. Maka celakalah bagi mereka disebabkan tulisan tangan mereka, karena perbuatan mereka.
Mereka buta, tidak mengetahui Alkitab, kecuali hanya dongengan belaka dan mereka hanya menduga-duga (mengira-ngira).”

Dan saya sedikit mendapat benang merah tentang bagaimana manuskrip2 ASLI itu ditemukan;
“beberapa di antaranya berasal dari tempat sampah.”. Lihat: http://id.wikipedia.org/wiki/Kodeks_Sinaiticus

“Sejarah sebelumnya naskah ini tidaklah diketahui, namun ada beberapa pakar yang menduga…dst” lihat: http://id.wikipedia.org/wiki/Kodeks_Vaticanus

“Pada kenyataannya tidak dapat dipastikan siapa yang mengerjakan terjemahan ini” lihat: http://id.wikipedia.org/wiki/Septuaginta

Semuanya memang ASLI manuskrip tapi…

“Alasan utama mengapa Muslim mencap bahwa Alkitab telah dikorupsikan teks-nya adalah karena mereka betul-betul tidak mempunyai pilihan lain lagi. Karena Qur’an disatu pihak membenarkan Alkitab, tetapi belakangan baru diketahui (bukan pada masa-masa sahabat Nabi) bahwa isi keduanya saling tidak cocok, sehingga tidaklah mungkin keduanya turun dari Allah yang sama. Dan karena Qur’an dianggap wahyu yang terakhir dari Allah, maka cara yang paling gampang untuk menghindari kesulitan-kesulitan ini adalah meletakkan tuduhan bahwa isi Alkitab telah dikorupsikan oleh si pemalsu”.

Kok aneh ya…kan di ayat AlQuran sendiri sdh disebutkan kenapa ada kesimpulan bukan pada masa-masa Sahabat Nabi??

Terus menggaris bawahi tentang AlQuran:
“Belum lagi perbedaan tulisan, dialek, cara baca dan hal yang paling penting : tewasnya para penghafal Alquran yang paling awal karena perang. Ini yang membuat Utsman bin Affan memutuskan untuk mengumpulkan versi yang menurut dia benar dan membakar versi lain. Jadi, apa yang menjadi keputusan kalifah ini sepenuhnya keputusan pribadi tanpa disaksikan atau ada verifikasi dari Muhamad sendiri sebagai penerima pertama. Tanpa ada satupun muslim yang bisa membuktikan apakah keputusan Utsman bin Affan ini benar atau salah atas mushaf pilihannya dan membakar mushaf-mushaf lain. Mereka ada pada posisi harus mempercayai pilihan seorang manusia.”

Dalam Islam adalah istilah ‘sanad’ atau jalan atau “darimana dia mendapatkan hal tersebut?”. Disinilah bagaimana AlQuran turun temurun. Dari tulisan diatas disimpulkan kekhawatiran karena AlQuran adalah pilihan sahabat Rasulullah yg notabene manusia.
Hal ini bisa dijawab: Disisi Utsaman bin Affan radliallahu ‘anhu tidaklah sendiri tapi dia bersama sahabat2 yang lain. Terbunuhnya penghafal AlQuran bukan berarti semua. Terus jika kalian ragu dg manusia harusnya kalian juga ragu dg kitab kalian yg tulisannya juga dilakukan oleh manusia. Yg membedakan antara AlQuran dan Injil yang dipakai kaum kristiani adl kejelasan sanad.

21 07 2010
Fanya

@fery

fery….fery…… kamu abis makan apa tadi? koq bawaan kamu sengit melulu sih….????
tapi ………., bener juga yg kamu bilang…, kenapa ya ga ada kitab lain yg bilang qur’an itu palsu…???
apa kamu bilang…..? wiih… ternyata kali ini dikau sangat cerdas…..,
tepat jawaban kamu, al qur’an memang bukan kitab palsu….!! hihihi…..

salam kenal ya!

21 07 2010
Fitri

@Mbak Fanya
Ya kek tu. .lah urangnya. Kada jadi Fery kada jadi Wawansyah. .ya sama jua bawaan sengit kayak ada yang nantangin nya. Padahal kada da yang nantangin nya tu. Menurutku setalah membaca artikel di atas, memang awalnya @jephman terkesan paham dan ngarti tentang Islam. Tapi selidikku tentang ayat yang di kutip sebenarnya sangaja di potong lalu di buatlah kesan ada kontradiksi dan sabagian sudah di jelaskan @Omiyan.

Itulah ketidaktahuan nya tentang Islam, lalu mamaksakan @Omiyan memandang dari sudut pemahaman Kristen.

22 07 2010
Mulak

Tapi walaupun begitu kita tidak boleh menutup mata, harus jujur mengatakan Alkitab memang memiliki kesalahan.

Alkitab memang tidak memiliki 50000 error seperti yang dikatakan Ahmed Deedat.

Menurut Wescott dan Hort, kesalahan itu tidak lebih dari salah eja dan varian. Hanya 60 yang benar-benar salah tulis, dan dari 60 itu hanya 7 yang dari awal sudah salah tulis.

Dan hal ini bukanlah kesalahan fatal yang mengubah iman Kristen, semisal, dari Yesus disalibkan menjadi Yesus digantikan stuntman buat disalibkan, atau dari “kasihilah musuhmu” lantas berubah jadi “penggallah leher musuhmu”. Jadi murni human error mengingat proses pengkopian teks, murni dilakukan manusia.

22 07 2010
alisyah

lamu maoto ma sude akka halak Batak. Na denggan2 i ma taulahon boh

22 07 2010
hh

@Mas Omiyan

…QS. Al-Baqarah : 75 :

” Maka celakalah bagi orang-orang yang menulis Alkitab dengan tangan mereka, kemudian berkata : (Alkitab) ini adalah dari Allah, untuk dijual dengan harga yang murah. Maka celakalah bagi mereka disebabkan tulisan tangan mereka, karena perbuatan mereka.

Mereka buta, tidak mengetahui Alkitab, kecuali hanya dongengan belaka dan mereka hanya menduga-duga (mengira-ngira).”

Ayat diatas jelas dan menjelaskan secara gamblang bagaimana bisa Alkitab dikarang oleh orang yang hidup bukan pada jaman Nabi Isa As (berarti itu hanya perkiraan atau hasil dari menduga-duga),

=>Perhatikan baik baik, mas Omiyan,
Ayat diatas tidaklah menunjukkan bagaimana Alkitab dikarang (ditulis?) oleh orang yang hidup pada jaman Yesus, tetapi menjelaskan bahwa: celakalah orang yang menulis Alkitab dengan tangan mereka, dan ‘berkata’ bahwa ‘ yang ditulis mereka itu adalah dari Allah, untuk ‘dijual’ dengan harga murah.

Perhatikan sekali lagi, bahwa yang celaka adalah:
Yang menulis Alkitab untuk dijual dengan harga murah, dan mengatakan bahwa itu adalah dari Allah.

Kalau tidak melakukan hal itu berarti seseorang tidaklah celaka.

kalaupun ada yaitu Injil yang dibuat oleh jaman Nabi Isa sekalipun itu dibaut oleh muridnya dan itupun dianggap sesat dan haram untuk dibaca yaitu Injil barnaba.
=>Bolehkah mas memberikan bukti bahwa buku Injil yang ada di alkitab sekarang tidak ditulis oleh murid-murid Yesus, sementara injil Barnabas ditulis oleh murid-murid Yesus?

Mohon dijawab mas, supaya jangan terkesan bahwa kalian itu sangatlah licik memutarbalikkan fakta.

salam

22 07 2010
Aseng

@jephman:
Dari komentar anda di atas yg berbunyi:
Permasalahan anda dan muslim lainnya sama, melihat agama lain dari kacamata islam.
>>Maksud anda pandangan islam terhadap agama lain yg salah? Atau anda menyalahkan islam nya?

22 07 2010
Lamsito

ai aha do na nigulut muna poang di son..??
tung so huantusi do..

22 07 2010
jabal ahmad

masalah keyakinan tidak perlu di perdebatkan, karena s\etiap kita manusia mempunyai pilihan untuk hidup berkeyakinan,entah islam ,entah kristen,entah budha atau mereka beragama hindu, yang terpenting adalah bagaimana seseorang atau suatu golongan dapat memberikan rasa damai bagi segolongan orang yang lain,,,tidak usah kita saling menyalahkan dan kita tidak usah mersa bahwa kita yang paling benar ,marilah kita introspeksi diri masing2 janganlah diantara kitasaling bermusuhan yang tak berujung,,,tak ada gading yang tak retak,masing masing punya dalil ,mari kita jalankan apa yang tertulis di kitab masing2,,semoga uraian dapat menjadi renungan kita masing2 kedua belah pihak,,,,,,salam dari saya kepada seluruh umat kristen panglima laskar muhibbin …jabal ahmad ali mustofa…

22 07 2010
Mulak

Menurut Wescott dan Hort, kesalahan itu tidak lebih dari salah eja dan varian. Hanya 60 yang benar-benar salah tulis, dan dari 60 itu hanya 7 yang dari awal sudah salah tulis.

1. Sekecil apapun kesalahannya, itu merupakan tanda kebenaran prediksi kitab sucinya orang2 islam.

2. Sekecil apapun kesalahannya, itu merupakan indikasi kecil yg harus menjadi warning bagi nasrani bahwa kitab sucinya memang pernah ada kesalahan walaupun kecil.

Bagaimana pendapat lae Jeph?

BTW, tentang sunat … : justeru orang islam yg sangat konsisten mengikuti perilaku Tuhan Yesus. Mengapa kita tidak mengikuti perilaku Tuhan kita ya.

Ini hal sepele …. tapi sangat mengganjal hati. Bagaimana juga pendapat lae Jeph?

23 07 2010
hh

Ndang na manggulut manang aha, lae Lamsito, na marsihatorangan be (saling menjelaskan) do. Didok na sada songon on, dipatorang na sada nari songon an. I do, lae.

Horas.

23 07 2010
HambaNYA

Gini mas!alquran ga nuduh semua isi bibel palsu,dbibel masih ada serpihan2 yg memang asli firman Tuhan,mskipun uda diedit manusia,oleh sebab itu ada hadits kami dilarang membenarkan & dilarang mendustakan ahlul kitab,kalo anda minta bukti,ni buktinya
1.trserah anda mw blg lagu lama ato apalah,krn memang kontradiksi dlm bibel adl tanda bhw bibel uda diedit, contoh: ” . . .daud membunuh dr org Aram itu TUJUH RATUS kuda kereta. . .(2 samuel 10:18) VS “. . .daud membunuh dr org Aram itu TUJUH RIBU ekor kuda kreta . . .(1 tawarikh 19:18),ga mgkn kedua ayat itu benar smua kan?pasti ada salah satu yg salah/diedit.
2.yesus mengklaim dirinya telah tertulis dlm taurat,mazmur dan kitab para nabi. “katanya kpd mreka:”ada trtulis dmikian:Mesias harus menderita dan bangkit diantara org mati pd hari ketiga”(lukas 24:46) dan ternyata ayat yg yesus kutip tdk ada dlm Perjanjian Lama.kmungkinanya adl ayat yg yesus kutip uda dbuang dr PL ato yesus yg brbohong(ga mgkn kan klo yesus brdusta)
so. . . .?pikir sndiri

23 07 2010
HambaNYA

Sem0ga koment saya yg td lulus sensor he.. .he. (anda bukan pengecut kan?) oya ni lg buktinya “lagi BABI,krn sungguhpun kukunya trbelah dua tp tiada ia memamah biak,maka haramlah ia kpd mu. . .ulangan 14:8 alkitab terjemahan lama, diedit mnjadi “jg BABI HUTAN,krn meog berkuku belah tp tidk memamah biak.haram itu bagimu.ulangan 14:8.alkitab terjemahan baru.babi jd babi hutan/celeng

23 07 2010
mr. sectiocadaveris

@LP
gimana kalau kita nunggu tukang gorengan aja? :mrgreen:

23 07 2010
jidoy

mantap blognya gan. lanjutkan
saya nyimak aja

24 07 2010
Fanya

Bang Rodry pupus ni tondingku……. hikhik, sbg parhaporseaon, mamarangehon na tama, jangan suka ngomongin orang di pudi ya, apalagi manghapishon, ntar marhapatean tu na roa. Peribahasa mengatakan: hata mamunjung hata lalaen, hata na torop sabungan ni hata, bahkan hata ni halak, termasuk kata Om Parhobass dan Tulang Robinson, fanya ini konon sangat pintar…… hihihi (ngga ngarang…..itu kata Tulang Sihotang di “Terang atau Gelap” loh). denggan do roham disi?

24 07 2010
borusasada

@Ito Rodry
Nunga be ito, nga ro be Eda Fanya. Dok ma hatam amang.. :lol:
.
.
@Mbak Fanya
Hahaha.. Aha do arti ni ‘manghapishon’ Eda?

24 07 2010
Fanya

@borusasada,

maksudku merenghina, melecehkan, merendahkan dsb….
masak komen pake cuih-cuih segala…. kasar kali!

24 07 2010
borusasada

@Mbak Fanya

Ohhh.. baru dope hubege adong hata Batak “manghapishon” Eda.. 1 Lagi, “pupus ni tondingku.” Maybe, It could be “tampuk ni pusupusunghu.” Mungkin sihh.. ;-)

Dan, emang ito Rodry pnh komen bgtu (pake cuih-cuih)? Kali aku yang ga pnh baca, ya. Di topik yg mn, Bu?? Kalo Fery mungkin iya.. :roll:

24 07 2010
Fanya

@borusasada

Tq, terserahlah mo apa sebutannya, urat nadi kek, apa jantung pisang kek….. sebel sih……. hihihi……

memang ada di artikel “rasul” komen July 19, 2010 at 9:59 pm sbb:

@fanya
===>justru itulah yg mendasari komentar/pertanyaan fanya kpd Bang Rodry, karena gelar/status RASUL itu blah blah blah cuih………

ga sopan khan?

salam

24 07 2010
lovepassword

Sebagai calon dokter, kamu pasti tahu mana yang lebih sehat makan mie ayam atau makan gorengan apalagi wajan penggorengan…

24 07 2010
borusasada

Hahaha.. Jantung hatinya Lyla aja dwehh..
Yeahh,, maafkanlah dia dan doakan sehingga jalannya dilapangkan. Maksudku, jalannya dia mau ke kampus dibuat ga macet.. xixixi.. :lol:

salam juga

24 07 2010
lovepassword

Kalo itu mah gak usah pake konon… Hi hi hi….

24 07 2010
borusasada

@Amangboru LP
Yg pasti minyak bekas menggoreng ga enak buat diminum.. ;)

24 07 2010
lovepassword

Kalo aku mah gak gitu tahu enak apa nggak, belum pernah minum sih… ^_^

24 07 2010
borusasada

Hahaha.. Lihat warnanya yang pekat gitu bisa ku pastikan ga enak tanpa harus mencoba. Tapi klu mie ayam atau makan gorengan, emang kudu dimakan dulu baru tau, enak apa ga.. ;)

24 07 2010
lovepassword

Hi Hi hi, dari jawabanmu sebenarnya ada banyak hal seru yang bisa dipetik… :

Ada pepatah bijak : Jangan hakimi buku dari covernya, jangan menilai buku dari sampulnya saja…

pada sisi lain Aa Gym pernah membuat analogi yang cukup menarik : Kalo tahu duren itu busuk, apakah ada gunanya membelah duren…Hi Hi hi…

Kalo tahu minyak jelantah, minyak goreng bekas tidak enak diminum, apakah memang perlu merasakan, mencicipi minyak goreng bekas untuk diminum….

Tetapi kalo mau tahu rasa mie ayam enak apa nggak, tentu memang harus dirasakan dulu…Hi Hi Hi…- apalagi rasa silverqueen mana yang paling enak tentu harus dicoba dulu…

Itulah dua pendapat yang saling menyeimbangkan….Dunia ini mestinya harus dilihat dari segala aspek supaya seimbang…

Terimakasih telah mendengarkan siaran radio idola…. Hik hik hik

SALAM deh….

24 07 2010
mr. sectiocadaveris

saya nungguin tukang gorengan bukan buat saya tapi utk om LP. bukannya om Lp pernah bilang I lap yu gorengan?
kalau saya sih udah berhenti makan gorengan
eh, mi ayam itu juga ga sehat loh. banyak pengawet dan vetsinnya. :mrgreen:

24 07 2010
mr. sectiocadaveris

@fanya
wah kamu bisa juga sampai di sini, tumben diloloskan oleh mr.jephman. ya tak apa2lah.
melihat bahasa batakmu yang agak janggal dan ‘berpasir2′ ada dua kemungkinan:
-kamu mungkin bukan orang batak asli, mungkin halak ion, cuma ngutip sana ngutip sini
-atau kamu dari golongan batak partapsel
*ya udahlah ga penting :mrgreen:
.
.
.
nah, jadi, bagaimana?
sudah belajar membedakan kata sifat dengan kata benda?
sudah bisa membedakan definisi Rasul”kecil” dengan “rasul” kecil?
belum bisa?
tidak apa-apa.
belajarlah lagi pada amang Parhobass
kalau sudah mengerti, silakan datang sini lagi, biar kita lanjutkan.
saya lagi agak sibuk soalnya.
.
.
.
kata amang Sihotang kamu konon sangat pintar? wah…maaf. tapi saya kurang setuju dengan beliau. setiap orang punya opini berbeda-beda :lol:

24 07 2010
mr. sectiocadaveris

@boru sasada
Nunga be ito, nga ro be Eda Fanya. Dok ma hatam amang..

nga hudok disi. bahen hamu jolo tes manis di hami ito, dohot lappet pulut na tabo i. asa rap hundul hita sude.
*sebagai hula2 bolehlah aku saotik mamarenta la ito ya :lol:

24 07 2010
Andri Mufriyandi

yang terpenting adalah mentaati perintahnya dan menjauhi larangannya..

24 07 2010
Jelasnggak

Anggo di au tung asing do sita – sita

Asi ni roham ma ito, unang loas au maila
Beha roham,
dok ma hatam…………….(silahkan lanjutkan)

——————-

Wah,

TUlisan ini pas banget dengan yang barusan saya alami.

Ayat poligami jelas bukan dari Tuh@n, karena perintah dari Tuh#n pasti akan menghasilkan kebaikan. Sedangkan Poligami menghasilkan kemudaratan (istri pertama sakit hatinya)

Karena tak bisa lagi menjawab secara scholar, muslim menggunakan jurus ampuh ad hominem tuquoue (sedahp si jell ini omongan tingkat tinggi), begini : “Di bible juga ada perintah Tuh@n yang menghasilkan kemudaratan, yaitu ayat amalek”

Anehnya.

Di saat yang sama, si muslim ini mengakui: kalau bible itu sudah dipalsukan dan mungkin salah.

Jadi ibaratnya, simuslim sedang coba menegakkan benang basah dengan menggunakan air…

Mencoba membenarkan poligami menggunakan isi dari kitab yang dia yakini sebagai kitab yang palsu dan mungkin salah.

Yang hasilnya cuma satu : *pepeng – jari-jari – lawak – lucu – ketawa*

Tunggu dulu belum habis.

Karena sudah sangat terpojok….

Si muslim ganti strategi.

Dia mempertanyakan letak “mungkin salah” dimana.

Yang tentu saja irrelevant.. karena dia sudah terlebih dulu setuju.

Ibarat pak hakim yang berkata : “Saya setuju, jika Yuzril tidak bersalah, tapi saya mau tau, tidak bersalahnya dimana?”

Kalau saya jadi pembela si Yuzril, saya akan langsung bilang : “Lhaaa gimana pa hakim, kalo sudah setuju yaaa ga usah pake pertanyaan tambahan.. Bukankah ente sudah ngerti duduk persoalan kemudian memutuskan ?”

.
.

Yah begitulah mereka.
(pantes atheis pada ketawa-ketiwi kalo ngomong sama mereka)
:lol: :lol: :lol:

Horas.

24 07 2010
pinggol

“…sehingga tidaklah mungkin keduanya turun dari Allah yang sama. Dan karena Qur’an dianggap wahyu yang terakhir dari Allah, maka cara yang paling gampang untuk menghindari kesulitan-kesulitan ini adalah meletakkan tuduhan bahwa isi Alkitab telah dikorupsikan oleh si pemalsu”.

tepat sekali tulisan lae ini… seperti yg ku bold!

sesuai dgn link di bawah ini :

http://www.siaranalhayat.com/2010/07/06/hancurnya-sifat-keilahian-alquran-1/

24 07 2010
HambaNYA

@jelasnggak,saya prnah diskusi dg sodara anda ttg haramx babi dlm taurat,dia blg taurat uda dhapus ama yesus,perintah yg tetap kekal adlh 10 printah tuhan katanya,jd dlm 10 printah tuhan tsb ada gak larangan poligami? He. . .he. . .oya koment saya ga muncul2 si,tuan rumahnya kmana ni,ga lg ngumpet kan?

25 07 2010
hh

Boru aha do hamu, ito Fanya?

25 07 2010
lovepassword

Saya gak tahu apakah di Indonesia memang ada makanan sehat ?

Makan pecel ada sisa pestisida, makan daging eh daging gelonggongan, makan tahu eh tahunya berformalin. Makan batu ? kok ya keras. Ya nasip nasip….

25 07 2010
lovepassword

Hi Hi Hi, anak kecil lagi curhat, mengadu sama teman2nya barusan dijewer sama guru TKnya… Ha ha ha…

Kacian deh elo murid TKku tercinta…

Sudah makan belum cah ?

25 07 2010
lovepassword

Iya sama biar dia helmnya gak kesingsal ngumpet lagi .. Hi Hi Hi

25 07 2010
Fanya

@Om LP

Kalo munggah motor sih pasti helmnya dipake dong, masak kesingsal tho?
helmnya pake stempel SNI gak? di razia polisi baru nyahok loh!

eh… nyambung nggak ya?? hihihi….

25 07 2010
What the...

@kristen di blog ini
bukalah mata, hati dan telinga kalian selebAR2nya, lihat dunia kalau kalian mau nuduh yg jelek2 tentang islam
tapi sulit juga sih kalau ngomong kyk gini di blog “batak” ini, soalnya otak batak kayak batu, udah keras, padat, sempit lagi, isinya malah tai semua

26 07 2010
lovepassword

@Fanya :
Iya helmnya Mas Dokter kita ini ilang ya pas lagi gak dipakai…
Dia nongkrong atau lagi mau kemana gitu terus kehilangan dengan sang belahan hati.

Kalo helm dipakai, mendadak bisa ilang… ? ya gak separah itulah…. ^_^

26 07 2010
jephman

@ aseng
islam harus melihat agama lain dari kacamata agama itu sendiri.

Jadi sudut pandangnya yg salah. Terlepas doktrin salah benar. sy kira sudah jelas.

26 07 2010
jephman

Kalau mau berdebat masalah salah tulis kyk gitu, Sy jug bisa menunjukkan kesalahan2 kecil begitu dalam Alquran : http://indonesia.faithfreedom.org/forum/kesalahan-fatal-tata-bahasa-arab-dalam-al-quran-t20422/

Ini yg saya bilang knp muslim selalu pakai kacamata Islam dlm memandang agama lain. Kekristenan itu ada 650 th sebelum Islam, bgmn mungkin Islam MEMPREDIKSI Alkitab?
Jelas sekali, Anda mengira Alkitab TURUN kebumi (seperti Alquran) dan diedit dijaman komputer. Jadi harus 100% bebas salah tulis.

26 07 2010
jephman

@ Hambanya

gak lah pak. jgn suudzon dulu. Mengenai ul 14:8 dan lain-lain itu udah ada jawabannya (link) di alinea ketiga diatas.

26 07 2010
Jelasnggak

Tambahan,

Kadang orang muslim juga kelewatan PD-nya.

Kalau kelewat kaya yaa ngga apa2

Tapi kalau kelewatan PD, yaaa bisa2 nanti ada yg ketawa, disangka memuji..

GIHTUUU Lhooh..

26 07 2010
Jelasnggak

@Hambanya,

10 perintah Tuh@n itu semua sudah tercakup dalam perintah Yesus.

Perintah Yesus yang pokok ada 2:
– Kasihilah Tuh@N
– Kasihilah sesamamu manusia.

Ke10 perintah taurat sudah tercakup dalam 2 perintah Yesus ini.

Larangan poligami tentu saja tercakup dalam 10 perintah Tuh@n : “jangan berzinah”

definisi Zinah: melakukan hubungan badan diluar pernikahan.

Definisi pernikahan Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 :
Pernikahan adalah ikatan lahir batin antara SE-ORANG pria dengan SE-ORANG wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Nah, Kalau poligami itu adalah jelas ikatan batin antara SE-ORANG pria dengan BANYAK wanita.

Jadi, kalau seorang pria kawin lagi, maka, istri kedua,ketiga,keempat itu bukanlah pernikahan.

Kalau bukan pernikahan, berarti, ketika si pria melakukan hubungan badan dengan istri kedua, maka, si pria telah melakukan PERZINAHAN.

Logika!!

Catatan:

Saya itu baru menggunakan definisi perkawinan dari hukum manusia. Apalagi kalau saya kutip definisi pernikahan berdasarkan bible. Wah, bisa lebih parah lagi tuh.. karena di dalam bible, ada kata “kekal” nya. :lol:

26 07 2010
fanya

@ Bang Rodry……….!!!
ndang holan halak batak na boi mar hata batak. dos do songon halak na mar hata inggris ndang holan halk inggris.
ima asa diboto ho!

26 07 2010
Lamsito

ooo ido ate..

alai maksud hu, lot ma Tuhanna be na manontuhon dia do na sintong.
ai molo hita jolma do na naeng patoranghon taringon tu hasintongan ni haporseaon dang na dapot annon ujung ni pangkataion, ala ni i unang ma pola marguluti be hitaon alani i.

26 07 2010
hh

Dapot manang so dapot ujung ni pangkataion, Lae Lamsito, porlu do patorangon hasintongan ni haporseaon niba, tarlumobima molo disungkun (dipertanyakan). Antar songon pandapot ni lae Omiyan na di ginjang i, ala nunga dipasuhar ibana na sasintongna, porludo sungkunon aha alasanna marpandapot songon i, jala porludo patorangon na sasintongna. Jadi, ndang pola na margulut, lae.
Botima.

26 07 2010
hh

Lae Mulak, kesalahan itu adalah kesalahan data sejarah: jumlah, nama, dll.. Kesalahan tidak pada: Bagaiamana Tuhan menciptakan bumi dan isinya termasuk manusia, bagaimana manusia jatuh dalam dosa, bagaimana janji Tuhan untuk menebus manusia dari dosa dan akibatnya, bagaimana janji itu digenapi, dan tentunya bagaimana Tuhan berjanji akan menjemput umat yang percaya kelak.

Jadi, jangan teralalu perpatokan kepada data sejarah yang menyertai semua hal diatas sebagai penentu benartidaknya Alkitab itu, berpatokanlah kepada Inti Utama firman Tuhan di dalam alkitab: Penebusan manusia dari kuasa dosa/maut

Tentang sunat itu bukanlah perilaku Tuhan Yesus, tetapi sebagai tanda perjanjian antara manusia dengan Tuhan bahwa manusia telah menjadi umat Tuhan. Yesus terlahir sebagai bangsa Jahudi tentu disunatkan oleh orangtuaNya sebagai tanda perjanjian itu.

Sebagai bangsa yang melakukan tanda perjanjian itu, bangsa Yahudi menolak janji penebusan itu, mereka menolak Yesus. Itulah sebabnya Paulus menekankan dalam Rom 2:25, 27
25: Sunat memang ada gunanya, jika engkau mentaati hukum Taurat; tetapi jika engkau melanggar hukum Taurat, maka sunatmu tidak ada lagi gunanya.
27: Jika demikian, maka orang yang tak bersunat, tetapi yang melakukan hukum Taurat, akan menghakimi kamu yang mempunyai hukum tertulis dan sunat, tetapi yang melanggar hukum Taurat.

Untuk apa mentaati sunat kalau tidak mengasihi Tuhan dan manusia?

Semoga tidak mengganjal lagi dalam hati, lae.
Horas.

26 07 2010
hh

HambaNya, kalau memang mengacu kepada alkitab, mengapa hanya babi yang kalian pantangkan? Mengapa tidak sekalian yang tidak memamahbiak dan tidak tebelah dua kukunya?
salam

26 07 2010
hh

Mas HambaNya,
itu hanyalah data sejarah, bagaimana sih, mas?
di jaman yang serba moderen ini mas, peliput berita yang sudah sekolah 9 semester, laptop dan kamera termahal ditangan, terkadang masih saja salah menyajikan data.

salam

26 07 2010
parhobass

@Mulak

dari pernyataan Anda:

1. Sekecil apapun kesalahannya, itu merupakan tanda kebenaran prediksi kitab sucinya orang2 islam.

2. Sekecil apapun kesalahannya, itu merupakan indikasi kecil yg harus menjadi warning bagi nasrani bahwa kitab sucinya memang pernah ada kesalahan walaupun kecil.

bisa Anda jelaskan apa arti kata “kesalahan” di sini?

contoh kalimat:
Saya sedamg makan
di kalimat saya ini memang ada kesalahan
yaitu kata sedamg, tetapi tanpa mengganti m dengan n-pun kita tahu dan Anda tahu maksud saya di situ adalah kata sedang,…

nah dari contoh ini bagaimana menurut Anda?

salam

26 07 2010
borusasada

@Amangboru LP
Betul betul betul.. Jangan lihat buku dari sampulnya..

“Kalo tahu minyak jelantah, minyak goreng bekas tidak enak diminum, apakah memang perlu merasakan, mencicipi minyak goreng bekas untuk diminum….”

Klu Amangboru mau mencicipi buat mastiin, yaa saya serahkan ke Amangboru..
—–
“Makan pecel ada sisa pestisida, makan daging eh daging gelonggongan, makan tahu eh tahunya berformalin. Makan batu ? kok ya keras. Ya nasip nasip…”

Ada lg Amangboru, “seng makan mati, makan seng mulut ta robek..” (Bahasa Ambon). Hahaha..

Jadi, minum apa kita Amangboru? Teh apa Kopi atau ..? :D

1 lagi, ngomong ttg silverqueen, dah jd Amangboru kasih ama Tulang RAS? Buat q aja dehh.. ;)

26 07 2010
parhobass

@all

supaya tidak terjadi diskusi berkepanjangan tentang klaim Wescortt dan Hort bahwa ada 60 kesalahn di Alkitab,..
Wescortt dan Hort selanjutnya akan saya sebut WH
pertama
dua orang ini adalah Profesor, dimana Dr. Hort melanjutkan hasil kerja dari Westcortt. paling tidak ada belasan tahun mereka meneliti

kedua
pada masa mereka mengeluarkan versi terjemahan, sekali lagi versi terjemahan, maka mereka menggunakan methode yang baru, yang pada waktu itu memang jarang digunakan,
dimana metode yang umum digunakan antara lain:
a. External Evidence
yang dibagi menjadi 4 bagian yaitu:
-Manuscript tertua, dimana WH mengatakan manuscript tertua pasti paling benar, sehingga karena manuscript tertua adalah manuscript Alexandria, maka mereka memutuskan bahwa manuscript yang lain pasti mengacu kepada Alexandria…
sayangnya dari ratusan manuscript tertua WH hanya menganalisa 150 buah saja…

– Kopian yang paling banyak digunakan,
dimana yang mana yang paling banyak digunakan pasti itulah yang paling benar, sayangnya WH mengacu kepada M. Alexandria yang hanya digunakan secara minoritas, hanya disektiar Mesir,…

-saksi-saksi dari bapa2 gereja
Bapa gereja terakhir yang bisa kita acu adalah Origen, Cyril d.l.l, dimana mereka ini memaki manuscript Asiria atau sekarang disebut Bizantine, yang mana dianggap bukan yang tertua oleh WH

-Pembacaan terbaik akan lebih menjelaslan mana yang terbaik;
nah dengan metode ini kita dapat melihat dua perbandingan, kalau di Indonesia sekarang ada dua versi terjemahan yang dibuat oleh LAI, yaitu Alkitab Bahasa Indonesia Masa Kini atau Bhasa Indonesia Sehari-hari dengan Terjemahan Baru,…tentu orang yang terbiasa dengan TB akan aneh jika membaca BIS dan sebaliknya, nah karena TB agak bizantine dan BIS agak WH maka WH mengatakan bahwa BISlah yang paling asli..

b; Internal Evidence
tanpa berpanjang lebar, isinya hanya masalah gramar saja, yang antara lain WH mengatakan yang tersingkat dan yang tersulit dimengertilah yang paling asli, karena kalau sudah jelas berarti sudah ada penjelasan, dimana jika mengacu dengan ini agak sedikit bertentangan dengan point a.4 di atas…

jadi intinya hanya karena metode penerjemahan, itu sama dengan membandingkan antara BIS dengan TB
atau di bahasa Inggris antara KJV dengan RV
sebagai gambaran bisa dilihat di
Versi Alkitab?

salam

26 07 2010
parhobass

@all

nah sebagai lanjutan, karena semua hanya masalah penerjemahan
dan penerjemah biasanya adalah orang2 terpelajar, ..
maka diantara mereka ini timbul pertanyaan, terjemahan mana yang terbaik?

berikut 5 yang terbaik,
1. RV, diterbitkan tahun 1881 dan tahun 1885, tujuan penerjemahan adalah memodernisasi bahasa KJV saja, jadi merubah bahasa penyampaian saja
2. ASV, diterbitkan thn 1901, membuat RV agar lebih mudah dibaca, tetapi banyak ditolak karena kata LORD diganti menjadi JEHOVAH
3; RSV, terbit tahun 1946-1952, menekankan beberapa point utama dari KJV, tetapi ditolak golonngan conservatif, karena base penerjemahannya bukan dari Yunani
4. NAS, terbit tahun 1963-71, meningkatkan penerjemahan di ASV saja, salah satunya mengembalikan kata LORD dari JEHOVA, dan beberapa kata baru yang bisa dimengerti masa itu
5. NKJV, terbita tahun 1979 dan 1982; menghilangkan kata2 tua yang tidak lagi dimengerti, bayangkan KJV tertua adalah tahun 1611, jadi sudah banyak kata yang tidak lagi dimengerti oleh lidah dan kuping modern, disamping menyelpurnakan terjemahan2 yang paling tepat dari RV…

jika diperhatikan semua terjemahan di atas adalah keluarga KJV,
sampai pada masa mutakhir ini, lahirlah NIV; yang dikerjakan oleh ratusan ahli, dan para ahli masih disaring lagi oleh komite yang isinya juga pakar-pakar, dan teknik penerjemlahan adalah dinamis, serta sumber manuscript untuk diterjemahkan makin banyak,… maka sekarang ini NIV paling disukai para kaum terpelajar, sudah terjual lebih dari 100 juta kopi,…

intinya,
para pakarlah yang bercapek ria menerjemahkan Alkitab, yang mana tidak jarang para pakar saling berantem, merasa paling benar dan lain sebagainya,
intinya iman tetap terpelihara….mereka bekerja keras supaya ALKITAB dapat dimengerti dengan baik oleh pendengar…dan tak jarang juga memang, akibat terjemahan ini bisa lahir kesesatan…, so kembali ke kita, semua sudah ada, bagaimana kita merespon TUHAN akan menentukan bagaimana kita membaca terjemahan-terjemahan itu semua…

salam

26 07 2010
Jubahitam

@hh anda mmbandingkan reporter dg penulis alkitab,ingat penulis alkitab dibimbing oleh roh kudus,jd ga blh salah. .yg saya masalahin bukan haramx babi tp babi diganti babi hutan,itu ga sama loh,orang sama orang utan jg ga sama,trus gmn dg ayat yg yesus kutip yg trnyata tdk ada d PL?yesus blg “ada tertulis” loh,bukan “ada tersirat”. .
@jelasnggak kalo poligami=zina brati abraham,yakub,daud,salomo brzina krn poligami? Jd yesus keturunan para pezina, . .OMG,btw knp yahweh ga protest pd mreka ya kalo emang poligami=zina? Hmmm

26 07 2010
parhobass

@all
lanjutan final;

jika kita perhatikan nama2 bible terjemahan itu maka
1, umumnya adalah terjemahan berbahasa Inggris, wajar karena bhs Inggris adalah bhs dunia, dan bhs Inggris amerika saja sudah berbeda dengan bhs Inggrisnya Inggris sendiri, jadi tentu penerjemahan juga berbeda…, dan karena penerjemahan bahasa Inggrislah biasanya banyak pertentangan ditemukan, contohnya, siapa yang pernah dengar orang protes tentang penerjemahan Alkitab Bahasa Batak? ngga ada sepertinya…padahal kalau diperhatikan penerjemahan bahasa batak itu lebih canggih dibanding TB LAI…

2. perhatikan nama2 alkitab terjemahan tersebut; biasanya selalu dibubuhi dengan nama Version, contoh King James Version, New International Version, d.l.l, itu sebenarnya menjelaskan banyak hal, bahwa teknik penerjemahannyalah yang berbeda, bukan imannya, nyatanya orang2 Kristen juga yang menggunakannya…jadi karena ada kata Version, maka kalau membaca Version itu biasakanlah membaca kamus yang menyertai terjemahan itu juga, atau baca juga footnotesnya

salam
sekian dan terimakasih

27 07 2010
lovepassword

Kok belum apa2 sudah sekian sih. Padahal aku lagi seru-serunya membaca….

27 07 2010
lovepassword

Gak ada yang sedang ketawa cah…..Hi Hi Hi, kecuali guru TKmu…. :D

Salam ya cah….

See You

27 07 2010
fanya

@ Om LP

Iya tuh Om, ibarat hujan2 beli mie kuah, baru makan sesuap eee … mie nya tumpah!!………….hik hik hik…

27 07 2010
lovepassword

Iya nih…

Om Par…, Mie kuahnya bagaimana bila ditambahi , biar yang menikmati lebih puas ? ^_^

27 07 2010
fery

aduh penting banget ya bedain babi dgn babi hutan? kekekek
kalo Yesus memang keturunan pendosa, krn rencana Tuhan ya menebus dosa2 manusia menempatkan diriNya memikul dosa2 itu. Ttg poligami, alkitab menyatakan ketidaksetujuannya tidak dgn protes, tp bisa dibaca di PL cerita2 akibat dr poligami spt perceraian, seksmaniak, broken home, inces dll. jd gak perlu diproytes, kan itu keputusan manusia alias freewill

27 07 2010
fanya

Bijak sekali yg dikatakan Om Parhobass:
“…..maka kalau membaca Version itu biasakanlah membaca kamus yang menyertai terjemahan itu juga, atau baca juga footnotesnya..”
:
:
:
dmk pula …kalau membaca memaparkan Version itu biasakanlah membaca membuat “kamus” yang menyertai terjemahan paparan itu juga, atau baca juga footnotesnya, biar orang yg masih awam mudah memahami dan tak keliru menginterpretasi….

salam

27 07 2010
parhobass

@fanya

hhehehe, kan Anda yang selalu ngotot menggunakan KBBI, piye toh…
dikasih penjelasan malah selalu bawa KBBI…

beli lagi mienya biar kumasak lagi hehehhe

27 07 2010
hh

jh,
Firman Tuhan itu diterima dengan berbagai cara dan bisa ditulis seketika pada saat diterima dan bisa juga beberapa waktu setelah itu.

Hal hal yang selalu dituduh salah adalah data data sejarah, misalnya umur raja, jumlah pasukan, jumlah kuda, dll. Jadi, yang salah bukanlah pesan yang disampaikan Tuhan, melainkan hanya data sejarah di saat mana pesan itu diterima.

Jika Pesan Tuhan kepada manusia diterima melalui mimpi hendak ditulis, disitulah peranan Roh Kudus untuk menerangi pikiran sipenerima pesan untuk mengingat dan menuliskannya, tidak untuk jumlah pasukan. Wajar kalau ada perbedaan antara buku yang satu dengan buku yang lain bukan?

Babi atau babi hutan, sama saja itu, kawan,,,,,,,, bedanya hanya diternakkan dan liar. Itu terjemahan saja. Kalau gandum diterjemahkan jadi padi, kan tidak apa apa, kawan? Ilalang diterjemahkan jadi simareme-eme (mirip padi), juga tidak salah.

Disebutkan ada tertulis, tetapi sepertinya tidak ada, itu karena anda menuntut harus persis sama kata-katanya. Tersurat dan tersirat sama saja.
Jangan kuatir, hal yang mendukung dari tulisan yang lain pasti ada.

Tentang poligami = zinah saya kurang tau, yang saya tau tentang itu adalah: Tuhan tidak mengijinkan poligami. Dari awal sekalipun, Tuhan menciptakan satu laki laki dan satu perempuan. Manusialah yang menambah nambah itu. Kalau menurut saya, kemauan poligami tidak lebih karena ingin mencicipi lebih dari satu. Itu saja. Berabe bukan?

Tentang latar belakang silsilah Yesus ada yang poligami, dll, hal itu tidaklah menghalangi Tuhan untuk memenuhi janjiNya menebus/menyelamatkan manusia. Apakah karena tidak satupun manusia yang tidak berdosa, maka janji penebusan itu tidak dipenuhi? Kecuali Sang Juruselamat itu melakukan dosa,,,,, sudah tentu jadi masalah besar.
___________
Tuhan tetap/senantiasa protes (tidak setuju) terhadap poligami. Karena kedegilan manusialah maka hal itu terjadi. Perhatikan akibat poligami yang dilakukan oleh Abraham, anak dari istri poligaminya itu harus diusir. Bayangkan itu.
Dalam perjanjian baru, larangan itu kembali dipertegas. Cukup satu suami dan satu istri.

salam

Anda itu termasuk orang yang emosian dalam berkomentar. Ingat kawan, kita ini diskusi ttg agama lho…. jangan campurkan emosi emosi, biasakan menulis nama pakai huruf besar, sekalipun sangat dibenci.

salam

27 07 2010
Jubahitam

@hh
Jk yg diharamin babi,maka smua jenis babi akan haram,jk yg diharamin kusus babi hutan maka babi ternak halah,<=tuh kan artinya beda?
Ttg poligami,yahweh mmbuat peraturan kpd org yg poligami,dan Dia tdk menyiratkan apa lg mnyuratkan ktidak stujuannya,c0nt0h "jk seorang mempunyai dua org istri,. . . . .ulangan 21:15< brati poligami adl suatu yg lazim dlm PL,
Ttg ayat yg yesus kutip yg tdk ada dlm PL,ini aneh,sebab biasanya jk yesus brkata "ada tertulis" itu emang ada dlm PL,misal "jangan engkau mencobai Tuhan Allahmu".jk emang ada ayat tsb mskipun tdk sama persis,ada d kitab apa?pasal & ayat brapa?

28 07 2010
mr. sectiocadaveris

Jk yg diharamin babi,maka smua jenis babi akan haram,jk yg diharamin kusus babi hutan maka babi ternak halah,<=tuh kan artinya beda?

kenapa diributkan babi dengan babi hutan? memangnya babi dan babi hutan berbeda susunan tubuhnya (jumlah taringnya dsb)? kalau babi hutan saya pindahkan ke peternakan, itu gimana? atau kalau babi ternak saya lepaskan di hutan, apa perlu diributkan? jgn terlalu sempit dlm berfikir bung

28 07 2010
Jubahitam

Jk yg ditulis “Babi” maka ini akan umum mas,smua kluarga babi akan haram,jk kusus “babi hutan” maka cm babi hutan yg haram.babi yg biasa diternak sama babi hutan itu beda mas,babi hutan punya taring

28 07 2010
fery

wakakak orang dgn Orangutan begimana mas??? wakakakk

28 07 2010
parhobass

@Jubahitam

mau tanya
1. apakah semua binatang ada di daerah mesir menuju israel?
2. biar lebih khusus, apakah babi hutan yang seperti di Indoensia ada di daerah Mesir menuju Israel…

salam

28 07 2010
Fanya

@rasul Rodry

Biar tambah pinter nih fanya kasih info ya:

Babi Hutan dan Babi Ternak beda Species dan beda Ordo (gerejanya beda juga kali ya hihihi…)

Babi Hutan (Species: Sus scrofa; Ordo : Cetartuidactyla)
Daerah penyebarannya adalah di hutan-hutan Eropa Tengah, Mediterania (termasuk Pegunungan Atlas di Afrika Tengah) dan sebagian besar Asia hingga paling Selatan di Indonesia. Banyak diantaranya yg sdh punah shg Babi Hutan masuk dlm daftar merah IUCN, yaitu daftar status perlindungan berbagai jenis hewan dan tumbuh-tumbuhan yang dikeluarkan oleh IUCN (International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources, Serikat Antarbangsa bagi Konservasi Alam).

Babi Ternak (Species: Sus Domesticus Ordo: Artiodactyla;
Tersebar dan diternakhampir di seluruh belahan dunia.

Dalam budaya Bataksaja marga (dhi. species) sangat menentukan tatanan kehidupan masyarakat Batak bukan?

Sebagai contoh, anda mustahil dibenarkan menikahi Lulu atau Joy Tobing meskipun mereka wanita2 idaman, pilihan dan cantik2. Mengapa? karena leluhur anda tlh menggariskan bahwa sesama marga Lumban Tobing HARAM utk anda nikahi bukan? Bahkan bukan hanya marga L.Tobing yg haram dinikahi, melainkan juga marga lain yg termasuk Si Opat Pusoran (dlm hal ini tolog koreksi fanya kalau keliru).

Salam

28 07 2010
mr. sectiocadaveris

menurut referensi Kitab Suci, babi dan babi hutan diharamkan krn memiliki kuku belah, tidak memamah biak dan memiliki taring (?).
yang saya tanyakan adl ttg perbedaan struktur babi dgn babi hutan, apakah signifikan perbedaannya (keduanya sama2 berkuku belah dan tidak memamah biak) seperti yg dipermasalahkan oleh mr.jubahitam

lalu tiba2 datanglah @fanya dari antah berantah, malah bercerita tentang sebaran habitat @babi di dunia yang hampir punah (pelajaran IPS kelas 5).
mau nimbrung tapi sayangnya nggak nyambung xixixi :mrgreen:

maaf ya mbak, coba ke sebelah aja dulu.

28 07 2010
Fanya

@rasul Rodry

tambahan dikit nih… boleh khan?

1. Tentang ketentuan HARAM.

Jika larangan (pengharaman) menikah dgn orang semarga atau marga tertentu yg ditetapkan oleh nenek moyang yg hakekatnya adalah manusia juga, tanpa memandang reasoning-nya namun senantiasa diindahkan bahkan dipegang teguh oleh segenap marganya, bagaimana dgn larangan atau pengharaman yg ditentukan oleh TUHAN ? mestinya lebih diindahkan bukan?

2. Tentang obyek pengharaman.

BABI selaku obyek pengharaman adalah GENUS. Ketika yg diharamkan adalah BABI, maka semua GENUS BABI menjadi haram hukumnya.

Babi hutan, Babi ternak dan babi-babi lain adalah SPECIES. (termasuk babi ngepet juga kali ya….? hihii…………)

Ketika yg diharamkan disebut sbg BABI HUTAN (species), maka hanya species itu sajlah yg haram dan species-species lainnya jelas TIDAK HARAM.

Maka dari itu, perubahan obyek hukum dari BABI menjadi BABI HUTAN jelas merupakan manipulasi data yg membawa konsekswensi hukum sangat besar terhadap subyek2 hukumnya!

Salam

28 07 2010
parhobass

@fanya

mau tanya
1. jenis babi apa yang ada di daerah mesir menuju israel?
2. biar lebih khusus, apakah babi hutan yang disebut sus scrofa ada di daerah Mesir menuju Israel..

tentu set waktunya sektiar 1400SM s/d sekitar tahun 500SM

salam

28 07 2010
Fanya

@ rasul Rodry
menurut referensi Kitab Suci, babi dan babi hutan diharamkan krn memiliki kuku belah, tidak memamah biak dan memiliki taring (?)…..
:
:
:
=====
hihihi……. dlm Imamat dan Ulangan bunyinya:… “memiliki kuku belah, tidak memamah biak saja …tanpa “taring” loh….

nih fanya copas dari SABDA:

– Im. 11:7 Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu.
– Ul. 14:8 Juga babi hutan, karena memang berkuku belah, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu. Daging binatang-binatang itu janganlah kamu makan dan janganlah kamu terkena bangkainya.
– Im. 11:26 yakni segala binatang yang berkuku belah, tetapi tidak bersela panjang, dan yang tidak memamah biak; haram semuanya itu bagimu dan setiap orang yang kena kepadanya, menjadi najis.

kalo beginuh…. siapa yg salah ya?? hihihi….

salam

28 07 2010
Fanya

@Om Parhobass yg penyabar,

fanya tidak tahu dan tidak melihat relevansi utk memikirkan jenis babinya karena Alkitab pun hanya merefer BABI (genus) tanpa menyebut jenis (species).
koq untuk sesuatu yg begitu mudah untuk diimani seakan jadi begitu sulit sehingga harus memikirkan dan merefer pd “jenis babi yg hidup di daerah Mesir sekitar 1400SM s/d sekitar 500SM.

Bukannya Om sebelumnya tegas2 mengatakan tidak boleh gunakan “pikiran”, dan hanya gunakan Iman dlm mempercayai dan mematuhi perintah2 Tuhan?

28 07 2010
parhobass

@fanya

kalau tidak tahu dan tidak bisa melihat relefansinya y sudah, saya tidak akan melanjutkan…

kata Anda:

Bukannya Om sebelumnya tegas2 mengatakan tidak boleh gunakan “pikiran”, dan hanya gunakan Iman dlm mempercayai dan mematuhi perintah2 Tuhan?

tanda kutipmu itu sudah bermasalah, sehingga Anda salah mengerti kalimat saya, dan anjuran saya kepada Anda…

salam

28 07 2010
Fanya

@rasul Rodry
…..yang saya tanyakan adl ttg perbedaan struktur babi dgn babi hutan, ….
:
:
:
perbedaan struktur babi? …… perbedaan struktur binatang? … ga pernah denger pertanyaan seperti itu…..hihihi paling2 : “struktur tulang belakang” atau Struktur Organisasi…… hehehe.

Setahu fanya sbg orang awam, perbedaan hewan ditentukan berdasarkan Kerajaan; Filum; Kelas; Upakelas; Infrakelas; Ordo; Famili; Upafamili dan Genus.

Iya, mustinya fanya masuk fak Kedokteran kali biar ……bisa sombong hihihi.

see you

28 07 2010
mr. sectiocadaveris

tanpa “taring” loh….
.
.
.
makanya saya tulis di komen sebelumnya
dan memiliki taring (?)
sekali lagi
dan memiliki taring (?)
lagi lagi
dan memiliki taring (?)
perhatikan ada tanda tanya di belakang taring! artinya memang saya pertanyakan, tidak ada di kitab suci
saya tulis demikian karena komen mr.jubahitam (lihat di atas!)
.
.
.
betul kata amang parhobass, kamu memang tidak pernah membaca segala sesuatunya dgn teliti. tolong lain kali jangan asbun, ya. baca dulu baru ngomong.

28 07 2010
Fanya

@ rasul Rodry

OK …OK, dalam masalah “taring” fanya akui salah.
(sial!… gara2 komen ngawur yg nggak bedain antara kutipan pernyataan orang lain dgn pernyataan sendiri…).

fanya tergerak ikut komen gara-gara anda mengatakan tak ada perbedaan signifikan antara Babi Hutan dgn Babi Peliharaan. Ditinjau dari aspek biologis mungkin tidak terlalu berbeda, tapi dari aspek hukum jelas sangat berbeda. Sehingga terbukti karena dlm Alkitab ditulis BABI HUTAN, maka BABI TERNAK (Sus Domesticus) yg bukan species babi hutan, tidak diharamkan oleh umat Katolik maupun Kristen Protestan.

Itulah pentingnya menjelaskan perbedaan penulisan BABI ( yg GENUS) dgn BABI HUTAN (yg SPECIES).

Bang Rodry biasa makan daging babi khan?

Salam

28 07 2010
Jubahitam

@yg tanya
1.bs aja smua binatang dr mesir menuju israel (dulu afrika & asia menyatu,blum ada terusan suez)
2.td kan uda dikutip,babi hutan tersebar dr afrika.. .bla . . Bla . . Bla. . .sampe indonesia . Gini aja,saya bilang “saya akan menggoreng ikan2 yg ada dikolam itu(ada banyak jenis ikan d k0lam tsb)”maka hal ini brati smua ikan akan digoreng tanpa kecuali,kalo saya blg “saya akan menggoreng ikan mujaer yg ada dikolam itu”maka selain ikan mujaer ga akan digoreng,sm0ga anda faham,trus ayat yg saya minta mana?yg dikutip yesus yg trnyata tdk ada dlm PL?bolehlah meskipun tdk sama persis,kalo emang tdk ada,brati jelas ayat tsb,emang DIBUANG dr PL

29 07 2010
Mulak

Oke. Segera ke TKP. Tapi bagus juga kalau diulas di sini. Penasaran juga: Apa saja sih kesalahan2 al quran?

29 07 2010
Mulak

Terima kasih pada Lae HH

Untuk apa mentaati sunat kalau tidak mengasihi Tuhan dan manusia?

Sangat setuju Lae. Tetapi …

1. Tuhan Yesus mestinya punya pendapat sendiri tentang sunat. Tapi kita tidak tahu persis tentang pendapatnya itu. Tapi kenyataan bahwa Tuhan Yesus di sunat bisa jadi indikasi dari pendapatNya.

Harusnya sebagai umat yg cinta Tuhan, kita mengikuti pendapatNya itu (yg diindikasikan dari kesediaannya bersunat). Tetapi mengapa “dianulir” oleh Paulus.

Bukankah ajaran Tuhan lebih tinggi daripada ajaran Paulus?

2. Ajaran baru yg dibawa Paulus ttg Sunat itu mestinya bertentangan dengan ajaran Tuhan Yesus. Nah inikah yg dimaksud dengan: kesalahan substantif dalam Alkitab?

29 07 2010
Mulak

@ Lae Parhobass

2 pernyataan itu kuturunkan dari pernyataan Lae Jeph dalam induk tulisan. Aku juga tidak tahu jenis, sifat dan kedalaman kesalahannya.

29 07 2010
onanon

Nga palelenghu antong ndang mampir disi

29 07 2010
hh

Tetapi mengapa “dianulir” oleh Paulus. Bukankah ajaran Tuhan lebih tinggi daripada ajaran Paulus?
=>Lae, sunat itu adalah sebagai tanda perjanjian. Israel sebagai bangsa pilihan, yang akan di tempatkan di zion sebagai umat yang memelihara ibadah yang sebenarnya kepada Tuhan pencipta alam semesta, Israel harus mengerat kulit katan semua laki laki.

Setelah bangsa Israel menolak Yesus, dan puncaknya ketika membunuh Stevanus karena mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, predikat bangsa pilihan yang sudah disandang bangsa itu sekian lama, menjadi tidak berlaku lagi. Bangsa Israel tidak lagi menjadi saluran berkat bagi bangsa lain. Dengan ini, maka sunat sebagai tanda perjanjian itu tidak berlaku lagi.

Lae, Paulus sama sekali tidak menganulir hal sunat itu, karena Paulus tidak melarang orang untuk bersunat. Perhatikan kembali Roma 2:27 tersebut
Kalau bangsa bangsa yang tadinya tidak bersunat mau menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, tetapi mepertahankan tradisi tidak bersunat, apakah mereka harus dihalangi? Tentu tidak bukan?
———-
2. Ajaran baru yg dibawa Paulus ttg Sunat itu mestinya bertentangan dengan ajaran Tuhan Yesus. Nah inikah yg dimaksud dengan: kesalahan substantif dalam Alkitab?
=>Yesus sebagai umat Israel, ketika berumur 8 hari disunatkan oleh orangtuanya. Yesus tidak pernah menyinggung tentang sunat dalam semua ajarannya, mungkin karena sunat itu hanyalah sebagai tanda perjanjian, tidak bersangkut paut dengan perangai. Hal hal yang diajarkan Yesus adalah bagaimana kerajaan surga itu, dan bagaimana orang harus berperilaku untuk mewarisi surga tersebut.

Jadi, begitulah, lae, Yesus tidak pernah mengajar khalayak ramai tentang sunat.

Horas

29 07 2010
hh

Hehehe, nyuruh orang buka hati dan telinga, malah hati dan telinganya sendiri tertutup. Susah memang kalo mencampurkan emosi dengan tindakan.

salam

29 07 2010
hh

Tolong dijawab donk, pertanyaan saya diatas: Mengapa kalian mengharamkan daging babi, padahal yang sejenis dengan babi: tidak memahbiak atau tidak berkuku belah, kalian sikat semua.

Ada apa, saudara2?

salam

29 07 2010
hh

@jh,
kalo emang tdk ada,brati jelas ayat tsb,emang DIBUANG dr PL.
=>Mikir mas, untuk apa itu DIBUANG?

29 07 2010
Mulak

Kata Lae Jeph:

Kekristenan itu ada 650 th sebelum Islam, bgmn mungkin Islam MEMPREDIKSI Alkitab?

Ajaran KETUHANAN (tentang Tuhan) dari agama mana ya, yang lebih sesuai dengan ajaran Nabi Abraham (yang dahulu kala); ajaran kristenkah atau ajaran orang2 islam dungu itu?

Kalau dilihat urutan sejarahnya:
Ajaran Nabi Abraham —> Kristen –> Islam

Mungkinkah PERGESERAN ajaran ketuhanan ini yg dijadikan indikasi bahwa Alkitab telah diubah?

29 07 2010
Jubahitam

Aduh ditanya malah balik nanya,gpp deh saya jwb semampu saya(soalnya saya msh awam),bgini,alasan diharamkannya babi krn tdk memamah biak,brkuku belah bla bla bla itu kan menurut taurat,maaf kami ga pake taurat utk mnjadi pegangan dlm masalah agama kami,cukup alquran & hadits

29 07 2010
parhobass

@Jubahitam

baiklah kalau ternyata jawaban hanya menduga-duga, akhirnya memang bisa ketahuan membaca Alkitab hanya menduga-duga…

saya sebut judulnya sekarang
BABI
hehehhehe
Suatu point utama bagi sobat sekalian,tidak semua orang Kristen makan babi, ada juga yang tidak, tetapi bukan alasan keagamaan, ada yang karena alasan keagamaan juga sebenarnya, dalam hal ini Kristen yang keyahudi-yahudian….
di batak sendiri meski ada Kristen, ada juga yang tidak makan babi, namanya parsubang….
tetapi harus diingat, “Segala sesuatu karena anugerah”, jadi bukan karena perbuatan ini dan itu sehingga layak di hadapan TUHAN, jadi kalau saudara muslim diskusi tentang perbuatan ini dan itu, termasuk BABI, sia-sia saja…..
tetapi, timbul pertanyaan, tetapi kan di Alkitab dicatat supaya tidak makan BABI…. nah mari kita bahas Alkitabnya,….
BABI, apakah sus hutan, atau sus saja? (sus=babi, bhs latinnya saja)
kitab Taurat, Imamat mencatat:

Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu.
Imamat 11:7

biasanya Alkitab akan dipotong di sini, dan tidak cukup di situ pemotongannya, melainkan fokus di babi hutannya.
nah orang yangsedikit hati2 tentu akan mempertimbangkan ciri2nya… yaitu berkuku belah/kuku bersela panjang, tidak memamah biak….

apakah penjelasannya cukup di situ?
ternyata tidak, penyanggaha setelah lupa ciri di atas, akan semakin lupa dengan ayat yang berikutnya, yaitu:

Daging binatang-binatang itu janganlah kamu makan dan bangkainya janganlah kamu sentuh; haram semuanya itu bagimu.
(Imamat 11:8)

di atas, bahasa aslinya disebut hahazir, dengan artikel ha, artinya spesifik, menyatakan spesies, dalam hal ini sus hutan diterjemahkan, tetapi dari ciri2 yang disebut itu semua BABI masuk,…
lalu kenapa di sebut hahazir atau babi hutan, karena memang dari awalnya orang Israel yang berjalan dari Mesir menuju Kanaan tidak pernah memakan babi, tidak pernah menternakkan babi, jadi babi apapun itu disebut saja babi hutan, karena hidupnya di hutan alias tidak diternakkan,… apalagi dengan adanya hukum ini, tambah sengsaralah BABI itu hehehhe udah ngga dimakan, ngga dipelihara, najis lagi ya toh …..

timbul pernyataan, ah ngada2 saja kamu parhobass….
hmmmm, itukan di atas penjelasan awal, supaya sedikit membuka pikiran,…

nah karena sudah memotong ayat ciri-ciri, lalu memotong ayat setelah ciri-ciri, biasanya penyanggah akan sangat pasti lupa dengan ayat di lanjutannya yaitu:

yakni segala binatang yang berkuku belah, tetapi tidak bersela panjang, dan yang tidak memamah biak; haram semuanya itu bagimu dan setiap orang yang kena kepadanya, menjadi najis.
(Imamat 11:26)

nah di sini sudah dijelaskan, SEGALA BINATANG yang ciri-cirinya disebut di ayat 11 tadi termasuk haram..

lalu sebenarnya apa kunci utamanya?

kuncinya bukan di BABInya, tetapi di CIRI-CIRI..
karena orang Israel tidak pernah mengenal BABI maka ciri-cirinya disebut oleh TUHAN,…
dan setelah sampai di Kanaan, binatang dengan CIRI-CIRI tersebut ternyata diperlihara oleh orang kanaan, yaitu “sus rumahan” hehehhe…
nah yang tadinya mereka lihat di hutan, kemungkinan sus hutan, sekarang melihat “sus rumahan”, jadi dengan mengacu ciri-ciri, dan dengan tidak memotong2 ayat, jelas semua binatang degan ciri-ciri di atas haram….

timbul pertanyaan, kenapa Kristen makan babi?
jawab kasar dan singkatnya, karena Kristen bukan Yahudi…
untuk lebih jelasnya silahkan baca Kitab Kisah Para Rasul, dimana terjadi KONSILI PERTAMA di YERUSALEM… peserta, semua orang yang pernah melihat YESUS…

sekian dan terimakasih.
salam

29 07 2010
Joni Sinambela

Jubahhitam

Biasanya yg memakai jubah hitam itu kan Pendeta HKBP ? Apa kau ini Pendeta ??

29 07 2010
Jubahitam

@hh
bukti2 udah mengarah “pembuangan ayat” yg yesus kutip tsb(buktinya tdk ada dlm PL),lalu knpa ayat tsb dibuang?loh org bukan saya yg mmbuang,ya saya tdk tau, misal gini =>si A membunuh pembantu di rumah saya,lalu saya lapor polisi kalo si A telah membunuh PRT tsb dg BUKTI rekaman kamera CCTV,apakah lantas polisi akan nanya sama saya apa motif si A membunuh PRT saya?he. . .he. . .aya2 wae

29 07 2010
parhobass

@Jubahitam

pertanyaannya sebenarnya adalah….

Apakah dengan tidak memakan babi itu Anda menjadi kenal dengan YESUS, menjadi kenal dengan ALLAH?

saya yakin dan percaya tidak.

buktinya?
di jaman Pelayanan Yesus, banyak otoritas Yahudi yang lebih ketat dari Anda melakukan semua hukum taurat, nyatanya tidak mengenal ALLAH….

contohnya,
jika Babi sesuai Alkitab Anda tidak makan,
lalu kenapa Sea Food yang sesuai Alkitab juga Anda makan?
artinya Anda telah memotong Alkitab, mengkorupsi Alkitab….

so siapa yang mengkorupsi sekarang? allah Anda tentunya sehingga Anda ikut2an….

gitu kawan

29 07 2010
Jubahitam

@joni
saya muslim
@parhobass
knp org2 yahudi zaman yesus tdk mengenal Allah,krn mreka kaum munafik “mereka mengajarkannya tp tdk melakukannya”(MAT 23:3) bukti kita cinta pd Tuhan adlh menaati sgala printah dan larangan,lalu knp ada sbagian yahudi yg ketat dlm menaati taurat tdk mengenal Tuhan?krn mreka taat cm utk ingin dipuji manusia(mark 12:38) jk dulu seafood haram,kelinci haram,unta haram trus dlm agama kami tidak,itu bukan brati Tuhan korupsi ayat,tp Tuhan BERHAK merubah peraturan2nya,misal anak dr adam boleh menikah dg sodara kandung mreka,kmudian slanjutnya tdk boleh,apa ini Tuhan korupsi?tidak,tp mrubah peraturan adalah hak Sang Pembuat peraturan,baru kalo manusia yg merubah,itu korupsi (paulus .red)

29 07 2010
parhobass

@Jubahitam

hipokrit namanya itu kawan
jika allah Anda berhak mengubah peraturan, lalu kenapa Anda tidak berpikir juga bahwa ALLAH mengubah peraturan juga untuk Kristen hheheheh;

karena allah Anda telah mengkorupsi Alkitab maka Anda ikut2an,
salah satunya adalah, kalau Anda teruskan pemacaan Tauratnya, maka akan Anda temukan, bahwa semua hukum itu tidak boleh dikurangi dan tidak boleh ditambahi…

nah kalau allah Anda mengurangi dan mungkin ada yang ditambahi berarti allah Anda tidak taat kepada TUHAN,…

jika Anda masih ngotot mengatakan bahwa TUHAN sama dengan allah Anda berarti Anda sedang menuduh bahwa TUHAN mencla mencle dan tidak konsisten mengubah ubah sendiri peraturannNYA,
tetapi sepertinya TUHAN tidak seperti itu, saya yakin itu allah Anda, bukti lainnya apa? bukti allah yang mencla mencle antara lain, dengan mengatakan YESUS ditukarkan dengan seseorang yang mirip dengan DIA, itu artinya allah yang egois dan penipu, sementara TUHAN dan ALLAH tidak berdusta ok,

penjelasannya begini kawan;
TAURAT itu diberikan supaya Anda mengenal kekudusan TUHAN
diberikan kepada YAHUDI, karena pada darah YAHUDI sedang disiapkan MESIAS yang akan datang…
MESIAS sudah datang,…
dan mari menerima MESIAS itu…
MESIAS sdah menunjukkan semua tuntutan HUkum Taurat, yaitu tuntutan untuk hidup kudus dan suci, dimana landasannya adalah Hukum Kasih…

Hukum itu mematikan, tetapi Kasih itu menghidupkan..
kalau Anda membawa2 taurat maka seharusnya Anda sudah mati sekarang, contohnya karena Anda makan sea food, tetapi Hukum memang mematikan, karena itulah YESUS mati, hukuman karena keberdosaan yang diperhitungkan karena ada Taurat diangkat oleh Yesus di salib, sehingga ALLAH YAng mengaku Penebus itu Konsisten, tidak ditukarkan seperti kata allah Anda… IA angkat semua hukuman mati akibat taurat di salib, supaya kita hidup. Kenapa bisa begitu? karena ALLAH adalah Kasih (baca Yohanes 3:16),… Jadi Tuntutan hukum taurat sudah selesai, karena Mesias sudah datang, dan karena Mesias sudah mati, bangkit dan naik ke sorga,;… maka marilah kembali ke hukum utama, yaitu KAsihilah…
sebab dengan begitulah Abraham dan bapa2 iman lainnya hidup dan beroleh selamat, bukan karena Taurat, karena Taurat belum ada, dan oleh karena itulah kita layak memanggil Abraham bapa orang beriman, bukan bapa orang yang taat pada taurat hehehehe…

salam deh…

sudah waktunya penyesat dihilangkan sehingga kita memiliki pikiran serhat…

29 07 2010
Jubahitam

Tuhan merubah peraturanNya bukan berati tuhan mencla mencle,tuhan kasi umatNya peraturan kmudian menggantinya itu DISESUAIKAN dg keadaan n kmampuan umat tsb,misal dokter ngasih resep ke anak kecil dan org dewasa gak sama,meskipun penyakitnya sama,krn dokter tau kondisi pasiennya,lalu apa kita protest “dok, kasi resepnya kok ga sama,dokter mencla mencle ni” gak kan?,bgitu jg Tuhan tau kondisi umatnya yg terus brkembang,maka peraturannya jg brkembang,mengapa praturan tsb tdk brubah utk org kristen(umat yesus)?krn yg mrubah bukan Tuhan,tp mahluknya,cz yesus sendiri blg “turutilah dan LAKUKANLAH segala sesuatu yg diajarkan mereka kepadamu”(mat 23:3) ini brati Tuhan msh mmpertahankan peraturannya(taurat .red),blum saatnya utk dirubah. Saya tdk mengartikan penggantian Isa yg disalib itu sbg penipuan,tp penyelamatan Tuhan utk nabiNYA(Isa),kalo anda tetep mengartikan itu sbg penipuan,saya jg bs mengartikan nubuat yesus dlm PB sbg penipuan,misal “sebab seperti Yunus tinggal dalam perut ikan tiga hari tiga malam,demikian juga Anak manusia akan tinggal dalam rahim bumi TIGA HARI TIGA MALAM.(matius 12:40) faktanya yesus tinggal dlm rahim bumi cuma 2 malam 1 hari (jumat malam dikubur,minggu pagi udah bangkit)

29 07 2010
asimi rohakki

Abraham hidup bukan karna Taurat tetapi Iman,sesiapa yg masih hidup menurut hukum taurat ia dibawah kutuk…..

29 07 2010
parhobass

@Jubahitam

yah terserah Andalah, itu sudah iman kamu berarti,…
tetapi saya katakan ALLAH ALKITAB, bukan ALLAH pendusta dan suka mengubah hukumNya,

allah Anda mungkin dan dari contohnya di atas sudah pasti suka mengubah2, dan oleh karena itu allah yang Anda sembah sekarang bukan ALLAH….

kalau Anda mau mengenal ALLAH, pelajari Alkitabnya dengan baik…sebelumnya terima ROH KUDUS… karena hanya oleh ROH kita tahu kebenaran karena IA adalah Kebenaran… biar ngga ada kesan tipu2,
ALKITAB menjadi tipu2 karena mata Anda penuh tipu2, akibat allah Anda sudah tipu2, OK,… jadi bacalah Alkitabnya dari Yang Benar, yaitu TUHAN Semesta Alam..

dan ngga usah diperpanjang diskusi kita berdua, sudah terbukti Anda hanya salah kutip saja, OK…

nb.
“Satu hari” menurut Anda, belum tentu dan sudah pasti tidak “Satu hari” di daerah Palestina sana…

29 07 2010
parhobass

@asimi,

tepat sekali…
siapa yang mau tunduk kepada Taurat, lakukanlah sepenuhnya,
tetapi gimana mau lelakukan sepenuhnya saudara Jubahhitam susah merombak hukum itu, antaralain babi tidak ia makan, tetapi seafood ia bantai…

dan lebih parah lagi,
sudah tidak makan babi, tetapi TUHAN tidak ia kenal…

aneh

29 07 2010
Jubahitam

Trserahlah,cz uda saya katakan dr awal,kami org islam tdk hidup dibawah taurat, tp alquran hadits lah pegangan kami,bukanx satu hari=dimana matahari terbit sampai matahari terbenam.ktika ada sbuah peraturan,lbih baik mematuhinya meskipun mungkin tdk bs spenuhnya,dr pd tidak sama skali

29 07 2010
hh

Mas jh,
…Dia tdk menyiratkan apa lg mnyuratkan ktidak stujuannya (ttg poligami)
=>Secara tersurat memang tidak ada dalam perjanjian lama, tetapi secara tersirat, ada!
1. Tuhan menciptakan manusia satu pasang = 1 laki laki dan 1 perempuan. Hal ini berarti pasangan yang dikehendaki Tuhan adalah 1 laki laki dan 1 perempuan.
2. Mari perhatikan ketidaksejuan Tuhan akan tindakan poligami yang dilakukan oleh Abraham yang harus mengusir Hagar dan anaknya Ismail, mengerikan bukan? Perhatikan tindakan Hagar yang merendahkan Sarah karena Hagar telah mengandung, sikap seperti itulah salah satu yang tidak dikehendaki Tuhan dari manusia: “MERENDAHKAN ORANG LAIN”.

Abraham menyandang predikat nenek orang percaya, karena dialah satu satunya yang melakukan ibadah yang benar kepada Tuhan benar (pencipta alam semesta), yang lainnya melakukan ibadah kepada berhala ciptaan masing masing.

Nah, perilaku dari manusia manusia yang beribadah kepada Tuhan yang tidak benar inilah perilaku berpoligami itu. Mereka melanggar ketentuan sebuah rumah tangga yang sudah ditentukan oleh Tuhan: 1 dan 1. Abraham, sebagai orang yang hidup dalam lingkungan yang berperilaku seperti itu, terpengaruh juga, sekalipun Tuhan telah menjanjikan akan bahwa Abraham akan mendapat keturunan dari istrinya Sarah.
———
Ttg ayat yg Yesus kutip yg tdk ada dlm PL, ini aneh, sebab biasanya jk Yesus brkata “ada tertulis” itu emang ada dlm PL.
=>Pasti ada itu, mas jh. Mungkin harus ditafsirkan, karena pesan Tuhan yang disampaikan kepada manusia sering dengan lambang, kiasan, dll. Contohnya: Matius 26:24,
Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan.
=>Secara tertulis, dalam Perjanjian Lama, dengan kata kata yang mengatakan bahwa Yesus harus pergi (mati), memang tidak ada, tetapi semuanya itu telah dilambangkan dengan penyembelihan domba paskah, yang dimulai saat bangsa Israel keluar dari perhambaan di Mesir. Sama seperti darah domba yang dibubuhkan di ambang atas setiap pintu menyelamatkan anak sulung dari bangsa Israel, demikianlah darah Yesus yang menyelamatkan umat manusia dari kebinasaan, karena Domba Paskah yang sesungguhnya (Penebus) adalah Yesus Kristus. 1 Korintus 5:7, Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.
———
diterjemahkannya menjadi babi hutan bukanlah untuk mengharamkan babi hutan dan menghalalkan babi ternak, babi hutan juga dimakan kok, malah lebih enak babi hutan (tapi gak usah dicoba ya, mas?) Hehehe.

Salam

29 07 2010
parhobass

@jubahitam;

nah, karena Anda tidak hidup di bawah Taurat, itu menandakan banyak hal,
1. Anda telah mengkorupsi Taurat, terbukti allah Anda mengurangi sea food,d.l.l
2. Anda sengaja menghubung2kan Taurat karena ada BABI nya eehhehehe, sehingga dapat menyalahkan Kristen..
3. Anda akan berkata Anda lebih menuruti Alkitab ketimbang Kristen sendiri

Sebaiknya memang Anda lebih beriman kepada allah Anda, daripada harus menyinggung2 ALLAH, karena ngga bakalan kuat,….

salam

29 07 2010
Jubahitam

Ketika zaman taurat diturunkan,manusia uda tersebar luas di dunia,ini sangat aneh sekali jk tuhan cm menurunkan 1 peraturan saja yaitu taurat.smentara taurat cm utk org yahudi

29 07 2010
Jelasnggak

daging babi tidak makan tapi daging lain suka sekali.

Sampai 2, 3 atau 4 kali tambah.

ck..ck..ck.

itu moral…

muna maya.

30 07 2010
pinggol

@Jubahitam

si empunya blog ingin mematahkan tuduhan dari kitab NABI ARAB, bukan membicarakan isi Alkitab!

30 07 2010
Jubahitam

Objek dr yg anda sebut dg “tuduhan nabi arab” itu adlh isi alkitab,kami sbg pengikut “nabi arab” brusaha utk mncari bukti “tuduhan” tsb,tdk ada jalan lain kcuali dg isi alkitab itu sndiri,krn kalo cm pake alquran ntar “nabi arab” dituduh menuduh tanpa dasar/bukti ato ntar dituduh cm melihat agama tsb dg kacamata islam lg. . .hi. . hi. .hi

30 07 2010
hh

Jh,
Abraham menjadi bapak orang percaya, karena di seluruh dunia hanya Abraham yang beribadah dengan benar kepada Tuhan yang benar. Karena itu Tuhan menjanjikan bahwa keturunan Abraham melalui anaknya yang akan dilahirkan oleh Sarah akan menjadi suatu bangsa pilihan dan menjadi saluran berkat bagi seluruh bangsa.

Tuhan telah memilih Sion sebagai tempat kedudukanNya di bumi, dan sebagai tempat ziarah menghadap Tuhan bagi seluruh bangsa. Tuhan akan menempatkan bangsa Israel di Tanah perjanjian dimana Sion berada.

Karena Tuhan telah memilih bangsa Israel menjadi saluran berkat bagi semua bangsa, tentu Hukum Tauran diberikan kepada bangsa Israel dan akan diberitakan kepada semua bangsa.

Jadi tidaklah aneh bila Hukum Taurat itu diberikan kepada bangsa Israel, dan Hukum Tuarat itu tidak hanya berlaku bagi bangsa Israel saja.

salam

30 07 2010
parhobass

@Jubaitam

tidak ada yang aneh, tetapi tambahan iseng dari jawaban lae hh

allah Anda saja mengutip satu ayat dari Imamat 11:7a, tentang babi, jadi bisa jadi allah anda itu adalah orang Yahudi yang tahu taurat….

iseng saja

30 07 2010
Jubahitam

Oh ya? Taurat brlaku jg utk slain bangsa israel?adakah sejarahnya bhw slain bangsa israel menggunakan taurat?faktanya yahudi tdk menyebarkan agama mereka,krn memang agama yahudi kusus utk keturunan israel

30 07 2010
Jubahitam

@hh
Oh ya? Taurat brlaku jg utk slain bangsa israel?adakah sejarahnya bhw slain bangsa israel menggunakan taurat?faktanya yahudi tdk menyebarkan agama mereka,krn memang agama yahudi kusus utk keturunan israel
@parhobass
adakah bukti Tuhan saya adlh seorang manusia(yahudi)?bukannya itu tuhan anda,he. . He. . “apabila seorang nabi berkata demi nama Tuhan dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai,maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN. . (ulangan 18:20) faktanya perkataan Muhammad semuanya terjadi misal
1.dr Alquran
“Telah dikalahkan bangsa Romawi.di negri yang terdekat,dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang.dalam beberapa tahun (lagi). . (QS ar rum :2-4) pdahal romawi pd wktu itu diambang kehancuran,tp alquran menjamin kemenangan r0mawi krn emang nubuat dr Tuhan.
2.dr hadits
pd wktu nabi menyampaikan surat pd raja persia utk memeluk islam,raja tsb murka dan merobek surat nabi tsb,lalu nabi mendengar hal tsb lalu brsabda “Allah akan merobek kerajaannya” dan prkatan nabi tsb trgenapi pd masa kekhalifahan umar.lg. .nubuat ttg ahir zaman bhw di akhir zaman manusia brlomba2 membangun gedung yang menjulang tinggi,perzinahan dilakukan dg terang2an dll,dan itu trbukti pd zaman kita skrg ini,
jd ga ada bukti bhw muhammad bukan utusan Tuhan

30 07 2010
parhobass

@jubahitam
daripada diskusi Alkitab, mending diskusi yang lain, karena ngga ada benarnya kalau Anda yang ngomong…

saya katakan saya sedang iseng, karena ada kutipan Imamat 11:7a di agama Anda, mungkin dikutip oleh allah Anda,

kenapa saya bilang dikutip?
karena kalau ngotot mengatakan allah Anda adalah TUHAN,
berarti Anda sedang menuduh ALLAH mengubah2 hukum…

eh mau tanya mas, emang Raja Persia itu kapan hancurnya?

30 07 2010
parhobass

@jubahitam

si Gurita Paul, semua ramalannya tepat..

menurut logika jubahitam

maka Gurita Paul adalah utusan Tuhan…

aneh saja

30 07 2010
Jubahitam

@parhobass
mas apa ada ceritanya nabi itu dr seekor gurita?ttg Tuhan yg merubah aturannya sudah saya jelaskan pake analogi(dokter & pasien),oya. . 1 lg,tuhan anda (yesus) pun pernah mengganti peraturan yg ia buat sendiri.yesus melarang muridnya pergi ke bangsa selain Israel(matius 10:5-6) namun stelah kebangkitannya dia menyuruh muridnya pergi ke semua bangsa(matius 28:19) apa dsni tuhan anda jg plin plan ato mencla mencle.krajaan persia brhasil dtakhlukkan pd masa kekhalifahan umar dlm prtempuran qadisiyah

30 07 2010
Robinson A. Sihotang

@ Jubahhitam

tuhan anda (yesus) pun pernah mengganti peraturan yg ia buat sendir
.
.
Hehehe …
Ada tertulis siapa engkau manusia yg hendak menghakimi AKU ..
Membaca kitab suci tanpa iman hanya akan menimbulkan perdebatan tanpa henti..

30 07 2010
lovepassword

Menurutmu Parhobass yang keren, apakah ada masalah jika Allah merubah hukum ?

Salam Bos…

30 07 2010
lovepassword

Mengatakan Allah tidak boleh merubah hukum itu juga bisa saja salah satu cara manusia menghakimi Allah , bener atau bener ? He he he

30 07 2010
Jubahitam

@robinson
spertinya pesan yg anda sampaikan lbih cocok utk sodara anda parhobass,krn sejak dr awal saya tidak ada masalah jk Tuhan merubah2 peraturanNya krn Tuhan Maha Tahu kemampuan umatNya,jd disini siapa yg menghakimi Tuhan?

30 07 2010
parhobass

@Jubahitam

A. Dalil Anda yang mengatakan bahwa 2 nubuat nabi Anda telah terpenuhi maka layaklah disebut utusan Tuhan, saya bertanya, Paul si Gurita paling tidak telah melakukan 6 ramalan, lalu layakkah ia disebut utusan Tuhan?…
jadi meski bisa digunakan tetapi tidak selalu menjadi patokan. Atau kalau Anda alergi dengan kalimat hiperbola saya itu, mari diskusikan mama Lauren yang telah meramal sekitar 10-an, dan tepat terjadi, apakah ia utusan Tuhan?

B. Yesus mengubah peraturan? jadi maksud ANda kalau Yesus mengubah peraturan berarti allah Anda juga layak mengubah peraturan?
hmm hipokrit lagi kawan, logika yang salah, buruk dan absurd.
Sekali lagi, kalau Anda mengutip Alkitab pasti sudah salah, kenapa? karena Anda menafsirnya dengan logika Al Quran, ya jelas salah. Perihal Yahudi dulu di ajar Yesus, itu tak lepas dari Taurat itu, Taurat diberikan kepada Yahudi, lae hh sudah jawab di atas, nah karena di dunia dari jaman bahola sampai pra Kristen, seluruh dunia, hanya Yahudi yang mengenal dan menyembah ALLAH yang benar, lainnya tidak ada, nah karena itulah Mesias dari Yahudi, dan nabi2 rata2 semua YAHUDI,… lalu setelah Mesias datang, harus Yahudi jugalah yang dipersiapkan untuk memberitakan kasih TUHAN,.. buktinya semua Kristen awal adalah Yahudi… jadi ada penugasan ada waktu penggenapan. Yesus menggenapi dulu semua Taurat, dan setelah selesai baru mengabarkan hasil kerja itu ke seluruh dunia… ingat, semua daratan Arab pernah menjadi Kristen tanpa pedang melainkan oleh mujijat dan kuasa, setelah PEDANG ISLAMlah hancur satu persatu…

Terimakasih atas info kekalahan kerajaan persia Anda..
menurut Anda ada berapa kali kerajaan Persia berkuasa?

salam

30 07 2010
parhobass

@lovepassword

a. kita tidak bisa mengatur TUHAN. TEPAT
b. TUHAN berwahyu. TEPAT
c. Wahyu itu salah satunya TAURAT; TEPAT
d. Di TAURAT dikatakan, JANGAN ADA YANG MENGUBAH. TEPAT

e. jika TUHAN mengubah TAURAT, lalu bagaimana menyuruh manusia jangan mengubah DIA sendiri mengubah?

f. Karena IA setia dan Adil; maka IA mengharapkan kita Setia dan Adil
g; Karena Kristus baik, kita diharapkan baik.
h. f dan g terjadi karena ROH ALLAH diberikan kepada kita…
i. ROH ALLAH adalah ROH YANG BENAR, BENAR karena IA tidak berdusta, tidak berubah, kekal

sementara dalami dulu point2 ini baru kita lanjut

30 07 2010
lovepassword

Apakah dengan omonganmu ini kamu mau ngomong Allah semestinya tidak merubah Hukum karena ada pernyataan begitu ???

30 07 2010
hh

@Jubahitam (09:29:14) :

Yesus melarang muridnya pergi ke bangsa selain Israel(matius 10:5-6) namun stelah kebangkitannya dia menyuruh muridnya pergi ke semua bangsa(matius 28:19) apa dsni tuhan anda jg plin plan ato mencla mencle.
=>Mas jh,
Ada pepatah: Who begins too much accomplishes little. Ibarat belajar ngetik lho, mas jh, satu huruf satu jari, itu dulu diulang ulang trus sampe mahir, setelah itu baru huruf yang lain. Jadi, klo mau lancar ngetik blind system dan bisa ngetik ucapan orang, harus satu satu dulu tuts itu dikuasai.

Yesus menyuruh murid-muridNya supaya tidak menyimpang ke jalan bangsa lain, termasuk Samaria, adalah supaya mereka tidak kaku/canggung, karena itu pengalaman pertama bagi mereka tidak bersama dengan Yesus, dan segaligus sebagai latihan bagi murid-murid itu.

Sebelum pergi ke SELURUH DUNIA, Yesus menyuruh mereka ke tempat tempat yang biasa mereka kunjungi bersama Yesus. Dan, perhatikanlah, sebagai latihan, mereka disuruh berdua dua agar saling menyokong dan menolong. Kalau langsung sendiri sendiri, bisa kacau.

Latihan ini sangatlah perlu, karena setelah resmi bertugas nanti, mereka akan dianiaya, bahkan di hukum mati.

So, my friend, Yesus tidak merobah perintahNya. Tidak mencla mencle. Tetapi menerapkan suatu strategi yang mantap untuk mepersiapkan mental murid-muridNya.

Lagi pula ada tertulis:
Roma 1:16, Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.
Roma 2:10, tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani.

Salam sejahtera untukmu, bro Jh.

30 07 2010
hh

Jubahitam (06:17:38) :

Oh ya? Taurat brlaku jg utk slain bangsa israel?=>Seperti yang sudah saya coba uraikan diatas, bahwa Tuhan telah memilih bangsa Israel sebagai saluran berkat, dan telah memilih Sion menjadi tempat kedudukanNya, dan akan menjadi temat ziarah bagi seluruh bangsa untuk menghadap Tuhan, tentu, segala peraturan yang Tuhan telah berikan kepada bangsa Israel {Terutama untuk Mengasihi Tuhan dengan segenap hati (hati tidak bercabang ke tuhan/ilah lain karena Tuhan itu ESA), dan mengasihi sesama manusia sama seperti diri sendiri}, tentu peraturan itu berlaku bagi semua bangsa.
———
adakah sejarahnya bhw slain bangsa israel menggunakan taurat?
=>Karena kedegilan manusia yang menyebabkan itu. Bangsa Israel sendiri, yang melalu mereka disampaikan peraturan itu, tidak sepenuhnya mereka turuti.
Tetapi ingat, sejarah tercatat dalam alkitab, orang orang dari penjuru dunia datang ziarah ke Sion untuk menghadap Tuhan dan melakukan persembahan/korban sembelihan.
———–
Faktanya Yahudi tdk menyebarkan agama mereka,
=>Itulah kelemahan utama manusia (tidak hanya bangsa Israel saja), cenderung untuk tidak menurut perintah Tuhan. Dapatkah mas jh bayangkang, bahwa, Adam dan Hawa yang sempurna dan bisa bertemu Tuhan, melanggar perintah Tuhan? Apalagi setelah manusia berdosa?

Begitulah bangsa Israel, tidak tunduk sepenuhnya akan perintah Tuhan. Coba bayangkan, bangsa Israel yang sudah merasakah betapa besar tuntunan Tuhan kepada mereka sepanjang perjalanan menuju Tanah Perjanjian, pada saat mereka berada di tepi sungai Jordan hendak menyeberang, mereka kembali menyembah kepada ilah lain yang disembah oleh bangsa bangsa yang tidak mengenal Tuhan (Bilangan 25:1-9)

Begitu juga setelah mereka mewarisi Tahan Perjanjian itu, mereka tidak setia kepada Tuhan, sampai akhirnya mereka ditolak sebagai umat Pilihan.
————-
krn memang agama yahudi kusus utk keturunan israel.
=>Pada prinsipnya, yang disebut agama (religion) adalah kepercayaan kepada Tuhan dimana Tuhan memberikan peraturan kepada manusia untuk dituruti. Penurutan kepada Tuhan ini adalah sebuat ibadah, dan ibadah inilah yang belakangan ini disebut sebagai agama.

Ibadah yang diharapkan Tuhan dari manusia adalah mengasihi Tuhan dan sesama manusia. Upacara ibadah yang diharapkan Tuhan dari manusia adalah melakukan upacara korban sembelihan, karena itu adalah lambang dari penebusan yang akan dilakukan, agar manusia dapat terhindar dari kebinasaan.

Karena tidak ada lagi manusia yang melakukan upacara ibadah itu kepada Tuhan pencipta alam semesta, melainkan kepada ilah buatan mereka sendiri, kecuali Abraham, maka Tuhan memilih keteurunan Abraham melalui anaknya dari Sarah menjadi bangsa yang akan memelihara ibadah yang benar kepada Tuhan yang benar, agar menjadi contoh abadi kepada semua bangsa.

Jadi upacara ibadah keagamaan itu bukanlah khusus untuk keturunan Israel. Israel hanyalah sebagai saluran dari berkat/anugrah penyelamatan yang dari Tuhan itu.

Istilah agama Yahudi, barulah belakangan ini muncul.

Upacara ibadah keagamaan berupa korban sembelihan itu telah ada sepanjang sejarah manusia setelah berdosa. Hanya, diingatkan kembali melalui bangsa Israel.

Jadi upacara itu bukanlah agama Yahudi, dan bukan hanya berlaku bagi keturunan Yahudi.

sorry, agak panjang.

salam

30 07 2010
Jubahitam

@parhobass
A.tdk layak,krn gmn dia mengajar manusia sdangkan dia tdk bs bicara.ayat alkitab mengatakan “jk seorang nabi perkataannya tdk sampai” apakah gurita paul mengaku nabi?tidak
B.saya hanya mengikuti alur logika anda,ktika saya blg tuhan berhak merubah hukum yg dibuatNya sendiri,anda blg tuhan ga akan melakukan tsb krn tuhan ga mgkin mencla mencle,dan ktika saya kutip PB kalo tuhan anda jg merubah peraturan yg dia buat sndiri,anda blg logika saya salah.anda berdalih yesus menggenapi nubuat dulu,nubuat taurat yg mana?penggenapan nubuat (ntah nubuat yg mana) adl kehendak tuhan,sedangkan penugasan jg kdhendak Tuhan.jd perubahan dr penggenapan & penugasan itu sama2 kehendak Tuhan.saya ambil contoh lg dulu anak adam boleh menikahi saudara kandung mereka,tp dikemudian hari prnikahan dg sodara kandung dilarang.apa dsni tuhan mencla mencle?

30 07 2010
parhobass

@Jubahitam;

A. Nabi Tuhan
kata Anda sebelumnya:

“apabila seorang nabi berkata demi nama Tuhan dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai,maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN. . (ulangan 18:20) faktanya perkataan Muhammad semuanya terjadi misal
1.dr Alquran
“Telah dikalahkan bangsa Romawi.di negri yang terdekat,dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang.dalam beberapa tahun (lagi). . (QS ar rum :2-4) pdahal romawi pd wktu itu diambang kehancuran,tp alquran menjamin kemenangan r0mawi krn emang nubuat dr Tuhan.
2.dr hadits
pd wktu nabi menyampaikan surat pd raja persia utk memeluk islam,raja tsb murka dan merobek surat nabi tsb,lalu nabi mendengar hal tsb lalu brsabda “Allah akan merobek kerajaannya” dan prkatan nabi tsb trgenapi pd masa kekhalifahan umar.lg. .nubuat ttg ahir zaman bhw di akhir zaman manusia brlomba2 membangun gedung yang menjulang tinggi,perzinahan dilakukan dg terang2an dll,dan itu trbukti pd zaman kita skrg ini,
jd ga ada bukti bhw muhammad bukan utusan Tuhan

A1. gini mas Jubahitam, kutipan Anda kan Alkitab, so jika Anda mengutip alkitab, maka seharusnya Anda juga menggunakan standard Alkitab untuk menjelaskan apa itu nabi… nah karena Anda telah menggunakan standard allah Anda untuknabi, tetapi memakai Alkitab karena katakanlah ada perkataan nabi junjungan Anda yang benar, maka itu sudah amburadul.
A.2. Jadi kalau Anda sudah tidak memakai standard Alkitab, maka standard Anda sebenarnya di benarnya, bahwa benar terjadi yang dikatakan nabi junjungan Anda.
A.3. Jdi karna bukan A1, dan nyata2 A2, maka saya pakailah hiperbola Gurita Paul dari sisi apa yang ia ramalkan benar…, sebab hanya itu yang berlaku…

A4. timbul sanggahan, tetapi nabi junjungan saya adalah nabi, karena allah mengatakannya,
A.5. Karna bukan A1, dan A2 dan Anda melakukan A.4 maka timbul pertanyaan,
siapa yang mengakui nabi junjungan Anda nabi?, jawabnya allah Anda,
siapa yang mengakui allah Anda?, jawabnya Al Quran sudah berkata begitu.
siapa yang mengakui Al Quran?,.. nabi Anda melalui allah Anda,…
mbuuuleet ajah di situ….

A.6 Tetapi semisallah Anda masih ngotot menggunakan Kitab Ulangan di atas,….maka seharusnya Anda juga membawa Ulangan 13:1-5,..dikatakan semisalpun ada seorang yang mengaku nabi, mampu melakukan mujijat, tetapi jika ia mengajak kita menyembah selain TUHAN ALLAH, maka nabi itu harus dihukum mati…
so mari bertanya apakah allah Anda sma dengan ALLAH?
bisa ya bs tidak
tetapi jika allah Anda telah memperbolehkan makan sea food, sementara yang lain tidak, artinya mengubah2 hukum, berarti sangat dipastikan allah Anda bukan ALLAH, itu adalah allah lain, dan otomatis…..ya otomatis Ulangan 13:1-5 di atasjuga harus berlaku…

B. Logika tidak mengubah hukum.
YESUS sedang menggembalakan Yahudi dahulu, kalau itu sudah selesai baru menggembalakan yang bukan Yahudi. Itu yang saya sebut pengenapan dan penugasan… Jadi tidak mengubah hukum namanya itu ok. yang namanya mengubah hukum adalah contohnya
tahun 1400SM, kamu tidak boleh makan sea food
tahun 632 M, kamu boleh makan sea food

emangnya apa yang digenapi? apa penugasaanya? tidak ada…..

tahun 32M Kamu jangan dulu memberitakan Injil di luar Israel, karena Aku sedang mempersiapkan kalian
tahun 34M Kamu sudah siap, Aku akan naik ke sorga, dan sekarang pergilah memberitakan apa yang sudakh Aku katakan, Aku akan menyertai kalian sampai ke ujung-ujung dunia…..

gitu saya kira logikanya…..

salam

31 07 2010
Jubahitam

@hh
jk memang perintah taurat utk sluruh bangsa,maka tuhan akan memerintahkan nabinya utk mengabarkan taurat kpd smua bangsa,tp nyatanya tdk,kita ambil contoh yosua,disini Tuhan tdk memerintahkan yosua utk mengabarkan taurat,tp Tuhan merintahkan utk menumpas org2 Kanaan
@parhobass
trserah anda klo anda beranggapan Tuhan yg mengutus muhammad bukan Tuhan yg sama dg Tuhannya Musa,krn klo branggapan Tuhan yg sama,maka anda mengamini kerasulan muhammad. . He. . He. . Tp asal anda tau saja,muhammad memerintahkan utk menyembah Allah yaitu Allah yg menciptakan langit,bumi,manusia dll dan melarang menduakanNya, mengenai perubahan perintah Tuhan saya kasi contoh lg,dlm 10 perintah Tuhan,Tuhan melarang umatNya utk membunuh,tp ktika sampai di Kanaan,Tuhan memerintahkan utk meng-genosida org2 Kanaan ” demikianlah Yosua mengalahkan seluruh negeri itu,Pegunungan,Tanah Negeb,Daerah Bukit dan Lereng Gunung beserta semua raja mereka. Tidak seorangun yang dibiarkannya lolos,tetapi ditumpasnya semua yang bernafas,SEPERTI YANG DIPERINTAHKAN TUHAN,Allah israel.(Yosua 10:40)

31 07 2010
parhobass

@jubahitam

saya bukan beranggapan TUHAN sama dengan allah Anda,
tetapi semisal dipaksakan sama, justru nabi junjungan Anda kelihatan tidak nabinya,…..
standard alkitab menyebutnya nabi palsu…..
dan tentu Anda tidak mau disebut begitu kan?

jubahitam,….
untuk membaca Alkitab, harus ada harmonisasi,… jgn pake standard Al Quran, kenapa?
karena itu tadi, kalau Anda beranggapan allah Anda sama dengan ALLAH maka Anda pakailah standard Al Quran Anda, padahal apa yang Anda ucapkan itu yaitu Alkitab sudah menjatuhkan vonis kepada Al Quran Anda, allah Anda sebagai allah lain, tuhan lain, … jadi bagaimana mungkin menceritakan yang benar?….

jadi daripada membawa semua kutipan2 Anda dari Alkitab mending diskusi yang lain, karena saya yakin semisalpun diterangkan tentang kutipan2 Anda itu, tujuannya hanya dua, membuat Anda malu atau membuat Anda semakin penuh amarah,…

karena maksud yang Anda selipkan di kutipanitu akan berakhir seperti masalah BABI di atas…..

ok bung Jubahitam…..

31 07 2010
Jubahitam

@perhobass
dimana letak saya pake standart alquran?saya katakan skali lg saya cm mengikuti alur logika anda,ktika anda blg ALLAH tdk akan merubah peraturan yg dia buat sendiri dan ktika saya bacakan ayat alkitab yg menggambarkan TUHAN merubah peraturanNya anda katakan saya salah memahami alkitab, gini aja,kan saya bilang Tuhan saya entah itu yahweh,allah,sang hiyang widi,trserah yg penting adalah Tuhan yg menciptakan.nah Tuhan saya ini berhak merubah peraturan yg Dia buat sndiri.nah ternyata pemahaman saya ttg Tuhan sejalan dg konsep Tuhan yg ada dlm alkitab yg mampu merubah peraturanNya yg telah Dia buat sndiri (bukti=>Dia melarang membunuh,tp dia memerintahkan gen0sida di tanah Kanaan) nah pemahaman anda ttg allah yg tdk akan merubah peraturan yg dia buat sndiri trnyata brtolak belakang dg ayat alkitab td,jd allah anda lah yg bukan TUHAN ALLAH nya alkitab.ok

31 07 2010
parhobass

@Jubahitam

a. TUHAN berkata jangan memakan babi
b. allah Anda berkata jangan memakan babi

karena a dan b,maka TUHAN dan allah pasti sama

c. TUHAN bisa mengubah hukum. contohnya memerintahkan pembunuhan suku-suku di Kanaan
d. allah mengubah hukum dari tidak boleh memakan sea food menjadi boleh makan sea food

karena c dan d, maka TUHAN dan allah pasti sama

e. Alkitab menceritakan TUHAN
f. Al Quran menceritakan allah…

tetapi karena a,b,c,d di atas maka allah pastilah TUHAN, … karena agak mirip2…

miripnya dimana?
g. TUHAN berfirman: “Akulah pencipta segala sesuatu”
h. sesembahan batak kuno juga berkata; “Ahu do simula jadi nabolon”, (sayalah asal mula segala sesuatu, kira2 gitu terjemahannya),…

oleh klaim g dan h, maka TUHAN pasti sama dengan sesembahan batak kuno..

ANEH,

Jubahitam, sudah saya katakan, Anda harus menggunakan Alkitab untuk menjawab Alkitab, jadi mending diskusi yang lain,….

1. Jangan membunuh
2. Allah berfirman : “Bunuhlah semua orang kanaan”…

pertanyaan, sadarkah si Jubahhitam ini bahwa ALLAH itu ESA?
korelasinya apa parhobass?
TUHAN YANG MAHA KASIH adalah TUHAN YANG SAMA dengan TUHAN YANG MAHA KUDUS?

benar,
korelasinya masih belum nangkap neh

TUHAN YANG ESA, YANG KUDUS tidak berkenan dengan orang Kanaan yang telah hidup tidak kudus…,

koq bisa?

yah orang Kanaan itu telah menyembah allah lain sejak 1000 tahunan silam, sejak jaman Nuh, sampai jaman Yosua,….dan kesabaran TUHAN tidak mereka pandang sebagai waktu untuk bertobat…

sedemikian, YESUS yang mati buat kita memberi kesabaran yang luar biasa, sudah hampir 2000 tahun, nah kalau Anda tidak memandang kesabaran itu sebagai kasih karunia untuk bertobat,maka hal yang sama akan Anda alami seperti orang Kanaan itu, Anda akan mati di bakar di api kekal, karena masanya akan tiba, bahwa Kristus yang sama yang menyelamatkan oleh kasihNya, dan yang sama juga akan duduk di dalam Penghakiman…..

jadi Israel dan Kanaan telah menjadi contoh akan maksud dan penugasan dan penggenapan,…..

pertanyaan,
apakah Anda mendapat itu dari Alkitab?
kalau Anda membaca Alkitabnya pasti Anda mendapatkannya….

salam

31 07 2010
supini sofia siahaan

walo dengan berbagai macam bahasa, menurut saya Firman itu tidak akan kembali dengan sia sia .. biar kan semua orang berimprovisasi dengan pemahaman masing2, tapi hendaklah itu di lakukan dengan damai. God bless You ^_^

31 07 2010
Jubahitam

@perhobass
org Islam blg Allah yg menciptakan,org hindu blg sang hiang widi yg menciptakan,org yahudi blg YHVH yg menciptakan,ini cm masalah nama,tp tetep merujuk pd satu sosok yaitu Yang Menciptakan itu td.okelah misalpun Tuhan saya ga sama dg Tuhan alkitab,its OK,coz saya sadar saya ga butuh pengakuan alkitab krn bukan kitab agama saya.yg jd masalah yaitu aqidah anda tdk sama dg alkitab,
a.aqidah anda=>Allah gak akan merubah Peraturan
b.ALLAH alkitab pernah merubah peraturan.
Jd allah anda allah yg mana?

31 07 2010
parhobass

@Jubahitam,

org Islam blg Allah yg menciptakan,org hindu blg sang hiang widi yg menciptakan,org yahudi blg YHVH yg menciptakan,ini cm masalah nama,tp tetep merujuk pd satu sosok yaitu Yang Menciptakan itu td.
Pencipta memang hanya Satu, TIADA duanya…
tetapi kita harus hati-hati seperti saya sebut di atas,

g. TUHAN berfirman: “Akulah pencipta segala sesuatu”
h. sesembahan batak kuno juga berkata; “Ahu do simula jadi nabolon”, (sayalah asal mula segala sesuatu, kira2 gitu terjemahannya),…

dari klaim yang sama, bisa saja kesimpulannya bahwa ALLAH sama dengan sesembahan orang batak kuno,…
tetapi apakah cukup di situ?, ngga kan?…
nah banyak juga allah lain denga klaim yang sama… pertanyaannya,.. cukupkah dikalaim itu?…

okelah misalpun Tuhan saya ga sama dg Tuhan alkitab,its OK,coz saya sadar saya ga butuh pengakuan alkitab krn bukan kitab agama saya.
Nah karena Alkitab bukan kitab yang Anda akui sebagai sumber Anda yang didasari dari bukan agama Anda, maka sebaiknya tidak usah membaca secara buta Alkitab… setuju ngga?,

yg jd masalah yaitu aqidah anda tdk sama dg alkitab,
Nah inilah salah satu contohnya, Anda telah menggunakan Alkitab demi menyisipkan maksud Anda,…. emang secara kasat mata Kriten tidak tahu bahwa jika dipotong-potong Alkitab penuh kekacauan?.. kita juga tahu, dan karena kita tahu maka kami Anjurkan Anda untuk tidak memotong, contohnya seperti maslah BABI di atas…. nah kalau Anda membawa terus kelinlungan Anda mengenai Alkitab itu smakin terlihat kekacaaun Anda,dan Anda tidak mau dibilang kacau kan?….

a.aqidah anda=>Allah gak akan merubah Peraturan
b.ALLAH alkitab pernah merubah peraturan.
Jd allah anda allah yg mana?

nah sekarang sudah saya jelaskan di atas, apa yang Anda sebut mengubah aqidah ternyata bukan mengubah, hanya masalah harmonisasi yang perlu Anda pelajari, ….
tetapi Anda akan ngotot, terbukti mengubah koq,… terbukti mananya? sudah dijelaskan ada maksud, tujuan dan penggenapan serta penugasan…
yang jelas-jelas mengubah adalah dengan metode begini,
…tahun 1400SM tidak boleh makan babi
…tahun 644 M, boleh makan babi

itu sudah mengubah,…. dan pasti allah yang mengaku ALLAH di tahun 644 itu allah lain….kalau dilengkapkan perbandingan antara ALLAH dengan allah sbb
….tahun 1400SM, tidak boleh makan babi
….tahun 30M, semua hukum tidak ini dan tidak itu akan Aku tanggung akibatnya disalib, jadi hiduplah oleh Kasih Karunia Kristus…
…tahun 644M, Kristus di tahun 30M itu sebenarnya bukan Kristus meski namaNYA AL MASIH, .. dan karena bukan Kristus meskigelarnya Al Masih (ingat Kristus artinya sama dengan Al Masih) maka tugasNya di salib tidak berhasil, .. jadi mari kembali ke Hukum, tetapi kurangilah, ubah saja dibagian sea food….

kalau Alkitab bukan kitab agama Anda, so apa kitab agama Anda?
apa agama Anda?

31 07 2010
asimi rohakki

@Parhobas;tetap kuatkan iman mu lae,bukan kita yg memilih TUHAN tapi DIA lah yang memilih kita,biarkanlah Jubahitam itu sampe capek menyelidiki Alkitab,mudah2an ROH KUDUS menjamahnya bukankah karna satu org bertobat seluruh malaikat sorgawi bersorak-sorai ? ai ndang di halomohon roha NI JAHOBA hamaten ni parjahat alai mulak ma nian parjahat i tumadingkon dalan na asa malua ibana

31 07 2010
asimi rohakki

@jubahitam:bagi TUHAN, 1 dosa = mati

31 07 2010
Fanya

@asimi rohaki, Om Parhobass

“…..bukan kita yg memilih TUHAN tapi DIA lah yang memilih kita,…..”

======

bukan kita yg memilih TUHAN, ……. bukan kita yg memilih TUHAN ….
bukan kita yg memilih TUHAN, tapi DIA lah yang memilih kita ….. (???)
Lho …., jadi bukan manusia yg memilih tokh….??? katanya……….?? [^_^]

Salam

31 07 2010
parhobass

@asimi rohakki,

hehehe amin lae…..
kasian sebenarnya lae, baik seh menyelidiki, tetapi sangat disayangkan kalau di dalam penyelidikan itu menarik kesimpulan dengan salah….

toho do i lae, tung ala asi ni Tuhanta i do na tabaritahon asa unang mae si Jubahitamon ….

@fanya

parafrase Kristen itu memang agak membingungkan kepada orang yang tidak memahami, tetapi yang sesama Kristen itu pasti memahaminya,… nah parafrase yang begitu ajah bs membuat Anda bingung dimana yang berbicara masih kita2 ini, apalagi yang berbicara nabi, rasul di Alkitab ya toh hehehhe

penjelasannya itu gini fanya:
ada tiga point utama
TUHANlah yang memilih dan bukan manusia
1. Manusia tidak sanggup menjangkau TUHAN, tetapi TUHAN sanggup menjangkau manusia, oleh karena itulah ada istilahnya pewahyuan, baik melalui Alkitab maupun melalui Yesus Kristus.
Dari situlah lahir anugerah. Dan kalau fanya percaya kepada anugerah, maka segala sesuatu adalah anugerah, segala sesuatu berasal dari DIA, oleh DIA dan untuk DIA….

2. Pada hakekatnya TUHAN sudah memilih kita, semuanya sudah dipilih, sejak dasar-dasar bumi diciptakan, bahwa segala sesuatu diciptakan demi kemuliaan TUHAN…tetapi dari semua yang terpilih itu tidak semua yang setia di dalam panggilan itu,tidak semua yang taat….
dan entah bagaimana, hanya TUHAN Yang tahu, bagaimana rata-rata orang batak menjadi Kristen, dari latar belakang ngga ada yang wah, pemakan manusia boooo, dari segi wawasan, hmmmm orang pedalaman ngga ada yang bisa dibanggakan, walau kekayaan literatus bisa dianggap kaya, dari segi kekayaan,… mungkin penghasilan masa baholak sana hanya hasil tanaman ladang dan sawah… tetapi TUHAN memilih tanah Batak untuk memulaikerajaanNYA di tanah Indonesia, yah bukannya sombong yah, di tanah bataklah pertama berdiri sekolah tingkat tinggi, dari tanah batak abad 19 sudah mengirim duta2 pelajar ke eropah sana,… dan dari tanah batak mengirimkan JONG BATAK untuk merembukkan Negara Kesatuan RI ya toh….saya sebutlah itu si Keras Suara yang lembut hati ehehhehe

3, kalau point ke dua agak sedikit aneh bagi Anda, maka point tiga ini semoga Anda mengert. Point 1 di atas sebenarnya berkorelasi dengan point 3 ini, yaitu TUHAN tahu apa yang IA lakukan. IA di dalam ROH menjelaskan segala sesuatu, dan kaena IA adalah ROH Kebenaran maka kita harus menerima DIA singgah di dalamhati, IA mengetok setiap pintu hati manusia agar dapat dibukakan, tanpa kecuali,…. termasuk Anda,…. karena itulah ADILLAH DIA menghakimi siapapun yang menolak DIA kelak, karena DIA sudah mengetok pintu hati setiap manusia, tetapi tidak semua manusia itu membukakan pintu hatinya.
Tidak kebetulan kan Anda berdiskusi di sini, jadi anggaplah itu sebagai cara TUHAN mengetok pintu hati Anda, dan tidak kebetulan jg si Jubahitammendapat penjelasansingkat ttg Alkitab di sini, anggaplah kesalahan pemahaman dia tentang BABI selama ini dan penjelasan duduk perkaranya di blog ini sebagai cara TUHAN mengetok pintu hatinya, dan bisa mengaku salah…
jadi jangan katakan dipenghakiman kelak, aku tidak pernah mendengar INJIL, ok…. kita semua sdh mendengarnya, tetapi tidak semua kita berkata YA….

31 07 2010
asimi rohakki

@Fanya ; kalo aku yg memilih TUHAN maka aku bukan umat pilihan tapi aku hidup karna anugrah bukan karna hukum…..

1 08 2010
Fanya

@ Om Parhobass & asimi rohaki yg baik

:……”parafrase Kristen itu memang agak membingungkan kepada orang yang tidak memahami”………….
:
:
:
——-

Ya gimana nggak bingun Om, dalam masalah “siapa memilih atau dipilih” dan pengharaman BABI saja jelas membingungkan, a.l. sbb:

1. Dlm artikel “Palsu”, pd komunikasi antara Reggi dgn Om Par dinyatakan sbb :

By: Reggi on July 29, 2010
at 9:54 am:
Menurut saya “Mengapa manusia bisa memililih?”, adalah karena manusia punya kemampuan untuk memilih, terlepas dari pilihannya benar atau salah.

By: parhobass on July 29, 2010
at 11:50 am
@reggi
Anda sungguh bijaksana reggi, itu tepat sekali,… karena memang manusia diciptakan diperlengkapi dengan “bisa memilih”….

Jika dikatakan bahwa Tuhan yg MEMILIH manusia untuk berada atau tidak berada didalam-Nya, ……., logikanya dan sepatutnya manusia tidak ada yg berdosa, karena ketika seseorang menjadi manusia beriman, bahkan menjadi manusia pilihan (rasul), adalah karena DIA tlh memilih ybs, sehingga posisi manusia selaku individu bukan sbg subyek (yg memilih) tetapi Oyek (yg dipilih). (lih. 1. Gal 1:1 Dari Paulus, seorang rasul, a bukan karena manusia, juga bukan oleh seorang manusia, b melainkan oleh Yesus Kristus c dan Allah, Bapa, d yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati. —> Paulus dipilih menjadi Rasul; 2. Kel 10:20 Tetapi TUHAN mengeraskan hati Firaun, sehingga tidak mau membiarkan orang Israel pergi. Kel 8:19 Lalu berkatalah para ahli itu kepada Firaun: “Inilah tangan Allah.” Tetapi hati Firaun berkeras, dan ia tidak mau mendengarkan q mereka—-seperti yang telah difirmankan TUHAN.)

2. Dalam masalah BABI

Fanya mohon jawaban pasti, apakah Babi ternak HARAM dikonsumsi oleh umat Kristen-Protestan dan Katolik? Hal ini fanya tanyakan karena menurut literatur yg fanya baca, maupun dari fakta dilapangan, umat Katolik dan Kristen Protestan umumnya mengkonsumi dan secara institusional tidak mengharamkan daging BABI.

Hal tsb menjadi menarik utk ditanyakan karena dlm Ul 14:8 tertulis sbb:
Juga babi hutan, karena memang berkuku belah, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu. Daging binatang-binatang itu janganlah kamu makan dan janganlah kamu terkena bangkainya.” Demikian pula dlm Im 11:7 – “Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu”.

Dalam pemahaman fanya, kata “JUGA” dan “DEMIKIAN JUGA” dihadapan kata “Babi hutan” jelas menunjukkan inklusifitas (penyertaan) Babi hutan selaku mahluk satu GENUS dgn BABI, (meski secara kasat mata fisiknya berbeda dgn Babi ternak) sebagai binatang yg HARAM untuk dikonsumsi.

Demikian, mhn penjelasan.

Salam

1 08 2010
lovepassword

@Fanya dan Parhobass : Seperti biasa, Parhobass itu memang ahli menyederhanakan masalah . Hi Hi Hi.

Dalam soal pilihan itu kaitannya dengan Kehendak Allah dan Kehendak Manusia, sering juga dikaitkan dengan konsep Predestinasi dan Kehendak Bebas. Lha itu jelas kompleks , seperti yang pernah kita diskusikan bersama dengan Parhobass tercinta. Itu diskusi yang aduhai panjang hi hi hi …

Dalam masalah babi juga aslinya dalam Kristen kalo kamu riset tidak sesederhana masalah orang luar gak paham orang dalam paham. Bukan itu persoalannya karena ini masalah yang juga kaya tafsir. Jadi kalo ada yang ngomong seakan gitu itu yah biasalah cara ngeles yang indah itu. ^_^

Masalah haram/halal makanan dalam Kristen , atau kita batasi saja dengan babi biar gampang. Ada banyak sudut pandang, banyak penafsiran pro dan kontra.

Ada yang dalam tanda kutip “menganggap halal”, ada yang tidak makan. Lha penjelasan pengharaman maupun penghalalannya juga bisa berbeda-beda. Bahkan yang sama2 menghalalkan atau mengharamkan alasannya bisa berbeda.

Bagi yang mengharamkan, antara lain mengacu :

– Pada ayat hukum makanan dalam PL termasuk Ulangan itu yang sudah dikutip
Ada juga pernyataan misalnya hukum tidak berubah atau Allah itu konsisten sehingga tidak mungkin mengubah-ubah aturan karena berarti tidak konsisten. Kalo ada ayat misalnya dalam Petrus mengenai perintah makanan haram, sudah jelas bahwa mimpi itu simbol agar Petrus terbuka terhadap bangsa2 lain bukan secara eksplisit diartikan Allah menghalalkan makanan haram .
– Ada yang ngomong bahwa aslinya makanan terbaik manusia itu tumbuhan, lha manusia makan hewan itu gak bagus karena terpaksa setelah jaman nabi Nuh, baru sejak itulah manusia makan hewan , lha hewan yang boleh dimakan tentu diseleksi sehingga tidak terlalu meracuni manusia

Aneka pendapat soal ini antara lain bisa kamu baca di : ___dianweb.org/Doktrin/DAGING_HARAM.HTM

Bagi yang menghalalkan babi, bisa juga berbeda-beda alasannya :
Antara lain :

– Ada yang ngomong bahwa yang diharamkan itu babi hutan bukan babi ternak. Jadi mereka mengharamkan babi hutan tetapi tidak mengharamkan babi ternak
– Ada juga yang mengaitkan masalah halal dan haram ini dengan mimpi Petrus soal makanan . Pada suatu hari Petrus bermimpi ada makanan banyak sekali diantara makanan itu ada makanan yang tidak halal sesuai hukum Yahudi, Petrus diminta Allah makan makanan itu tetapi Petrus menolak. Lha Allah tetap meminta Petrus makan makanan itu. Bagi yang pro babi halal, ayat model itu dipakai, bagi yang menolak menganggap bahwa ayat itu harus dipahami konteksnya bahwa Allah tidak menginginkan Petrus melakukan diskriminasi terhadap bangsa non Yahudi.

– Ada yang mengaitkan dengan kata-kata Yesus : Bahwa yang mengharamkan adalah ucapan yang tidak baik sementara masalah makanan akan berakhir di ujung jamban.

karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu di buang di jamban? Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal”. Bagi yang menolak mengartikan ayat ini bahwa yang semua makanan memang halal tetapi yang haram jelas bukan untuk dimakan.
Sebagian mengatakan bahwa kalimat : Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal” adalah kalimat penambahan/penafsiran dalam penerjemahan.

– Ada yang mengaitkan bahwa karena Yesus berarti telah membawa manusia lepas dari kutuk hukum Taurat. Jadi halal atau haram babi itu nggak ada urusannya sama babi hutan atau babi ternak tetapi karena dengan hadirnya Yesus maka Taurat itu tidak lagi dianggap terlampau substansial. Kalimatnya mungkin bisa dibuat sendur merayu tetapi intinya itu. Manusia lepas dari kutuk Taurat sehingga dianggap masalah makanan halal/haram dsb dianggap tidak substansial.

Biar sebagai pembanding jawaban ala Parhobass, bisa juga misalnya dibaca :

http://dianweb.org/Doktrin/DAGING_HARAM.HTM

Saya tidak sedang mengadu domba yah, atau sekedar memakai ayat untuk ditabrakkan dengan ayat tetapi sekedar memaparkan fenomena dinamika-dinamika yang ada.

SALAM Semuanya

1 08 2010
Fanya

@Om LP

Terimakasih atas penkelasan dan link-nya. Tulisan Pdt. Hemat Sibuaea tsb sangat komprehensif dan menarik utk disimak. Meski fanya hanya membaca secara cepat, namun sebagaimana dipaparkan menjelang akhir paragraph bhw :

“Kemungkinan besar manusia yang hidup pada zaman pasca Air Bah itu mengartikan juga bahwa semua daging binatang yang bergerak itu boleh dimakan tanpa membedakan yang halal dan yang haram. Namun hal yang sebaliknya bisa juga terjadi yaitu bahwa manusia pada zaman itu sudah mengetahui tentang yang haram dan yang halal. Hal ini dapat kita perhatikan perintah Tuhan kepada Nuh untuk memasukkan ke dalam Bahtera itu tujuh pasang yang halal dan satu pasang yang haram (Kejadian 7:2).

Namun kalau kita perhatikan selanjutnya kemungkinan besar setelah Allah mengizinkan manusia memakan daging binatang maka mereka memakan jenis daging apa saja yang penting ialah enak tanpa membedakan apakah itu halal atau haram sehingga Allah menetapkan peraturan tentang daging binatang yang halal dan yang haram (Imamat 11:1-47; Ulangan 14:3-21). Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia (Kisah 5:29).”

jadi mudah dipahami bahwa Tuhan tlh menentukan hewan2 yg halal dan yg haram a.l. babi, utk dipatuhi dan diindahkan oleh manusia yg mengaku sbg umat-NYA.

Terimakasih, salam.

1 08 2010
parhobass

@fanya

pertama,
jangan salah mengutip dan lalu menerapkannya kepada hal yang lain,

Saya katakan TUHAN memperlengkapi manusia itu untuk dapat memilih. TEPAT apa ngga, pasti tepat saya katakan demikian.

apakah manusia bisa memilih Benar atau Salah? pasti bisa, sebab sudah memakan buah pengetahuan antara mengetahui Benar dan Salah…

kita stop dulu sementara di sini,
langsung ke masalah BABI..
sudah saya jelaskan di atas, sekiranya Anda membaca Imamat 11:26, maka Anda tidak akan stagnant di sus hutan…., coba cari komen saya di atas sekali kepada mas Jubahitam,…
kalau belum nemu saya kasih singkatnya di sini:
Imamat 11:7, dikatakan jangan makan babi hutan (bhs ibraninya hahazir, dengan artikel ha, spesifik artinya), tetapi ada juga disertakan ciri-ciri.
di ayat 26nya dikatakan, bahkan segala binatang dengan ciri-ciri itu juga haram….artinya sudah bukan hahazir lagi, tetapi semua hazir dengan ciri seperti itu… jadi semua BABI kenak jaring di dalam hukum itu..

Kedua
nah hubungannya Taurat dengan Kristen, sudah juga dijelaskan kepada mas Jubahitam, Taurat diberikan supaya manusia mengenal standard kudus TUHAN, dan ingat Anda tidak akan pernah disebut berdosa jika tidak ada hukum. Manusia telah kembali ramai dengan dosa sejak jaman Nuh ke Musa, maka TUHAN memberi hukum supaya manusia sadar ADA Yang Kudus, dan karena hanya Isrel dipilih langsung TUHAN, maka hukum itu diberikan kepada Israel, TUHAN memiliki rencana besar.
Taurat itu dipersiapkan untuk kedatangan PENEBUS DOSA, apa itu dosa yang ditebus, yaitu segala pelanggaran terhadap hukum tadi. Apa itu pelanggaran hukum yaitu menolak kasih TUHAN, menolak relasi yang baik dengan TUHAN. Hukum itu pasti mematikan, karena di mata Hukum hanya ada Benar atau Salah, Ya atau Tidak,… tetapi dimata KASIH ada pengampunan, itulah yang tida dipahami otoritas Yahudi yang melakukan taurat pada masa pelayanan Yesus, dan oleh KASIH-lah ALLAH mengaruniakan AnakNYA sebagai korban tebusan dari HUKUM yang akan mematikan manusia itu…

Nah kembali kepada BABI, masalah babi di atas adalah salah satu dari sekian taurat-taurat kepada Israel itu,…
pertanyaannya, apakah dengan tidak memakan babi fanya mengenal TUHAN? saya yakin dan percaya tidak,… tetapi saya yakin dan percaya dengan KASIH, dengan relasi dengan TUHAN maka fanya akan dapat mengenal TUHAN… bagaimana fanya bisa punya relasi, ROH KUDUS yang memilih Anda sedari awal tidak Anda undang masuk ke dalam hati kan gitu…?

Sekarang Anda sudah tahu masalah Benar dan Salah khususnya di perihal BABI, pertanyaannya, apa yang membuat Anda susah menerima Kristus sebagai Kebenaran?,… ya jangan salahkan ROH ALLAH yang bisa mengeraskan hati Anda,kalau masalah kecil begini saja susah Anda membedakan Benar dan Salah…

Ketiga,
a. Hikmat Allah memang tidak terselami, tetapi kalau fanya mendalami masalah firaun, begini…
pusat ilmu pengetahuan pada masa itu adalah Mesir,
b.dan orang mesir beranggapan bahwa firaun adalah allah.
c. jika seorang sudah beranggapan sebagai allah, anda sendiri tahukanbagaimana susahnya mengubahnya? sedang Anda manusia biasa saja susah menerima kebenaran Kristus apalagi firaun yang disebut allah, yang mengaku allah, apalagi nabi yang mengaku-ngaku nabi, apalagi allah yang mengaku-ngaku ALLAH, kan gitu toh?
d. nah TUHAN bukan kurang hikmat, IA sudah bermaksud untuk melepaskan Israel dari perbudakan Mesir.
e. Jika Firaun bertobat tentu Israel tidak perlu keluar ke Kanaan, tetapi TUHAN sudah tahu bahwa Firaun tidak akan bertobat, karena sudah merasa menjadi allah.
f. TUHAN sudah memberi Kanaan kepada keturunan Abraham melali Yakup, 400 tahun sebelumnya
g.Rencana TUHAN, kehendak TUHAN harus terjadi toh
h.Nah dama keadaan menganggap dirinya allah inilah TUHAN mengeraskan hati firaun supaya ia sdar bahwa ia bukanlah ALLAH, dan bahwa ALLAH hanya ESA dan tidak ada yang lain… terbukti 10 tulah TUHAN berikan sebagai bukti, bahwa IA adalah TUHAN, dan fanya tahu ngga, dari sekian tulah itu si Firaun ini bersama “pasukannya” bukannya tidak bisa melakukan hal yang sama walau dalam amplitudo yang berbeda, jadi ada alasan buat dia sebenarnya untuk dapat mengaku sebagai Allah, ok…

atau sebagai tambahan Anda bs membaca, …
Satu langkah lagi yang Firaun takutkan

jadi belajar Alkitab itu perlu harmonisasi, bukan asal potong sana potong sini,…. belajar alkitab itu butuh intepreter bukan penerjemah,….

salam

1 08 2010
lovepassword

memang interpreter bukan penerjemah ? he he he mengapa kamu memilih interpreter mengapa bukan kompiler ?

pertanyaannya, apakah dengan tidak memakan babi fanya mengenal TUHAN ?

Saya rasa itu salah pertanyaannya : Logikanya mungkin kurang lebih sama dengan kalo kamu ditanya :
Apakah dengan dibaptis kamu selamat ?

Lha pola pikirnya itu gitu. Jelas bukan pantangan terhadap babi, baptis dsb atau apapun itu menyelamatkan, tetapi itu kan dipandang sebagai simbol kepatuhan terhadap perintah Tuhan. Logikanya saya rasa giculah…

SALAM

1 08 2010
parhobass

@lovepassword

penerjemah itu ibara si fanya, dia hanya mengerti kata perkata, tetapi tidak dapat merangkum makna,beda dengan intepreter…

babi dan baptis?
pasti Andah mikir sudah sangat tepat dengan analogimu itu, nyatanya ngawur…

orang yang dibaptis pasti sudah mengenal TUHAN,karena baptis adalah Anugerah Roh Kudus yang dikerjakan oleh YESUS di dalam Bapa…

Anda berkata, tapi ada tuh yang dibaptis yang nyeleweng,…. saya akan berkata, yang salah ngga usah dibawa2… selesai….
hehehehe

jadi perkara dia selamat atau ngga, serahkan pada TUHAN, karena IA adalah KESELAMATAN, bukan saya dan bukan Anda….

tetapi perkara BABI itu sudah beda….
saya tanya sekali lagi, Anda makan babi apa tidak?
si fanya makan babi apa tidak?
kalau ya, apakah Anda mengenal TUHAN karena makan babi?
kalau tidak, apakah Anda mengenal TUHAN karena tidak makan babi?
saya yakin dan percaya tidak….

Taurat adalah bukti dari ikatan janji antara Israel dengan TUHAN, sampai datang DIA yang membawa Hukum di dalam hati (Mesias namaNYA)…

baptis juga adalah bukti kita mengikat janji kepada TUHAN, bukti bahwa Mesias sudah datang, dan hukum yang mendasari hukum yang pertama harus dijalankan, sampai datang DIA YESUS ke dua kali…

salam

1 08 2010
Fanya

@Om LP

Om Par bilang :
Anda berkata, tapi ada tuh yang dibaptis yang nyeleweng,…. saya akan berkata, yang salah ngga usah dibawa2… selesai….
hehehehe
:
:
:
??????????….. selesai!
wakakakaakkkk………..!
gitu tokh!

1 08 2010
parhobass

@fanya

ada yang perlu ditanya lagi?

note:
semoga roh Anda bs bergerak oleh jawaban2 di blog ini

2 08 2010
lovepassword

Taurat adalah bukti dari ikatan janji antara Israel dengan TUHAN, sampai datang DIA yang membawa Hukum di dalam hati (Mesias namaNYA)…

baptis juga adalah bukti kita mengikat janji kepada TUHAN, bukti bahwa Mesias sudah datang, dan hukum yang mendasari hukum yang pertama harus dijalankan, sampai datang DIA YESUS ke dua kali…

===> Logika kamu yang terakhir ini rada pinter… meskipun yang atas-atas gak keliatan pinternya.

Jadi pola pikirnya terhadap diskusi mengenai larangan/perintah, janji dsb ya mestinya melihatnya kurang lebih gitu . Bukan janji yang menyelamatkan tetapi kepatuhan terhadap janji kan dianggap sebagai simbol penghargaan, simbol kepatuhan manusia terhadap perjanjian/hukum atau apapun namanya . Lha masalahnya jelas bukan pada soal janji atau bukan janji yang menyelamatkan , tetapi bagaimana memandang janji demi janji, perjanjian, hukum, dsb. Apakah masih berlaku atau misalnya direvisi oleh hukum lain. Substansi debatnya jelas di situ . Bukan malah kamu bawa kemana-mana. Saya kira gitu substansinya…

SALAM

2 08 2010
fanya

@ Om LP

Pemerintah meyakinkan bhw konversi Minyak Tanah ke Gas adalah Aman, Praktis, Efisien, Murah, Hemat dll….
Jika kemudian terjadi kasus tabung gas meledak yg mengakibatkan ratusan rumah musnah terbakar, puluhan orang tewas, terluka, cacat permanen, kehilangan tempat tinggal dsb, semua itu adalah contoh2 error yg ga relevan utk dijadikan rujukan, (akibat ulah pengoplos gas, pengusaha produkpendukung dan akibat kelalaian/keteledoran si pengguna gas sendiri).

Adanya kasus tsb yg sama sekali tidak mengurangi hakekat, maksud dan tujuan kebijakan konversi yg diberlakukan pemerintah, terlebih lagi persentase errornya pun sangat kecil sekali (0,0001%)……………

Maka, sehubungan dengan terjadinya musibah terkait penggunaan gas, pemerintah tak perlu berbuat apa-apa dan kitapun tak perlu membahasnya berdasarkan prinsip: “contoh yg salah (error) nggak usah dibawa-bawa”! selesai! hehehe…..

salam lagi

2 08 2010
fanya

@ Om LP dan Om Parhobass

Berikut fanya lampirkan artikel ttg Kebijakan Konversi Minyak Tanah ke Gas sehubungan dengan terjadinya beberapa kasus ledakan gas, yg fanya rasa memiliki relevansi sangat kuat dgn Kebijakan Konversi Keyakinan manusia dari mengingkari Allah jadi menerima dan menyembah Allah.

Artikel tsb fanya ambil dari: http://www.antaranews.com/kolom/?i=1279790849, sbb :

Konversi gas adalah jalan keniscayaan.

Hampir semua negara di dunia, kecuali sebuah negara di Afrika yang masih mempertahankan penggunaan minyak tanah, telah beralih ke gas. Tapi bukan berarti dengan maraknya ledakan, lalu program konversi gas dianggap gagal dan perlu dihentikan.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan program konversi minyak tanah ke gas sejak tiga tahun lalu sepenuhnya menjadi tanggungjawab pemerintah yang ingin mengurangi subsidi BBM. Pemerintah waktu itu sangat yakin gas lebih murah dan aman dibanding minyak tanah.

Keamanan penggunaan gas itu bisa dibuktikan dengan statistik bahwa dalam tiga tahun hanya terjadi 36 kali ledakan gas dari 70 juta tabung gas. Ini berarti, dari setiap dua juta tabung, hanya satu yang meledak. (0,00005%)

Angka ini kalah dramatis dari kecelakaan akibat listrik. Di Jakarta saja, dalam setahun ada 600 hingga 800 kali kebakaran akibat korsleting listrik. Dahulu, waktu minyak tanah menjadi primadona, jumlah kasus kebakaran akibat kompor mleduk lebih banyak lagi.

Harus dievaluasi

Program konversi gas ke depan harus dievaluasi dengan matang. Faktor keamanan dan keselamatan harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai ada kesan, konversi gas hanya untuk solusi pragmatis, yaitu mengurangi subsidi BBM.

Pemerintah, aparat, dan semua pihak harus berusaha agar ledakan tabung gas tidak boleh terjadi lagi. Jangan lagi ada nyawa melayang akibat tabung melon yang meledak.

Untuk itu, pengawasan harus diperketat. Mulai dari pengadaan tabung gas, pengisian maupun agen. Operasi-operasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian membuktikan banyak tabung gas yang tidak sesuai standar. Aparat juga menemukan kecurangan dalam pengisian yang tidak sesuai dengan berat yang tertera dalam tabung.

——–
Jika errors yg terjadi terkait konversi tsb dinyatakan tak layak utk dikemukakan, dibahas dan dijadikan bukti fakta mengikuti pola pikir Om Parhobass, betapa kasihannya mereka yg jadi korban akibat errors tsb, dan betapa tak berperikemanusiaan dan tak bertanggung jawabnya para Aparat dan Institusi “Pemerintah” yg mengemban amanah dan kepercayaan dari “Pemerintah” utk melaksanakan Konversi yg sepenuhnya dilandasi oleh Kepedulian, Kecintaan dan Kasih “Pemerintah” terhadap rakyat-nya tsb……….

salam

Itu sebabnya fanya merasa heran pd pola pikir Om Parhobas

2 08 2010
parhobass

@fanya

kata Anda setelah kutipan dari berita,

Jika errors yg terjadi terkait konversi tsb dinyatakan tak layak utk dikemukakan, dibahas dan dijadikan bukti fakta mengikuti pola pikir Om Parhobass, betapa kasihannya mereka yg jadi korban akibat errors tsb, dan betapa tak berperikemanusiaan dan tak bertanggung jawabnya para Aparat dan Institusi “Pemerintah” yg mengemban amanah dan kepercayaan dari “Pemerintah” utk melaksanakan Konversi yg sepenuhnya dilandasi oleh Kepedulian, Kecintaan dan Kasih “Pemerintah” terhadap rakyat-nya tsb……….

Anda ini lucu dan pintar mempermainkan kata2 (ada kesan licik saya kira)…..
pemikiran saya begini di dalam memecahkan masalah, dimana yang kita bahas adalah masalah konversi gas,…
Masalah konversi gas adalah masalah yang tidak perlu terjadi, semua sepakat, nah sekarang butuh pemecahan bukan?

maka di dalam pemecahan itu pasti selalu ada keinginan2 tertentu, contohnya,
1. Pedagang vs Pemerintah.
sudah jelas banyak pedagang yang amburadul menangani tabung gas tersebut, tetapi karena pengusaha tabung ini kebanyakan warga berada, maka pemerintah di dalam menangani menjadi lamban, itu jelas penyelesaian error, dan yang error begini ngga usah dibawa2 di dalam penyelesaian, intinya kalau pedagangnya bersalah, tidak perdulu kaya atau dekat dengan pemerintah, SIKAT,… karena menurut hukum moralpun, yang salah harus ditindak. TITIK…..

2. Pedangang versus Konsumen
sudah jelas rakyat tahu bahwa pedagang tidak menyertakan manual-manual dan peralatan standard lainnya, tetapi konsumen masih mau membeli tabung-tabung yang tidak jelas juntrungannga dari mana, artinya ada juga yang bergaya-gaya punya gas, akhirnya ia beli gas, walau ia tidak tahu resiko yang menyertai, dan pedaganga karena demandnya banyak ia asal jual saja, tanpa memeberitahukan resiko yang menyertai, nah sudah jelas errornya di sini, bagaimana penyelesaiannya?, salah satuh penyelesaian yang error adalah… karena saking banyaknya permintaan, maka untuk sementara tabung2 gas yang sudah tidak bagus dijual sajalah,… yang kira2 usianya tinggal 2 bulan jual saja, nanti baru diganti.. di daur ulang d.l.l,… penyelesaian error begini ngga usah dibawa…

3. pengamat dan pemerhati.
Terkadang pengamat dan pemerhati sering melontarkan kata2 yang tidak bagus, alias error dan sebagainya….sampai mengatakan presiden harus mundur dan lain sebagainya, jelas itu penyelesaian yang error, dan yang error2 begini ngga usah dibawa..

kira2 fanya terima ngga?
oh gitu toh maksudnya pak parhobass? oh yahh memang begitu.
kalau dari awal di negara ini digunakan penyelesaian begini akan cepat selesai, tetapi saya katakan, banyak anjing liar di Indonesia yang sering memberikan sumbangan-sumbangan penyelesaian yang error, akhirnya apa yang terjadi? karena idenya sudah error akhirnya hasilnya itu errornya akan cenderung lebih besar….

selamat mencari-cari kesalahan pak parhobass lagi….

2 08 2010
fanya

Apapun….., menurut fanya, yang namanya error wajib di angkat kepermukaan, waspadai, dicermati, dibahas dan diatasi, bukan malah alergi, jangan dibicarakan, jangan dibawa-bawa, ditutup-tutupi…….. pah!

yang disebut solusi dari suatu masalah, adalah ide yg dituangkan menjadi langkah penyelesaian masalah. “Ide yg error” pasti tidak akan menjadi solusi dan mustahil dikatakan sebagai solusi. Error sampai kapanpun akan tetap menjadi error, yakni sesuatu yg harus diwaspadai, tidak boleh ditutup-tutupi, diangkat kepermukaan, dibicarakan, dibahas dan diatasi!

Logika sehat manapun akan mengatakan bhw sekecil apapun, error tidak boleh ditutup-tutupi, harus dijadikan bukti, diwaspadai, diangkat kepermukaan, dibicarakan, dibahas guna dicarikan solusi dan diatasi!

2 08 2010
parhobass

@fanya

dari kalimat Anda seh sepertinya arah2nya sudah setuju dengan saya, entah alasan apa gitu Anda ngga bisa menganalisa kalimat2 saya…

ERROR bisa dikakatan masalah, di dunia kontrol disebut selisih antara apa yang diharapkan, setling point, dengan kenyataan yang terjadi, output…

nah untuk mendapat output yang sedemikian mendekati seting tadi digunakanlah PENGENDALI, kontroller,…. di kontroller itu ada berbagai metode dan penyelesaian terntentu, di mana didalamnya ada juga seting-seting, misalnya PENGENDALI Integral, maka ada konstanta integral, nah untuk mendapat hasil yang baik, tentu kita tidak akan memasukkan konnstanta yang tidak dinginkan oleh kontroller itu, saya sebut sebagai PENYELESAIAAN ERROR NGGA USAH DIBAWA-BAWA, seperti itu,

kalau fanya masih mahasiswa dan doyan demo, maka di dalam tntutan demo itu kiranya jangan membawa2 penyelesaian2 yang error,…yang tidak akan menghasilkan output yang sesuai dengan keingingan…
contohnya, karena masalah konversi tabung gas, lalu ada penyelesaian error yaitu Presinden harus turun, itu error, tidak menyelesaikan masalah… tetapi membuat masalah baru….

jadi kawan, ERROR itu tidak ditutup2i, tetapi dipecahkan, tetapi didalam memecahkan masalah jangan membawa ERROR-ERROR baru,… fokus, fokus dan fokus….

jadi kawan, kalau suatu saat fanya jadi pejabat, pikirkanlah itu, karena peluang warga seperti Anda menjadi pejabat atau presiden sangat besar….
pikirkanlah nasehat saya ini sejak sekarang ok….

salam

2 08 2010
parhobass

@fanya

kalau Anda tidak keberatan
Anda bisa membuka artikel berikut, berbicara mengenai “error”, dan hubunganya dengan sesama manusia…

Ketika Roh Kudus Bekerja”

salam

2 08 2010
joy

yang jelas,,, kitab Al Qur’an itu sudah dijamin kebenaran n keberadaannya…

klo bahasan anda ttg Al Qur’an di atas mah saya g kaget,, mlh yg saya-kami pelajari di pondok, dr para kyai, uztad jauh lbh banyak,,,

yg jelas,, dimanapun anda berada di dunia ini, Al Qur’an itu cm ada 1,
1 bahasa
1 susunan, dll

hanya saja diberi terjemahan dr bahasa ARAB ke bhsa di daerah dmn mrk berada, knp? krn bhs Al Qur’an itu brbeda dr bhs Arab umumnya, bhs Al Qur’an itu jauh lbh halus…(anda itu bhs Arab aj g bisa, mw komen isi Al Qur’an??)ayam aja ktwa..wkakakakaa

OIA, SATU LAGI, APAKAH ANDA BISA NJAMIN KLO INJIL/BIBLE ANDA ITU ASLI DR YESUS/ISA??? ADAKAH KISAH ATO SEJARAH TURUNNYA ????
MANA??? MANA YANG ASLI MANA YG TAMBAHAN???

3 08 2010
jephman

@ joy
Saya memang tidak bisa bahasa arab, tapi semua orang yang meneliti dan saya kutip pendapatnya diatas bisa bhs arab bahkan bhs2 lainnya.

“OIA, SATU LAGI, APAKAH ANDA BISA NJAMIN KLO INJIL/BIBLE ANDA ITU ASLI DR YESUS/ISA??? ADAKAH KISAH ATO SEJARAH TURUNNYA ????”
>> Injil itu tidak diturunkan dari Isa. Ini mengapa kesalahpahaman itu terus terjadi. Muslim selalu memakai POLAPIKIRNYA untuk agama lain. Isa tidak pernah membawa buku / kitab. Semua kitab injil itu dicatatkan murid Yesus (Matius& Yohanes), yang hidup dilingkungan Yesus (Markus) dan yang meneliti Yesus (Lukas).

“MANA??? MANA YANG ASLI MANA YG TAMBAHAN???”
>> nah lho?! ya mana? udah nuduh kok malah nanya?

3 08 2010
parhobass

@lae Jeph

dia ngga tau bahwa Injil yang asli telah diukirkan di dalam hati setiap orang yang percaya kepada TUHAN,

itulah yang dicari allah lain itu karena ia tidak memiliki itu di hatinya, ia mencari apa yang dapat terlihat, padahal itu tidak terlihat…

dia mengatakan sudah terhilang, memang tepat, Injil itu terhilang dari hatinya…. karena ia tidak percaya TUHAN…..
ya sampai mampus ngga akan bisa menemukannya..

hehehhe

3 08 2010
parhobass

@joy

Al Quran yang asli mana?

saya bertanya.

salam

3 08 2010
mr. sectiocadaveris

logikanya agak unik lho (kalau ngga bisa dibilang cacat)

semestinya kan seperti ini..
A: Injil itu udah dipalsukan lho, Alkitab itu juga udah dipalsukan
B: Kalau gitu, tunjukkan pada saya mana yang asli dan mana yang palsu!
A (yang menuduh tadi): ini! (*sambil menunjukkan barangnya)

namun justru yang terjadi di sini lain..
A; Injil itu udah dipalsukan lho, Alkitab itu udah dipalsukan. Tapi, tunjukkanlah pada saya mana yang asli mana yang palsunya.. .
B; ????? :lol: :mrgreen: :-D

3 08 2010
parhobass

@amang Rodry

I : Alkitab dah dipalsukan..
K : koq tahu? ada pembandingnya?
I : yah kata nabi udah begitu
K : darimana nabi Anda tahu itu palsu
I : kata AQ juga begitu
K : dari mana AQ tahu?
I allah mengatakan begitu?
K: dari mana allah Anda tahu?
i: nabi berkata begitu…
K: 00000….muter2 dong yah..
I : ya, coba ajah kamu buktikan mana yang aslinya coba…, kan ngga ada…?
K : trus kalau saya kasih ke kamu 2 alkitab dari mana kamu tahu itu yang satu benar dan yang lainnya yang salah, orang kamu ngga memiliki apa2 sebagi pembanding
I : apa yang tidak sesuai dengan AQ pasti palsu
K: OOOOOO, jadi AQ itu adalah INJIL/ALKITAB yang aslinya?
I : yah disempurnakan gitulah….
K: OOOO…disempurnakan apa diedit? diambil yang baik dan dibuang yang kira2 tidak menguntungkan?
I; yah disempurnakan yang sesuai dengan allah…
K: OOOO,… contohnya?
I: contohnya ya Isa Al Masih, ia hanya nabi yang ditukarkan waktu disalib, ditukar dengan seseorang yang mirip.,…
K : itu disempurnakan apa diedit?….sejarah mencatat YESUS koq yang disalib, tidak hanya Alkitab doang lho yang nyatet gitu….
I: sejarah itu kan bikinan orang Barat, orang barat kan Kristen juga, yah bisa saja diedit untukkepentingan mereka….
K:…oo gitu, jadi semua tidak ada yang asli dong, sejarah sama ALKITAB…kecuali AQ..
I : ya itulah keunggulan I, semua asli…
K: oo gitu…lalu dimana AQ yang asli?
I : adalah di arab sana, dijaga, karena allah yang jaga, pasti tidak akan dipalsukan manusia….
K: ooooo…tapi dimana?
I : di arab sanalah…, ngga akan bisa dimanipulasi koq, hitungannya ajah ngga bisa ada perkalian 19 dan lain lain
K: ooo gitu….kamu percaya saja dong sama allah, AQ dan nabimu, sepertinya dari atas ngga ada saksi2 tuh?
I : koq kamu bilang gitu?
K : y… Yesus contohnya mati disalib saksiNya kan banyak, bahkan yang bukan Kristen macam Josephus atau Tacitus mencatat Yesus disalibkan dan mati….
I: yah cari ajah di Alkitab, di kitab Ulangan 18:18, akan datang seorang nabi bla bla bla, jadi benar bahwa ia nabi yang harus dipercayai bla bla bla bla…
K: dari mana kau tahu Ulangan 18:18 itu asli?
I: kan sesuai dengan AQ
K: oooo, muter2 lagi dong?, klaim sepihak dong?
I: Ya terserah kau, …. intinya Alkitab itu sudah palsu…AQ itu asli
K : Oklah,… ribet ngobrol sama Anda…

4 08 2010
Jubahitam

Hoahmmm (sambil ngucek2 mata)

4 08 2010
Fanya

Emas yg asli yg bagaimana….?
Batak yg asli yg bagaimana….?
Lagu Indonesia Raya yg asli yg mana…….?
Hukum yg asli yg mana………….?

Setahu fanya paradigma asli dan tidak asli suatu benda, zat, produk, mahluk dsb, bisa berbeda-beda tergantung pd obyek dan parameternya. Namun pada umumnya nilai keaslian diukur berdasarkan kemurnian konten (kandungan) maupun struktur/komposisi/rumusan yg menjadi identitas ybs.

salam

4 08 2010
jephman

gak tahulah aku lae. spertiku bilang kayak ngobrol sama robot :D belum di upgrade programnya :P

4 08 2010
parhobass

@fanya

sekarang kita balik ke Anda
(sembari menunggu jawaban Anda di mana AQ yang asli)

dikatakan oleh hampir seluruh muslim, Alkitab itu tidak asli dan sudah dipalsukan

saya tanya sekarang,… kata asli di sini apa artinya? dan makna apa yang dibawa oleh muslim jika memandang Alkitab?

salam

4 08 2010
fanya

@ Om Parhobass

Seperti halnya Emas asli, Orang Batak asli, Lagu Indonesia Raya asli, Ijazah asli dll… ada dimana-mana, manakala Emas, orang Batak, Lagu, Ijazah dll dimaksud memenuhi parameter a.l. rumus kimiawi , syair dan notasi (utk lagu), genetik, anatomi dll yg secara legal formal ditetapkan sebagai identitas ybs.

Al Qur’an asli ada dimana-mana di berbagai pelosok dunia. Semua al Qur’an yg telah lolos tasrih oleh lembaga formal Tashrih al-Qur’an di masing-masing negara, adalah Qur’an asli.
Di Cina, Rusia, Jepang, India, Thailand dan berbagai negara lain yg juga menggunakan bahasa dan tulisan berbeda-beda pun, semua al-Qur’an-nya pasti ditulis dlm bhs arab dgn volume dan konten yg persis sama.

Apa kriteria/parameter yg digunakan untuk menetapkan keaslian sebuah al-Qur’an? banyak…..

Disamping aspek bahasa, volume, konten surah dan ayat, aspek anatomi al-Qur’an juga merupakan hal yg dipersyaratkan dan diberlakukan oleh seluruh lembaga formal tasrih al-Qur’an di berbagai negara di seluruh dunia.

Di Indonesia, dlm setiap Qur’an yg asli biasanya disertakan copy surat keterangan dan stempel lembaga tasrih. Jika Om ingin tahu lebih detil tentang parameternya, dapat Om tanyakan ke Kementerian Agama RI cq. Ditjen Islam.

Salam

4 08 2010
cerdas

syalom..
biarkan orang cerdas yang menjawab masalah ini
yang lain, minggir dulu sebentar
kasih jalan :lol:
.
.
nah jadi…Kristen meyakini bahwasanya Alkitab adalah benar isinya, asli dan boleh diuji kapanpun dgn hasil yang konsisten. Berisi antara lain: Yesus adalah Mesias yang dinanti, yang mati disalib-bangkit-lalu naik ke surga dengan satu tujuan: membayar hukuman yang semestinya diterima manusia akibat dosa2nya di mata Allah. Hal itu disuratkan dalam Empat Injil yang ditulis oleh empat sahabat Yesus yang mengenal Yesus secara langsung.
Sedangkan Islam, agama yang baru muncul kemarin sore, dengan kitab Alquran nya dan satu-satunya membantah tentang penyaliban-kematian-dan kebangkitan Yesus.
mari kita simak dialog antara K dan I berikut ini

K: Kami percaya bahwasanya Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat, disalibkan-mati-bangkit-lalu kembali ke surga dgn satu tujuan: membayarkan hukuman yg semestinya ditanggung oleh manusia akibat dosa2nya di mata Allah sejak era Adam.
I: Ah, menurut Alquran, Isa tidak disalib melainkan diganti dengan orang yang diserupakan dengan dia, entah siapa ajalah, Yudas juga boleh, pokoknya diganti dgn orang lain! Yang jelas itu bukan Isa! Jadi Isa atau Yesus dalam agama sampean itu bukan Tuhan! (*setengah maksa)
K: Oh ya? dari mana Anda yakin kalau Alquran Anda itu benar?
I: Karena datangnya dari Allah SWT!
K: Darimana Anda yakin kalau itu benar2 firman Allah SWT? Bukankah dia ditulis/disuratkan oleh Muhammad dan teman2nya? Bukankah elo nggak ada di TKP pada saat Quran diturunkan?
I: Ngg…darimana ya (*mikir)…lah Alkitab elo juga kan ditulis oleh manusia. Darimana juga elo yakin Alkitab lo itu datangnya dari Allah? Pokok’e Yesus itu ngga disalib, titik (*ngeles, dia ingin agamanya dibenarkan oleh agama orang lain, hihihi)
K: jadi, dua2nya baik Alkitab dgn Alquran disuratkan oleh tangan manusia? yakin sampean?
I: Insya allah yakin
K: baiklah. mari kita berfikir. kita terima dulu kenyataan bahwa baik Alkitab/Injil dan Alquran ditulis oleh tangan manusia. kita ngga tahu apakah mereka para penulisnya itu benar2 dapat pencerahan dari Ilahi atau cuma hasil karangan mereka. bukankah saya dan sampean sama2 tidak berada di tempat dan waktu saat kitab2 suci kita ditulis? yang jelas, keduanya ditulis oleh tangan2 manusia..
I: yah, trus?
K: kalau begitu, kita juga ngga yakin apakah mereka benar2 mendapat wahyu dari atas atau engga. kita turunkan saja standar kita, untuk sementara. ingat, untuk sementara saja!
I: standar apa maksud ente?
K: untuk sementara, mari kita terima bahwa baik Alkitab dan Alquran cuma buku ciptaan fikiran manusia.
I: ngga apa2. di Alquran masih banyak kok yang baik2! islam kan rahmatlilalamin!
K: nah sekarang tentang penyaliban Yesus. Mana yang lebih Anda percayai: Injil yang ditulis oleh orang2 yaitu sahabat Yesus sendiri, hidup pada waktu dan tempat yang sama/hampir sama dengan Yesus, dan ditulis oleh empat orang yang berbeda namun dengan hasil yang kompak sama dan bisa saling dicrosscheck, bahkan dengan kitab2 lain di luar Injil atau…… Alquran yang ditulis oleh seorang Muhammad yang baru lahir 500 tahun setelah Yesus wafat, tentu tidak pernah ketemu Yesus secara pribadi, Yesus juga tidak pernah datang ke tanah Arab, udah gitu hanya Alquran pula satu2nya kitab yang membantah penyaliban Yesus? Ngga ada kitab2 lain yang sejalan dgn Alquran terkait hal tsb mana yang saudara percayai? mana yang lebih kuat nilai kebenarannya?
I: (*mulai menyadari kekeliruannya selama ini)
I: toloonng saya dianiayaa…
…..
,,,,,
hehehehe….
ya begitulah….terkadang kebenaran itu sudah ada di depan mata, tinggal ambil dan masukkan ke dalam hati. tapi rupa2nya masih ada saja orang yang jelas2 sudah tahu bahwa apa yang dipegangnya selama ini adalah ke-tidakbenaran, tapi malah ngotot ingin mempertahankannya dan menolak kebenaran yang sejati itu.
sudah jelas2 tahu kalau poligami menyakiti hati manusia, tahu kalau pembunuhan bertentangan dengan hak hidup manusia yang paling dasar yang dikaruniakan sang Ilahi…tapi masiiih aja percaya sama “dia” yang menganjurkan poligami-pembunuhan-dst .
heheheh
padahal hanya perlu sedikit pengorbanan untuk meruntuhkan tembok kesombongan hati yang menjadi kabut penghalang sejati tinggal di dalam hatinya
.
.
.
syalom

4 08 2010
parhobass

@fanya

terimakasih atas jawaban Anda,

Seperti halnya Emas asli, Orang Batak asli, Lagu Indonesia Raya asli, Ijazah asli dll… ada dimana-mana, manakala Emas, orang Batak, Lagu, Ijazah dll dimaksud memenuhi parameter a.l. rumus kimiawi , syair dan notasi (utk lagu), genetik, anatomi dll yg secara legal formal ditetapkan sebagai identitas ybs.

bisa diterima, secara general begitu…terimakasih


Al Qur’an asli ada dimana-mana di berbagai pelosok dunia. Semua al Qur’an yg telah lolos tasrih oleh lembaga formal Tashrih al-Qur’an di masing-masing negara, adalah Qur’an asli.
Di Cina, Rusia, Jepang, India, Thailand dan berbagai negara lain yg juga menggunakan bahasa dan tulisan berbeda-beda pun, semua al-Qur’an-nya pasti ditulis dlm bhs arab dgn volume dan konten yg persis sama.

Apa kriteria/parameter yg digunakan untuk menetapkan keaslian sebuah al-Qur’an? banyak…..

Disamping aspek bahasa, volume, konten surah dan ayat, aspek anatomi al-Qur’an juga merupakan hal yg dipersyaratkan dan diberlakukan oleh seluruh lembaga formal tasrih al-Qur’an di berbagai negara di seluruh dunia.

Di Indonesia, dlm setiap Qur’an yg asli biasanya disertakan copy surat keterangan dan stempel lembaga tasrih. Jika Om ingin tahu lebih detil tentang parameternya, dapat Om tanyakan ke Kementerian Agama RI cq. Ditjen Islam.

1. ok saya mengerti defenisi asli dalam kriteria Anda atas AQ,
pertanyaan saya, apakah hal yang sama jg berlaku bagi Alkitab?
kenapa ada tuduhan Alkitab tidak asli?
kalau tidak, dasar apa, rumus apa yang dipakai sehingga Alkitab dikatakan tidak asli?

2. AQ yang ada di sembarang negara yang Anda sebut asli, itu adalah kopian dari sumber yang satu, karena ngga mungkin ada AQ di Indonesia secara bersamaan pada waktu diberikan kepada sang nabi; ya toh?

pertanyaan, sumber yang satu itu ada ngga?

salam

4 08 2010
mr. sectiocadaveris

ha ha ha…
bikin sakit perut aja :mrgreen:

4 08 2010
Fanya

@Om Parhobass

1. ok saya mengerti defenisi asli dalam kriteria Anda atas AQ, pertanyaan saya, apakah hal yang sama jg berlaku bagi Alkitab? kenapa ada tuduhan Alkitab tidak asli? kalau tidak, dasar apa, rumus apa yang dipakai sehingga Alkitab dikatakan tidak asli?

2. AQ yang ada di sembarang negara yang Anda sebut asli, itu adalah kopian dari sumber yang satu, karena ngga mungkin ada AQ di Indonesia secara bersamaan pada waktu diberikan kepada sang nabi; ya toh?
pertanyaan, sumber yang satu itu ada ngga?

:
:
:

fanya:
Terima kasih atas pertanyaan cerdas Om Par yg tlh membuat fanya berusaha mencari dan membaca lebih banyak agar dpt membuat jawaban yg memadai.

1. (a). apakah hal yang sama jg berlaku bagi Alkitab?

fanya :
Logikanya YA, karena Alkitab dan Al-Qur’an masuk dlm kategori yg sama itu “KITABULLAH”. Label tsb mengindikasikan bhw konten kitab dimaksud sepenuhnya adalah WAHYU atau FIRMAN2 ALLAH tanpa disusupi oleh perkataan, opini atau penuturan manusia termasuk sabda rasul sekalipun. Maka dari itu umat Islam mengkompilasi sabda Rasul atas dasar kesaksian dan penuturan para sahabat atau orang-orang yang menyaksikan ucapan atau perbuatan Rasul dimaksud dalam kitab HADITS, terpisah dari Al-Qur’an.

(b). kenapa ada tuduhan Alkitab tidak asli? rumus apa yang dipakai sehingga Alkitab dikatakan tidak asli?

fanya:

Dilihat dari konten Alkitab yg resmi dipakai sekarang, mudah diidentifikasi bahwa Alkitab tidak sepenuhnya berisikan firman Allah, bahkan The Five Gospels – The Search for the Authentic Words of Jesus, Robert W. Funk, Roy W. Hoover, and the Jesus Seminar, yang tidak satupun pesertanya beragama Islam, dengan tegas menyimpulkan: “Eighty two percent of the words ascribed to Jesus in the gospels were not actually spoken by him.” (Delapan puluh dua persen kata-kata yang dianggap berasal dari Yesus di dalam Injil, tidak benar-benar diucapkan oleh Yesus). Nah jika 82% Injil tsb bukan ucapan Yesus, itu berarti hanya 18% saja dari seluruh isi Injil itu yang dianggap ucapan Yesus. Dengan fakta yg disimpulkan oleh kalangan Kristiani sendiri, jelas membuat kemurnian predikat Kitabullah pd kitab Injil patut dipertanyakan.

Fakta lainnya adalah, tak sedikit pasal2 dalam Alkitab yg membingungkan dan menimbulkan interpretasi berbeda-beda antar sesama pemeluknya. Perbedaan interpretasi tsb memperuncing perbedaan pendapat hingga aspek yg paling mendasar bagi umat umat kristiani yakni menyangkut faham TRINITAS. Perbedaan penafsiran tsb tak pelak mengakibatkan munculnya Katholik, Kristen-Protestan, Advent dan Saksi-saksi Yehuva yg menentang keras doktrin TRITUNGGAL. (©1989 Watch Tower Bible and Tract Society of Pennsylvania, Penerbit: Watch Tower Bible and Tract Society Of New York. Inc, International Bible Students Association, Brooklyn, New York, U.S.A.)

Menurut Saksi-saksi Yehuva, doktrin Tritunggal sangat bertentangan dengan apa yang dipercayai dan diajarkan oleh para nabi, Yesus, rasul-rasul, dan orang Kristen yang mula-mula. Hal itu bertentangan dengan apa yang Allah katakan mengenai diriNya dalam Firman-Nya sendiri yang terilham. Maka, Dia menasihati: ‘Akuilah bahwa aku Allah, dan tak ada lainnya, dan tak ada yang seperti aku.’-Yesaya 46:9, BIS.

2. …. pertanyaan, sumber yang satu itu ada ngga?

fanya :
Perlu diingat kembali bahwa sumber Kitabullah adalah Allah semata, Tuhan Yang Maha Kekal. Dengan demikian sumber yang “satu” itu ya pasti ada, kekal selamanya dan senantiasa “menjaga” otentikasi Al-Qur’an sehingga dari waktu kewaktu selalu ada orang-orang yg hafal Al-Qur’an di luar kepala (hafiz), di berbagai negara, bahkan sekarang ditambah dengan telah ditemukkannya software/database Al-Qur’am yg mampu mendeteksi secara cepat sekecil apapun perbedaan konten dari Al-Qur’an.

Salam

5 08 2010
jephman

@ Fanya
Jangan standar ganda dong bu, Kalau ibu memakai bahan2 dari Jesus Seminar, Saksi Jehovah dll apa ibu mau kami memakai bahan2 dari Ahmadiyah, atau Bahaisme semisal? itu bukan fakta, itu klaim sepihak. Yang obyektif dong bu.

Doktrin Tritunggal/Tirnitas tidak memunculkan Katholik, Kristen-Protestan, Advent dan tidak bertentangan menurut mereka semua. Mereka “berpisah” hanya karena mazhab. Mirip-mirip Sunny-Syiah, Liberal-Abangan dll dalam Islam. Jangan ngaco dong bu.

Alquran dan Alkitab punya garis start yang berbeda. Alkitab ditulis oleh puluhan orang dalam waktu ribuan Tahun, sedangkan Alquran diklaim Muhamad seorang diri sbg Firman Tuhan. Jelas perbedaannya besar walau sama-sama diakui sbg Firman Tuhan, Alkitab oleh sebagian besar diakui terinspirasikan oleh Roh Kudus. Alquran diakui sebagai firman Tuhan yg “turun”. Ini membuatnya berbeda. Bagi saya Alquran itu seperti salah satu kitab Yesaya, misalnya, yang murni berisi kutipan2 firman Tuhan tanpa ada pengantar dari nabinya. Ini terlepas dari saya yg tidak mempercayai Alquran dan pendapat orang kristen lain. Kalau doktrin Trinitas dipakai sebagai bukti Alkitab tidak asli, wah balik lagi dong ke diskusi2 yang dulu. Capee deh

“Perlu diingat kembali bahwa sumber Kitabullah adalah Allah semata, Tuhan Yang Maha Kekal. Dengan demikian sumber yang “satu” itu ya pasti ada, kekal selamanya dan senantiasa “menjaga” otentikasi Al-Qur’an sehingga dari waktu kewaktu selalu ada orang-orang yg hafal Al-Qur’an di luar kepala (hafiz), di berbagai negara, bahkan sekarang ditambah dengan telah ditemukkannya software/database Al-Qur’am yg mampu mendeteksi secara cepat sekecil apapun perbedaan konten dari Al-Qur’an.”

>> Gak ada urusannya kecanggihan software dgn keotentikan Alquran. Gak nyambung deh bu. :D Software itu cuma ciptaan manusia, kalau makin canggih software apa jadi makin tinggi tingkat kecocokannya Alquran dgn Alkitab ? Semua perdebatan ini kan bermula dari KETIDAKCOCOKAN apa yang ada di Alquran dengan di Alkitab. Padahal Awlohnya Islam, Tuhannya Muhamad, menyatakan diri sebagai Tuhan yang sama dgn Tuhan kami dan Yahudi. Bagaimana mungkin Tuhan yang sama tapi firmannya beda? Bagaimana mungkin dikitab sini ditulis YEsus disalib, disana ditulis Yesus digantikan stuntman. Disini ditulis kami harus mengasihi musuh, disana dianjurkan memengal leher musuh yang melawan????????

Anda kan menyatakan : krn tidak ada Trinitas lah bukti Alkitab dipalsukan, masalahnya Trinitas itu sudah diajarkan Yesus sebelum Alquran ada, sudah ada di Alkitab sebelum nenek moyang Muhamad lahir dan kita memiliki kitab2 tersebut.

Klaim Alquran sbg sumber yang paling sempurna, itu juga kami lakukan disini. Masalahnya Alquran YANG DATANG 650 tahun SETELAH ALKITAB, dan menyatakan ALKITAB ITU SUDAH PALSU, sudah dibantah pada saat masa2 Alquran BARU DIKUMPULKAN oleh Utsman bin Affan. Kenapa? Karena orang Kristen dan Yahudi SUDAH MEMILIKI KITAB YANG SAMA ISINYA yang berasal dari zaman SEBELUM NENEK MOYANG MUHAMAD LAHIR. Jelas bu? Ini konsekuensinya sudah ditulis lho sama saya diatas: Kalo Alquran pada saat itu menyatakan Alkitab sudah palsu, klaim anda “sumber Kitabulah adalah Allah semata”, menjadi pertanyaan Allah yang mana dulu? Bagaimana mungkin Allah Yang Maha Tahu tidak tahu kitabnya sudah palsu padahal Dia sendiri menyatakan kebenaran bahkan meminta muslim mencari nubuatan ttg kedatangan Muhamad ke Alkitab.

Bagaimana mungkin kitab yang paling sempurna minta referensi kepada kitab yang sudah palsu, yang anehnya, pada saat yang sama juga menyatakan kebenarannya?

renungkanlah bu Fanya.

5 08 2010
fanya

@Lae Jephman

Terimakasih atas masukannya.
Apa yg lae yakini kebenarannya sepenuhnya merupakan hak dan keyakinan lae.
Perlu diketahui bhw apa yg fanya sampaikan diatas semata-mata respons/jawaban atas pertanyaan Om Parhobass thdp fanya, yg fanya rangkum berdasarkan informasi, fakta dilapangan dari para pengguna Injil dan alur keyakinan fanya. Taruh kata Saksi-saksi Yehova, Jesus Seminar, The Five Gospels tsb lae anggap sbg klaim sepihak, hal tsb sama sekali tidak menghilangkan kenyataan bahwa ada perbedaan persepsi, pemahaman dan keyakinan yg sangat mendasar diantara umat Kristiani sendiri thdp konten Injil.
Soal lae bermaksud gunakan eksistensi Ahmadiyah, Bahaisme atau apapun untuk dijadikan landasan pola pikir lae dlm menyikapi Islam, kembali, semua itu sepenuhnya menjadi hak lae, silahkan saja. Bahkan tanpa dasar logika sekalipun, lha sumonggo mawon ….(tokh selama ini juga tidak menerimanya bukan?).

Mengenai aspek keotentikan al-Qur’an, sejak awal fanya tidak pernah mempermasalahkannya kalau tidak ditanya oleh Om Parhobass. Meski di jaman Rasulullah dan tahun2 berikutnya tidak/belum ada percetakan, bahkan masih sedikit sekali orang yg bisa baca tulis, terbukti Allah swt tlh “mematri dan menuliskan” Qur’an dlm memori Rasulullah, para sahabat, dan sejumlah umat Islam lainnya sehingga mereka hafal Al-Qur’an diluar kepala, dan langsung maupun tidak mereka berperan sbg perangkat check and rechek dan penjaga keotentikan Qur’an pd masanya. Lae mungkin pernah mendengar ttg adanya lomba hafidz/murotal al Qur’an internasional di Indonesia maupun berbagai negara Islam di dunia termasuk di Jatim beberapa saat yg lalu (thn 2010). Kenyataan tsb membuktikan bhw mekanisme penjagaan dan pelestarian otentikasi al-Qur’an melalui sektor informal, lembaga tashrih formal pemerintah maupun Majelis2 Ulama, terus berlangsung.

Lae pertanyakan apa keterkaitan orisinalitas Al-Qur’an dgn kemajuan IT dan keberadaan software maupun database Al-Qur’an di era global sekarang? Jelas sangat signifikan.

Dengan kecanggihan IT, keberadaan software dan data base Al-Qur’an, peluang penyimpangan sekecil apapun thdp konten Al-Qur’an (bahkan penambahan atau pengurangan sebuah huruf sekalipun), dpt langsung terdeteksi dan dicegah.

Teknologi tsb mungkin kurang atau tidak terlalu berperan dlm menjaga otentikasi Alkitab, karena sejak awal tidak ada Alkitab universal yg secara konsensus dijadikan sbg acuan seluruh umat Kristiani….

Mengenai paradigma “pemalsuan”, orang bisa saja mempunyai batasan dan tolok ukur yg berbeda dihadapkan pd mode (penambahan, pengubahan atau pengurangan), volume (sebagian atau seluruh) maupun substansi yg “dipalsukan” sehingga berdampak pd perbedaan dlm cara menyikapi aspek-aspek lain yg tidak tersentuh oleh “pemalsuan” tsb.

Salam

5 08 2010
parhobass

@fanya

terimakasih buat jawaban Anda,…

1(a),… bisa lebih dijelaskan tidak dimasukan atau disusupi perkataan manusia?…, bukanlah di Quran ada percakapan antara si A dan si B yang bukan allah Anda?, sedemkian juga di Alkitab? dan jika Anda katakan “mengkompilasi sabda Rasul”, apakah itu bisa diartikan bahwa rasul mengucapkan dan bukan allah lagi?

(b). untuk yang satu ini sudah dijelaskan panjang lebar oleh lae Jeph,… untuk singkatnya sy sudah pernah berkata kepada Anda, “Kalau sudah error ngga usah dibawa-bawa”… contohnya gini, kalau ada tiba2 orang yang berkata fanya berdialog berangasan dan asal2an,…apakah kita bisa terima? wong nyatanya Anda berdialog baik dan bagus, kan gitu toh? jadi pendapat yang sumbang ngga usah dibawa2….
dan lebih parah dari dugaan saya adalah,…. perkataan alkitab palsu datangnya dari mana?, apakah nubuat akan ada pemalsuan atau sudah melihat adanya pemalsuan?, kenapa saya sebut nubuat? karena acuan Anda semua apa yang terjadi di abad 19 dan 20 ini bukan apa yang melandaskan sampai ada kata palsu kepada Alkitab itu…

2. …. sumber yang satu..
Anda mengatakan.
a. karena sumbernya allah, maka akan selalu ada
b. selalu ada penghapal, maka akan terjaga
c. digitilized membantu keakuratan/kesamaan…

yang c dan b tentu tidak relefan dengan arti sumber yang satu, karena orang menghafal sama dengan apa yang tertulis, ada sumber utama sampai orang bisa menghafal sama dengan ada sumber utama sampai ada yang tertulis…

jika kita gunakan a, maka apa yang dimiliki nabi Anda tidak sumber utama, karena penggandaan dari si allah…,…dan dasar ini tentu hanya angan belakan, karena nyatanya yang asli yang disebut sebagai sumber utama bukan itu toh?

jadi sekali lagi, sumber utama dari segala penggandaan AQ sekarang ini, ada ngga? dimana?

5 08 2010
Fery

wakakak batak palsu! dasar si LAE Fanya wakakaak

5 08 2010
fanya

@Om Parhobass
1.(a). ….bukanlah di Quran ada percakapan antara si A dan si B yang bukan allah Anda?,
:
:
fanya:
Jika Om Par perhatikan, dlm Al-Qur’an tidak ada sosok pertama tunggal (subyek) selain Allah. Kalaupun terdapat percakapan antara si A dgn B di dlm Al-Qur’an, semata-mata karena dlm firman-Nya tsb Allah swt mengulas isi percakapan antara si A dgn si B. Juga bukan bentuk ucapan si C (manusia, subyek) yg menceriterakan percakapan si A dgn si B; atau memuat penuturan si A (manusia) terkait percakapannya dgn si B atau sebaliknya. Kitabullah adalah kitab dimana subyeknya hanya Allah. Oleh karena itu jika didalamnya terdapat sosok lain selain Allah yg berbicara dlm kapasitas sbg subyek, maka kitab tsb jelas tak memenuhi kategori Kitabullah.

Fakta bhw 82% muatan Alkitab bukan merupakan ucapan Yesus sebagaimana direlease oleh The Five Gospels, mengindikasikan bhw kitab Allah tsb tlh disisipi pasal2 yg tidak berasal dari Yesus.

======
1. (b) Kalau sudah error ngga usah dibawa-bawa”…
:
:
fanya:
Memang Om Par berulang kali menyatakan hal tsb namun apa yg fanya sampaikan diatas BUKAN FAKE, bukan bualan, melainkan fakta nyata bhw ada jutaan manusia di seantero dunia dgn alamat, identitas, institusi legal, yg beriman kepada Allah, Yesus, dan Injil, namun memiliki penafsiran, pemahaman dan keyakinan berbeda atas beberapa pasal dlm Injil, termasuk tentang masalah Trinitas. Fakta tsb mustahil diabaikan, bahkan MUTLAK HARUS dijadikan rujukan karena fakta tsb memang NYATA ADANYA.

Om Par boleh saja berpendapat bhw mereka (Saksi-2 Yehova) adalah salah dan menyimpang, namun tampaknya mereka justru berpendapat sebaliknya. Bagi fanya, masalah tsb tidak mustahil seperti kasus Socrates di jaman dulu….., hanya Tuhan yg tahu kebenaran HAKIKI.

====

2. …. sumber yang satu..
Anda mengatakan.
a. karena sumbernya allah, maka akan selalu ada
b. selalu ada penghapal, maka akan terjaga
c. digitilized membantu keakuratan/kesamaan…
:
:
fanya:
a. Ok
b. selalu ada YANG HAFAL Quran diluar kepala (menghafal 30 juz dgn 114 surah dan 6.236 ayat bukan perkara mudah dan hanya bisa terjadi berkat Hidayah Allah swt), karena dgn dihapalnya Al Quran secara utuh, Allah membuktikan janji-Nya utk menjaga keutuhan dan kelengkapan konten Al-Qur’an melalui ingatan Nabi Muhammad, beberapa Sahabat dan kemudian beribu-ribu umat Islam lainnya. Apakah selama ini diketahui keberadaan Umat Kristiani yg hafal Alkitab di luar kepala? Alkitab dlm bahasa apa? dan bagaimana dg Alkitab dlm ratusan bahasa lainnya?

c. Keberadaan software dan database Al Qur’an jelas mengabadikan keutuhan Al Qur’an, bahkan umat Islam yg tidak hapal Al Quran pun dpt turut menjaga keutuhan konten Al Qur’an dgn memanfaatkan teknologi tsb.

Salam

5 08 2010
jephman

mau tanya Lae Fanya :P

Jadi Alkitab tidak otentik dan dipalsukan karena tidak ada yang menghafalkan? ;) Alquran jadi lebih asli karena ada yang menghafalkan sampai sekarang?

Terus bagaimana dengan KETIDAKCOCOKAN antara Alquran dgn Alkitab?
Disini dibilang Yesus yang dikayu salib, disana dibilang stuntman yang disalib
disini “kasihilah musuhmu”, disana “penggalah musuhmu”
disini kita mati menjadi roh dan masuk surga kudus-suci-abadi, disana dilayani 72 bidadari bahenol?

“Teknologi tsb mungkin kurang atau tidak terlalu berperan dlm menjaga otentikasi Alkitab, karena sejak awal tidak ada Alkitab universal yg secara konsensus dijadikan sbg acuan seluruh umat Kristiani….”
>> oh begitu ya bu ? lantas semua Alkitab dari zaman sebelum Masehi tidak otentik karena tidak ditaruh dalam hardisk?

5 08 2010
cerdas

@Lae Fery

Mungkin si @Lae Fanya ini punya dua jenis kelamin :-D
hahaha…
kadang2 jadi perempuan,…kadang2 jadi laki2 (Lae)
tergantung cuaca..
kalau lagi sepi, dia berubah jadi laki2
:-D

5 08 2010
cerdas

@all

Alquran yang sekarang beredar, sudah TIDAK ASELI LAGI :lol:

Ketika Muhammad wafat di tahun 632M, Qur’an belum dicatat dan
dikumpulkan dalam sebuah buku. Para Muslim hanya menghafalkan
sebagian besar Qur’an saja. Hal ini terutama dilakukan oleh para
Muslim yang kenal dekat Muhammad. Qur’an berarti melafalkan. Ada
kemungkinan bahwa beberapa ayat ditulis di atas tulang, batu, atau
disembunyikan sebelum Muhammad wafat. Tak lama setelah dia wafat,
para Muslim awal ini mengambil keputusan mengumpulkan ayat2 Qur’an
dalam sebuah buku.

Qur’an yang asli dijadikan buku di tahun 634M. Penting untuk
diketahui bahwa penyusunan Qur’an terjadi karena proses politik. Di
tahun 633M, terjadi perang yang menewaskan 700 Muslim. Rekan dekat
Muhammad yang bernama Salim yang mampu melafalkan sebagian besar
Qur’an terbunuh. Apa yang terjadi jika semua rekan2 karif Muhammad
terbunuh? Para Muslim awal ingin mempertahankan kemurnian Qur’an
seperti yang telah diwahyukan oleh Muhammad.

Jadi Qur’an asli di tahun 634M disusun di bawah pimpinan Kalifah Abu
Bakr. Qur’an inilah yang lalu dikenal sebagai codex (mushaf) Hafsah
(ini terjadi 10 tahun kemudian saat Hafsah menyimpan Qur’an ini).

Akan tetapi, Qur’an asli ini dihancurkan para pemimpin Islam di tahun
667 M. (Hafsah adalah salah satu istri Muhammad. Dia menjaga Qur’an
yang asli itu sampai ajalnya di tahun 667 M. Para pemimpin Islam
ingin menghancurkan Qur’an asli ini sebelum Hafsah sampai ajal. Tapi
Hafsah menolak menyerahkan Qur’an-nya untuk dibakar. Dia berhasil
mempertahankan Qur’an ini sampai ajalnya [begitu menurut
Al-Masahif 24]. Penting untuk dipertanyakan: “Mengapa Hafsah tidak
mau menyerahkan Qur’an asli terpenting ini untuk dibakar?”).

Berdasarkan sumber2 Islam sendiri saja, tampaknya mushaf Hafsah
adalah satu dari Qur’an terakhir lainnya yang dihancurkan oleh para
Muslim. Apakah sebenarnya yang terjadi sehingga Qur’an asli ini tidak
diterima dan bahkan harus dihancurkan? Mengapa Qur’an mushaf Hafsah
ini tidak dipertahankan sejak dibentuk jadi buku (tahun 634 M) dan
hanya dua tahun setelah Muhammad wafat (di tahun 632M)?

Untuk mengetahuinya sebabnya, maka perlu dimengerti prosedur awal
yang ditetapkan dalam mengumpulkan Qur’an yang asli. Abu Bakr
memerintahkan bahwa ayat2 Qur’an yang dikumpulkan harus disampaikan
oleh kesaksian paling sedikit dua Muslim. Versi awal Qur’an ini
tentunya yang paling banyak diingat para pengikut Muhammad di tahun
634M. Dengan begitu jelas alasannya mengapa Hafsah tidak mau
menyerahkan Qur’an-nya yang asli untuk dibakar.

Sejarah bagaimana Qur’an dicatat dinyatakan di sumber2 tulisan Muslim
yang patut dipercayai, yakni hadis. Masalah Qur’an mulai muncul di
saat kekalifahan ketiga Islam, yang dipimpin oleh Kalifah Usman (644 –
656M). Rupanya saat itu agama Islam sudah menyebar luas gara2
penyerangan militer Islam. Para tentara Muslim membaca berbagai versi
Qur’an yang berbeda-beda. Orang2 ini bertanya,”Apakah
Qur’an yang ini benar2 murni seperti yang diwahyukan dan diajarkan
Muhammad?”
Hadis yang paling terpercaya yakni Sahih Bukhari mencatat bagaimana
prajurit2 Muslim bersengketa tentang versi2 Qur’an yang berbeda.

Hadis Sahih Bukhari, volume 6, buku 61, nomer 510
Hudhaifa khawatir akan perbedaan pelafalan Qur’an, jadi dia berkata
pada `Uthman, “Wahai, ketua para umat! Selamatkan negara ini sebelum
mereka bersengketa tentang Qur’an seperti yang terjadi pada orang2
Yahudi dan Kristen sebelumnya.”

Dalam menangani permintaan ini, Kalifah Uthman mengirim pesan kepada
Hafsah karena Hafsahlah yang punya Qur’an asli yang dikumpulkan di
tahun 634M. Inilah yang ditulis Uthman kepada Hafsah:
“Kirim pada kami susunan naskah2 Qur’an sehingga kami bisa
mengumpulkan bahan2 Qur’an dalam jilid2 yang sempurna dan kami akan
mengembalikan susunan naskah Qur’an itu padamu.”
Hafsah lalu mengirimkan Qur’an-nya pada Uthman.

Lalu Kalifah Uthman memerintahkan orang2nya yang mengerti Qur’an
untuk menyusun Qur’an sekali lagi. Ini yang tertulis dalam hadis:
Uthman lalu memerintahkan empat orang menulis kembali Qur’an dalam
duplikat2 yang sempurna. Setelah ini dilakukan, Qur’an mushaf Hafsah
dikembalikan pada Hafsah. “Uthman mengembalikan naskah2 Qur’an yang
asli pada Hafsah.”

Setelah memiliki versi baru Qur’an, Uthman memerintahkan semua
Qur’an2 yang lain dibakar. Inilah yang tertulis dalam hadis:
Uthman mengirim sebuah duplikat Qur’an pada setiap propinsi Muslim,
dan memerintahkan naskah2 Qur’an yang lain dibakar, tidak peduli
apakah tertulis di naskah2 terpisah atau seluruh kumpulan Qur’an,
harus dibakar.

Ini berarti terjadi perubahan drastis. Pertanyaan yang muncul adalah,
“Mengapa Qur’an2 dan naskah2 Qur’an lainnya harus dibakar?”
Jawabannya terdapat dalam pernyataan Hudhaifa di hadis:
“Hudhaifa khawatir akan perbedaan pelafalan Qur’an.”
Hudhaifa tidak ingin ada versi Qur’an yang berbeda. Bagi Hudhaifa,
satu versi Qur’an berarti kesatuan seluruh umat Muslim. Jika tentara
Muslim tidak bersatu, maka Islam akan runtuh.

Apa yang salah pada versi2 Qur’an yang lain sehingga harus dibakar
musnah? Apakah Qur’an yang sekarang ada benar2 asli seperti yang
dipercaya Muslim jaman modern? Karena alasan pembakaran semua versi
Qur’an yang berbeda hanyalah alasan politik, maka Qur’an modern
merupakan hasil keputusan politis para pemimpin politik Muslim, dan
bukan keputusan sang Nabi Muhammad. Pertanyaan2 seperti ini tidak
akan pernah bisa dijawab. Tapi sudah pasti bahwa Qur’an yang ada saat
ini tidaklah sama dengan Qur’an asli yang disusun hanya dua tahun
setelah Muhammad wafat. Sudah pasti bahwa Qur’an mushaf Hafsah
merupakan Qur’an yang paling asli, paling tepat sepanjang masa. Tapi
para pemimpin Muslim malahan ngotot membakarnya. Apa sih sebenarnya
yang terjadi di tahun2 awal Islam?

Bukti ada Beberapa Versi Qur’an yang Berbeda

Sumber2 literatur Islam menyatakan bahwa setidaknya terdapat empat
versi Qur’an yang ada sebelum Kalifah Usman mengeluarkan perintah
pembakaran. (referensi: “Al Tamhid 2, 247).

Empat versi Qur’an itu ditulis oleh orang2 yang kenal dekat dengan
Muhammad. Setiap orang menulis versi Qur’an-nya sendiri. Berdasarkan
sumber2 Islam, perbedaan versi Qur’an ini cukup serius sehingga
mengakibatkan perpecahan antar Muslim. Sumber Islam “K. Al Masahif”
melaporkan bahwa perbedaan begitu serius sehingga seorang Muslim
menyebut Muslim lainnya bid’ah:
Sewaktu pemerintahan Uthman, guru2 mengajarkan pelafalan ini dan itu
pada murid2nya. Ketika para murid bertemu dan tidak setuju cara
pelafalan tertentu, mereka melaporkan perbedaan ini kepada guru2
mereka.
Mereka lalu mempertahankan cara pelafalan mereka, dan menuduh pihak
lain bid’ah. (Abu Bakr `Abdullah b. abi Da’ud, “K. al Masahif).

Jadi keputusan politis dikeluarkan untuk menciptakan satu versi
Qur’an saja. Hal ini tidak disetuji oleh para Muslim awal yang telah
menyusun Qur’an versi mereka sendiri. Siapakah orang2 ini?

Sumber literatur Islam menyatakan orang2 terpilih ini yang menyusun
Qur’an mereka sendiri. Hadis Sahih Bukhari, volume 5, buku 58, nomer
150
Aku mendengar sang Nabi berkata, “Belajarlah pelafalan Qur’an dari
empat orang ini: (1) Abdullah Ibn Mas’ud, (2) Salim (yang terbunuh di
perang tahun 633M), dan dia adalah budak Abu Hudhaifa yang
dimerdekakan, (3) Ubayy b. Ka’ab, dan (4) Muadh bin Jabal.”

Jadi ada beberapa orang khusus yang dipilih Muhammad karena
pengetahuan mereka akan Qur’an dan orang2 ini lalu menyusun Qur’an
versi mereka sendiri. Qur’an2 ini beredar luas dan digunakan di
kalangan Muslim. Hal inilah yang menyebabkan tentara2 Muslim saling
bersengketa dan menuduh satu sama lain bid’ah.

Setelah Qur’an yang “resmi” diterbitkan dan keluar perintah
pembakaran Qur’an versi lain, maka sekelompok Muslim marah.
Keterangan berikut dari literatur Islam mungkin merupakan keterangan
yang terpenting tentang orang2 yang mengenal Muhammad secara pribadi.
Mari mulai dengan Abdullah Ibn Mas’ud yang diminta untuk membakar
versi Qur’an-nya sendiri.
“Bagaimana mungkin kau memerintahkan dirku untuk melafalkan pembacaan
Zaid, sedangkan aku melafalkannya dari mulut sang Nabi sendiri akan
tujuhpuluh Sura?” “Apakah aku, ” tanya Abdullah, “harus melupakan apa
yang kuketahui dari bibir sang Nabi sendiri?”
(“K. al Masahif” oleh Ibn abi Dawood, 824-897 AD, hal. 12, 14).

Apakah Abdullah Ibn Mas’ud menganggap Qur’an yang beredar saat ini
merupakan Qur’an murni, padahal dia menolak membakar Qur’an versi
miliknya sendiri? Karena Mas’ud tidak sudi membiarkan Qur’an versi
miliknya dibakar, maka sudah jelas Mas’ud tidak menganggap Qur’an
milik Uthman itu asli. Hal yang penting untuk dipertanyakan, “Mengapa
Mas’ud tidak mau menyerahkan dan membakar Qur’an miliknya?”

Mas’ud adalah sahabat karib dan pelayan pribadi Muhammad. Nabi
Muhammad mengajarkan Qur’an pada Mas’ud secara pribadi. Karena
eratnya hubungan pribadi dengan Muhammad, maka Mas’ud jelas yakin
bahwa dia punya kualifikasi meyakinkan untuk menyusun Qur’an versinya
sendiri.

Mas’ud lalu pindah ke Kufa, Irak, di mana dia menyelesaikan menyusun
Qur’an versinya sendiri, yang dikenal dengan mushaf Kufan. Qur’an
unik ini selesai disusunnya beberapa tahun setelah Qur’an asli milik
Hafsah disusun (tahun 634 M). Qur’an versi Mas’ud tidak memiliki Sura
1, 113, dan 114 yang terdapat dalam Qur’an
“resmi” saat ini. Apakah Qur’an itu benar2 asli seperti yang
dipercayai Muslim sekarang?

Qur’an versi lain disusun oleh Ubayy b. Ka’ab. Diapun adalah sahabat
karib Muhammad dan merupakan sekretaris (juru tulis) Muhammad. Ubayy
mahir melafalkan banyak ayat2 Qur’an, dan dia belajar pelafalan ini
langsung dari Muhammad. Para ilmuwan Islam menemukan bahwa Qur’an
versi Ubayy berbeda dengan Qur’an “resmi” karena punya Ubayy terdapat
dua Sura lain (berjudul Sura Al-Khal dan Sura Al-Afd). Karena
Muhammad secara pribadi mengajar Ubayy tentang Qur’an, maka mengapa
yaaa Qur’an “resmi” saat ini tidak mengandung dua Sura tersebut?

Ubayy wafat saat kepemimpinan Kalifah Umar, dan saat itu Qur’an
yang “resmi” belum disusun oleh Uthman. Karena itulah, Ubayy tidak
usah menyaksikan Qur’an versi miliknya dibakar atas perintah Uthman.
Karena Ubayy menyusun Qur’annya sendiri dan belajar langsung dari
mulut nabi Muhammad, tentunya dia akan setuju dengan sikap Mas’ud
yang menolak menyerahkan Qur’an versinya untuk dibakar, bukan?

Karena keputusan Uthman untuk menciptakan Qur’an versi “resmi”, maka
Qur’an versi Ubayy dibakar. Penting untuk dipertanyakan, “Apakah
Qur’an sekarang benar2 asli?”

Sekarang tentang Qur’an asli yang dikenal sebagai mushaf Hafsah.
Qur’an ini dibakar para pemimpin Muslim segera setelah Hafsah
meninggal. Penting untuk dipertanyakan, “Mengapa Hafsah tidak mau
Qur’an bernaskah terasli ini dibakar?”

Qur’an “resmi” jaman sekarang datang dari Zaid ibn Thabit, yang
merupakan juru tulis Muhammad yang paling muda. Zaid, karena usia
mudanya, masih hidup ketika orang2 terdekat Muhammad lainnya sudah
mati. Akan tetapi, akhirnya malah Qur’an versi Zaid yang dipilih
Uthman sebagai Qur’an yang “resmi.”

Muslim2 lain yang sangat dekat hubungannya dengan Muhammad menjadi
sangat marah ketika Uthman bersikeras hanya ada satu jenis Qur’an
saja yang boleh digunakan. Sumber2 Islam menunjukkan bahwa keaslian
Qur’an sejak jaman Muhammad tidak jelas lagi. Jika tidak terdapat
versi2 Qur’an yang berbeda, maka tentunya tidak akan ada perintah
pembakaran.

Kaum Muslim percaya bahwa terdapat tujuh versi Qur’an, tapi hanya
Qur’an versi Uthman saja yang benar. Jadi para Muslim tidak
mempermasalahkan pembakaran Qur’an2 versi lain. Akan tetapi,
dibutuhkan “iman buta” untuk percaya dan menerima pandangan seperti
ini.

Jika Muhammad betul2 mampu secara konsisten meramalkan masa depan,
maka tentunya Qur’an memang berasal dari Tuhan. Akan tetapi
kenyataannya tidak begitu. Peristiwa politik pembakaran Qur’an versi
lain yang dilakukan para pemimpin awal Islam membuktikan bahwa Qur’an
berasal dari Jibril gadungan.

5 08 2010
Fanya

@ Lae Jephman.

Hihihi koq lae maksa menyimpulkan begitu ya?, padahal ketika fanya menjawab pertanyaan Om Parhobass fanya bilang parameter ketidak otentikan tsb justru didasarkan pd kesimpulan saudara2 seiman lae sendiri dlm The Five Gospels, bhw ternyata 82% muatan Alkitab TIDAK DIUCAPKAN YESUS! jelas lae? Soal prosentase tsb jangan “komplain” sama aku, lha yg seminar dan bikin penelitian thdp Alkitab itu sodara2 lae sendiri khan? (ingat! menurut Om Par, “komplain” identik dgn menolak Tuhan loh).

Kembali ke masalah konten Alkitab, apabila hanya sebagian kecil (18%) dari Alkitab yg benar-benar ucapan Yesus, ……. apakah menurut lae relevan disebut Kitabullah? (Kitabullah artinya khan Kitab Allah….), dan yg 82% tsb lantas dari mana dan ucapan siapa? dan bagaimana hal tsb terjadi? Tolong, ….ini juga jangan tanya fanya, sebaiknya lae tanyakan pd mereka yg ikut seminar, atau lae selidiki sendiri… gitu loh!

Konsekwensi dari adanya tambahan muatan Alkitab, maka wajar sekali jika kemudian ditemui banyak KETIDAKCOCOKAN antara Alquran dan Alkitab sebagaimana yg lae kemukakan.

Soal ajaran “kasihilah musuhmu”, fanya percaya itu pelajaran amat luhur dan mulia dari Tuhan YMK yg mesti diimplementasikan oleh siapapun, terutama oleh mereka yg menjunjung tinggi ajaran Tuhannya, begitu khan lae ?
Namun demikian, sebetulnya fanya tidak yakin jika Tuhan yg mengajarkan Kasih memerintahkan umat-Nya utk membantai sanak saudara sendiri seperti yg tertuang dlm Ulangan 13:6-10 sbb :

Apabila saudaramu laki-laki, anak ibumu, atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau isterimu sendiri atau sahabat karibmu membujuk engkau diam-diam, katanya: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu, salah satu allah bangsa-bangsa sekelilingmu, baik yang dekat kepadamu maupun yang jauh dari padamu, dari ujung bumi ke ujung bumi, maka janganlah engkau mengalah kepadanya dan janganlah mendengarkan dia. Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, janganlah mengasihani dia dan janganlah menutupi salahnya, tetapi bunuhlah dia!

Pertama-tama tanganmu sendirilah yang bergerak untuk membunuh dia, kemudian seluruh rakyat.

Engkau harus melempari dia dengan batu, sehingga mati, karena ia telah berikhtiar menyesatkan engkau dari pada TUHAN, Allahmu, yang telah membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.

Maaf fanya sampaikan kutipan Ulangan 13:6-10 diatas biar lae mengerti mengapa dalam Al-Qur’an Allah mengatakan bahwa Injil telah ditambah dan dikurangi, karena mustahil Allah yg Pengasih lagi penyayang mengeluarkan perintah utk membantai anak-isteri-saudara-karib dsb.
Berbeda dengan perintah membunuh musuh musuh dalam peperangan, kalau tidak membunuh musuh….. ya pasti kita mati konyol dibunuh musuh!

Salam lae.

5 08 2010
Fanya

@ Lae Jephman

Sekalian sharing nih, saudara sepupu perempuan fanya yg beberapa thn lalu menikah sama pemuda Flores, tlh berpindah keyakinan mengikuti keyakinan suaminya saksi-saksi Yehova. Mereka sekarang tinggal di kanada, punya 2 anak yg lucu-lucu…………

Bagi keluarga fanya yg Islam, setiap manusia dewasa berhak menentukan pilihan hiudup dan keyakinan masing-masing dan agama Islam menghormati mereka yg manfaatkan anugrah kebebasan memilih agama dan keyakinannya tsb sesuai firman Allah QS 109:6 “lakum dinukum walyaadin” – Untukmu agamamu dan untukku agamaku, dan umat Islam tidak diperintah utk membunuh siapapun, apalagi sanak saudaranya, disebabkan alasan berubah keyakinan!

salam

5 08 2010
asimi rohakki

@fanya: anda pikir IT nya islam dah lebih canggih dari……

5 08 2010
asimi rohakki

fanya: akh masa sih….,sering nonton TV ga? tuh ribut mulu gara2 agama…,Hidup ke Kristenan adalah anugrah yang di curahkan TUHAN Yesus Kristus didalam Perjanjian yang BARU dan KEKAL sesiapa yang selalu menoleh kebelakang ia hidup dibawah kutuk (ssssontoh: istri Loth di PL),pandanglah ke depan,berlarilah menggapainya,coba baca kisah Loth setelah dia diperintahkan Tuhan utk segera meninggalkan sodom,.apakah keluarga Loth mematuhi perintah TUHAN?(ada bbrapa pelanggaran disana ,al:LARI…..,jgn menoleh ke blkg,ke gunung,dst BACALAH sendiri,kalo mau !!!!) begitulah kami org2 Kristen kalo mmbaca PL kalo melakukn A akibatnya B…….sebagai sssontoh heheheh! kalo Fanya ga tau maksud Firman TUHAN minta bimbingan Lae Jeph krna Fanya non Kristen,kalo Kristen ya minta bimbingan ROH KUDUS lah!!!!

6 08 2010
jephman

Semua muslim selalu gitu bu Fanya, sering sekali saya dengar jargon2 itu. Agamaku-agamamu. Anda pikir tulisan2 ini akan ada jika Alquran tidak menuduh Alkitab palsu? Anda pikir kami begini karena kurang kerjaan? Agamamulah yang membuat begitu. Agamamu yang menyatakan Alkitab dipalsukan sekaligus membenarkan, sekaligus juga minta referensi atas nabinya.

“umat Islam tidak diperintah utk membunuh siapapun, apalagi sanak saudaranya, disebabkan alasan berubah keyakinan!”
>> ini pernyataan pribadi saya anggap. Saya bisa menunjukan perintah itu kepada anda dan muslim2 yang mendukungnya. Anda bisa berkelit dengan berbagai tafsiran, hukum, sudut pandang dlsb. Tetap saja perintah itu ada dan ada muslim yang membenarkannya. Jadi masalahnya bukan pada Anda dan keluarga anda yang menafsirkan, masalahnya ada perintah itu dan banyak muslim lain yang tidak sependapat dgn Anda.

Saya tidak peduli keluarga anda masuk Ahmadiyah kek, pindah kek kutub kek. Itu urusan mereka.

Masalahnya ada tuduhan di Alquran yang mengatakan Alkitab dipalsukan.
Itu jelas bertolakbelakang dengan “Untukmu agamamu dan untukku agamaku”.

BEda halnya kalau Alkitab menuduh Alquran sudah dipalsukan. Anda pantas memakai Jargon itu. Ini agamamu yang usil ke agamaku kok malah kamu yang pakai jargon itu. Aneh.

6 08 2010
jephman

Bu Fanya, inilah yang menyebabkan muslim selalu gak nyambung. Kalian selalu memakai polapikir Islam buat memahami agama lain.

Sudah dibilang, Alkitab dan Alquran itu punya garis start berbeda. Alkitab itu tidak seperti Alquran yang “turun” di goa Hira sana. Alkitab itu DICATATKAN oleh puluhan bahkan ratusan orang mulai dari nabi, raja, pegawai pajak sampai rakyat jelata dalam kurun waktu ribuan tahun. Bu Fanya tidak bisa memaksakan bahwa “kitab itu harus seperti ini” dengan bayangan Alquran di depan hidung. Alquran dan Alkitab memiliki sejarah, warisan, budaya yang terentang sampai mileniuman. Kitab yang teakhir dari Perjanjian Baru sampai ke Alquran saja sampai rentang 600-an tahun. Bagaimana anda bisa berfikir semuanya harus ditulis dgn kriteria yang sama? Apa mau Alquran anda ditetapkan dgn kriteria penulisan zaman sekarang? kan konyol

Mari kita mengikuti polapikir ibu. Apakah 18% itu memang bermasalah? Bagiku kalau Tuhan berfirman SEPATAH KATA pun sudah pasti AKAN BERKUASA. Apa masalahnya jika 82% persen menerangkan yang 18% itu? Apa yang 82% itu jadi firman setan?

Apa ini berarti tidak boleh nabi-nabi di Perjanjian Lama dan murid-murid Yesus menuliskan Firman Tuhan yang diterimanya? Bagaimana jika ditambah berbagai tafsiran dan keterangan kaki dibawahnya, pasti tinggal kira-kira 5% yg menurut anda “benar-benar ucapan Yesus”, apa itu jadi kurang Firman Tuhannya? Lihat betapa konyolnya pola pikirmu ini.

Ini terjadi karena Jesus Seminar berpendapat : Yesus = Tuhan –> Perkataan Yesus = Fiirman Tuhan. Jadi yang dihitung hanya perkataan Yesus di Perjanjian Baru saja. Sedangkan kami berpendapat SEMUA KITAB baik di PL dan PB itu diinspirasikan Roh Kudus. Mari kita menyimpan pendapat ini dulu, dan mengikuti pola pikir Bu Fanya , coba ibu cek berapa banyak ayat di Perjanjian Lama yang dimulai dengan kata: “Beginilah Firman Tuhan:”, silahkan kalkulasikan.

Mengenai Ulangan 13:6-10 itu sudah pernah saya bahas disini : >klik<
Kami melihat Perjanjian LAMA itu bagai seorang dokter melihat foto Rontgen. Bisa melihat permasalahan yang TELAH ADA. Kami bisa melihat apa yang telah Tuhan ijinkan ke bangsa Israel dan menjadi pelajaran untuk kami. TERMASUK KEKERASAN yang diijinkan Tuhan. Karena kami bisa melihat AKIBAT daripadanya. Dan Yesus dengan tegas menggantikan apa yang difirmankan itu :

PERHATIKAN KATA-KATA yang saya bold

Matius 5:
(38) Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.(39) Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

(43) Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. (44) Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

BTW: Fanya laki apa perempuan? Perempuan itu panggilnya Ito ke laki-laki bukan lae :)

6 08 2010
fitrok

nambah lagi satu orang yg ngga nyambung alias oh-oh-teh bin ndablek
yaituh
miss fanya
hik hik hik
silakan bergabung dengan @fitri, @LP, dan kawan2 :lol:

6 08 2010
fitrok

dia itu berkelamin ganda lae jeph
kalau di sini, dia perempuan
tapi kalau di kah-teh-peh dia jadi pria
biar kalau dikejar satpol PP malem2 ngga ditangkep
hik hik hik

-fitrok-
alias fitri katrox

6 08 2010
parhobass

@fanya

@Om Parhobass
1.(a). ….bukanlah di Quran ada percakapan antara si A dan si B yang bukan allah Anda?,
:
:
fanya:
Jika Om Par perhatikan, dlm Al-Qur’an tidak ada sosok pertama tunggal (subyek) selain Allah. Kalaupun terdapat percakapan antara si A dgn B di dlm Al-Qur’an, semata-mata karena dlm firman-Nya tsb Allah swt mengulas isi percakapan antara si A dgn si B. Juga bukan bentuk ucapan si C (manusia, subyek) yg menceriterakan percakapan si A dgn si B; atau memuat penuturan si A (manusia) terkait percakapannya dgn si B atau sebaliknya.

nyatanya ada yang subjectnya bukan allah kan?
al fatihah 1 itu menurutmu kalimat perintah apa kalimat berita?


Kitabullah adalah kitab dimana subyeknya hanya Allah. Oleh karena itu jika didalamnya terdapat sosok lain selain Allah yg berbicara dlm kapasitas sbg subyek, maka kitab tsb jelas tak memenuhi kategori Kitabullah.

idem dengan yang atas,…
Jika allah anda adalah subject, sura 1:1 itu jenis kalimat apa?

Fakta bhw 82% muatan Alkitab bukan merupakan ucapan Yesus sebagaimana direlease oleh The Five Gospels, mengindikasikan bhw kitab Allah tsb tlh disisipi pasal2 yg tidak berasal dari Yesus.

siapun Kristen akan mengamini ucapan Anda,…sudah dijelaskan lae jeph di atas. memang secara kalimat, tidak semua subjectnya adalah TUHAN/YESUS,… jika dasarnya hanya sebagai subject,
tetapi fanya lupa satuhal,
jika fanya memakai standard bahwa allah Anda yang “bercerita” di AQ dan bukan orang lain, saya katakan bahwa Alkitab juga dicatat oleh inspirasi ROH KUDUS yang adalah ALLAH YANG ESA itu juga, ROH KUDUS telah menginspirasi penulis Alkitab untuk memilih kata dan peran dan ucapan2 para orang yang dicatatkan di Alkitab….

contohnya, banyak perihal yang tidak dicatat dari kehidupan HENOKH, walau ia adalah orang benar di hadapan ALLAH, tetapi dari hidupnya yang panjang lebar itu, sama sekali tidak tercatat utuh kecuali bahwa ia diangkat ke sorga langsung oleh karena hidup bersahabat dengan TUHAN… bandingkan dengan Roh Kudus memilih kisah Mesir yang jahat waktu perbudakan Israel… jadi semua peristiwa dan kejadian dipilih oleh Roh Kudus yang mengispirasikan penulis mencatat Alkitab…


======
1. (b) Kalau sudah error ngga usah dibawa-bawa”…
:
:
fanya:
Memang Om Par berulang kali menyatakan hal tsb namun apa yg fanya sampaikan diatas BUKAN FAKE, bukan bualan, melainkan fakta nyata bhw ada jutaan manusia di seantero dunia dgn alamat, identitas, institusi legal, yg beriman kepada Allah, Yesus, dan Injil, namun memiliki penafsiran, pemahaman dan keyakinan berbeda atas beberapa pasal dlm Injil, termasuk tentang masalah Trinitas. Fakta tsb mustahil diabaikan, bahkan MUTLAK HARUS dijadikan rujukan karena fakta tsb memang NYATA ADANYA.

Om Par boleh saja berpendapat bhw mereka (Saksi-2 Yehova) adalah salah dan menyimpang, namun tampaknya mereka justru berpendapat sebaliknya. Bagi fanya, masalah tsb tidak mustahil seperti kasus Socrates di jaman dulu….., hanya Tuhan yg tahu kebenaran HAKIKI.

saya sedang bukan mengatakan itu kawan,
fakta itu ada di seluruh tubuh Kristen, perbedaan penafsiran, tetapi adanya perbedaan penafsiran itu bukan berarti ajarannya atau alkitabnya berbeda, nyatanya alkitabnya sama, contoh penafsiran orang Injili akan berbeda dengan penafisiran orang Pantekosta, nyatanya di Indonesia alkitab yang dipakai adalah Alkitab terjemahan LAI yang disebut Terjemahan Baru,.., jadi tidak usah melihat sisi yang terlalu jauh dari perbedaan itu, kalaupun dipaksakan islam juga memiliki masalah yang sama dan justru lebih parah, syiah dan sunni yang tidak dapat diperstukan dan jika Anda membawa tarekat tarekat banyak yang memisahkan diri dari “kebenaran” main stream Islam kan?…

itulah sebabnya error ngga usah dibawa2,….

jadi yang saya tunggu dari Anda adalah, apa dasarnya allah Anda berkata bahwa Alkitab sudah dipalsukan?

====

2. …. sumber yang satu..
Anda mengatakan.
a. karena sumbernya allah, maka akan selalu ada
b. selalu ada penghapal, maka akan terjaga
c. digitilized membantu keakuratan/kesamaan…
:
:
fanya:
a. Ok
b. selalu ada YANG HAFAL Quran diluar kepala (menghafal 30 juz dgn 114 surah dan 6.236 ayat bukan perkara mudah dan hanya bisa terjadi berkat Hidayah Allah swt), karena dgn dihapalnya Al Quran secara utuh, Allah membuktikan janji-Nya utk menjaga keutuhan dan kelengkapan konten Al-Qur’an melalui ingatan Nabi Muhammad, beberapa Sahabat dan kemudian beribu-ribu umat Islam lainnya. Apakah selama ini diketahui keberadaan Umat Kristiani yg hafal Alkitab di luar kepala? Alkitab dlm bahasa apa? dan bagaimana dg Alkitab dlm ratusan bahasa lainnya?

c. Keberadaan software dan database Al Qur’an jelas mengabadikan keutuhan Al Qur’an, bahkan umat Islam yg tidak hapal Al Quran pun dpt turut menjaga keutuhan konten Al Qur’an dgn memanfaatkan teknologi tsb.

Salam

fanya,…
seberapa akuratpun softwate mencatat,merecord, nyatanya itu tidak menjelaskan bahwa sumber pertama dari record itu berasal dari sumber pertama itu ada, ngerti kan maksud saya,… inputan pertama kebentuk digital itu dari mana?
sumber pertama dari yang dihafal itu mana?
sumber pertama dari yang tertulis itu mana?
ini sangat perlu karena ada pendapat bahwa AQ itu asli..
Anda sedang tidak mengatakan dialek Arabnya orang arab sama dengan dialek arabnya orang Indonesia atau orang Perancis kan?
nah semisal orang Perancis yang tidak bisa mengucapkan H, apakah akan mengalamami degradasi dari AQ yang disebut asli itu? dan Anda sedang tidak mengatakan bahwa AQ yang resmi sekarang bukan dari “pemaksaan” toh?
dan nyatanya jika penghafal berhasil dan selalu berhasil melekatkan di memorinya tentang AQ, bukankah seharusnya tidak ada perbedaan ISLAM? perpecahan ISLAM?,… kan gitu, kalau sumber hanya satu, maka pengajaran tentu hanya satu, nyatanya tidak toh?….

jika dibandingkan dengan ALKITAB, saya yakin kemungkinan tidak satupun yang berniat menghafal ALKITAB dari A sampai Z, bisa jadi ada dari golongan2 Yahudi,… tetapi ALKITAB itu mudah diingat di dalam hati, karena ALKITAB adalah BERITA GEMBIRA, beritanya apa, ALLAH mengasihi kita, dan ALLAH beserta kita.
itu saja isi ALKITAB… nah kalau ditanya, bagaimana cara orang Kristen menghafal ALKITAB? caranya juga tidak menghafal huruf A sampai Znya, tetapi mendalami karakter2 orang yang dicatat di Alkitab itu, jadi karakternya yang dihafal,dan melalui karakter ini kita yang masih melakoni kehidupan ini bejalar, berguru, dan memilih karakter siapa dan bagaimana yang sesuai dengan berita di atas, yaitu karakter orang yang dikasihi ALLAH dan karakter orang yang ALLAH beserta dia….
gampang kan?
karena bicara karakter maka lahirlah tafsir2 yang berbeda yang kita sebut di atas, karena semua manusia unik maka seseorang juga berbeda di dalam menerima persepsi, dan karena berbeda maka ada kata Alkitab,bertumbuhlah di dalam iman….bertumbuh ke arah Karakter KRISTUS…karena Kristus adalah SATU maka oleh TUHAN dimampukan perbedaan itu menjadi Satu TUBUH, dimana TUBUH terdiri dari masing-masing anggota, dan anggota tubuh tentu berbeda-beda, tetapi biarpun berbeda, semuanya berjalan seirama sesuai kendali Kepala, dan Kepala adalah KRISTUS, dan Kristus bukan TUHAN yang cacat, … gitu COY….

tetapi sekian penjelasan itu tidak dapat menjelaskan bahwa AQ itu asli bukan?
kalau Anda membawa Jesus Seminary atau Saksi Yehova, maka kemungkina tuduhan Alkitab palsu hanya mendasarkan pandangan orang bukan pandangan allah itu sendiri…dimana yang saya tunggu adalah pandangan allah itu sendiri yang kemungkinan bisa dijelaskan dari wahyu2 yang ia ucapkan ke sang nabi?,kalau landasannya tidak ada berarti ada missing link yang luar biasa, dan jika percaya dengan perihal begitu, maka itulah yang membuat karakter Islam selalu merasa benar..

salam

7 08 2010
Fanya

@Ito Jephman (hihihi… mustinya Ito ya?); Om Parhobass
Mohon maklum deh… fanya khan memang bukan orang Batak ……., fanya pikir daripada Kamus Batak di blog Ito ini mubadzir, ya fanya manfaatkan aja hihihi…
:
:
Ito Jeph: ===> Kalian selalu memakai polapikir Islam buat memahami agama lain.
:
fanya :
Ya iyalah Ito … , setiap orang pasti menggunakan polapikir masing-masing dlm menilai segala sesuatu. Ito Jeph pun pasti berangkat dari pola pikir Kristiani dlm memahami Islam karena jika Ito gunakan pola pikir Islam, pasti Ito setuju 100% dan…. langsung jadi mualaf!. Begitu pula jika fanya terima pola pikir Kristen. Lain halnya jika gunakan pola pikir atheis, pasti diskusi semacam ini dianggap absurd, menggelikan dan bullshit belaka.
:
:
Ito Jeph: ===> >> ini pernyataan pribadi saya anggap.
:
fanya:
Ya sepatutnya memang begitu…..! Wong yg bikin komentarnya fanya, bukan MUI, bukan Rabithah Alam al Islami, bukan pula orang yg memiliki/diberi kompetensi utk mengatasnamakan Islam atau muslimin/muslimah.

Sehubungan dgn pergeseran tendensi pembicaraan, sebagaimana pernah fanya sampaikan kpd Om Par, keyakinan bukan sesuatu utk diperdebatkan. fanya memang senantiasa mencoba menjawab pertanyaan2 yg diajukan pd fanya sesuai dgn pengetahuan, pemahaman, pola pikir dan persepsi fanya, bukan utk diperdebatkan. Kalau Ito perhatikan, dlm setiap komen, fanya sifatnya hanya menjawab pertanyaan, dan kalaupun ada inisiatif komen selalu bersifat netral. Dalam menjawab pertanyaan, fanya juga tidak pernah mencela pribadi partner diskusi, kelompok, umat atau suatu keyakinan…….. Mengapa? …. karena menurut fanya tak ada untungnya mencela orang lain, lha wong diri sendiri juga masih banyak celanya koq!

Selain itu fanya berpendapat bhw Agama/keyakinan adalah ibarat MoU antara pribadi seseorang dgn Agama/keyakinan ybs sehingga setiap individu memiliki kewajiban dan tanggungjawab thd pengimplementasian MoU tsb secara konsekwen. Sespektakuler apapun MoU, sebanyak apapun jumlah pemegang MoU dan sehebat apapun “orang2” menjalankan MoU tsb kalau kita sendiri justru tidak konsekwen menjalani hidup berdasarkan MoU tsb, maka malah MoU itulah yg bakal menjerat dan dijadikan dasar hukum dlm penghakiman kita…

Maka dari itu, fanya berpendapat bahwa fokus dari setiap agama adalah DIRI SENDIRI, bukan ORANG LAIN dan bukan pula pendapat, pandangan maupun penilaian orang lain thdp keyakinan kita.

Inilah yg fanya pahami ttg “lakum dinukum walyadin”.

Bagi fanya, sia-sialah BERDEBAT ttg keyakinan, apakah itu dgn orang2 seiman, apalagi dgn pihak yg tidak memiliki pola pikir yg sama. Berbeda dengan BERDISKUSI. Diskusi yg dilandasi persepsi positif akan membuka cakrawala dan wawasan berpikir semua pihak yg berdiskusi yg sangat berguna bagi penentuan langkah kedepan.

Kebenaran adalah bukan sesuatu untuk dipertentangkan, melainkan utk diyakini berdasarkan pertimbangan2 faktual, akal dan spiritual. (ini pendapat pribadi fanya)

Ito pasti tahu siapa Socrates yg keukeuh memilih minum racun meski diberi pilihan ‘bebas’ jika ia bersedia mengingkari kata-katanya. Atau Galileo yg rela masuk bui, gara-gara tak sudi meralat pendapatnya bahwa bumi itu bulat. Demikian pula Joan of Arc yg dibakar hidup-hidup karena keyakinan spiritualitasnya meski 500 tahun kemudian diberi gelar Santa (wanita kudus) oleh otoritas gereja. Sejak dulu, manakala dipertentangkan, tak jarang kebenaran dipaksa dikebiri demi corporate culture dan corporate interest yg lebih mendominasi keadaan.

Salam

7 08 2010
asimi rohakki

fanya : pendapatmu ad benarnya,sutralah…….tp masalahnya bini tua dah tenang selama 650 thn tp knp ada yg ngaku2 bini muda dah ngaku bunting lg, mana pake nyalah2in yg tua lg,bilang perkawinannya ga sah lah,surat kawinnya palsulah,nama2 saksi di rubah lah,t4 izab kabul dipindah lah,dan msh buaaaaanyak lah2 yg lain,pd hal saksi perkawinan yg ngaku bini muda ga ad tuh,yg parahnya lg harta bini tua mau di ambil semua tanpa syarat,coba ap anak2 yg tua mo diam aj ??????………………………….

29 08 2010
tefrino

Alquran telah mengatakan bahwa bahwa kalian menganggap agama kalian yang paling benar dan aku menganggap agama ku yang paling benar jadi untuk agamamu dan untuk ku agamaku.

29 08 2010
tefrino

untuk mu agama mu untuku agama ku karena kalian menganggap bahwa agama kalian paling benar dan aku menganggap agamaku paling benar.

31 08 2010
parhobass

@tefrino

TUHAN Yang BENAR, dan HANYA DIA, karena TUHAN adalah ESA..

salam

2 09 2010
Man Manal

Saudara-saudarku, saya percaya anda semua yakin dan percaya bahwa semuanya yang tertulis dalam alquran adalah benar, bukan? Bagi saya hal itu adalah cara yang benar atas pengakuan kita atas yang kita yakini.
Terkait dengan ayat-ayat alquran mengenai Taurat dan Injil, saya pernah membaca salah satu ayat dalam alquran yang saya lupa apakah Sajadah ayat 23 atau Almaidah ayat 68 yang intinya menyatakan bahwa umat harus percaya pada Taurat dan Injil karena kedua kitab ini diturunkan oleh Allah.
Yang menjadi pertanyaan bagi saya, Injil yang mana maksud alquran dalam hal ini. Apakah tulisan-tulisan mengenai kehidupan dan pengajaran Yesus yang terjadi pada abad I M ataukah setelah adanya kodefikasi atas tulisan-tulisan tersebut? Yang saya ketahui, istilah Injil baru ada setelah pelaksanaan kodefikasi atas tulisan-tulisan tersebut. Sementara kodefikasi atas tulisan-tulisan tersebut baru dilakukan pada abad modern, jadi pelaksanaannya jauh setelah Muhammad meninggal.
Dengan demikian darimana alquran telah menulis Injil sementara istilah Injil itu sendiri belum ada?
Selaku orang beriman kita akan menjawab, ITULAH KEBESARAN ALLAH, yang tahu apa yang akan terjadi.
Saya yakin bahwa kita semua sepakat Allah itu Maha Besar dan Maha Tahu apa yang akan terjadi.
Kalau demikian, saya yakin bahwa kita dapat sepakat bahwa Allah tahu bahwa Injil itu akan dipalsukan, bukan?
Kalau begitu halnya, KENAPA ALLAH MASIH MEMERINTAHKAN UMAT UNTUK MEMPERCAYAI TAURAT DAN INJIL?

Para pembaca yang budiman! Manusia mempunyai pengetahuan yang sangat terbatas, dan kadangkala tidak mengakui keterbatasan itu. Sehingga kadangkala merasa dia paling pintar dan paling mengetahui segala sesuatunya. Oleh karena itu saya usulkan agar kita semua bergiat membaca buku-buku yang berhubungan dengan iman. Buka hati, buka mata, buka telinga. DENGARLAH FIRMAN TUHAN “LIHATLAH SEMUANYA KUJADIKAN BAIK ADANYA”.

2 09 2010
lovepassword

Paket 5 jam VIP 15.000
Paket 3 Jam 10.000

Mendingan ngambil 5 jam atau tiga jam ya ? Makan mendoan dulu ah…

3 09 2010
fanya

@Om LP

hiiiyyy….. kalo mendoannya pake laler ijo begini mending cabut aja aah….. jijik!

3 09 2010
jephman

@ man manual
Injil itu bukanlah kata dlm pengertian “kitab” seperti alquran maksud.
Yesus tidak pernah membawa kitab injil dan alquran jelas2 ngaco dlm hal ini.
Bagaimana mungkin jika Allah yang sama tidak mengetahui kalau injil itu ditulis oleh murid2 Yesus atau oleh Lukas?
Bagaimana mungkin kalau memang Tuhan yang sama tidak mengetahui injil itu artinya kabar baik dan bukan berbentuk kitab?
Mengetahui injil mengetahui telah diterjemahkan dan ditafsirkan setelah berabad-abad bukanlah mukzizat ilahi sama sekali.
Itu jelas cuma tuduhan manusiawi krn kenabiannya tidak diakui.

4 09 2010
lovepassword

@Fanya : Bagus juga kalo kamu cabut, lama-lama kumpul sama makhluk hidup antik, bisa keracunan kamu ntar… Indonesia bisa rugi kalo kamu yang keracunan…

kalo aku mah sudah biasa makan kalajengking.. Hik Hik Hiks…makan mendoan beracun ya tetap saja lebih gurih .. Hik hiks…

jadi yah biar sekali-kali aku bermain di sini ..^_^

See You…

4 09 2010
lovepassword

kayaknya sensormu rada adil juga Mister Jephman… Integritasmu keren juga ^_^

kalo aku punya kalajengking bakar pasti engkau kubagi ..

4 09 2010
Fitri

@ pak tua
Nabi Isa bukan Yesus.
Dan Injil bukan Alkitab.
Dasar goblok!!! Ngaco loe!! Kalau kagak paham Islam, loe kagak usah sok tau dan sok pintar!! Apalagi cari muka!! Najis! :evil: :twisted:

4 09 2010
Fitri

Loe emang orang katrok! Pembenci Islam!!! Selama ini aku udah coba sabar menghadapi loe! Tapi loe dan pak tua jephman udah keterlaluan, pake emailku dan mengolok-ngolok diriku!! Loe udah buat aku sakit hati! Sampai matipun, akan kuingat semua kelakuan loe!

4 09 2010
Fitri

Dasar goblok loe! Kalau kehabisan argumen selalu menuduh islam mengajarkan kekerasan pake ayat ini itu! Loe kagak pernah berusaha cari tau ayat selengkapnya! Atau loe tau tapi sengaja loe potong biar maknanya lain!

Kalau ajaran islam ngajarin kekerasan, semua agama selain islam udah punah dari dulu! Tapi nyatanya kagak, kan! Lain kali loe jangan lagi sok tau!

4 09 2010
jephman

Kalo Isa bukan Yesus, ngapain anda dan muslim lainnya sibuk? :D
Injil memang bukan Alkitab. Yg bilang begitu siapa ya? Hehehe

4 09 2010
فتر

Dasar bego loe! Lempar batu sembunyi tangan!

Kalo loe kagak sibuk ngurusin, ngapain loe buat artikel di atas dan nyamain Alkitab ama Injil! Pake buat artikel Yesus kagak disalib terus menyamakan sama Isa! Kusumpahi loe kena gempa!

4 09 2010
Fitri

Woi! Pak tua!
Loe kagak malu apa!!! Loe sendiri yang nulis Yesus ga disalib padahal emang benar yesus disalib. Yang betul nabi Isa ga disalib.

Terus loe sendiri yang mencampurkan dan menyamakan alkitabmu ama injil! Dasar ngaco teriak ngaco!

5 09 2010
jephman

Aduh bu Fitri, dimana saya sebut begitu ya?Dimana saya bilang injil = alkitab?
Artikel itu untuk muslim yg menyatakan Isa = Yesus. Kalo ibu gak begitu ya tenang aja dong, gak usah marah. Kan tidak orang yg sama yg dibicarakan

5 09 2010
jephman

Kalo bu Fitri termasuk muslim yg bilang Isa itu bukan Yesus, gak usah marah2 bu. Nanti gak laku2 lho hehehehe cowok2 pada tatut hehehe
Ini kan buat muslim yg mengakui Isa itu adalah Yesus…gitcyu

Salam!

7 09 2010
fanya

Buat teman-teman yg ada disini…..

Mohon maaf Lahir – Batin ya, semoga mua-muanya sukses…. mmmuuaahh!

Salam

9 09 2010
lovepassword

Mohon Maaf Lahir dan Batin Semuanya …

14 09 2010
Dediz

Salam kenal semua…kebetulan lg cari topik ‘pasifisme’ malah dapat blog ini..heheh..seru2….

cuman mau bilang, ‘kebenaran’ tak bisa menjadi ‘klaim’ sepihak dari sebuah kelompok, golongan atau agama tertentu. Orang Kristen percaya ama Yesus karena ada proses penghayatan dari orang beriman pada abad pertama terhadap kepribadian Yesus sendiri. Orang Islam meyakini bahwa Al-Quran adalah Firman Tuhan karena begitulah penghayatan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat terhadap siapa Tuhan. Orang Budha, Hindu, dsb juga jangan pernah dilepaskan dari penghayatan mereka terhadap apa itu kebenaran. Manusia adalah manusia yang sedang dalam proses untuk mencari..mencari kebenaran.

Terlepas dari itu, salut karena ‘ruang diskusi’ seperti ini yang seharusnya terjadi di dunia nyata. Karena sering kali perselisihan khsususnya agama adalah karena masing2 pihak tak mau saling terbuka terhadap keluhan,kegeramannya, dan ketidaksetujuannya terhadap apa yang diyakini orang lain. Parahnya, ruang itu diisi kemudian oleh mereka yang ‘menyebarkan’ kebencian. sering kali mereka disebut provokator. Maka salut buat pemilik blog ini.

Salam kenal!!

23 09 2010
Fitri

To all,izinkan saya meluruskan sesuatu.orang2 yg menghujat islam,kerap *mengutip ayat sepotong2* untuk memberi kesan,muslim haus darah dan asal bunuh.seperti FIRMAN ALLAH:DAN BUNUHLAH MEREKA DIMANA KAMU TEMUI MEREKA,DAN USIRLAH MEREKA DARI MANA MEREKA TELAH MENGUSIR KAMU.(baqarah 191).sampai disitu mereka mengutip untuk *merancukan pengertiannya*.padahal,baqarah 191,terkait dgn ayat 190 sampai 193.perhatikan.surat 2 ayat 190(DAN PERANGILAH DIJALAN ALLAH,*ORANG2 YG MEMERANGI KAMU)*jadi,perang yg dilancarkan muslim2 madinah karena mereka diperangi orang2 musyrik yg mau menghancurkan agama islam yg masih lemah saat itu.berkali kali,kafir quraisy membawa angkatan perang yg besar untuk memusnahkan muslim,seperti angkatan badar,uhud,ahzab,pasukan2 romawi,dst.(*TAPI,JANGAN MELAMPAUI BATAS)*yakni Allah melarang melampaui batas dalam perang,dalam hadist2,Rasul melarang membunuh wanita,anak2,mencincang musuh,merusak gereja dan sinagog dll dalam perang.bahkan ulama mazhab maliki melarang penggunaan panah2 beracun dalam perang,karena memberi penderitaan yg tak perlu pada musuh.(SUNGGUH,*ALLAH TIDAK MENYUKAI* ORANG2 YG MELAMPAUI BATAS)yakni Allah benci sikap2 kejam dalam peperangan.lanjut ayat(DAN BUNUHLAH MEREKA,DAN USIRLAH MEREKA DARIMANA MEREKA TELAH MENGUSIR KAMU.)maka,kini seranglah tentara2 kafir quraisy yg telah memerangi kaum muslimin.karena keterpaksaan karena diserang.dulu mereka menduduki beberapa tempat,maka tak usah dibunuh semua,cukup usir mereka dgn jihadmu.semua ini keterpaksaan karena diserang duluan.(DAN FITNAH,LEBIH KEJAM DARI PEMBUNUHAN)banyak umat muslim awal disiksa dgn sadis hanya karena muslim.contoh,sumayah ditombak ditengah vaginanya oleh kafir musyrik karena tak mau murtad dari islam.yasir tubuhnya terbelah dua oleh seretan dua unta yg berlawanan,oleh siksaan kafir quraisy.maka,kejam mana?.maka,terpaksalah muslim membunuh lasykar2 musyrik yg menyerang dalam perang yg mau memurtadkan mereka kembali dgn penyiksaan2.(DAN,JANGANLAH KAMU PERANGI MEREKA DI MASJIDIL HARAM,*KECUALI JIKA MEREKA MEMERANGI KAMU DITEMPAT ITU.*MAKA PERANGILAH MEREKA.DEMIKIAN BALASAN BAGI ORANG KAFIR)artinya sudah jelas,berperang karena diperangi.(TETAPI JIKA MEREKA *BERHENTI*,MAKA SUNGGUH ALLAH MAHA PENGAMPUN,MAHA PENYAYANG)maka,jika kafir quraisy berhenti memerangi,maka berhenti pulalah kamu.namun,terbukti mereka tak habis2 memerangi islam.hingga akhirnya Muhammad memasuki mekkah dgn damai.(MAKA,PERANGILAH MEREKA ITU SAMPAI TIDAK ADA LAGI FITNAH)maka,perangilah kafir musyrik yg memerangimu,sampai mereka berhenti menindasmu dgn macam2 siksaan seperti dimekah dulu.(DAN,AGAMA HANYA BAGI ALLAH SEMATA)yakni,ketika laskar musyrik penindas lemah,maka kamu bebas beragama dgn aman,dgn keikhlasan penuh pada Allah semata.(JIKA MEREKA *BERHENTI*,MAKA TIDAK ADA LAGI *PERMUSUHAN*)jika kaum musyrik quraisy berheni memerangimu,maka tak ada lagi permusuhan dan perang.suasana jadi perjanjian damai(KECUALI TERHADAP ORANG2 ZALIM)permusuhan akan berlanjut pada para koruptor,penjahat,perampok,penyakit masyarakat,dst.disaat pagan dan muslim telah berdamai.

17 11 2010
Maria Magdalena

@fanya: masalah tentang babai apakah haram atau tidak menarik memang. Saya pernah bertanya-tanya ttg ini dan saya bertanya kpd pendeta sekaligus guru agama saya wktu sekolah dulu. Ia bilang, itu adalah peraturan dari Allah kpd bgsa Yahudi sebagai bagian dari perjanjian Allah terhadap bgsa yahudi namun peraturan itu sudah tidak berlaku lagi sejak lahirnya Yesus Kristus sang Juruselamat, kelahiranNya adalah sebagai penetap bahwa Allah menetapkan Perjanjian Baru kepada semua umat manusia, bukan hanya pada umat Yahudi. Jadi memakan babi bagi umat Kristen itu adalah pilihan orang itu sendiri. bagi yang suka ya pasti makan bagi yg ga suka ya gak apa2. gak di paksa. lagipula simple nya gini, dulu sblm orang batak blm mengenal Kristen, mereka kan makan semua hewan yang bisa dimakan sebagai makanan. Jadi karena di sumatera banyak babi, yah dimakan lah, di buru. lagipula manusia zaman purba dulu juga gak milih2 hewan mana yang haram atau tidak untuk dimakan. manusia purba gak makan hewan tertentu karena mereka meyakini kalau hewan tsb memiliki kekuatan kan. gitu. :)

18 11 2010
Tanpa Nama

Kalo ga bermutu komennya, jgn ikutan…
Wkwkwkwk…
Bikin semak aja..
Ngaco,,

18 11 2010
Tanpa Nama

@fanya…
@Jephman..
@all…
Silahkan yakini agama kita masing2..
saya sndiri seorang muslim..
Terlepas menurut kalian muslim atau non-muslim yang benar, sesungguhnya cuma Allah Azza wa jalla yang tahu, cuma Tuhan semesta Alam yang tahu..
Silahkan perbanyak amalan, jika kalian meyakini tuhan itu ada dan hari pertanggungjwbn setelah kita mati itu ada, berbuat baiklah..
Hidup di dunia sebentar saja, entah malaikat akan datang mencabut nyawa sesaat lagi, rahasia-Nya, rahasia Allahu ta’ala a’lam..
Mari berdoa utk saudara2 kita yang tertimpa musibah Merapi, Wasior dan Mentawai agar diberi kemudahan dalam menjalani hidup…

30 06 2011
Dony Sitanggang

ido pas doi lae…lamsito,lot(batu) tuhan na be manontuhon dia do na sintong di ibana boa ma na loak batu do i puji

8 01 2012
'Anju Samosir

seru bah…

17 06 2012
Anonymous

Horas.. Apapun Al-Kitabnya,, Yang Paling Penting Gmn Kita Bisa Saling Menghormati Satu Sama Lain. Bukankah Kristen Dan Islam Masih Satu Tuhan, Yaitu ALLAH. So G Perlu Ribut Lah, Sesama Sodara..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: