Ayat – Ayat Cinta

24 03 2008

ayatcinta.jpg

NO POLIGAMI !
Orang Batak Pantang Berpoligami !
Tidak sesuai dengan Firman Tuhan dan merusak Adat Dalihan Na Tolu !


Aksi

Information

155 responses

24 03 2008
chishe

huahahahhaha … setojo! gak kenal poligami!
kalo yg digambar itu arti nya ta’aruf yaaaa … ? dikenalin tanpa tau dulu, kalo suka yg dinikahin, kalo gak suka yowes laah, selese
tapi koq kayak istilah “beli kucing dalam karung” yaaa … ?

keren! lucu! bagus bgt ito!

24 03 2008
Ucok

4 Chise. Hehe 4 your information.. tidak seekstrim itu lah Ito.. tetap kenal dulu juga cuma koridornya yang dijaga. Sebagian ada yang mempercayakan pada Kyainya utk memilihkan. Namun kebanyakan (pada saat ini) tetap memilih sendiri.

25 03 2008
;-parbada

hmm.. kali ini agak beda ya karya2mu lae..
Kok menjurus ke keagamaan?

Kalo dibilang batak pantang poligami.. ah siapa bilang..
Lihat aja deh di silsilah masing2.
Berapa orang yg beristri lebih dr 1.

25 03 2008
7noerat

Bah songon na jago do karya kartun ni lae on bah!
Tingkatkan trus!
Salam kenal!

26 03 2008
jephman

@parbada

memang menjurus. Ada yang larang?

Lae sudah nonton filmnya belum? Disana digambarkan si Maria yang murtad sementara tato salibnya “tak berdaya” tercucur darah. Kalo dibuat film Si Aisha yg murtad…bisa dibakar gereja kita.

Cobalah sekali-kali melihat dari sisi orang lain.

Mengenai orang Batak dulu berpoligami. Itukan dulu sebelum Kekristenan masuk atau yg skrng belum mengenal Firman Tuhan. Makanya saya tulis : “Tidak sesuai dengan Firman Tuhan”. Lagipula kalau berpoligami Dalihan na Tolunya jadi Tolu pangkat 2. Kalo istrinya ada 4, jadi pangkat 4 semua hula-hula, tulang, parboru dll.

Walah repot tuh jambarnya..hehehe

Jujur ajalah…apa nggak ada konflik batin dari masing2 keluarga/marga yang dipoligami?

2 04 2008
Bang Juntak

Emang jaman dulu oppung2 kita boleh berpoligami.. tapi setelah agama Kristen masuk tanah batak di larang berpoligami.

Batak itu Keren Bo..!!

3 04 2008
pangonjat

syalom kenal

orang batak pantang berpoligami?? nggak lah yao, opung2 gw banyak tuh yg poligami

kristen berpoligami???
Daud dan Salomo bini dan selirnya banyak ratusan,
Si Ester jadi selir buat nyelametin bangsanya

Tuhan Yesus seinget gw nggak pernah tuh khotbah ‘nggak boleh kawin lagi’ yang ada “apa yang telah dipersatukan Tuhan tidak boleh diceraikan manusia” Artinya kawin lagi nggak dilarang, cerei yang dilarang.

3 04 2008
batubaranews

Eh, jumlah laki2 & perempuan kan 1 : 5
Jadi, poligami itu masuk akal juga kan?

Soalnya yang 4 lagi mau kemana? apa mo dijadikan gundik aja?

Lalu, mana lebih bagus poligami atau bergundik?

3 04 2008
jephman

waduh! jadi alasannya hanya gara2 jumlah perempuan lebih banyak jadi harus dikawinin?

memangnya sapi/ayam kita, lae?

kalo jumlahnya 1:20 musti dihabisin itu “jatah”? jadi repot tuh masalah “keadilan” hehehe :P kalo suatu saat jumlah laki-laki lebih banyak, jadi boleh dong poliandri?

“Jadi, poligami itu masuk akal juga kan?”
Lebih masuk akal menjaga hubungan daripada menyakiti hati istri. Masuk akal mana istri nangis2 atau menghabisi “jatah” 1:5?

“Lalu, mana lebih bagus poligami atau bergundik?”
LEBIH BAGUS SETIA PADA ISTRI.

Kalo Tuhan mau kita poligami, Hawa akan diciptakan 5 orang seperti logika lae.

3 04 2008
jephman

@ pangojat

“orang batak pantang berpoligami?? nggak lah yao, opung2 gw banyak tuh yg poligami”

-> Bukan berarti itu contoh yang baik dan itu sebelum Kekristenan masuk ke Batak.

“kristen berpoligami???
Daud dan Salomo bini dan selirnya banyak ratusan,Si Ester jadi selir buat nyelametin bangsanya”

-> Lagi-lagi bukan berarti itu musti dicontoh. Kalo lae/ito mau meneliti Alkitab, anak2 Salomo ada yg jadi pembunuh, gila, penzinah, incest dll. pokoke Broken home deh. Dan untuk kasus Ester, apakah semua istri yg dipoligami sedang “menyelamatkan bangsa”nya?

“Tuhan Yesus seinget gw nggak pernah tuh khotbah ‘nggak boleh kawin lagi’ yang ada “apa yang telah dipersatukan Tuhan tidak boleh diceraikan manusia” Artinya kawin lagi nggak dilarang, cerei yang dilarang.”

-> Salah. Cerai boleh kalau berzina. Itu yg Yesus katakan. Poligami itu beda dengan kawin lagi.
Larangan mabok / narkoba juga nggak pernah dikatakan, apa itu berarti boleh?

Lantas kemana makna “Kasihi sesamamu seperti dirimu sendiri” ?

Tampaknya lae/ito Pangojat baru setengah paham atau PURA-PURA setengah tahu nih……

Syalom juga
baru tau saya kalo ada “Syalom kenal” HAHAHAHA! :P

3 04 2008
semuthitam-

horas lae,
saya cuma mau bilang, kagum sama kecerdasan lae

-semuthitam-

4 04 2008
jephman

@ semut hitam

wah jadi Geer saya!
Saya nggak cerdas, mungkin lebih cocok “tidak diam”. Walaupun orang Batak terbuka, banyak orang Batak diam saja ketika hal2 yang nggak cocok dengan pikirannya nggak berani berbicara karena kalah suara, padahal benar apa pendapatnya.

8 04 2008
pangonjat

Boss, kan komen sesuai statemen, dimana statemen tsb diadu dg fakta.

“Orang batak pantang berpoligami” Opung nami, orang batak aseli, banyak yang poligami. Artinya statemen itu debatebel

“Poligami tidak sesuai dengan firman Tuhan” Daud, Salomo, Ester berpoligami. Artinya statemennya juga debatebel.

Kalo statemennya adalah ‘poligami tidak baik karena bla…bla…bla…’ mungkin lebih OK

Nah statemen lanjutannya:
‘Bukan berarti itu contoh yang baik dan itu sebelum Kekristenan masuk ke Batak’ -

ambigius-, apakah sebelum kristen masuk adat batak tidak baik (semuanya) atau hanya poligaminya

Hampir tidak ada sesuatu yang mutlak didunia ini, termasuk poligami ‘boleh atau tidak boleh’ ‘baik atau tidak baik’ Terdapat banyak kondisi yang menganjurkan poligami.
Misalnya pd perkawinan istri lebih tua dari suami, maka diumur 40-an suami masih sedang jaya-jayanya, istri mulai menopouse. Cilakak bener bila suami sedang bergairah, istri melempem. Kalo solusinya suami ngalah nyari hobi yang laen misalnya mancilng atau maen layangan, akan dihadang risiko kanker prostat. Di jepang (dulu) biasanya istri yang nyariin jajanan suami, kalo lagi sakit/dateng bulan shg tidak ada masalah dg poligami.

syalom kenal… adalagi:

wa..alaikum..syalooom
habis, sekarang sering nerima telpon, bukannya ‘halo’ tapi alaikumsalam. Terpaksa gw jawab wa..alaikum..syaloom

8 04 2008
jephman

@ pangojat

“Orang batak pantang berpoligami” Opung nami, orang batak aseli, banyak yang poligami. Artinya statemen itu debatebel
–> betul. Lantas hubungannya dengan orang Batak apa? Lihat statement Lae selanjutnya –>

“Poligami tidak sesuai dengan firman Tuhan” Daud, Salomo, Ester berpoligami. Artinya statemennya juga debatebel.

–> Daud, Salomo, Ester memang berpoligami, Oppung2 kita memang berpoligami, TAPI bukan berarti itu contoh baik untuk ditiru. Dan kami sudah menerima Firman Tuhan yang melarang hal itu. Paham? Kalau mau menolak ya tolak FirmanNya bukan berputar2 mencari pembenaran dari kitab agama lain.

Kalo statemennya adalah ‘poligami tidak baik karena bla…bla…bla…’ mungkin lebih OK

–> ini pun sudah dijawab. Periksa jawaban saya diatas (mengenai anak Salomo hasil poligami dan jambar)

Nah statemen lanjutannya:
‘Bukan berarti itu contoh yang baik dan itu sebelum Kekristenan masuk ke Batak’ -ambigius-, apakah sebelum kristen masuk adat batak tidak baik (semuanya) atau hanya poligaminya

–> ini topiknya poligami bukan “semua”nya toh?. Jangan memperlebar masalah dong ah :P. Dan contoh yang lae ambil dari Alkitab itu bukan berarti contoh yang baik untuk ditiru.

Hampir tidak ada sesuatu yang mutlak didunia ini, termasuk poligami ‘boleh atau tidak boleh’ ‘baik atau tidak baik’ Terdapat banyak kondisi yang menganjurkan poligami.
–> Poligami bagi kami tidak baik dan tidak boleh. Itu saja kok. Kan “agamamu ya agamamu” :P Jadi janganlah memaksakan nilai2 yang bagi kami itu tidak baik dan tidak benar.

Misalnya pd perkawinan istri lebih tua dari suami, maka diumur 40-an suami masih sedang jaya-jayanya, istri mulai menopouse. Cilakak bener bila suami sedang bergairah, istri melempem. Kalo solusinya suami ngalah nyari hobi yang laen misalnya mancilng atau maen layangan, akan dihadang risiko kanker prostat. Di jepang (dulu) biasanya istri yang nyariin jajanan suami, kalo lagi sakit/dateng bulan shg tidak ada masalah dg poligami.

–> buseeet! memangnya hidup ini hanya diseputar selangkangan? HAHAHAHA! :)

Janganlah mencari-cari pembenaran. Mulai dari Alkitab, Salomo, Ester sampai mancing, kanker prostat dan orang Jepang. Hehehe :P Saya bukan orang Jepang. Kalo lae ada darah jepangnya dan mau “jajan” ya silahkan..KEekekek :P

Kalo suaminya gak tahan, ya salahkan bapak yang punya burung KEKEKEk :p Jangan jadikan ibunya kambing hitam

Masak gara2 gak tahan, MASA DEPAN keluarga dipertaruhkan?

Sebagai seorang Kristen saya menyatakan : lebih baik saya kanker prostat dari pada istri dan anak2 saya menangis pada saat izab kabul kawin lagi gara2 bosan mancing !!!! :)

Camkan itu boss!

Itulah pria sejati !!
bukan pria yang takut istri melempem dan main layangan HAHAHAHA!

Pakailah HATI !
Bukan SELANGKANGAN!

Dan terus main layangan!!! KAKAKAKAK!!! :P

11 04 2008
wahyuandre45

hai bos karya u lumayan Tapi kusarankan jagan menjurus KE AGAMAAN DONk….

q kurang setuju ok……..

11 04 2008
utheas

Saya pikir ini site untuk batak banget. Ternyata menjurus ke keagamaan.
Saya keturunan Batak tapi tak bisa bahasa kita, Bang Ucok.
Saya marga Daulay, jadi seorang muslim.
Untuk Poligami sebenarnya di surah An Nisa, muslim hanya diperbolehkan memiliki 1 isteri saja. Kalaupun terpaksa dan bisa adil, Islam diberi kelonggaran dengan memiliki maksimal 4 isteri.
Tetapi surat ini kebanyakan dipotong dan diambil yang membolehkannya saja oleh orang2 yang ingin menjelek-jelekan maupun oleh muslim bernafsu besar.

Salam kenal,
Semoga kebebasan berekspresi kita tidak membuat kita seakan orang yang paling benar dan sempurna.

11 04 2008
tumin

lucu juga aku kirimin yahh
atu aja engga banyak2 kooooo
cuma atu boleh yahhhhhh
boleh engga

11 04 2008
sapi terbang

wah, ga dimanapun…kasus ini selalu kontroversial :p

11 04 2008
leojacko

Wah keren kali kau lae…..
Beginilah orang batak sesungguhnya….

Maju truss lae….

11 04 2008
parhuta-huta

saya setuju dengan Lae Jephman.

Letakkanlah sesuatu pada tempatnya.

11 04 2008
martuahami

HORAS LAE…
Cukup Menarik….
Headernya : Kartun Orang Batak…
Tapi Bahasannya Berbau Agama…
Ati2 lho..skrg UU ITE dah Berlaku, jgn sampe di PENJARA karena contentnya ber bau SARA… [Hanya Mengingatkan...]

Karena Derajat AGAMA Jauh diatas segalanya termasuk KESUKUAN, maka Hendaknya harus Bijaksana dalam mengambil Tema Ato Topik agar tidak terjadi seperti diatas…

Dah jelas2 BEDA AGAMA, ngapain harus diPerdebatkan…Lakumdinikum Waliyadin…[Untukmu Agama dan Untukku Agamaku...]

Sebagai Catatan…
Sungguh Sayang Sebagian Isi Kartunnya Melecehkan Agama Lain…
Tapi saya ga tau kalo itu dibenarkan dalam agama orang lain…

Sukses Selalu…

11 04 2008
maruli_CEO

Senang bgt dengan karikatur2nya lae, media yang tepat untuk menyitir atau mengoreksi dengan sopan dan bertanggung jawab.

Walaupun lahir dan besar di Papua,
dang hea hu tinggalhon habatakon hu hehe =)

Gimana klo kita buat punguan aja lae?
Salam kenal.

11 04 2008
ocha

Wahh, salut nih, gambarnya lucu. Salam kenal lae dari ambonese woman. 2 thumbs up 4 u

14 04 2008
B@dboyz387

salut atas karya lae jephman…….
tetap semangat dlm berkarya.

setuju ama lae martuahami,
jangan karena sara kesempatan lae untuk berkarya jadi makin terbatas.
Siboru buas siboru bakkara, molo dung puas sae soada mara ( dibetulkan kalo salah)
alai dang ingkon pattik lae,
apalagi ma di negara ta on dang boi dope denggan rap hundul mangkatai molo adong nahumurang termasuk halak hita dangi????

cuma saran aja buat lae, diterima syukur dang dijalo pe mauliate godang.
dang ikkon pagodang2on hassit ni roha lae
alai parekkel ni lae boi do pasudahon portibo on

ambal2 ni hata marga aha do tahe langka mu???

sian parsiar di Busan, korsel

14 04 2008
jephman

@ wahyuandre45 dan utheas

Kalo gak menjurus…buat apa?
Lagipula memangnya gak ada blog2 lain yang menjurus ?

@ martuahami
Melecehkan yang mana ?
Jelaskan dan jangan main tuduh

14 04 2008
jimboe

@wahyuandre45
KEnapa gak bisa membawa agama di sini ??
Menurut saya oke2 aja, disini seharusnya bisa digambarkan tentang orang batak yang punya pendidikan, punya agama, punya status sosial, dll yang dinamakan ATRIBUT orang batak, so kenapa kalau pandangan batak-kristen ditampilkan bisa menjadi masalah…???

@martuahami
Apakah jika si pemilik blog menyampaikan pandangan tentang agamanya (dari situasi lagi ngetrendnya ayat2 cinta), itu dinamakan berbau SARA ?? kalau kita berbicara agama, kenapa kita selalu berpikir SARA?? Apakah SARA yang dimaksud itu ?? kenapa kita latah berkata ini SARA, itu SARA….???
Katakanlah di Islam boleh poligami, kalau di kristen dikatakan tidak (paling tidak gambaran pemilik) blog, so what ?? Cuman pandangan dari dua agama yang berbeda, jangan dianggap SARA, itulah pembelajaran… THINK POSITIF…!!

14 04 2008
martuahami

heee…..

@ wahyuandre45
Kalo gak menjurus…buat apa?
Lagipula memangnya gak ada blog2 lain yang menjurus ?

—minimal kita tidak ikut2an menjurus…

Melecehkan yang mana ?
Jelaskan dan jangan main tuduh

— susah untuk diungkapkan dengan kata2 karena kita khususnya saya belum pernah mendalami agama lain…coba tanya deh ama mantan ustad yang masuk kristen atao mantan pendeta yang masuk islam mgkn dia bisa menggambarkan pelecehannya terletak dimana…

NO POLIGAMI !
Orang Batak Pantang Berpoligami !
Tidak sesuai dengan Firman Tuhan dan merusak Adat Dalihan Na Tolu !

Logika Sederhana…
Premis :
1. Orang Batak Pantang Berpoligami
2. Orang Islam Memperbolehkan Berpoligami
dengan syarat sesuai dengan syariat Islam…
3. Ada Orang Batak yang beragama Islam
Kesimpulannya..
????

Artinya Krn Derajat Agama diatas segala2nya,
Tidak bisa dipaksakan Kesukuan Mengalahkan Agama…So… [silahkan direnungkan masing2..]

@wahyuandre45
KEnapa gak bisa membawa agama di sini ??
Menurut saya oke2 aja, disini seharusnya bisa digambarkan tentang orang batak yang punya pendidikan, punya agama, punya status sosial, dll yang dinamakan ATRIBUT orang batak, so kenapa kalau pandangan batak-kristen ditampilkan bisa menjadi masalah…???

—justru tidak jadi masalah bahkan bagus sekali…
tapi biar tidak jadi perdebatan yang panjang, tidak salah masuk site, saran saya headernya ditambah dengan Kartun Orang Batak Kristen…
Jadi yang non Kristen tidak masalah utk mampir di site ini tapi jgn mengkritik kalo ada yang berbau Kristen…Kalo masih ada yang MENGKRITIK…Berarti dia Tidak bisa BACA.
Karena Pada Prinsipnya Agama adalah HAK AZASI yang Paling Mendasar yang dimiliki oleh setiap manusia..So..Apa yang harus diPerdebatkan ???
Yang Pasti Setiap Pemeluk Agama MEYAKINI BAHWA AGAMANYALAH yang PALING BENAR.itu pasti.

jimboe
Apakah jika si pemilik blog menyampaikan pandangan tentang agamanya (dari situasi lagi ngetrendnya ayat2 cinta), itu dinamakan berbau SARA ?? kalau kita berbicara agama, kenapa kita selalu berpikir SARA?? Apakah SARA yang dimaksud itu ?? kenapa kita latah berkata ini SARA, itu SARA….???
Katakanlah di Islam boleh poligami, kalau di kristen dikatakan tidak (paling tidak gambaran pemilik) blog, so what ?? Cuman pandangan dari dua agama yang berbeda, jangan dianggap SARA, itulah pembelajaran… THINK POSITIF…!!

—Smoga Semua manusia seperti anda sobat…amin.

Tapi terlepas dari Itu Semua…
Smoga INDONESIA TETAP MERDEKA…
Dan mohon maaf jika ada salah kata…

HORAS…
ir`oelok

14 04 2008
amaduq01

ga kenal poligami tapi melacur…. sono lu ke laut aja..

Nonton filmnya Maaf Aku Mengahamili Istri Anda….

Senen.. senen,,,…. depok… depok…

14 04 2008
anto

benarkah budaya batak membolehkan mengejek budaya lain? benarkah kristus mengajarkan umuatnya untuk menyinggung perasaan orang yang lain keyainan.
Jephman, belajarlah lagi bagaimana ajaran agamamu.

14 04 2008
Iman Kristen

Horaaaaas….,
Saya dapat blog ini dari “Blog WordPress.com Yang Tumbuh Cepat.”

Lucu-lucu benget.

Fungsi karikatur memang berguna untuk menyentil dengan halus. Ini jauh lebih baik daripada omong/debat kasar. Demikian juga dengan fungsi lagu.

Kalau dilihat gambarnya memang lebih kearah: “Jangan beli kucing dalam karung.”

Cuman diambil thema “ayat-ayat cinta” yang mengandung “kontroversial” bagi sebagian orang. Coba judulnya bukan itu, tentu akan lain lagi reaksinya.

Sukses ma di hamu lae Jephman.
(He he he…, betul ndak tulisannya?)

Salam.

14 04 2008
Iman Kristen

Oh iya…, hampir lupa.

Lae Jephman juga menyentil “diri dan suku”-nya sendiri di conspiracy-theory.
http://jephman.wordpress.com/2008/03/13/conspiracy-theory/

Jadi saya pikir, seluruh gambarnya cukup adil/fair.

Salam.

15 04 2008
jephman

@ martuahami

minimal kita tidak ikut2an menjurus…
–> Kalau mengenai Baik-Buruk dan Benar-Tidak Benar apalagi dilanda propaganda bahwa sesuatu yang tidak baik jadi baik, anak2 jadi broken home dibilang baik2 aja, ibu2 menangis dibilang oke2 saja…HARUS ada yang berdiri dan menyatakan KEBENARAN dan KEBAIKAN

Logika Sederhana…
Premis :
1. Orang Batak Pantang Berpoligami
2. Orang Islam Memperbolehkan Berpoligami
dengan syarat sesuai dengan syariat Islam…
3. Ada Orang Batak yang beragama Islam
Kesimpulannya..
????
–> ada premis yang sudah saya tulis dan terlewat : Tidak sesuai dengan Firman Tuhan :). Mohon hati2 memberikan logika agar tidak menyesatkan. Firman Tuhan yang mana, tentu saja Firman Tuhan Kristus.

—justru tidak jadi masalah bahkan bagus sekali…
tapi biar tidak jadi perdebatan yang panjang, tidak salah masuk site, saran saya headernya ditambah dengan Kartun Orang Batak Kristen…

—> sudah saya tulis pak, di bagian “Tentang” mohon baca dulu dan jangan cepat naik darah

Kalo masih ada yang MENGKRITIK…Berarti dia Tidak bisa BACA.
—> sepertinya bapak yg begitu :)

Horas juga

15 04 2008
jephman

@ anto

benarkah budaya batak membolehkan mengejek budaya lain?
–> mengenai “mengejek” sudah saya jelaskan diatas. Kalau merasa terejek, itu urusan perasaan Anda. Banyak tulisan2 yang mengejek tapi kalau ikut “arus utama” gak ada yang protes seperti anda thd saya.

benarkah kristus mengajarkan umuatnya untuk menyinggung perasaan orang yang lain keyainan.
–> Kristus banyak mengkritik keyakinan orang lain (yahudi, helenisme, kafir). Tersinggung atau tidak itu tergantung orang yang menerima, berpikiran luas atau sempit, itu saja

Jephman, belajarlah lagi bagaimana ajaran agamamu.

–> Agama saya mengajarkan untuk mengasihi Anda. Dan mengasihi itu tidak membiarkan pembodohan merajalela.

15 04 2008
ir oelok

Tentang….

Batak, salah satu etnis besar di Indonesia namun terpinggirkan, sering didiskriminasi akibat agama, ditertawakan hanya karena logat bicara, dilecehkan karena adat budayanya. “Sudah Batak, Kristen pula” , anggapan pedas yang tak diucapkan namun sering terlontar dari perlakuan dari sesama anak bangsa.

Melalui blog ini seorang Batak mencoba bertutur melalui kartun. Agar image kasar, keras orang Batak membuat kita semua bercermin, mengkoreksi diri. Karena semua manusia dengan segala kekurangan dan kelebihannya adalah sama di mata Tuhan

—Sori kalo Tentang Penulis ini telah menginformasikan bahwa sang penulis adalah :
“Sudah Batak, Kristen pula”, saya hanya BACA sekilas karena dalam kutip saya kira tidak menggambarkan yang sebenarnya…Berarti Saya termasuk tidak BACA…hehee…smoga yang lain jgn sampe Tidak Bisa BACA…tq atas kritikannya…

Maju Terus Pantang Maju….
Udahan ah…takut tak berujung…
Sori bgt telah membuat yg laennya naik darah jg,he..

Sampe Ketemu di FORUM yang BerBeda.
ir`oelok

15 04 2008
jimboe

@martuahami (eks ketua HIMAKOM ???)
—justru tidak jadi masalah bahkan bagus sekali…
tapi biar tidak jadi perdebatan yang panjang, tidak salah masuk site, saran saya headernya ditambah dengan Kartun Orang Batak Kristen…
Jadi yang non Kristen tidak masalah utk mampir di site ini tapi jgn mengkritik kalo ada yang berbau Kristen…Kalo masih ada yang MENGKRITIK…Berarti dia Tidak bisa BACA.
Karena Pada Prinsipnya Agama adalah HAK AZASI yang Paling Mendasar yang dimiliki oleh setiap manusia..So..Apa yang harus diPerdebatkan ???
Yang Pasti Setiap Pemeluk Agama MEYAKINI BAHWA AGAMANYALAH yang PALING BENAR.itu pasti.

gini loh lae…menurut saya terlalu berlebihan kalau dibuat istilah2 Batak-Kristen di header, justru itu memberikan kesan kalau blog ini buatan seseorang yang berpandangan khusus ke kristen (dan pada akhirnya ada istilah2 SARA). Seperti yang saya sebut diatas, Agama hanya suatu atribut manusia (seperti konsep object oriented :D), di beberapa kartun saudara jephman buat gambar sopir angkot, apakah kita harus tambahin Batak-Supir di header…?? Saya pikir saudara jephman menggambarkan apa yang dia lihat, apa yang dia yakini, dan sampai sejauh ini tidak menyudutkan dan menjelek2kan suatu ajaran tertentu…

Terimakasih Ucok (?)

15 04 2008
jimboe

@anto
Coba sedikit berpikir aja….
Ketika saya lihat kartun saudara jephman tentang Ayat2 Cinta, yang saya lihat adalah pandangan keyakinan dia dan apa yang dilihatnya dari kecenderungan masyarakat batak.., itu aja, terlepas dari judulnya yang sedikit “menggelitik”. Apakah kita salah jika ikut2 trend ayat2 cinta dari pandangan yang berbeda ?? Apakah ayat2 cinta itu suatu istilah yang dipelintir dari suatu buku suci.., ayat2 cinta hanyalah sebuah istilah, jadi oke2 aja buat saudara jephman untuk menggambarkan apa yang dilihat dan diyakini…, sejauh yang saya lihat saudara jephman hanya menampilkan apa yang dilihat/alaminya dan apa yang diyakininya, bukan mencemooh suatu ajaran tertentu…

15 04 2008
jephman

@ Ir oeloek alias martuahami atau siapalah

Saya tahu orang Batak ada yang muslim, tapi bukan berarti kami ini tidak ada dan tidak boleh mengeluarkan pendapat.

Kalau Anda merasa terhina, atau saya dianggap melecehkan agama Anda, cobalah melihat dari sisi orang lain : apakah film “Ayat-ayat Cinta” tidak melecehkan agama lain? Disana digambarkan Maryam yg kristen berhasrat dipoligami dan dinikahi dalam keadaan koma. Coba posisinya digantikan Aisha…saya membayangkannya aja takut…TAKUT DIKEROYOK! Hehehehe :)

Btw, forum apa yang anda maksudkan?

17 04 2008
Djahutur Marbun

Mungkin yang dimaksud lae itu..Orang batak sejak kekristenan..

17 04 2008
rina

aku stuju dgn ito jephman,, smua bebas mengeluarkan pendapat. knp hrs diprotessss. cob seandainya AAC, versi kristen, wah bs haaccuuur bona pasogit dibuat halak sileban. dang songoni ito?????????

18 04 2008
Butar_S

Kalau masih ada yang naik phitam ,
karena mendengar Perdebatan ato mengutarakan pendapat ttg Si–SArA , Ach .. mereka belum Dewasa itu ,.. itu…makanya Manusia hanya terbawa pemikiran Socknya sendiri , Suku , Agama dan Ras itu memang harus dimengerti secara Meluas dan Pleksibilitas. .. Kayak org pintar Aku – Ya? , Thanks boss..boss

18 04 2008
alisyah

emang ada di kitab suci kristen yang melarang poligami?

21 04 2008
jephman

@ alisyah

gak baca ya? :P

24 04 2008
Leo Sinurat

Seru juga perdebatannya.. Saya cuma mau memperbaiki..
- Poligami artinya seseorang mempunyai pasangan (menikah) lebih dari satu orang untuk perempuan dan laki-laki.
- Poliandri artinya seorang istri memiliki suami lebih dari satu
- POLIGINI artinya SEORANG SUAMI memiliki ISTRI LEBIH DARI SATU.
Jadi tolong dimaklumi :D

24 04 2008
jephman

Mau Poligami kek, Poliandri kek, Poligini…terserah!
Semua HARAM hukumnya!

Tapi buat pencerahan, tolong dijelaskan juga:
Poliklinik, polisi dan Bob Tutupoli
:P

24 04 2008
wati

Salam kenal, Saya keturunan batak tapi nggak bisa bahasa batak & kurang memahami budaya batak karena saya lahir & dibesarkan bukan di lingkungan batak. Kartunnya lucu-lucu. Tentang poligami, terserah individu masing-masing. Kenapa kita umat beragama suka ikut campur ajaran umat agama lain. Kita tidak berhak mengolok-olok agama lain karena kita belum tentu lebih memahami agama orang lain. Kalau merasa agama kita lebih baik silahkan jadikan diri lebih taat lagi.

25 04 2008
JapeMethe

Saya menilai ini blog universal boleh dibaca siapa saja… suku apa saja… agama apa saja… tidak perlu ada pengkotak-kotakan… Nikmati saja kartunnya yg sangat membumi… mudah dicerna… lucu… unik… bagi yg kurang berkenan tinggal close saja windownya… bagi yg suka silahkan lanjut…. Terima kasih. (Klaten – Jawa Tengah).

25 04 2008
jephman

@ wati

Saya tak akan bereaksi kalau dalam film Ayat-Ayat Cinta tak digambarkan seorang wanita Kristen (Maryam) berhasrat dipoligami bahkan sampai murtad.

Reaksi karena ada aksi. Paham mbak? :)

25 04 2008
wati

Saya paham kok he he. Mudah2an yg nulis cerita AAC mengunjungi blog anda, walaupun mungkin terlambat. Sehingga dia tahu reaksi anda. Saya sendiri tidak setuju dengan cerita di filem AAC.

Selamat berkarya. Kartun2nya sangat menghibur walaupun kadang nggak tahu artinya.

28 04 2008
martinbudi

@ bang jephman
Kalau Anda merasa terhina, atau saya dianggap melecehkan agama Anda, cobalah melihat dari sisi orang lain : apakah film “Ayat-ayat Cinta” tidak melecehkan agama lain? Disana digambarkan Maryam yg kristen berhasrat dipoligami dan dinikahi dalam keadaan koma. Coba posisinya digantikan Aisha…saya membayangkannya aja takut…TAKUT DIKEROYOK! Hehehehe :)

Saya tak akan bereaksi kalau dalam film Ayat-Ayat Cinta tak digambarkan seorang wanita Kristen (Maryam) berhasrat dipoligami bahkan sampai murtad.

Reaksi karena ada aksi. Paham mbak?
———————————————————————–
Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu;(LUKAS 6:27)

Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu (MATIUS 5:44).

28 04 2008
jephman

Aaah…..jangan lupa juga dong ayat ini :

Ams. 26:5

Jawablah orang bebal menurut kebodohannya, supaya jangan ia menganggap dirinya bijak.

28 04 2008
martinbudi

:D…
yang bebal siapan ni bang…??

2 05 2008
jimboe

Masalah ayat2 cinta, cuman film picisan, yang gak lebih baik dengan sinetron2 di televisi… Kenapa gua katakan begitu, lihat saja bagaimana cerita permurtadan hanya karena “cinta”, bukan karena kebenaran dari suatu ajaran… udah biasa begitu, diluaran juga banyak, gak kristen, islam juga banyak kok, cuman karena jidat licin…, yang disayangkan oleh orang2 goblok, kadang mereka gak berpikir kritis, ada yang bangga karena seorang memeluk agamanya, tetapi bukan karena alasan yang kuat, itulah yang terjadi di masyarakat kita. Berduyun2 orang datang ke bioskop, katanya film dakwah, apa yang didakwah, dakwah cowok “cakep”?? Buakakakak, makanya dewasalah… gak ada yang bagus di AAC, nonton AAC sepuluh menit pertama, gua udah tahu fil apa itu, film yang sangat terbelakang, dari masyarakat entah berantah…!!!

2 05 2008
jimboe

@martinbudi
Begini lho, jangan menyalah artikan LUKAS 6:27 dan MATIUS 5:44. Kalau ada orang BODOH dan dengan kebodohannya itu dia “menyerang” orang lain, apakah kita harus diam aja…, kita harus memberikan reaksi, reaksi apa?, reaksi yang bisa membuat dia “bangun” dari kebodohannya. Kadang ada orang2 yang ekstrim, yang memang udah bodoh tapi bebal…, apakah itu harus diperlakukan dengan lemah lembut, terkadang kita perlu memakai “kayu” untuk mengajar orang2 yang kita kasihi…

Jadi kalau lu baca kutipan yang ditampilkan saudara jephman

Ams. 26:5

Jawablah orang bebal menurut kebodohannya, supaya jangan ia menganggap dirinya bijak.

Itu udah menjelaskan bahwa seseorang harus diperlakukan sesuai dengan perilaku orang itu, tetapi tetap dalam konteks membangun, dan dengan kasih….

6 05 2008
martinbudi

oooo *manggut-manggut*

6 05 2008
flavianna

film AAC,khususnya tokoh maryam membingungkan,digambarkan dia agamis,tp dngn mudahnya dy perpindah agama

6 05 2008
flavianna

aq sbgai cwe katolik,ngarasa miris bgtz cos,udah ada 5tmn cwe yg aq knal,n seagama berpindah keyakinan hanya krn pernikahan!!bobrok bgt yah iman mereka!!!pdhl sblmny mrka taat beragama!!!ditambah nnton ayat2 cinta ktmu lg ma tokoh maryam!!makes me sad

6 05 2008
parsilangit

unang mabiar lae jephman, ribak torus. ini bkn anarkis,ini bukti kecintaan sesama halak hita.
horas tano batak
horas siborongborong

10 05 2008
daeng limpo

Saya hanya ingin menanyakan apakah benar setiap laki-laki itu ditakdirkan untuk berjodoh hanya dengan seorang perempuan atau mungkin ada beberapa laki-laki yang memang ditakdirkan untuk memiliki jodoh lebih dari satu….? demikian juga sebaliknya….?
Lalu bagaimana jika mereka bercerai dan kembali menikah karena menemukan “jodoh” mereka yang kedua (bukan orang yang sama). Apakah ini berarti setiap laki-laki tidak mesti berjodoh dengan seorang wanita. Demikian juga sebaliknya.
Mengenai film AAC saya kok gak tertarik ya untuk menonton.

–salam kenal–

12 05 2008
jephman

@ daeng limpo

Saya pikir dalam kekristenan tidak ada yang namanya “takdir”.
Tuhan memberikan Pilihan Bebas thd manusia. Tuhan memang mengetahui apa yang akan dipilih dan bagaimana kelanjutannya, tapi tetap pilihan ditangan kita. Kita sudah diberitahu, diajari dan diperlengkapi dengan otak dan hati untuk memilih mana yang baik dan benar, sekali lagi tinggal keputusan ditangan kita.

Bercerai hanya boleh kalau salah satu pihak berzinah (selingkuh misalnya). Walaupun jaman sekarang alasan tidak cocok atau dll memuluskan perceraian.

Kalau sudah bercerai dan menikah lagi dengan orang lain ya tidak apa2. Dan ini bukan poligami namanya.

12 05 2008
daeng limpo

@jephman
lalu bagaimana pandangan anda tentang seorang bayi yang belum sempat /belum bisa memilih…. dan kemudian meninggal…? (kalau menurut saya ini adalah takdir atau kuasa Allah).
***maaf, kalau OOT tidak usah ditampilkan***
—salam—

12 05 2008
jephman

Ada perbedaan “takdir” dalam poligami dengan “takdir” soal bayi diatas
“Takdir” dalam poligami menuntut kita MENENTUKAN PILIHAN.
Kasus bayi diatas, sang bayi tidak memiliki pilihan.

Jelas bedanya.

12 05 2008
daeng limpo

@jephman
OK, mungkin pertanyaan saya tersebut tidak cocok untuk topik ini. Karena saya hanya ingin pendapat anda tentang takdir bayi yang saya maksud. Mengenai monogami atau poligami, saya menghormati apa yang anda yakini.
—salam—

12 05 2008
Erwin Baja

Salam kenal @ Daeng Limpo,
Saya setuju kalo positing terakhir Anda tentang takdir bayi kelihatannya sudah tidak cocok untuk topik ini. Tapi satu hal, saya respect dengan kata2 Anda terakhir :’..saya menghormati apa yang Anda yakini’. Keinginan saling menghormati keyakinan masing2 itulah yang sudah pelan-pelan menghilang dari negara ini… :-(

12 05 2008
jephman

Ok. Sering-sering berkunjung pak! :)

12 05 2008
ucok

@ Erwin baja

betul Bang. kelihatannya perlu kita belajar dari generasi2 jaman 45an.
Budi Pekertinya malahan bagus padahal mereka masih produk jaman kolonial. Kira2 perlukah kita ganti kurikulum lagi :)) (padahal 5 taun sekali deh perasaan ganti kuikulum)
Indonesia sekarang kembali memberikan pelajaran bukan pendidikan.

… Itulah Indonesia

13 05 2008
jephman

Jaman itu masih banyak orang nasionalis yang menghormati kebhinekaan

Jaman sekarang Pancasila secara sistematis dan tahu-sama tahu mau diganti dengan dasar hukum agama

Itulah Indonesia sekarang

10 06 2008
Freddieh Butarbutar

@ pangonjat : Tuhan Yesus tidak pernah melarang berpoligami????

baca lagi Alkitab,IMHO, didalamnya jelas-jelas Yesus melarang pengikutnya berpoligami….(Allah membiarkan tokoh diperjanjian lama berpoligami karna kedegilan hatinya…jadi yang berpoligami menurut alkitab adalah yang degil hatinya..)

saya setuju dengan lae jephman..

AAC?? kok yang nonton gak mrasa jengah ya??

11 06 2008
aq

ga ada gunanya debat kusir….
mo kasih argumen apapun..
mo kasih ayat dari kejadian – wahyu..
pantesan org kristen ga diterima..
yah kek ginilah….
lagian kenapa mereka takut, karena mereka salahlah..
makanya mereka suka cari2 kesalahan..
mana ada org salah yg takut,
suka cari2 celah..
suka menghujat..
kalo kita menghujat balik…apalah beda kita sama org itu..
jadi tanpa kita lawanpun.
sebenarnya kitalah yg benar… dan mereka tau itu,..
(krn taunya makanya cari2 yg salah)
biar Tuhan yg bukakan hatinya…

ido tahe..?? ima tutu

13 06 2008
togarsilaban

Pertanyaan Daeng Limpo tentang bayi yang mati dalam kandungan ibunya.

Kalo saya tidak salah, (kalau salah tolong dibetulkan), anak (bayi) itu mengikuti iman ibunya. Itu sebabnya ketika anak masih kecil dan belum dibabtis atau lepas sidi (mengaku percaya), ia beriman kepada Kristus mengikuti iman orang tuanya. Barulah setelah ia “lepas sidi” ia beriman sesuai dengan apa yang dipelajarinya pada waku mengaku percaya (sidi).

Mudah-mudahan bisa menambah informasi yang OOT.

17 06 2008
rajasimarmata

wah perdebatan yang ga akan habis sampai dunia ini kiamat. dalam zaman ini mungkin kita perlu memahami nilai-nilai yang berlaku. pada zaman dahulu poligami mungkin boleh nah pada zaman sekarang dengan segala perubahan nilai yang dianut masyrakat akan ada pertentangan. dipihak yang satu sutuju dipihak yang lain tidak, mungkin perlu disadari bahwa nilai yang dianut setiap zaman itu berbeda. dulu mungkin menyembah pohon, binatang dll itu dianggap biasa nah sekara ng ? hati-hati brur bisa dianggap anismisme dan sejanisnya…
semua itu tergantung nilai yang kita anut . salut buat penulis…. terus berkarya

18 06 2008
batuhapur

di blog ini sudar terjadi pro dan kontra…. banyak yang kontra dan memberi nasehat dan anjuran supaya tidak berbau agama.. yang katanya bisa berbahaya dan segala macam ketakutan…

saya sangat mendukung lae Jepham atas karyanya… biar orang kristen terutama orang batak yang membaca biar terbuka pikirannya… apa yan terjadi di negeri tercinta ini. biar mereka lebih kritis dalam memahami suatu hal….

sebagai orang batak di blog ini gak usah takut… justru kita takut kita di obok2…. mudah2han ngerti maksud saya.

HORAS.

19 06 2008
victor

mantap kali lae … two thumbs up …

terus terang gw pertama kali liat kartun lae dari forward email temen yang ikutan milis batak, asli ngakak gw liatnya… gw pikir cm gw aja, ternyata temen2 yg gw forwardin mail itu juga ternyata sama..

keep up the good work lae… sayang gw cm bisa liat blog ni di warnet, karena akses internet di kantor gw dibatesin… hikz..

26 06 2008
jakkirik

Sok Munafik nya itu semua
bawa bawa Agama untul melampiaskan Nafsu Setan nya
HahHAhaHahaHa
Daripada maen Pelacur buat jelek image nya bagus poligami .. gretongg nekkk gretongggg

27 06 2008
jephman

@ jakkirik
waduh!! bukannya lebih baik gak main pelacur dan tetap setia pada 1 istri ?

karena gratis kesetiaan jadi nomer 2 ya? :P

13 07 2008
Robert Manurung

Perdebatan ini baik dan berguna (mudah-mudahan). Bisa mencerahkan bagi yang sudah dewasa dan matang, serta mendewasakan buat yang sedang berproses menjadi matang–dalam menghayati dan melakoni harmony in diversity.

Bagi kedua belah pihak (Islam & Kristen) ini sebuah penyadaran bahwa saling menghargai dan toleran itu harus berlaku timbal balik, barulah kita dapat hidup bersama dan membangun masyarakat bangsa yang harmonis.

Kalau pemeluk agama Kristen mau belajar toleran dan bahkan mengalah; alangkah eloknya jika pemeluk agama Islam mau melakukan hal yang sama.

Posisi sebagai mayoritas tentu akan lebih memudahkan bagi kaum muslim untuk bersikap rileks, dan percaya diri, dalam pergaulan antar umat beragama di negara Bhinneka Tunggal Ika, yang berasaskan Pancasila ini.

Merdeka!

P E A C E !

14 07 2008
jephman

Bersembunyi dibalik toleransi nasionalisme/pluralisme atau apapun tidak membenarkan negatifnya nilai moral poligami.

Ini dibuktikan oleh samanya semua penilaian peradaban manusia thd poligami, bukan hanya satu-dua suku bangsa dan mengaku-ngaku itu “kata Tuhan” dan main telan tanpa berfikir dan cek ulang secara JUJUR ke dalam hati masing-masing.

Saya tantang :
BARANGSIAPA YANG MENDUKUNG POLIGAMI, BERSEDIAKAH ANAK KANDUNG/SAUDARA PEREMPUAN/IBUNYA SENDIRI DIPOLIGAMI ?

Kalau mau dipoligami sama kakek-kakek yg punya belasan istri lebih hebat lagi. :P

14 07 2008
Menggugat Mualaf

kenapa kesannya jadi seperti membeli kucing dalam karung yaa?? hehehe, satu yang pasti, tetap ada yang mau beli.. ya kan bang??

15 07 2008
jephman

yang beli siapa dulu bu
yang rakus duniawi pasti

mau ada yg beli juga gak bikin karungnya jadi sutra

15 07 2008
Menggugat Mualaf

hehehe, saya ga nonton AAC jadi ga tahu persisnya nih, karungnnya sutra atau tetap karung goni.. :D maaf, becanda..
yang pasti, manusia memang suka tidak bener-bener mengenali dirinya bang..
masih sebatas teori ttg mereka dari yang di luar mereka. jadi maklumlah..
dan bukankah hidup dan sejuta pilihannya akan tetap mengajari manusia akan siapa dirinya -sesungguhnya..??

15 07 2008
sarael

Horas…

Pertama kali saya dapat email dari seorang tema ttg kartun orang batak, ternyata isi kartun tersebut sungguh lucu, unik, sekaligus menyentil kebiasaan orang batak. hahahaha

Ternyata setelah saya telusuri, rupaya yang bernama Jephman inilah yang membuat karya tersebut.
Saya sungguh bangga dengan lae. Ini bukan pepesan kosong, tapi saya bangga dalam pengertian adanya kehadiran karya2 lae dalam bentuk kartun ini. Media yang lae ambil sungguh bagus. Selain tulisan, gambar merupakan media yang baik untuk dapat mempengaruhi orang.

Tetap berkarya lae. Selalu pertahankan bahwa karya yang lae buat bukan karena emosi semata tapi karena lae ingin membagikan kebenaran. Walopun banyak orang berkata bahwa kebenaran itu absurd, Tapi setidaknya kita punya yang namanya Kebenaran.

Gbu

15 07 2008
jephman

@ menggugat mualaf

Masalahnya kalo yg mengajarinya ngaku2 dapat firman tuhan lantas melanggarnya sendiri….itu siapa sesungguhnya bu?

17 07 2008
naroito

@pangonjat, @batubaranews, @parbada (sahali maddok ma au ate..)

“Orang batak pantang berpoligami” Opung nami, orang batak aseli, banyak yang poligami. Artinya statemen itu debatebel
————————————————–
>>. saya setuju sama lae jephman, poligami di tanah batak jauh sebelum
agama kristen masuk tanah batak. Setelah orang batak menganut agama
kristen, poligami itu dilarang, bukan karena takut kepada saudara, adat
atau apapun, tapi hanya takut kepada Tuhan Yesus. That’s all. Kalau ada
yang masih poligami ya monggo.. bukan urusan gue… hehehehe
Mauliate godang tu Amanta Jesus karena dia kirim Nomensen ketanah batak

>>. debatebel=???

“Poligami tidak sesuai dengan firman Tuhan” Daud, Salomo, Ester berpoligami. Artinya statemennya juga debatebel.
————————————————–
>>. FYI, Daud, Salomo, Ester BUKAN ORANG KRISTEN, dan itu bukan berarti
Tuhan menyuruh Daud, Salomo dan berkata, ayo, kalian kawin lagi
laki-laki : perempuan 1:5 atau 1:10 dst… weks… parno sekali tuhan itu
kalo gitu

Kalo statemennya adalah ‘poligami tidak baik karena bla…bla…bla…’ mungkin lebih OK
————————————————–
>> Bukan masalah baik dan tidak baik. Tapi Tuhan Yesus melarang, titik!
Kecuali anda bukan orang Kristen atau Kristen yang tidak mengenal Yesus
ya itu terserah Anda, toh Tuhan Yesus ngga pernah memaksa

————————————————–
ambigius-, apakah sebelum kristen masuk adat batak tidak baik (semuanya) atau hanya poligaminya
>> Mungkin lae lebih tau banyak, kenapa ngga menceritakan ke kita?

—————————————————————-
Hampir tidak ada sesuatu yang mutlak didunia ini, termasuk poligami ‘boleh atau tidak boleh’ ‘baik atau tidak baik’ Terdapat banyak kondisi yang menganjurkan poligami.
Misalnya pd perkawinan istri lebih tua dari suami, maka diumur 40-an suami masih sedang jaya-jayanya, istri mulai menopouse. Cilakak bener bila suami sedang bergairah, istri melempem. Kalo solusinya suami ngalah nyari hobi yang laen misalnya mancilng atau maen layangan, akan dihadang risiko kanker prostat. Di jepang (dulu) biasanya istri yang nyariin jajanan suami, kalo lagi sakit/dateng bulan shg tidak ada masalah dg poligami.

>> Semakin anda ber-andai², semakin banyak paradoks yang muncul
Pake logika anak TK aja, kalau sayang sama keluarga (isteri & anak bagi yang beristri), janganlah menghianati mereka. That’s all bro

17 07 2008
naroito

@martuahami

Tapi Bahasannya Berbau Agama…
Ati2 lho..skrg UU ITE dah Berlaku, jgn sampe di PENJARA karena contentnya ber bau SARA… [Hanya Mengingatkan...]

>> terlalu paranoid menurut gue. fyi, pemerintah sibuk korupsi, pesimis gue kl pemerintah bisa mengurusi hal² yg mid-tech (apalagi hi-tech ya.. hehehehe)

>> gue setuju lae jepham, dimanapun kita, sebagai orang batak harus menunjukkan identitas asli, yaitu: santun, sympatize, berani, par-adat, par-gareja. Asa gabe jolma halomoan ni Debata, halak batak diluat portibi on, songon tamiang ni oppunta si Nomensen

17 07 2008
Olanto

Sebagai pengunjung yang baru datang di blog ini saya menyampaikan salam “Parhorasan ma di hita sasudena”.
Saya pikir dialog / diskusi yang didasari oleh sudut pandang yang berbeda biasanya tidak pernah menghasilkan suatu kesimpulan, dalam bahasa ecek-ecek kita katakan “sampai lebaran kodok tidak akan klar-klar.” ( maaf, tidak ada maksud untuk melecehkan, maksudnya kodok itu tidak pernah berlebaran ). Artinya kalau dialog itu diharapkan dapat menghasilkan kesimpulan maka peserta dialog harus dapat menyamakan persepsi ( mencari kesamaan ) dan mengurangi ( mengeliminasi) perbedaan agar diskusi bisa berlanjut. Sehingga para peserta akan lebih sering mengatakan “KITA”, dia akan sedikit bicara tentang ‘AKU” “DIA” , ‘KAMI” “MEREKA”; malahan dia berusaha membatasi diri untuk mengatakan itu.
Agama Jahudi, Kristen dan Islam adalah agama yang menyembah Allah yang disembah oleh Abraham / Ibrahim. Uraian ini silahkan lihat di http://blogberita.net/2008/06/22/islam-kristen-bisa-akur-bila-imani-sejarah/
Jadi sebenarnya umat Jahudi, Kristen dan Islam menyembah Tuhan yang sama , cuma namanya berbeda ( sesuai bahasa masing2) yaitu Yahwe ( Israel ) ALLAH SWT ( Arab ) , GOD ALMIGHTY, DEBATA ( Batak), ALLAH, DIEU (Perancis).
Jadi agama Jahudi, Kristen dan Islam itu berbeda dalam tata ibadahnya yang disusun oleh para pemimpin agama / iman/rasul/ Parisi/ apostel berdasarkan persepsinya tentang ajaran nabi Musa , Yesus Kristus dan nabi Muhammad SAW.
Salam damai

17 07 2008
jephman

@ Olanto

Seperti yg sudah saya bilang : “Bersembunyi dibalik toleransi nasionalisme/pluralisme atau apapun tidak membenarkan negatifnya nilai moral poligami.”

Kalau Yahudi&Kristen-Islam itu berasal dari Tuhan yg sama MENGAPA HASIL WAHYUNYA BERBEDA? Bahkan bertolak belakang satu sama lain (dalam hal ini poligami). Apa Tuhan yg disembah plin-plan dari wahyu ke wahyu?

Yahudi tidak pernah menganggap dirinya sama dengan Kristen walaupun bersaudara. Begitu juga Islam, apa mau Islam disamakan dgn Yahudi?
Setahu saya Yahudi malah ditulis keturunan babi dan monyet tuh. Dan dikatakan Yesus akan membunuh babi dan menghancurkan salib.

Jadi dimana samanya ? ? ?
Malah ada nuansa rasisme dan kebencian disana.

Hanya karena ingin menengahi perbedaan pendapat harus menomor duakan prinsip? Maaf, ini bukan hanya, naif tapi juga sekali lagi maaf : OTO.

Perbedaan bukan hal untuk ditakuti. Perbedaan harus dihormati.
Tapi kalau salah satu memaksakan pendapatnya kepada yang lain, tentu ada hak jawab dari pihak lain. (Ingat, ini terkait awal mulanya krn film “AYAT2 CINTA). Apalagi digambarkan seolah2 Maryam yg kristen berhasrat di poligami sampai murtad.

DAN INI YANG PENTING:
ABRAHAM TIDAK PERNAH MENJADI PENENTU ASAL MUASAL IMAN MANUSIA. Ia hanya nenek moyang bangsa Semit.

Masalah ada yang ngaku-ngaku menyembah Tuhan yang sama, itu hak dia mengklaim. Yang pentingkan isi wahyunya sama, kalau ada perbedaan wahyu itupun MASIH urusan dia.

Tapi……..kalau dia memaksakan perbedaan itu kepada yang lain (spt film tsb diatas misalnya) baru ada masalah disana.

Paham lae?

17 07 2008
Olanto

@jephman,
Sorry, saya baru membahas mengenai tata ibadah agama yg berbeda sbg akibat dari persepsi manusia dalam menghayati ajaran agamanya; dan setahu saya tata ibadah agama Kristen tidak ada mengatur polygami. Tapi namun demikian saya dapat mengerti maksud anda tentang ” nilai moral poligami” memang lebih banyak dampak negatifnya daripada yang plus.
Dalam Perjanjian Lama secara literally tidak ada disinggung mengenai poligami, memang ada Abram ( Abraham ) yang memperisteri Hagar atas permintaan Sarah isterinya demi mencari keturunan. ( Kejadian 16 : 3 – 4 ). Hagar – orang Mesir adalah hamba dari Sarah .
Kasus yang sama terjadi pada anak – anak perempuan Lot, demi adanya keturunan dari LOT , tanpa sadar Lot incest dengan kedua anak perempuannya setelah Lot dibuat mabok. (Kejadian 19: 32 – 35). Dalam Perjanjian Baru prsoalan tentang polygami setahu saya juga tidak pernah dibicarakan, yang ada tentang perkawinan dan mengendalikan diri dari perjinahan ( 1 Korintus : 7 ) .
Jadi setelah menonton Ayat – ayat cinta anda berkesimpulan – saya kutip pernyataan anda – ” digambarkan seolah-olah Maryam yg kristen berhasrat
di poligami sampai murtad.” menurut saya terlalu subjectip. Orang lain yang non Islam mungkin akan berpendapat lain. Lagian kan urusan seperti ini adalah urusan masing-masing dengan Tuhan yang disembahnya kan ?
Benar atau tidak, kita manusia tidak berhak menghakimi, kelaki Allah sendiri yang memutuskan kebenaran itu pada hari penghakiman.
Peace

17 07 2008
Olanto

@jephman
Pendapat anda ( saya kutip ) “Masalah ada yang ngaku-ngaku menyembah Tuhan yang sama, itu hak dia mengklaim. Yang pentingkan isi wahyunya sama, kalau ada perbedaan wahyu itupun MASIH urusan dia. Tapi……..kalau dia memaksakan perbedaan itu kepada yang lain (spt film tsb diatas misalnya) baru ada masalah disana. “ saya setuju sebagian dengan pendapat anda, tapi tolong diingat film Ayat-ayat cinta hanya merupakan sajian hiburan bukan dakwah, jadi kita yang menontonnya tidak usah terlalu menanggapinya dengan serius.
Dan harap diingat Yesus Kristus datang bukan dengan membawa aturan yang menekankan pada yang boleh dan tidak boleh, akan tetapi Yesus lebih memfokuskan kepada pemahaman terhadap kehendak Allah, dan sikap yang benar dalam hubungan dengan Allah, maupun dengan sesama manusia serta keteguhan iman yang berkenan di hati Allah dalam menjalankan segala perintah Allah.
Pemahaman ini yang diutarakan Yesus kepada kaum Parisi ( iman umat Jahudi antara lain adalah :
1. Yesus mengatakan bahwa kedatanganNya adalah untuk menggenapi Taurat, DIA menyimpulkan bahwa Taurat itu adalah wujud kasih manusia kepada Allah ( Taurat 1 s/d 4 ) dan kasih kepada sesama manusia. ( Taurat 5 s/d 10 ); sehingga manusia tidak lagi dibawah kuasa Taurat, artinya manusia tidak perlu lagi selalu merasa berdosa, kalau sudah bertobat dan mengasihi Allah dengan segenap hati dan jiwanya, dengan segenap akal budi serta kekuatannya, dan mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri; jauh lebih utama dari ibadah – ibadah ritual ciptaan manusia ( Markus 12 : 30 – 33 ); karena dengan memiliki kasih seperti itu kita manusia tidak lagi dikuasai keinginan daging, tapi hidup dalam ROH yaitu hidup suci dan beriman dan patuh kepada perintah dan kehendak Allah.
2. Kemudian dalam tata ibadah Sabat dari Jahudi, Yesus menjelaskan alasanNya kenapa DIA menyembuhkan orang sakit pada hari Sabat. (Markus 2 : 27 dan Markus 3 : 4 ) yaitu : Kasih kepada sesama manusia lebih utama dari pada aturan Sabat, karena aturan itu dibuat untuk manusia bukan manusia untuk hari Sabat.
3. Juga tentang aturan tentang makanan yang haram Yesus mengajarkan bahwa semua makanan yang diciptakan Allah adalah halal , (I Timotius 4 : 4)
Jadi pemahaman yang disampaikan Yesus kepada para orang Parisi dan ahli Taurat adalah untuk mengkoreksi persepsi yang keliru dalam memahami ajaran nabi Musa tentang Taurat, makanan yang haram dan hari Sabat, makanya Yesus disebut PEMBAHARU ( REFORMATOR ). Agar para murid lebih mudah memahami apa yang dimaksud Yesus, maka DIA sering memakai perumpamaan – perumpamaan.
Saya kutip pernyataan anda “Hanya karena ingin menengahi perbedaan pendapat harus menomor duakan prinsip? Maaf, ini bukan hanya, naif tapi juga sekali lagi maaf : OTO. “ disini saya jelaskan bahwa umat Kristen bukannya tidak merasa gusar dengan semua penyerangan dan pelecehan, bukannya takut membalas karena minoritas, tetapi mereka percaya bahwa Yesus sudah mengalami yang lebih dasyat, lebih sakit, lebih memalukan, tetapi Yesus setia sampai mati dan bangkit lagi, demi melepaskan mereka [yang percaya] dari cengkeraman kuasa dosa dan maut.
Itu sebabnya secara rohani ( walaupun gusar dan bisa berbuat sesuatu ), umat Kristen bertahan untuk taat kepada kemimpinan dan keteladanan Yesus, tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, tetapi mengampuni orang-orang yang melecehkan; karena orang-orang ini tidak mengerti apa yang diperbuatnya. Ada keyakinan bahwa membalas dengan ganti melecehkan apalagi sampai menumpahkan darah, itu akan menyedihkan Tuhan, itu adalah pengingkaran terhadap perintah Allah Yang Maha Tinggi, bahwa hanya Allah saja yang berhak untuk menghakimi. Biarlah Allah sendiri yang membuka tabir misteriNya nanti di akhir jaman, dan semuanya akan disempurnakan. Pada saat itulah semua kebenaran yang sejati akan terbuka dan akan menjembatani semua perbedaan selama ini.
Selain karena ketaatan kepada keteladanan Yesus, umat Kristen memahami dan percaya bahwa secara rohani melalui Abraham (Ibrahim) sebagai bapa orang yang beriman, maka orang Yahudi dan orang Islam adalah saudara. Dengan begitu “ KITA” ( umat Jahudi, Kristen dan Islam )akan melihat satu sama lain sebagai saudara, bukan saingan, bukan musuh, bukan untuk dijelekkan, bukan untuk direndahkan satu dari yang lainnya, tetapi untuk dikenal dan dipahami satu sama lain tanpa menghakimi.
Orang Kristen yang membaca Alkitab akan menghormati sesama pemeluk agama yang menyembah Allah Abraham. Kekristenan lahir justru setelah kematian Yesus, demikian pula Islam ada setelah ada Nabi Muhammad.
Jadi menurut hemat saya, orang Kristen yang menjadi gusar termasuk yang menjadi pahit dan mengeluarkan kata-kata hujatan di forum ini, sebenarnya sudah mengingkari identitas kekristenannya.
Syalom

18 07 2008
lohot simanjuntak

@Olanto
saya pribadi hampir gak bisa membedakan emas dan suasa,bahkan air dan minyak pun bisa satu wadah namun gak akan bisa bersatu,bahkan putih cat kuburan hampir sama dengan gedung putih,namun dari buah nya engkau tahu pohon nya
salam

18 07 2008
jephman

Dari ulasan Olanto yg singkat tapi lebar bahkan sampai meluber kemana-mana itu TETAP TIDAK MENGHILANGKAN NILAI NEGATIF DARI POLIGAMI.

Kalau dibilang Kristen tidak jelas mengenai masalah poligami, maaf, anda salah!. TIDAK PERNAH DITULIS : “Sebab itu anak laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya, dan BERSATU, BERDUA, BERTIGA, BEREMPAT dan BERLIMA dengan ISTERI-ISTERINYA sehingga KEDUANYA, KETIGANYA, KEEMPATNYA, KELIMANYA menjadi satu daging.”

Juga Yesus dengan jelas menjelaskan kalau karena KEDEGILAN hati merekalah Abraham diperbolehkan berpoligami. Ini jelas-jelas KETERPAKSAAN, dan Tuhan memang menepati janjinya memberikan keturunan bagi Abraham BUKAN DARI HASIL POLIGAMI. Dan anda sendiri menulis akibat dari poligami : broken home, anak jd tukang mabok (kalau sekarang jd pemakai narkoba kali), incest, pemberontak thd orang tua, dll.

Olanto : “Jadi setelah menonton Ayat – ayat cinta anda berkesimpulan – saya kutip pernyataan anda – ” digambarkan seolah-olah Maryam yg kristen berhasrat
di poligami sampai murtad.” menurut saya terlalu subjectip.
>> Film itu sendiri yang menggambarkan : Maryam yg kristen murtad karena mau dikawini bahkan dipoligami. :P Mana subyektifnya?

Olanto : “Orang lain yang non Islam mungkin akan berpendapat lain.”
>> Itu urusan mereka. Kalau saya, lahirlah kartun ini. Memangnya gak boleh saya bersuara?

Olanto: “Lagian kan urusan seperti ini adalah urusan masing-masing dengan Tuhan yang disembahnya kan ?”
>> kalau tidak mengambil tokoh Maryam, itu memang urusan masing-masing. Paham?

Olanto :”Benar atau tidak, kita manusia tidak berhak menghakimi, kelaki Allah sendiri yang memutuskan kebenaran itu pada hari penghakiman.”
>> Selama “kebenaran” itu tidak dipaksakan kepada pihak lain, GAK ADA MASALAH dan saya tidak menghakimi, tapi kalau dibilang dalam kekristenan boleh dipoligami bahkan sampai murtad, apa gak boleh memberikan jawaban yg dari sisi kita? APA ITU MENGHAKIMI?

Olanto : “Jadi menurut hemat saya, orang Kristen yang menjadi gusar termasuk yang menjadi pahit dan mengeluarkan kata-kata hujatan di forum ini, sebenarnya sudah mengingkari identitas kekristenannya.”
>> bisa ditunjukan dimana KATA-KATA HUJATAN itu?

Yesus tidak pernah mengkritisi agama lain? ITU SALAH BESAR.
YESUS justru sangat vokal mengkritisi dan menjawab para ulama Yahudi, Farisi, Saduki, Helenisme, atheisme, dll.

Yesus tidak pernah menjawab ketika prinsip2Nya diselewengkan? ITU SALAH BESAR. Hampir semua ajarannya itu meluruskan apa yg sebenarnya menjadi kehendak BAPA di surga yg telah dicampuradukan manusia dengan KEINGINAN DAGING.

Maaf, memang saya bodoh dan tolong dijelaskan ttg semua kutipan Anda dari Alkitab ttg kedatangan Yesus yg adalah untuk menggenapi Taurat, tata ibadah Sabat dari Jahudi ttg hari sabat, dan makanan yang haram. NYAMBUNGNYA DIMANA DENGAN TEMA POLIGAMI DAN FILM AYAT-AYAT CINTA? ;)

Kutipan diatas juga gak kelihatan nyambungnya dengan pluralisme yg anda coba ajukan disini. Saya malah mendapat kesan kalau anda MAIN COMOT AYAT, supaya kelihatan berbobot. Kalau Anda menganggap Abraham itu bapaknya segala orang beriman, anda verifikasi dulu, itu siapa yang menyatakan, kepada siapa dikatakan, dan dilatar belakang apa dinyatakannya. Karena hasilnya akan mengejutkan jika salah satu pihak mengatakan pihak lain itu keturunan babi dan monyet, karena itu artinya Abraham itu babi dan Sara itu monyet. Apa itu yg kita inginkan?

Saya tidak alergi dengan istilah agama samawi, sama-sama keturunan Abraham atau apalah, itu boleh-boleh saja selama masing-masing tidak memaksakan pendapatnya kepada pihak lain.

Kalau hal itu terjadi, maka saya memiliki hak jawab.

Dan itu bukan menghakimi.

Paham?

18 07 2008
naroito

@Olanto

Horas lae. Aha kabar? Sehat do hamu?

>>Agama Jahudi, Kristen dan Islam adalah agama yang menyembah Allah yang disembah oleh Abraham / Ibrahim. Uraian ini silahkan lihat di….

>>Jadi agama Jahudi, Kristen dan Islam itu berbeda dalam tata ibadahnya yang disusun oleh para pemimpin agama / iman/rasul/ Parisi/ apostel berdasarkan persepsinya tentang ajaran nabi Musa , Yesus Kristus dan nabi Muhammad SAW

1. Yahudi mengakui YHWH tetapi tidak mengakui YESUS yang adalah MESIAS
Padahal YHWH adalah YESUS sendiri

2. Allah ??? Allah di Indonesia disadur dari bahasa/budaya lokal Indonesia, dari agama saudara kita ismail. Ada historisnya kenapa
menggunakan nama Allah, artikelnya ada dirumah, kapan² saya paste disini.
Kenapa Allah TIDAK SAMA dengan YHWH?
Allah adalah Jat (menurut agama Ismail) dan bukan gelar, bukan Elohim. Kalau Elohim yang kemudian di lafalkan jadi Allah berarti Allah itu bukan Jat, tetapi gelar.

3. Allah Ismail tidak sama dengan YHWH yang kita sembah, jadi kalau lae bilang sama, NOT AT ALL

4. Alkitab yang kita pakai sekarang memang tulisan manusia, yang pasti ada kesalahan, mungkin penyaduran bahkan bahasa. Demikian juga kata Elohim atau Adonai diterjemahkan menjadi Allah dan Tuhan, sedangkan YHWH diterjemahkan jadi ALLAH (capital). Tuhan Allah >dan setahu saya tata ibadah agama Kristen tidak ada mengatur polygami.

1. ABSOLUTELY WRONG. Dasar ajaran Kristen adalah ALKITAB, dan Alkitab mengajarkan hanya boleh mengawini 1 saja perempuan utk dijadikan isteri
Kalau Lae bilang tata ibadah kristen tidak ada mengatur poligami, waduh… anda mempercepat Tuhan Yesus datang… hehehehe. Itu pasti gereja yg mbalelo

2. Poligami menurut gue sih, ALL ABOUT SEX. Cobalah tanya hati nurani masing². Kalau emang kt-nya utk menolong, ya tolong aja, bisa lwt transfer duit ke rekeningnya, kirimin sembako dll…

Rimpunanna:
Inti ni na niajarhon ni Tuhan Jesus holan sada: GABE HOLONG NA MANGOLU songon Tuhan i manghaholongi hita, naung pinatuduNa tu hita 2000 taon na salpu.
Dang tuaha bibel-on anggo dosa dht hajahaton do na niulana. TITIK!

4 08 2008
Leo Siahaan

benar sekali lae karya mu itu bah salam kenal lah kita.memang banyak kali pun minyak2 orang nih.semuanya dengan mereka yang harus halal tapi dimakan juga sampai keampas2 nya semua sama mereka.maju terus lae upah mu besar disorga.

12 08 2008
bilik2engeline

Horas…
ha ha ha..banyak rupanya yang kepancing ya…
nah yang kaya begini ini yg cepat ikut demo lho. Sudahlah…semua boleh punya pendapat dan keyakinan masing masing kok. Mau cari benernya pasti banyak, mau cari salahnya pasti lebih banyak. Satu hal…jangan lupa..menghakimi hanya menjadi haknya GOD lho ya… Tuhan berkati..

25 08 2008
ucok gultom

Lae Jephman,

ketika seorang pembuat karya karikatur terpancing untuk mengomentari apa yang menjadi komentar terhadap karya itu, bagi saya jadi tidak “asik” lagi. Leonardo da Vinci tidak perlu balik mengomentari apa yang dikomentari orang orang terhadap karyanya ( wong dia sudah mati..he he), tapi karyanya justru semakin asik dinikmati dengan cara dan imajinasi masing-masing.
seandainya sosok ‘jephman’ tetap memberi ruang untuk para khayalak berkomentar dan berimajinasi sesuka hati mereka, tentu kami kami ini tidak akan pernah merasa di’arah’kan oleh komentar sang pembuat; menurut saya akan lebih ‘asik’.

semakin banyak ditanggapi dan dikomentari oleh Lae, semakin imajinasi saya akan karya kartun yang ‘seru’ itu menjadi surut.

hidup kartun! ( dan cukup kartun)

25 08 2008
jephman

Lae Ucok,
Ketika ada yg samakan saya = Leonardo da vinci….ya gak asik juga :P

Komentar silahkan
kalau ada yg membuat sesuatu salah jadi benar
ya harus dikoreksi
apalagi fitnah
lebih asik diluruskan

ini blog
dimana kelebihannya adalah adanya komunikasi interaktif, gak seperti web yg cuma KOMUNIKASI SATU ARAH

dan ini milik pribadi
silahkan komentar, saya pun punya hak berbicara
SEMUA ORANG PUNYA HAK BICARA,
Tapi kalau tidak benar, ya siap2 menerima perbedaan pendapat dong

karena, Ada orang2 tertentu yg tidak senang minoritas bersuara walaupun itu benar

Lagipula, saya tidak mencari predikat “Asik” lae! :)

Salam!

28 08 2008
R.Samosir

Horas di hita sudena

Lae Jephman ,
Na dua ari on do pe ahu umboto blog muna on , alai pintor terkesan hian do ahu di lae.Talenta luar biasa ( smart dan punya kepribadian serta teguh dalam pendirian ) , sai anggiat ma di tambai Tuhan di halak batak angka jolma na malo dohot na bisuk asa mampu hita rap sahundulun jala molo boi manguluhon angka dongan ta si leban di parsaoranta di tano parserahon on ate.
Molo pandapothu tu topik na di ginjang i , ido lae ringkot do hita mandok/manariashon na sintong i tung manang aha pe na ro nalaho si jalo on hasil ni na taula.
Tu angka dongan , molo hurang sonang manang manginona tu rohamuna , ba songon ni dok ni laenta JAPEMETHE ima pintor di tinggal hon ma blog on , unang manggunturi . Horas

29 08 2008
jephman

mauliate, amang

memang begitulah keadaanya

7 09 2008
lapotuak

Horas lae,

salam kenal…. benar lae yg lae tulis itu, kepercayaan seberang selalu mencari pembenaran bukan “Keberan ” , sepertinya lae olanto tidak bisa melihat kenyataan yg terjadi di sekitarnya, kalau memang dia tinggal di indonesia…

songoni ma jolo ate laekku, mantap do blog lae on…. unang lupa baen komentar tu blog hami atte lae…..

Horas

hutajulu

7 09 2008
Abdullah

Bagus, sangat bagus forum ini untuk pencerahan…berbeda pendapat tidak apa apa, tapi fakta dan kebenaran tetap akan terlihat pada ujungnya…maju terusss
Horassss……

8 09 2008
kasih 777

hallo lai , saya bukan orang batak , tapi saya seneng liat gambar kartun yang lae buat ,

representasi dari hegemoni islam di rumah aku di jawa , bangun gereja susahnya minta ampun,

yang udah jadi malah dibakar , masalah poligami waduh gue ga setuju

masak wanita disamakan kaya barang sihh ,

trus bagi yang membenarkan pakai ester , salomo ,daud waduh waduh jangan sesat deh baca lagi yang komplit , bagai mana hukuman ALLAH terhadap perbuatan itu walauipun mereka ORANGPILIHAN ALLAH tetep diukum juga

salam kenal lai

note yang nonton ayat – ayat cinta tinjau lagi kebenarannya buka site ini http://www.iscs.or.id

8 09 2008
kasih 777

sorry lae nih mo nambah , tuh ayat ayat cinta mah sekedar propaganda islam thd kristen koptic

faktanya liat “artikel ketabahan greja greja timur tengah” , iman koptic sangat superior dibanding islam

bisa aja tuh si din samsudin hehehehehe

11 10 2008
Bosk Tarutung Son

Buat Lae Jephman, sejauh ini aku setuju dengan lae.
Smart dan Logis.
Keep moving on Laeku

11 10 2008
Bosk Tarutung Son

Kalau dari segi film, film Ayat2 Cinta bagus, dan bukan nggak mungkin terjadi di dunia nyata. Dan soal poligami,aku nggak mau ambil pusing, kalau agama islam membenarkannya ya terserah. Itu kan islam,bukan Kristen.
Memang sih soal Maria yg blak2an dikisahkan meninggalkan Kristus demi seorang laki2 aku kurang setuju. Mgkn kalau di balik, misal Aisah jadi pangikut Kristus , akan terjadi perang karena secara blak2an mengisahkan demikian.
Tapi jangan pusing dan akhirnya darah tinggi. Take it easy.
Gak apa2 Maria jadi islam, it means “She is not a choosen one”.
Karena memang dia bukan salah satu yg terpilih,
Pernah dengar “GODANG NATARJOU ALAI SAOTIK NATARPILLIT?”

Satu lagi, majalh SABILI sering bangat menginjak2 ke-Kristenan.
Menhina Yesus dan Alkitab.
Tapi jangan siteress kalian poang.
Memang itu semua harus terjadi, Ayat Alkitab disalah artikan, dipenggal sesukanya,yah mereka tidak tahu apa yg mereka perbuat.
KALAU PIPI KIRIMU DITAMPAR, BERIKAN JUGA PIPI KANANMU
Simpel do kan?

Ambal ni hata, Salam sian Par Tarutung.
Ro hamu tu Tarutung bah Natal on, asa Marnatal di Salib Kasih Hita.
HORAS!

15 10 2008
Yellow

Horas ma dihita sude,

Pertama kali lihat web bang jeph ini aku asli ketawa ngakak, mantap kali, teruskan perjuanganmu ito.

Jadi gara – gara film AAC lach yach terinspirasi buat kartun ini. Ido kan, manang daong?

Aku mau sharing salah satu hal lucu yang aku dapat dari nonton film tersebut. Waktu maria lagi mati suri (sakit), bisa nikah bo… habis itu dia siuman, trus mau jadi mualaf. Menurut aku itu aneh, sebagai perempuan aku jadi ketakutan, karna apa? Besok – besok kalo aku mati suri, karena ada kepentingan lain dari cowo lain bisa – bisa aku dinikahi tanpa persetujuanku, matilah aku, yang punya diriku bukan aku lagi, punya orang lain, apa bedanya sama pembantaian hak azasi, hahahahaha……

Kadang2 bingung lihat orang – orang yang termakan dari keromantisan film ini, mau aja dibodoh – bodohi. Sebenarnya kalo mau diulas lagi masalah film, masih banyak kejanggalan yang lain. Tapi apapun namanya itu, AAC hanyalah film buatan manusia, jadi patut dihargailah hasil kerja kerasnya, kalo masalah baik buruk silahkan ambil inside-nya menurut imannya masing2.

Pendapat saya masalah poligami, otomatis ga setuju banget. Samalah itu perlakuan kita ke Tuhan, ga mungkin kita punya lebih dari satu Tuhan, ga bakalan mungkin akan adil, gimana caranya, kalopun adil, aku pasti Tuhannya itu adalah benda mati, jadi ga bisa menuntut gitu loch…..

Seandainya kita punya dua atau lebih istri, emang bisa adil gitu? Yakin? Kalo ada perempuan yang bilang “yakin”, pasti ada yang salah dengan hati, jiwa, dan pikirannya. Dimana – mana perempuan itu pengen satu – satunya perempuan yang dicintai suaminya, karena itulah kebanggaannya. Yang aku dengar2 di media sepertinya semua agamakan meng-klaim kalo di agamanya harus mencintai istrinya. Kalo ada perempuan atau laki – laki yang mau berpoligami, berarti ada yang beda arti dicintainya, hehehe…..

Kalo masalah agama Jahudi, Kristen, Islam Tuhannya sama, yach ga mungkinlah, pemahamannya tentang Tuhan aja sudah beda. Jangan disama – samain nanti anak cucu dengarnya jadi blur pengertian Tuhannya, kasihan kaleee… Tapi untuk menjaga kelangsungan hidup yang katanya toleransi beragama, ga pa-pa kali yach, pusing dech…..

Tapi apapun itu namanya, Orang yang sudah menaruh imannya kepada Yesus tetaplah dia mengasihi semua manusia, menurut aku agama itu sesuatu hal yang dibentuk manusia untuk dapat mengabdi kepada Tuhannya, jadi jangan cinta kepada agamanya, tapi cintailah Tuhannya. Terkadang kita memang harus menghardik orang bebal tapi biarlah hardikan itu didalam kasih.

SALAM KASIH, HORAS!!!!

15 10 2008
imankristen

Salam Sejahtera…

Lho…, masih pada bahas topik ini ya? Wah… saya udah lama sekali mengomentarinya…, diatas sekali.

Yang penting…, ada kebesaran hati baik dari pihak kristen untuk film tersebut, dan kebesaran hati pihak muslim atas tulisan ini.

Semua boleh berpendapat, yang penting jangan saling menghina dengan kasar. Dan dilarang untuk “melarang” orang lain memberikan pendapatnya. Ini yang lebih berbahaya.

Salam.

16 10 2008
Bestu

klo mengenai agama sih,memang diyakini secara pribadi.
Jangan sampai membuat negara ini cuma menjadi milik 1 agama saja.
Mentang2 film AAC membuat orang jadi murtad, presiden bela2in utk nonton.
Jangan begitu dong, cuba dibalik peristiwanya…org islam jadi Kristen apa jadinya negara ini diobrak abrik org yg menganggap agamanya paling bener sedunia.

23 10 2008
Jampang

Horas blog!

Batak kristen goblok2
Poligami haram
Zina Halal

23 10 2008
martinbudi

zina halal ????
he he he…

24 10 2008
rahmat ricardo nasution

dasar batak!! bisamu cuma nyindir…

30 10 2008
partohap simamora

..’Yang pasti, lebih baik melakukan segala sesuatu sesuai dengan kemampuan…
& Hal Yang Prinsipil “melakukan seks tanpa pernikahan adalah zina !” ,bahkan berpikiran cabul adalah zinah (yg ini adalah Iman Kristen)…. dan buruan minta ampun kepada Tuhan.
GOD BLESS US & SAVE US.

30 10 2008
noschy

Jampang
yang buat blog, suku mana ???, hayoo…

martinbudi
terserah dehh…

rahmat ricardo nasution
Nasution bukan BATAK???, HA..HA..HA..

31 10 2008
bunga melati

@noschy
rahmat ricardo nasution
Nasution bukan BATAK???, HA..HA..HA..

( Bukan… dia bukan Batak, tapi orang Amerika…. lebih hahahaha lagi)
Pajago-jagohon….
Hidup Batakkk…. Maju terus….

6 11 2008
ikrarestart

waduh si lae ini senang bermain logika ya..!! :lol: bisa saja

mohon komentarnya di artikel yang berjudul “apakah agama itu benar adannya”

kalo sudah ditakdirkan tuhan berpoligami ya sudah.
lagipula asalkan adil. kalau tidak bisa adil pun dilarang tuh dalam islam.!

kalau tidak poligami tapi tidak adil juga tidak boleh misalnya uang nafkah istri dibuat foya2 ngerokok DSB..

6 11 2008
ikrarestart

stt lagipula film religi itu palsu dan tidak ada ajarannya dalam islam

bisa anda lihat di artikel “tanda tanya dibalik penayangan film religi”

6 11 2008
jephman

@ ikrarestart

Poligami itu bukan takdir.

Takdir itu tidak ada pilihan. Misal : Mati, Sakit, Celaka dll.

Poligami itu ADA PILIHAN. Apa pilihannya?

Setia pada istri atau poligami.

Jelas bedanya?

6 11 2008
ikrarestart

jadi kalo setia itu harus 1 ya lae gak boleh 3 gitu…!!! oh ya thanks atas komentnya yang kilat dan cepat.. :mrgreen:

6 11 2008
noschy

Molo hubereng do sian ulasan ni si Olanto on, na malo patorangkon ayat-ayat na di Bibel, jala dipados-dos sude haporsea on na tolu i, gabe huingot ma piga-piga taon na salpu, na ro parjamita na so ni undang tu jabu, nisungkun sian dia asal na dohot huria na, dang di alusi, holan buku ni si Yudas do na di bahas na.
hape na ni boto so adong nian buku ni Yudas di Bibel.
e tahe…

7 11 2008
ikrarestart

kalo nabi2 sebelumnya yaqub ayub (sebelum terkena musibah ) juga ibrahim tidak poligami LAE ?

7 11 2008
jephman

Poligami oleh para nabi itu pernah ada TAPI BUKAN BERARTI DIBENARKAN.
Poligami pernah dilakukan para nabi tapi Alkitab juga menuliskan segala KONSEKUENSI akibat poligami.

Permusuhan abadi antara keturunan Ismail dan keturunan Ishak, kalau dirunut adalah hasil poligami Abraham dengan Sarah dan Hagar. Daud pernah jatuh dalam pencobaan karena mau mempoligami istri panglimannya. Anak2 Salomo (Sulaiman) hasil poligami jadi broken home, kawin incest, sex maniak, memberontak thd orang tua, dll. Istri-istri Elkana yang saling bersaing, dan berbagai contoh2 lain. Kalau dihubungan dgn zaman sekarang mungkin, jadi pemakai narkoba, sex bebas, berontak, dll.

Yesus, berhubungan dengan poligami mengatakan :
“Kata Yesus kepada mereka: “Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian.” Mat. 19:8

Jadi karena ketegaran hati, (keras kepala, maksa) akhirnya diizinkan.
Padahal hukumnya tidak demikian.

Dan karena sudah tahu hukum dan konsekuensi pelanggaran, apa masih mau melakukan?

24 11 2008
batako

Poligami boleh tapi dengan konsekuensi yang sangat berat,
orang yang memilih poligami bukanlah orang yang sembarangan, tapi orang yang telah siap untuk memberikan keadilan sepenuhnya kepada keluarganya, tidak dianjurkan poligami apabila laki2 tersebut masih belum “siap,” dalam hal ini siap harta, siap imannya, dan bijaksana.
poligami itu berat sekali kawan…janganlah kau mengikutinya kalau dikau tidak “siap”. dampaknya sangat buruk terhadapmu…

24 11 2008
uswah

maaf lae, berkreatifitas itu perlu tapi ingat jangan sampai kreatifitas itu membuat kita lupa dengan orang sekitar.
saya seorang muslim, poligami itu boleh dilakukan tapi tidak asal poligami banyak pertimbangan sebelum melakukan poligami. hanya saja banyak orang yang mengutip asal sehingga banyak yang mengira bahwa poligami itu boleh dilakukan dengan seenaknya.
saya hanya ingin mengingatkan bahwa sesungguhnya kita manusia tidak ada yang sempurna.

24 11 2008
Wijoyo Simanjuntak

horas…

pemikiranmu kritis, perkataanmu tajam, logikamu jalan…keagamaanmu juga mantap

keren…

salam kenal lae

25 11 2008
jephman

@ Uswah

Dimanakah saya mengatakan bahwa muslim boleh melakukan poligami seenaknya?

Ada tidak komentar2 disini yang mengatakan begitu?

Tunjukkan ya

28 11 2008
farid

To jephman,
Bisakah anda menyebutan salah satu ayat di Al kitab yang melarang poligami ?
Kalau alasan Anda hanya dengan melihat efek-efek perilaku manusia anak2 solomo, anak2 sarah & hagar dst. Saya kira itu tidak tepat untuk alasan melarang poligami karena kejahatan anak2 tersebut memang dari tabiat anak2 tersebut bukan karena hasil poligami semata.
Jadi kejahatan yang dilakukan manusia bukan karena poligami orang tuanya, Kagak nyambung babar blazz alias jaka sembung bawa golok, anak nabi adam pun ada yang melakukan kejahatan padahal Adam tidak poligami.
Tuhan mu disalib orang2 yahudi itu bukan juga karena orang2 yahudi pada berpoligami kan ????
Jadi tolong sebutkan ayat atau alasan paling spesifik yang benar2 ditujukan melarang poligami di AlKitab.
Jawab ya….

28 11 2008
jephman

@ farid

Tidak pernah saya nyatakan SEMUA TABIAT jelek itu asalnya dari poligami.
Yang saya jelaskan : Alkitab mencatat hal-hal buruk akibat poligami.

Paham?
Sudah nyambung jaka sembungnya?

Tuhanku disalib, justru karena dosa-dosa mereka.
Dan dosa-dosa mereka bukan hanya poligami.

Paham?
Sudah dibawa goloknya?

Dan kalau anda MEMBACA, pertanyaan terakhir anda itu sudah dijawab DIAWAL postingan ini.

28 11 2008
noschy parbiar

@ farid

@ Bisakah anda menyebutan salah satu ayat di Al kitab yang melarang poligami ?

# Mat. 19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

@ Kalau alasan Anda hanya dengan melihat efek-efek perilaku manusia anak2 solomo, anak2 sarah & hagar dst. Saya kira itu tidak tepat untuk alasan melarang poligami karena kejahatan anak2 tersebut memang dari tabiat anak2 tersebut bukan karena hasil poligami semata.
Jadi kejahatan yang dilakukan manusia bukan karena poligami orang tuanya,

# Buah tidak jauh jatuhnya dari pohon.

@…..padahal Adam tidak poligami.

# Adam tidak berniat menghianati Eva yang diciptakan dari tulangnya.

@ Tuhan mu disalib orang2 yahudi itu bukan juga karena orang2 yahudi pada berpoligami kan ????

# Salah satu penyebab.

@ Jadi tolong sebutkan ayat atau alasan paling spesifik yang benar2 ditujukan melarang poligami di AlKitab.

# 2Ptr. 2:14 Mata mereka penuh nafsu zinah dan mereka tidak pernah jemu berbuat dosa. Mereka memikat orang-orang yang lemah. Hati mereka telah terlatih dalam keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk!

2 03 2009
leogenthmunthe

To be honest…
membaca blog anda bagaikan memberitahu apa yang sesak di dalam pikiran…

Stay creative, bro!

5 03 2009
Gortap Siboliz Naburzu

ahhh tunggane, mengigit kata2 munai lae…

15 03 2009
supini sofia siahaan

oalah.. silakan berpendapat masing2.. dan saling menghormatilah…HIDUP itu adalah PILIHAN… milih YESUS kek.. milih POLIGAMI kek, milih POLIANDRI kek .. tergantung kualitas pribadi masing-masing.. kalo aku seh milih ga mau di poligami dan ga mau poliandri.. SO BE YOUR SELF

15 03 2009
TUTORIAL WEBSITE

Ni awalnya cerita AAC ya?
wkt aq nonton, ada 2 yg bikin perasaan dan pikiranku sangat tergoncang
1. kenapa perasaan perempuan dipermainkan krn prinsip? aq bisa bayangin perasaan perempuan ketika suaminya mendua. gak munafik..pasti perempuan itu hatinya tersakiti. dia menerima? itu dibibir, atau dia berusaha mengalahkan hati dgn logika. tp saya yakin, seorang wanita yg melihat suaminya berpoligami meskipun bibir manisnya senyum tp hatinya sakit
2. apa sih esensinya membuat adegan si maria minta diajari solat sementara di film itu jelas2 diketahui dy Kristen?saya berpikir negatif?ahh, tidak..saya sudah sering melihat kejadian seperti itu. tp yg saya tangkap..itu pelecehan terhadap Kekristenan.

buat siapa saja yg merasa percaya sama Tuhan. klw tidak ingin ada permasalahan SARA, jgn menista kepercayaan org lain. Ingat euforia pilpres USA?org2 di negara kita banyak yg sedang menggurui mereka dan mengatakan mereka rasis. nyatanya?trbuktikan mereka gak rasis. yg rasis itu masyarakat negara kita. harusnya kita sadar itu. lihat saja bangsa tionghoa, mereka harus menunggu lama utk dapat tempat di negara ini sampai konghucu diakui sbg agama di negara kita. liihat ketika org belanda membuat film fitnah? org2 di negara kita seperti kebakaran jenggot sampe2 dengan seenaknya memblokir media2. uda melanggar kebebasan berpendapatkan? ktnya demokratis. sama2lah dulu kita perbaiki masyarakat kita. krn sesungguhnya kita masih rasis, agamais, dan sukuis
NO RASISME, NO SUKUISME, NO AGAMAISME
HIDUP PEREMPUAN….

18 03 2009
cindy situmorang

hahahahaahahahah … serunya pro-kontra seputar poligami. Banyak pembelajaran yang kudapatkan di sini, mauliate ma tu lae jephman (sorry sok kenal heheheheh :D) dan semoga ini juga jadi pembelajaran bagi para pembaca yang lain, sehingga kita terutama halak batak, semakin memahami apa akibat yang terjadi dari poligami, atau mungkin poliandri, sehingga kita dapat menjadi lebih bijaksana. Banyak orang yang pintar tapi sedikit yang bijaksana. Aku sangat bangga terlahir sebagai orang batak, bangga akan darah orang batak yang berani, tangguh, tulus yang mengalir dalam darah ku, sampai2 kubuat nama lengkap dengan marga ku ( sorry, sedikit ga nyambung hehehheh). Akan tetapi ada beberapa tabiat buruk orang batak yang tidak ku sukai, dan beberapa diantaranya sudah terungkap di sini. Orang batak ibarat berlian yang permukaan nya kasar, sehingga kilauannya tidak terlalu tampak. Permukaan kasar itulah tabiat buruk orang batak. Dulu aku sering melewati wilayah toba dan sekitarnya, aku sering melihat ibu-ibu yang menggendong anaknya sambil mencangkul di sawah dan terkadang aku melintasi lapo tuak yang ada di sekitar wilayah itu dimana terdapat bapak-bapak memegang kartu dan meneguk tuak. Betapa mengerikannya menjadi seorang perempuan batak, para ibu sibuk mencari nafkah, menjaga dan mendidik anaknya, serta menyiapkan segala sesuatunya untuk suami dan anak2nya baik makanan, pakaian yang terlipat rapi dan rumah yang tertata. Sedangkan para lelaki (si raja sonang hehehhehe) sibuk dengan membahas togel, bermain kartu dan meneguk tuak. Dan ironisnya tabiat itu tidak hanya berhenti di daerah kampung (pedesaan), tapi juga terbawa sampai ke kota. Tak terhitung berapa kali aku diangkat menjadi duta besar mamaku agar bisa diutus untuk memanggil papaku sekedar untuk menyampaikan makanan sudah tersedia di meja. Untungnya tabiat jelek itu perlahan menghilang satu persatu, mulai dari pindah markas dari lapo ke ruangan TV di rumah, sampai menjadi seorang yang anti-rokok yang dulu perokok yang super aktif . Mungkin perubahan itu terjadi karena keberanian mama ku untuk menyampaikan kesalahan papaku dan dengan sabar memanggil papaku untuk pulang, atau … mungkin karena anak2nya sudah bertumbuh menjadi anak2 yang manis dan baik hati hehehehehhe. Sekarang seseorang yang zero telah menjadi hero, menjadi pelindung, pembimbing anak2nya, yang siap sedia mengantar anak2nya ke sekolah, gereja sampai ke tempat fotocopy, untuk mengerjakan tugas sekolah hahahahhahah. Dan jika diantara bapak2 yang ada di lapo itu, yang istrinya sedang besusah payah mencari nafkah sambil mengurus rumah, sempat2nya mencari istri baru, maka patut dipertanyakan bagian mana yang hilang dari nya (si raja sonang), HATInya atau OTAKnya. Banyak perempuan batak dan mungkin juga yang di luar suku batak, mempertanyakan suatu kesetian. Apalagi kalau perempuan itu adalah perempuan yang mandiri, jangan2 bukan suaminya yang memulangkan dia, tapi dia yang memulangkan suaminya kepada orang tuanya untuk ditatar heheheheh, atau bahkan dia sama sekali tidak mau menikah, lagian di suku batak, garis keturunan kan diambil dari laki2. Because with or without him (the husband), she(the wife) can stand by her own feet. Dan jikalau anda tidak puas dengan istri anda sekarang,berarti itu kegagalan dan kesalahan anda sendiri, karena anda tidak mengenal dengan baik istri anda sendiri. Itulah sebabnya ada jenjang sebelum pernikahan yaitu pacaran. Dimana anda bisa mengenal siapa calon pasangan seumur hidup anda sebenarnya.

19 03 2009
jephman

kesaksian yang bagus. Ditunggu sharing yang lainnya

cuma ada yang aneh : Nama Cindy kok manggil aku “lae” ?????

19 03 2009
cindymargaretha

iya ya, hehehheheh … sorry to, salam kenal Ito Jephman :D

22 03 2009
leonar tambunan

Horas lae Jephman,

Saya sangat salut dengan kelugasan lae menjawab komentar-komentar entry blog yang satu ini (dan entry lainnya).
Saya maunya memberi komentar dalam bahasa Batak tulen, karena memang saya BTL dari Sigotom. Tapi biar rekan-rekan yg bukan batak bisa mengerti pikiran saya.

Orang batak takut berpoligami (bahkan sebelum kekristenan), karena ada ‘dalihan na tolu’,
- hormat pada keluarga istri (atau keluarga ibu) (somba marhula-hula)
- persuasif kepada keluarga anak perempuan kita (elek marboru)
- hati-hati dengan keluarga bersaudara (manat mardongan tubu)

Ketiga item ini, terutama yang pertama, membuat kedua keluarga yg menikah linked. Bahkan saudara laki-laki ibu kita (tulang) dan saudara laki-laki istri kita ada ikatan cincin (tintin marangkup) dalam bentuk uang.
Jadi kalau orang batak memahami ikatan ini semua, dia akan sangat takut memutuskan ikatan pernikahan.
Kalau ada yang cerai juga, ada banyak hal lah itu yg menjadi penyebabnya. Salah satu mungkin karena tidak memahami ikatan itu, yang lainnya mungkin ‘burungnya’ dapat sarang yang lebih hangat ;) dan alasan-alasan lainnya lah.
Kalau ada yang berani berpoligami, ahhh yang uratnya sudah putus itu. ATAU, karena dia merasa memiliki kekuasaan atau uang yang membuat tidak ada yang berani mengingatkan/menegur (oh, tuani ma hape dang tubu mamora ahu).
Leluhur kita banyak yang berpoligami ? bukan berarti tidak pantangan budaya Batak; bukan berarti poligami itu jadi hal yg dibenarkan.

Ajaran kekristenan melarang poligami bahkan secara eksplisit. Lho, Kenapa Daud dan Salomo poligami sampai ratusan ?
Ada dua hal yang ingin saya utarakan utk kasus ini.
1. Daud dan Salomo tidak bisa dikategorikan sebagai orang Kristen. Kristen adalah pengikut kristus. Kristus datang setelah mereka. Kalau Daud dan Salomo ada dalam Bible, itu karena rencana Tuhan ada melalui mereka: Yesus berasal dari garis keturunan Daud secara tidak langsung (Secara tidak langsung, karena Yesus bukan anak jasmani Josep).
2. Tuhan menghukum mereka dengan sangat keras atas kebejatan mereka.

Lho, kenapa ada pendeta yang poligami (ada nggak ya ?) ? Mereka poligami bukan karena diperbolehkan, tapi karena kelemahan mereka sendiri. Oh, mungkin karena KEKUATAN si kecil yang terlalu besar? termasuk lah itu…

Jadi dalam kekristenan, poligami dan cerai TERLARANG.
Dalam kebatakan, poligami dan cerai PANTANG.
Kalau mau ngotot melawan larangan dan pantangan, resiko tanggung sendiri.

Saya tidak mau menyerang aturan poligami dalam agama Islam, karena itu tidak ada urusannya dengan saya. Tapi kadang secara naluri, kalau kita diserang, kita bertahan dan kalau bisa balik menyerang.
Dalam komentar ini, saya cukup bertahan saja. Karena tidak ada gunanya saya menyerang keyakinan anda-anda muslim. Ada potensi debat kusir disitu.
Lae Jephman ini terserang oleh film AAC dan mengeluarkan isi hatinya dalam blog pribadinya. Menyerangnya juga tidak kasar, karena hanya membandingkan karikatur dengan kutipan manis dari bible.

Begitu lah yang bisa saya utarakan.

Khusus utk bataks,
Kita harus kembali ke jatidiri kita sebagai Batak. Mari memahami arti kebudayaan kita. Caranya ?
- Pahami bahasa Batak.
Tanpa itu, budaya kita akan luntur terbawa jaman dan pada akhirnya hilang.
- Bangga sebagai Batak.
Teman-teman suku lain sering menertawakan kita karena logat kita. ‘Batak kali kau!’ kata mereka (tidak ada sindiran ‘Jawa kali kau!’). Yang lebih parah, kejadian juga sesama batak mengejek kebatakan temannya. Jangan sampai terjadi lagi. Jangan karena ejekan-2 ini membuat kita tidak mau memahami bahasa batak. Di amerika banyak logat, tapi mereka tidak membuat itu bahan ejekan, tapi jadi ciri khas.

Terimakasih,
Batak tulen yang beterimakasih karena Tuhan mengirim Ompui Nomensen pada saat yang tepat.
Catatan: Ompui Nomensen datang setelah orang Batak kalah telak dalam perang Batak vs Bonjol. Pasukan Minang dikepalai orang batak sendiri yaitu Pongki Nangolngolan. Perang yang sangat brutal. Mayat yang tidak terkubur dihanyutkan ke sungai mengakibatkan penyakit. Penyakit ini yang membuat Pasukan Bonjol mundur, dan datanglah Nomensen membantu mengobati orang2 batak yang sakit ini. Dia kelabui lah ompung-ompung kita dengan ajaran Kekristenannya. Kalau dia datang di saat tidak menderita, dimakan juga lah dia kali, seperti dua missionaris amerika sebelumnya. Tapi itu bukan lah kebetulan. Itu rencana Tuhan untuk kita semua.

22 03 2009
leonar tambunan

Ralat:
Ketiga item ini, terutama yang pertama, membuat kedua keluarga yg menikah linked. Bahkan saudara laki-laki ibu kita (tulang) dan saudara laki-laki istri kita ada ikatan cincin (tintin marangkup) dalam bentuk uang.

MENJADI

Ketiga item ini, terutama yang pertama, membuat kedua keluarga yg menikah linked. Bahkan saudara laki-laki ibu kita (tulang kita) dan saudara laki-laki ibu istri kita (tulang istri kita) ada ikatan cincin (tintin marangkup) dalam bentuk uang.

10 04 2009
P. Pasaribu

lae ini diam2 penikmat film ya..beda ma saya…salam kenal lagi ya…

15 04 2009
yannes lumban gaol

NO POLIGAMI !
Orang Batak Pantang Berpoligami !
Tidak sesuai dengan Firman Tuhan dan merusak Adat Dalihan Na Tolu !
————————————————————

tikkos do i lae bahhh…

5 05 2009
Gala_ren

Apa bedanya bang..??
cuma yang satu bahasanya lebih indah.

Tapi sama aja..
nggak bisa liat perempuan nggangur..
mo di ambil semua yang kelimanya??

Yang lebih bagus..
Abang pilih salah satu
trus setia ama istri.
Bisa nggak??

5 05 2009
Gala_ren

Ya jangan diikutin lae..
nanti 30 tahun kedepan
cucu lae juga bilang kayak begitu..

“opung gw(pangonjat) poligami..”

5 05 2009
Gala_ren

Iya..situ yang pinter..

Kamu sendiri yang bilang zina halal..
Kmi nggak tuh..

Makanya nafsu ditahan..
klo liat cewe ngganggur jangan langsung pengen dikawinin.
apalagi dizinahin.

5 05 2009
Gala_ren

Masak sih..??
hehehe

5 05 2009
Gala_ren

Merasa ya??
hehehe..

6 05 2009
hh

@farid (09:50:13) :

Bisakah anda menyebutan salah satu ayat di Al kitab yang melarang poligami ?

1). Kejadian 2: 27…….Laki laki dan perempuan diciptakanNya mereka.

>Ketika Tuhan menciptakan pasangan bagi Adam, hanya satu perempuan itu diciptakan. Tentu hal itu adalah sifat alami daripada manusia itu.
>>Kalau laki laki mempunyai istri lebih dari satu, atau sebaliknya perempuan mempunya suami lebih dari satu, itu berarti melawan peraturan yang telah ditentukan oleh Tuhan.

2). 1Tesalonika 4:3,4,5
(ayat 3) Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu yaitu: “supaya kamu menjauhi percabulan.
(ayat 4) “supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi isterimu sendiri dan hidup dalam pengudusan dan penghormatan
(ayat 5) bukan di dalam keinginan hawa nafsu.

>Perhatikan dengan baik ayat 4 tersebut……..”hanya satu orang”

3). 1 Timotius 3:2, 12
(ayat2) Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu istri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang.
(ayat 12) Diaken haruslah suami dari satu istri dan mengurus anak anaknya dan keluarganya dengan baik.
Titus 1:5,6…supaya engkau menetapkan penatua-penatua di setiap kota seperti yang telah kuperintahkan kepadamu, (ayat6) yakni orang orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu isteri, …

>Apakah syarat harus suami dari satu orang istri hanya berlaku bagi penilik jemaat atau penetua penetua jemaat dan diaken? Tentu tidak! Dengan alasan, bagaimana seorang penilik jemaat dapat menasehati jemaatnya supaya tidak beristri lebih dari satu, sementara dia sendiri mempunyai istri lebih dari satu? Tidak mungkin bukan?

Salam

6 05 2009
jolmanaotodoahu

Ah, beha do Lae Jeph on.

Menurut kristen, Yesus disalibkan karena udah diTAKDIRkan begitu. Bahasa kerennya, telah dinubuatkan emang begitu adanya sebagai cara menebus dosa manisia.

Gimana tuh ya? Berarti ada takdir juga dong.

Kalok nggak ditakdirkan, Yesus akan sangat gampang menghancurkan musuh2nya.

6 05 2009
Gala_ren

Puji Tuhan..

MANTAP dan BERDASAR..

6 05 2009
Gala_ren

Eiiit,,Tunggu dulu..
kayaknya udah dijelaskan deh..

Tuhan Yesus lebih MEMILIH untuk mati di kayu salib..
Baca lagi..

OK..

7 05 2009
cenol75

http://mynewland.co.nr -> membahas juga poligami

21 09 2009
Miki Simanjuntak

setuju bgt ni dgn amang jeph ni..
Kalau nikah lagi itu kan sama dg perzinahan, di alkitab ad kok firman’y.Firman Allah jgn ditafsirkan menurut pemikiran anda sendiri loh sdr.Pangojat.Nanti jatuh2′y jad Antikris.

21 09 2009
Miki Simanjuntak

Jgn ngomongin takdir seakan Tuhan Yesus itu adalah manusia biasa yg berdosa yg sama seperti saya dan anda donk.Tidak pernah ada dalam Firman Allah Yesus itu berkorban di kayu salib karena dia DITAKDIRKAN BEGITU! ingat, YESUS ITU TUHAN!! DIA YG PNY KUASA!! takdir pun tak lbh besar dr DIA!!
Tuhan Yesus berkorban karena mmg KEHENDAKNYA.Karena KASIHNYA. dan bukannya DITAKDIRKAN.emang’y Yesus punya atasan?? yg bsa mengatur2 hidup dan kehendakNya?

22 09 2009
Vella

Saya tidak tahu apakah hanya karena merasa minoritas dan terpinggirkan atau merasa suku dan agamanya lebih hebat, hingga mengeluarkan statement manis untuk menyerang keyakinan islam? Semanis-manisnya perkataan hingga dibungkus begitu rapi dan bersih, tapi pahitnya juga terasa. Bagaimana jika anda yang diserang balik oleh Islam dengan menggunakan cara yang sama seperti kartun tsb?

6 01 2010
Poligami dalam Masyarakat Batak oleh Bersama Toba dot Com

[...] Bah.. songoni do tahe ateh…. Sambil tabereng ma jo kartun ni si Jephman: Ayat-ayat Cinta [...]

12 02 2010
Sujarwo Tedjo

hehehehehe, jadi ingat pas membaca nih ..

Posted On at by Portal-Unik

Seorang duta besar (dubes) Arab membatalkan pernikahannya setelah mengetahui kalau calon istrinya ternyata punya jenggot dan bermata juling! Selama ini wajah wanita itu selalu tertutup cadar.

Demikian seperti diberitakan media Arab berbahasa Inggris, Gulf News dan dilansir kantor berita AFP, Kamis (11/2/2010).

Sebelumnya diplomat Arab tersebut cuma beberapa kali bertemu dengan calon istrinya itu. Dan tiap kali pertemuan, sang wanita selalu menutupi wajahnya dengan cadar.

22 02 2012
altec

harusnya bukan ayat-ayat cinta tapi SATANIC VERSE karena malah mengajarkan poligami parah memang…..

1 04 2012
parhorasan

kalo bisa melakukan segala ssuatu itu janganlah karna adat istiadat tapi biarlah karna firman tuhan. karna Tuhan telah menebus kita dari adat-istiadat yg sia2 itu, dimana adat istiadat itu tak berguna lagi bagi oarang yg diselamatkan

2 07 2012
youssef girgis

ya uda sih kalo nggak suka ya terserah.orang islam lo nggak maksa in.makanya kita tingkatin agama kita agar tak terpengaruh.nggak usah ngurusin agama orang lain.belum tentu juga kalian masuk surga kan? brgitu hal nya saya .makanya ngapain mikirin orang yang berbuat salah,mending mikirin masa depan kita.belum tentu masuk surga.
AAC itu cuma film biasa,ngapain mikirin hal yang nggak penting coba.biarkan mereka berkarya.kalo mereka salah ya mereka dapat balasannya.kalo nggak mau nonton ya terserah.ngapain mikirin Maria coba? mending mikirin diri sendiri jaga keoimanan nggak?
seandainya ada orang Islam yang jelek2in itu cuma masalah personality mereka,bukan agama mereka.orang kristen kan juga ada yang baek ada yang enggak sih.jadi jangan liat agamanya tapi liat keseharianya

14 10 2013
cebok

oii
kamu balajar dulu cebok baru ngomong poligami
siap krncing aja kayak anjing tidak cebok.
masih mending ajing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: