Mari Belajar Menjawab Mereka

23 01 2009

Apakah Yesus Tuhan? Benarkah Yesus disalib? Tunjukan dimana Yesus menyatakan dirinya Tuhan! Tahukah Anda bahwa kedatangan Muhammad ditulis dalam Alkitab?

Itu adalah sedikit contoh pertanyaan yang diajukan oleh saudara kita Muslim yang hendak menyerang mempertanyakan keimanan kita. Pertanyaan yang sudah saya sensor tentunya. Beberapa pertanyaan bahkan lebih kasar dari itu. Bagaimana menjawab mereka?

surgapun-bingung

Sebenarnya sudah lama aku mau menulis ini. Tapi karena keterbatasan pengetahuan maka tidak pernah kucoba tulis. Aku tidak pernah belajar Theologia, tarsingotna aka amang/inang pandita do mangajari on seharusnya :P. Sebagian dari kita pasti pernah berjumpa dengan berbagai pertanyaan dari saudara terkasih kita Muslim. Pertanyaan-pertanyaan yang”mengguncangkan iman”, yang agak sulit dijawab oleh orang awam, dan butuh sedikit pengetahuan lebih dalam tentang iman Kekristenan kita. Sudah ada pula yang sudah jadi korbannya, alias murtad, karena pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya mudah dijawab dan hanya perlu sedikit usaha, yaitu : baca Alkitab. Ada juga website yang bagus dan lengkap : http://www.answering-islam.org. Cuma karena halak kita marpasir-pasir bahasa inggerisnya jadi agak sulit ya bacanya. Kucobalah ya.

Mulai dari mana ya? Ya mungkin mulai dari kata Apologetika saja. Apologetika berasal dari kata Yunani Apologia yang artinya “berbicara untuk membela diri”. Sebenarnya lucu kalau orang Kristen membela diri, karena Tuhanlah yang akan membela kita. Apalagi kalau ini diartikan sebagai membela Tuhan, lebih konyol lagi, Tuhan kok minta dibela.

Tokoh yang paling terkenal dari Apologetika adalah Ahmed Deedat. Ahmed Deedat adalah seorang ulama muslim yang banyak menyerang menulis tentang yang katanya “kesalahan-kontradiksi-kepalsuan” dari Alkitab. Untuk lebih lengkapnya ttg siapa itu Ahmed Deedat ini, lahir dimana atau apa warna favoritnya silahkan ketik kata kunci “Ahmed Deedat” di Google.com atau di Wikipedia.org. Jarang diberitakan oleh saudara kita muslim, bahwa beliau meninggal setelah diserang stroke yang membuatnya lumpuh selama 9 tahun dari leher ke bawah. Ia tidak bisa berbicara atau menelan dan hanya berkomunikasi melalui gerakan matanya selama 9 tahun itu. Entah apa yang diperbuatnya sehingga orang yang begitu terkenal dan disanjung itu meninggal dengan cara seperti itu. Hii…serem ya.

Apa yang memotivasi orang-orang seperti Ahmed Deedat tertarik untuk menggali Alkitab dan mempergunakannya untuk menyerang mempertanyakan iman kita? Tanyalah sama mereka, mana kutahu! Yang pasti banyak yang kukategorikan SKSD. Ya benar! Singkatan terkenal dari zaman 80-an plesetan dari istilah satelit Palapa (saya sendiri sudah lupa apa singkatan aslinya) : Sok Kenal Sok Deket. Yaitu menggunakan ayat-ayat Alkitab untuk membuktikan bahwa Muhammad sudah diprediksi kedatangannya oleh Nabi-nabi sebelumnya.

Ayat yang paling sering dipergunakan diantaranya :

1. Ulangan 18-18 : “Seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.

Sekilas memang kelihatannya ada seorang nabi (yang sekiranya Muhammad) yang diberitakan Alkitab. Bagaimana menjawab ini? Kalau kita mau sedikit menelusuri ke ayat sebelumnya yaitu ayat 1-2 jelaslah bahwa Tuhan sedang berbicara kepada Musa dalam konteks kesukuan bangsa Israel, bukan bangsa lain, apalagi bangso Batak sub species Dolok Sanggul :

ayat 1-2 :“Imam-imam orang Lewi, seluruh suku Lewi, janganlah mendapat bagian milik pusaka bersama-sama orang Israel; dari korban api-apian kepada TUHAN dan apa yang menjadi milik-Nya harus mereka mendapat rezeki. Janganlah ia mempunyai milik pusaka di tengah-tengah saudara-saudaranya; Tuhanlah milik pusakanya, seperti yang dijanjikan-Nya kepadanya.

Perhatikan kata-kata yang saya tebalkan. Disanalah kunci pemutarbalikkan pemakaian ayat, yang dipergunakan untuk kepentingan sendiri, tanpa mau melihat, konteks, latar belakang, atau settingnya. Padahal dengan jelas Tuhan sedang berbicara kepada Musa tentang imam-imam dari suku Lewi dengan saudara-saudaranya (suku-suku Israel lain) dan bukan diluar itu. Jadi kalau dibilang itu adalah nubuatan tentang adanya nabi lain diluar suku-suku Israel, itu bukan nubuatan tapi lubuat-buat.

2. Ayat lain yang sering dicomot digunakan adalah : Yohannes 14 : 16 “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,”

Kata “seorang” diatas memang memberikan pengaruh pada pemahaman bahwa Penolong itu bentuknya orang. Padahal kalau mereka mau melihat lagi ayat selanjutnya yaitu ayat 17, jelaslah bahwa seseorang itu bentuknya Roh : “yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.” Perhatikan keterangan yang diberikan Yesus terhadap “seseorang” itu. Bahwa dunia tidak melihat Dia, pertanyaannya manusia manakah yang kasat mata? Setahu saya semua manusia bisa dilihat. Dan tidak ada manusia yang menyertai kita terus menerus bahkan diam didalam diri kita tentunya, tapi kalau Roh itu bisa.

Ada juga dipersoalkan mengenai terjemahan Parakletos untuk “penolong itu” sebagai salah. Biasanya diplesetkan sebagai “perikleitos” yang artinya “yang dipuji”. Ini kata yang mirip tapi jelas tidak sama. Ahmed Deedat hendak membelokan arti kata Penolong (parakletos) menjadi salah satu nama/gelar Muhammad. Yang sekiranya dapat mengecohkan orang Kristen yang awam. Mungkin padanan katanya “Poltak” dengan “pultak”. Bedakan? (Maaf ya lae kalau ada yang punya nama seperti itu, ini cuma contoh). Atau Simamora dengan Shimamura. Jelas beda! karena yang satu itu IQ-nya jongkok yang lain juragan Honda.

Sampai disitu dulu saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Kalau ada pertanyaan dan aku bisa jawab, akan aku jawab. Tapi kalau tidak, silahkan cari sendiri jawabannya di website diatas. Nantikan pembahasan-pembahasan lainnya. Syalom! Horas! dan Haleluya!


Aksi

Information

81 tanggapan

23 01 2009
rotyyu

Mmm, memang agak susah kalau berurusan dengan hal seperti ini…….

23 01 2009
david tigor siregar

berat kali topiknya, lae..amangoi amang..

23 01 2009
boru sibarani

Horas amang,
Saya sering baca situs ini, tapi sekarang baru tergerak untuk ikut nimbrung. Temanya sangat cocok dengan apa yang sering saya alami.
Kenyataan memang begitu, waktu saya SMA dimana 1 kelas dari 45 anak yang kristen hanya 3 dan 1 katholik, dulu sering ditanyain tentang Trinitas (kristen kok punya 3 Tuhan), dan masih banyak peranyaan lain yang sifatnya menentang… akhirnya saya sadar bahwa mereka bertanya bukan karena mereka tidak tahu dan ingin belajar, tapi mereka ingin menjatuhkan iman saya. Akhirnya ketika pertanyaan-pertanyaan seperti itu datang, saya hanya menjawab” kalau benar-benar ingin tahu silahkan tanya ke pendeta”, karena waktu itu saya belum menguasai tentang agama, dan masih ABG takut labil jawabannya.
Bahkan om saya sendiri ( bapak saya orang jawa dari keluarga Islam tapi pindah kristen) pernah bilang” kalau saya tetap menjadi kristen, maka saya akan sulit mendapat jodoh” intinya kalau masuk Islam kmungkina besar mudah dapat jodoh, gila benaarr. Akhirnya dalil om saya tidak terbukti karena ternyata saya menikah usia 25 dan dapat orang batak (sudah batak, kristen lagi..hehehe).

jadi Amang, kenapa mereka selalu mencari kesalahan-kesalahan dan penyangkalan dalam orang kristen?. Karena dalam agamanya tidak ada kasih , jadi selalu iri, dengki, dan merasa benar dari yang lain dari agama lain. Mereka selalu sibuk mngomentari agama lain tapi tidak pernah introspeksi dan mempraktekkan agamanya dengan benar. Makanya negara-negara yg mayoritas Islam banyak berkonflik dalam negerinya sendiri (Irak, Iran,Palestina, Libanon) dan walaupun kaya tapi tidak bisa maju (Arab, Brunei, Omar, Kuwait). Dan negara dimana ada agama islamnya pasti banyak terjadi peprangan (Filipina dengan Moro, Indonesia dgn GAM)

Dan sekarang semakin lama saya tahu bahwa mereka memang terbiasa untuk mencomot ayat ayat tertentu dalam Alkitab bahkan Alquran sekalipun untuk kepentingan mereka sendiri, mereka tidak terbiasa untuk memahami kitab sucinya dalam konteks yang lebih luas dengan pemikiran dewasa… (apalagi mempelajari kitab suci orang lain) . contohnya ttg poligami, sebenarnya di Alquran kan ada syarat untuk mengambil istri lagi, misalnya yang sudah tua, janda… tp kalau disini diminimaliskan hanya ” boleh menikah lagi yang penting adil”. Dari beberapa kasus poligami yang terungkap belum ada yang menikah lagi dengan wanita yang usianya lebih tua dan lebih jelek dari istri pertama, contohnya Aa Gym, apa alasan yang tepat untuk menikahi istri keduanya?, padahal istri keduanya cukup kaya untuk menghidupi dirinya walaupun janda. jadi alasan yang tepat adalah karena istri keduanya lebih cantikk dari istri pertama dan Aa gym tertarik.. Kasihan dehh istri pertama.

Bahkan saya mendapat perdebatan terbaru ttg Nabi Nuh, katanya tidak mungkin waktu nabi Nuh semua daratan di dunia tertutup setinggi gunung (intinya mereka mau menyatakan bahwa Alkitab bohong tentang cerita Nabi Nuh). kebetulan yang bertanya adalah sarjana geologi, dan ternyata setelah saya cecar, mereka dapat sumbernya hanya dari Alquran, dimana ceritanya tdk sedetail crita di Alkitab, akhirnya saya suruh baca cerita Nabi Nuh di Alkitab baru komentar, dan saya bilang Alquran tidak mungkin bisa menceritakan sedetail cerita di Alkitab karena lahirnya belakangan, jadi hanya garis besarnya saja yang ditulis di Alquran.

Saya dukung terus tulisan amang, kalau di bilang SARA, biarkan saja. Toh, sebenarnya mereka juga melakukan hal itu kepada kita, bahkan dalam kehidupan nyata, tapi mereka nggak pura-pura tdk bersalah karena kebetulan di negeri mayoritas muslim dan kebebalan mereka sendiri. Alkitab memang sudah menggariskan berbeda , keturunan Esau akan hidup dari pedangnya dan menjadi hamba dari Yakub, terbukti kan amang??

Syallom

23 01 2009
Emanuel Setio Dewo

Untung artikel ini bahasa Indonesia, jadinya saya bisa ikutan geli.

*Wakakaka…*

24 01 2009
Pandulo

Saat menjawab “sepupu” kita ini harus hati-hati lho, kadar mereka hanya sekedar menjelek-jelekkan sesuai dengan “hobbi”-nya. jangan terpancing essmossi.
Kadang merasa paling tahu tapi tetap dengan versinya mereka….capee deh….

25 01 2009
adieska

Wadooh… Berat euy… Ingkon godang dope marsiajar iba baru berani membahas na songon on :D

26 01 2009
Son of Sipangkar

…Kasih…
Itulah yang saudara kita tidak miliki dan menolak untuk memiliki.
So, semoga Tuhan mengampuni mereka, sebab mereka tidak tahu (dan tidak mau tahu) apa yang mereka perbuat.
* Soli Deo Gloria *

27 01 2009
amrin

Ahmad deedat menghabiskan sisa hidupnya dengan menderita stroke dari leher ke bawah.

Apa Tuhan sedang murka ya, makanya diizinkan itu terjadi atas si ahmad itu?

Sesudah kubaca-baca di wikipedia, ternyata hebat pengaruh si ahmad deedat ini, sampai ada 3 orang terkenal di negera barat sana(ex-minister Kenneth Jenkins now Abdullah al-Faruq, ex-missionary Gary Miller now Abdul-Ahad Omar, ex-Catholic cleric James Cunningham, ), yang memilih islam akhirnya.

Aku pikir, dari fenomena seperti ini, hendaklah setiap kita yang sudah mengenal kebenaran mengenai Yesus Kristus itu… hidplah di dalam Nya dengan iman, karena lihat saja 3 orang yang akhirnya menyerah sama ahmad deedat itu, bukan kurang pintar mereka, tapi mereka tidak punya iman.

ada tertulis: Mzm. 40:4, Berbahagialah orang, yang menaruh kepercayaannya pada TUHAN, yang tidak berpaling kepada orang-orang yang angkuh, atau kepada orang-orang yang telah menyimpang kepada kebohongan!

27 01 2009
JP.Mamora

(Atau Simamora dengan Shimamura. Jelas beda! karena yang satu itu IQ-nya jongkok yang lain juragan Honda.)
SIMAMORA NAOTO???
Apa-apaan ini kalimat?
Pernyataan Jephman itu salah.
Memang saya pribadi sering berhadapan dengan kalimat tsb diatas.
Tetapi disini saya mau meluruskan sejarah :
Dulukala Marga Simamora itu memang adalah seorang Juragan, juragan yang terkenal dari Humbang Hasundutan. Ini tidak ada hubungannya dengan honda, maupun shimamura. Seperti biasanya seorang Juragan selalu mempunyai banyak anak buah, bahkan Simamora mempunyai anak buah hampir dari setiap marga yang ada pada orang batak. Sebagai seorang Juragan, Simamora ini rajin mengawasi pekerjaan anak buahnya, dan sering dia menjumpai hal-hal yang tidak sesuai dengan standardnya, Simamora memang seorang yang sangat ferfectionist, ketika dia mendapati pekerjaan para anak buah ini yang kurang memenuhi harapannya, Simamora akan berujar : bodoh kali kau ini!!
Ucapan ini tentunya dengan nada yang tinggi dan volume yang besar. sehingga setiap orang anak buahnya itu selalu mengingat perkataan ini “Bodoh kali kau ini!!!” (naoto ma ho!). Belakangan hari para anak buahnya ini pun mengingatnya dengan Juragan Simamora yang selalu mengatai kita “bodoh!”. Amanta juragan na sai mandok hita “naoto”.
Inilah rahasianya : Simamora itu sebenarnya seorang yang Ferfectionist.

28 01 2009
jephman

Memang betul Simamora itu oto
Tidak tahu bercanda gaya bahasa.

28 01 2009
tobakartun

Suatu waktu saya pernah menanyakan soal banyaknya serangan dari ‘sepupu’ kita tentang agama Kristen kepada Pak Pendeta. Maklum, saya agak gerah juga setiap kali ke toko buku, selalu di pajang buku2 yang terang2an menyerang Kristen.

Pak Pendeta itu hanya berkata pendek : Kenalilah pohon dari buahnya.

Kalau kita melihat banyaknya dari ‘sepupu’ kita yang masih selalu bermain dengan ‘darah’ dan perang, saya jadi paham apa maksud pak Pendeta.
Kalau di Indonesia kita sering mengalami intimidasi dalam beribadah, perusakan /penutupan gereja, dll kita tentu langsung kenal dengan ‘pohon’ yang di maksud.

30 01 2009
akmal

sbnrny bnyk umat islam mmang sdah kterlaluan soal yg satu ini..
mngkin cuma krna di indonesia ini mayoritasny umat islam jd berpikir kalo “ini negara islam, agama lain cukup nonton aj”, entah salah bangsa indonesia yg sfat demokratisny udh ga tau kemana atau umat islam yg arogan dan brasa jd penguasa di indonesia
waktu ada gambar2 yg mledek islam, sbagian umat muslim langsung ribut2..sedangkan waktu buku, debat, dll yg bukan lg meledek tapi udah menentang abis2an semua brakhir seakan ga ad apa2..

lagipula smua agama itu mengajarkan kebaikan dan selalu bertujuan untuk yg terbaik demi umatny..
bahkan menurut saya, pemuja setan akan bisa jadi lebih baik dari pada kita selama dia ga merugikan umat agama lain..

ini semua bukan soal agamany, karena ga ada agama yg salah atau sesat..
tapi individu penganut agama itu sendiri..

ga usah urusi soal agama orang lain..lebih baik berkaca pd diri sendiri..
di indonesia tiap orang punya hak beragama..
dan tiap orang punya kepercayaan masing2..

saya jg umat islam lho.. :D
(tp cuma anak SMA yg ga tau apa2)

2 02 2009
jephman

@ akmal

wah!….anak SMA spt anda jelas tahu apa-apa :P

Begini mas Akmal, bagaimana jika individu penganut agama itu yang jumlahnya buaaanyak, mengakui sendiri tergerak melakukan hal “begitu” karena ada suruhan?

2 02 2009
Andy Sailla

Itulah kita orang kristen bang.
Terkadang kita malas untuk mendalami sendiri alkitab kita, dan ketika kita mendapat serangan. Kita menjadi gugup (bukan berarti murtad). Akhirnya hanya menjadi Kekristenan sebagai Iman tanpan pemahaman.
Thanks bang buat pencerahannya,
Semoga Iman kita selalu bertumbuh, semoga kita semakin meluangkan waktu untuk memahaminya.

3 02 2009
Bobby Butar Butar

nice writing bro…
horas..!!

6 02 2009
ParBiang

Horas di hamu sa haporsea-an tu Tuhan ta,

Jadi inti nya memang kita harus belajar banyak tentang Alkitab, saya pun sering di tanya tentang teologi Alkitab, apa itu trinitas, tapi saya jawab sesuai teologi. Tetapi tetap saja ada pertanyaan2x lain nya. Dan bagi saya tidak masalah, karena kita bisa mengenalkan apa yang ada di Alkitab.

Mereka bilang Tuhan kita tidak di Salib. Tetapi apa yang terjadi kepada Thomas murid Tuhan Jesus yang tidak percaya itu. Tuhan memperlihat kan tangan nya yang bolong oleh paku dan juga lambung nya. Maka Thomas pun percaya Tuhan telah bangkit dan mati di kayu salib.

Dan Tuhan Jesus berkata, berbahagialah orang yang tidak melihat namun percaya, kita harus katakan AMEN. Apakah kita akan seperti Thomas atau murid2x lain nya?

Tetapi jangan lah jadi seperti Judas Iskariot, penghianat, jadi jangan mau jual Tuhan Jesus demi posisi jabatan di pekerjaan atau di lain tempat.

Terus lah belajar Alkitab agar kita tidak bisa di jaring oleh jala mereka. Karena kita telah di jaring oleh jala Kristus Tuhan kita, Amen.

6 02 2009
ParBiang

Saya kasih lagu pujian tu Tuhan ta, bege hamu da……..

9 02 2009
gunawan sihombing

berarti keturuna (hijau) = (pedang, aum singa) aja yg perlu diwaspadai tapi yg (kuning) = (naga, ular tua)

9 02 2009
deviw

saya cuma heran mengapa mereka sering menanyakan hal itu ? padahal sudah ada nasehat di salah satu ayat di kitab mereka, untukku agamaku-untukmu agamamu… yaaa intinya gitu deh. memang nyaman kalo berteman tidak memandang SARA. saya tahu blog ini dari mas berlin. kreatip mas… ngartunnya pake apa sih ?

17 02 2009
Musafir

Terharu aku melihat upaya Lae mencoba membantu saudara seiman kita untuk menjelaskan iman Kristiani kita kepada orang-orang berbeda keyakinan. Begitulah seharusnya sesama orang percaya : saling membantu dan saling menasehati.

Sebenarnya, hal mendasar mengenai iman seharusnya sudah kita pelajari ketika kita belajar sidi (marguru malua), tapi sayangnya (termasuklah aku di situ) kebanyakan orang muda Kristen marguru malua sekedarnya saja. Maka, wajar saja banyak orang Kristen tak paham tentang apa yang dipercayainya. Aku pun juga begitu, sehingga – meskipun tidak kuliah teologi – sempat juga aku rajin mempelajari berbagai buku agama-agama lain dan tulisan orang atheis untuk ‘menguji’ agama Kristen yang ‘diwariskan’ oleh orangtuaku kepadaku. Sebagai seorang yang bersifat skeptik, aku sering bertanya-tanya sendiri : benarkah apa yang kupercayai ?

Memang, tidaklah mudah untuk memahami iman Kristen, apalagi menjelaskannya kepada orang lain. Iman Kristen itu tampak teramat bahkan terlalu sederhana untuk digolongkan sebagai suatu agama, tak ada aturan yang tegas tentang tata cara ibadah, bahkan Kitab Sucinya pun merupakan kompilasi/kanon yang dikerjakan oleh manusia. Begitu, kalau dilihat dari luar.

Tetapi, ketika aku masuk ke dalamnya dan coba memahami eksistensi Allah (Tuhan Yang Maha Tinggi) mulai dari penciptaan, hingga kehadiran Yesus Kristus dalam sejarah manusia, hingga saat ini dalam hidupku pribadi, sadarlah aku hanya dalam pemahaman seperti yang diajarkan oleh Kekristenan saja aku dapat menemukan kontinuitas dan makna keberadaan dan karya Allah. Kekristenan berpusat pada Allah yang Maha Tinggi dan Maha Pengasih yang tak sejenakpun meninggalkan ciptaanNya, umat pilihanNya dan umat yang diselamatkanNya. Ajaran-ajaran lain yang sempat kupelajari ternyata hanyalah tiruan yang cacat dari ajaran ini atau suatu upaya manusia untuk menemukan Yang Maha Tinggi.

Nah, sulit sekali menjelas-jelaskan iman seperti ini kepada orang yang mengharapkan suatu agama dengan kitab suci yang diturunkan dari langit (kecuali Loh Batu untuk 10 Firman Tuhan, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru ditulis oleh manusia), nabi-nabi yang tanpa cela (Abraham berdosa karena masih memperistri wanita lain karena tak sabar menanti penggenapan janji Allah, Daud merancang pembunuhan bagi suami Betsyeba,… hanya Yesus yang tidak berdosa), aturan keagamaan yang jelas (Sabat = Sabtu atau Minggu ? Makan/minum darah hewan = haram atau halal ?) dan seterusnya.

Kekristenan tidak bersandar pada suatu aturan tertentu. Kerajaan Allah, menurut Kekristenan, adalah soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Dengan tegas diyakini oleh orang Kristen pula bahwa Dia yang mengatakan “Akulah Jalan, dan Kebenaran dan Hidup. Tidak ada seorangpun akan sampai kepada Bapa kalau tidak melalui Aku” adalah Yang Maha Tinggi yang mengambil rupa sebagai manusia.

Sungguhlah luhur upaya Lae untuk membantu saudara seiman untuk memberi jawaban (apologetika) kepada orang berbeda iman. Seperti ada tertulis, “Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu” (I Petrus 3:15)

Aku ingin men-share daftar beberapa buku-buku yang kuanggap cukup relevan terkait dengan tulisan Lae, mungkin berguna juga bagi angka dongan yang membaca blog Lae.

1. The Case for Faith : A Journalist Investigates the Toughest Objections to Christianity
2. The Case for a Creator : A Journalist Investigates the Scientific Evidence that Points Toward God – Lee Strobel
3. The Case for Christ : A Journalist’s Personal Investigation of the Evidence of Jesus – Lee Strobel
4.The Case for the Real Jesus – Lee Strobel
5. The End of Reason : A Response to the New Atheists – Ravi Zacharias
6. Jesus Among Other Gods : The Absolute Claimes of the Christian Message – Ravi Zacharias
7. I Don’t Have Enough Faith to Be an Atheist – Norman Geisler, Frank Turek
8. “Sang Putra dan Sang Bulan – Kristen dan Islam” oleh Curt Fletemier, Yusuf dan Tanti

Beberapa di antaranya sudah diterjemahkan.

Tapi, ya, ini sekedar sharing dari aku saja…entah berlaku juga untuk kawan-kawan yang lain : rasanya, tak usahlah terlalu banyak membaca dan mendalami hal-hal seperti ini untuk kita yang memang bukan ahli agama. Capek rasanya membaca bantah berbantah antara orang yang percaya dengan orang yang tidak percaya. Karena, akhirnya kupikir soal terpenting adalah : mau percaya atau tidak ? Mau terima keselamatan atau tidak ?

Kalau seseorang memang merindukan Tuhan Yang Benar dan mau membuka mata hati dan pikirannya, sekarang ini relatif mudah mencari bahan apapun tentang iman Kristen di Internet. Entah akhirnya percaya atau tidak, itu terserah masing-masing. Lagi pula, Yesus sendiri berkata,”Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu.” Kalau orang tersebut memang tidak dipilih oleh Yesus, ya…sudah. Tak perlu kita terlalu ribet untuk meyakin-yakinkannya…lebih baik kita menghidupi keyakinan kita. Dituliskan dalam Wahyu, “Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu.”

Keep up the good work, Bro! God bless you!

17 02 2009
s.harianja

Dulu pertanyaan itu adalah pertanyaan saya kepada teman2 SD, karena dari 40 orang murid sd santo paulus onanrunngu yang seangkatan sama saya hanya saya yang beragama Islam. Tapi di sltp Kartika Pekanbaru pertanyaan itu adalah pertanyaan org kepada saya karena dari 200 org murid seangkatan saya hanya 5 orang yang kristen. Iya, sejak SLTp, stm bahkan di kampus UNRi pertanyaan itu adalah pertanyaan umat Muslim kepada saya.
Jawaban paling benar emg ada di alkitab.

25 02 2009
iyudh

Saya seorang muslim, dan saya sudah lama tahu tentang pendapat Ahmad Deedat tentang nubuat nabi Muhammad di Alkitab. Tapi baru di sini saya dapatkan jawaban seperti ini (bahkan waktu debat dengan pastor pun seingat saya sang pastor tidak memberikan jawaban seperti di artikel ini).

Maaf, kalo boleh tahu lagi, kira2 siapa ya Nabi dari kalangan orang Israel sendiri yang dimaksud oleh Ulangan 18-18 tersebut?

Ini pertanyaan bukan retoris karena mau ngetes lo ya, tapi emang bener2 bertanya karena pengen tahu.

Thx

26 02 2009
jephman

Yang dimaksud adalah Yosua. Hal ini diterangkan dalam Ulangan 34:9-12 :
“34:9 Dan Yosua bin Nun penuh dengan roh kebijaksanaan, sebab Musa telah meletakkan tangannya ke atasnya. Sebab itu orang Israel mendengarkan dia dan melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.
34:10 Seperti Musa yang dikenal TUHAN dengan berhadapan muka, tidak ada lagi nabi yang bangkit di antara orang Israel,
34:11 dalam hal segala tanda dan mujizat, yang dilakukannya atas perintah TUHAN di tanah Mesir terhadap Firaun dan terhadap semua pegawainya dan seluruh negerinya,
34:12 dan dalam hal segala perbuatan kekuasaan dan segala kedahsyatan yang besar yang dilakukan Musa di depan seluruh orang Israel.”

3 03 2009
David

salut buat Lae Jephman
kapan2 kita bersua lah lae,
coba lapo ku!
hahaha

8 03 2009
yasser feivel

Horas,…

Ketika Ahmad Deedat menyerang kekristenan dengan menggunakan buku-buku yang menyimpang dari aliran/sekte kristen bisa disebut sekte ngawur…jadi kita jawab dengan kembali kepada Alkitab itu sendiri pasti akan beres. Karena banyak versi alkitab yang dikeluarkan oleh sekte-sekte ngawur digunakan oleh Deedat si pendompleng yang pernah malu berdebat dengan salah satu pastor.

Memang kadang2 jengkel juga dengan pertanyaan yg gak masuk diakal dan mengada-ada tapi ya itulah kenyataan, kalo gak dijawab dibilang salah, dijawab juga salah,..mo apa sih?…he…he…mungkin dia penasaran sama Yesus kali yang penuh KASIH…..

Buku-buku Ahmad Deedat beredar banyak dikalangan muslim mereka menguatkan imam dengan belajar kepada si Deedat ini,..kasihan sekali.

OK deh,..blog yg asik…

Yasser Feivel
LOVE U

16 03 2009
dion

siipp,
bisa nambanh pengetahuanku nih,
keep your nice post :)

21 03 2009
HollaNd

Intiny Kabrkan Semua Berita Baik Kepada Semua Orang
Mat 28…

Mw terima Atw Tidak Jgn Di Paksa…Karna Tuhan Kita Bukan Tuhan Pemaksa!!!!

Di Ajak DEbat,Gunakan Hikmat!!!

Karna Sesuatu Yg benar Tidak Perlu Pembenaran!!!!

Yesus Ndak pernah nyuruh kita membela di apalagi buat nge “doain Dia!!!

Biar Jgn Sia-sia Tuhan Yesus Mati!!!!
KArna Percuma Dia mati Kwl Ndak ad Yg Selamt!!!!

MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

BENTAR LAGI PEMILU!!!

BERIkAN SUARA MU DEMI KELANGSUNGAN BANGSA KITA TERCINTA!!!!!!!!!!!!!

28 03 2009
parhobass


mari membaca HAKIM-HAKIM 13 berikut (dikutip dari SABDA.ORG

Hakim-hakim

13:1
Orang Israel melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN; sebab itu TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Filistin empat puluh tahun lamanya.

13:2
Pada waktu itu ada seorang dari Zora, dari keturunan orang Dan, namanya Manoah; isterinya mandul, tidak beranak.

13:3
Dan Malaikat TUHAN menampakkan diri kepada perempuan itu dan berfirman kepadanya, demikian: “Memang engkau mandul, tidak beranak, tetapi engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki.

13:4
Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram.

13:5
Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; kepalanya takkan kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir Allah dan dengan dia akan mulai penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin.”

13:6
Kemudian perempuan itu datang kepada suaminya dan berkata: “Telah datang kepadaku seorang abdi Allah, yang rupanya sebagai rupa malaikat Allah, amat menakutkan. Tidak kutanyakan dari mana datangnya, dan tidak juga diberitahukannya namanya kepadaku.

13:7
Tetapi ia berkata kepadaku: Engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; oleh sebab itu janganlah minum anggur atau minuman yang memabukkan dan janganlah makan sesuatu yang haram, sebab sejak dari kandungan ibunya sampai pada hari matinya, anak itu akan menjadi seorang nazir Allah.”

13:8
Lalu Manoah memohon kepada TUHAN, katanya: “Ya Tuhan, berilah kiranya abdi Allah, yang Kauutus itu, datang pula kepada kami dan mengajar kami, apa yang harus kami perbuat kepada anak yang akan lahir itu.”

13:9
Maka Allah mendengarkan permohonan Manoah, sehingga Malaikat Allah datang pula kepada perempuan itu, ketika ia duduk di padang dan ketika Manoah, suaminya itu, tidak ada bersama-sama dengan dia.

13:10
Kemudian perempuan itu segera berlari memberitahukan kepada suaminya, katanya kepadanya: “Orang yang datang kepadaku baru-baru ini menampakkan diri pula kepadaku.”

13:11
Lalu bangunlah Manoah dan mengikuti isterinya. Setelah sampai kepada orang itu, berkatalah ia kepadanya: “Engkaukah orang yang telah berbicara kepada perempuan ini?” Jawabnya: “Benar!”

13:12
Lalu kata Manoah: “Dan apabila terjadi yang Kaukatakan itu, bagaimanakah nanti cara hidup anak itu dan tingkah lakunya?”

13:13
Jawab Malaikat TUHAN itu kepada Manoah: “Perempuan itu harus memelihara diri terhadap semua yang Kukatakan kepadanya.

13:14
Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon anggur; anggur atau minuman yang memabukkan tidak boleh diminumnya dan sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia harus berpegang pada segala yang Kuperintahkan kepadanya.”

13:15
Kata Manoah kepada Malaikat TUHAN itu: “Perkenankanlah kami menahan Engkau di sini, supaya kami mengolah anak kambing bagi-Mu.”

13:16
Tetapi jawab Malaikat TUHAN itu kepada Manoah: “Sekalipun engkau menahan Aku di sini, hidanganmu itu tidak akan Kumakan. Tetapi jika engkau hendak mengolahnya menjadi korban bakaran, persembahkanlah itu kepada TUHAN.” Sebab Manoah tidak mengetahui, bahwa Dia itu Malaikat TUHAN.

13:17
Kemudian berkatalah Manoah kepada Malaikat TUHAN itu: “Siapakah nama-Mu, sebab apabila terjadi yang Kaukatakan itu, maka kami hendak memuliakan Engkau.”

13:18
Tetapi jawab malaikat TUHAN itu kepadanya: “Mengapa engkau juga menanyakan nama-Ku? Bukankah nama itu ajaib?”

13:19
Sesudah itu Manoah mengambil seekor anak kambing dan korban sajian, lalu mempersembahkannya kepada TUHAN di atas batu. Lalu diperbuat-Nya keajaiban, sementara Manoah dan isterinya memandanginya.

13:20
Sedang nyala api itu naik ke langit dari mezbah, maka naiklah Malaikat TUHAN dalam nyala api mezbah itu. Ketika Manoah dan isterinya melihat hal ini, sujudlah mereka dengan mukanya sampai ke tanah.

13:21
Sejak itu Malaikat TUHAN tidak lagi menampakkan diri kepada Manoah dan isterinya. Maka tahulah Manoah, bahwa Dia itu Malaikat TUHAN.

13:22
Berkatalah Manoah kepada isterinya: “Kita pasti mati, sebab kita telah melihat Allah.”

13:23
Tetapi jawab isterinya kepadanya: “Seandainya TUHAN hendak membunuh kita, maka tidaklah Ia menerima korban bakaran dan korban sajian dari tangan kita dan tidaklah Ia memperlihatkan semuanya itu kepada kita dan tidaklah Ia memperdengarkan hal-hal yang demikian kepada kita pada waktu sekarang ini.”

13:24
Lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan memberi nama Simson kepadanya. Anak itu menjadi besar dan TUHAN memberkati dia.

13:25
Mulailah hatinya digerakkan oleh Roh TUHAN di Mahane-Dan yang terletak di antara Zora dan Esytaol.

silahkan renungkan bagaimana manisfestasi TUHAN di sini
TUHAN = Malaikat TUHAN= abdi Allah = Allah = Roh TUHAN

sama tetapi berbeda ?
hmmm
TUHAN kita emang Ajaib dan Misterius…
Halleluya

16 04 2009
Firman

S E M U A tuduhan tentang Alkitab sudah ada jawabannya.

lebih JELAS silahkan kunjungi http://www.sarapanpagi.org

syaloom

8 06 2009
iyudh

Iya, Islam juga mengenal Yusya’ bin Nun. Diberitakan dalam sebuah hadits bahwa Tuhan menahan matahari di tempatnya dikarenakan doa beliau, sehingga bangsa Israel pun memperoleh kemenangan dalam peperangan.

Jadi memang nabi yang dimaksud itu bukan Isa (Yesus) ya? Well, at least Sir Deedat is correct about one thing, and the opponent is wrong about one thing.

8 06 2009
iyudh

Maaf, tadi waktu pertama kali baca ayat yang Anda kutip, saya belum paham benar maksudnya.

Setelah baca2 lagi, lo, justru ayat ini bilang bahwa tidak ada lagi nabi dari kalangan bani Israel yang mukjizat dan tandanya menyamai Musa??? Termasuk Yosua pun “melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa”, bukan “melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya”.

22 06 2009
23 06 2009
hendry lbn gaol

Horas lae….

dakkuboto manang na boha,…ai hurang srek do au mandebathon akka agamaon bah,…akka topik na menghibur i ma jo nian bahen hamu sian i…

3 09 2009
Herlin Sinaga

Bagus bangat topik ini, jadi menambah pengetahuanku. Nanti kalau anak-anakku sudah besar bisa kuberitahu
Thank’s

13 09 2009
luat nainggolan

bang jepphan..

uda terlalu banyak situs yang ga habis ujung pangkalnya membahas perdebatan agama..
semakin merasa aku ga ada gunanya kita saling berperkara..

yg kuminta abang trus lah berkarya, buat gambar karikatur yg membangun iman tanpa bersifat offensif ke teman kita muslim…

biar makin mantab blog ini

kalau masalah apologetika..
aduh.. bosan aku…
yg kristen baca aja buku bambang noor-sena
yg islam baca buku nurcholis madjid atau gus dur
baca yg moderat, ga bosan apa dgn yg radikal lateung?

tak usah lah berdebat disini.

13 09 2009
Garfield

Kalau bosan…gak usah dibaca Lae, gitu aja kog repot.
Siapa yg berperkara?
Kita sedang tukar pikiran kog…!
Radikal lateung itu, kayak apa?

13 09 2009
hh

Lae,
kita kita disi adalah memeberi penjelasan akan apa yang dipertanyakan tentang kekristenan itu, tentu tidak salah bukan? Berdebat itu boleh, asal dibatas kesopanan.

mauliate.

14 09 2009
luat nainggolan

yang radikal itu kalau kristen kayak situ free faith freedom atau buku nya robert morey(islamic invasion) yang sering disebarkan kawan-kawan kita di daerah saya(tangerang)..

kedua sumber itu diatas banyak mengandung kesalahan dan menimbulkan rasa dendam antar umat beragama, terlalu offensif terhadap muslim..

jadi teringat aku akan satu statement..
“yang mau kita kabarkan itu
agama kristen atau agama anti-islam..”

yakinlah, ga bakal ada yg bertobat ke Kristus kalau kita pakai cara yang radikal atau emcamnya….

kalau soal bosannya, aku ga sor liat perdebatannya, tapi macam yg mantab kuliat gambar bang jephman ini,
sayang kali lah kalau aku ga liat blog ini..

hehehhehe…
Gb

25 01 2010
ahmed shahi kusuma

Lo Bang Luat muncul di sini.
Saya pikir bang Luat benar.
perdebatan apologetik dibangun atas dasar reduksi pandangan agama lain sesuai dengan pandangan kita, nah itu kan repot.
La apa dikira semua muslim pengagum Ahmad Deedat cs apa????
Iman yg sehat justru bukan terletak di situ………

25 01 2010
ahmed shahi kusuma

@Luat
Toppp….markotob
la saya muslim, trus apa harus tepuk tangan, kalo semua orang jadi muslim????
Justru kebenaran dan kebajikan sejati terletak pada pandangan bahwa saya melihat menjadi orang Kristen yang sungguh2 beriman, tanpa punya pandangan di hati…waduh anda baik tapi sayang Kristen masuk neraka..
Coba cek lagi benarkah ayat2 Alkitab , Qur’an dan Bhagavadgita berisi klaim kebenran tunggal semata??
atau jangan2 ini hanya sembuah tafisran ortodoksi selama ini yg dibangun oleh ulama???
Monggo!
Bang Luat tenk you sering mampir di blogku……..

25 01 2010
ahmed shahi kusuma

Nah Iyudh..anda juga menafisrkan ayat2 alkitab kan, nah bagaimana juga kalo orang non muslim juga menafsirkan ayat quran????
saya tidak menentang diskusi agama, tetapi usaha untuk memaksa orang lain dengan perspektif kebenaran tunggal itu yg repot.

4 02 2010
parende

horas !
saya tertarik untuk memberikan masukan setelah saya baca dari atas sampai kebawah.
SESUNGGUHNYA !, pada tahu arti sesungguhnya kagak ni ?? heheheh. sama saya juga nggak tahu !. sesungguhnya (lagi neh) bicara soal iman atau kenyakinan sifatnya adalah SANGAT PRIBADI SEKALiiiiiiiii…, artinya orang beriman atau orang tidak beriman tidak perlu adanya saling mengejek, menyinggung apalagi sampai merusak apa yang dinyakini!.
karena soal sorga dan keselamatan juga sangat pribadi !, tidak ada yang bakal boncengan atau bikin paguyuban masuk surga Ndak ada !.
ketika Tuhan menyatakan kekuasaanya atas kita lalau kita meninggalkan dunia yang fana ini semua perkara sudah ditanggung sendiri !( kecuali anak2(bayi) yang belum sadar ).
jadi intinya adalah “HIDUPLAH RUKUN DENGAN SIAPAPUN BERBUAT BAIKLAH SELAGI KAMU SEMPAT BERBUAT BAIK KARENA AKAN TIBA WAKTUNYA KITA TIDAK DAPAT BEBUAT APA-APA ”
horas !, syalom ,wassalam.

7 06 2010
kaltor

wah lae kita ini besar upahnya di surga nanti
aminn

27 10 2010
Filar Biru

yang tukang tulis saya kira masih dangkal dalam pemahaman kitab kalian sendiri, bagaimana mungkin kalian memutar balikan fakta.

lihat ayat ini:
1. Ulangan 18-18 : “Seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.“

Baiklah karena anda sendiri yang mengopas permasalahan ini maka saya akan memberikan tanggapan.

Perlu anda ketahui bahwa hanya ada satu manusia yang mampu menjalankan segala perintah Tuhan yang terdiri dari 114 ayat 6239 surat, yaitu Nabi Muhammad. Ahklaknya adalah Al Quran dan diakui oleh seluruh kaum muslim di seluruh dunia, tidak ada yang mampu membantah akan hal ini.

manusia2 yang hidup dijaman nabi tidak mampu melaksanakan apa yang di lakukan oleh Nabi. saya akan memberikan contoh:

Nabi Muhammad dikenal orang sangat pandai bersyukur, beliau selalu sholat sampai kaki beliau bengkak, sekali beliau melakukan hal ini maka akan selalu beliau lakukan sampai akhir ayat beliau. tidaak ada manusia yang mampu melakukan hal ini seumur hidupnya, hanya ada satu manusia yaitu Nabi Muhammad SAW.

nah contoh diatas cukup untuk memberikan masukan bagi kalian. Tidak ada satupun kalimat Tuhan yang dia sembunyikan semuanya termaktub dalam Al Quran yang terdiri dari 6236 ayat.

27 10 2010
Filar Biru

ralat bukan 6239 ayat tapi 6236 ayat AQ

29 10 2010
Robin M. S

@ Filar Biru
Perlu anda ketahui bahwa hanya ada satu manusia yang mampu menjalankan segala perintah Tuhan yang terdiri dari 114 ayat 6239 surat, yaitu Nabi Muhammad. Ahklaknya adalah Al Quran dan diakui oleh seluruh kaum muslim di seluruh dunia, tidak ada yang mampu membantah akan hal ini.
.
.

Saya hanya berminat mengetahui kejujuranmu Fillar.. dan jawab saja dgn tulus tanpa menambah dan mengurangi jawabanmu. Apakah kamu yakin akan masuk ke Surga dgn mengangungkan tokoh yg kamu maksudkan itu ? Dimanakah ada tertulis dalam kitab sucimu bhw kamu memang layak berada di Surga dgn iman spt keyakinan yg kamu katakan itu? ?
Salam damai penuh kasih

30 10 2010
A_ren

@ filar:

manusia2 yang hidup dijaman nabi tidak mampu melaksanakan apa yang di lakukan oleh Nabi. saya akan memberikan contoh:

Nabi Muhammad dikenal orang sangat pandai bersyukur, beliau selalu sholat sampai kaki beliau bengkak, sekali beliau melakukan hal ini maka akan selalu beliau lakukan sampai akhir ayat beliau. tidaak ada manusia yang mampu melakukan hal ini seumur hidupnya, hanya ada satu manusia yaitu Nabi Muhammad SAW.

nah contoh diatas cukup untuk memberikan masukan bagi kalian. Tidak ada satupun kalimat Tuhan yang dia sembunyikan semuanya termaktub dalam Al Quran yang terdiri dari 6236 ayat.

>>klo udah begitu,jaminan masuk surga g??
cos,KALAU yang bsa melakukan saja blm pasti..gmn yang g bs..?

dijaman sekarang..anda mampu melakukannya tidak??hehe..

30 10 2010
Filar Biru

@Aren

*sudah jelas ada jaminan bagi orang yang beriman untuk masuk syurga.
*heheh yang jelas umat islam beribadah bukan syurga yang mereka ingini, ada yang lebih besar dari pada syurga… engkau carilah sendiri jawabannya. bila perlu tanyalah kepada saudara2ku muslim, apa yang mereka harapkan dari sisi Allah kelak.

*jujur saya katakan saya tidak mampu melakukan apa yang di lakukan oleh nabi. baik perbuatan beliau maupun tingkatan ibadah beliau. yang jelas kami beribadah disuruh hanya semampu kami dan Allah tidak memaksa melebihi dari pada kemampuan kami.

-dijaman sekarang..anda mampu melakukannya tidak??hehe..

salah satu contoh

Nabi Muhammad SAW mampu membelah bulan dengan izin Allah apakah manusia yang lain mampu?

1 11 2010
Pangopu

beuhh…emg Allah bertahta diman??sehingga ada tempat lain lbih besar dari surga?

****Nabi Muhammad SAW mampu membelah bulan dengan izin Allah apakah manusia yang lain mampu?
==>>emg buat apa c Beliau belah bulan??
hehehehe…klo orang Kristen c bisa2 aja,tapi buat apa???toh juga smua atas kehendak Allah^^…Allah tentu tidak mau mngerjakan hal2 yg g perlu dilakukan,ketika Yesus berkata kalo orang Kristen punya iman sebesar biji sesawi bisa melakukan apa saja…bhkan memindahakan gunung….so manusia(org Kristen) bisa melakukannya juga dunk,TAPI…atas izin dan kehendak ALLAH…^^

1 11 2010
Pangopu

wah klo umat MUslim tidak mencari surga,mau cari apa lagi???
setelah kematian hanya ada 2 tempat : NERAKA dan SURGA….pilih mana, monggo….^^

kalo anda yakin ada jaminan bagi anda masuk surga…silahkan kita liat saja nanti,setelah meninggal^^
tetapi jaminan bagiku adalah:

Yohannes 5:24
” Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.”

Efesus 2:8-9
” Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”

Jadi jelas tak ada yang bisa sampai kepada ALLAH yaitu di surga,klo tidak percaya/beriman pada Yesus,…segala usaha kebaikan kita,amal saleh…tidak akan membuat dosa kita berkurang…
percaya????
mari kita melihat pasti ada saatnya…ni akhir zaman sudah mendekat^^

salam ^^

1 11 2010
Filar Biru

@Pangopu

hehehehe…klo orang Kristen c bisa2 aja,tapi buat apa???toh juga smua atas kehendak Allah^^…Allah tentu tidak mau mngerjakan hal2 yg g perlu dilakukan,ketika Yesus berkata kalo orang Kristen punya iman sebesar biji sesawi bisa melakukan apa saja…bhkan memindahakan gunung….so manusia(org Kristen) bisa melakukannya juga dunk,TAPI…atas izin dan kehendak ALLAH…^^

lihat saja jawaban anda ini yang sepertinya anda salah dalam menerjemahkan kepercayaan anda sendiri, saya tahu anda juga beriman kepada Allah, Tuhan semesta Alam. Anda mengatakan bahwa Allah tidak perlu mengerjakan sesuatu yang nggak perlu di lakukan lalu untuk anda percaya tuhan bisa beranak. bukankah ini lebih tidak pantas di lakukan oleh yang maha kuasa. anda ini plin plan lain sisi anda menduastai kepecayaan anda sendiri di sisi yang lain lagi anda membantah…bah

1 11 2010
Filar Biru

@Pangopu

heheh itu umat islam, sesungguhnya mereka yang beriman bukan syurga yang mereka harapkan dari sisi Tuhan mereka.

memang ada dua tempat di akhirat syurga dan nereka namun ada satu tempat lagi yang lebih mulya dari syurga yaitu suatu tempat yang hanya orang mukmin yang tahu…

2 11 2010
Pangopu

hehehe…mas Filar yang terkasih,

anda berpikir Allah beranak seperti manusia??logikanya….klo manusia aja bisa apalagi Allah,bukan???tpi sekalipun Kristus lahir kedunia lahir sebagai manusia,DIA diperanakkan dalam Roh dan daging…

saya bukannya plinplan mas, kenapa Allah harus berpikir dan melakukan sperti itu,logikanya….tentu ada alasan yg sangat penting,bukan??^^

anda tau tidak, bahwa setiap manusia adalah orang berdosa,sejak Adam dan Hawa jatuh dalam dosa,logikanya keturunannya termasuk saya dan mas adalah orang berdosa(klo mas Filar org yg beragama..)
Nah tentu dengan keadaan keberdosaan kita ,tak akan ada yg bisa kita lakukan supaya bisa bersanding dengan Allah di surga^^
malah hukuman bagi kita orang berdosa adalah pantas di NERAKA….
oleh karena keterbatasan kita,bhwa usaha apapun yg kita buat takkan pernah membuat kita bebas dari hukuman itu.
namun karena Allah itu adalah maha kasih dan maha adil,maka DIA tidak ingin ciptaanNya binasa…oleh karena itu,DIA sendiri yang membawa kita kepada NYa bukti kasihnya…dan dengan tetap memberikan ‘hukuman kepada yang ‘terhukum’ bukti keadilanNya.
Lha untuk mengganti hidup saya dan anda sbg terhukum,hanya ‘manusia’ yang tak berdosa dan kudus saja yang bisa menggantikan hidup kita^^
makanya Kristus dalam keadaan manusia menanggung hukuman itu,agar saya dan anda diselamatkan..^^

2 11 2010
Pangopu

”””’memang ada dua tempat di akhirat syurga dan nereka namun ada satu tempat lagi yang lebih mulya dari syurga yaitu suatu tempat yang hanya orang mukmin yang tahu…

===>>wah mas Filar…anda jelas2 sudah mengatakan…’MEMANG ADA DUA TEMPAT…..lha ko ada lagi???
yang jelas…manusia mati hanya sekali saja,sesudah itu dihakimi…masuk surga atau neraka????
logikanya…Allah saja tinggal di sorga,masakan ada tempat yg lbih mulia dari sorga????berarti manusia lebih mulia dari Allah nantinya….????^^


mari kita pikirkan mas….kesempatan kita hidup hnya sekali,….
salam,

3 11 2010
Filar Biru

@Pangopu

saya tidak menyalahi apa yang anda yakini. Silahkan anda memeluk agama yang sesuai dengan selera anda, tidak ada paksaan dalam beragama.

memang benar ada dua tempat di akhirat syurga dan neraka, namun ada satu tempat lagi yang kalian memang tidak mengetahui. bukan kah kalian hanya mengetahui dua tempat saja?

namun yang penting kita tidak perlu mengulas permasalahan ini hanya akan membuat kamu semakin bingung saja!

Pangopu…

Terimakasih nasehat anda kepada Saya…kalau anda membawah saya dalam satu pemikiran konsep spiritulisme, seharusnya andalah yang harus memikirkan tentang konsep agama yang anda anut.

Allah itu mengajarkan analogi dan ilmunya sesuai dengan kemampuan otak kita, Allah tidak akan pernah mengajarkan kepada kita melebihi dari itu. itu yang perlu anda sadari.

dalam ilmu matematika 1+1=2 itu pasti. Allah tidak perna mengajarkan kita 1+1=3 atau 1+1+1=1.

yang di tuntut oleh Allah adalah tingkat pemahaman kita, itu saja. bagaimana mungkin anda harus berfikir rasional kalau permasalahan kecil ini saja anda tidak paham?

anda mengatakan manusia jatuh dalam dosa, dosa siapa? dosa adam dan hawa? apakah sulit bagi Allah mengampuni dosa Adam dan Hawa?

menurut saya mungkin lebih rumit menciptakan adam dan hawa dari pada mengampuni dosanya. Tidak menurut Allah, mengampuni dan tidak mengampuni bagi Allah sama saja tidak akan mengurangi keagunganNya. Walaupun seluruh mahkluk berhenti menyembahnya juga tidak akan mengurangi kesucianNya dan KekuasaanNya.

logikanya begini: bagaimana nasib anak kecil yang baru lahir lantas mati di terjang Tsunami? apa anda fikir Allah akan mencampakannya ke neraka sementara dia sudah harus menaggung dosa nenek moyangnya?

Yang perlu anda ketahui adalah Adam diciptakan dari tanah tembikar kering, hitam dan busuk tiada berguna. bersalah ataupun tidak bersalah Adam tetap akan di turunkan ke bemi. karena dia di ciptakan dari tanah bumi bukan dari tanah syurga.

dari tanah mana dia diciptkan akan kembali lagi nanti kesanah.

bumi ini di wariskan untuk manusia bukan untuk malaikat dan bangsa jin. oleh sebab itu bumi ini khalifahnya adalah manusia. apakah anda perna dengar malaikat dan manusia berkelahi berebutan sebidang tanah?

inilah ajaran islam dari Tuhan Yang Maha Lurus tetap akan lurus agamaNya.

di dalam islam kami harus memahami dasar-dasar akidah dalam agama ini, apa bila ada kebengkokaan didalamnya dan tidak masuk akal maka sudah lama agama ini di tinggali manusia.

LANJUT

4 11 2010
Pangopu

salam Mas Filar yang terkasih,
hehhehe..jujur mas saya emg bingung klo ada tempat lebih mulia dari surga, berarti manusia lbh mulia dari Tuhan…tapi itulah itu, klo emg mas tidak mau menjelaskan lbih lanjut tentang bagian itu^^

hmmm…benar yang apa anda katakan bahwa Allah itu tidak pernah mengajarkan lebih dari apa yg dapat kita pikirkan..tetapi mas tau juga kan,sekalipun taik mengajarkan, tetapi Allah itu juga menunjukkan pemikiran dan kuasaNya di tengah2 kehidupan manusia,yg jauh dari pikiran manusia….
contoh:
pada zamanNabi Nuh yang sama2 kita tau,,bila kita hnya berpegang pada logika yg terbatas,kita akan sama seperti orang2 disekitarnya,yg menertawakan bhwa tidak akan turun hujan atau banjir karena secara logika cuaca sangat cerah dan Nuh sperti org gila yang tidak ada gunanya mnyelesaikan bahtera yg sangat besar,dan Ia akan sangat2 kesulitan dalam mengumpulkan binatang dalam keadaan berpasangan….Lha buktinya dengan pemikiran Allah terjadi hujan besar dan melenyapkan manusia,dan semua binatang yg berpasangan masuk dalam bahtera^^

bila kita berpikir 1+1= 2, secara logika benar,
tetapi bagi Allah..5(roti)+ 2(ikan)= banyak(5000..)^^

dalm kehidupan kita juga,
1(ayahku)+1(ibuku)=10(keluarga)^^

jadi benar apa yang anda katakan bhwa pikiran kita sangat terbatas,tetapi Allah menunjukkan pikiranNYA yang jauh diluar pemikiran kita. benar bukan??

4 11 2010
Pangopu

lanjutan…..
mengenai penciptaan manusia (Adam),memang benar manusia diciptakan oleh ALLAH dari tanah yang tidak berguna.namun ALLAH begitu mengasihi manusia sehingga manusia diciptakan serupa dan segambar denganNya sehingga manusia bisa berkomukasi dengan ALLAH dalam keakraban, dan karena kasihNya pula manusia ditempatkan di taman firdaus/ eden serta mnikmati smua hasil dari taman itu. Tetapi ketika diciptakan, manusia bukan seperti robot yg hanya bisa patuh dan turut sperti yg disuruhkan, tetapi manusia diberi ‘kehendak bebas. Dan kenyataannya manusia memilih memberontak dengan tidak mau menaati perintah ALLAH untuk tidak memakan buah di tengah taman itu sehingga manusia pun ber’DOSA’.
dosa bukanlah perkara yang ‘spele dan gampangan’ di hadapan ALLAH, karena kita sama2 tau bahwa ALLAH itu maha kudus dan maha suci, jadi sedikit pun dosa ALLAH sangat membencinya….sehingga manusia terpisah dari Allah, yang dulu hubungan akrab dalam persekutuan mjadi rusak dan terpisah oleh karena dosa.

Anda mengatakan lebih sulit menciptakn manusia drpda menampuni dosanya….anda coba bayangkan, ALLAH menjadikan bumi,cakrwala,alam semesta beserta segala isi dan kerumitannya termasuk manusia hanya dalm 6 hari saja…bagimana mgkn lbih rumit ALLAH menciptkan manusia drpd mengampuni dosa manusia klo hanya smuanya terjadi dalm 6 hari,benar bukan?? tetapi lihatlah akibat dosa, manusia terpisah selama-lamanya sampai kepada kita dan terus berlanjut….(buktinya mas bisa lihat keaadaan manusia sekarang^^).
..
Lha itu sebabnya kenapa manusia tidak bisa bersanding lagi dengan ALLAH karena keberdosaan manusia,…
ALLAH sangat mengasihi manusia,namun manusia berdosa…usaha manusia tidak ada gunanya,hanya ALLAH yg mampu membawa kita kembali menjadi kudus di dalam penebusan Kristus.
..
logikanya, kalo ALLAH begitu mengasihi manusia,apa mungkin bayi yg baru lahir tiba2 dipanggil oleh karena bencana alam misalnya…lgsung dimasukkan kedalm api neraka??tentu tidak…ALLAH maha kasih,bayi kecil blm tau apa2 dan tidak melakukan apa2 tentang dosa,akan tetapi dosa orangtuany sudah melekat didalam hidup bayi itu,…logikanya tentu yg bertanggung jawab adalh orang tuanya. tetapi berbeda dengan keadaan saya dan mas, yg sudah tau dan mengerti berbuat dosa,berarti kita bertanggung jwab atas hidup kita masing2 donk^^.
..
dosa tidak membuat fisik/tubuh kita rusak,tetapi yg rusak adalh jiwa,roh dan hubungan kita dengan ALLAH …
..
saya setuju pada mas untuk berpegang teguh pada agama,krna pada dsarnya setiap agama adalh baik….tetapi agama hanya sebuah budaya,tetapi yang menjamin hidup kita selamat atau tidak hanya pribadi ALLAH di dalam Kristus.

^^ salam,

4 11 2010
Filar Biru

@Pongupu

baiklah ada baiknya saya memberikan informasi tentang keadaan di akhirat yang saya ketahui melalui buku2 yang saya baca dan dari para ulama islam.

kalau nasib kita bagus dan di masukan kedalam syurga maka ada satu tempat lagi yang kita akan melupakan segala kenikmatan di syurga itu, baik makanan dan minuman yang lezatnya tidak mampu kita bayangkan. begitu juga kenikmatan ketika beristrikan para bidadari semua itu akan kita lupakan karena satu hal yaitu, melihat Tuhan Yang Maha Kuasa. ALLAH SWT.

tegur sapa dengan Sang Khaliq dengan hambaNya membuat kita lupa dengan kenikmatan syurga, penjelasan ini ada dalam AQ.

Ketika bertegur dengan Allah yang telah menciptakan kita sekaligus menjadi hamba yang diridhoi oleh Allah adalah segala-galanya bagi kaum Muslim.
Syurga hanya nomor dua. tidak ada yang lebih hebat dari ini menjadi seorang hamba yang diridhaiNya. Keridhaan Allah dan di ridhai adalah dambaan setiap kaum muslim, mereka yang benar2 beriman kepada Allah SWT tidak akan memusingkan ada tidaknya syurga ini, apa bila syurga tidak ada tidak menjadi soal bagi kami, bagi kami Allah lebih penting dari pada syurga. Syurga hanya sebuah berita gembira dari Allah SWT tidak lebih dari itu.

itulah sebabnya mengapa kaum muslimin apabila genderang jihad telah ditebarkan mereka seperti melihat bidadari berserabutan keluar memenuhi panggilan Tuhannya. Perlu anda ketahui kematian itulah yang mereka harapkan karena mereka akan segera bertemu dengan Tuhannya dengan kalimat sopan santun dari Allah. Assalamualaikum Yah Ahli Kubur.

Tidak ada tetetsan darah yang tidak menjadi saksi atas kesahidan mereka, semuanya menjadi saksi di akhirat kelak.

itulah perbedaan mendasar antara saya dengan anda, kami mencari keridhaan Tuhan kami sementara anda mengharafkan syurganya Allah.

mengenai statemen anda yang lain tidak perlu saya bahas sebab itu pemahaman anda sendiri, maka berimanlah dengan apa yang anda imani itu.

Lanjut

4 11 2010
Pangopu

Mas Filar terkasih,
mohon maaf bila penjelasan saya sbelumnya, bahwa ketika Kristus mati bagi manusia,adalah semata2 agar hubungan Allah dan manusia dapat pulih kembali dalam persekutuan yaitu di surga.Jadi bukan hnya karena masuk surga.

Terima kasih atas penjelasan anda, kiranya anda menemukan Allah Maha Pencipta dan beroleh tempat yang mulia,,,,^^

…..

salam kenal dan mohon maaf karena sebelum2nya mgkn ada yg kurang sopan dari saya,

Allah memberkati^^

5 11 2010
Filar Biru

kita hidup didunia ini adalah untuk saling kenal mengenali, kamu tidak salah @Pangopu…tidak ada yang salah dengan dirimu, tidak ada yang perlu di maafkan. Seharusnya akulah yang minta maaf yang telah masuk ke blog Jebhman tanpa ba bi bu. tapi tak apa2 Bung Jephman tidak marah. hehehe Dia juga sudah kenal aku kok melalui milis ini.

Smoga Allah menunjukimu jalan yang lurus.

7 11 2010
A_ren

wah kelihatan yah..bedanya.

mana yang berhikmat..mana yang nggak.

hehehe..

thanx lae pangopu.

7 11 2010
A_ren

@filar

heheh yang jelas umat islam beribadah bukan syurga yang mereka ingini, ada yang lebih besar dari pada syurga… engkau carilah sendiri jawabannya. bila perlu tanyalah kepada saudara2ku muslim, apa yang mereka harapkan dari sisi Allah kelak.
>>jd klo tidak ingin syurga..trus kmana??
klo anda katakan ingin bertemu Pencipta..
Pencipta itu berada dmn??penting kan..

ibarat klo mo minum kopi itu ya ke warung kopi..
bukan ke toilet..

jujur saya katakan saya tidak mampu melakukan apa yang di lakukan oleh nabi. baik perbuatan beliau maupun tingkatan ibadah beliau. yang jelas kami beribadah disuruh hanya semampu kami dan Allah tidak memaksa melebihi dari pada kemampuan kami.
>>nah loh..hanya semampu anda toh,selebihnya lagi dari siapa??supaya anda bisa bertemu sang Pencipta kelak.
menurut anda klo hanya semampunya saja kira2 bisa bertemu tidak??setiap detik pasti kita berbuat dosa..karena baru memikirkan saja (zinah misalnya) sudah berdosa.

Nabi Muhammad SAW mampu membelah bulan dengan izin Allah apakah manusia yang lain mampu?
>>masak sih??ada saksinya nggak yang lihat kejadian itu??maksudnya(tujuan) nabi melakukan itu untuk ap??

Trims..
note:si pangopu itu lurus..jdi nggak perlu pake “semoga”.

7 11 2010
Filar Biru

@ Aren

sesungguhnya arah pembicaraan kita, engkau tidak begitu memahami.
Baiklah akan saya terangkan.
Sebenarnya apa yang di ingini Oleh Allah dari manusia, Aren? tidak banyak Aren hanya Iman dan Takwa saja, tidak lebih dari itu. Di dalam Islam kalau kita tidak mampu sholat ke Masjid, ya dirumah, tidak mampu berdiri, ya duduk, tidak mampu duduk ya berbaring, tidak mampu berbaring, isyarat mata, tidak mampu juga dalam hati ya di sholati. Allah tidak diktator harus begini dan harus begitu.

Itu yang aku maksudkan dengan semampu kami, hanya saja engkau memang tidak mengerti makanya aku jelaskan, padahal ibadah ini adalah yang paling wajib di lakukan tidak bisa tidak namun Allah masih memberikan kelonggaran.

Bagimana dengan Anda haruskah ke gereja kalau seandainya anda sakit????

Mengenai terbelahnya bulan banyak saksi yang menyaksikan kejadian ini ketika Rasulullah masih hidup dan saksi paling abadi adalah Al Quran.

54:1. Telah dekat (datangnya) saat itu dan telah terbelah bulan.

Nabi melakukanya karena di tantang kaum musyrikin Mekkah. Karena memang mereka memintah kepada Rasulullah untuk membelah bulan. Apakah aku harus menceritakan riwayat ini padamu agar hatimu percaya?

Ada lagi yang lain Mas Aren?

9 11 2010
A_ren

mas filar..

emang kta g nyambung nih…
yang sya tanyakan itu bukan masalah orang yang sakit trus nggak bisa sholat dan segala macamnya..itu nggak perlu dibahas.orang yang g bsa berjalan y diam dtempat,g bsa berdiri y duduk,g bsa duduk y berbaring..anak kecil jga tahu.

ok deh..gini aj..
kembali keawal lagi..

dengan melakukan semua hal yang anda sebutkan itu,pasti masuk surga nggak??jawabnya yang yakin..
karena anda mengatakan nggak ada manusia lain yang dapat melakukannya..artinya termasuk anda dan saya.
nah..hubungannya itu dengan nasib manusia2 yang tidak mampu ini kelak.

9 11 2010
Filar Biru

@Aren

Saya kan memberi contoh dalam kesanggupan dalam beribadah di dalam islam, saya mengambil contoh tentang ibadah sholat sebab satu-satunya ibadah yang tidak boleh di tinggalkan hanyalah sholat.

Tidak ada jaminan bagi kami untuk masuk syurga yang di jamin oleh Allah masuk syurga, Para nabi dan Rasul. Mulai dari Adam sampai ke Nabi Muhammad SAW dan sepuluh orang sahabat Rasulullah SAW.
wali Allah, para tabiin dan orang2 yang gugur di medan perang membelah agama Allah. Mereka semua dijamin oleh Allah masuk Syurga tanpa hisab.

dan manusia awam seperti kami tidak ada jaminan masuk syurga secara langsung, harus melalui pengadilan akhirat. Lembaran2 catatan kehidupan dibuka apa bila cacatan itu lebih banyak dosanya harus dibersihkan dahulu dineraka, setelah bersih baru masuk syurga. Apabila dosa dan amal pahalanya sama beratnya ketika di timbang maka disitulah peranan Raulullah SAW memberikan syafaat. sehingga timbangan kebaikannya menjadi berat dan akhirnya masuk syurga.

Ketika proses pengadilan di tegakkan maka mulut kami dikunci yang menjadi saksi adalah anggota seluruh tubuh mulai dari tangan sampai ke kaki, mereka inilah yang akan berbicara kepada sidang pengadilan akhirat.

Sebelum pengadilan dimulai seluruh penduduk dunia mulai ari manusia pertama sampai manusia terakhir di kumpulkan di padang mashar, yang dipimpin oleh nabi2 mereka masing2. Umat nabi adam berbaris sesuai dengan barisannya, umat nabi nuh berbaris dan berkumpul sesuai dengan umat nabi nuh dan seterusnya maka sampailah kepada umat Nabi Muhammad SAW. Tahukah engkau umat siapa yang paling banyak?

Ketika Umat Nabi Muhmmad SAW lewat di depan barisan umat2 yang lain, maka salah seorang manusia bertanya kepada temannya. Umat siapakah ini yang wajah dan tubuhnya mirip para nabi? teman yang lainnya menjawab. mereka itu adalah umat Muhammad.

Kami menjadi saksi terhadap nabi2 dan rasul rasul terdahulu dan Nabi Muhammad SAW menjadi saksi atas perbuatan kami.

10 11 2010
Filar Biru

@Robin

Saya yakin masuk syurga asal iman di dada tidak tergelincir akan tetapi langsung tidak langsung itulah yang menjadi Kuasa Allah. Sebab aku ini orangnya buanyak dosa. Tapi sampai saat ini aku tidak mau berburuk sangka kepada Allah, Insya Allah, aku mengharapkan sesuatu dari sisiNya.

ya…Tokoh yang saya maksud sudah ada namanya di Taman Firdaus sebelum Adam diciptakan.

10 11 2010
SWAMANDIRI.wordpress.COM

Kalau SURGA dan NERAKA tidak ada; MISALKAN memang tidak ada …. apakah umat beragama masih akan tetap rutin melakukan peribadatannya?

Bila dalam kondisi seperti itu manusia tetap melakukan peribadatannya, maka sebenarnya ada tujuan peribadatan lainnya, selain SURGA dan NERAKA; yaitu ketaatan-yang-iklas-sebagai-manusia.

Mungkin begitu maksud diskusinya Pak Filar Biru ya

13 11 2010
Robin M.S

@Fillar yang yerkasih ..

Saya bertanya apakah anda yakin masuk ke surga dgn keyakinan anda tsb ?

ada dua jawaban anda berdasarkan diskusi dgn sdr pangopu.., dan sdr A_ren

Jawaban pertama mas yg pertama :
Saya yakin masuk syurga asal iman di dada tidak tergelincir akan tetapi langsung tidak langsung itulah yang menjadi Kuasa Allah. Sebab aku ini orangnya buanyak dosa. Tapi sampai saat ini aku tidak mau berburuk sangka kepada Allah, Insya Allah, aku mengharapkan sesuatu dari sisiNya.

Jawaban mas yang kedua :
Mulai dari Adam sampai ke Nabi Muhammad SAW dan sepuluh orang sahabat Rasulullah SAW.,wali Allah, para tabiin dan orang2 yang gugur di medan perang membelah agama Allah. Mereka semua dijamin oleh Allah masuk Syurga tanpa hisab.
dan manusia awam seperti kami tidak ada jaminan masuk syurga secara langsung, harus melalui pengadilan akhirat

.
.

Dalam beberapa jawaban mas Fillar di atas terkandung ketidak konsistenan jawaban yg menyiratkan keraguan yg sangat mendasar. Hanya saja saya melihat bhw mas Fillar spt mempertahankan apa yg tidak konsistenan itu ke arah yg lebih konsisten. Saya hanya berdialog dgn rasa penuh kasih dan hormat tanpa ada rasa saling menghina ataupun memamndang rendah perbedaan yg ada.. Hanya saja keyakinan itu kiranya harus dapat kita pertanggung jawabkan tanpa ada rasa kebingungan di hati para umat . Saya berbagi share kpd mas bahwa keyakinan keKristenan adalah keyakinan karena kasih karunia. Bukan karena perbuatan amal. ibadah maupun perbuatan kita tetapi karena kasih karunia Allah kpd setiap yg memegang teguh perjanjiaan antara Allah dan umatNya. Allah tidak serta merta harus memberi upah kita masuk ke Surga jikalau kita berbuat benar dan beriman kpd kita. Mesti ada dasar yg berasal dari pihak Allah sendiri bagaimana kriteria setiap orang dapat masuk ke Surga. Kriteria itu harus ditetapkan oleh orang yg pernah melihat ALLAH mengatakannya di Surga itu sendiri. Setiap perkataan Allah itu disampaikan oleh orang yg datang lansung dari Surga. Kalau berbagai tulisan dan perbuatanNya sudah ada sebelum kedatanganNYA ke dunia ini.. bukankah itulah perkataan dan ucapanNya yg harusnya patut kita dengar ?? Tidak ada seorangpun manusia yg pernah melihat ALLAH dan datang dari Surga kecuali YESUS Kristus. Jadi keyakinan dalam keKristenan adalah keyakinan karena kasih karunia ALLAH spt yg kamu katakan. Karena itu merupakan kasih karunia Allah sudah pasti semua yg diberiNya kasih karunia karena menerima Yesus Kristus pasti otomatis masuk ke Surga. Jadi tidak akan pernah ada keraguan dalam diri setiap yg percaya kpd Yesus Kristus untuk tidak akan masuk ke Surga. Itu bukan pendapat kami tetapi perkataan Allah di kitab suci Alkitab. Barangsiapa mengikut AKU dia akan HIDUP sekalipun dia sudah mati.
SALAM KASIH dan HORMAT

15 11 2010
A_ren

naaah..

ok,thanx mr. Fillar
semoga anda termasuk orang dengan timbangan yang baik..

GBu..

26 11 2010
Filar Biru

@SWAMANDIRI

betul betul hanya saja saya tidak memberikan spesifik dari itu dengan tujuan agar teman diskusi ku lebih aktif berfikri hehehe

salam

26 11 2010
Filar Biru

@Robin

saya bukan tidak konsisten coba anda perhatikan jawaban saya yang pertama dan yang kedua:

yang pertama saya kan merasa yakin yang kedua kan tentang jaminan masuk syurga. Mana yang tidak konsisten?

Saya merasa yakin masuk syurga kalau akidah saya tetap pada islam. Hanya saja prosesnya lebih panjang dari pada rombongan para nabi dan rasul mereka itu masuk syurga tanpa hisab belainan dengan saya yang hanya manusia awam. NAMUN yang jelas semua orang islam masuk syurga walau mungkin mampir dulu di neraka.

Yang tidak masuk syurga itu adalah orang-orang syirik alias menyekutukan Allah.

30 12 2010
rezki sahrun

intinya: siapa yg benar n siapa yg salah akan dibuktikan stelah kt msuk dalam kubur/mati
stiap manusia akan ditanya tentang keimanannya..
Dan mengenai jawabannya…tergantung keimanan anda..
Sesungguhnya tiap2 jiwa akan merasakan mati..maka bersiap-siaplah akan kedatangannya.

30 12 2010
rey

Kenapa sih kita memusingkan tentang agama..
Tuhan Allah saja tdk pernah menyalahkan semua agama..

Intinya Tuhan Allah yg paling penting dari agama..
Kita memuji Tuhan yang sama..
Kenapa harus d bikin ribut..??

2 01 2011
ivan

Buat Saudara Semua Se-Tanah Air,

Saya Muslim, saya ingin menanggapi segala komentar yang ada dituliskan dalam blog ini. Pada dasarnya Tuhan Maha Pencipta Dengan Segala RahasiaNya, Kita Sebagai manusia yang ber agama, tentunya memiliki tuntunan yang berbeda-beda, Ahlak Baik Itu adalah pijakkan setiap insan di Dunia dalam menjalankan Kehidupannya. Cinta, Benci, Baik Jahat, Senyum Tangis .semua adalah ciptaan Tuhan YME. Jalanilah apa yang kau percaya dan yakini, Bimbinglah Insan Yang Ada dengan Tulus dan Tanpa Pamrih Sedikitpun. Dan Apa yang Anda sampaikan Tentang Islam Tidaklah mewakili apa yang Saya Imani demikian juga apa Yang Terjadi di Sisi kehidupan Anda Sekalian Yang Saya Tidak Ketahui Atau pahami, Di Indonesia Banyak Kejadian Kejadian Yang Selalu Bergesekkan Dengan Aqidah Agama, Tentunya Di Negeri Lain Pun Sama.. , Yang Hanya Membedakan Manusia Itu Beradab Dan Beragama Dengan Benar Adalah…. Manusia Baik atau Manusia Buruk. Pilihlah di antara keduanya dan Jalanilah Pilihan Anda. Dengan Begitu Ketenangan Dalam Hati Akan Terwujud. ALLAH SWT Tuhanku .. Jesus Or Maria Adalah Tuhan / Orang Suci Yang Kau Yakini.. Marilah Memahami dalam Menikmati Indahnya Ibadah Masing – Masing .., Segalanya Akan Berpulang Kepada ILLAHI… , Semoga Kita Bisa Menjadi Orang Yang Lebih Baik. Agama KU Yang Paling Benar Menurutku Demikian Dengan SaudaraKU… Agamu Adalah Yang TErbenar Dalam Hidupmu… Jadikan Itu Sebagai Kemudi Dalam Mengarungi Hidup Ini. Cinta Itu Milik Tuhan Yang Diberikan Kepada Ciptaannya.. Marilah Kita Bagi Dan RAsa.. Tak Perlu Kita Agungkan ..Karena Kita Sepantasnya Mencintai dan Membagikan Itu Tanpa Label AGama … Karena Cinta Juga Milik Binatang Dan Alam Semesta.. Yang Luas.. . Amin. Salam Sejahtera Untuk Semua

21 01 2012
rikardoladesman

Klo masalah parakletos, di wikipedia, bagian prophet of islam aja ada ditulis mewakili si M itu ckckckk

20 07 2012
Vivisevenfold Pecandu Avenged

jika seorang manusia menciptakan robot kita sebut saja robot itu namanya “usus”, usus diciptakan untuk menolong robot-robot yang lain, usus di beri kelebihan menghidupkan robot yang telah mati, usus di beri kelebihan merubah apa saja sesuai yang dia inginkan..
tetapi karena IQ robot-robot yang lain itu masih jongkok. atau kata lain pentium robot2 yang lain itu masih 0.0005…
robot-robot itu malah berterima kasih sama si usus dan menyembah si usus…
loh? kok gk berterima kasih sama manusianya yang menciptakan robot itu?

begitulah agamaku…
agamaku menyembah Allah..
Allah menciptakan tuhan kalian..
tapi kalian tidak menyembah Allah tuhanku..
tapi kalian menyembah apa yang Allah ciptakan..

padahal di kitab kalian, atau kata lain “injil yang mengalami revolusi” menulis bahwa Allah yang kalian sebut bapa itulah yang menciptakan Yesus, tapi kalian masih tetap saja tidak menyembah Bapa, aneh deh kalian itu ya..

jika kalian ngomong Bapa mengutus yesus untuk menjadi tuhan..
preeeet..
kalian salah mengerti..
kalian itu menyembah yesus, menganggap dia tuhan karena bisa menghidupkan manusia yang telah mati, atau keajaiban2 yang lain…
halah..
nabi muhhamad juga gak kalah hebat keajaibannya…
tapi kami tetap menyembah Allah..
Allah yang utama, baru yang kedua nabi kami Muhammad…
kasihan deh kalian..
gara-gara kesalah nenek moyang, eh akhirnya kalian ngengkel agamanya bener…

KAMI UMAT MUSLIM YANG AKAN MASUK SURGA..
KARENA KAMI MENYEMBAH ALLAH YANG MENCIPTKAN TUHAN KALIAN..
KAMI BUKAN SEPERTI KALIAN YANG MENYEMBAH APA YANG ALLAH CIPTAKAN..
kita lihat saja nanti..
agama siapakah yang akan benar…
tenang di surga nanti aku akan mampir liat-liat neraka untuk menyapa kalian..
orang-orang kafir…

“aku tidak akan menyembah apa yang kalian sembah..
dan kalian juga tidak menyembah apa yang aku sembah”

20 07 2012
Dante

Sering orang2 ketika tidak bisa memberi jawaban kepada pertanyaan seseorang, mereka dengan mambabi buta melakukan pembunuhan karakter dengan menyerang pribadi orang yang mengajukan pertanyaan. Pertanyaannya sendiri malah tidak terjawab.
Begitu juga dengan penulis post ini. Ketika tidak bisa menjawab apa yang Deedat tanyakan mengenai konsep dan dogma agama Kristen, si Penulis Post lebih suka menyerang pribadi Ahmed Deedat. Pertanyaan yang dia sendiri gunakan untuk membuka cerita:
“Apakah Yesus Tuhan? Benarkah Yesus disalib? Tunjukan dimana Yesus menyatakan dirinya Tuhan!”
Malah tidak terjawab.
Berkali-kali Jesus dalam BIble selalu mengatakan bahwa dirinya anak manusia, tapi kenapa 2 milyar lebih umat Kristen malah mengatakan dia tuhan? Berkali-kali Bible berkata begini, tapi umat Kristen memahaminya begitu.
Aku Muslim, tapi aku tidak menyarankan kristen sedunia apalagi penulis post ini untuk masuk Islam. Aku meyarankan agar Umat Kristen untuk membaca da nmendalami Bible kalian, gunakan akal yang sudah diberi Tuhan, dan carilah kebenaran.
Semoga Allah menuntun kalian. Peace!

6 08 2012
Wilah Sawung

Kalian kristen pasti tidak paham jika membaca Alquran sebab kalian membaca nya dari sudut pandang Injil.
Begitu pula kalian Muslim tidak akan paham jika membaca Injil karena kalian membaca daru sudut pandang Alquran.

Jadi tidak akan ada titik temu antara kalian semua!
Sebab pada umumnya sifat manusia “akulah yang paling benar”

Tetapi kalau kalian membaca semua kitab dengan dilandasi ketulusan hati dan jiwa yang besar, maka kalian akan tahu bahwa adanya link tersembunyi antara Alquran dan Injil.

lihat ref: http://hubungantersembunyi.blogspot.com/

5 10 2012
Vivisevenfold Pecandu Avenged

mang manusia mempunyai sifat akulah yang pling benar. .
tapi di lihat saja, dmana swt sa’t nabi Isa akan datang untuk membnarkan ajaran Nabi Muhammad SAW. .
aku tidak perlu melihat kitab injil, krna smwnya sudah lengkap d kitabku yaitu Al’Quran. .
P lagi kitab Injil yang sekarang udah bnyak yg dirubah, taw kata lain mngalami revolusi. .
udah g murni!!
tinggal kita menunggu waktu, siapa yang akan masuk surga nanti, ,
aku yakin, kamilah umat muslim yang akan masuk surga, krna kami MENYEMBAH ALLAH. . .
bukan menyembah APA YANG ALLAH CIPTAKAN. .

ALLAHUAKBAR!!!!!!!

7 10 2012
hh

Ms. Vivisevenfold………..
Berbicata tentang yang paling benar, tentu semuanya benar, dan diantara semua yang benar itu ada satu yang paling benar.

Dalam keagamaan, tidak ada agama yang paling benar, karena tidak semua agama benar. Hanya satu agama yang benar.

Saya katakan hanya satu agama yang benar adalah berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Kalau Tuhan adalah Maha Esa, yang artinya tidak ada duaNya, misalnya dalam agama Islam, bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan dalam agama Kristen tidak ada Tuhan selain Tuhan Trinitas, maka dengan keberadaan Tuhan yang hanya satu itu, tidak mungkin membuat berbagai peraturan yang berbeda atau berbagai agama yang saling berbeda yang akan diikuti manusia sebagai jalan menuju surga. Tidak mungkin.

Karena hanya satu Tuhan yang menciptakan bumi dan segala isinya, maka peraturan atau agamapun hanya satu macam saja.Tidak logis bahwa Tuhan yang sama akan membuat peraturan yang berbeda. Misalnya, suatu pemerintahan tk Provinsi, akan membuat peraturan yang sama untuk setiap pemerintah Kabupaten, tidak mungkin membuat peraturan yang berbeda beda untuk setiap Kabupaten.

Menurut catatan alkitab, Tuhan pencipta Bumi ini telah memperkenalkan diri kepada manusia dan memberikan satu macam peraturan sebagai ibadah kepada Tuhan yaitu: mempersembahkan korban sembelihan. Tetapi kedegilan hati manusia membuat mereka mempersembahkan korban sembelihan itu bukan kepada Tuhan yang sudah memperkenalkan keberadaanNya, melainkan kepada Dewa dewa buatan tangan mereka yang tidak pernah menunjukkan keberadaannya. Bahkan korban sembelihan itu mereka robah dari hewan menjadi manusia.

Hal seperti itulah penyebab adanya berbagai agama di bumi ini.,

Jadi, Hanya satu Tuhan yang benar, dan hanya satu peraturan yang dibuat untuk diikuti seluruh ciptaan, dan hanya satu agama di bumi ini.

Agama apakah yang benar itu?

Masing masing kita akan menilai mana agama yang benar dan akan di ikuti. Kalau menurut penilaian saya, agama yang benar adalah agama Kristen, dengan alasan: Tuhan menciptakan menusia itu suci adanya tanpa dosa, tetapi karena pelanggaran manusia akan perintah Tuhan (telah berbuat dosa), sehingga manusia akan dibinasakan. Tuhan memberikan jalan keluar
bagi manusia dengan jalan penebusan; Tuhan menjelma menjadi manusia untuk meggantikan manusia mengalami kebinasaan, dan kebinasaan itu sendiri dialahkan oleh kebangkitanNya.

Itulah sebabnya saya memilih untuk tetap dalam agama yang saya warisi dari orangtua saya, karena ada kata kata dan tindakan yang memastikan keselamatan manusia dari kebinasaan dari Tuhan yang disembah oleh orang yang memeluk agama itu.

salam

30 01 2013
Mr.Nunusaku

Akhir dari kesudahan Achmet Deedat dalam penghinaan terhadap Yesus….
Bisu Lompoh 9 tahun lamanya…..ini tandanya kekuasaan Allah berlaku dalam kehidupan mereka……terbukti Ahmet Deedat telah bertemu nabi Muhammad dalam siksaan Kuburan….karena mereka berdua adalah manusia….YANG ANTI PADA KEKUASAAN KRISTUS SANG MESIAS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: