Dua Gereja Dibakar Di Sibuhuan, Padang Lawas

25 01 2010

Kejadiannya sama dengan kejadian lain, mempermasalahkan ijin, yang walaupun di kampung kami tidak pernah mempermasalahkan izin mendirikan masjid. Tapi yang jadi perhatian saya : Mengapa sehabis shalat Jumat massa bergerak? Apa yang menyebabkan mereka terpanggil untuk membakar rumah ibadah agama lain? Apa kini masjid menjadi tempat mengumpulkan massa dan memprovokasi mereka membakar gereja setelah sujud sembahyang dan mengucap syukur? Entah apa yang ada dipikiran mereka, semoga saja kejadian ini tidak memicu kejadian lain, semoga.
====================================================
Sibuhuan (SIB)

Dua rumah tempat beribadah yaitu gereja HKBP dan gereja GPdI serta rumah dinas Pendeta di Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas (Palas) hangus dibakar massa, Jumat (22/1) sekitar pukul 14.15 WIB. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Informasi yang berhasil dihimpun SIB, siang itu ratusan massa secara serentak melakukan aksi pembakaran gereja HKBP. Usai melakukan aksinya massa bergerak dengan menggunakan kendaraan bermotor ke GPdI yang jaraknya ratusan meter dari gereja HKBP tersebut.

Massa tersebut juga melakukan aksinya yang sama yaitu, membakar gereja GPdI. Alasan pembakaran, menurut massa bahwa kedua rumah tempat beribadah tersebut belum memiliki izin. Informasi diperoleh SIB dari Sibuhuan, Jumat malam sedang diadakan rapat Muspida untuk membahas pembakaran dua rumah ibadah tersebut. “Hasilnya belum tau, karena baru mulai mau rapat,” ujar sumber tersebut.

Bupati Jamin Tidak Ada Lagi Pembakaran

Bupati Padang Lawas (Palas) Basyrah Lubis SH mengatakan bahwa pemerintah akan fasilitasi pemberian izin dalam mendirikan rumah ibadah dalam menyahuti aspirasi yang berkembang di wilayah itu pasca pembakaran rumah tempat beribadah jemaat HKBP dan rumah dinas Pendeta, di Lingkungan VI Kelurahan Sibuhuan, Jumat (22/1).“Kita sudah rapat Muspida dihadiri Dandim 0212/TS Letkol Inf Togar Pangaribuan, Kapolres Tapsel AKBP Subandiya SH MH, Kakandepag, tokoh masyarakat dan udangan lainnya dan telah bahas secara rinci permasalahan tersebut serta bagaimana antisifasi serta solusinya, ujar Bupati yang dihubungi wartawan SIB melalui telepon selular, Sabtu (23/1).
Penjelasan Bupati, bahwa ketika itu sehabis sholat Jumat (22/1) secara spontan warga yang jumlahnya hampir seribu orang secara bersama-sama mendatangi rumah tempat beribadah tersebut yang jaraknya ratusan meter dan kemudian membakarnya. Selanjutnya massa bergerak ke rumah dinas Pendeta di sana dan juga membakarnya. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun sempat membuat kepanikan.
Kondisi saat ini, kata Bupati sudah membaik dan kondusif sehingga diharapkan agar masyarakat selalu menjaganya agar jangan sampai menimbulkan hal- hal negatif. “ Situasinya sudah kondusif , warga jangan takut dan kita jamin tidak akan ada lagi keributan seperti itu. Bagi warga yang sempat mengungsi agar kembali ke tempat semula dan dapat bekerja dengan baik,” ujar Bupati Basyrah Lubis. Dandim 0212/TS Letkol Inf Togar Pangaribuan SIP dikonfirmasi melalui telepon selularnya mengatakan bahwa rapat Muspida menyepakati agar segera dibentuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) agar izin pendirian rumah ibadah segera diproses, lokasi pendirian rumah ibadah (gereja) akan dicarikan tempat yang cocok sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.
Pemda bersama aparat keamanan bekerja sama menjaga agar jangan sampai terjadi lagi permasalahan yang menyangkut rumah ibadah. “Muspida serta tokoh masyarakat sudah sepakat soal itu dan akan mengawalnya dengan baik,” ujar Dandim.
Kapolres Tapsel AKBP Subandriya SH MH dihubungi SIB mengatakan, bahwa pihaknya masih sedang rapat melanjutkan pembahasan permasalahan pembakaran rumah tempat beribadah tersebut. “Kami masih rapat lagi dan penjelasan saya sesuai dengan yang dijelaskan pak Dandim dan pak Bupati tadi,” ujarnya singkat. Sementara itu Praeses HKBP Distrik I Tapsel Sumbar Pdt Marolop Sinaga MTh dihubungi secara terpisah mengatakan. Dari 53 Kepala Keluarga atau 272 jiwa warga jemaat HKBP Sibuhuan Resort Sion Nauli Ujungbatu Sosa banyak mengungsi karena takut dan trauma. Diharapkan agar Pemkab Palas dan aparat keamanan dapat menjamin kekondusifan daerah tersebut sehingga warga jemaat dapat beribadah dengan aman dan damai.
Sekretaris Diakonia HKBP Distrik I Tapsel Sumbar yang juga anggota FKUB Kota Padangsidimpuan Sahatua Sinaga mengharapkan agar Pemkab Padang Lawas bertanggung jawab untuk menjamin pelaksanaan beribadah umat beragama. Hidup rukun berlaku bagi semua warga negara di NKRI, untuk itu kami menghimbau pemerintah agar segera membangun kembali gereja tersebut. Karena pembangunan rumah ibadah merupakan juga tanggung jawab pemerintah. (Tim/T7/T8/d) Sumber : Harian SIB


Aksi

Information

111 responses

25 01 2010
25 01 2010
25 01 2010
25 01 2010
25 01 2010
25 01 2010
25 01 2010
25 01 2010
Fitri

Yak! Segitu dulu, semoga anda semua terhibur atas sajian informasi yang saya berikan.

25 01 2010
jephman

Bu Fitri, maksud ibu apa memberi link itu? apa hubungannya dgn kasus pembakaran gereja?

Kepada teman2, saya mohon untuk tidak membalas/menjawab tindakan bu Fitri ini, terima kasih. JBU

25 01 2010
dinandjait

Kalau ada bangunan yang berdiri tanpa izin, biasanya masyarakat hanya nempel-nempelin stiker, kadang dicuek-cueki paling banter tanahnya dibuat tempat pembuangan sampah. Kalo tanah yang dipake menyinggung tanah leluhur baru didemo tuh bangunan.

Nah kalo gereja “disinyalir” berdiri tanpa izin, tanpa tedeng-aling-aling, bakar saja. Kok bisa gitu ya? Sebegitu jahatnya kah gereja itu? Atau memang agama Kristen sudah mutlak dilarang di dunia ini?

25 01 2010
Fery

Bang Jephman harus berikan tindakan tegas kpd muslim2 macam bu Fitri ini, sudah nggak nyambung, suka menghina dan minta ampun oon nya. Spam saja bang minimal dihapus komen2 konyolnya

25 01 2010
Fitri

Nah, inilah yang saya maksud pengen menekan tapi tak mau ditekan. Gembar-gembor berita bahwa gerejanya di bakar tapi tak mau melihat kemalangan dan kesusahan muslim di tempat lain. Ajaran kasih ternyata hanya berlaku dalam sesama kristen.

25 01 2010
Fery

Maksud ibu ada masjid dibakar orang kristen? mana?

25 01 2010
LOL

kok bisa ya..? ANEH…!!!
apa yang salah..?
apa yang harus kita lakukan…?
haruskah kita membalas..? sepertinya tak mungkin karena
kalau dengan pembalasan ga kan ada habis2 nya dan memang ga ada kepada kita diajarkan untuk seperti itu…
apa kah yang harus kita perbuat …??
atau ada kah ajaran agama kita yang salah..? hingga segitu bencinya saudara kita ini…

menurut saudara/i ku apa yang harus kita lakukan..?
menurut saudara/i ku apa yang harus kita lakukan..?
menurut saudara/i ku apa yang harus kita lakukan..?

agar ini tidak berulang lagi…?

Semoga kita bisa saling menghargai….

25 01 2010
borusibarani

Wah.. mbak fitri ini gimana sih? katanya sudah mau wisuda, tapi tidak bisa berpikir yang logis ..

Kemalangan dan kesusahan muslim seperti apa sih mbak, sampai gereja kami di bakar? swear, saya nggak tahu..bukankah di Indonesia, muslim sangat di manja?. kayaknya sejak jaman Muhammad, kalian merasa kesusahan terus kok… bahkan Muhammad sendiri kesusahan untuk membiayai perangnya, sampai harus merampok.

Kalau mbak merasa banyak kemalangan dan kesusahan muslim, bukankah lebih baik mbak angkat ke blognya mbak tentang kesusahan dan kemalangan tersebut supaya semua muslim tahu dan siapa tahu kami bisa bantu.. daripada blognya mbak mengurusi tulisan bang Jephman yang tidak berguna.

Kalo mbak tidak tahu makna ajaran kasih, tidak usah menekankan tentang ajaran kasih kepada kami, lebih tahu kami tentang ajaran kasih. Karena dalam hati mbak hanya ada kebencian kepada orang kristen, seperti yang di ajarkan oleh Ajaran Islam.

Berita di atas bukan gembar gembor (kalau mbak bisa membaca), tapi KENYATAAN, jadi mbak juga harus jawab dengan nyata, bukan hanya memberi link yang nggak jelas isinya dan waktunya .

Mbak Fitri bilang : Ajaran kasih ternyata hanya berlaku dalam sesama kristen.
–> Ohh… kalau di Islam, kasih itu bukan untuk sesama muslim ya? tapi kasih muslim adalah : kasihilah orang yahudi dan orang nasrani. Karena mereka akan mengasihi kamu sampai kamu memeluk agama mereka.. Begitu mbak?
–> Lho.. bukannya kalian yang menutup diri dan tidak mau di kasihi, nanti kalau di beri makan katanya Kristenisasi, kalau diajak berteman katanya kalian tidak boleh berteman sama orang kafir. Bukankah itu sudah di ajarkan oleh Allah dan Nabi kalian, bahwa : orang Yahudi dan Kristen tdk akan pernah senang terhadap muslim sampai kalian (muslim) masuk agama kami .
jadi siapa yang mulai menebarkan kebencian? jawabnya Muhammad dan Alwoh kalian.
Mana ada diajaran Hindu, Budha, Kepercayaan, konghuchu, bahkan mungkina atheis sekalipun yang mengajarkan kebencian seperti ajaran Muslim? Tidak ada, mereka sama seperti kami, mengajarkan kasih kepada sesama, tanpa batasan… (bedanya, atheis, tdk percaya Tuhan, tapi mereka tetap mengasihi dan normal sebagai manusia)
–> bagaimana anda bisa bicara tentang KAsih kepada orang lain, tapi hati anda dan ajaran anda tidak pernah bersentuhan dengan kasih yang sebenarnya?

Sekarang mbak mau menekan apa kepada kami? supaya pertanyaan bodoh mbak : “Menekan tapi tidak mau di tekan”, tidak terucap terus dari bibir mbak fitri.
tapi kalo saya perhatikan, di mana-mana Muslim memang jiwanya adalah jiwa tertindas, tertekan, tertinggal dan selalu negatif thinking, kayaknya nggak pernah nyaman dengan lingkungannya..( karena sudah di ajarkan dari nabinya sih, untuk selalu merasa tertindas)
Saya rasa, Alwoh anda juga akan jengkel kalo umatnya selalu merasa terhina terus padahal sudah di beri kehidupan yang baik.

Orangtua yang normal akan memilih mana : melihat anaknya tidak mau belajar dan menjadi orang bodoh atau menghajar anaknya supaya mau belajar dan menjadi pintar. apakah orangtua yang menghajar anaknya dalam konteks tersebut tidak kasih kepada anaknya?? . Belajar dulu tentang KASIH, baru nasehatin kami.

btw, bagaimana pendapat mbak tentang pembakaran gereja (lagi)?, apakah Bagi mbak itu bukan kemalangan dan kesusahan bagi kami?

syallom

25 01 2010
borusibarani

@LOL
ini sudah di nubuatkan, bahwa mereka akan menindas kita karena nama Yesus.
Jadi kita doakan saja mereka, toh, yang di bakar hanya fisik gerejanya. tapi sebenarnya mereka sedang menggenapi dan membuktikan bahwa apa yang tertulis di Alkitab adallah benar adanya.
mereka sedang menjadi saksi hidup atas ke’bringasan” nya dan kita menjadi saksi hidup “Kasih” Nya.
Biarkan orang lain yang menilai, mana yang sebenarnya di sebut agama “damai” dan agama “perang”. mereka sedang membuktikan sendiri. Dan biarkan yang MAHA ADIL, yang menghukumnya…

contoh :
Kita tidak bisa menuduh seseorang sebagai “Pencuri” kalau orang tersebut tdk ketahuan dan terbukti mencuri. Tapi begitu ketahuan dan terbukti mencuri, maka argumen sebaikdan sesuci apapun tidak akan menghilangkan status “Pencuri”.

sabar saja, syallom.

25 01 2010
Bontor

@All,
Saya dapat kabar itu hari Jumat malam, dari sms seorang sahabat saya, yang diforward Pdt. Anton Pasaribu (seorang Pendeta HKBP), bunyinya sbb:


Mohon didoakan agar terjadi kedamain dan jemaat serta pelayanan dikuatkan, dan diberi ketabahan. Tadi siang Gereja HKBP Sibuhuan Res. Sion Nauli Distrik I, Tapsel tlh dibakar massa….


Hanya insan yang berjiwa besar bisa mengungkapkan kalimat seperti ini, dan pasti Tuhannya , almigthy, jauh lebih besar, melampaui nabi, musafir, mechenary, atau pedagang manapun.

25 01 2010
gabenamora

HAlleluyaaaaaaaaaa……………….
@borusibarani
mereka sedang menjadi SAKSI HIDUP atas ke’bringasan” nya dan kita menjadi saksi hidup “Kasih” Nya.
setujuu……to…..biarkan mereka menunjukkan siapa mereka yg se”benarnya” dan biar mereka yg mengakui ajaran “KASIH” tsb.

25 01 2010
r_tobing

link nya kok masuk di spam ya? hehehe

25 01 2010
r_tobing

eh salah tulis, maksudnya: link nya kok gak masuk di spam ya?

25 01 2010
Achmed... The Dead Terrorist

Termasuk Informasi Surga Bokep seperti yang ikut Anda komen berikut ini:

http://vilaputih.wordpress.com/2010/01/20/anda-kristen-cerai-lah-sekarang

Aih… Makin nampak bodoh… BTW, fitri neh benaran cewe apa cowo seh??? ato hanya nyamar2 pake avatar gambar cewe ama nama za… Masa seh Cewe Muslim ngumbar-ngumbar Sex juga pake comment “PERTAMAX” lagi… Aih…

Kami ga menyerang pernyataan Anda… malah setuju dengan itu(link Anda)… Di Surga menurut ajaran Sang Guru kami tidak ada “Pasar GLODOK” :D

“Daging dan darah tidak mendapat bagian di dalam surga.” (1 Korintus 15:20)

26 01 2010
nandosimo

shalom,
jangan dibalas dengan kejahatan. ingatlah ketika Tuhan Yesus kita berkata: “Jika kalian dianiya oleh karena namaKu, ingatlah, Aku sudah lebih dahulu mengalami”

dari dulu emg ciri khas fanatisme sempit seperti itu garang dan suka menghakimi.

sejuta fatwa pun tidak bisa menyembunyikan watak bengis mereka sesungguhnya.

berbanggalah karena kita sanggup mempercayai Yesus, biarkan hati kita tetap terbuka dan dijauhkan dari pikiran balas dendam. GBU

26 01 2010
LOL

@borusibarani: makasi ito…
memang benar kita harus berdoa ito, berdoa aga pikiran mereka dibukakan, tidak bebal lagi, karena kalo kupikir2 mereka itu bukan bodoh ato tidak mengerti… tapi memang bebal, yang hatinya tidak mau terbuka…..
tapi biarlah Roh kudus yang mengetuk pintu hati mereka, manatau dan mudah2an mereka pula yang nanti jadi saksi Kristus yang luar biasa, seperti Paulus, yang dulunya adalah penganiaya orang Kristen yang terkejam yang saya tahu, dan sekarnag beliau menjadi penginjil yang luar biasa dipakai Tuhan….
Mudah2an hal itu bisa terjadi kepada mereka… marilah kita dukung dalam doa setiap pelayanan di negeri kita ini…
God Bless…
Aminnn….

26 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ LOL

atau ada kah ajaran agama kita yang salah..? hingga segitu bencinya saudara kita ini…

>>> Nah itu lihat kasus perkasus (to) LOL … Dalam suatu kasus , maka sampeyan harus mengetahui apakah suatu daerah itu sudah tercapai kesepakatan pembangunan Gereja sesuai IMB, jumlah jemaat dsb. Nah yg harus sampeyan lakukan adalah supaya jgn mengatakan kami membenci kelian. Semua didasarin alasan walau itu memang tidak dikehendakin. Ajaran Islam adalah ajaran damai dan ajaran yg berpikir menurut akal logika. Paham sampeyan …. wes ngertos opo mene ?

Wassalam

26 01 2010
Fery

@ SUJARWO
“Dalam suatu kasus , maka sampeyan harus mengetahui apakah suatu daerah itu sudah tercapai kesepakatan pembangunan Gereja sesuai IMB, jumlah jemaat dsb.”

Jwb :Hubungannya dengan masjid dibangun didaerah mayoritas nonmuslim ada gak pak Jarwo yang pintar?

“Ajaran Islam adalah ajaran damai dan ajaran yg berpikir menurut akal logika.”
Jwb :Apa logika dan ajaran damainya penyelesaian dengan membakar?

Paham sampeyan ?…. wes ngertos opo mene ?
:)

26 01 2010
LOL

@ LOL
atau ada kah ajaran agama kita yang salah..? hingga segitu bencinya saudara kita ini…
>>> Nah itu lihat kasus perkasus (to) LOL … Dalam suatu kasus , maka sampeyan harus mengetahui apakah suatu daerah itu sudah tercapai kesepakatan pembangunan Gereja sesuai IMB, jumlah jemaat dsb. Nah yg harus sampeyan lakukan adalah supaya jgn mengatakan kami membenci kelian. Semua didasarin alasan walau itu memang tidak dikehendakin. Ajaran Islam adalah ajaran damai dan ajaran yg berpikir menurut akal logika. Paham sampeyan …. wes ngertos opo mene ?

Emang benar ya..
Susah kalo memang ngomong sama orang BEBAL… kalo orang yang bodoh atau yang tak gerti masih bisa diajari…
Nah kalo orang bebal, sulit memang…. :)
Nah… sekarang, gimana kalo yang memang memenuhi syarat IMB itu pak..?
Silahkan dijawab… (tapi menurut ku lebih baik kalau kw jawab dihati mu saja pak…. Karena kalo kupikir orang bodoh pun tau jawabannya, kecuali kalo orang bebal, yang memang mau cari masalah…)

Tapi jangan dengan jawaban orang bebal ya… hehehehe….. :)

Dan ada lagi..
Aku sarankan coba kamu baca kitab kamu tuh, tapi sebelum dibaca berdoa dulu ya…. Minta tuntunan Roh Kudus, trus dalam doamu minta hati yang lembut, dan jangan mengeras kan hatimu untuk setiap perkataan hati nurani mu dan tuntunan ROH KUDUS tentang KASIH dengan sesamamu MANUSIA… renungkan apa yang harus kw perbuat dengan ajaran KASIH dari apa yang kamu dapat kan setelah membacanya…. Dan coba renungkan kembali tentang ajaran TOLERANSI kalau anda pernah belajar PPKN sewaktu SD. [kalo ada coba cari ALKITAB kalo tidak AL Quran juga bagus]

Selamat Menikmati hadirat Tuhan….
God Bless You…. :)

26 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ LOL
Nah… sekarang, gimana kalo yang memang memenuhi syarat IMB itu pak..?
Silahkan dijawab… (tapi menurut ku lebih baik kalau kw jawab dihati mu saja pak…. Karena kalo kupikir orang bodoh pun tau jawabannya, kecuali kalo orang bebal, yang memang mau cari masalah…)

>> Sampeyan juga bisa berkaca pd namamu tuh kenapa namamu LOL ?? hehehe … krn pola pemikiran sampeyan saja yg sempit dalam mensikapi kasus perkasus ?? Sudah tahu daerah tertentu kebanyakan kaum mayoritas tertentu mengapa memaksakan diri utk mendirikan gereja di situ … begitu lho (to) LOL
_______________________

@ LOL
Aku sarankan coba kamu baca kitab kamu tuh, tapi sebelum dibaca berdoa dulu ya…. Minta tuntunan Roh Kudus, trus dalam doamu minta hati yang lembut, dan jangan mengeras kan hatimu untuk setiap perkataan hati nurani mu dan tuntunan ROH KUDUS tentang KASIH dengan sesamamu MANUSIA.

>>> Wah pikiranmu kembali sempit… toh ??
Kalau kami mendengarkan pembacaan kitab suci Alquran itu sangat berpahala konon lagi membacanya wong berlipat ganda pahalanya … jadi jgn samakan sampeyan kami dlm membaca kitab suci yg langsung diturunkan Allah SWT kpd Rasulluloh SAW dgn kelian membaca kitab suci kelian itu… beda (to) LOL
__________________________

@ LOL
renungkan apa yang harus kw perbuat dengan ajaran KASIH dari apa yang kamu dapat kan setelah membacanya…. Dan coba renungkan kembali tentang ajaran TOLERANSI kalau anda pernah belajar PPKN sewaktu SD

>> Sampeyan jgn mengajar yg sudah kenyang makan asam garam dakwah dan di kependidikan pengajaran. Atau sampeyan berminat utk saya beri pengajaran khusus ???

26 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Fery
Jwb :Hubungannya dengan masjid dibangun didaerah mayoritas nonmuslim ada gak pak Jarwo yang pintar?

>> Begini ya .. kalau kita melihat situasi daerah pembakaran gereja itu pasti ada hal yg perlu kita lihat akar masalahnya. Masak kita memaksakan pembangunan gereja di suatu daerah yg penduduknya bukan yg hendak beribadah di gereja … begitu bos ??
Nah, IMB sudah pasti sebenarnya tidak akan diberikan utk mendirikan bangunan tsb. Tetapi mereka pihak gereja terlalu memaksakan niatnya. Jadi setiap ada perselisihan kecil pasti akar masalahnya akan dibuat jd tumbal.
————————

@ Fery
“Ajaran Islam adalah ajaran damai dan ajaran yg berpikir menurut akal logika.”
Jwb :Apa logika dan ajaran damainya penyelesaian dengan membakar?

>> Logikanya ya sudah pasti ada pembakaran krn mungkin masyarakatnya telah memprotes berlarut-larut gt ? Islam adalah jalan lurus yg tetap mengutamakan persuasi dlm berhubungan kaum manapun. Paham sampeyan ??? Insyallah ya ….

26 01 2010
LOL

Nah…
Dari sini dah keliatan siapa yang BEBAL , yang memang cari masalah….
Nama orang aja juga diperdebatkan, wong kw juga ga tau khan apa arti nama LOL itu, kenapa pula, kw jelek2an… malah mo ngajari orang pula katanya…
Asam garam apa yang dah kw miliki rupanya yang mau kw ajarkan, kalo dari sini aja dah keliatan…
Udah ah… SUSAH MEMANG MEMBERITAHU ORANG BEBAL…
Memang benar, lebih mudah mengajari orang bodoh dan yang ga tau apa-apa dari pada orang BEBAL…
Balik aja dulu pak, masuk kamar, terus MERENUNG, Renungkan baik-baik makna TOLERANSI dan isi ajaran yang sudah pernah kw peroleh….
Mungkin sekian dulu pak…
God Bless us….

26 01 2010
r_tobing

@pak tedjo
“….Masak kita memaksakan pembangunan gereja di suatu daerah yg penduduknya bukan yg hendak beribadah di gereja … begitu bos ??…”
>>>penduduk yg bukan hendak beribadah ke gereja bukan berarti TIDAK ADA SAMA SEKALI yang hendak beribadah ke gereja kan??? tentu kami tidak membangun gereja utk orang yang tidak beribadah ke gereja

“…Tetapi mereka pihak gereja terlalu memaksakan niatnya…”
>>>memaksakan niat?? apakah agama kami agama ilegal (yg tidak diakui) di indonesia, sehingga harus main ‘paksa-paksaan’??

“…Logikanya ya sudah pasti ada pembakaran krn mungkin masyarakatnya telah memprotes berlarut-larut gt…”
>>>saya ga tahu mau bilang apa lagi deh pak… saya takut dipancung di alun2 hanya karena melawan ‘logika’

26 01 2010
Fery

“Begini ya .. kalau kita melihat situasi daerah pembakaran gereja itu pasti ada hal yg perlu kita lihat akar masalahnya. Masak kita memaksakan pembangunan gereja di suatu daerah yg penduduknya bukan yg hendak beribadah di gereja … begitu bos ”

Jwb: Jadi menurut bapak disana tidak ada yang beribadah ke gereja? Tidak ada yang kristen? Sudah kesana belum pak? Jangan asal ngemeng dunks hehehe… kedengarannya spt tong kosong :)

“Nah, IMB sudah pasti sebenarnya tidak akan diberikan utk mendirikan bangunan tsb. Tetapi mereka pihak gereja terlalu memaksakan niatnya. Jadi setiap ada perselisihan kecil pasti akar masalahnya akan dibuat jd tumbal.”

ah jangan asal bunyi kau Kanjeng Sujarwo, coba anda cek dulu disana masjid2 punya IMB tidak? apa masyarakatnya menuntut punya IMB?

“>> Logikanya ya sudah pasti ada pembakaran krn mungkin masyarakatnya telah memprotes berlarut-larut gt ? Islam adalah jalan lurus yg tetap mengutamakan persuasi dlm berhubungan kaum manapun. Paham sampeyan ??? Insyallah ya ….”

Hmm begitu ya pak, kalau bangun gereja diprotes dan Islam jalan yang lurus, yang bengkok gimana ya? kalau begitu membiarkan masjid dibangun tanpa IMB merupakan jalan yang berkelok-kelok dong ya?

hmmm…paham…paham

26 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ r_tobing
memaksakan niat?? apakah agama kami agama ilegal (yg tidak diakui) di indonesia, sehingga harus main ‘paksa-paksaan’??

>> Sekarang begini … , apakah pembakaran gereja itu tidak dimulai dari rasa sentimen kelian spt kelian berpendapat di blog ini kpd Islam ? Mengapa mesti dibesar-besarkan krn hal-hal kecil demikian ? Kita dapat melihat yg kecil tetapi tidak dapat melihat kepentingan yg besar. Lagian masyarakat sekarang sudah waspada akan kepentingan di suatu daerah yg kebanyakan warganya adalah Muslimin
_____________________

@r_tobing
saya ga tahu mau bilang apa lagi deh pak… saya takut dipancung di alun2 hanya karena melawan ‘logika’

>> tetapi walau demikian saya sbg kaum Muslimin tidak juga salah turut mengucapkan keprihatinan atas kejadian yg terjadi di sana.

26 01 2010
Fery

JARWOKUAT : “Mengapa mesti dibesar-besarkan krn hal-hal kecil demikian ?”

Wah kalo gitu anda bakar saja masjid pak Jarwo dan katakan itu hal kecil hehehe :D

ckckck…kirain bu Fitri aja yang gak waras ternyata hampir semuanya udah miring hehehehe

26 01 2010
LOL

@Sujarwo: bagus juga anda mengucapkan keprhatinan saudara, dan saya harap itu benar2 berasal dari dalam hati saudara yang paling dalam…
dan saya pikir ga cukup hanya keprihatinan saja, tapi saran dari saya, coba cek ke diri saudara, “apakah ini benar…??” & “benarkah sebegininya ajaran agamaku dan sebegininya ajaran yang kuajarkan dan yang diajarkan padaku…?” [ini cuma instrospeksi ke diri sendiri saja]
dan saya berharap, kedepannya saudara bisa berdakwah lebih benar lagi [karena sebelumnya saudara berkata sudah banyak asam garam dalam dakwah], dan yang diajarkan bukan hanya dakwah agama, juga TOLERANSI….

26 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Fery
Wah kalo gitu anda bakar saja masjid pak Jarwo dan katakan itu hal kecil hehehe :D

ckckck…kirain bu Fitri aja yang gak waras ternyata hampir semuanya udah miring hehehehe.

>> Wah … sampeyan ini Kristen idiot yg begitu dangkal pemikirannya. Masih sama saja siang dan malam.. tetap berpikir Kafir !!! Sampeyan mengerti kah perkataan nggak waras. Biasanya orang yg tidak waras berteriak kpd orang gila .. gila gila gila .. Nah, org gila tadi hanya senyum2 dlm hati (org sudah tahu emang gila koq teriak-teriak gila nih anak) Jadi berkomentar sampeyan dgn normal yah cah …

26 01 2010
Fery

Wah gak usah ngamuk dong pak Kanjeng Ustad Jawo Hadiningrat

gak usah teriak gila3x orang juga tahu anda memang agak-agak miring wkwkwkkk
tapi lihat sisi baiknya:
ini berarti anda masih agak-agak waras.
kenapa?
karena kanjeng ustad Jarwo masih marah kalau disuruh bakar masjidmu. Jadi dalam kepalamu yang pintar itu masih ada sedikit neuron yang bekerja dan bilang bahwa hal itu tidk benar dan tidak baik hehehehe :D

naahhhh…masalahnya kalau ente, Kanjeng Ustad Jarwo Hadiningrat menyatakan membakar gereja hanya masalah kecil…..mulailah memakai sisa-sisa neuronmu yg masih ada untuk mengimajinasikan masjid dibakar orang dan katakan pada dirimu yang rendah hati dan berada di jalan yang lurus itu : ini masalah kecil

hehehehe WASALAM!

26 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ LOL
bagus juga anda mengucapkan keprhatinan saudara, dan saya harap itu benar2 berasal dari dalam hati saudara yang paling dalam…
dan saya pikir ga cukup hanya keprihatinan saja, tapi saran dari saya, coba cek ke diri saudara, “apakah ini benar…??

>>> Insyallah bungg…
Tetapi andapun harus menyadarin bhw banyak pihak dari kelian memaksakan agamanya kpd kaum Muslimin dalam mengkristenkan mereka. Dan mungkin jadi pendirian gereja itu kami sinyalir adalah memang untuk misi itu.

@ LOL
benarkah sebegininya ajaran agamaku dan sebegininya ajaran yang kuajarkan dan yang diajarkan padaku…?” [ini cuma instrospeksi ke diri sendiri saja]
dan saya berharap, kedepannya saudara bisa berdakwah lebih benar lagi

>> Islam adalah agama YG Benar 100% dan semua para nabi jaman dahulu adalah beragama Islam. Islam mengajarkan kebenaran yg dapat dimengerti semua manusia dan ajaran yg benar-benar lurus.. itu yg kami yakinin sampai mati. Mengerti sampeyan ?? Dan mengenai toleransi … maka Kaum Muslimin selama ini juga sudah sangat toleran thd usaha anda-anda semua dlm mengambil hati kaum Muslimin yg terjepit..

26 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Fery

karena kanjeng ustad Jarwo masih marah kalau disuruh bakar masjidmu. Jadi dalam kepalamu yang pintar itu masih ada sedikit neuron yang bekerja dan bilang bahwa hal itu tidk benar dan tidak baik hehehehe :D

>> Begini ya fery penyeberangan Bakauheni .. jd tolong anda jgn hanya spt alat penyeberangan saja. Pakailah otak dan kewarasanmu dalam berdialog. Dimana2 tidak ada orang Islam disuruh membakar Mesjid , sedangkan membakar gereja sangat diharamkan ( mengerti idiot !) . Tetapi kita berupaya berdialog bhw pembakaran gereja itu hanyalah ulah segelintir dan bukan upaya Islam memberangus Kristen. Nah saya berusaha menunjukkan sikon saat tertentu bhw sampeyan juga harus tahu bhw Islam tidak mentolerir pendirian gereja utk dakwah yg terselubung. Paham sampeyan ( sableng opo normal yo )

26 01 2010
LOL

Nah… justru karena kebenaran itulah, coba kw tunjukkan kebenarannya dengan salah satunya dengan bersikap toleransi mungkin dalam dakwahmu.. [aku berkata demikian karena aku menilai dari setiap comment2 yang keluar dari mu]
@jarwo:
Tetapi andapun harus menyadarin bhw banyak pihak dari kelian memaksakan agamanya kpd kaum Muslimin dalam mengkristenkan mereka. Dan mungkin jadi pendirian gereja itu kami sinyalir adalah memang untuk misi itu.
>> nah.. disini nih kelihatan dari dalam mu sudah ada pikiran yang aneh2 dulu… kalaupun itu memang terjadi [garis bawahi kata “kalaupun itu memang terjadi”]
menurutku tak harus sampe terjadi tindak kekerasan.. karena hak setiap orang itu untuk memeluk setiap agama, kita hanya sebagai untuk mengingatkan, bukan dengan memaksakan kehendak dengan memakai kekerasan, tetapi seharusnya memberikan pengertian….
Kalo dipikir2 bukannya ga ada kaum Kristen yang pindah agama jadi muslim, nah itu gimana..? disini kami tidak menyikapinya dengan kekerasan kan..? tugas kami/kita hanya memberikan pengertian, dan hanya ROH KUDUS yang dapat mengubah kan hati setiap orang
@jarwo
Islam adalah agama YG Benar 100% dan semua para nabi jaman dahulu adalah beragama Islam. Islam mengajarkan kebenaran yg dapat dimengerti semua manusia dan ajaran yg benar-benar lurus.. itu yg kami yakinin sampai mati. Mengerti sampeyan ?? Dan mengenai toleransi … maka Kaum Muslimin selama ini juga sudah sangat toleran thd usaha anda-anda semua dlm mengambil hati kaum Muslimin yg terjepit..

>> Pada jaman dahulu para nabi itu agam islam: Menurut saya itu salah, [kecuali MUHAMMAD nah kalau ini saya tidak tau] karena yang setauku para nabi jaman dahulu belum pernah mendeklarasika apa agama mereka, tapi mereka mendeklarasikan bahwa mereka percaya kepada TUHAN, dan setahuku juga, sedangkan YESUS aja tidak mendeklarasikan kalo DIA beragama KRISTEN, tapi DIA mendeklarasikan bahwa DIA adalah MESIAS [sang Juru Selamat yang tidak ada yang sampai kepada BAPA kalo tidak melalui NYA]
Nah… kalau kami, dengan pendirian gereja tidak ada bermaksud untuk menyaingi agama yang sudah ada, makanya tidak memakai kekerasan….
Nah kalau pun ada yang menyampai kan INJIL, itu tidak semata-mata tujuannya Kristenisasi, tapi mau memberitakan KABAR BAIK/KABAR SUKACITA/KABAR KESELAMATAN sesuai dengan yang diajarkan pada kami yaitu: “agar setiap orang tidak binasa melainkan hidup yang kekal” nah.. kalo diterima Puji Tuhan dan kalo pun tidak Puji Tuhan, tidak ada bermaksud untuk menjadi saingan setiap agama, dan menurut kami kami hanya bertugas untuk menyampaikan, dan hasilnya kami serahkan kepada TUHAN [Biar ROH KUDUS yang menjamah hati setiap orang yang menerima kabar baik itu] dn pun kalo mau tetap diterima kami tidak memaksa setiap orang untuk masuk ke AGAMA KRISTEN, tapi kami hanya sekedar menganjurkan bahwa JURU SELAMAT ITU ADALAH YESUS KRISTUS YANG DIDALAMNYA ADA KESELAMATAN, YANG TIDAK ADA YANG SAMPAI KEPADA BAPA KALAU TIDAK MELALUI NYA

>> “Islam mengajarkan kebenaran yg dapat dimengerti semua manusia dan ajaran yg benar-benar lurus.. itu yg kami yakinin sampai mati”
Kalo memang benar seperti itu saya harap saudara membuktikannya dengan dakwah dan setiap comment2 saudara, dimulai dengan TOLERANSI….
Dan maka dari itu saya menganjurkan saudara untuk kembali MERENUNGKAN apa yang sudah saudara terima dan saudara ajarkan….

SEKALI LAGI KRISTEN BUKAN MENGHARAPKAN ANDA MENJADI AGAMA KRISTEN TETAPI KRISTEN MENGENALKAN YESUS SEBAGAI JURU SELAMAT KEPADA ANDA, dan kalaupun anda tidak menerimannya saya pribadi mengharapkan TOLERANSI kepada saudara dengan tidak mengajarkan cara kekerasan atau apa pun itu yang berbau KEKERASAN

Tuhan Memberkati….

[saya bukan pendeta kalau sekiranya ini terlihat seperti mengkhotbahi, ini sebagai sharing menurut saya]

26 01 2010
r_tobing

@pak jarwo
“…tetapi walau demikian saya sbg kaum Muslimin tidak juga salah turut mengucapkan keprihatinan atas kejadian yg terjadi di sana….”
>>>prihatin sih prihatin pak, tapi apa gunanya kalau cuma NATO (No Action Talk Only)… dari dulu juga sudah sering di-prihatinkan oleh banyak pihak seperti pak jarwo ini… cuma ,yaaa…gitu2 aja, gada perobahan sama sekali…. lip service lah…manis di mulut doang

26 01 2010
pangopu

@sujarwo tedjo

>>> Insyallah bungg…
Tetapi andapun harus menyadarin bhw banyak pihak dari kelian memaksakan agamanya kpd kaum Muslimin dalam mengkristenkan mereka. Dan mungkin jadi pendirian gereja itu kami sinyalir adalah memang untuk misi itu.

jwb:
Mas tedjo yg baek…..masakan anda dan sodara2 yg laen, lgsng bs mmbuat sinyalir pembangunan gereja untuk ‘misi’ itu?????apa cukup adil sperti itu??
bagaimana klo saya sinyalir jg kalian tlah membuat mesjid yg gede2,dlm radius 50m ada pembangunan mesjid,smuanya bertujuan utk misi membuat rakyat indonesia mualaf semua???…

klo udh sprti tu, bolehkah saya lgsg “maen bakar” smua t4 ibadah anda??atas sinyalir itu….

wong jelas2 Gereja t4 ibadah,t4 berdoa…..sama jg Mesjid t4 ibadah…aneh2 aj disinyalir macem2???kecuali gereja na t4 perakitan bom……..bru anda sinyalir yg aneh2

betul apa tdk mas?
salam,

27 01 2010
Fery

@ Ustad Jarwo

>> Begini ya fery penyeberangan Bakauheni .. jd tolong anda jgn hanya spt alat penyeberangan saja. Pakailah otak dan kewarasanmu dalam berdialog. Dimana2 tidak ada orang Islam disuruh membakar Mesjid , sedangkan membakar gereja sangat diharamkan ( mengerti idiot !) . Tetapi kita berupaya berdialog bhw pembakaran gereja itu hanyalah ulah segelintir dan bukan upaya Islam memberangus Kristen. Nah saya berusaha menunjukkan sikon saat tertentu bhw sampeyan juga harus tahu bhw Islam tidak mentolerir pendirian gereja utk dakwah yg terselubung. Paham sampeyan ( sableng opo normal yo )”

Kanjeng Ustad Sujarwo yang pakai otak dan waras, kalau memang islam melarang membakar masjid, kenapa hanya muslim yg membakarnya? kenapa habis jumatan? kenapa juga kanjeng ustad yang waras bilang itu hanya masalah kecil? Kalau itu masalah kecil, bakar saja masjidmu !

Janganlah mengkambinghitamkan kaum radikal wahai Jarwo yang waras, mereka tidak bakalan ada kalau tidak ada perintah Awloh menyuruh membunuh dan memenggal kafir, tidak bakalan ada itu Al Qaeda, Amrozi dkk kalau Alquran tidak mengajarkan kafir itu musuh awloh yang harus diperangi. Dan haram hukumnya membiarkan kafir mendirikan tempat ibadat di daerah muslim (kecuali bayar uang palak Jazyah).

Jujur saja kanjeng Ustad Jarwo Suromenggolojawowono hadiningrat, apa mungkin mereka semua protes pembangunan gereja kalau Awlohmu berfirman begini :
Kasihilah Musuhmu ???

Hanya dialog kepada kami tidak bakalan menyelesaikan masalah. Masalahnya di kitab sucimu itu perintah memerangi kafir ada.

WASSALAM!

27 01 2010
Fery

Ada yang terlewat :
“Nah saya berusaha menunjukkan sikon saat tertentu bhw sampeyan juga harus tahu bhw Islam tidak mentolerir pendirian gereja utk dakwah yg terselubung. Paham sampeyan ( sableng opo normal yo )”

Pak Jarwo, dimanakah ada dakwah terselubung? Apa gereja itu gak akan bikin plang nama kalau sudah dapat IMB? sekarang masalahnya IMBnya diminta apa tidak dikasih? Jangan asal nyembur aja pak Ustad, sudah suudzon fitnes pula hehehe

Apa kalau Islam melakukan Syiar dan Dakwah itu dilarang? Kalau tidak kenapa yang nonmuslim dilarang? Pakai otangmu yang tidak sableng itu pak Ustad Jarwo. Malu ah sama mualaf2 yang kamu islamkan. Masa yang normal mikirnya begini????

27 01 2010
arifunasiin

sing waras ngalah..

27 01 2010
LOL

maaf pa arif…
ini bukan masalah waras dan tak waras….
tapi menurutku pribadi, masalah pembentukan POLA PIKIR……

karena kalo yang dibahas masalh waras n ga waras beararti, ga kan ada titik temu…
tapi kalau kita menyamakan POLA PIKIR yang saling menghormati, TOLERANSI, dan saling memberi pengertian, TANPA KEKERASAN, saya pikir akan ada titik temu, dan semua bisa hidup damai di dalam perbedaan….

God Bless.. :)

27 01 2010
malona

OOT…..
untuk teman2 Kristiani, ada bacaan yang sangat bagus nih!
yang sedang heboh2nya membuat tetangga kita kebakaran jenggot.
http://mengenal-islam.t35.com

27 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Fery
Apa kalau Islam melakukan Syiar dan Dakwah itu dilarang? Kalau tidak kenapa yang nonmuslim dilarang? Pakai otangmu yang tidak sableng itu pak Ustad Jarwo. Malu ah sama mualaf2 yang kamu islamkan. Masa yang normal mikirnya begini????

>> memang dasar anda inilah si Kafirun sejati …!!! Selalu berkata-kata tanpa alasan yg jelas. Allah SWT selalu melaknatin orang-orang spt sampeyan sikutu kupret .

27 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ malona

Ini anak juga wes mudeng… sing tak waras kape ?? Opo maksud mengadu domba Islam Kristen wes tak ngertos ngeh ???

27 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ r_tobing

prihatin sih prihatin pak, tapi apa gunanya kalau cuma NATO (No Action Talk Only)… dari dulu juga sudah sering di-prihatinkan oleh banyak pihak seperti pak jarwo ini… cuma ,yaaa…gitu2 aja, gada perobahan sama sekali…. lip service lah…manis di mulut doang

>>> Lha iki memangnya ngerti opo ?? Mending sampeyan belajar spy study kedokteran cepat sampeyan selesaikan ??? Wes sampeyan ngerti opo debat bijinian ? Lha ngerti ilmu agama saja tak ngertos ???
Anak kemarin saja .. mo ikut campur opo mene ??

27 01 2010
r_tobing

Lha iki memangnya ngerti opo ?? Mending sampeyan belajar spy study kedokteran cepat sampeyan selesaikan ??? Wes sampeyan ngerti opo debat bijinian ? Lha ngerti ilmu agama saja tak ngertos ???
Anak kemarin saja .. mo ikut campur opo mene ??

>>>@semua
inilah ciri khas mereka: jika tidak bisa menanggapi ide/gagasan, maka mereka akan menyerang/memojokkan pribadi ybs, dengan cara pelemahan karakter. alias lari dari topik yg lagi dibicarakan.

(kayanya ga ada sangkut paut antara studi saya dgn topik yg lagi dibicarakan di sini).

27 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ r_tobing
inilah ciri khas mereka: jika tidak bisa menanggapi ide/gagasan, maka mereka akan menyerang/memojokkan pribadi ybs, dengan cara pelemahan karakter. alias lari dari topik yg lagi dibicarakan.

>> Mengapa tidak ada sampeyan katakan ??
Lha wong saya sudah sampaikan turut prihatin dan merasa tidak enak dgn pembakaran gereja, tp sampeyan katakan NATO .. wong otak ditaruh dimana kalo sampeyan ngomong gt ? Dalam perdebatan agama dan dialog maka kita harus siap berdebat dgn pikitan sing waras ngeh ?? Opo ndak ngertos sampeyan ??? Lha kalau sampeyan tidak siap … sampeyan mending mundur dr sini dan ngurus studimu itu … ngertos ? Insyallah ngertos yo …

28 01 2010
LOL

Berkatilah siapa yang menganiaya kamu,
berkatilah dan jangan mengutuk !
( Roma 12:14 )

Berkatilah ….. ?
Mereka yang menganiaya ….. ?
Jangan mengutuk ….. ?

“Ah …. yang benar Tuhan …. ?” …..

Mungkin pertanyaan yang sama …..
Sempat keluar juga di hati kita ….. ?

“Ah …. yang benar Tuhan …. ?” …..

Untuk diucapkan …..
Atau diajarkan …..
Atau sebagai bahan renungan …..
Hal itu sih gampang saja …..

Namun ……
Bagaimana saat kita dihadapkan ……
Pada pilihan yang nyata …… ?

Saat kita harus memilih ……
Antara memberkati dan mengutuk ……. ?

Sedangkan …..
Untuk diam dan tidak marah saja …..
Itu sudah pergumulan berat ……

Jangankan saat kita dianiaya …….
Kita bayangkan saja ……
Bagaimana saeandainya kita dicaci …… ?

Kita difitnah ….. ?
Kita ditipu …… ?
Kita dihina ….. ?
Kita dicurangi ….. ?

Bagaimana juga …..
Saat langkah kita dijegal ….. ?

Dan terlebih …..
Itu bukan dilakukan oleh orang lain …..
Tapi oleh teman kita sendiri ….. ?
Mereka yang kita sebut sahabat kita ….. ?

Masih mampukah kita diam ….. ?
Masih mampukah kita tidak mengutuk ….. ?

Masih mampukah kita memberkati mereka ….. ?

Mungkin …..
Inilah saatnya kita berdoa ……
Mohon kekuatan yang luar biasa dari-Nya ……
Untuk memampukan kita lakukan perintah-Nya …..

Tuhan Yesus memberkati.

28 01 2010
Lagu Batak

Mari kita saling menasehati, agar tidak terjadi malapetaka yang besar.

28 01 2010
Fery

Tanpa alasan yg jelas yg mana wahai Ustad Sujarwo yang rendah hati dan tidak sombong? Jelas quran nyuruh memerangi kafirun macam awak, kok ente yg bilang ga ada alasan??? pernah baca quran ga ente?

melarang agama lain melakukan syiar dan dakwah sementara ente boleh semaunya dan bangga mengislamkan orang? gereja kecil dilarang berdiri krn yg kristen sedikit, sementara mesjid megah biaya milyaran yg solat cuma 5 orang?????? itu jalan yang lurus? Piye toh wahai Kanjeng ndoro ustad hadiningrat ?
Ente pernah nonton acara “Mualaf” di Indosiar? seneng kan? Bayangkan kalo dibikin acara “Murtadin” seneng opo ora? Kalau bakar gereja kau bilang masalah kecil, ya bakar saja masjidmu!
Kami memang kafirun, tp tidak sehina begitu cara berpikirnya! paham? Saya yakin Tuhan tidak sebodoh itu mau melaknati orang yang mikir aja udah gak bisa…..hehehehe WASSALLAM!

28 01 2010
sectiocadaveris

@sujarwo tedjo
okelah, sebagai pribadi yang waras saya mengalah saja… namun satu hal yang selalu saya pegang dalam berdiskusi: saya tidak pernah mengait2kan pribadi seseorang disini, menjelek2kannya… apalagi sampai bawa2 otaksegala…
dan saya tidak akan pernah mundur dari sini.
(studi saya adl urusan saya, jgn ikut campur urusan orang lain!!)

28 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ LOL
Dan terlebih …..
Itu bukan dilakukan oleh orang lain …..
Tapi oleh teman kita sendiri ….. ?
Mereka yang kita sebut sahabat kita ….. ?

Masih mampukah kita diam ….. ?
Masih mampukah kita tidak mengutuk ….. ?

Masih mampukah kita memberkati mereka ….. ?

Mungkin …..

.
.

Sabar dalam menahan kesesakan ya teman …
Dalam diam dan roh penuh ketenangan maka berdiam juga damai sejahtera yg melampaui akal budi dan pekerti kita.

Salam kasih

28 01 2010
malona

@ Sujarwo Tedjo

Sing gendeng iku sampeyan…. apa mas termasuk yang kebakaran jenggot
karena merasa “ditelanjangin”?.

29 01 2010
Gala_ren

@fitri

ckckck…
jd fakta pembakaran gereja membuat anda dan muslim2 merasa tertekan???
bukankah seharusna terbalik…cara berpikir anda ini aneh..

apakah menurut anda dengan tidak adanya izin, sebuah tempat ibadah harus diBAKAR????
sebegitu berbahayakah gereja???

29 01 2010
Gala_ren

@sujarwo..

masak pembakaran gereja dibilang masalah kecil?????

kata2 ini menunjukkan walau anda tdk mengatakannya tetapi dalam hati anda menyetujuinya.
coba tunjukkan simpati sedikiii…t saja.

seperti yang dikatakan bang ferry..
bagaimana jika masjid yang dibakar??
apakah menurut anda itu masalah kecil???

29 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Gala_ren
masak pembakaran gereja dibilang masalah kecil?????

kata2 ini menunjukkan walau anda tdk mengatakannya tetapi dalam hati anda menyetujuinya.
coba tunjukkan simpati sedikiii…t saja.

>> nah inilah orang Kristen yg cengeng dan selalu ingin mengasihi dirinya sendiri. Wong sing ndak ngertos apa itu gereja apa itu “bangunan” gereja. tp lagaknya dah spt ngertinya spt org Kristen dewasa . Masak sampeyan mesti cari simpati kalau bangunan gereja mu di bakar ??? Ngerti ndak apa itu gereja ?? Makanya baca alkitab sampeyan itu sampai tuntas…. . Saya tahu membakar gereja tidak akan menyakitin hati Tuhan kelian andai sampeyan tahu apa arti gereja ??? Wukekekek

29 01 2010
Gala_ren

@ sujarwo

Dimana2 tidak ada orang Islam disuruh membakar Mesjid , sedangkan membakar gereja sangat diharamkan ( mengerti idiot !) .Tetapi kita berupaya berdialog bhw pembakaran gereja itu hanyalah ulah segelintir dan bukan upaya Islam memberangus Kristen.
>>
Diharamkan???
Saya yakin 100% pelaku pembakaran adalah orang2 islam(“agama damai”).
Disebutkan juga diatas bahwa yang melakukan bukan segelintir orang tetapi HAMPIR SERIBU ORANG.
Knapa hanya anda saja yang mengerti itu haram???jgn2 anda yang tidak mengerti islam.

Adakah satu orang saja diantara seribu itu yang mengatakan “jangan bakar”??jawabnya pasti tidak.

29 01 2010
Gala_ren

hahaha…

bukan mencari simpati pak..
komentar anda
bahwa pembakaran “bangunan gereja” adalah masalah kecil, menunjukkan bahwa anda menganggap remeh.
dari sekian komentar..hanya bagian simpati saja yang anda tangkap dan itupun salah.

saya memang belum Kristen dewasa seperti anda yang Islam dewasa.tetapi sekecil apapun saya sebodoh apapun saya, tetap tidak menyetujui pembakaran “bangunan gereja”.

HANYA karena belum ada izin..ditambah sinyalir2 yang belum tentu benar.

29 01 2010
Fery

ya bukan berarti kanjeng Ustad Sujarwo dan antek2nya bebas membakar gereja seenaknya duong. mentang-mentang itu namanya, piye toh ndoro?

gereja mmg betul bukan gedungnya dan gak bakalan menyakiti hati tuhan, tp bangun gereja itu gak pakai biaya dan tenaga apa? wong mau bikin IMB aja ditodong kanan kiri, maklumlah banyak uang Jazyah untuk pelicin…

bakar gereja mmg gak menyakiti Tuhan, apa itu jadi kita gak perlu makan? toh nanti juga lapar lagi hehehe…

(ini ustad punya dengkul gak sih?)
haiiittt!! wacaw!!!!

29 01 2010
Gala_ren

@ sujarwo..

Tetapi andapun harus menyadarin bhw banyak pihak dari kelian memaksakan agamanya kpd kaum Muslimin dalam mengkristenkan mereka. Dan mungkin jadi pendirian gereja itu kami sinyalir adalah memang untuk misi itu.

>>hahaha…

seperti ini semua pikiran orang2 yang membakar gereja atau hanya anda saja,koq sepertinya dipenuhi pikiran yang negatif..??
terus,dari kemungkinan yang anda sebutkan itu..maka menurut anda adalah wajar pembakaran “bangunan gereja”??
ckckck..

29 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ ferry

bakar gereja mmg gak menyakiti Tuhan, apa itu jadi kita gak perlu makan? toh nanti juga lapar lagi hehehe…

>> Nah itu perlu sampeyan uji sendiri ???? Pakailah kadar imanmu dan berdialog dgn akal sehatmu …
Sewaktu jaman rasulloh hal-hal itu juga sudah terjadi dari pihak kafirun . Mereka menentang dakwah Rasulloh ttg yg ajaran islam ?

29 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Gala_ren
saya memang belum Kristen dewasa seperti anda yang Islam dewasa.tetapi sekecil apapun saya sebodoh apapun saya, tetap tidak menyetujui pembakaran “bangunan gereja”.

HANYA karena belum ada izin..ditambah sinyalir2 yang belum tentu benar.

>> dari kemarin itu saya sudah memberi kata2 menjejukkan tetapi kelian tidak mengerti sedikitpun termasuk si Fery kutu kupret itu !!! Memangnya siapa yg menyetujui pembakaran gereja itu, kan ada hukum di Indonesia ini, tetapi tidak salah juga saya mensinyalir ada upaya-upaya terselubung pihak gereja yg menarik para muslimin disekitar itu utk menjadi murtadin? lah , sampeyan semua pada kebakaran kumis semua toh … wekwkwkw

29 01 2010
Gala_ren

@sujarwo

tetapi tidak salah juga saya mensinyalir ada upaya-upaya terselubung pihak gereja yg menarik para muslimin disekitar itu utk menjadi murtadin? lah , sampeyan semua pada kebakaran kumis semua toh … wekwkwkw

>>menurut saya salah..
sinyalir2 itu tidak berdasar, tidak ada bukti..
apa menurut anda dengan sinyalir anda itu, maka pantas terjadi pembakaran gereja???
kecurigaan2 seperti ini yang bwt negara ini nggak aman.
lagipula jikapun ada, apakah penyelesaiannya dengan di bakar???
sebagai orang bodoh, saya katakan tidak ada alasan apapun yang membenarkan pembakaran gereja yang belum memiliki ijin.(ngemeng2, klian sensitif sekali kalau ada gereja yang belum ada ijin.)

pernyataan anda ini dilihat dari sisi manapun sudah salah.
kecuali dari sisi anda..
anda sudah salah masih tidak merasa salah,susah.

tidak ada yang kebakaran kumis disini bung..
santai saja.
salam..

1 02 2010
Luhut Rajagukguk

Capek betul kalian meladeni si jarro itu, capek klian panggil dia kanjeng, sebut saja dia monyet. Hati-hati dia datang ke Tanah Batak untuk jadi teroris……!

Antiteroris

2 02 2010
lovepassword

Pis mister , jangan galak-galak atuh. Duh ? Heran aku kenapa manusia semakin lama pada galak galak iya .

2 02 2010
Willy

@Sujarwo
hei..bung, tau nggak loe hidup dinegara yang berdasarkan UUD 1945? Di UUD 1945 itu jelas dikatakan bahwa setiap warga negara berhak menjalani ibadah dan keyakinannya. Nah… masa ada peraturan yg lebih rendah bisa mengalahkan peraturan yg lebih tinggi seperti UUD 1945?

2 02 2010
Willy

Woi bung Tedjo yang oon. Dari mana pula kau dpat dasar bahwa semua Nabi itu Islam. Sedangkan agama islam baru ini aja ada.

2 02 2010
Willy

Tedjo
hei..bung, tau nggak loe hidup dinegara yang berdasarkan UUD 1945? Di UUD 1945 itu jelas dikatakan bahwa setiap warga negara berhak menjalani ibadah dan keyakinannya. Nah… masa ada peraturan yg lebih rendah bisa mengalahkan peraturan yg lebih tinggi seperti UUD 1945?

2 02 2010
sectiocadaveris

kalau urusan ‘tekan-menekan’ sih si haniifa jagonya, wkwkw

2 02 2010
sectiocadaveris

heran ya, di sini lawan diskusi kita ga ada yg pinter…adanya yg OOT, emosional, porno, atau suka menyerang pribadi…pantesan aja..wkw

3 02 2010
Sujarwo Tedjo

@ Willy

hei..bung, tau nggak loe hidup dinegara yang berdasarkan UUD 1945? Di UUD 1945 itu jelas dikatakan bahwa setiap warga negara berhak menjalani ibadah dan keyakinannya. Nah… masa ada peraturan yg lebih rendah bisa mengalahkan peraturan yg lebih tinggi seperti UUD 1945?

>>> Wah .. iki anak masih ingusan , tapi sok ngeyel pula …
UUD 1945 yg bijihmana sampeyan maksud ?? Sampeyan tidak tahukah bhw UUD 45 asli itu sudah 4 kali direvisi. Segala yg tertulis di dalamnya akan mengalami penyesuaian secara bertahap …
Sampeyan tamat SMA ndak ??
Lha .. yg melarang sampeyan itu beribadaah di negara ini wes meneng sopo ?? Makanya sampeyan jgn banyak bacot gituh … sing waras opo mene ?? dasar otak kecoa opo ??

3 02 2010
Sujarwo Tedjo

@ Luhut Raja …. guk … guk ( ??? )

Capek betul kalian meladeni si jarro itu, capek klian panggil dia kanjeng, sebut saja dia monyet. Hati-hati dia datang ke Tanah Batak untuk jadi teroris……!

>> Sampeyan ini org Batak opo ya ?? raja .. guuk .. guuk ….
Koq ada guk guk nya … ?? Itu mah di kampung bibi sayah seekor anjing. Opo sing sampeyan raja anjing yah … astagafirullah … hmm ngucap ngucap.

3 02 2010
arles manik,SE,M.Si

Suara dari Papua.

Di Papua atau yg mayoritas Kristen, sama sekali tidak pernah menganggu umat Islam untuk beribadah, coba di cek, orang Kristen selalu menanamkan kasih, mengapa sebagian umat Islam ini seperti tidak beradab?, urusan Tuhan dan perlakuan saja tidak benar. Disini Negara harus tegas Presiden SBY tidak peduli, atau kumpulin aja semua yg beragama Islam hidup disuatu tempat saja. Kalau memang mau sendiri, ujung-ujungnya Indonesia ini tidak akan utuh. Silahkan laksanakan syariatmu, jangan paksakan ke Agama lain. Kalau kelakuan ini jalan terus malapetaka akan terus datang.

Maafkan mereka-mereka Allah, Tuhan Yesus.

3 02 2010
lovepassword

Makanya pak dokter aku bilang apa : Kalo kau kelak jadi dokter beneran jangan kamu lupakan idealismemu ketika masih mahasiswa, akan membuat pinter masyarakat desa, berdarma untuk masyarakat Indonesia. :)

Sama itu ajari aku cara menyuntik pantat yang baik dan benar. Aku perlu itu untuk menyuntik pantat murid2 Tkku.

Salam Bos

4 02 2010
Togar Silaban

Saya perhatikan, kebanyakan kita belum bisa dan belum siap berdiskusi dengan santun dan bijaksana. Atas informasi di posting ini saya coba perhatikan diskusi di “faith freedom international” yang jauh lebih santun. Padahal topik yang dibahas disana tidak kalah serunya dengan topik disini.

Ayolah, lebih dewasa, dan ingat seberapa serupun diskusi di Blog, belum tentu menyelesaikan persoalan di lapangan. Umumnya diskusi di blog hanya sekedar mengumbar emosi dan nafsu.

Semoga Tuhan Yesus memberikan pencerahan bagi kita semua.

4 02 2010
Fery

Muslim memang begitu kalau diajak diskusi, kalau topiknya Kristen, nyrocos babibuta, gak dikasih kite kesempatan jawab. Kalau topiknya Islam, justru kristen yang dibahas, pertanyaan ke islamnya cuma dijawab dikit, selebihnya nyerang ke kristen.

Kalau sudah gak bisa jawab, ganti lawan bicara yg diserang, kalau gak kata2 jorok, kasa, ya menghina. gitu deh :P akhlakul kharimah maklum aja.

4 02 2010
sectiocadaveris

ga nyambung, om
saya lagi ngomong soal perilaku berdiskusi, bkn tentang saya pribadi
om LP ini agak2 O*T juga yah :-)

4 02 2010
putra palas

sobat non-muslim…kalau anda mau fair dalam menyikapi masalah ini anda tidak akan menyalahkan penduduk palas yg bertindak membakar rumah ibadah non muslim. karena umat islam di berbagai temapat yg mayoritas umat kristen jg tidak diberikan mendirikan rumah ibadah, jangankan mendirikan masjid bahkan utk menjalani hiduppun terkadang mendatpat intimidasi, sedangkan org non muslim di palas mereka hidup aman tidak diganggu bahkan jg bergaul dengan masyarkt setempat, yg jangan mendirikan rmh ibadah. seharusnya org non-muslim di palas harus menghargai masyarkat palas yang penduduk aslinya adalah Islam dan taat kepada agama, karena itu jangan memaksakan kehendak utk mendirikan rmh ibadh walaupun dari aspek hukum dibolehkan tetapi anda juga hars mempertimabngkan aspek sosial, budaya, adat, sejarah masyakat palas. tidak ush melegitimasi pendirian rmh ibadah atas nama NKRI, masyarakt palas juga menjungjung tinggi NKRI. sekali lagi jangan paksakan kehendak kalau kita memang ingin saling rukun dan damai. saya sebagai putra palas mengharpkan semoga muspida khususnya bupati bijksana dalam menyikapi maslah ini.

4 02 2010
lovepassword

Untuk memuji orang lain itu nggak harus nyambung, Pak Dokter. Lha kalo nyuntik mungkin emang harus nyambung. Siap grak….

4 02 2010
sectiocadaveris

bagi ikan terinya dong om
(ikut2an ga nyambung ah)

4 02 2010
lovepassword

Hi Hi Hi. teri makasih saja deh

5 02 2010
jephman

@ putrapalas

Ada kontradiksi antara pernyataan Lae dengan kenyataan JUGA dengan pernyataan lae sendiri.

“kalau anda mau fair dalam menyikapi masalah ini anda tidak akan menyalahkan penduduk palas yg bertindak membakar rumah ibadah non muslim.”
Bandingkan yang ini :
“sedangkan org non muslim di palas mereka hidup aman tidak diganggu bahkan jg bergaul dengan masyarkt setempat, yg jangan mendirikan rmh ibadah.”

>> Jadi menurut lae, hidup aman dan tidak diganggu itu termasuk boleh mendirikan gereja tanpa dibakar? :P

“karena umat islam di berbagai temapat yg mayoritas umat kristen jg tidak diberikan mendirikan rumah ibadah, jangankan mendirikan masjid bahkan utk menjalani hiduppun terkadang mendatpat intimidasi, ”
>> Bisa ditunjukan buktinya lae? Apakah ada nonmuslim yang ramai2 bakar masjid, atau berkolusi menghalangi keluarnya ijin? bentuk2 intimidasi apa yang diterima? Bisa lae menunjukannya, minimal mengira2 kenapa hal itu terjadi?

“seharusnya org non-muslim di palas harus menghargai masyarkat palas yang penduduk aslinya adalah Islam dan taat kepada agama, karena itu jangan memaksakan kehendak utk mendirikan rmh ibadh walaupun dari aspek hukum dibolehkan tetapi anda juga hars mempertimabngkan aspek sosial, budaya, adat, sejarah masyakat palas”
>> Saya gak usah menjawabnya krn hal itu mrpkn hak lae. Tapi coba lihat dahulu pernyataan lae diatas, ada yang aneh gak? Anda memprotes pelarangan pendirian masjid (yg setahu saya gak ada), sementara disaat yg sama memprotes gereja dibangun. :)

24 03 2010
specialgirl

kenapa kita sibuk saling memperlihatkan kebaikan n kekurangan agama kita masing2..gimana klo kita sibuk untuk trus mencari Tuhan..melihat kasih n kebaikannya…pandang TUhan saja bukan agamaNYA..krn agama hanyalah buatan manusia,,untuk mengkonkretisasikan kepercayaan masing2 kita..sebagai lembaga yg mengatur..atau wadah..bukan agama yg menyelamatkan kita tp hati dan iman kitalah…contoh kecil dr mengucap syukur kita masih bisa bernafas sampai hari ini, itu sudah kemurahan TUhan loh..bnyk org yg membayar oksigen d rumah sakit hanya untuk bernafas..terkadang kita gak sadari itu krn fokus kita hanya selalu dan selalu melihat sesuatu yg nampak buruk di depan mata kita terlebih sesuatu yg buruk pada sesama kita.ingat loh gada manusia yg suci dan sempurna..semua manusia berdosa tak terkecuali pendeta,ulama,apapunlah yg berbau rohani n pemuka2 agama,, karena itu belajarlah untuk melepaskan pengampunan buat orang lain walau berat. bagaimana bisa kita berharap org lain mengampuni kita kl kita sendiri ga bisa mengampuni org yg bersalah sama kita..
belajar mengucap syukur dalam segala hal,, hal sekecil apapun n hal seburuk apapun.,akan membawa dampak yg luarbisa loh…mungkin kita merasa sulit..jangan andalkan kekuatan kita tp andalkan Tuhan…minta Tuhan yang mampukan kita karena kita gakkan pernah mampu bila mengandalkan kekuatan manusia kita yg terbatas.
sebab seperti yg firman Tuhan ajarin kasih itu murah hati,memaafkan,panjang sabar,tidak cemburu,lemah lembut
yukkk maukan kita sama2 belajar jadi pelaku kasih..sama2 bangkit dr keterpurukkan bangsa kita…ga rugi loh…lihat deh hasilnya..karena satu kasih mematahkan 1000 kebencian…satu pengampunan menyembuhkan 1000 luka hati dan satu senyuman mendatangkan sukacita yang tak terkira…God Bless Indonesia..

3 04 2010
khoiruddin

klu menurut q g ppp kuk
toh mereka kan g ganggu…………

6 05 2010
aldo

itwlah kalo pada awalnya telah di ajarkan suatu kebencian, sehingga terjadilah pembakaran, !! saya maw tanya ma Sujarwo Tedjo . seandainya itw terjadi dipihak anda apa yg anda lakukan ? ? ketika gw sendiri bilang ke lOe, pembakaran mesjid atuh ma perkara kecil , biasa atuh mah , apa perasaaan anda ? ? dalam islam masalah pembakaran gereja kan masalah kecil, ataw sepele, wong muslim sering bakar gereja kan, jadi udah biasa bukan ? ? itw lah itw, , , ! ! ! emg kayak gtw nya kerjaan mereka,

kalo si fitri yg satu ini mah beda

ada pak de gw, dia kerja di PT x x x, dia di tawari jabatan yg tinggi, dengan satu syarat harus pindah agama, emg pa de gw ni pintar, emg pada awalnya pa de gw ragu dengan semuanya, dan akhirnya dia menerima tawaran tersebut, lucunya ga bisa cuma pa de gw yg muslim, musti semua anak dan istrinya, dan akhirnya semua mereka pindah agama, ! ! !dan di beritakan pula tw di koran, lucunya setelah mereka pindah agama, setiap hari cewk mulim berjilbab sama pria islam setiap hari ke rumah pa de, sampai 1 bulan lamanya, mereka ganti2 an ke sana, mereka di ajari dari awal sampai akhir, dan saya kasian ma mereka, terpaksa mereka sembunyi2 ke gereja, ! ! dan memang pada akhirnya mereka meninggalkan semuanya, dan pindah lagi jadi agama semula, Ternyata Kristen Is the best. . . maju di dalam Tuhan

8 05 2010
arles manik

@Putra Palas dan semua saudara-saudaraku Muslim Marilah kita saling Menghargai Perbedaan. Sebenarnya Agama Kristen, Islam dll, datang ke Indonesia belakangan dan sebelumnya semua rukun-rukun aja!. Hati saya merasa sedih, hanya karena beda keyakinan/Agama kita saling jegal. Dari hati saya yg paling jujur dan tulus mengatakan yg sejujurnya bahwa saya seorang Pejabat yg ditempat saya hanya ada 7KK saudara umat muslim, kita hargai dan bahkan kita bantu mendirikan Masjid dan tidak pernah larang-larang, karena hal ini dibawah kendali saya, makanya saya berani mengatakan, kalaupun ada Jemaat Kristiani yg salah di Palas itu, silahkan supaya dihukum, tapi saya mohon jangan di generalisir menjadi kesalahan semua orang. Saudara-saudaraku semua, mari kita saling mendukung, kita hilangkan kecurigaan dan kalau ada hal-hal yg patut diduga tidak sesuai dengan tatanan nilai-nilai yg baik kita tegur dan laporkan. Saya pikir demikian tidak ada yg lebih indah dari Hidup Rukun dan Damai. Kalau ada provokator yg selalu mengompori, laporkan atau tegur dia dengan santun, we are Bataks, I Love All, thanks.

11 05 2010
tamasolusi

Salam kenal..

13 09 2010
Leonardo Lie

kayaknya blog bego,pengetahuan agamanya perlu di perdalam.
Pembakaraan Gereja di sebabkan oleh sekelompok OKNUM yang belum kita ketahui agamanya.membuat kekacauan,TIDAK KONDUSIF,Membuat Pertikaan Antara 2 Agama.
Agama Islam dan Umat Muslim yang saya kenal Mayoritas adalah Damai,1 Tidak Mengwakilkan 10.000
Agama Kristen&Katolik dan Umat Nasrani yang saya kenal Adalah Umat Penuh Kasih.
Saya Juga Heran kok tiba tiba ada pembakaran gereja di sibuhuan,sumut.padahal daerah tersebut,Toleransi Agamanya Luar Biasa,1 Rumah bisa 3 Agama.

16 10 2010
lychess

lagian gw heran sm muslim. pdhl di alquran sendiri jelas2 ditulis kalau NABI ISA lah yg akan mengadili mereka nanti. trus knp msh menyembah muhammad sih??

-apakah seorang nabi yang seharusnya menjadi panutan MENIKAHI ANAK YG MASIH BERUMUR 6 TAHUN?

-apakah seorang nabi MENIKAHI MENANTUNYA SENDIRI dgn alasan itu hadiah dari allah untuknya?

-apakah kitab suci yang benar itu mengatakan bahwa matahari terbenam dilumpur??

banyak brita2 palsu yg digembar-gemborkan oleh orang islam kalau jumlah islam semakin meningkat. BULLSHIT! bener brita yg dikarang2

klo benar, knp skrg islam spt kebakaran jenggot dan mulai menyusun amunisi? bukankah org2 yg kebakaran jenggot adalah orang yg eksistensinya mulai terdesak??

islam seperti sedang melakukan “onanisme” trhadap diri sndiri….

16 10 2010
lychess

KESIMPULAN :

kalau seseorang dari agama kristen, katolik, hindu, buddha, dll melakukan kejahatan itu BUKANLAH KESALAHAN AGAMANYA…melainkan MURNI kesalahan pribadi.

TETAPI, kalau seseorang dr agama islam melakukan kejahatan…itu bukanlah kesalahan orangnya…MELAINKAN KESALAHAN AJARANNYA…

wong nabinya aja penjahat kok, otomatis pengikutnya penjahat jg dong…:D

16 10 2010
lychess

siapa bilang islam agama damai??
lihat saja, negara2 yg mayoritas penduduknya muslim pasti terbelakang, bodoh, dan penuh konflik…

jd jangan menutup mata…

contoh terdekat, indonesia adalah negara bodoh krn apa?? krn mayoritas muslim…

16 10 2010
lychess

kliatan mental muslim…menghina orang tanpa dasar…sekedar hina-hinaan yg penuh emosi tanpa otak…

yg lebih lucu, sehabis menghina, mengucap doa…astaga…agama apa-apaan ini??!

itulah ciri khas islam…mudah terbakar emosi dan tak pernah bisa berdebat dgn cerdas..

16 10 2010
lychess

HANYA AGAMA ISLAM YANG BILANG KALAU SURGA ITU SEPERTI LOKALISASI…KELIATAN OTAK ISLAM CUMA MESUM…MAKANYA RELA NGEBOM DAN MEMBUNUH ORANG DEMI SELANGKANGAN BIDADARI DI SURGA LOKALISASI

16 10 2010
lychess

SETUJU!!

makany muslim ngk pernah maju!

hahahhahahahha

OTAKNYA 11-12 SAMA ONTA

islam itu udh di doktrin sm muhammad. makanya mereka ngk bs protes tentang beribu-ribu kontradiksi yg ada di alquran…smua takut di azab alloh…

16 10 2010
lychess

kita mau kasih nama orang anjing atau babi sekalipun terserah yg penting kelakuannya ngk kayak binatang….

seharusnya lo mikir pak…muhammad, biarpun namanya manusia, tp kelakuannya lebih najis drpd binatang. smua kejahatan udh dia lakukan : perampok, pedofil, pembunuh…

gw punya temen muslim, dia ogah ngasih anaknya muhammad katanya “takut kelakuannya kyk muhammad”

come on! islam sndiri mengakui kan? klo muhammad itu lebih parah dr binatang.

bahkan binatang pun melindungi anaknya. TAPI MUHAMMAD, MENGAWINI MENANTUNYA!

16 10 2010
lychess

HORAS!

16 10 2010
lychess

“seharusnya org non-muslim di palas harus menghargai masyarkat palas yang penduduk aslinya adalah Islam dan taat kepada agama, karena itu jangan memaksakan kehendak utk mendirikan rmh ibadh walaupun dari aspek hukum dibolehkan tetapi anda juga hars mempertimabngkan aspek sosial, budaya, adat, sejarah masyakat palas”

>> LOH BUKANKAH ISLAM JUGA MEMAKSA MENDIRIKAN MESJID DI AMBON??PADAHAL JELAS2 AMBON ITU MAYORITAS KRISTEN??

13 11 2010
fauzi

allohu akbar………

5 01 2011
Anastasius

Saya jg Heran dengan padang lawas(sibuhuan) serta orang2nya,saya kerja disana 3 bulan oktober-Desember(sbagai konsultan supervisi dari dana DAU).kbetulan lokasi pembakaran itu dekat kalau ngak salah jl situmorang tpt gereja HKBP.Disana kalo mau cr kontrakan yang ditanya Agama apa…aneh bukan?(yang cr kontrakan buat kami org sana krn km hrs punya tempat tinggal+kantor adalah org lokal) KYAKNYA MASYARAKAT DISANA ITU TELAH TERACUNI ALEH AJARAN YANG SESAT,Entah itu agama apa…..susah menerima kemajuan buat mereka,…pdhal visi kami mau membangun fasilitas di sana…Dalam menjalankan pengaawasan tidak heran kalo kami ditanya agama apa???Yang jelas tidak layak Padang lawas kabupaten dgn alasan Sumber daya Manusianya Tidak ada,…Mulai dari Pejabat Bupatinya..sampe kebawah…tdk ada….yang normal(Sikapnya/Perbuatanya sampe saat ini tdk ada terhadap pembakaran HKBP&GPDI,Sluruh Proyek yang saya awasi mengakunya punya setoran tuk bupati,…jd smua pekerjaan tdk bisa diawasi dgn baik….Dasar Padang Lawas Kyaknya masih Jaman Gelap,Mencekam….krn dalam ajaran agama Teroris(entah itu agama apa???)

5 01 2011
Anastasius

Kalau kita arahkan Pekerjaan salah ke yang benar mereka bilang”Ini proyek Istri Bupati,Ini Proyek Bupati…Capek Deh..Proyek ini Saya iNFAQ Kan,lg lg ke agama…..SELAMAT PADANG LAWAS KABUPATEN KORUPSI….Dipmpin Oleh Bupati Korupsi…..Dan Rakyat Korpsi…Karena Memahami Ajaran Korupsi….Apa Kata Dunia????

5 01 2011
Anastasius

entah terbit apa ngak yang pasti inilah yang terjad disana,sejauh saya mampu menangkap…..

30 11 2011
jujurlah

kenapa harus dijaga??? kalo gak dijaga bisa dibakar massa orang islam atau bahkan di boom. itulah lihainya Iblis itu merasuki sendi2 islam. dan membantai kafir/diluar islam, mereka juga dihalalkan dan diajarkan. versi mereka holol darah kafir dikucurkan. wahhh…wahhh. sesaaaat bangattt yang jelas coyy! Iblis pun berpesta….! mantaaappp! Sangat berbeda dengan ajaran Gereja, “malah diharuskan untuk saling mengasihi” ajaran agama yang benar adalah dilihat dari hasil/buahnya: jika mereka diajarkan bringas melakukan kekrasan dan kejahatan, membakar orang, memboom, dan diajarkan untuk membenci bahkan menjelek2an yang bukan komunitas mereka, poligami, berarti ajaranya sesat dan sedang diprogram iblis, iblis lihai bisa menjelma seperti malaikat, berlagak manis tapi tujuanya hanya kejahatan. jika anda termasuk demikian sadarlah! kiamat sudah mulai tiba, jangan sampai anda terlambat, karena kapal akan berangkat…, akhirnyaa God byeee….!!!

30 11 2011
jujurlah

kenapa Gereja harus dijaga terutama pas Natal??? kalo gak dijaga bisa dibakar massa orang islam atau bahkan di boom. itulah lihainya Iblis itu merasuki sendi2 islam. dan membantai kafir/diluar islam, mereka juga dihalalkan dan diajarkan. versi mereka holol darah kafir dikucurkan. wahhh…wahhh. sesaaaat bangattt yang jelas coyy! Iblis pun berpesta….! mantaaappp! Sangat berbeda dengan ajaran Gereja, “malah diharuskan untuk saling mengasihi” ajaran agama yang benar adalah dilihat dari hasil/buahnya: jika mereka diajarkan bringas melakukan kekrasan dan kejahatan, membakar orang, memboom, dan diajarkan untuk membenci bahkan menjelek2an yang bukan komunitas mereka, poligami, berarti ajaranya sesat dan sedang diprogram iblis, iblis lihai bisa menjelma seperti malaikat, berlagak manis tapi tujuanya hanya kejahatan. jika anda termasuk demikian sadarlah! kiamat sudah mulai tiba, jangan sampai anda terlambat, karena kapal akan berangkat…, akhirnyaa God byeee….!!! lucunya di negar2 mayoritas kristen kalau Islam mengadakan hari besarnya gak pernah dikawal tuh sama aparat, karena sudah pasti damai.., lihat coyy ajaranya dan lihat hasil/buahnya.

23 05 2013
Ega Memang Saragih

minoritas yang tertindas

6 09 2013
Anonymous

memang ngatola bai gereja di bangun di padang lawas on

22 04 2014
susanti saragih

ngatola bai ,giot mampartahan kan kesatuan agama islam nami ami ttong,gokk dope tempat di dunia on nasattak me nangkon disu

22 04 2014
susanti saragih

ooon DARI MANA KW TAU ISLAM ITU
BARU ADA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: