3 Gereja di Malaysia Dibakar

11 01 2010

Konflik Pemakaian Kata ‘Allah’

Terus terang saya tidak mengerti kasus ini. Alquran menyatakan kalau Islam adalah salah satu agama samawi dan agama penyempurna dari agama-agama sebelumnya. Ini bukti bahwa Islam mengaku menyembah Tuhan yang sama dengan agama Yahudi dan Kristen (terlepas dari penolakan masing-masing agama), lantas kenapa dilarang memakai kata “Allah”? Entah sampai kapan mereka terbuka pikirannya, borsik ma!

Kuala Lumpur – Tiga gereja di Malaysia dibakar oleh sekelompok orang. Kepolisian Malaysia saat ini tengah menyelidiki tiga kasus pembakaran gereja di Klang Valley pada Jumat, 8 Januari pagi waktu setempat.


Serangan tersebut menyebabkan gereja-gereja itu mengalami kerusakan. Tak ada korban dalam insiden tersebut.

Akibat aksi pembakaran tersebut, personel polisi dikerahkan untuk berpatroli di sekitar gereja-gereja. Demikian disampaikan Inspektur Jenderal Kepolisian Malaysia Tan Sri Musa Hassan.

“Personel polisi juga akan berpatroli di gereja-gereja seluruh negeri, khususnya di Klang Valley, untuk mencegah insiden-insiden buruk,” ujar petinggi kepolisian negeri jiran itu seperti dilansir harian Malaysia, The Star, Jumat (8/1/2010).

Ketiga gereja yang dibakar itu adalah Metro Tabernacle Church di Desa Melawati, gereja Assumption Church di Jalan Templer dan gereja Life Tabernacle Church, keduanya di Petaling Jaya.

Serangan terhadap gereja-gereja tersebut terjadi menjelang rencana aksi protes oleh kaum muslim pada hari ini. Mereka akan memprotes putusan Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur yang menolak larangan bagi warga nonmuslim menggunakan kata “Allah” dalam literatur mereka. Larangan tersebut telah berlangsung selama 3 tahun.

Putusan pengadilan pada 31 Desember 2009 tersebut telah menimbulkan kemarahan banyak umat muslim di Malaysia. Komentar-komentar bernada kebencian dan ancaman terhadap umat Kristen banyak diposting di internet. Namun ini kali pertama kontroversi tersebut berubah menjadi destruktif dengan serangan terhadap gereja-gereja.

Sumber


Aksi

Information

166 responses

11 01 2010
dinandjait

Jadi, karena demonstran akan memprotes pemakaian kata Allah dalam literatur mereka, makanya Gereja dibakar?
Sungguh, (agama) pembawa damai (?).. :)

11 01 2010
pangopu

malaysia, apapun ditiru…….ini kan kebiasaan yg terjadi di Indonesia….ccck
….
anggiat ma tutu di lean gogo tu akka dongan sahaporseaon di Malaysia, asi rohaNa…jala dipauba roha ni akka dongan na so sabutuha,asa di tanda nasida Hasintongan i..Amen

11 01 2010
Fitri

Terus? Mau menyamakan muslim Malaysia dengan muslim Indonesia seperti saya? Gitu? Salahkan muslim Malaysia! Jangan samakan saya dengan mereka! Ngerti?

11 01 2010
pangopu

mbak fitri na uli;)
wah perasaan, saya tidak hanya menyalahkan “muslim malaysia”

aduh mbak ni, pura2 polos atau gmn c…jelas2 mbak tau, di Indonesia jg bakar2an.
apanya yg g perlu disamakan???

mbakna udh paham?? :-)

11 01 2010
Fery

salahkan ajarannya dong…ibu fitri memang tidak bakar gereja, tapi lihat posting2 komentarmu… apa bedanya ?

11 01 2010
Gala_ren

@mbak fitrie

Ap bedanya muslim Indonesia dengan muslim malaysia???
samanya kurasa..sama2 sukanya maen keras..

11 01 2010
Fitri

Terus? Nuduh aku ikut bakar gereja? Gitu?

11 01 2010
Fitri

Oh….termasuk aku ya?

11 01 2010
Fitri

Oh,jadi komentarku berisi mengajak orang-orang bakar gereja? Gitu?

11 01 2010
anonim

bukan gitu mba..
cuma ga usah ngomong kaya mw ngajak berantem gitu,
ga enak lah dengernya..

11 01 2010
Fery

Siapa pula nuduh kau wahai fitri yang cantik
Siapa pula menyalahkan kau
Kami tidak sebodoh kau

Lihatlah kenyataan
antara ajakan memerangi kafir
dengan kenyataan yg ada

masih berfikir HANYA DIRIMU pusat dari dunia?

11 01 2010
pangopu

aku heran mbak ma dirimu…..udah pny blog,… tw soal IT….tapi nanggapin coment pun g nyambung..cck
coba pelan2 dipahami tiap komentar.

11 01 2010
Gala_ren

wah..nggak tahu ya..

makanya aku bertanya..
karena yang kutahu seperti itu..

11 01 2010
Fitri

Oh,jadiaku bodoh karena ku Islam? Gitu? Apakah jadi pintar harus keluardari Islam?

11 01 2010
Fitri

Saya paham kok kalau kalian enggak pernah suka dengan semua muslim. Ini kenyataan yang saya hadapi.

11 01 2010
Fitri

Berartibenar termasuk aku dong?

11 01 2010
dinandjait

relevansinya dengan pembakaran gereja apa mbak?
orang Malasya “Batak-Yahudi” yang bakar gereja?
– mbak nuduh orang Batak? Gitu? –
:)

11 01 2010
borusibarani

Islam mengklaim kata Alwoh, tdk boleh di pakai umat non muslim… bagi mereka dunia sudah berhenti dan mereka mencoba menjadi Allah atas Alwohnya sendiri.
Bodohnya.. Yang punya nama saja nggak protes mau di panggil apa saja !!!

@Fitri
1. Memang kenapa kalau batak keturunan yahudi? Bukan salah orang batak khan? USB dan Facebook yang anda pakai, Microsoft, rumus fisika dan matematika, Movie yang anda tonton hampir semuanya adalah kreasi orang Yahudi.

2. Mengapa anda tidak protes nabi-nabi yang jelas terukir di Alquran sejak nabi adam, ibrahim sampai nabi isa , mengapa kok mereka keturunan Yahudi ?.
bagaimana kalau kami klaim terbalik:” Bahwa nabi-nabi yang berasal dari yahudi tidak boleh di sebutkan oleh orang muslim dan tidak boleh tertulis di Alquran?

3. bagaimana komentar anda sendiri tentang klaim muslim atas nama “Allah” hanya boleh bagi umat muslim? Apakah anda setuju?

4. kalau saya tidak salah (soalnya belum sempat cari referensinya), Bukankah selama ini Muslim mengklaim bahwa bangsa Arab adalah keturunan Abraham dari istrinya yang bernama Hagar?. Abraham adalah orang Yahudi, jadi sebagian Arab adalah keturunan Yahudi

5. Cobalah smart sedikit, dipikir dulu sebelum di sampaikan, Apa yang anada ucapkan itulah pribadi anda.. jangan selalu keluar topik Neng..

syaloom

11 01 2010
borusibarani

Tambahan:
Sebenarnya dalam Alquran, Alwoh nya muslim mengatakan seperti ini :

1. QS 21:92.QS.23:52
Sesungguhnya (agama tauhid) ini adalah agama kamu semua(Yahudi, Nasrani dan muslim); agama yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, maka sembahlah Aku.

2. QS.5:69
Sesungguhnya orang orang Mukmin, orang orang Yahudi, Shabiin, orang orang Nasrani, siapa saja ( diantara mereka) (1) yang benar benar beriman kepada ALLAH,(2) hari kiamat dan (3) beramal saleh,maka tidak ada kekhawatiran terhadapap mereka (masuk golongan surga) dan tidak(pula) mereka bersedih hati.

Yang merusak, justru umatnya sendiri. Alwoh mengakui orang yahudi tapi umatnya membenci umat Yahudi… Alwoh mengakui bahwa Yahudi,nasrani beriman kepada Allah, tapi umatnya maunya ekslusif.

Capee dehh (kata Alwohnya)

syalom

11 01 2010
Fitri

1. Kalau batak memang keturunan Yahudi, nah itu kan berita bagus buat kalian. Sehingga kalian tahu asal usul nenek moyang kalian.

2. Buat apa saya memprotes nabi-nabi yang keturunan Yahudi? Saya ngga protes.

3. Yang mengklaim nama Allah hanya boleh untuk muslim hanya muslim dari Malaysia. Saya ngga melarang agama apapun pakai nama Allah. Cek sendiri komentar saya pada muslim Malaysia di http://shahil.wordpress.com/

4. Kalau iya bangsa Arab juga keturunan Yahudi lalu kenapa? Mau protes? Silakan, saya nggak mikirin.

5. Saya kan dah bilang maaf kalau OOT, tapi ada berita bahagia yang mesti disampaikan. Ga dibaca ya?

11 01 2010
r_tobing

damai itu hanya bagi mereka, lae
bagi orang lain di luar mereka, halal hukumnya dibinasakan..
hahaha :-D

11 01 2010
lovepassword

Kalo masalah akar yang dipersoalkan, saya rasa masing2 pihak baik internal Islam maupun Internal Kristen memang saling berbeda pendapat. Tidak saja antar agama tetapi juga dalam intern agama masing2 :

Tidak semua muslim menolak pemakaian kata Allah dipakai umat agama lain. Begitu juga pada sisi lain malah ada aliran Kristen yang memang menolak kata Allah dengan asumsi kata Yahweh tidak boleh diubah. Kata Allah memang tidak boleh dipakai karena identik dengan penyebutan yang tidak seharusnya bertentangan dengan PL . Ada sisi itu dalam intern agama . Tetapi tentu ada juga sisi yang sebaliknya…

http://jelasnggak.wordpress.com/2009/12/27/gereja-st-albertus-dirusak/#comment-2885

11 01 2010
lovepassword

Oh iya , kalo anda berminat mengetahui sudut pandang muslim Malaysia yang menolak kata Allah dipakai agama lain, kamu bisa datang ke link yang diberikan mbak pit pit .

http://shahil.wordpress.com/2010/01/04/kalimah-allah-adalah-milik-mutlak-islam-dari-kalimah-bahasa-dan-juga-hakikat/#comment-948

Lha sudut pandang Kristen yang menolak kata Allah mungkin juga bisa kamu baca di sini…
http://dedewijaya.blog.friendster.com/tag/kontroversi-kata-allah/

Tetapi bagaimanapun harap juga kita lihat bahwa memang tidak semua muslim menolak kata “Allah” dipakai agama lain begitu juga kalo sudut pandangnya Indonesia, mayoritas Kristen di Indonesia memakai kata Allah sejak dulu. Meskipun memang ada juga pihak2 yang berada pada posisi sebaliknya.

SALAM

11 01 2010
lovepassword

Lagi Aneka Pendapat soal ini :

Pihak yang pro kata Allah boleh dipakai :
http://www.gbi-bethel.org/index.php?option=com_content&task=view&id=129&Itemid=9

Pihak yang menolak pemakaian kata Allah :
http://be-e.info/wancil/page1/files/kontroversi.html

SALAM

12 01 2010
jephman

Iya. Ini dia yang saya maksud. Terima kasih ito Sibarani.

12 01 2010
jephman

Wah kalo nanti ada video Youtube judulnya “Neng Fitri terpilih sebagai Miss Batak”, langsung percaya ?

Heran. Napsu amat ibu Fitri ini mau membuktikan orang Batak keturunan Yahudi. Saya yg orang Batak aja lebih bangga sebagai bangsa Batak.

12 01 2010
Fitri

:mrgreen: :mrgreen:
Mana mungkin saya terpilih jadi Miss Batak, tau budaya Batak juga enggak kok.

Saya sebenarnya sudah lama menemukan artikel Batak keturunan Yahudi, nah mumpung saya sekarang ketemu Blog yang isinya tentang kartun Batak jadi tak salah kan kalau saya tanyakan di sini?

Video itu sudah saya lihat dan persamaan yang di tunjukkan antara Batak dan Yahudi, benar-benar mirip.

12 01 2010
Fery

Wah, ganteng2 dong ya orang batak : hidung mancung, mata biru, kulit putih, banyak jadi pengusaha konglomerat yg menguasai uang dunia
:P

12 01 2010
Fery

@ Fitri

“1. Kalau batak memang keturunan Yahudi, nah itu kan berita bagus buat kalian. Sehingga kalian tahu asal usul nenek moyang kalian.”

Memang kalau benar nenek moyang orang Batak keturunan Yahudi kenapa mbak?
Gak boleh hidup?
Halal darahnya?

Oh iya saya lupa …kan ada hadisnya : Yahudi dan kafir itu keturunan babi dan monyet.

Ck..ck..ck Fitri, fitri

masih gak sadar apa yg Islam ajarkan mbak?

12 01 2010
Fitri

Iya, memang ganteng seperti om Yesus. Tapi sayang orang Batak banyak yang sudah kawin campur dengan penduduk pribumi, jadi sudah nggak mirip bule lagi.

12 01 2010
Fitri

@Fery
Kan aku dah bilang itu berita bagus buat kalian. Harusnya kalian sebagai bangsa Batak bangga karena nenek moyang kalian sudah membantu menyalibkan Yesus supaya dosa kalian di tanggung sama Yesus.

12 01 2010
Fery

Waduh. kamu sudah menghina orang yang semua muslim hormati sebagai Nabi Isa As tuh…

Kamu juga gak mirip bule tuh…mirip…apa ya…

MIRIP MANOHARA!!

wkkwkakak

12 01 2010
Fery

wakakakak lucuuuuu wakakak

12 01 2010
Fitri

Kan saya bilang, om Yesus itu ganteng. Masa’ bilang ganteng dianggap menghina? Itu artinya saya memuji ketampanan om Yesus. Gitu lho.

Biar saja saya mirip Manohara, yang penting nasibnya beda.

12 01 2010
Fitri

Yesus di salib kok dianggap lucu? Kasihan Yesus dong, sudah capek-capek memikul dosamu sekarang malah di ketawain.

12 01 2010
Fery

Wah, dalam islam ada juga ya Nabi yang dapat panggilan om ya?

12 01 2010
Fery

Wakakak….jadi sama gilanya gw wakakak

12 01 2010
Fitri

Gini lho, sebutan om hanya bertujuan menghormati orang yang lebih tua. Sensi banget.

12 01 2010
Fitri

Kok Yesus dianggap sama gilanya? Heran aku. Tapi kasihan juga Yesus.

12 01 2010
borusibarani

Bukannya bangsa yahudi juga nenek moyangnya Mohammad?
Mohammad khan keturunan Ibrahim dengan istrinya Hagar atau Ketura. bararti Batak orang Batak saudara dengan om Muhammad dunk

12 01 2010
Fery

Wah, kalo gitu Muhamad ngaku keturunan babi dan monyet dunks!

wakakakak

12 01 2010
Fitri

@borusibarani
Oh, Mohammad itu siapa ya? Kok aku baru dengar.

@Fery
Nah, ini juga sama. Muhamad siapa?

12 01 2010
Fitri

@borusibarani
Nah, ini juga. Alwoh itu siapa?

12 01 2010
Emanuel Setio Dewo

Mbaca komen2 di atas kok jadi ketawa ya? Lebih lucu dari Srimulat.

Tapi di balik kasus pembakaran gereja2 karena klaim nama “ALLAH”, saya jadi kepikiran mengapa Malaysia suka sekali dengan klaim-mengklaim tanpa dasar. Saya jadi tahu mengapa mereka mengklaim batik, lagu2, reog, dll. Soalnya pola pikir (agama?) mereka memang begitu.

Sedikit-sedikit klaim. Sedikit-sedikit klaim. Kalau perlu dengan kekerasan. Kalau sudah berhasil klaim, orang lain tidak boleh pakai.

Benar2 bangsa(t) yang aneh.

12 01 2010
parhobass

@Fitri,
mungkin Anda bisa menjelaskan
apakah kata “Allah” itu nama ?

Nah kalau bisa, Anda bisa membungkam orang-orang yang berseberangan dengan Anda…

Membungkam itu tidak musti dengan berkata2 yang lari ke sana kemari, atau mengikuti keadaan, tetapi lebih tepat jika ada Integritas dan Anda menunjukkannya…

sepakat?

12 01 2010
Fitri

Allah itu tidak hanya nama tapi juga bahasa.

Saya nggak pernah melarang agama apapun pakai nama Allah, jadi jangan samakan saya dengan orang Malaysia dong walau masih satu pulau dengan mereka.

12 01 2010
parhobass

@Fitri
Allah itu tidak hanya nama tapi juga bahasa.

Bisa Anda jelaskan lebih lanjut, kenapa bukan hanya nama tetapi juga bahasa?

Saya nggak pernah melarang agama apapun pakai nama Allah, jadi jangan samakan saya dengan orang Malaysia dong walau masih satu pulau dengan mereka.

saya kira tidak ada yang menuduh Anda sama dengan orang Malasya. Dan tentu orang Malasya juga tidak begitu semua keadaannya.
Mungkin bahasa generalisasi agak membingungkan.
Tetapi coba tarik pelajaran dari sini.
Seperti kata,
Yahudi menyalibkan Yesus
apakah semua Yahudi? tidak bukan…
apakah semua Yahudi tidak percaya Yesus? tidak juga jawabannya..

12 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Fery yang terkasih
.
.
Marilah kita berkata-kata dan bersikap laku sesuai dengan siapa cerminan Tuhan yg KIta Sembah.

Salam kasih

12 01 2010
orangganteng

Amang parhobas,

Entah salah tanggap atau memang pikiranku yang sempit, tapi dari pernyataan Allah sebagai bahasa menandakan ketidak-maha-an sang Allah mereka sendiri, bukan?
Sebenarnya ini jadi menarik, karena mereka meng-klaim Allah mereka Sang MahaKuasa, disisi lain Allah nya tidak bisa dipanggil dengan bhs non-arab.

Poin nomor dua,
mbak Fitri ini kadang tidak menunjukkan relevansi postingan. Alih-alih membahas masalah gereja yang dibakar oleh sekelompok orang tidak dikenal, flow nya postingan di page ini jadi membahas mengapa Allah (Awloh) tidak sama dengan Allah (A-L-L-A-H).

Ayo deh kembali ke postingan awal.

Mbak Fitri, pembahasan mengenai Allah, mungkin bisa dilihat di http://www.sarapanpagi.org/pro-dan-kontra-mengenai-kata-allah-vt1915.html secara Kristiani.

12 01 2010
pangopu

yah mba fitri merasa tertuduh g???walau saya g nuduh…..
y silahkan….dinikmati saja dlm rasa bersalahnya,..
hmmm,
tapi saya tidak pernah menuduh mba…tp org2 yg membakar gereja yg beragama islam mnurut saya bersalah.
Tuhan Yesus yg punya sgalanya,jdi tidak ada gunanya saya menghakimi,klo merasa bersalah y silahkan….Yesus bersedia menerima anda:)

salam,

12 01 2010
pangopu

saya punya temen2 muslim yg cukup banyak..bahkan temen satu atap pun orang muslim smua. saya mengasihi mereka :)
saya juga tdk benci pada mbak fitri…tdk ada alasan bagi saya utk mmbnci anda aplgi smua muslim spt kata anda.
kita hanya berdebat saja tpi yakinlah…orang kristen pasti mngasihi smua “manusia”….karena Allah Tritunggal yg mnjadikan smuanya,sklipun anda tdk mempercayaiNya:)

salam,

12 01 2010
aneh

gak kebalik tuh mbak fitri, bukannya semua muslim yang gak suka kami (nasrani)? :mrgreen: lol

namun benarkah begitu? semua muslim gak suka kami? atau kami gak suka semua muslim? jangan jangan itu hanya ilusi anda saja.

masa anda tidak pernah ketemu nasrani yang baik pada muslim, dan muslim yang baik pada nasrani?

12 01 2010
lovepassword

Ojo galak-galak Mas, entar ada yang kesindir .. :D … Nulis bangsa sampai pake “t” lho
CB itu kabarnya juga orang malaysia. Cuma nggak tahu, dia bangga apa nggak jadi orang Malaysia… :) :D

SALAM Mas Dewo

13 01 2010
Emanuel Setio Dewo

@Mas Lovepassword,

Iya, soalnya gemes dengan kelakukan mereka. Selain sebagai tukang klaim, perusak tempat ibadah, juga karena ada beberapa teroris yg asalnya dari sana.

Bukannya CB orang Indonesia? Lho kok kita malah nggosip tho? Hehehe…

Salam.

13 01 2010
Fitri

@parhobas
Agak berat nih pertanyaannya, sampai pusing aku jawabnya. Kenapa saya sebut bahasa, karena kristen di negara Arab juga menggunakan bahasa Arab maka sudah pasti mereka juga memakai nama Allah. Maksud saya seperti itu.

Saya juga tau tidak semua Yahudi ikut menyalibkan Yesus, sebagian juga tidak ingin melakukan penyaliban. Ada yang percaya pada Yesus dan ada yang tidak, tergantung masing-masing pribadi.

13 01 2010
Fitri

:lol:
CB tu orang Malaysia asli. Memang perkataan CB kalau berkomen mirip dengan bahasa Indonesia. Tapi kalau diperhatikan dari sekian isi komentarnya, kadang keluar juga logat melayunya.

13 01 2010
Emanuel Setio Dewo

@Mbak Fitri,

Perkenankanlah saya ikut bertanya supaya saya dapat menangkap maksud mbak Fitri. Mungkin yang disebut Allah “sebagai bahasa” mungkin yang dimaksud Mbak Fitri “sebagai sebutan” atau “kata ganti” kali ya?

Salam.

13 01 2010
parhobass

@Fitri,

Akhirnya kan bisa kita lihat masalahnya, apa yang diucapkan si A tidak sepenuhnya sebenarnya dapat kita maknai.

Dan hanya dengan komunikasi yang baik maksud itu dapat diterima. Yang sayangnya si A juga melakukan keburukan-keburukan berkomunikasi di saat menjawab semua pertanyaan atau kumunikasi yang Fitri lakukan.

So kalau orang lain, atau si A, tidak bisa berubah (upahnya sudah ada untuk itu), mari coba neng Fitri mulai, untuk berbahasa dengan baik?

mau?
pasti bisa…

13 01 2010
Fitri

Keduanya. Karena masing-masing negara beda bahasa.

13 01 2010
Fitri

Oke, tapi terkadang bila A menekan dalam komunikasi maka saya juga tak segan menekan balik.

Tapi sebenarnya bila ada yang ingin berkomunikasi dengan secara baik, maka saya sangat terbuka berkomunikasi dengan baik.

13 01 2010
Sujarwo Tedjo

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

For All :

Kita semua yg ada di blog ini sebenarnya sudah terseleksi untuk muncuk didunia maya ini dengan pengetahuan yg lumayan ada di atas rata-rata seorang pemulung, atau seorang PSK ataupun seorang tkg ojek. Tetapi herannya dalam memberi tanggapan dan jawaban hampir rata-rata seperti tidak berpendidikan . Melantur seperti arus turbulens. Dengan semangat seperti ingin membela agamanya malah terlihat seperti orang yg mengomel spt omak-omak. Hanya segelintir orang yg seperti sdr Parhobas , sdr hh dan sdr Robinson A S yg fasih dan penuh kedewasaan setiap berkomentar. Kita tiru yg baik itu kenapa ???

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh

Baiklah utk semua , saya hanya ingin tahu bagaimana nama “Allah” itu sebenarnya di dalam agama Kristen… ??

13 01 2010
parhobass

@ST;

pernah dengar Pocong atau Sundal Bolong ngga?
ada berapa?
di Jawa Timur ada, di Jawa Barat ada..
nah pernah ngga dengar namanya si Pocong atau si Sundal Bolong itu?

Nah terus pertanyaan,
Pocong atau Sundal Bolong itu nama atau apa?

ST,
kalau mau lihat manusia tetapi berkicau bisa dilihat di:
http://jephman.wordpress.com/2010/01/12/gak-nyambung/

13 01 2010
Fery

“Tetapi herannya dalam memberi tanggapan dan jawaban hampir rata-rata seperti tidak berpendidikan . Melantur seperti arus turbulens. Dengan semangat seperti ingin membela agamanya malah terlihat seperti orang yg mengomel spt omak-omak.”

>> Saya gak ngomel2, ketawa-ketiwi iya. melantur? coba cek jawaban bu Fitri :) katanya sih mau wisuda, bedain jaket almamater dengan almamater aja gak bisa

wakakakak :D sori habis lucu bgt

13 01 2010
Sujarwo Tedjo

@Parhobas

Pocong atau Sundal Bolong itu nama atau apa?

>>> Itu adalah suatu nama mas Par … yg menunjukkan mahluk yg sesekali menampakkan diri dgn wujud roh jahat. Nah bagaimana ttg pertanyaan saya itu di atas ? Bukankah sbnrnya Islam yg sangat menjaga kesucian nama ALLAH SWT .

13 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Ferry

Saya gak ngomel2, ketawa-ketiwi iya. melantur? coba cek jawaban bu Fitri :) katanya sih mau wisuda, bedain jaket almamater dengan almamater aja gak bisa.

>>> Sampeyan pun idiot bijituh .. coba lihat komentmu di atas itu,

kalo gitu Muhamad ngaku keturunan babi dan monyet dunks!

Otak koq spt monyetmu

13 01 2010
Fery

Contohnya?????? :)

Ada gak yg menekan si mbo’e disini sehingga si mbo’e merasa tertekan?

heuheuheuhe

13 01 2010
parhobass

Tolong Anda juga harus menjawab secara konprehensif dan lengkap hehehe
(biar ngga menjilat liadh sendiri, OK)

saya ulangi;

pernah dengar Pocong atau Sundal Bolong ngga?
ada berapa?
di Jawa Timur ada, di Jawa Barat ada..
nah pernah ngga dengar namanya si Pocong atau si Sundal Bolong itu?

Nah terus pertanyaan,
Pocong atau Sundal Bolong itu nama atau apa?

13 01 2010
Fery

Lhoooo…coba cek dulu…ke mbah Google mu baru ngomel2 kalo aku idiot

Baca buku2 hadits, buka telinga lebar2 kalo jumatan, baca literatur2 Islam, semuanya mengakui hadits yg menyebutkan kalau Yahudi dan Nosrono itu keturunan monyet dan babi.

Nah Muhamad kan mengaku kalau dia keturunan Abraham dari Ismail

Berarti Muhamad juga keturunan monyet dan babi seperti perkataan beliau sendiri.

Kok malah saya yg dibilang idiot? Baru saja ente bilang supaya berdiskusi nan indah serta berbudi

Piye toh mas? :)

13 01 2010
Fery

Ketemu gak mbah Sujarwo nan ganteng?

Nih saya bantu : http://haniifa.wordpress.com/2008/01/16/kera-berasal-dari-bangsa-yahudi/

http://aziziabdullah.blogspot.com/2006_09_01_archive.html

Nah sopo toh nyang idiot toh?

13 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Parhobas
nah pernah ngga dengar namanya si Pocong atau si Sundal

>> Pernah !
____________________________

@ Parhobas
Nah terus pertanyaan,
Pocong atau Sundal Bolong itu nama atau apa?

>> Sudah saya jawab di atas!

13 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Ferry
Baca buku2 hadits, buka telinga lebar2 kalo jumatan, baca literatur2 Islam, semuanya mengakui hadits yg menyebutkan kalau Yahudi dan Nosrono itu keturunan monyet dan babi.

>> Apa sampeyan yakin ” semua hadist ” menyebutkan Yahudi dan Nasrani itu monyet ? Bukannya sampeyan mau melaga kambing Nasrani dengan Muslim saja ?
______________________________________

@ Ferry
Berarti Muhamad juga keturunan monyet dan babi seperti perkataan beliau sendiri.

Kok malah saya yg dibilang idiot? Baru saja ente bilang supaya berdiskusi nan indah serta berbudi

>>> Diantara kami adanya Muslim yg fanatik itu pasti ada. Tetapi sampeyan semua harus mengerti perasaan kaum aqidah kami yg tertusuk dgn komentar sampeyan semua. Mari kita berdiskusi dgn nurani dengan saling menghormati keyakinan masing-masing. Saya kira sampeyan hanya tong kosong nyaring bunyinya saja. Apa sampeyan dapat menjelaskan kpd kami kaum Muslim pemakaian nama Allah itu bukan monopoli Islam. Nah begitu sampeyan harus menjawab…

13 01 2010
parhobass

@ST


nah pernah ngga dengar namanya si Pocong atau si Sundal

>> Pernah !
____________________________

@ Parhobas
Nah terus pertanyaan,
Pocong atau Sundal Bolong itu nama atau apa?

>> Sudah saya jawab di atas!


terimakasih atas jawaban di atas tetapi
satu lagi kurang
ada berapa?
sebaba di beberapa tanah jawa, ada tempat2 tertentu yang dianggap berpenghuni pocong/sundal bolong

13 01 2010
Sujarwo Tedjo

@ Parhobas

pocong…
pocong..
pocong..
sundal bolong bolong
sundal bolong

>> Wah wah .. sampeyan ini ahli pocong opo mene ?
Apa hubungan pertanyaan saya diatas dgn jawaban sampeyan …, jadi pusing wae nih .. ??

13 01 2010
parhobass

mas ST,
itulah yang sering terjadi kawan,

pertanyaan tidak pernah dijawab dengan seksama, makanya berkembang terusss….

jawab satu lagi ajah,


satu lagi kurang
ada berapa?
sebaba di beberapa tanah jawa, ada tempat2 tertentu yang dianggap berpenghuni pocong/sundal bolong

Note:
saya sedang berusaha menjawab pertanyaan Anda tentang ‘nama’ Allah sesuai ajaran Kristen. Anda harap maklum sebenarnya jawabannya sudah berulang kali dikasih tau, tetapi tidak pernah mengenal ke kepala penanya, jadi saya maru berusaha metode baru hehehehe

13 01 2010
Fitri

Hahahaha pura-pura dalam perahu.

Eh salah,kura-kura dalam perahu.

13 01 2010
Fitri

Surat Al Baqarah ayat 65:
” Dan sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar di antaramu pada hari Sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka: ‘Jadilah kamu kera yang hina’ “. ( QS 2:65)

Dan

Surat Al A’raaf ayat 166:
” Maka tatkala mereka bersikap sombong terhadap apa yang mereka dilarang mengerjakannya, Kami katakan kepadanya: ‘Jadilah kamu kera yang hina’ ” (QS 7:166)

Sementara diayat yang lain:
” Sesungguhnya perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: ‘Jadilah!’ maka terjadilah ia ” (QS 36:82)

13 01 2010
Fitri

Kura-kura dalam perahu.
:D

13 01 2010
CosmicBoy

Jangan nggosip donk.

13 01 2010
Emanuel Setio Dewo

Kayaknya ST belum mudheng.
Sudah gitu, sebelumnya Mboke bilang kalau “Allah” itu “bahasa”.

Duh… jadi prihatin…

13 01 2010
Emanuel Setio Dewo

Jadi “Allah” itu “bahasa” gitu?
Maksudnya apa sih? Ada “bahasa Allah” gitu?

13 01 2010
Fitri

Ha ha ha :D

Ketahuan aku deh.

Kok selalu tau sih, tempat aku komen bawa namamu?

Maaffin ya say,

14 01 2010
Fery

“Apa sampeyan yakin ” semua hadist ” menyebutkan Yahudi dan Nasrani itu monyet ? Bukannya sampeyan mau melaga kambing Nasrani dengan Muslim saja ?”

Tentu tidak. Semua hadits kan beda2 tema. Gimana sih sampeyan ini?

“Diantara kami adanya Muslim yg fanatik itu pasti ada. Tetapi sampeyan semua harus mengerti perasaan kaum aqidah kami yg tertusuk dgn komentar sampeyan semua. Mari kita berdiskusi dgn nurani dengan saling menghormati keyakinan masing-masing. Saya kira sampeyan hanya tong kosong nyaring bunyinya saja. Apa sampeyan dapat menjelaskan kpd kami kaum Muslim pemakaian nama Allah itu bukan monopoli Islam. Nah begitu sampeyan harus menjawab…”

Kau gak perhatikan komentarmu diatas itu Raden mas sujarwo hadiningrat? Siapa yang idiot? :P Tertusuk katamu? Muhamad sendiri yg mengatakan hadits itu, kaok malah kami yang salah? Pakai otakmu yang tidak idiot itu. Yahudi dibilang keturunan monyet malah kamu yang sakit hati. Cammana

14 01 2010
Fery

Terma kasih bu Fitri, ternyata Islam lebih parah dari yang saya kira. Kupikir hanya muhamad yg bilang itu, ternyata alquran juga ya? Wah kompak nih Awloh sama Nabi terakhirnya…

Jadi kepikiran…
Kalau Yahudi mau dijadikan kera dan Muhamad keturunan Yahudi juga

maka…..

Habiiib!!!! Turun kau dari pohon !

wakakakakakkkk

14 01 2010
Emanuel Setio Dewo

Weh… mukjizat yang benar-benar unik! Manusia (Yahudi) kok diubah jadi monyet?

Jika benar-benar demikian, maka ini adalah kontradiktif terhadap pernyataan Allah sebelumnya, yaitu bahwa manusia diciptakan baik (sempurna) adanya. Ada kok ayatnya di AQ. Jadi tidaklah perlu mengubah lagi bentuk manusia.

Sepanjang sejarah manusia yang tertulis di Alkitab, Allah tidak pernah mengubah bentuk manusia menjadi bentuk lain. Apalagi dalam bentuk binatang.

Yang ada malah menyembuhkan alias menyempurnakan manusia yang sakit atau tidak baik jiwa dan raganya. Karena Allah adalah Maha Pengasih dan Penyayang. Dan juga Mahasabar.

14 01 2010
Fitri

Paham tak, maksud ayat di atas? Ayat itu bercerita ketika orang-orang Yahudi melanggar perintah hari Sabat dengan mencari ikan.

Belajar dulu, deh. Jangan asal ambil keputusan mutlak.

14 01 2010
حَنِيفًا

@Eman – eman Setio di pacok kuyo di jalan ponorogo bawa sego saboboko… Hua.ha.ha.ha.ha.

Apa gitar itu bahasa ? idiot sampean yach :evil:

14 01 2010
حَنِيفًا

@Tuan Putri
Setzzz.. jangan ribut-ribut soal hari sabat sama hari minggu… malu dunk.

Soalnya Listrik pada dipadamkan penghematan energi.

(hihhihi… sabtu dan minggu kan hari dubur… eh salah ketek, hari LIBUR :D :lol: )

14 01 2010
hh

Monyet itulah mungkin yang kembali menjadi manusia, ya. Yang itu tuh, yang menurut teori Darwin.

14 01 2010
Fery

Terus, setelah melanggar hari Sabat, Awloh mengubahnya jadi apa Fit?

Jadi Fitri

Wakakak

14 01 2010
Emanuel Setio Dewo

@Mbak Fitri,

Paham tak, maksud ayat di atas? Ayat itu bercerita ketika orang-orang Yahudi melanggar perintah hari Sabat dengan mencari ikan.

Belajar dulu, deh. Jangan asal ambil keputusan mutlak.

Perlu Mbak Fitri ketahui, Yesus sendiri pada hari Sabat tetap bekerja. Namun beliau tidak berubah menjadi kera. Mungkin AQ tersebut tidak mempan terhadap Yesus?

Salam.

14 01 2010
Emanuel Setio Dewo

@Haniifa,

@Eman – eman Setio di pacok kuyo di jalan ponorogo bawa sego saboboko… Hua.ha.ha.ha.ha.

Apa gitar itu bahasa ? idiot sampean yach

Coba tanya sama Fitri aja, apakah gitar itu bahasa? Kan yang bilang “Allah itu bahasa” itu si Fitri.

Hahaha…

14 01 2010
Fitri

Kura-kura dalam perahu. :D

14 01 2010
Fitri

Mungkin maksudnya adalah Sun Go Kong.

14 01 2010
Fitri

Serius nih, pertanyaanku dari kemarin belum di jawab. Awloh itu siapa?

14 01 2010
Fitri

Kalau begitu, mana ayatnya bahwa Yesus bekerja di hari Sabtu?

Sebenarnya kejadian Yahudi melanggar hari Sabtu terjadi sebelum Yesus datang. Ikan-ikan biasa bermunculan pada hari sabtu, maka dari itu Yahudi melanggar. Sebenarnya ada dua tafsiran, benar-benar dirubah jadi kera atau hanya perumpamaan sifat saja karena rakus. Dan tidak semua Yahudi yang melanggar hari Sabtu.

14 01 2010
parhobass

@Fitri
Serius nih, pertanyaanku dari kemarin belum di jawab. Awloh itu siapa?


dengan metode yang sama dengan Mas ST
saya tanya:
Anda di Kalimantan kan?
nah pertanyaan:
pernah dengan Hantu Kuyang?
ada berapa hantu kuyang?
hantu kuyang itu nama apa bukan?

Note:
semoga cepat dijawab supaya jawaban nama ‘Allah’ cepat juga selesai

14 01 2010
Fitri

Saya dari Kalimantan Timur.

Memang saya pernah dengar hantu kuyang tapi tak pernah melihat jadi tak tahu saya ada berapa jumlahnya.

Saya juga nggak tahu, hantu kuyang punya nama atau tidak. Kalau ketemu pun, mungkin saya langsung lari.

14 01 2010
Emanuel Setio Dewo

@Mbak Fitri,

Fitri:
Kalau begitu, mana ayatnya bahwa Yesus bekerja di hari Sabtu?

Banyak kok ayatnya. Berikut adalah beberapa referensinya:

Matius 12:1, Markus 1:21, Lukas 6:1, Lukas 13:11, Lukas 14:1, Yohanes 5:9, Yohanes 5:18.

Paling heboh: Yohanes 7:22, Yohanes 9:16

Coba deh pelajari lagi arti SABAT itu. Jawabannya ada di ayat2 yang kusertakan di atas kok. Jadi kalau Allah mengubah manusia (Yahudi) menjadi kera, maka itu TIDAK MUNGKIN sesuai dengan ajaran Alkitab.

Fitri:
Sebenarnya kejadian Yahudi melanggar hari Sabtu terjadi sebelum Yesus datang. Ikan-ikan biasa bermunculan pada hari sabtu, maka dari itu Yahudi melanggar. Sebenarnya ada dua tafsiran, benar-benar dirubah jadi kera atau hanya perumpamaan sifat saja karena rakus. Dan tidak semua Yahudi yang melanggar hari Sabtu.

Jadi maksudnya AQ bohong begitu? AQ bohong kalau Yahudi tersebut tidak menjadi kera beneran?

Yang jelas, Yesus & murid-muridnya kebal terhadap ayat AQ tersebut.

Salam.

14 01 2010
parhobass

@Fitri
intinya adalah
pernah dengar hantu kuyang kan?
tau apa itu hantu kuyang kan?
katanya bisa di tempat tidur, ada juga yang berkata di pohon, artinya ngga cuman 1 kan?

14 01 2010
حَنِيفًا

Setelah hari sabat kan jaten dinten minggon terasna bool @Wawansyah … diganti ku otong ibab <= :D :lol:

14 01 2010
Fitri

Iya pernah dengar. Tapi aku belum pernah lihat.

14 01 2010
parhobass

@Fitri
Iya pernah dengar. Tapi aku belum pernah lihat.


Nah hantu-hantu itu tidak cuman satu kan?
bisa saja si A berkata di rumahku ada, pernah liat katanya,
bisa juga si B berkata saya juga pernah melihat kuyang di pohon anu,
dan seterusnya….

Atau gini, pernahkah Anda dikasih tau seseorang bahwa hantu kuyang yang di rumah si A itu namanya hantu kuyang RR, lalu hantu kuyang yang di pohon anu adalah hantu kuyang BB?

14 01 2010
lovepassword

So saudara Parhobass : Apa yang ingin anda sampaikan dengan analogi anda itu ???

SALAM

14 01 2010
lovepassword

Yang nggak gitu sudut pandangnya : Intinya menurut Mbak Pit Pit ada dua pendapat. Ada yang mengartikan sebagai kiasan. Ada juga yang mengartikan apa adanya. Tapi kalimat itu kan bukan diartikan sema Yahudi pasti gitu. Logikanya itu kurang lebih persis seperti kalimat : Indonesia mengalahkan Korea : 5 : 0 . Lha yang main sepakbola yang bal-balan tentu bukan semua orang Indonesia dan Korea dong. Misalnya lagi ada kalimat : Yahudi bermaksud menangkap Yesus misalnya. Yah bukan lalu diartikan yang mau nangkep itu semua orang Yahudi. Karena yang namanya Yahudi kan banyak, pasti ada yang pro dan ada yang kontra.

14 01 2010
parhobass

sabar dikitlah hayahhh….

14 01 2010
Emanuel Setio Dewo

@Lovepassword,
Sebelumnya:

Yang nggak gitu sudut pandangnya : Intinya menurut Mbak Pit Pit ada dua pendapat. Ada yang mengartikan sebagai kiasan. Ada juga yang mengartikan apa adanya. Tapi kalimat itu kan bukan diartikan sema Yahudi pasti gitu. Logikanya itu kurang lebih persis seperti kalimat : Indonesia mengalahkan Korea : 5 : 0 . Lha yang main sepakbola yang bal-balan tentu bukan semua orang Indonesia dan Korea dong. Misalnya lagi ada kalimat : Yahudi bermaksud menangkap Yesus misalnya. Yah bukan lalu diartikan yang mau nangkep itu semua orang Yahudi. Karena yang namanya Yahudi kan banyak, pasti ada yang pro dan ada yang kontra.

Nah, karena ada 2 pendapat, maka bolehlah saya sarikan kesimpulannya:

1. Yang mengartikannya sebagai perubahan beberapa manusia Yahudi menjadi kera.
Jelas ini merupakan kebodohan, karena akan bertentangan dengan makna SABAT itu sendiri. Tuhan tidak mungkin mengingkari arti SABAT itu. Sepanjang Alkitab pun tidak mungkin dan tidak memungkinkan perubahan ujud manusia menjadi kera.

2. Yang mengartikan bahwa perubahan menjadi kera adalah KIASAN.
Kelompok ini berarti mengingkari AQ yang konon merupakan sabda Allah. Mengingkari AQ berarti menolak asumsi bahwa AQ DITURUNKAN dari Allah.

Kalau Mas LP ikut pendapat yang mana?

Oh iya, analogi sepak bola Mas LP itu bukan yang saya maksud. Saya bukan mempermasalahkan kata ganti “YAHUDI” sebagai seluruh orang Yahudi. Oke?

Salam.

14 01 2010
lovepassword

@HH : Kamu itu mendingan nyanyi Denpasar Moon bareng aku. :) Piye kabare Kang ?

14 01 2010
lovepassword

Iya Iya . Tak enteni…Hi Hi Hi…

14 01 2010
Fitri

@parhobas
Jangankan melihat hantu kuyang. Di beritahu namanya juga belum pernah.

14 01 2010
parhobass

saya ngga nanya pernah liat apa ngga,..
saya tanya, Anda tahu apa itu hantu Kuyang kan?
dan Kuyang bisa di rumah, bisa di pohon (dari pendengaran kamu ajah, ngga musti kamu liat sendiri)..

nah ketika seseorang melihat hantu kuyang, tentu dia tidak bertiriak…
maaf yah.. Fitriiii, atau PArhobasss….

tetapi cukup Hantu KUYAAAAANGGG….

setuju ngga?
note:
teriakan di atas kalau takut ama hantu tentunya, kalau ngga tentu ngga teriak hehehe

14 01 2010
Fitri

Tapi sebenarnya maksud dari umpama hantu kuyang itu apa lho?

15 01 2010
Parhusip Martonggo

memang begitulah islam, kalo tdk begitu bukan islam namanya!!!!!

http://www.trulyislam.blogspot.com (situs islam yg sesungguhnya!!)

15 01 2010
parhobass

jadi nangkap ngga maksud2 ‘perumpamaan’ di atas?

saya butuh seberapa paham Anda maksud saya…. supaya nanti enak ngelanjutinnya…

tolong di jawab yah..

15 01 2010
Fitri

Iya saya tau hantu kuyang, tapi nggak ngerti kenapa terus menanyakan hantu kuyang?

15 01 2010
Fitri

Inilah kristen sesungguhnya

http://chodet22.wordpress.com/

15 01 2010
Fitri
15 01 2010
Fitri
15 01 2010
15 01 2010
parhobass

Ok terimakasih;

Jadi begini Fitri,
Musa adalah penulis pertama Alkitab…. jadi sebelum Musa, kemungkinan besar tidak ada. Tidak ada tertulis bukan berarti nenek moyangnya tidak mengenal ‘Sosok’ Maha Kuasa.
Nah nenek moyang itu mewariskan ke anak-anak sampai cucu-cucunya bahwa ‘Sosok’ Maha kuasa itu ada, mereka sebut El-Shadday (Allah Maha Kuasa)…Pengenalan akan ‘Sosok’ Maha Kuasa ini (artinya penyembahan) itu baru dimulai dari anak Adam yaitu ENOS.

Nah ke hantu Kuyang, orang Kalimantan mungkin tidak semua pernah melihat Kuyang, tetapi orang-orang yang pernah melihatnya mewariskannya dari dulu sampai sekarang. Dan mereka tidak memiliki ‘nama’. Hanya dengan ciri tertentu maka disebut Hantu Kuyang…. Kalau cirinya begini maka disebut Hantu Kuyang, Hantu Kuyang itu bukan nama pribadi bukan, nama pribadi contohnya George Bush, George Bush itu adalah manusia.

Hantu kuyang ternyata tidak cuman satu, ada di pohon ada di rumah d.l.l tetapi begitu banyakpun tetap mereka disebut hantu kuyang, tanpda nama pribadi, meskipun hantu kuyang yang satu tidak sama dengan hantu kuyang yang lain.

Nenek moyang Israel mengalami beberapa perjumpaan dengan El-Shadday, hebatnya bisa di dalam waktu yang bersamaan. Kadang di gunung, di lembah dan dimana-mana. Nah EL (ALLAH bentuk tunggal), beberapa kali berinteraksi dengan manusia. Bisa di waktu yang bersamaan, artinya tidak tunduk kepada pengamatan manusia. Karena sering berinteraksi begitu EL ini berkata :”INGAT AKU ADALAH ESA”, “Biarpun AKU menampakkan DIRI ke MUSA, KE HARUN, KE MIRIAM, KE UMAT ISRAEL, AKU ADALAH AKU, TIDAK ADA YANG LAIN… CAMKAN ITU”,… maka kalau Anda baca Kejadian 1:1, dikatakan Pada mula pertama ELOHIM menciptakan …. (ELOHIM adalah JAMAK dari EL, tetapi kata kerja yang mengikutinya kata ELOHIM selalu sama untuk EL)
Kepada Musalah ELOHIM ini berkata:”Dulu nenek moyangmu mengenal Aku sebagai EL-SHADDAY, sekarang sebut AKU YHWH, atau AKU ADALAH AKU”. Bahkan ELOHIM ini bisa berinteraksi dengan manusia sebagai manusia, sebagai Malaikat (Disebut Malakh YHWH), utusan, abdi Allah, api, Roh, d.l.l, tetapi IA TETAP ESA.
Jadi kalau ada orang Israel melihat tanda-tanda tertentu, ‘penampakan’, mereka tahu benar itu adalah ELOHIM, YHWH, EL-SHADDAY….kalau agak ragu, mereka minta tanda, pembuktian bahwa Yang datang itu adalah TUHAN.

Nah hantu kuyang tentu tidak dapat berbuat yang demikian, satu-satunya tanda yang hantu kuyang dapat berikan adalah ketakutan, dan…. lariiiii, hehehe…

Nah TUHAN ini berjanji, di dalam kesekian kali pertemuan dengan Israel, bahwa IA akan datang. IA akan dilahirkan, akan dibunuh, akan bangkit. Jelas sekali di tulis di Alkitab, dan disebut Mesias. Bahkan kalau ditanya ke orang Yahudi yang belum percaya Yesus, mereka dapat melist 300-an lebih nubuatan perihal Mesias.
Nah TUHAN yang datang sebagai Mesias itu disebutlah Nama PribadiNYA YESUS… Lalu Yesus menjelaskan ke murid-muridNYA tentang bagaimana KE-ESA-AN TUHAN di dalam KE-PRULARAN-NYA.
Bagaimana TUHAN berinteraksi kepada manusia di dalam waktu yang bersamaan bisa menjumpai beberapa Nabi, bagaimana IA berjumpa dengan Hakim-hakim di dalam ROH, d.l.l

Hantu Kuyang itu bukan nama, tetapi sebutan buat sosok yang menyeramkan dengan ciri tertentu

Jadi, Allah itu bukan NAMA., tetapi sebutan buat ‘Sosok’ yang sering menampakkan diri kepada orang-orang tertentu.

Yesus adalah Nama Pribadi, salah satu Pribadi dari Allah.
dan karena Allah adalah Esa, maka kita, yang mempercayaiNYA, bisa juga menyebut YHWH atau ELOHIM dengan Nama YESUS.

semoga paham;
dan sabar membaca

15 01 2010
Fitri

Iya, saya tahu kalau Allah bukan nama.

Oke, saya baca pelan-pelan dulu.

15 01 2010
Parhusip_Martonggo

@fitri: trims fitri atas balasannya….. Tuhan Yesus memberkatimu !!!!

15 01 2010
Fitri

@Parhusip
Sama-sama. Pada dasarnya saya hanya membalas komentar anda.

15 01 2010
Parhusip Martonggo

@fitri
saya jg begitu… cuma memberikan comment saja…. biarlah Yesus yg menentukan semua ini. Amin!

15 01 2010
CosmicBoy

@ par,

Putri ngga ada masalah dengan penggunaan kalimat Allah. Jadi, sebaiknya tulisan kamu/bahas aja sama muslim2 Malay spt Shahil atau Hikmatun atau Penghibur.

Salam.

@ Putri,

Perbahasan dengan Omm Fery masih berlanjut apa?

Hehehe…

Paness…

15 01 2010
Fitri

@CosmicBoy
Mungkin di kira om parhobas, saya mempermasalahkan nama Allah padahal sih nggak. Saya, lovepassword, wedul, haniifa dan muslim lain di Indonesia tidak mempermasalahkan penggunaan nama Allah. Kalau Sujarwo Tedjo, saya nggak tau tuh.

Di blog saya memang makin panas, sampai-sampai ada Yesus Kristus yang terus menasehati @Fery.

15 01 2010
hh

@Mas Lope
@HH : Kamu itu mendingan nyanyi Denpasar Moon bareng aku. Piye kabare Kang ?
=>Karena apa mas? Karena aku oot?

salam

15 01 2010
lovepassword

@Raden Mas HH : Karena mendingan nyanyi sambil melihat rembulan daripada ngurusi diskusi yang makin lama makin antik. Hi hi hi . Lagian kamu tidak cocok dengan diskusi yang terlalu panas. Kasihan kalo orang baik banget seperti kamu ikut kesamber-samber. :)

Salam

15 01 2010
lovepassword

Kayaknya memang penjelasanmu itu kamu arahken ke orang yang tidak tepat. Lha memang cocoknya kamu jelaskan sama yang protes. Kalo nggak protes ngapain perlu kamu jelaskan panjang * lebar = luas.

Sudut pandang rekan2 muslim yang setuju bahwa kata Allah boleh dipakai bersama tentu saja tidak sama persis dengan logika Kristen, kurang lebih seperti yang ditulis di atas oleh Jephman itu. Tapi praktisnya yah memang ada yang membolehkan ada ada yang tidak. Begitu juga pada Kristen.

Lha saranku sih mendingan kamu jawab itu apapun jawabanmu ya terserah logika kamu, jawab itu ke kelompok Islam dan Kristen yang menolak kata Allah. Karena kaitannya dengan mereka . Bukan kepada orang yang nggak ada sangkut pautnya.

Buku semacam Islamic Invasion yang ditulis Morey pada satu bagian kan yah menulis tentang itu bahwa orang Kristen tidak menyembah Allah tetapi menyembah YHWH dsb dsb . Lha seperti yang saya katakan selalu sangat mungkin pada akhirnya setiap tembakan kepada agama lain akan nyerempet agama sendiri. No offense cuma cerita. banyak buku yang kesannya menyerang Islam tetapi endingnya toh juga Kristen ikutan kesamber semacam Islamis invasion itu begitu juga buku semacam Da Vinci Code yang nyamber Katholik ya ada juga point-pointnya kalo dipikirkan nyamber ke Islam juga . Karena itulah masing2 agama mestinya nyadar kalo ada kasus2 ginian itu, setengah sisi pangkal persoalan setidaknya pada diri sendiri. Kita senang kalo orang lain dihina tetapi nggak sadar kalo hinaan itu juga nyamber kita. hi hi hi..
Sekali lagi ini cuma cerita. Tetapi saran utamaku sih : Sampaikan saja protesmu ke aliran Islam dan Kristen yang memang secara esensial berbeda pendapat denganmu terkait apakah kata “Allah” boleh dipakai atau tidak.

16 01 2010
Fitri

@love :cool: Top deh.
Sebenarnya saya agak bingung juga kenapa menjelaskan kalimat Allah ke saya. Padahal saya nggak pernah protes tentang hal itu. Cocoknya ya jelasin ke muslim Malaysia seperti shahil dan lain-lain.

16 01 2010
hh

Berarti aku anak bawang donk, mas. Ada ada aja mas ini.
Mas LP, enakan memandang bulan dari tepian Danau Toba. Masih banyak tempat tempat yang asri menyejukkan. Datanglah berkunjung, mas, aku siap menjadi penunjuk jalan. Waktu saya dulu tinggal di Bandung, saya sudah beberapa kali ke Semarang. Mas belum pernah ke Medan. So, datanglah berkunjung menikmati keindahan alam danau toba. Pemandangan the second most beautiful di dunia ini ada di Danau Toba (menurut versi aku sih). Hahahaha.

salam

16 01 2010
r_tobing

@fietri
mbak, parameter objektif apa yang kau gunakan sehingga tanpa ragu-ragu mengatakan bahwa “inilah kristen yang SESUNGGUHNYA” dan “inilah batak yang SESUNGGUHNYA”??
thx.

16 01 2010
Robinson Agus Sihotang

Kayu dan material gereja terbakar yg masih dapat dipakai kan dapat digunakan lagi.
Kalau menurut saya semakin banyak gereja dibakar akan semakin bagus . Tidak masalah jikalau Tuhan sudah mengizinkan itu terjadi. Justru yg sangat berbahaya dan pertanda matinya iman adalah bangunan gereja yg rusak sendiri krn semakin lama semakin ditinggalkan jemaatnya alias perlahan-lahan semakin tidak adalagi orang beribadah ditempat itu.
.
.

Gereja dibakar atau terbakar sendiri it’s not problem.
Kalau di kampung kami, bikin pesta pembangunan .. amen pastai selesai deh …

.
.

Justru kita harus pikirkan bagaimana namboru kita siFitri br Banjar nahor itu dapat dibakar dgn Roh Kudus sampai hangus spt Saulus . Krn Saulus saja dapat dibakar Roh Kudus menjadi Paulus… dan tulang sangat yakin Fitri ini akan menjadi Fitrus ?? Sai anggiat ma ateh …

Jai martangiang ma hita
Met met ta u on ..
sai ias ma rohakkon ..
sa sada o Jesus donganku toktong

Ameeeennn…

17 01 2010
Fitri

Ada apa ini sampai omongin aku? Ada apa..ada apa.. :?:

17 01 2010
r_tobing

wakakakakakakakkkk…. :-D

17 01 2010
Maren Kitatau

Ada keceriaan di blog ini, Fiet!
Kau adalah bagai bintangnya,
Semua naksir pikiran mu.

Salam Damai!

17 01 2010
Maren Kitatau

Amen!

17 01 2010
Fitri

Nyaman banar lah kesahin ulun. Fitrus tu urang mana? Nyamannya ai ikam ni, nyumpahi nama ulun jadi Fitrus. Kada nyambung bujur.

17 01 2010
CosmicBoy

@ Putri,

Saya udah jelasin sama Shahil, soalnya semua tulisan2 saya mengenai kalimat Allah masuk SPAM (di blognya).

Jadi, saya pikir upaya Par dan teman2 yg lain utk menjelaskan ke Malay2 percuma.

Takut atau apa ya?

17 01 2010
r_tobing

santai mbak :-)

17 01 2010
حَنِيفًا

@Kang Hh
Beda sekali dengan terori Darwing dunk…

Darwin := fisik itik :D
Al Qu’an := karakteristik

17 01 2010
Fitri

@CosmicBoy
Komentarku juga di moderasi terus sama shahil. Saya pikir pribadi, muslim-muslim Malaysia memang keras dalam menjalankan ajarannya. Sangat beda dengan muslim di Indonesia. Tapi ada juga muslim Indonesia yang keras juga.

17 01 2010
Fitri

Memangnya tau artinya? :?: kalau sida pakai bahasa kutai, awak paham ndik?

17 01 2010
r_tobing

tahu dong mbak (dikit2). saya pernah di samarinda sampai tahun 1996, sering ke balikpapan juga. yang namanya bahasa banjar dan sekitarnya saya ngerti dikit2 lah. ikam=kamu, ulun=saya, kada=tidak…dan kalau tidak salah suka pakai istilah ai untuk penekanan
buahahaha

17 01 2010
Fitri

Ha ha ha ha :D :mrgreen:

Awas lah ikam ni. Oh, tidaaak aku ketahuaaaan.

Tapi kalau bahasa kutai belum tau kan? Ganti aja ah.

18 01 2010
حَنِيفًا

Ganti bahasa planet ajah @Neng :D

18 01 2010
Fitri

@Mas haniifa
Kalau bahasa planet, saya nggak tau. Cuma bisa bahasa banjar, kutai, dan Indonesia. Kalau bahasa Inggris masih hancur. Bahasa Mandarin cuma bisa dikit aja.

18 01 2010
hh

Itu semua bahasa planet atuh, neng geulis; planet bumi.

18 01 2010
Robinson Agus Sihotang

@ Mas Hanifa

Ada juga lho mas … di Tapanuli sana istilah bahasa planet Mars ….
Maksudnya Mars..ipature diri na be ….

waduh … koq jadi bahasa planet segala atuh…:
;) :D

18 01 2010
حَنِيفًا

@Bung Robin Agus Sihotang ;) :D
Tapi nggak ada kan bahasa PLENET mars

18 01 2010
Fitri

Ku kira bahasa alien.

19 01 2010
g0blo9

Saya muslim, dan saya rasa tidak salah kalau Nasrani menggunakan kata Allah untuk menyebut dzat yang maha Esa. Setahu saya Kristen di timur tengah pun menggunakan kata “Allah” untuk menyebut Tuhan Bapa. Dan Allah sendiri menurut para ahli berakar dari kata arab “Al-ILLAH” (Tuhan), setara dengan bahasa ibrani “El” atau “Eli” atau “Elohim” yang juga berarti Tuhan. Walaupun “mungkin” idealnya adalah Allah lebih cocok digunakan muslim yang nabinya berasal dari arab, dan nasrani menggunakan kata el, eli, atau elohim karena Nabi Yesus Alaihisalam – (Mohon ma’af, demikian keyakinan saya-Semoga Allah merahmatinya) – berasal dari Israel.

back to topic, pembakaran gereja seperti yang terjadi di malaysia memang tidak bisa ditolerir, perbuatan tersebut bukan membela agama tapi menghina agama. Apa yang mereka lakukan hanya berdasar nafsu dan tidak berdasar ilmu. Kalau kita sibuk mempelajari agama sendiri tentu tidak ada waktu untuk mengurusi agama lain, yang sibuk mengurusi agama lain bisa dipastikan pengetahuan agamanya sendiri sempit!

3 02 2010
Naraja

ya sempit spt si Zarro Tezzo itu…!

7 02 2010
Yori VT

kau klo diskusi bagus2!!
jangan ketawa-ketiwi gak jelas..

macam bencong aja kuliat.. udah lah lawan diskusimu cewek.. satu orang pula.. gak diajari kau ngomong sama cewek sama mamakmu..?

tabiat gitu.. berani2nya pula bahas agama..
maulu tuh tuhanmu!

7 02 2010
Yori VT

@fery

Ralat..

maulu=malu

3 04 2010
pasukan siluman

weleh ini ngomong ap semua sich g jelas semua nya,klo mau tau agama mna yg sebenar benar nya tnyakan pada tuhan yg gak pernah bisa mati selalu hidup selamanya klo gak bisa tanya sama tuhan sadar diri semua donk jangan merasa semua sok hebat sok pintar kalian dilahirkan dari rahim ibu kalian kan berarti kalian bukan tuhan,kalian bsa mati,bsa sakit ap kalian tuhan orang hidup itu pilihan kenapa manusia jadi makhlik paling sempurna di muka bumi karena punya akal untuk berfikir mana yang benar dan yang salah kalo tuhan nya lebih dari satu tuhan satu nya minta warisan donk minta bagiAN hancur nich dunia klo gak mau menyesal selama nya diakhirat dan dihujani siksaan mulai dari sekarang pelajari agama,aq aj belajar agama islam,kristen,katolik,hindu,budha,kejawen,dan bnyak lah krn aq g mau sesat hidup q

17 08 2010
Jabon

wah ternyata banyak konflik ya seakarang

28 08 2010
Man Manal

Mbak Fitri, kadangkala dalam keadaan terbawa emosi, seseorang bisa saja ngumpat atau berkata yang bukan-bukan. Malahan kadang kala menyamaratakan segala sesuatunya. Bagi saya sendiri, biarlah yang bersalah itu bersalah. Adanya peristiwa-peristiwa pembakaran Gereja atau bentuk apapun itu, yang pada umumnya hanya bertujuan untuk menimbulkan rasa permusuhan diantara sesama manusia. Hal seperti ini tidak perlu ditanggapi. Demikian juga adanya sikap yang menyamaratakan semuanya sebagai ikut bersalah, jangan terlalu mbak Fitri tanggapi. Itu hanya kata-kata emosional.

17 09 2010
Manalu

Pohon dikenal dr buahnya. Iman yang benar dikenal dr perbuatannya (life style). Perbedaan ada agar kita dpt bersatu. Utk Fitri Tuhan memberkatimu dan keluargamu.

31 10 2010
rian

musnahkan sj gereja kt udah waktunya perang dgn kristen karena kristen telah melecehkan islam dgn membakar alquran,,,,dan hari ini kristen musuhnya nyata .liat saja dimana2 orang islam di bantai oleh negara2 barat dgn alasan teroris …..negara2 islam tggu apalagi…..???? siapkan diri mu……nisya ALLAH akan menolong mu.latakhaf wala latahzan innallaha maana.ALLAH HU AKBAR

2 11 2010
muslim

mgkn hal yang paling memalukan sebagai warga negar adalh tidak menghargai khadiran pihak lain.
saya sndiri muslim, hal ini sgguh mmalukan, ayo wrga negara indonesia, kita harus menghargai

14 11 2010
orang kalah

boleh juga ini blog. perdebatan yang sangat tidak rasional, oot, dan tidak membawa damai terutama dari fitri. maaf. saya ma gak beragama.

15 08 2011
ronald_HJ

Ada kerancuan dalam penginjilan yang dilakukan oleh banyak Penginjil karena di satu sisi mereka memperkenalkan Yesus sebagai Sembahan yang benar tetapi di sisi lain mereka juga menyembah Tuhan dari orang-orang yang mereka injili. Amburadul jadinya! Menjadi tidak berwibawa penginjilan yang dilakukan tersebut karena para Penginjil dan juga orang-orang Kristen umumnya masih menganggap enteng urusan nama. Dipukul rata saja, dengan dalih: semua nama tersebut (Allah, Debata, Lowalangi, dll) tidak apa-apa untuk disembah, sama saja semua, “yang terpenting hati”. Saudara Pembaca yang dikasihi Yesus, sadarkah Anda bahwa sikap yang demikian membuat Anda menjadi seorang yang memiliki dua Tuhan? Bahkan tiga, empat Tuhan? “Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain.

http://wancil.net/

24 10 2011
john

menurt saya, yg membakar itu bkn orang islam og, krn sebenarnya Islam itu baik & penuh kasih & cinta damai.,
jadi siapa mereka.?
mereka itu iblis …

15 12 2011
Tantoliang

Alkisah ada 2 org yg bertetangga sedang bertengkar…. si A mengatakan “3×3 =8″ ,lalu si B mengatakan, “tidak, 3×3 =9 ” mereka terus saling mengatakan bahwa jawabannya lah yg paling benar,sampai2 mereka hampir gontok-gontokan mempertahan kan pendapatnya,sampai akhir nya mereka memutuskn utk membawa masalah ini ke pengadilan..
sesampainya di pengadilan ,hakim bertanya tentang masalah mereka ,setelah mendengar penjelasan dari kedua pihak yg berselisih,saat nya sang hakim membuat keputusan, sang hakim berkata kepada si B “kamu lah org yg paling bodoh………mengapa kamu mau sampai bertengkar dengan org yg bodoh???

@mbak fitri ..bodoh koq dipelihara…????
otak masih kayak TK koq ngakunya sarjana………

20 06 2012
Hamba Allah...

alhamdulillah…terima kasih lae…dengan ditulisnya blog ini, makin malah tambah percaya saya…bahwa Kristen suka “penjilat”…menjual “kesengsaraan” demi menjelek2kan Islam….situ gk akan nambah pengikut kl caranya kyk gini terus…malah tadinya saya anggap Kristen itu damai…ternyata “CUMA DEPAN MUKA AJA MANIS”

situ lupa kasus LAI yg digugat saksi Penyembah Yahwe?? yg bersikukuh merubah “Allah” menjadi yahwe???? makanya situ liat sendiri agama kalian hancur karena ulah kalian sendiri!!! hari gene masih bahas soal nama Tuhan yg bener…kesian amat

Umat islam marah krn sering kali kalian bawa2 nama Allah dewa Bulan krn si Yahwe yg kurang pamor!!! alhamdulillah…lu sendiri yg bawa borok agama lu….belon lagi makin banyak gereja2 pada diri buat bisnis…si pendeta satu sama lain mau diriin gereja sendiri2 krn beda aliran plus dpt persepuluhan….gue keluar dr Islam…gpp, asal jgn masuk Kristen…

25 06 2012
gabenamora

@ Hamba allah : alhamdulillah…terima kasih lae…dengan ditulisnya blog ini, makin malah tambah percaya saya…bahwa Kristen suka “penjilat”…menjual “kesengsaraan” demi menjelek2kan Islam….situ gk akan nambah pengikut kl caranya kyk gini terus…malah tadinya saya anggap Kristen itu damai…ternyata “CUMA DEPAN MUKA AJA MANIS”………………………………………..….gue keluar dr Islam…gpp, asal jgn masuk Kristen…wkwkwkwkwkwkwwkkwkwkwkw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: